8 Sep 2024

Sumur Pamuruyan Cikuya "dikuras setiap Bulan Maulid" dipercaya berhasiat

INDOMEDIANEWS - Keunikan dan keasrian Obyek wisata Cikuya yang berada di desa Belawa, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon semakin menarik dan banyak diminati oleh para pengunjung yang datang dari beberapa wilayah yang ada di Cirebon hingga luar Cirebon. 
Tidak hanya disuguhkan dengan berbagai fasilitas bermain anak dan tempat bersua foto, namun pengunjung pun dapat melihat secara langsung keberadaan Kura-kura langka yang hanya ada di Cikuya, bahkan tidak sedikit para pengunjung yang mengharap berkah dengan memanfaatkan Air Sumur Pamuruyan yang konon dipercaya banyak manfaatnya sesuai keinginan dan keyakinan yang dipercaya. 
Hal ini disampaikan salah seorang pengurus yang kerap menghantarkan pengunjung untuk mengambil air atau mandi disumur Pamuruyan, Awah , saat sebelum melakukan pengurasan air sumur yang selalu dilaksanakan setiap bulan maulid. 

"Dari beberapa Cerita yang turun temurun, banyak yang mempercayai akan faedah air sumur Pamuruyan, entah itu buat mengobati penyakit, usaha maupun jodoh, tentunya itu berdasar keyakinan masing-masing, toh semuanya atas ijin Allah dan kuasanya, biasanya yang minta air atau mandi disumur ini kebanyakan tiap malam jum'at keliwon, dan saat ini kami tengah mempersiapkan acara kurus sumur yang dilaksanakan setiap Bulan Maulid pada setiap tahunnya, benar atau tidaknya sumur Pamuruyan mengandung berkah, wallahua'lam" Tuturnya, minggu, 08/09/2024.

Sementara itu, Pengelola Obyek wisata Cikuya, Eman menuturkan terkait mitos dan harapannya untuk kemajuan Cikuya. 

"Memang mitos yang beredar keberadaan sumur Pamuruyan banyak dipercaya mengandung karomah, tetapi itu semua dikembalikan kepada diri kita masing-masing, kami selaku pengelola hanya menjelaskan kepada pengunjung yang datang terkait sejarah Cikuya, intinya sebagai anak manusia tentunya harus melestarikan sejarah dan tetap merawatnya dengan baik, diharapkan keberadaan Cikuya ini tetap menjadi tempat yang memang cocok untuk dikunjungi, karena memang keberadaan Kura-kura atau bulus yang ada disini merupakan Kura-kura langka dan hanya ada di Cikuya" Jelasnya. (1c) 

0 $type={blogger}: