20 Sep 2024

Desa Leuwidingding Pilot Projek Pertanian Nasional "meningkatkan kesejahteraan"

INDOMEDIANEWS- Pemerintah Desa Leuwidingding Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon, menjadi percontohan program  kemitraan multistakeholders komoditas padi nasional.

Dalam keterangannya, Asisten Deputi Pangan Kemenko Perekonomian RI, Mohammad Saefullah mengatakan, multistakeholders antara lain, Bulog, PLN dan pupuk kujang secara bersama dalam meningkatkan hasil pertanian, khususnya di desa ini. 

"Desa Leuwidingding menjadi pilot projek nasional dalam peningkatan hasil tani," Tuturnya usai launcing di area pertanian Desa Leuwidingding Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon, Kamis 19/9/2024.

Saefullah menjelaskan, steakholder yang terlibat dalam program ini secara kontinyu melaksanakan tugas masing-masing. Misalnya Bulog, yang membeli hasil panen. Begitu juga PLN yang menyuplai listrik untuk kompanisasi dan Bank Indonesia (BI) mendanai kebutuhan petani juga TNI-Polri yang menjaga stabilitas keamanan. 

"Setelah sukses dengan progam ini, akan terus berlanjut ke wilayah lain," jelasnya.

Dirinya mengharapkan, dengan program ini hasil panen meningkat dan petani sejahtera. "Berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan hasil pertanian, guna menyejahterakan petani," ujarnya.

Sementara itu, Camat Lemahabang, Yuyun Kusumawati mengungkapkan, hasil panen yang berlimpah akan meningkatkan gizi masyarakat, khususnya bayi dan balita. 

"Dibandingkan dengan makanan kemasan, makanan olahan alami dinilai baik untuk kesehatan bayi dan balita. Sebagai makanan pokok, produksi beras yang baik akan meningkatkan gizi masyarakat," ungkapnya.

Masih dikatakan Yuyun, sebagai desa yang menjadi pilot projek nasional, maka harus benar-benar dimaksimalkan, agar hasil panen meningkat dan petani sejahtera. "Kami sangat apresiasi program yang digagas Kementerian, sehingga berdampak positif bagi petani," tuturnya didampingi Kuwu Desa Leuwidingding, Imas Rasdianto.

Imas mengucapkan terima kasih pada seluruh pihak, khususnya multistakeholders yang telah merealisasikan program di desa ini dan segera menindaklanjuti, manakala ada yang dibutuhkan petani. 

"Tentunya, kami sangat membutuhkan program dari berbagai pihak demi kemajuan desa. Khususnya bidang pertanian,yang pasti akan berdampak sangat baik bagi perekonomian dan kesejahteraan" Tuturnya

Dirinya menghimbau pada para petani untuk memaksimalkan program ini, agar mampu meningkatkan hasil panen. 

"Kami akan secara maksimal untuk meningkatkan hasil panen, karena demi nama baik desa dan daerah,tentunya harapan kami petani pun memanfatkan program ini dengan baik dan maksimal" Pungkasnya. (1c)

0 $type={blogger}: