14 Okt 2024

Tradisi arak memolo " Kuwu Buntet "tingkatkan kenyamanan dalam beribadah

INDOMEDIANEWS - Masyarakat dan Pemerintah Desa Buntet Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon, melakukan arak-arakan memolo atau kubah Masjid Besar Al-Hidayah, diiringi sholawat dan genjringan qosidah, memolo masjid tersebut diarak keliling kampung bersama masyarakat setempat.

Kuwu Desa Buntet, H Edi Suhaedi menuturkan, arak-arakan memolo masjid ini menjadi tradisi desa ketika akan dipasang. 

"Alhamdulillah masyarakat sangat antuasias, sehingga membludak mengikuti arak-arakan ini," katanya usai acara, Senin 14/10/2024.

Kuwu dua periode ini menjelaskan, pembangunan masjid yang sudah selesai maka tahap selanjutnya dilakukan pemasangan memolo atau kubah masjid dan tradisi di desa ini, memolo masjid yang akan dipasang diarak keliling kampung. 
"Memolo yang sangat besar, dalam tahap pemasangan di masjid, maka yang diarak ini hanya yang kecil saja, tradisi ini merupakan bagian dari rasa kegembiraan dan rasa syukur atas segala nikmat yang diberikan Allah SWT" Tuturnya

Masih dikatakan Edi, memolo yang diarak keliling kampung ini sebagai bentuk informasi, masjid akan selesai tahap pembangunan dan dapat dipergunakan dengan nyaman. 

"Meski dalam pengerjaan pemasangan memolo, tidak menggangu ibadah maupun kegiatan keagamaan di masjid tersebut, semuanya berjalan seperti biasanya" Jelasnya. 

Dirinya mengucapkan terima kasih pada masyarakat dan donatur yang berpartisipasi dalam pembangunan masjid, hingga terlaksana dengan baik. 

"Semoga apa yang telah diberikan Masyarakat akan menjadi ladang ibadah dan pahala, yang terpenting lagi adalah pelaksanaan ibadah akan semakin nyaman hingga menambah kekhusuan" Pungkasnya. (1c) 

0 $type={blogger}: