10 Agu 2024

Tidak lama lagi harapan Cirebon timur terwujud

INDOMEDIANEWS - Kajian kapasitas daerah sudah selesai sebagai persiapan Daerah Otonomi Baru Cirebon Timur, tingg beberapa langkah politik yang terus di kawal FCTM.

Langkah politik tersebut yaitu Kesepakatan Bersama antara Legeslatif dan eksekutif Propinsi Jawa Barat.

Hal ini yang disampaikan Sekjen FCTM Dr Topik Ridwan saat jumpa pers,  yang dihadiri oleh beberapa tokoh lainnya, Jum'at 09/08/2024.

"untuk DPRD Provinsi Jawa Barat sudah 50 persen dan pj Gubernur dalam waktu dekat kita dorong untuk bisa sepemahaman" Jelasnya

Lebih jauh tokoh muda yang memiliki kapasitas dalam kajian akademik mengatakan, bahwa dengan langkah politik di Pemprop selesai otomatis kita melangkah ke politik berikutnya DPR-RI dan Kemendagri ditargetkan tahun 2025 Cirebon Timur Menjadi CDOB.

Oleh sebab itu, kata Topik Ridwan langkah politik terus di lakukan FCTM, ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dengan tujuan mewujudkan Cirebon Timur Menjadi Daerah Otonomi Baru.

Jadi, FCTM mempunyai tujuan luhur untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan.

"Mari kita kawal terus, bergerak terus untuk Cirebon Timur," tutur Sekjen FCTM didampingi Royandi Haikal wakil Ketua FCTM bidang politik dan budaya.
Berikut beberapa langkah yang terus dilakukan oleh FCTM demi terwujudnya Cirebon timur. 

1. FCTM mendesak Pemerintah Kabupaten Cirebon untuk segera menyerahkan 
hasil Kapasitas Daerah kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Selanjutnya, 
FCTM meminta agar Pemerintah Provinsi segera membahas hasil tersebut 
dengan DPRD Provinsi dan menyerahkannya kepada Kementerian Dalam Negeri untuk diteruskan ke DPR RI guna dibahas menjadi draft RUU (Rancangan 
Undang-Undang).

2. FCTM mengingatkan Pemerintah Kabupaten Cirebon untuk segera merancang 
dan menetapkan titik 0 Km di calon ibu kota Cirebon Timur. Hal ini penting sebagai langkah awal dalam perencanaan tata ruang wilayah calon Daerah Persiapan.

3. FCTM berkomitmen untuk mengadvokasi Pemerintah kabupaten Cirebon dalam menyusun kebijakan yang berbasis kearifan lokal terkait Cirebon Timur, termasuk perancangan logo daerah dan penggalian kekhasan budaya. Ini bertujuan untuk memperkuat identitas dan karakter Cirebon Timur.

4. FCTM mengajak Pemerintah Kabupaten Cirebon untuk berkolaborasi dengan 
Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Pusat dalam mempercepat 
pembangunan yang merujuk kepada indikator-indikator Kapasitas Daerah Cirebon Timur yang masih kurang. Hal ini penting untuk memenuhi syarat pembentukan Daerah Persiapan sesuai dengan prinsip dikembangkan terlebih dahulu lalu dimekarkan.

5. FCTM mengajak seluruh masyarakat Cirebon Timur untuk bersiap dan bersamasama membangun daerah, terutama dalam aspek-aspek yang masih memerlukan peningkatan. Serta menekankan bahwa ini adalah tugas mulia bersama demi masa depan generasi mendatang.

Sebagai penutup, FCTM menegaskan kembali komitmennya untuk terus mendukung dan mengawal proses pembentukan Cirebon Timur sebagai Daerah Persiapan Otonomi 
Baru. Serta mengajak seluruh pemangku kepentingan, mulai dari pemerintah daerah, 
tokoh masyarakat, hingga setiap warga Cirebon Timur, untuk bersatu dan berperan aktif dalam mewujudkan cita-cita bersama ini. (1c) 

0 $type={blogger}: