30 Sep 2024

Ketua Kopi Jabar " Selamat Untuk Ketua DPRD Kab Cirebon"

INDOMEDIANEWS - Ketua Kopi Jabar sekaligus pimpinan pondok pesantren Al-Ishlah 2 Buntet Pesantren,  Kecamatan Astana japura,  Kabupaten Cirebon,  KH. Soleh Zuhdi yang akrab disapa Gus Sozu,  mengucapkan selamat Kepada Seluruh Anggota DPRD yang telah dilantik beberapa waktu lalu,  terlebih lagi ucapan tersebut disampaikan kepada Sophi Zulfia yang akan menduduki jabatan sebagai Ketua DPRD Kabupaten Cirebon priode 2024-2029.
"Atas nama pribadi dan pengurus kopi Jabar,  kami mengucapkan selamat kepada Ibu Sophi Zulfia yang InsyaAllah akan dilantik menjadi Ketua DPRD Kabupaten Cirebon pada tanggal 16 Oktober 2024, informasi tersebut disampaikan Sophi secara langsung kepada saya, dan penetapan tersebut berdasarkan Surat Keputusan yang ditandatangani langsung oleh Ketua Umum PDIP,  Megawati Soekarno Putri tertanggal 25 September 2024" Tuturnya,  Senin, 30/09/2024.

Lebih lanjut Gus Sozu menuturkan,  dengan didudukinya jabatan sebagai ketua DPRD kabupaten Cirebon,  bukan hanya mampu menampung aspirasi,  namun mampu mengemban amanat dan tanggung jawab dengan baik. 

"Sesuai harapan dan prediksi, Sophi memang layak untuk menjadi ketua,  ini dikarenakan pengalaman beliau dan kemampuan beliau sudah teruji dengan baik,  tentunya kami berharap dibawah kepemimpinannya Kabupaten Cirebon akan semakin baik,  ini dikarenakan fungsi sebagai wakil Rakyat sangat menentukan maju mundurnya sebuah perubahan,  InsyaAllah,  beliau mampu mengemban harapan  Masyarakat,  yang terpenting jangan jauh dengan Masyarakat terlebih lagi para ulama,  sekali lagi kami ucapkan selamat kepada Ibu Sophi semoga senantiasa dalam lindungan Allah SWT" Pungkasnya. (1c) 

28 Sep 2024

Forum Pemred SMSI Dikukuhkan: Dorong Independensi dan Standar Pers Indonesia.

INDOMEDIANEWS— Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) resmi mengukuhkan pengurus pusat masa bakti 2024-2029 dalam sebuah acara yang berlangsung di Hall Dewan Pers, Jakarta, Kamis (26/10/2024). 

Pada kesempatan ini juga dilantik pengurus Perkumpulan Pemimpin Redaksi Media Siber Indonesia (Forum Pemred SMSI), yang diharapkan dapat memperkuat peran media siber di Tanah Air.

Acara pelantikan ini merupakan bagian dari Konvensi Nasional SMSI 2024, yang mengusung tema "Mengukuhkan Keberagaman dalam Kebersamaan". 

Ketua Umum SMSI, Firdaus, dalam sambutan pelantikan menekankan pentingnya kebebasan dan independensi media. Ia juga berharap SMSI mampu menjaga standar pers sesuai ketentuan Dewan Pers.

SMSI, yang berdiri sejak 7 Maret 2017, merupakan organisasi perusahaan media daring dengan lebih dari 2.670 anggota di 34 provinsi di Indonesia. Organisasi ini telah tercatat sebagai konstituen Dewan Pers dan dinyatakan sebagai organisasi media siber terbesar di dunia oleh Museum Rekor Indonesia (MURI).

Firdaus menyoroti semakin tingginya ketergantungan masyarakat pada media siber sebagai sumber informasi utama. "Media massa harus terus berinovasi dan tetap profesional dalam penyampaian berita yang sehat," ujarnya. Oleh karena itu, dibentuklah Forum Pemred SMSI sebagai wujud tanggung jawab profesional para pemimpin redaksi media daring di Indonesia.
Acara ini didukung Google News Initiative, TADEX, BRI, dan Krakatau Steel.

Dengan susunan kepengurusan baru ini, SMSI diharapkan mampu menjaga profesionalitas dan terus berperan aktif dalam perkembangan media siber di Indonesia.(Nas) 

27 Sep 2024

Pemdes Picung pugur Rehab kantor desa secara bertahap

INDOMEDIANEWS - Pemerintah Desa Picungpugur,  kecamatan Lemahabang,  Kabupaten Cirebon,  saat ini tengah melaksanakan rehab pembangunan  Kantor Desa setempat dengan memanfaatkan Anggaran Bantuan Gubernur Tahun Anggaran 2024.

Dalam keterangannya,  Kuwu Picung pugur,  Saki menjelaskan bahwa proses pembangunan  ataupun rehab kantor desa dilaksanakan secara bertahap. 

"Karena keterbatasan anggaran,  maka proses pembangunan kantor desa dilaksanakan secara bertahap,  namun demikian harapan kami kantor desa dapat terselesaikan dengan baik yang berdampak pada peningkatan pelayanan terhadap Masyarakat,  juga memberikan kenyamanan dalam kinerja jajaran perangkat yang tentunya berdampak juga pada etos kerja secara maksimal" Tuturnya, Jum'at 27/09/2024.

Senada hal tersebut disampaikan Sekretaris Desa Picungpugur,  Kosim. Dirinya berharap segala bentuk program yang telah dirancang mampu terealisasi dengan baik dan sesuai harapan. 

"Kami berupaya maksimal dalam memanfaatkan anggaran,  baik DD,  ADD maupun Banprov dan lainnya,  yang terpenting adalah seluruh pihak untuk secara bersama sama memiliki rasa kecintaan terhadap pengembangan desa,  yang terpenting lagi adalah adanya kesadaran bersama untuk menjaga dan merawat apapun yang telah desa lakukan,  baik infrastruktur maupun hal lainnya" Jelasnya. (1c)

26 Sep 2024

Jingle Pilkada Susukanlebak "Sosialisasi pesta demokrasi"

INDOMEDIANEWS -Ratusan masyarakat dari tiap PPS mengikuti lomba senam jungle Pilkada 2024, di halaman kantor Kecamatan Susukanlebak Kabupaten Cirebon. Selasa, 24/09/2024.

Dalam keterangannya, Ketua PPK Susukanlebak, Ibrohim Maulana  mengatakan, lomba senam jungle Pilkada nanti bertujuan mensosialisasikan pelaksanaan pilkada pada 27 Nopember mendatang. 

"Lomba senam jingle Pilkada ini mensosialisasikan Pilkada bupati dan wakil juga gubernur dan wakilnya," kata pria yang biasa dipanggil Baim ini menuturkan. 

Lebih lanjut Baim menjelaskan, sosialiasi melalui senam jingle Pilkada ini sangat diperlukan guna suksesnya pemilihan bupati dan wakil bupati Cirebon, gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat. Karena dengan meningkatkan partisipasi masyarakat (parmas) saat pencoblosan, tentu Pilkada dinilai sukses. 

"Dalam pelaksanaan ini' pemenang senam akan mendapatkan hadiah dan door prize juga tersedia bagi warga yang hadir " jelasnya.

Dirinya menghimbau, pada seluruh masyarakat yang memiliki hak pilih untuk datang ke TPS yang ditunjuk dan tepat waktu. 

"Alhamdulillah, kegiatan ini berjalan lancar dan partisipasi masyarakat sangat diperlukan, guna suksesnya pelaksana Pilkada," pungkasnya.

Sementara itu, Camat Susukanlebak, Carmin menghimbau pada seluruh masyarakat untuk menjaga kondusivitas dan penyelenggara Pilkada, agar melaksanakan tugas dengan baik. 

"Wajar saja perbedaan dalam pesta demokrasi, akan tetapi harus tetap dalam bingkai kebhinekaan, supaya aman dan kondusif," ungkapnya.

Hal lainnya disampaikan Ketua Panwas Pilkada Kecamatan Susukanlebak, Bagya menambahkan, senam jingle Pilkada ini tentunya harus berdampak positif saat pelaksanaan. Salah satunya, meningkatkan partisipasi pemilih ketika pencoblosan. 

"Diharapkan, peran aktif dari seluruh penyelenggara Pilkada untuk mengajak pemilih agar datang ke TPS. Disamping, pesta demokrasi ini untuk menentukan nasib kita pada masa yang akan datang,  oleh karenanya gunakan hak pilih dengan baik sesuai hati nurani" Jelasnya.  (1c) 

25 Sep 2024

Dicemarkan nama baik " Kuwu Karangasem akan tempuh proses hukum"

INDOMEDIANEWS - Merasa dicemarkan, Kuwu Desa Karangasem Kecamatan Karangwareng Kabupaten Cirebon, Budi Ledlawan, akan malaporkan para pihak yang diduga telah memperkeruh kondusivitas desa.

Menurut Budi, dugaan perselingkuhan yang disangkakan terdapat dirinya tidak benar. Karena, dirinya sudah melakukan nikah siri dengan yang bersangkutan. Maka, dalam waktu dekat akan melaporkan para pihak yang diduga telah membuat suasana desa tidak kondusif. 

"Dimana letak asusilanya. Toh saya dengan Kadus berinisial E, sudah melakukan pernikahan, walaupun hanya bersifat nikah siri dan itu, ada bukti surat nikahnya," katanya, Selasa 24/9/2024.

Budi menjelaskan, kedatangan warga ke balai desa yang menuntut mundur dari jabatan, tentu ada mekanisme dan aturan yang harus ditempuh. Sedangkan, tidak terbukti telah melakukan perselingkuhan. 

"Sekarang saya sedang menyelesaikan permasalahan dengan keluarga, jika nanti masalah dengan keluarga telah selesai,  maka langkah selanjutnya adalah akan melaporkan para pihak yang telah mencemarkan nama baik saya,  peristiwa ini adalah peristiwa saya dengan istri pertama dan keluarga tidak ada sangkut paut dengan pihak lain,  memang disayangkan ada beredar vidio dimana yang merekam vidio tersebut anak saya sendiri dan yang menyebarkannya pun anak saya sendiri hingga timbul polemik seperti sekarang ini" Tuturnya. 

Dirinya mengharapkan, masyarakat untuk tetap menjaga kondusivitas dan membangun desa, guna menjadi percontohan desa lain. 

"Pilwu telah usai dan mari kita bersama membangun desa agar lebih baik lagi" Pungkasnya

Sebelumnya, ratusan warga desa Karangasem mendatangi balai desa untuk menuntut kuwu desa setempat mundur dari jabatannya.

Dalam aksinya, warga setempat, Wartani mengungkapkan, dugaan perselingkuhan antara kuwu dan perangkat desa sudah terjadi sejak lama dan puncaknya, masyarakat datang ke balai desa untuk mendesak kuwu mundur dari jabatannya. 

"Aksi damai warga di depan balai desa tersebut sebagai bentuk kekecewaan masyarakat terhadap kuwu yang diduga telah melakukan asusila," ungkapnya.

Wartani menjelaskan, dugaan perselingkuhan antara kuwu dan perangkat desa telah membuat resah masyarakat dan nama desa tercemar dengan ulah yang bersangkutan. Sehingga kuwu diminta legowo untuk mengundurkan diri. 

"Kami meminta kuwu segera mundur dari jabatannya karena diduga telah merusak rumah tangga orang hingga bercerai dan mencemarkan nama baik desa," jelasnya. (1c) 

Pemdes Karangsuwung adakan sunatan Massal dalam peringatan Maulid Nabi SAW

INDOMEDIANEWS- Pemerintah Desa Karangsuwung, Kecamatan Karangsembung, Kabupaten Cirebon, menggelar kegiatan sosial berupa khitanan massal dalam rangka memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW. Kegiatan ini diikuti oleh sejumlah anak yang berasal dari keluarga kurang mampu di desa tersebut. Selasa,  24/9/24.

Dalam penuturannya, Kuwu Karangsuwung, Arif Nurdiansyah, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Pemdes Karangsuwung terhadap masyarakat, terutama bagi anak-anak yang orang tuanya mengalami kesulitan ekonomi. 

"Kami berharap kegiatan ini sedikitnya dapat meringankan beban keluarga dan menjadi manfaat besar bagi anak-anak di masa mendatang,"tuturnya 

Digelarnya acara tersebut mendapat sambutan positif dari warga setempat, dan diharapkan akan terus menjadi agenda rutin dalam setiap tahunnya sebagai upaya mendukung kesejahteraan masyarakat.  (1c) 

24 Sep 2024

Kuwu Karangasem diduga asusila "perlihatkan bukti nikah"

INDOMEDIANEWS -Merasa nama desanya tercemar karena prilaku Oknum kuwu yang diduga melakukan asusila terhadap seorang warga sekaligus bawahanya ( Perangkat desa-red)  warga desa karangasem, Kecamatan karangwareng, Kabupaten Cirebon melurug kantor desa setempat dan meminta agar kuwu karangasem,  Budi Ledlawanan, segera mengundurkan diri. 
Kegusaran warga tersebut berawal dari beredarnya vidio yang berisi kuwu keluar bersama seorang wanita hingga pukul 04.00 dinihari. Selain itu warga mempersoalkan kedekatan kuwu dengan bawahannya hingga mengakibatkan perceraian yang walaupun menurut kuwu saat ini sudah dinikahinya secara sirih. 

Dalam aksi demo tersebut,  salah seorang warga setempat,  Yanto,  meminta Kuwu Budi segera mundur karena telah melakukan hal yang tidak patut 

"Kami meminta Kuwu segera mundur dari jabatannya karena telah merusak rumahtangga orang hingga bercerai dan merusak nama desa, memang saat ini Kuwu mengaku telah melakukan nikah siri dengan bawahannya,  namun kan ada sebab akibat,  wanita itu atau bawahannya yang merupakan seorang kadus awalnya masih punya suami,  tapi karena ada main antara Kuwu dan kadus tersebut,  akibatnya rumah tangga si kadus dengan suaminya berahir,  setelah rame beredar kabar yang tidak baik,  barulah Kuwu mengakui bahwa dirinya telah melakukan nikah siri dengan kadus tersebut yang saat ini sudah mengundurkan diri ( Kadus-red) " Tuturnya yang diamini oleh warga dengan tuntutan agar Kuwu Budi segera mundur. 

Lebih lanjut Yanto menuturkan,  bahwa pihaknya akan melakukan aksi kembali jika tuntutan warga tidak diindahkan. 

"Kuwu ini panutan,  jika kelakuannya begini kan memalukan,  terlepas dari secarik kertas yang diperlihatkan Kuwu bahwa pihaknya telah melakukan nikah siri,  kami akan mencari tahu lebih lanjut,  apakah surat itu benar,  siapa yang menikahkan dan siapa saksinya,  intinya apa yang dilakukan Kuwu sangat tidak patut untuk dijadikan panutan,  bukan kami saja yang merasa kecewa dengan prilaku Kuwu Budi,  keluarga istrinya pun sangat malu atas prilakunya yang memang tidak patut untuk di tauladan" Tuturnya. Senin, 23/09/2024.

Sementara itu,  ketua BPD Karangasem, M. Sanusi,  saat ditanya apa tindakannya terkait tuntutan warga, pihaknya akan berdiskusi dengan berbagai pihak terkait langkah apa yang harus dilakukan. 

" Sebelumnya memang antara Kuwu Budi dan kadus Eti Juhaeti yang saat ini menjadi buah bibir telah membuat surat pernyataan tidak akan melakukan sesuatu yang kurang terpuji,  namun surat pernyataan  itu dibuat tanpa diketahui oleh pihak kami, hingga akhirnya saat ini timbul persoalan yang menurut warga sangat kurang baik,  terkait ibu Eti saat ini yang bersangkutan telah mengundurkan diri,  dan kalau ditanya apakah benar saudari Eti sudah bercerai dari suaminya,  mungkin saja benar karena saya belum melihat secara langsung surat cerainya,  dan terkait tuntutan warga agar Kuwu segera mundur,  tentunya akan kami bahas dengan beberapa pihak,  karena menurunkan Kuwu itu ada prosesnya" Jelasnya. 

Ditempat terpisah saat aksi demo belum digelar,  Kuwu Budi Ledlawan, membantah bahwa dirinya telah melakukan asusila. 

"Dimana letak asusilanya.  Toh saya dengan Eti sudah melakukan pernikahan,  walaupun hanya bersifat nikah siri,  dan itu ada bukti nikahnya,  jadi kalaupun mau dibawa kemana dan jam berapa menurut saya tidak ada salahnya,  karena yang saya bawa adalah istri saya,  terkait tuntutan warga atau keinginan warga dalam hal apapun,  silahkan tempuh sesuai aturan,  yang pasti saya dengan Eti secara agama telah syah sebagai suami istri" Ujar Kuwu Budi sembari memperlihatkan secarik kertas bukti pernikahannya yang telah dilakukan pada tgl 14,Juli 2024.(1c) 

Kuwu Curug wetan "Pembangunan sesuai anggaran"

INDOMEDIANEWS -Upaya peningkatan pemberdayaan dan infrastruktur desa terus dilakukan Pemdes Curug wetan, kecamatan Susukan Lebak, kabupaten cirebon. 
Selain merealisasikan proyek pembangunan rehab kantor desa, hal lainnya yang tengah dilaksanakan adalah pembangunan balai pertemuan warga. 
Hal tersebut disampaikan Kuwu Curug wetan, Anang Muhari saat ditemui media,  Selasa,24/09/2024.

"Kami menginginkan segala bentuk pembangunan yang bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada Masyarakat dapat terselesaikan walaupun pelaksanaannya secara bertahap,  dengan adanya pembangunan infrastruktur atau lainnya tentunya akan berpengaruh baik bagi peningkatan kesejahteraan atau kenyamanan warga, Alkhamdulillah,  saat ini kami tengah melaksanakan  pembangunan rehab kantor desa dan balai pertemuan warga" Tuturnya. 

Lebih lanjut Anang menuturkan,  bahwa tugasnya sebagai Kuwu akan memprioritaskan kepentingan warga secara umum. 

"Segala bentuk atau program pembangunan tentunya akan disesuaikan dengan anggaran yang tersedia, Mudah-mudahan selama kepemimpinan saya Desa Curug wetan akan semakin baik dan berkembang,  yang penting adalah kerjasama dan dukungan dari semua pihak,  tanpa dukungan dan kerjasama tidak mungkin saya dapat bekerja sendiri" Pungkasnya.  (1c) 

21 Sep 2024

Open turnamen Bola voli Kuwu Cup 1 Astanajapura "diikuti 17 team"

INDOMEDIANEWS- Dalam rangka meningkatkan rasa kecintaan terhadap perkembangan Dunia Olahraga, Pemerintahan Desa Astana japura, Kecamatan Astana japura, Kabupaten Cirebon menggelar ajang oven turnamen bola voli Kuwu Cup Astana japura 1.
Acara yang diikuti oleh 17 team dari Kabupaten Cirebon tersebut dihadiri langsung Kuwu Astana japura, Moh Jaelani Sidik, Plt Camat Astana japura, Denny Syafrudin dan Anggota DPRD Kabupaten Cirebon,Frisma Elsa Tamara. 

Dalam sambutannya, Kuwu Jaelani mengharapkan agar acara tersebut dapat berjalan dengan baik dan menjunjung tinggi sportifitas. 

"Kegiatan ini merupakan ajang pengikat silaturahmi dan meningkatkan rasa kecintaan generasi muda dalam hal olahraga, hususnya bola voli. InsyaAllah dalam oven turnamen bola voli Kuwu Cup yang pertama ini yang diikuti oleh 17 team se Kabupaten Cirebon, hingga kota Cirebon, selain mendapatkan tropi juga uang pembinaan bagi juara satu hingga juara tiga dengan total hadiah sebesar Rp. 14.000.000" Tuturnya. Sabtu, 21/09/2024.

Senada disampaikan ketua panitia, Ajeng Fatimah. 

"Oven turnamen bola voli ini merupakan kolaborasi antara pemdes dan karang taruna Jali angsana, diharapkan gelaran turnamen bola voli akan terus dilaksanakan dalam setiap tahunnya dengan tampilan dan hadiah yang lebih menarik dan diikuti oleh lebih banyak team" Jelasnya. 

Sementara itu, Plt Camat Astana japura, Denny Safrudin mengharapkan kepada semua team untuk mengutamakan sportifitas dan bermain dengan cantik. 

"Jadikan ajang oven turnamen bola voli ini sebagai langkah awal untuk meniti karir dalam dunia olahraga, selain itu mari junjung sportifitas dan kebersamaan, kalah menang adalah hal yang biasa, utamakan persatuan dan kesatuan dan kami mengucapkan selamat bertanding semoga pelaksanaan ini bisa berjalan dengan baik dan menghasilkan juara yang bisa membanggakan" Jelasnya. 

Senada disampaikan Anggota DPRD Kabupaten Cirebon dari PDIP yang hadir langsung dalam acara pembukaan Oven turnamen Bola Voli, Frisma Elsa Tamara. 

"Kami mengucapkan selamat bertanding dan raih kemenangan dengan menjunjung tinggi sportifitas, dengan dilaksanakannya acara ini tentunya sangat bermanfaat bagi perkembangan dunia olahraga, hususnya bola voli, atensi dan penghargaan kami ucapkan kepada semua pihak, baik pemdes, karang taruna dan panitia, terlebih lagi bagi para pemain, semoga dengan adanya kegiatan ini , dunia olahraga di Kabupaten Cirebon bisa lebih berkembang lagi dan menghasilkan bibit -bibit muda yang mampu mengharumkan nama Bangsa" Tuturnya. (1c) 

20 Sep 2024

Desa Leuwidingding Pilot Projek Pertanian Nasional "meningkatkan kesejahteraan"

INDOMEDIANEWS- Pemerintah Desa Leuwidingding Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon, menjadi percontohan program  kemitraan multistakeholders komoditas padi nasional.

Dalam keterangannya, Asisten Deputi Pangan Kemenko Perekonomian RI, Mohammad Saefullah mengatakan, multistakeholders antara lain, Bulog, PLN dan pupuk kujang secara bersama dalam meningkatkan hasil pertanian, khususnya di desa ini. 

"Desa Leuwidingding menjadi pilot projek nasional dalam peningkatan hasil tani," Tuturnya usai launcing di area pertanian Desa Leuwidingding Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon, Kamis 19/9/2024.

Saefullah menjelaskan, steakholder yang terlibat dalam program ini secara kontinyu melaksanakan tugas masing-masing. Misalnya Bulog, yang membeli hasil panen. Begitu juga PLN yang menyuplai listrik untuk kompanisasi dan Bank Indonesia (BI) mendanai kebutuhan petani juga TNI-Polri yang menjaga stabilitas keamanan. 

"Setelah sukses dengan progam ini, akan terus berlanjut ke wilayah lain," jelasnya.

Dirinya mengharapkan, dengan program ini hasil panen meningkat dan petani sejahtera. "Berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan hasil pertanian, guna menyejahterakan petani," ujarnya.

Sementara itu, Camat Lemahabang, Yuyun Kusumawati mengungkapkan, hasil panen yang berlimpah akan meningkatkan gizi masyarakat, khususnya bayi dan balita. 

"Dibandingkan dengan makanan kemasan, makanan olahan alami dinilai baik untuk kesehatan bayi dan balita. Sebagai makanan pokok, produksi beras yang baik akan meningkatkan gizi masyarakat," ungkapnya.

Masih dikatakan Yuyun, sebagai desa yang menjadi pilot projek nasional, maka harus benar-benar dimaksimalkan, agar hasil panen meningkat dan petani sejahtera. "Kami sangat apresiasi program yang digagas Kementerian, sehingga berdampak positif bagi petani," tuturnya didampingi Kuwu Desa Leuwidingding, Imas Rasdianto.

Imas mengucapkan terima kasih pada seluruh pihak, khususnya multistakeholders yang telah merealisasikan program di desa ini dan segera menindaklanjuti, manakala ada yang dibutuhkan petani. 

"Tentunya, kami sangat membutuhkan program dari berbagai pihak demi kemajuan desa. Khususnya bidang pertanian,yang pasti akan berdampak sangat baik bagi perekonomian dan kesejahteraan" Tuturnya

Dirinya menghimbau pada para petani untuk memaksimalkan program ini, agar mampu meningkatkan hasil panen. 

"Kami akan secara maksimal untuk meningkatkan hasil panen, karena demi nama baik desa dan daerah,tentunya harapan kami petani pun memanfatkan program ini dengan baik dan maksimal" Pungkasnya. (1c)

Tim Formatur Hasil Kongres II SMSI Rampungkan Penyusunan Kepengurusan Periode 2024-2029

INDOMEDIANEWS- Sesuai amanat Kongres II Serikar Media Siber Indonesia (SMSI) pada tanggal 31Juli 2024, Tim formatur yang diketuai Firdaus menggelar pertemuan, kamis malam (19/9/2024). Pertemuan di Sekretariat SMSI Pusat, Jalan Veteran No 07-Jakarta itu, tak lain untuk merampungkan penyusunan kepenguran SMSI Pusat Periode 2024-2029.

"Alhamdulillah, pada kamis malam jumat ini, tim formatur kesekian kalinya menggelar pertemuan. Malam jumat penuh berkah ini, tim formatur telah merampungkan penyusunan kepengurusan," ujar Firdaus.

Pertemuan yang dipimpin langsung oleh Ketua tim formatur yang juga ketua umum terpilih hasil Kongres II SMSI, berlangsung serius dan fokus. Tim formatur lain yang hadir, antara lain Retno Intani, Yono Hartono dan Makali Kumar SH.

Untuk melanjutkan kepengurusan SMSI periode berikutnya yang lebih baik lagi, maka dipilih personil-personil yang dinilai tepat dan profesioal di posisinya. Dari mulai pengurus inti sampai bidang-bidang, telah disusun dan ditempati figur-figur yang mumpuni, siap kerja dan amanah.

"Susunan kepengurusan  yang baru di SMSI pusar  periode 2024-2029, kami optimis bisa bekerja dengsn baik. Sehingga roda organisasi bisa terus berjalan, dan menjadikan SMSI lebih maju lagi," harapnya.

Sementara itu Retno Intani menambahkan,  pihaknya bersyukur atas selesainya penyusunan kepengurusan SMSI. Setelah beberapa kali pertemuan, tim formartur akhirnya selesai menjalankan amanah kongres II.

"Bagi mereka yang kami pilih sebagai pengurus, diharapkan  dapat menjalankan tugasnya dengan penuh semangat dan  rssa tanggungjawab. Demi kemajuan dan kebesaran SMSI dimasa mendatang,"  jelasnya.

Sesuai agenda, kepengursan SMSI periode 2024-2029 yang disusun oleh tim formatur ini, akan mengikuti prosesi pelantikan di gedung Dewan Pers, Jakarta  pada tanggal 26 September 2024. Sejumlah pejabat negara dan tokoh pers nasional, bakal hadir dalam pelantikan tersebut. (1c) 

18 Sep 2024

Pemdes Mertapadawetan gelar Musdes " PAD dan penanganan sampah prioritas "

INDOMEDIANEWS -Demi membangun dan membuat perubahan dengan mengedepankan kepentingan Masyarakat secara menyeluruh, Pemerintahan Desa Mertapadawetan, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, melaksanakan Musdes (Musyawarah Desa) Rabu, 18/09/2024.

Acara yang digelar di Aula Kantor Desa setempat dihadiri Kuwu, Moh Munif. AR, Ketua BPD Ano Suratno, RT/RW dan tokoh Masyarakat. 

Dalam acara tersebut, ketua BPD menginginkan adanya perubahan dalam berbagai hal, terutama peningkatan PAD ( Pendapatan Asli Desa) dan memaksimalkan penangan sampah. 

"Kami berharap PAD Mertapada wetan akan meningkat dalam setiap tahunnya, hal ini bisa tercapai dengan adanya konsep kerja dan pemahaman yang sama dari semua pihak, yang tidak kalah pentingnya adalah penanganan sampah secara maksimal, oleh karena itu kami berharap, seluruh jajaran perangkat dan lembaga desa serta Masyarakat bahu membahu demi perkembangan desa lebih baik dari yang sudah baik" Tuturnya.

Sementara itu, Kuwu Mertapadawetan, Moh Munif. AR, siap bekerjasama dan menampung berbagai aspirasi dan masukan dari Masyarakat. 

"Musdes ini bertujuan untuk mengetahui apa yang diinginkan oleh Masyarakat, namun demikian tentunya ada pembangunan yang sifatnya menjadi sekala prioritas maupun yang masuk dalam kriteria biasa, kami dari pemerintahan Desa akan berusaha semaksimal mungkin untuk memenuhi apa yang diinginkan Masyarakat, tetapi harus disesuaikan dengan anggaran yang ada, baik itu Banprov, DD atau ADD termasuk PAD, InsyaAllah niat membangun ini sudah menjadi kewajiban saya sebagai seorang Kuwu, tetapi harus juga didukung oleh semua pihak, saya tidak bisa bekerja sendiri tanpa adanya sokongan dan dukungan dari semua pihak" Jelasnya. (1c) 

Didampingi sang suami " usai dilantik " Frisma siap mengabdi Untuk Kabupaten Cirebon

INDOMEDIANEWS- Frisma Elsa Tamara yang telah dilantik Menjadi Anggota DPRD Kabupaten Cirebon, dari PDIP, Selasa, 17/09/2024.
Didampingi sang suami yang merupakan Plt Camat Astanajapura, Denny Syafrudin, menghaturkan rasa terimakasihnya kepada seluruh pihak yang telah mendukung dan memberikan kepercayaannya dalam pemilihan Calon Legislatif hingga terpilihnya menjadi Anggota DPRD Kabupaten Cirebon, Periode 2024-2029.
Usai dilantik Frisma menuturkan harapannya sebagai wakil Rakyat agar mampu memberikan yang terbaik dalam segi pembangunan dan pengembangan Kabupaten Cirebon lebih baik dari yang sudah baik 

"Kepercayaan yang diberikan kepada saya  merupakan amanah dan tanggung jawab yang harus diemban dan dijadikan satu motifasi untuk memberikan yang terbaik bagi perkembangan Kabupaten Cirebon, InsyaAllah kepercayaan itu akan saya pegang teguh dengan tentunya mengharap ridlo dari Allah SWT" Tuturnya 

Lebih lanjut Frisma menuturkan, rasa syukur dan terimaksihnya kepada seluruh Masyarakat, Keluarga dan para pendukung yang telah memberikan kepercayaan kepadanya. 

"Atas nama pribadi dan keluarga, saya hanya mampu mengucapkan Syukur dan terimakasih kepada seluruh pihak, baik pendukung maupun Masyarakat secara luas, do'akan agar dalam bekerja saya tetap berjalan di jalur yang benar, semoga saya mampu menjadi wakil Rakyat yang benar-benar mengedepankan kepentingan Rakyat diatas segalanya" Tuturnya. 

Sementara itu, Plt Camat Astanajapura, Denny Syafrudin, yang setia mendampinginya menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh Masyarakat di saat pencalonan istrinya hingga terpilihnya menjadi Anggota DPRD Kabupaten Cirebon. 

"Kami memohon maaf sebesar-besarnya kepada seluruh lapisan masyarakat terutama para pendukung, mungkin selama pencalonan istri saya ada terdapat kesalahan, baik disengaja maupun tidak, Alhamdulillah saat ini istri saya telah dilantik menjadi Wakil Rakyat di Kabupaten Cirebon, untuk itu kami mohon doanya agar selama istri saya menduduki jabatan sebagai wakil Rakyat, mampu mengemban amanat dengan baik dan senantiasa dalam lindungan Allah SWT" Harap Denny. (1c) 

Usai Dilantik " Anggota DPRD Kabupaten Cirebon" siap untuk membangun

INDOMEDIANEWS- Usai dilantik, Selasa ,17/09/2024, Tinah , Anggota legislatif terpilih nomor 4 dari daerah pemilihan 6 Kabupaten Cirebon yang juga istri dari Rudiyana Kuwu Desa Sarajaya Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon menyampaikan Terima kasihnya kepada tim, pendukung dan masyarakat yang ada di dapil 6 atas dukungan dan bantuannya, dirinya berharap selama menjabat bisa membawa aspirasi masyarakat demi percepatan pembangunan di wilayahnya. 

Usai dilantik, Tinah menyampaikan, hal yang menjadi dorongan dirinya maju sebagai calon legislatif waktu itu, karena dirinya merasa terpanggil ketika melihat kondisi infrastruktur khususnya yang ada di sekitar wilayah timur Kabupaten Cirebon, kini setelah terpilih dan dilantik dirinya akan berupaya mendorong pemerintah daerah untuk pembangunan infrastruktur terutama jalan yang memang menjadi harapan masyarakat untuk minta segera adanya penanganan perbaikan, atas hal itu menjadikan dorongan dirinya untuk mantap mengemban amanah masyarakat sebagai wakil rakyat di DPRD Kabupaten Cirebon priode 2024-2029.

" Insya Allah kami akan membawa amanat masyarakat yang mengharapkan adanya percepatan pembangunan di wilayah timur Kabupaten Cirebon khususnya di Dapil 6 Kabupaten Cirebon terutama infrastruktur jalan, intinya kami akan menampung berbagai aspirasi dari Masyarakat demi sesuatu yang baik" Tuturnya 

Masih dijelaskan Tinah, dirinya juga menyampaikan Terima kasihnya kepada seluruh tim yang telah mensukseskan dirinya, keluarga, kerabat dan seluruh masyarakat yang telah mendukungnya, karena tanpa adanya dukungan mereka mungkin dirinya tidak bisa dilantik hari ini, untuk itu dirinya berharap bisa menjaga amanah dari para tim dan pendukungnya, selain itu dirinya mengharap dukungan dari seluruh lapisan Masyarakat khususnya yang ada di Dapil 6 Kabupaten Cirebon dan masyarakat Kabupaten Cirebon pada umumnya, Karena bagaimanapun kerja wakil rakyat sangat terkait erat dengan apa yang menjadi aspirasi dari masyarakat. 

"Semoga saya selalu bisa menjaga  amanah masyarakat, dalam menerima dan menyalurkan aspirasi rakyat untuk pembangunan Kabupaten Cirebon mendatang, do'akan semoga kami para wakil Rakyat tetap amanah" Pungkasnya  (1c)

15 Sep 2024

Sanggar Seni Giri Baswara " Melestarikan Budaya Bangsa"

INDOMEDIANEWS - Melestarikan seni dan budaya daerah menjadi tugas dan tanggung jawab seluruh unsur. 
Hal ini pula yang melatarbelakangi Eman,  sebagai pelaku seni sekaligus pimpinan Sanggar Seni Giri Baswara, Desa Belawa, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon yang terus berupaya untuk mempertahankan dan mengembangkan seni budaya daerah sebagai cerminan cinta tanah air. 
Usai melakukan pelatihan tari di aula sanggar yang tidak jauh dari Obyek Wisata Cikuya, menuturkan bahwa Pihaknya akan berupa semaksimal mungkin untuk mempertahankan tatanan seni dan budaya warisan leluhur agar tetap ada dan bahkan bisa terus untuk dikembangkan. 

"Sanggar seni giri baswara merupakan anak asuh dari Pokdarwis (kelompok sadar wisata kuya asih) yang memang berkomitmen untuk terus berupaya untuk melestarikan seni budaya daerah, Alhamdulillah setiap seminggu sekali kami melaksanakan pelatihan dan pendidikan tari kepada generasi muda agar mampu berkreasi dan berkarya hususnya dalam bidang seni tari maupun kreasi seni lainnya" Jelasnya. Minggu, 15/09/2024.

Lebih lanjut Eman menuturkan, bahwa seni budaya merupakan cerminan cinta terhadap tanah air. 

"Seni budaya tidak bisa terlepas dari sendi kehidupan, termasuk dalam kecintaan terhadap bangsa dan negara, dan kami sebagai pelaku seni akan tetap berupaya untuk melestarikan hingga menelurkan bibit-bibit penerus demi kelestarian seni itu sendiri" Pungkasnya. 

Sementata itu, salah seorang warga setempat, Ria, sangat berterimakasih atas dedikasi yang diberikan sanggar seni giri baswara dibawah asuhan Pak Eman yang telaten membimbing dan mengajar Anak-anak dalam berkesenian. 

"Anak saya, Queensa sudah kurang lebih 7 bulan mengikuti pelatihan disanggar ini, Alhamdulillah dampaknya sangat positif bagi perkembangan Anak, bagi kami Sosok Pak Eman sangat diperlukan dijaman yang telah jauh berubah, semoga dengan adanya pelatihan kesenian dapat menjadikan Anak lebih cinta akan Budaya dan mampu berkarya dan berprestasi demi mengharumkan nama pribadi, keluarga maupun Bangsa, kami yakin dibawah kepemimpinan Bapak Eman Seni budaya ini akan terus lestari" Jelasnya. (1c) 

10 Sep 2024

Kuwu Gumulung tonggoh ajak semua lapisan taat bayar pajak

INDOMEDIANEWS- Guna meningkatkan kesadaran Masyarakat dalam ketaatan untuk melakukan kewajibannya dalam hal pembayaran pajak Bumi dan bangunan (PBB) pemdes Gumulung tonggoh, Kecamatan Greged, Kabupaten Cirebon, memaksimalkan kinerja Kolektor atau yang bertugas menangani persoalan pajak untuk senantiasa melakukan sosialisasi atau mengingatkan Masyarakat agar melakukan pembayaran PBB jangan sampai melewati batas tempo yang telah ditentukan. 
Hal ini disampaikan Kuwu Gumulung tonggoh, Agus Saefudin, diruang kerjanya, Selasa, 10/09/2024.

"Untuk tahun ini ada peningkatan jumlah wajib pajak yang sebelumnya Rp. 141.000.000 dan saat ini meningkat menjadi Rp. 161.000.000. Dengan adanya peningkatan tersebut tentunya kami mengharap adanya peran serta dari semua pihak, bukan hanya kolektor namun Masyarakat pun harus sadar untuk taat pajak jangan sampai melebihi jatuh tempo, karena jika terjadi telat pajak hingga tiga tahun berturut-turut maka nama wajib pajak akan terblokir, dan dampaknya akan sangat tidak baik, oleh karenanya upaya yang kami lakukan adalah memaksimalkan kinerja jajaran perangkat desa untuk memberikan pemahaman dan sosialisasi kepada Masyarakat tentang apa manfaatnya jika tidak atau membayar pajak sesuai waktu"tuturnya.

Lebih lanjut Agus menjelaskan, bahwa pihaknya akan maksimal dalam hal penanganan PBB. 

"Harapan kami tentunya target 100% dapat tercapai, minimalnya 75% target wajib pajak bisa terpenuhi, yang terpenting adalah meningkatkan kesadaran bagi seluruh lapisan Masyarakat untuk membudayakan taat bayar pajak" Pungkasnya. (1c) 

SMPN 1 Lemahabang Direvitalisasi " Proses pembelajaran tetap berjalan baik"

INDOMEDIANEWS - SMPN 1 Lemahabang Kabupaten Cirebon mendapatkan revitalisasi tujuh lokal yang saat ini sedang dalam tahap pengerjaan.

Dalam keterangannya, Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Bidang Kesiswaan SMPN 1 Lemahabang, Imam mengatakan, revitalisasi ruang kelas sangat diperlukan, guna meningkatkan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). 

"Alhamdulillah, tahun ini kami mendapatkan revitalisasi untuk tujuh lokal," tuturnya, selasa, 10/09/2024.

Lebih lanjut Imam menjelaskan, revitalisasi yang dilaksanakan ini sudah berjalan kisaran dua bulan dan kini masih terus dilakukan hingga terselesaikan dengan baik. 

"Walaupun pelaksanaan pembangunan tengah berjalan, KBM tetap berjalan seperti biasa," jelasnya.

Dirinya mengharapkan, pelaksana dapat mengerjakan sesuai spesifikasi dan selesai tepat waktu. 

"Untuk waktu pengerjaan dalam papan informasi, terhitung Juli-Nopember. Tapi bila lebih cepat, lebih baik. Tanpa mengurangi spesifikasi material yang ditentukan,prinsipnya kualitas dan kecepatan pengerjaan sangat kami perhatikan" Jelasnya. 

Sementara itu, pelaksana proyek, Andri mengungkapkan, material yang digunakan untuk revitalisasi sekolah ini tentunya sesuai spesifikasi dan akan selesai secepatnya, agar KBM lebih nyaman. 

"Material yang kami gunakan tentunya sudah standar SNI, sehingga sesuai spesifikasi yang ditentukan," ungkapnya.

Andri mencontohkan, material baja ringan untuk atap sudah ber-SNI. Hal ini dilakukan, guna mencegah kejadian ambruknya bangunan yang sudah direvitalisasi. "Kalau musibah tidak ada yang tahu, tapi kami sudah lakukan sesuai aturan dan prosedur yang ditetapkan. Salah satunya, berstandar SNI. Bahkan tim pengawas bangunan, berada di lokasi," pungkasnya. (1c)

8 Sep 2024

Sumur Pamuruyan Cikuya "dikuras setiap Bulan Maulid" dipercaya berhasiat

INDOMEDIANEWS - Keunikan dan keasrian Obyek wisata Cikuya yang berada di desa Belawa, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon semakin menarik dan banyak diminati oleh para pengunjung yang datang dari beberapa wilayah yang ada di Cirebon hingga luar Cirebon. 
Tidak hanya disuguhkan dengan berbagai fasilitas bermain anak dan tempat bersua foto, namun pengunjung pun dapat melihat secara langsung keberadaan Kura-kura langka yang hanya ada di Cikuya, bahkan tidak sedikit para pengunjung yang mengharap berkah dengan memanfaatkan Air Sumur Pamuruyan yang konon dipercaya banyak manfaatnya sesuai keinginan dan keyakinan yang dipercaya. 
Hal ini disampaikan salah seorang pengurus yang kerap menghantarkan pengunjung untuk mengambil air atau mandi disumur Pamuruyan, Awah , saat sebelum melakukan pengurasan air sumur yang selalu dilaksanakan setiap bulan maulid. 

"Dari beberapa Cerita yang turun temurun, banyak yang mempercayai akan faedah air sumur Pamuruyan, entah itu buat mengobati penyakit, usaha maupun jodoh, tentunya itu berdasar keyakinan masing-masing, toh semuanya atas ijin Allah dan kuasanya, biasanya yang minta air atau mandi disumur ini kebanyakan tiap malam jum'at keliwon, dan saat ini kami tengah mempersiapkan acara kurus sumur yang dilaksanakan setiap Bulan Maulid pada setiap tahunnya, benar atau tidaknya sumur Pamuruyan mengandung berkah, wallahua'lam" Tuturnya, minggu, 08/09/2024.

Sementara itu, Pengelola Obyek wisata Cikuya, Eman menuturkan terkait mitos dan harapannya untuk kemajuan Cikuya. 

"Memang mitos yang beredar keberadaan sumur Pamuruyan banyak dipercaya mengandung karomah, tetapi itu semua dikembalikan kepada diri kita masing-masing, kami selaku pengelola hanya menjelaskan kepada pengunjung yang datang terkait sejarah Cikuya, intinya sebagai anak manusia tentunya harus melestarikan sejarah dan tetap merawatnya dengan baik, diharapkan keberadaan Cikuya ini tetap menjadi tempat yang memang cocok untuk dikunjungi, karena memang keberadaan Kura-kura atau bulus yang ada disini merupakan Kura-kura langka dan hanya ada di Cikuya" Jelasnya. (1c) 

7 Sep 2024

DPSHP Desa Asem berjalan dengan baik

INDOMEDIANEWS -Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Asem Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon, mengadakan rapat pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP).

Ketua PPS Desa Asem, Mohammad Rizki Nugraha mengatakan, pleno DPSHP dihadiri berbagai pihak dan diterima peserta yang hadir. 

"Alhamdulillah, tidak ada sanggahan dari peserta pleno, sehingga yang ada dalam DPSHP dapat diterima," katanya usai acara di aula balai desa setempat, Sabtu 7/9/2024.

Lebih lanjut Rizki menjelaskan, dari data pemutakhiran yang ada dalam DPSHP terdapat penambahan pemilih empat orang, yang merupakan pindahan ke desa ini. Sehingga saat DPHP beberapa waktu lalu kisaran 2.553 kini, menjadi 2.557 pemilih. 

"Setelah dilaksanakan rapat pleno terbuka DPSHP, sekitar 2.557 pemilih akan memberikan suara di lima tempat pemungutan suara (tps), dengan harapan semuanya dapat dilaksanakan dan berjalan dengan  baik" Ungkapny. 


Rizky menambahkan, Pilkada gubernur dan wakil Jawa Barat juga bupati dan wakil bupati Kabupaten Cirebon, menjadi momen untuk perubahan daerah dari yang baik menjadi lebih baik. 

"Tentunya harapan masyarakat, adanya pemimpin yang amanah, sehingga mampu menjadikan lebih baik dalam berbagai aspek,yang terpenting lagi adalah adanya peran serta dari seluruh elemen untuk mensukseskan pelaksanaan pilkada dengan aman dan damai" Pungkasnya. (1c) 

6 Sep 2024

Semarak Pembukaan MTQH Kabupaten Cirebon berjalan meriah

INDOMEDIANEWS - Pembukaan Musabaqoh Tilawatil Qur'an Hadist (MTQH) bertempat di Kecamatan Pasaleman Kabupaten Cirebon, berlangsung semarak. Terlihat pawai ta'aruf dari 40 kecamatan di kabupaten hadir dalam acara tersebut. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Cirebon, Hilmy Riva'i mengatakan, MTQH yang berlangsung di kecamatan ini disambut antuasias warga setempat dan para kafilah. Sehingga saat pembukaan, membludak. 

"Alhamdulillah, pawai ta'aruf berjalan lancar dan dihadiri unsur Muspida, Muspika Pasaleman dan undangan lain," katanya, Kamis ,5/9/2024.

Hilmy menjelaskan, baca tulis Al-Qur'an dan hadist dalam acara MTQH ini sebagai upaya menyebarkan syiar Islam dan memaknai nilai keagamaan pada masyarakat. Sehingga, setiap tahun diadakan pada lokasi yang berbeda di tiap kecamatan Kabupaten Cirebon. 

"Secara bergiliran kecamatan menjadi tuan rumah kegiatan MTQH dan Alhamdulillah, masyarakat sangat antusias juga peserta yang mengikuti lomba sangat tinggi," jelasnya.

Sementara itu, Camat Pasaleman, H Agustiana mengungkapkan, MTQH tingkat kabupaten yang dilaksanakan 5-10 September mendatang akan diikuti kafilah dari seluruh kecamatan se-Kabupaten Cirebon dan hari ini berupa pawai ta'aruf dari depan balai Desa Cilengkranggirang ke halaman kecamatan. Sedangkan untuk tempat lomba, dipersiapkan 10 titik dan pemondokan untuk kafilah, relatif terjangkau. 

"Alhamdulillah hari pertama berjalan lancar, dan sesuai apa yang diharapkan" Tuturnya

Masih dikatakan Agus, MTQH emas menjadi ajang bergengsi bagi para kafilah yang akan diikut sertakan di tingkat provinsi. 

"Tentunya semaksimal mungkin untuk mensukseskan acara tersebut, karena demi nama baik kecamatan dan kabupaten,dan ini merupakan ajang atau langkah awal menuju jenjang yang lebih tinggi" Pungkasnya. (1c)

4 Sep 2024

Ketua Kopi Jabar Dukung pencalonan Fitria Pamungkas wati "Calon Wakil Wali Kota Cirebon"

INDOMEDIANEWS - Calon wakil wali kota Cirebon Fitria Pamungkas wati yang berpasangan dengan Dani Mardani bersilaturahmi Kepimpinan Ponpes Al-Ishlah 2 Buntut Pesantren sekaligus Ketua kopi Jabar, KH. Soleh Zuhdi yang akrab disapa Gus Sozu. 
Kedatangan Calon Wakil wali Kota Cirebon tersebut disambut baik Ketua Kopi Jabar. 

"Kami sangat mendukung dengan pencalonan Ibu Fitria Pamungkas wati sebagai Calon Wakil Wali Kota Cirebon 2024, beliau merupakan sosok wanita yang sangat bijak dan kritis, terlebih lagi berpasangan dengan Dani Mardani, ini merupakan pasangan yang sangat serasi dan ideal" Tuturnya. 

Lebih lanjut Gus Sozu menuturkan kedatangan Calon Wakil Wali Kota Cirebon di pondok pesantrennya merupakan bentuk penghormatan dan penghargaan terhadap tokoh Agama sekaligus sebagai ajang silaturahmi dan saling bertukar wawasan. 

"Beliau hadir ke Al-Ishlah sebagai bentuk anak soan ke Orang tua, selain  itu tentunya kami sebagai orang tua sekaligus pengurus kopi Jabar dimana saya sebagai ketuanya bukan saja hanya mendukung namun tentunya mendoakan pencalonannya sebagai wakil Wali Kota Cirebon yang diusung PDIP dan PAN, harapan kami dan tugas kita sebagai Manusia hanyalah berusaha dengan tetap menyerahkan segala hasil atau akhirnya kepada Allah SWT, yang pasti kehadiran beliau di ponpes kami hanya sebatas bersilaturahmi, semoga dengan silaturahmi ini tujuan dan keinginan diijabah Allah SWT" Pungkasnya. (1c) 

3 Sep 2024

Pemdes Sarajaya Manfaatkan Website untuk mempermudah kinerja

INDOMEDIANEWS - Pemerintah Desa (Pemdes) Sarajaya Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon dan mahasiswa Universitas Nadhlatul Ulama (UNU) Cirebon, akan membuat website desa setempat.

Kuwu Desa Sarajaya, Rudiyana mengatakan, website desa sangat diperlukan guna meningkatkan pelayanan masyarakat. Disamping, mempermudah pelaporan secara online. 

"Perkembangan teknologi yang begitu dahsyat, menjadi jalan bagi kemajuan desa. Salah satunya, membuat website," katanya usai menerima mahasiswa UNU di balai desa setempat, Senin ,2/9/2024.

Lebih lanjut Rudi menjelaskan, modernisasi yang serba digital, menjadikan desa setempat tak ketinggalan untuk memanfaatkan kecanggihan teknologi. Salah satunya dalam pelayanan masyarakat secara digital.

"Masyarakat yang ingin mengurus surat administrasi kependudukan, tinggal menggunakan HP android dan mengisi formulir yang tersedia kemudian pihak desa validasi tidak lama, surat yang dibutuhkan sudah jadi," jelasnya.

Dirinya mengharapkan dengan adanya website nanti, masyarakat dan perangkat desa dapat melaksanakan dan memanfaatkan sebaik mungkin, khususnya sebagai penunjang kinerja. 

"Jangan alergi terhadap teknologi informasi, namun jadikan pesatnya kemajuan teknologi informasi untuk hal yang positip. Tak ada kata terlambat untuk belajar teknologi informasi, karena dengan informasi berbasis tehnologi akan menjadikan citra diri yang mumpuni" Pungkasnya. (1c) 

Kopi Jabar ucapkan selamat atas dilantiknya Ono Surono "Anggota DPRD Jabar"

INDOMEDIANEWS- KH. soleh Zuhdi yang akrab disapa Gus Sozu yang merupakan pimpinan Pondok Pesantren Al-ishlah 2 Buntet Pesantren Kabupaten Cirebon, sekaligus Ketua Kopi Jabar, mengucapkan selamat atas dilantiknya Ono Surono sebagai Anggota DPRD Jawa Barat. 

"Kami dari jajaran Kopi Jabar mengucapkan selamat dengan telah dilantiknya Bapak Ono Surono menjadi Anggota DPRD provinsi Jawa Barat, semoga beliau tetap semangat dan amanah dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya" Tuturnya, Selasa, 03/09/2024.

Lebih lanjut Gus Sozu menuturkan, dengan telah dilantiknya Ono Surono sebagai wakil Rakyat diharapkan mampu menjadikan Jawa Barat lebih baik. 

"Beliau merupakan sosok yang sangat dekat dengan Ulama dan Pesantren, kedekatan ini merupakan hal yang baik agar apa yang diharapkan oleh para ulama maupun Pesantren dapat terealisasi  baik dalam pengembangan ilmu Agama maupun perkembangan tehnologi yang memang sangat membutuhkan sosok yang peduli, InsyaAllah dengan hadirnya Ono Surono bisa mewujudkan harapan para ulama maupun Pesantren di seluruh Jawa Barat dengan tetap mengedepankan ukuwah islamiyah dan silaturahmi" Pungkas Gus Sozu. (1c)