15 Sep 2024

Sanggar Seni Giri Baswara " Melestarikan Budaya Bangsa"

INDOMEDIANEWS - Melestarikan seni dan budaya daerah menjadi tugas dan tanggung jawab seluruh unsur. 
Hal ini pula yang melatarbelakangi Eman,  sebagai pelaku seni sekaligus pimpinan Sanggar Seni Giri Baswara, Desa Belawa, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon yang terus berupaya untuk mempertahankan dan mengembangkan seni budaya daerah sebagai cerminan cinta tanah air. 
Usai melakukan pelatihan tari di aula sanggar yang tidak jauh dari Obyek Wisata Cikuya, menuturkan bahwa Pihaknya akan berupa semaksimal mungkin untuk mempertahankan tatanan seni dan budaya warisan leluhur agar tetap ada dan bahkan bisa terus untuk dikembangkan. 

"Sanggar seni giri baswara merupakan anak asuh dari Pokdarwis (kelompok sadar wisata kuya asih) yang memang berkomitmen untuk terus berupaya untuk melestarikan seni budaya daerah, Alhamdulillah setiap seminggu sekali kami melaksanakan pelatihan dan pendidikan tari kepada generasi muda agar mampu berkreasi dan berkarya hususnya dalam bidang seni tari maupun kreasi seni lainnya" Jelasnya. Minggu, 15/09/2024.

Lebih lanjut Eman menuturkan, bahwa seni budaya merupakan cerminan cinta terhadap tanah air. 

"Seni budaya tidak bisa terlepas dari sendi kehidupan, termasuk dalam kecintaan terhadap bangsa dan negara, dan kami sebagai pelaku seni akan tetap berupaya untuk melestarikan hingga menelurkan bibit-bibit penerus demi kelestarian seni itu sendiri" Pungkasnya. 

Sementata itu, salah seorang warga setempat, Ria, sangat berterimakasih atas dedikasi yang diberikan sanggar seni giri baswara dibawah asuhan Pak Eman yang telaten membimbing dan mengajar Anak-anak dalam berkesenian. 

"Anak saya, Queensa sudah kurang lebih 7 bulan mengikuti pelatihan disanggar ini, Alhamdulillah dampaknya sangat positif bagi perkembangan Anak, bagi kami Sosok Pak Eman sangat diperlukan dijaman yang telah jauh berubah, semoga dengan adanya pelatihan kesenian dapat menjadikan Anak lebih cinta akan Budaya dan mampu berkarya dan berprestasi demi mengharumkan nama pribadi, keluarga maupun Bangsa, kami yakin dibawah kepemimpinan Bapak Eman Seni budaya ini akan terus lestari" Jelasnya. (1c) 

0 $type={blogger}: