6 Sep 2024

Semarak Pembukaan MTQH Kabupaten Cirebon berjalan meriah

INDOMEDIANEWS - Pembukaan Musabaqoh Tilawatil Qur'an Hadist (MTQH) bertempat di Kecamatan Pasaleman Kabupaten Cirebon, berlangsung semarak. Terlihat pawai ta'aruf dari 40 kecamatan di kabupaten hadir dalam acara tersebut. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Cirebon, Hilmy Riva'i mengatakan, MTQH yang berlangsung di kecamatan ini disambut antuasias warga setempat dan para kafilah. Sehingga saat pembukaan, membludak. 

"Alhamdulillah, pawai ta'aruf berjalan lancar dan dihadiri unsur Muspida, Muspika Pasaleman dan undangan lain," katanya, Kamis ,5/9/2024.

Hilmy menjelaskan, baca tulis Al-Qur'an dan hadist dalam acara MTQH ini sebagai upaya menyebarkan syiar Islam dan memaknai nilai keagamaan pada masyarakat. Sehingga, setiap tahun diadakan pada lokasi yang berbeda di tiap kecamatan Kabupaten Cirebon. 

"Secara bergiliran kecamatan menjadi tuan rumah kegiatan MTQH dan Alhamdulillah, masyarakat sangat antusias juga peserta yang mengikuti lomba sangat tinggi," jelasnya.

Sementara itu, Camat Pasaleman, H Agustiana mengungkapkan, MTQH tingkat kabupaten yang dilaksanakan 5-10 September mendatang akan diikuti kafilah dari seluruh kecamatan se-Kabupaten Cirebon dan hari ini berupa pawai ta'aruf dari depan balai Desa Cilengkranggirang ke halaman kecamatan. Sedangkan untuk tempat lomba, dipersiapkan 10 titik dan pemondokan untuk kafilah, relatif terjangkau. 

"Alhamdulillah hari pertama berjalan lancar, dan sesuai apa yang diharapkan" Tuturnya

Masih dikatakan Agus, MTQH emas menjadi ajang bergengsi bagi para kafilah yang akan diikut sertakan di tingkat provinsi. 

"Tentunya semaksimal mungkin untuk mensukseskan acara tersebut, karena demi nama baik kecamatan dan kabupaten,dan ini merupakan ajang atau langkah awal menuju jenjang yang lebih tinggi" Pungkasnya. (1c)

0 $type={blogger}: