29 Agu 2024

Silaturahmi Ketua Kopi Jabar bersama Calon Bupati Cirebon dan Masyarakat Greged

INDOMEDIANEWS- Bersatu menuju perubahan demi sesuatu yang lebih baik dilakukan Ketua Kopi Jabar, KH. Soleh Zuhdi yang akrab disapa Gus Sozu saat mendampingi Calon Bupati Cirebon, H. Imron saat bersilaturahmi dalam acara Hari Jadi Desa Sindang Kempeng, Kecamatan Greged, Kabupaten Cirebon, Rabu, 28/08/2024.
Acara silaturahmi dengan Masyarakat Greged dan para tokoh Masyarakat diharapkan mampu mempererat persatuan dan kesatuan demi Republik yang lebih baik. 

Dalam kesempatan tersebut, ketua Kopi Jabar menegaskan harapan serta dukungannya kepada Calon Bupati H. Imron untuk tetap semangat dalam pesta demokrasi yang akan dilaksanakan beberapa bulan kedepan. 

"Kami mendukung penuh kepada pencalonan H. Imron sebagai Calon Bupati Cirebon, dukungan kami tidak semata karena beliau adalah mantan Bupati Cirebon, namun karena perhatian beliau terhadap perkembangan hususnya pesantren sangat luar biasa, diharapkan dibawah kepemimpinannya Kabupaten Cirebon akan semakin baik dari yang sudah baik" Tuturnya

Lebih lanjut Gus Sozu menuturkan, kehadiran H. Imron di kecamatan Greged hususnya Desa Sindang kempeng mendapat sambutan yang sangat luar biasa. 

"Ini menunjukan bahwa selama kepemimpinannya Sosok H. Imron sangat dekat dengan berbagai kalangan, terlepas dari kekurangannya sebagai manusia, beliau merupakan figur yang tidak hanya dekat dengan Masyarakat, namun dengan  para tokoh Agama pun sangat akrab, diharapkan dengan hal tersebut bisa menjadikan Sosok H. Imron kembali mampu terpilih dan memimpin Kabupaten Cirebon demi tercapainya apa yang kita harapkan, Kabupaten Cirebon tidak semata membutuhkan pemimpin yang pintar dan memasyarakat, namun yang terpenting lagi bisa menjadi fasilitator dan pejuang yang mengutamakan kepentingan Masyarakat secara menyeluruh, InsyaAllah apa yang kita lakukan akan mendapat ridlo dari Allah SWT" Pungkasnya. (1c) 

27 Agu 2024

Sosialisasi tertib berlalulintas " Polresta Cirebon " sambangi SMKM Lemahabang

Mangku
INDOMEDIANEWS- Antisipasi kenakalan remaja dan sosialisai tertib berlalulintas, Polresta Cirebon menggelar acara Police Goes To School di SMKM Lemahabang, Kabupaten Cirebon, Selasa, 27/08/2024.
Acara yang dipimpin langsung Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Sumarni, S.I.K,. S.H., M.H. diharapkan mampu menjadi pemahaman dan pembelajaran bagi para pelajar untuk taat aturan dan mematuhi ketentuan hukum yang berlaku. 

"Kami memberikan sosialisasi kepada para pelajar untuk mematuhi aturan dalam berlalu lintas agar aman dalam berkendara termasuk aman dalam melaksanakan proses pembelajaran, selain itu kehadiran kami di Sekolah bertujuan agar para pelajar menghindari hal -hal yang negatif tidak terlibat kenakalan remaja hingga melakukan pelanggaran hukum, oleh karenanya kami mengajak semua pihak termasuk orang tua siswa untuk bersama sama melakukan pengawasan terhadap anak-anaknya, ini perlu dilakukan agar harapan siswa didik untuk menggapai cita dan harapannya bisa terwujud dan menjadi generasi muda yang berhasil dalam berbagai hal yang positif" Tuturnya

Sementara itu, Kepala SMKM Lemahabang, Ruspandi, menyambut baik dengan hadirnya Kapolresta Cirebon bersama jajarannya di SMK Muhammadiyah Lemahabang. 

"Kami sangat menyambut baik dan berterimakasih atas kehadiran jajaran kepolisian dalam hal ini polresta Cirebon yang dipimpin langsung oleh Ibu Kapolresta  Kombes Pol Sumarni, diharapkan dengan diadakannya kegiatan Police Goes To School di SMKM ini bisa menjadikan pembelajaran dan pengetahuan bagi para siswa didik, selain itu dengan adanya pembinaan tersebut tentunya diharapkan akan berdampak positif bagi para siswa agar taat aturan dan senantiasa mematuhi hukum dan ketentuan yang berlaku di Republik Indonesia, yang terpenting adalah adanya jalinan kerjasama dan komunikasi antar semua lini tetap diutamakan guna meminimalisir terjadinya mis informasi atau mis komunikasi" Jelasnya. 

Ditempat terpisah, usai acara Police Goes To School dilaksanakan, Kasat Lantas Polresta Cirebon, Kompol Mangku Anom Sutrisno saat ditanya terkait pelaksanaan operasi kendaraan bermotor yang dilaksanakan di pertigaan  Cipeujeuh menuturkan. 

"Giat Operasi ini dilaksanakan untuk meminimalisir terjadinya pelanggaran dalam berlalulintas, hususnya bagi para pelajar, dan kegiatannya sendiri dilakukan secara dadakan yang bertujuan untuk memberikan pemahaman bagi para pengendara guna terciptanya keamanan, baik untuk pribadi maupun  orang lain, selain itu operasi ini merupakan kelanjutan dari operasi sebelumnya, setelah ini kami akan melakukan evaluasi untuk langkah selanjutnya, karena secara kasat mata di wilayah kecamatan Lemahabang ini memang sangat terlihat jelas para pengguna kendaraan yang melanggar aturan dalam berlalulintas" Jelasnya. (1c) 

25 Agu 2024

Tepis rumor tak sedap "belajar mengajar tetap berjalan baik"

INDOMEDIANEWS - Beredar kabar tak sedap, pihak SMPN 2 Ciledug, Kabupaten Cirebon langsung tanggap dan memberikan klarifikasinya. Rumor tak sedap yang belakangan sempat menghebohkan tersebut pasalnya terjadi pada April 2024 lalu atau di waktu libur panjang sekolah, dan atau diluar jam sekolah maupun diluar lingkungan sekolah. Bahkan persoalan kedua belah pihak telah di selesaikan secara kekeluargaan yang di fasilitasi oleh pemerintah desa.

Wakasek Kurikulum SMPN 2 Ciledug Rina Juantika Sari, S.Pd mengakui belakangan pihaknya terbilang baru mengetahui adanya rumor tersebut. Sedangkan untuk kejadian sendiri terjadi pada April 2024 lalu di saat waktu libur panjang Hari Raya Idul Fitri 2024, atau diluar jam sekolah maupun diluar lingkungan sekolah.

“Kami sendiri awalnya tidak mengetahui persoalan tersebut, apalagi terjadi di saat libur panjang April lalu. Sedangkan untuk persoalannya pun sudah diselesaikan secara kekeluargaan antara kedua belah pihak,“ terangnya.

Masih dikatakan Rina, pihaknya memastikan hingga saat ini yang bersangkutan masih tetap mengikuti kegiatan belajar mengajar seperti biasanya. Tidak ada pembullyan dari teman - teman dilingkungan sekolah dan semua kegiatan tetap berjalan kondusif.

“Alhamdulillah tidak ada pembullyan, bahkan teman - temannya banyak yang peduli dan merangkul. Insya Allah pihak sekolah akan terus mengawasi secara khusus kepada yang bersangkutan dan akan terus melakukan pembinaan maupun pengawasan secara umum kepada seluruh siswa - siswi kami,“ pungkasnya. (1c) 

19 Agu 2024

peringatan HUT RI ke 79" Pemdes Asem ajak warga Sukseskan Pilkada 2024"

INDOMEDIANEWS - Halaman kantor Desa Asem, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon dipadati warga sekitar dalam rangka turut memeriahkan dan memperingati HUT RI ke 79 tahun 2024.

Katua panitia HUT RI desa asem, Alam, menuturkan bahwa pihak Pemdes dan Masyarakat bersatu padu demi terlaksananya acara peringatan HUT RI. 

"Seluruh Masyarakat dan jajaran Perangkat Desa bersatu dan meneriakan yel-yel kemerdekanan sebagai ungkapan rasa syukur dan penghargaan pada pengorbanan para pahlawan kemerdekaan yang rela berkorban jiwa raga demi Republik Indonesia, oleh karenanya kami mewarnai HUT RI dengan menyajikan berbagai perlombaan termasuk jalan santai dan membagikan berbagai hadiah juga doorprize bagi warga yang turut hadir dalam kemeriahan hari kemerdekaan" Jelasnya. 

Sementara itu, di sela acara, ketua PPS Desa Asem, Mohammad Rizki melakukan sosialisasi dan mengajak semua lapisan Masyarakat untuk turut mensukseskan pelaksanaan Pilgub dan Pilbub tahun 2024.

"Yang utama kami sosialisasikan, tanggal pemilihan yakni, 27 nopember," katanya usai acara di halaman balai desa setempat, Minggu (18/8/2024).

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, Pilkada gubernur dan wakil Jawa Barat juga bupati dan wakil Kabupaten Cirebon, menjadi momen untuk perubahan daerah dari yang baik menjadi lebih baik. 

"Tentunya harapan masyarakat, adanya pemimpin yang amanah, sehingga mampu menjadikan lebih baik dalam berbagai aspek, dan dalam peringatan HUT RI ini semoga menjadi momentum tercapainya harapan Masyarakat dengan terpilihnya pemimpin yang mampu untuk melakukan yang terbaik bagi seluruh Rakyat Indonesia" Harapnya. 

Masih dikatakan Rizky, peran serta pihak sangat diperlukan untuk menjaga kondusivitas. Sehingga, pelaksanaan Pilkada terlaksana tertib dan aman. 

"Dengan adanya partisipasi seluruh pihak dalam menjaga keamanan dan ketertiban, Pilkada dapat berjalan sesuai rencana," Pungkasnya. (1c) 

Pelaminan mewarnai HUT RI ke 79 " Tanda Cinta tanah air"

INDIMEDIANEWS - Warga Blok Wage RT 7 Desa Sampih, Kecamatan Susukanlebak, Kabupaten Cirebon, mengisi peringatan HUT RI ke 79 dengan menyuguhkan berbagai perlombaan yang diikuti oleh warga sekitar. 
Ketua panitia HUT RI , Lalan Dulani menuturkan kegiatan tersebut merupakan tanda syukur atas kemerdekaan dan perjuangan para pahlawan kemerdekaan 

"Kami sebagai Anak Bangsa berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan yang terbaik kepada Bangsa dan Negara, salah satunya melalui kegiatan ragam lomba yang diikuti oleh seluruh warga Blok Wage, alkhamdulillah dari semua usia laki laki perempuan semuanya turut andil dalam pelaksanaan peringatan HUT RI tahun ini" Tuturnya, Minggu, 18/08/2024.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan perlombaan yang dilaksanakan berupa lomba-lomba has Agustusan bahkan dekorasi bagai pelaminan menghiasi jalan dan pusat perlombaan. 

"Ada lomba pukul kendi, joget buah buahan hingga memasukan paku dalam botol mewarnai hari kemerdekaan, bahkan kami seluruh warga secara swadaya melaksanakan kegiatan makan bersama yang menandakan rasa kebersamaan dan gotong royong antar warga masih tertata dengan baik, semoga dengan kegiatan yang kami laksanakan bisa terus menumbuhkan cinta tanah air dan yang terpenting lagi agar seluruh Rakyat Indonesia tetap mengisi kemerdekaan dengan berbagai hal positif, yang terpenting lagi jangan sampai melupakan jasa-jasa para pejuang kemerdekaan" Pungkasnya. (1c) 

18 Agu 2024

Jalan santai hingga lomba jadul digelar Warga Picung pugur dalam peringatan HUT RI ke 79

INDOMEDIANEWS - Memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia yang 79, berbagai lomba dan pertunjukan digelar oleh beberapa Instansi dari tingkat pusat hingga tingkat desa. 
Hal tersebut sebagai penghormatan dan penghargaan atas jasa dan pengorbanan para pejuang kemerdekaan demi berdirinya Republik Indonesia yang terlepas dari belenggu penjajahan Bangsa lain. 
Tidak terkecuali kemeriahan pun dirasakan Masyarakat Picung pugur, Kecamatan Lemahabang' Kabupaten Cirebon 

Ciri Lomba Agustusan seperti balap karung, kelereng hingga makan kerupuk seakan menjadi primadona yang terus dipertahankan walaupun jaman telah berubah. 
Tidak hanya lomba jadul yang dipertahankan, Pemdes dan Masyarakat setempat menggelar acara jalan santai dan seni tari yang diikuti oleh seluruh warga desa setempat, hal ini disampaikan Kuwu Picung pugur , Saki ditengah pelaksanaan memeriahkan HUT RI, minggu, 18/08) 2024.

"masyarakat sangat antusias dalam memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 75, sejak pagi Masyarakat sudah berkumpul di halaman kantor desa untuk mengikuti acara jalan santai yang sebelumnya telah dilaksanakan berbagai perlombaan yang menjadi ciri has Agustusan, kami dari pihak Pemdes tentunya sangat merespon dan mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang turut bersama- sama mensukseskan acara istimewa ini, semoga dengan peringatan HUT RI yang dilaksanakan setiap tahun di bulan Agustus ini mampu meningkatkan rasa kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia, terus berkarya dalam berbagai hal positif semoga dapat menjadikan perubahan ke arah yang lebih baik" Tuturnya. (1c) 

Kantor Desa Leuwidinding dipenuhi warga saat peringatan HUT RI ke 79

INDOMEDIANEWS- Ribuan warga Masyarakat Desa Leuwi dinding, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, memadati kantor desa setempat dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 79.

Dalam peringatan HUT RI Tahun 2024, Pihak Pemdes bersama Warga Masyarakat bersatu padu demi memeriahkan Hari Kemerdekaan dan mengingat jasa-jasa Pahlawan yang telah berkorban demi Bumi Nusantara. 

Acara yang dimeriahkan dengan berbagai lomba dan karnaval, diikuti oleh hampir seluruh warga Leuwidinding dari mulai anak-anak hingga Orang tua dari berbagai kalangan. 

Sebagai tanda penghargaan bagi para Pahlawan, Bukan saja diisi dengan berbagai lomba maupun  karnaval, namun pihak Pemdes menyediakan berbagai hadiah dari mulai gayung, lemari es, mesin cuci hingga sepeda listrik. 

Dalam keterangan yang disampaikan Kuwu Leuwidinding, Imas Rasdianto, meriahnya acara tersebut karena adanya sinergitas antara Pemdes dan seluruh Masyarakatnya. 

"Kemeriahan ini berkat adanya kerjasama dan gotong royong dari semua pihak, untuk memeriahkan acara peringatan HUT RI yang ke 79, anggarannya tidak semata ditanggung oleh pihak desa, namun hasil dari sumbangsih para warga dan masing-masing pribadi, Alkhamdulillah hasilnya sangat membanggakan, bukan saja banyaknya perlombaan termasuk karnaval, namun hadiah yang diperuntukan bagi warga sekitar pun sangat luar biasa" Tuturnya. Minggu, 18/08/2024.

Lebih lanjut Imas menuturkan, dengan adanya persatuan dan kesatuan, tentunya akan mempermudah sesuatu yang dianggap berat. 

"Persatuan dan kesatuan perlu terus terjalin dengan baik, kita sebagai anak bangsa sudah menjadi kewajiban untuk terus menghormati dan menghargai jasa para pahlawan dengan cara mengisi Kemerdekaan melalui karya dan kreasi, mari jadikan makna Kemerdekaan ini dengan mematri rasa cinta tanah air dan tetap semangat dalam membangun kedinamisan" Pungkasnya. (1c) 

17 Agu 2024

MI Al-Hikmah Mertapadawetan Juara 1 Lomba gerak jalan tingkat Kecamatan

INDOMEDIANEWS- Kado terindah Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 79 dirasakan oleh Yayasan Al-Hikmah Mertapadawetan, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon . 
Betapa tidak, dihari bersejarah tersebut MI Al- Hikmah meraih predikat juara juara 1 Lomba gerak jalan tingkat Kecamatan Astanajapura. 
Dalam acara tersebut, bertempat di Aula Kantor Kecamatan setempat, Kuwu Mertapadawetan, Moh. Munif AR secara simbolis menyerahkan piala dan Piagam kepada juara 1 Lomba gerak jalan. 

"Selamat kepada MI Al-Hikmah atas diraihnya predikat sebagai juara 1 lomba gerak jalan tingkat kecamatan ini, semoga dengan diraihnya prestasi tersebut mampu meningkatkan motifasi untuk masa-masa yang akan datang, saya selaku Kuwu Mertapadawetan wetan tentunya sangat bangga dengan diraihnya prestasi tersebut" Tutur Kuwu Munif, Sabtu, 17/08/2024.

Senada hal tersebut disampaikan kepala MI Al-Hikmah Muhammad Nurlani atas prestasi yang diraih siswa didiknya. 

"Ini merupakan prestasi yang kesekian kalinya dapat kami raih, setiap peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia, siswa kami selalu meraih juara 1 hususnya dalam lomba gerak jalan, semuanya dapat diraih karena selama berlatih para siswa sangat semangat dan antusias hingga membuahkan sesuatu yang sangat membanggakan, MI Al-Hikmah memang tidak terlalu besar, namun mungkin MI ( Madrasah Ibtidaiyah) kami merupakan salah satu yang tertua di Kecamatan Astanajapura, kami para pendidik tentunya sangat bangga dengan raihan prestasi siswa-siswi kami " Ujarnya. (1c) 

Paskibraka Kecamatan Lemahabang "Sukses turunkan sang Merah Putih" HUT RI ke 79

INDOMEDIANEWS - Muspika kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon melaksanakan acara penurunan sang merah putih yang dihadiri oleh Masyarakat bahkan sahabat Difabel, juga Perangkat Pemerintahan Desa se Kecamatan Lemahabang, Sabtu, 17/08/2024.
Berawal dari halaman Polsek Lemahabang, pasukan pengibar bendera ( Paskibraka) melangkah dengan gegap gempita menuju tempat dilaksanakannya acara penurunan sang merah putih ( Halaman Kantor Kecamatan Lemahabang) 
Bertindak selaku inspektur upacara penurunan sang merah putih, Kapolsek Lemahabang, Kompol Sutarja. 

Puluhan pasukan pengibar bendera dari berbagai sekolah se - Kecamatan Lemahabang berjalan dengan gagah dan penuh dedikasi demi suksesnya acara penurunan sang merah putih yang tepat dilaksanakan pada pukul 16.00 Wib. 
Usai acara, pihak Muspika mengucapkan rasa Terimakasih kepada seluruh pasukan pengibar bendera yang telah berhasil dengan baik dalam pelaksanaan penurunan sang merah putih. 

Kapolsek Lemahabang, Kompol Sutarja dalam pemaparannya mengucapkan rasa bangganya atas kinerja dan dedikasi anggota Paskibraka yang telah ditempa dan membuahkan hasil yang sangat membanggakan. 

"Kalian adalah Generasi pilihan yang ditunjuk untuk menjadi pasukan pengibar bendera, kami sangat bangga dan mengucapkan penghormatan dan rasa terimakasih yang tidak terhingga, jadilah Insan muda yang patut untuk dibanggakan, jangan berhenti mengejar mimpi dan teruslah berkarya demi Bumi pertiwi" Tuturnya. 

Senada hal tersebut disampaikan Camat Lemahabang, Yuyun Kusuma wati, yang begitu terharu dan bangga atas kinerja seluruh anggota dan pelatih Paskibraka. 

"Ini adalah karya kalian yang sangat membanggakan, terimakasih telah meluangkan waktu dan berlatih keras hingga menghasilkan sesuatu yang patut dibanggakan, lelah kalian semoga menjadi berkah dan motifasi untuk meraih cita, jadilah generasi muda yang mumpuni dan terus patri dalam diri kalian akan cinta tanah air, sekali lagi terimakasih dan jangan berhenti untuk tetap berkarya" Tuturnya. (1c) 

Warga Ki Buyut Meriahkan HUT RI dengan menggelar berbagai lomba

INDOMEDIANEWS - Kemeriahan HUT RI ke 78 terlihat jelas saat warga RT 026 RW 008 Blok Makan panjang GG Ki Buyut  Desa Lemahabang Kulon, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon menggelar beragam perlombaan has tujuh belasan. 
Peserta lomba tidak hanya diikuti oleh anak-anak, namun kaum ibu dan bapak pun tidak mau ketinggalan untuk mengikuti perlombaan sebagai tanda turut memeriahkan Kemerdekaan Republik Indonesia.
Dari mulai lomba makan pisang, makan kerupuk hingga lomba pukul balon dilaksanakan dengan penuh kesederhanaan namun tetap terasa meriah. 
Salah seorang warga setempat, Ade menjelaskan bahwa peringatan HUT RI ke 79 ini merupakan rasa kecintaan terhadap Bangsa dan Negara. 

"Bukan perlombaannya yang menjadi dasar utama, namun penanaman cinta tanah air yang menjadi keharusan kita sebagai Bangsa Indonesia, kami sebagai warga negara tentunya akan terus melestarikan budaya ini sebagai salah satu cara menghormati dan menghargai jasa para pejuang kemerdekaan" Tuturnya. sabtu, 17/08/2024.

Senada hal tersebut disampaikan warga lainnya, Toni, dirinya mengharapkan kepada seluruh generasi muda untuk tetap menanamkan rasa cinta tanah air. 

"Dengan peringatan HUT RI ini kita semua berharap agar cinta tanah air tetap terpatri dalam jiwa seluruh generasi muda, bukan hanya itu, kewajiban bagi kita sebagai anak bangsa untuk mengisi kemerdekaan ini dengan terus berkarya dan berkreasi demi kemajuan Bangsa kita" Tuturnya (1c) 

Peringatan HUT RI ke 79 "PLT Camat Astanajapura " jangan lupakan sejarah"

INDOMEDIANEWS - Upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 79 tahun 2024 dilaksanakan di seluruh penjuru Tanah Air secara serempak 
Berbagai elemen Masyarakat tanpa terkecuali turut menyaksikan pelaksanaan HUT RI di berbagai tempat dengan beragam kegiatan dan atribut yang menunjukan Cinta Tanah Air. 
Hal ini pun terlihat meriah saat Muspika dan ribuan Masyarakat Kecamatan Astana japura, Kabupaten Cirebon melaksankan dan menyaksikan Upacara Peringatan HUT RI yang dipusatkan di lapangan sepak bola Desa Banget, Sabtu, 17/08/2024.
Puncak acara peringatan HUT RI berupa pengibaran sang saka merah putih oleh pasukan pengibar bendera ( paskibra)  dari berbagai Sekolah yang ada di Kecamatan Astana japura 
Dengan gagah dan gempita, pelaksanaan pengibaran sang merah putih yang disaksikan oleh ribuan pasang mata berjalan dengan sangat sempurna dan mendapat Aplaus dari seluruh tamu undangan dan Masyarakat yang memadati lapangan sepak bola manakala sang merah putih berhasil dikibarkan dengan sangat sempurna. 
Bertindak selaku inspektur upacara, PLT Camat Astanajapura , Deni Syafrudin mengucapkan rasa bangganya usai acara tersebut. 

"Kami sangat bangga dengan kreasi anak muda hususnya anak-anak paskibraka yang telah berhasil melaksanakan tugasnya dengan  sangat baik,mereka adalah putra putri pilihan yang telah dididik husus untuk mengibarkan sang merah putih, dan kami sangat bangga" Tuturnya. 

Lebih lanjut Deni menyampaikan harapannya untuk seluruh generasi muda dan Rakyat Indonesia agar tetap mematri rasa cinta tanah air. 

"Rasa cinta tanah air harus terus tertanam dalam jiwa kita sebagai Bangsa Indonesia, isi kemerdekaan ini dengan terus berkarya dan bertindak positif, jangan lupakan jasa jasa para pejuang kemerdekaan, karena kita ada berkat jasa jasa pejuang" Tegasnya 

Saat disinggung terkait akan digelarnya pilkada, dirinya mengharap semua masyarakat untuk turut mensukseskannya 

"Kepada seluruh Masyarakat, Hususnya Masyarakat Kabupaten Cirebon untuk  menggunakan hak pilih, cari dan pilih calon pemimpin yang bisa menjadikan Kabupaten Cirebon ini lebih baik, karena maju mundurnya sebuah wilayah tergantung pemimpinnya dan semuanya ada ditangan Rakyat sebagai penentu siapa yang menjadi pemimpinnya" Pungkasnya. 

Senada hal tersebut disampaikan ketua FKKC kecamatan Astanajapura, Subandi. 

"Mari kita dukung seluruh program Pemerintah baik pusat maupun daerah dan isilah kemerdekaan ini dengan prilaku positif dan berkarya demi kemajuan Bangsa" Tuturnya. (1c) 

16 Agu 2024

Kado HUT RI ke 79 "Miftahul Ghina Sabet Juara 1 Kata Perorangan Putra Cabor Karate O2SN"

INDOMEDIANEWS -Setelah berhasil menyingkirkan para juara atlet karate perwakilan Provinsi di ajang O2SN (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional) SMK Tingkat Nasional Tahun 2024,  Miftahul Ghina yang masih duduk di bangku Kelas XI TKJ/2 SMKN 1 Lemahabang berhasil menyabet Juara 1 Kata Perorangan Putra Cabor Karate O2SN SMK Tingkat Nasional Tahun 2024. 
Miftahul Ghina lahir di Cirebon, 4 September 2008, merupakan anak sulung dari pasangan Subani - Muslimah dan kakak laki - laki dari adik perempuan Inayatul Maula asal Dusun 03 Jalan Bulak Panjang - Seuseupan Pesantren, Desa Kaligawe, Kecamatan Susukanlebak, Kabupaten Cirebon - Jawa Barat.

Miftahul Ghina , sebelunnya terlebih dahulu meraih Juara 1 Kata Perorangan Putra Cabor Karate di ajang O2SN SMK Tingkat Kabupaten Cirebon pada April 2024 lalu. Selanjutnya, capaian prestasi Miftahul Ghina berlanjut setelah sukses merebut Juara 1 Kata Perorangan Putra Cabor Karate pada O2SN SMK Tingkat Provinsi Jawa Barat pada Juni 2024. Puncaknya, pada O2SN SMK Tingkat Nasional Tahun 2024 yang baru saja berlangsung pada 12 - 15 Agustus 2024 kemarin, Miftahul Ghina berhasil berada di pucuk gemilang  dan keluar sebagai Juara 1 Kata Perorangan Putra Cabor Karate O2SN SMK Tingkat Nasional Tahun 2024.

Pada pertandingan babak pertama, Miftahul Ghina perwakilan Provinsi Jawa Barat terlebih dahulu mengalahkan Atlet Karate dari Provinsi Kepulauan Riau. Di Pertandingan babak ke dua, Miftahul Ghina kembali menang melawan Atlet Karate dari Provinsi Jawa Tengah. Berikutnya, di pertandingan ke tiga, Jawa Barat kembali menjadi yang terbaik setelah unggul melawan Atlet Karate dari Provinsi Aceh. Masuk pada Pertandingan Semifinal, Miftahul Ghina memperoleh nilai tinggi dengan mengalahkan Atlet Karate dari Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Di babak final ini, Miftahul Ghina bersaing ketat dan penuh ketegangan hingga pada akhirnya mampu menyingkirkan mimpi Atlet Karate dari Provinsi DKI Jakarta selaku tuan rumah.

Pelatih Miftahul Ghina, Sempai Arya Nur Sora Murthi yang juga sekaligus Owner Dojo Predator mengungkapkan rasa syukur, bangga dan bahagianya atas pencapaian yang telah diperoleh Miftahul Ghina pada ajang O2SN SMK Tingkat Nasional Tahun 2024. Menurutnya, O2SN (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional) SMK adalah sebuah ajang talenta di bidang Olahraga yang diselenggarakan untuk peserta didik SMK. Ajang O2SN SMK diselenggarakan secara bertingkat mulai dari daerah, provinsi hingga nasional, untuk menjaring peserta terbaik dari seluruh Provinsi yang ada di Indonesia.

“Alhamdulillah kami sangat bersyukur dengan pencapaian yang diraih Miftahul Ghina yang konon anak kampung namun bisa berprestasi di tingkat nasional. Mudah-mudahan ini bisa menjadi motivasi untuk anak - anak kampung bahwa anak kampung pun bisa berprestasi dan bisa mengalahkan anak kota,“ tuturnya

Arya pun kembali mengungkapkan, selama melatih Miftahul Ghina, dirinya merasa tidak ada kendala atau kesulitan. Dirinya justru merasa lebih bersemangat karena anak-anak mempunyai basic dan fisik diatas rata-rata anak lain. 

“Kami juga mengucapkan terimakasih atas support dan dukungan Pengurus Forki Kabupaten Cirebon dan keluarga besar Dojo Predator,“ tuturnya (1c) 

15 Agu 2024

Paskibraka copot jilbab " HUT RI tercemar "

Penulis. R. Agus Syaefuddin

Sebagai Masyarakar bawah wajar jika bertanya, apa itu BPKP.
Pertanyaan ini terlontar gegara Jilbab Paskibraka harus di copot 
Apa hubungannya Paskibraka dengan jilbab dan keseragaman. 
nusantara ini adalah negara Bhineka tunggal ika yang mau tidak mau kebetulan Masyarakatnya mayoritas Muslim. 
Aneh memang dan tidak masuk akal jika alasannya hanya karena seragam pasukan pengibar bendera harus copot jilbab. 
Akhirnya kita patut bertanya, nasionalis ketua BPKP itu bagaimana, apakah memiliki jiwa Nasionalis atau bagaimana 
Sangat disayangkan, disaat kita mendengungkan kemerdekaan malah kemerdekaan kita dirampas oleh oknum yang patut dipertanyakan jiwa Nasionalisnya. 
hiruk pukul dan kekecewaan ini mengumandang dari sabang sampai meroke. 
Wajarlah jika kita bangsa Indonesia berteriak dan mempertanyakan perihal pencopotan jilbab, terlebih mungkin kaum Muslim. 
Mungkin tidak ada korelasinya dengan Agama atau keyakinan, namun nyatanya memang jilbab yang identik dengan kaum Muslim yang menjadi persoalan 
Jika hal ini dibiarkan dan dianggap hal yang biasa, kita patut hawatir dan menduga, Jangan-jangan beberapa tahun kedepan kita dilarang menggunakan jilbab dimuka umum, dengan dalih dan alasan demi keselamatan bangsa 
Sebelumnya sempat ramai ada sekolah yang melarang siswinya memakai jilbab, namun karena adanya aksi maka larangan tersebut dianulir, dan saat ini, jika kita diam dan menganggap hal tersebut biasa saja, mungkin jilbab benar-benar dilarang bagi pasukan pengibar bendera, beruntung Rakyat Indonesia itu sangat pemaaf, maka hanya dengan perkataan maaf semuanya bisa selesai. 
Kita sebagai anak Bangsa berharap hal demikian tidak terjadi lagi, tanam jiwa Nasionalis dengan tetap berpegang pada kearifan bukan dengan kekuasaan semata. 

SMKM Lemahabang " Jangan putus asa generasi muda " hanya karena keterbatasan

INDOMEDIANEWS - Menggapai cita meraih harapan tidaklah semudah apa yang diucapkan. 
Terlebih bagi kalangan Masyarakat bawah yang hidup dengan kesederhanaan bahkan mendekati kekurangan. Inilah persoalan yang terjadi pada generasi muda kita yang berharap untuk terus menimba ilmu dibawah serba berkekurangan. 
Beberapa anak bangsa yang menimba ilmu di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah Lemahabang, Kabupaten Cirebon mengucapkan terimakasihnya kepada pihak sekolah yang telah memberikan kesempatan untuk terus menuntut ilmu tanpa adanya biaya yang memang menjadi sebuah kendala. 

novita, kelas 10 TKJ 2  hanya anak seorang wanita , Warga Karangwuni, Kecamatan Sedong  yang bekerja sebagai buruh cuci tetap bisa mengenyam pendidikan tanpa harus pusing memikirkan biaya. 

"Alkhamdulillah, saya dapat mengemban ilmu di SMKM Lemahabang dengan bebas biaya, semuanya ditanggung oleh pisak sekolah, termasuk untuk jajan atau makan setiap harinya dibantu oleh pak Hadi, beliau sangat berjasa bagi kami" Tuturnya 

Senada hal tersebut disampaikan Dimas Azmi Abdullah, Siswa kelas 11 TKJ 1 yang ayahnya berprofesi sebagai pedagang keliling. 

"Saya bangga dapat sekolah disini, saya juga bangga pada ayah saya walaupun beliau hanya seorang pedagang keliling, rasa bangga dan terimakasih juga saya sampaikan kepada pihak SMKM, karena dengan kekurangan yang kami miliki , saya tetap bisa menuntut ilmu, karena semua biaya pendidikan ditanggung pihak sekolah, sama seperti beberapa rekan saya, untuk makan dan jajan setiap hari kami selalu dibantu oleh pak Hadi, semoga kebaikan beliau mendapat balasan yang berlipat ganda dari Allah SWT" Tutur siswa sekaligus hafiz Qur'an yang telah menghafal hingga beberapa zus menjelaskan. 

Hal serupa juga disampaikan Mohammad Reza kelas 10 TSM 5 warga kebon pelok dan Salman Siswa kelas TSM 6 yang hanya hidup bersama sang ibu dengan penuh keterbatasan 

"Kami semua sangat bersyukur dapat menimba ilmu di sekolah ini, jujur tanpa adanya semangat dan bantuan dari pak Hadi, entah bagaimana nasib kami, intinya kami tak bisa berucap banyak, hanya terimakasih dan doa kami selalu nennyertai beliau" Ucap keduanya. 

Menyikapi hal tersebut, media mencoba melakukan konfirmasi dan menanyakan alasannya kepada Hadi Permana yang sangat peduli dengan keberlangsungan dunia pendidikan di tengah keterbatasan 

"Tidak benar kalau saya membantu mereka, semuanya kehendak Allah, saya hanya sebatas pelantara, kalaupun dimata mereka saya telah membantu, Alhamdulillah, yang pasti kami dari pihak sekolah maupun peribadi ingin memberikan kesempatan menimba ilmu bagi siapapun tentunya sesuai kemampuan yang bisa kami lakukan, untuk Muhammadiyah sendiri ada kurang lebih 25 anak yang kami bebaskan dari segala bentuk biaya, dan mereka memang berhak untuk menerimanya, semuanya belajar, mengaji dan makan disini ( disediakan tempat atau asrama ( kecuali untuk perempuan)  totalnya 15 pria dan 10 wanita, sementara saya sendiri memiliki 10 Anak asuh yang semuanya sekolah disini, Alkhamdulillah Allah memberikan rijki pada saya untuk bisa membantu mereka, untuk ke 10 anak asuh atau anak angkat saya, dari mulai biaya sekolah hingga makan dan jajan saya tanggung semua, jika ditanya darimana uangnya kok bisa melakukan hal tersebut, semuanya dari Allah dan niat" Jelasnya. 

Dari informasi dan pantauan yang diperoleh, ternyata masih banyak Masyarakat yang masih hidup dibawah garis kemiskinan, salah satunya adalah Ibu Ani, orang tua salah seorang siswa SMKM yang harus menghidupi kelima anaknya tanpa adanya suami.

"Beruntung Anak kami bisa sekolah di SMKM, semua biaya sekolah anak saya ditanggung sekolah, entah kalau tidak di SMKM, bagaimana nasib anak saya" Ujarnya lirih. (1c) 

PDI Perjuangan Sepakat dengan PKB Usung Ono Surono-Acep Adang Ruhiyat "Tokoh Muda Buntet sepakat"

INDOMEDIANEWS - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan menjalin kerja sama politik dengan Partai Kebangkitan Bangsa menghadapi Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024 di Jawa Barat.

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Ketut Sustiawan dalam keterangannya yang diterima pada Rabu (14/8/2024), menyebut, kerja sama politik dengan PKB dilakukan di 13 kabupaten/kota termasuk Pemilihan Gubernur Jawa Barat. 

“Kerja sama dengan PKB ada di Kabupaten Tasikmalaya, Depok, Bogor. Kemudian di Kota Bandung, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, dan beberapa daerah lainnya,” ujarnya.

Sementara untuk Pemilihan Gubernur Jawa Barat, diutarakan Ketut, pihaknya menemukan kesamaan visi dan misi dengan PKB. PDI Perjuangan menyodorkan nama Ono Surono sebagai bakal calon gubernur, sementara dari PKB ada sosok Acep Adang Ruhiyat yang menjadi bakal calon wakil gubernur Jawa Barat. 

“Untuk Pilgub Jabar ada kesepakatan, untuk calon gubernurnya ada Ono Surono dan wakilnya Kiai Acep Adang, yang akan kita bawa ke DPP masing-masing. Di Jawa Barat kita bersepakat untuk melanjutkan kerja sama ini di tingkat provinsi dalam hal kontestasi Pilkada Jawa Barat,” tuturnya.

Kesepakatan ini diperoleh usai pertemuan Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Ono Surono dengan Ketua DPW PKB Jawa Barat Syaiful Huda. Bahkan, PKB hadir bersama dengan Dewan Syuro dan Acep Adang Ruhiyat. 

“Mudah-mudahan tidak ada perubahan, karena kita tidak tahu bagaimana di tingkat nasionalnya nanti. Namun intinya kita menemukan kesepahaman dan bersepakat untuk menjalin kerja sama politik di Pilkada Jawa Barat, termasuk Pemilihan Gubernur Jawa Barat,” katanya. 

Ketut menyatakan, jumlah kursi yang dimiliki PDI Perjuangan dan PKB sudah cukup untuk mengusung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat 2024. PDI Perjuangan memiliki 17 kursi di DPRD Jawa Barat, sementara PKB dengan 15 kursi. 

Dengan koalisi yang terbangun antar dua partai politik besar ini, Ketut menyatakan, akan tercipta iklim demokrasi yang sehat khususnya di Jawa Barat. Rakyat pun diberikan pilihan untuk menentukan siapa yang bakal memimpin mereka lima tahun kedepan. 

“Pasangan Ono Surono-Acep Adang Ruhiyat ini mempresentasikan wilayah Pantura dan Priangan. Dan pasangan ini merupakan sosok ideal karena perpaduan antara nasionalis dan religius,” pungkasnya. 

Dengan duetnya pasangan Ono-Acep mendapat respon positif dari salah satu tokoh Agama Buntet Pesantren yang merupakan Pimpinan Pondok pesantren Al-ishlah 1 Ust Moh Thoyib. 

"Kami sangat mendukung pasangan Ono-Acep untuk memimpin Jawa Barat, keduanya mewakili Pasundan dan pantura" Tuturnya. 

Lebih lanjut Ust muda yang dikenal murah senyum ini menjelaskan, dukungannya tersebut berdasarkan berbagai pertimbangan. 

"Hemat kami, sosok Ono adalah fitur yang bisa menjadi pengayom dan peduli kepada masyarakat dari berbagai kalangan, terlebih lagi dalam dunia pendidikan khususnya Pesantren, semoga dalam pilgub nanti keduanya terpilih untuk memimpin Jawa Barat kearah lebih baik lagi" Pungkasnya. (1e) 

14 Agu 2024

Kuwu Sigong pastikan program BPN tidak ada pungutan dengan dalih apapun

INDOMEDIANEWS - Program Bantuan Pangan Nasional (BPN) kembali bergulir di bulan Agustus, setelah sebelumnya sempat terhenti. 
Dengan kembalinya program BPN tentunya sedikitnya bisa meringankan beban Masyarakat kelas bawah untuk hanya sekedar memenuhi kebutuhan setiap hari. 
Sayangnya tidak sedikit pihak Puskesos selaku koordinator yang bertugas membagikan program tersebut menerima upeti dengan dalih atas dasar kesadaran Masyarakat sendiri. 
Namun tidak demikian yang terjadi di Pemerintahan Desa Sigong, kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon. 
Istilah kesadaran Masyarakat tidak berlaku untuk program dari Pemerintah, hususnya BPN. 
Hal tersebut disampaikan Ketua Koordinator Puskesos Desa setempat, Budi Santoso. 

"Kami pastikan program bantuan pemerintah dalam hal ini bansos maupun Bantuan Pangan Nasional warga Masyarakat tidak dipungut sepeserpun dengan dalih apapun, termasuk jika ada bahasa kesadaran Masyarakat sendiri, karena memang program tersebut memang bertujuan untuk Masyarakat, jadi kami membiasakan kepada Masyarakat jangan ada bahasa kesadaran sendiri, intinya bansos dalam bentuk apapun di Desa kami ditegaskan tidak ada pungutan atau dalam dalih apapun" Tuturnya. Rabu, 14/08/2024.

Senada hal tersebut disampaikan Kuwu Sigong, Sumarso. 

"Kami selalu menegaskan kepada seluruh jajaran perangkat desa termasuk Puskesos untuk tidak melakukan pungutan denga  dalih apapun, Alkhamdulillah semuanya berjalan sesuai harapan, hanya saja untuk BPN tahun ini ada penurunan KPM yang mana tahun sebelumnya sebanyak 1900 Keluarga penerima manfaat namun untuk tahun ini berkurang menjadi 1553 KPM, walau ada pengurangan tetapi untuk kecamatan Lemahabang KPM di Desa kami merupakan yang terbanyak" Jelasnya. (1c)

13 Agu 2024

Difabel ikut meriahkan jalan santai Tingkat Kecamatan Lemahabang

INDOMEDIANEWS - Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke 79, Muspika Lemahabang, Kabupaten Cirebon beserta Masyarakat dan unsur terkait lainnya menggelar acara jalan sehat tingkat kecamatan. 
Acara yang dibuka langsung Camat Lemahabang, Yuyun Kusumawati dan disaksikan ribuan pasang mata diawali dari halaman kantor kecamatan setempat. 

Dalam acara tersebut hadir pula para Kuwu sekecamatan Lemahabang dan pendidik yang dimeriahkan dengan pertunjukan seni musik juga pembagian berbagai doorprize. 

Dalam sambutannya, Camat Yuyun menghaturkan terimakasihnya atas peran serta semua pihak yang telah mendukung terlaksananya acara tersebut. 

"Ini semua berkat kerjasama semua pihak, khususnya para kuwu sekecamatan Lemahabang, tanpa dukungannya acara tersebut takan bisa dilaksanakan, selain itu ucapan terimakasih kepada seluruh peserta jalan sehat yang turut bersama sama mensukseskan acara ini, ucapan istimewa kami berikan kepada saudara saudara difabel yang ikut langsung dalam acara jalan santai" Tuturnya

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, acara tersebut merupakan bentuk penghargaan kepada jasa para pejuang kemerdekaan. 

"Bukan lomba atau kegiatan yang diutamakan, namun rasa cinta tanah air dan penghargaan atas jasa para pahlawan kemerdekaan itu yang utama" Pungkasnya.Selasa, 13/08/2024

Senada hal tersebut disampaikan ketua FKKC kecamatan Lemahabang, Aziz Maulana. 

"Sebagai generasi muda kita harus tetap mematri rasa cinta tanah air, termasuk menghargai para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa raganya demi Republik tercinta, kami mengajak semua pihak untuk menanamkan rasa cinta tanah air dimanapun , kapanpun dan dalam situasi apapun, didada kita tetap merah putih" Jelasnya. (1c) 

12 Agu 2024

Pemdes Japura bakti salurkan program BPN

INDOMEDIANEWS - Masyarakat Desa japura bakti, kecamatan Astana japura, kabupaten Cirebon berduyun-duyun di halaman Kantor Desa setempat untuk mendapatkan bantuan beras dalam program Bantuan Pangan Nasional (BPN) 
Keterangan yang disampaikan ketua Puskesos Fadilah program BPN diberikan kepada 865 Keluarga penerima manfaat (KPM) 

"Sebanyak 865 KPM menerima program BPN, data tersebut sesuai dengan warga yang memang berhak untuk menerimanya" Tuturnya. 

Sementara itu, Kuwu Japura bakti  Haerudin menuturkan bahwa dengan adanya program bantuan pangan dapat bermanfaat bagi warga yang memang berhak menerimanya. 

"Harapan kami dengan adanya program bantuan pangan minimalnya dapat sedikit meringankan beban masyarakat, yang terpenting adalah segala bentuk bantuan dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin, selain itu kami sebagai pihak pemdes sangat mengharapkan kesejahteraan masyarakat semakin meningkat hingga bisa mengurangi penyaluran bantuan dalam bentuk apapun" Jelasnya. (1c) 

Korban Arisan Online Adukan Admin Ke Polresta Cirebon

INDOMEDIANEWS - Pasca ramai  diperbincangkan di sosial media, kasus dugaan penipuan lelangan arisan online di wilayah Kecamatan Lemahabang yang mencapai milyaran rupiah kini memasuki babak baru. 
Dari Informasi yang diperoleh , beberapa korban yang sudah melewati jatuh tempo secara resmi telah mengadukan YS yang merupakan admin arisan online ke Polresta Cirebon. Bahkan banyak korban yang masih menunggu waktu jatuh tempo agar dapat turut mengadukan kasus serupa ke Polresta Cirebon.

Salah satu korban lelangan arisan online, F mengungkapkan, dirinya bermula ikut arisan online dan mengenal YS pada Bulan April 2024. Lalu pada Bulan Mei 2024 dirinya ditawari dan ikut pada lelangan arisan online hingga empat kali. Untuk lelangan yang pertama dan kedua berjalan lancar, namun di lelangan yang ketiga senilai Rp 30 Juta dengan imbalan pengembalian 36 juta tersebut mulai meleset atau tidak sesuai waktu yang disepakati. Seharusnya lelangan ketiga di cairkan pada 9 Juli, akan tetapi dirinya baru bisa menerima pada 26 Juli.

“saya kena yang di lelangan ke empat pas di tawarin pada 25 Juni 2024, saya ikut 20 juta dan di janjikan cair 27 juta pada 20 Juli 2024. Sampai jatuh tempo dan tidak ada kejelasan dari yang bersangkutan puncaknya kemarin saya adukan kasus ini ke Polresta Cirebon,“ ungkapnya.

Masih dikatakan F, beberapa korban yang sudah mengadukan ke Polresta Cirebon pasalnya dengan nilai kerugian yang cukup besar hingga ratusan juta rupiah. Bahkan masih banyak korban lainnya yang masih menunggu jatuh tempo dengan nilai serupa di atas ratusan juta rupiah dan akan mengadukan juga kasus ini ke Polresta Cirebon.

“Ya kalau di hitung total keseluruhan korban bisa mencapai milyaran rupiah. Kita kompak bersama korban lainnya akan terus menuntut keadilan, jika terbukti bersalah, hukum harus ditegakan" Tegasnya. (1c) 

11 Agu 2024

MI Al-Hikmah gelar karnaval dalam peringati HUT RI ke 79

INDOMEDIANEWS - Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 79 dilaksanakan di berbagai tempat dengan menghadirkan berbagai acara. 
Salah satunya yang dilaksanakan oleh MI Al-Hikmah mertapada wetan, kecamatan Astana japura, Kabupaten Cirebon. 
Peringatan HUT RI ke 79 diisi dengan pagelaran karnaval busana adat dan kreasi busana siswa juga pembagian doorprize. 

Hal tersebut disampaikan kepala MI  Al-Hikmah, Muhammad Nurlani usai acara, Minggu, 11/08/2024.

"Acara karnaval dan pembagian dorrprez tersebut merupakan salah satu ucapan syukur atas kemerdekaan dan perjuangan para pahlawan dalam membebaskan Negeri ini dari belenggu penjajahan" Tuturnya. 

Lebih lanjut dirinya menjelaskan acara yang melibatkan seluruh siswa dan pendidik ini sebagai upaya untuk terus mamatri rasa Nasionalisme dan kebangsaan agar tetap bersemayam dalam jiwa seluruh anak bangsa. 

"Rasa cinta tanah air dan Nasionalisme jangan sampai luntur dalam kondisi apapun, oleh karenanya kami para pendidik memberikan edukasi kepada para siswa melalui berbagai upaya maupun karya, agar cinta tanah air dan penghargaan atas jasa para pejuang kemerdekaan akan terpatri, Alkhamdulillah acara yang kami melaksanakan mendapat sambutan antusias dari semua pihak, baik pelajar itu sendiri maupun orang tuanya, walaupun mungkin tidak terlalu meriah namun makna peringatannya yang menjadi tujuan kami" Pungkasnya. ( 1c) 

Kopi Jabar dukung duet Ono-Acep (Onsa) di Pilgub Jabar

INDOMEDIANEWS - Kian mendekati pelaksanaan pilkada 2024 bermunculan para tokoh untuk maju sebagai Gubernur dan wakil Gubernur, termasuk di Jawa Barat. 
Dinamisnya peta politik di tanah air membuat Masyarakat bertanya-tanya, siapa calon Gubernur yang akan berlaga dalam pilkada nanti. 
keresahan Masyarakat akhirnya terjawab dengan hadirnya pasangan Ono Surono dan Acep Adang sebagai Calon Gubernur dan wakil Gubernur Jawa Barat. 
Duet Ono-Adang mendapat respon positif dan dukungan dari berbagai tokoh, salah satunya disampaikan salah seorang Kyai Cirebon, sekaligus Ketua kopi jabar, KH. Soleh Zuhdi yang akrab disapa Gus Sozu. 

"Kami sangat menyambut baik pasangan Ono Surono dan Acep Adang untuk maju di Pilgub Jabar. Menurut kami pasangan (Onsa) sangat ideal untuk memimpin Jabar, betapa tidak, keduanya merupakan pasangan yang religius dan Nasionalis" Tuturnya. minggu, 11/08/2024.

Kyai karismatik yang dikenal akrab dengan berbagai kalangan ini merasa bersyukur atas duet Onsa yang bisa mewakili Pasundan dan pantura. 

"Tentunya kami sangat bersyukur atas terealisasinya pasangan Ono-Acep, yang pasti saya selaku ketua kopi Jabar ( Kyai, nyai pesantren dan santri) menyambut baik dan mendukung keduanya untuk memimpin Jawa Barat ke arah yang lebih baik, InsyaAllah dukungan yang kami berikan akan menghasilkan sesuatu yang terbaik, sebagai catatan, Politik ini sangat dinamis dan harus dipahami oleh semua pihak, namun demikian majunya Ono dan Acep merupakan implementasi dan keterwakilan kami untuk membuat sebuah perubahan yang bermuara pada kepentingan Masyarakat Jawa Barat" Pungkasnya. (1c) 

10 Agu 2024

Tidak lama lagi harapan Cirebon timur terwujud

INDOMEDIANEWS - Kajian kapasitas daerah sudah selesai sebagai persiapan Daerah Otonomi Baru Cirebon Timur, tingg beberapa langkah politik yang terus di kawal FCTM.

Langkah politik tersebut yaitu Kesepakatan Bersama antara Legeslatif dan eksekutif Propinsi Jawa Barat.

Hal ini yang disampaikan Sekjen FCTM Dr Topik Ridwan saat jumpa pers,  yang dihadiri oleh beberapa tokoh lainnya, Jum'at 09/08/2024.

"untuk DPRD Provinsi Jawa Barat sudah 50 persen dan pj Gubernur dalam waktu dekat kita dorong untuk bisa sepemahaman" Jelasnya

Lebih jauh tokoh muda yang memiliki kapasitas dalam kajian akademik mengatakan, bahwa dengan langkah politik di Pemprop selesai otomatis kita melangkah ke politik berikutnya DPR-RI dan Kemendagri ditargetkan tahun 2025 Cirebon Timur Menjadi CDOB.

Oleh sebab itu, kata Topik Ridwan langkah politik terus di lakukan FCTM, ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dengan tujuan mewujudkan Cirebon Timur Menjadi Daerah Otonomi Baru.

Jadi, FCTM mempunyai tujuan luhur untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan.

"Mari kita kawal terus, bergerak terus untuk Cirebon Timur," tutur Sekjen FCTM didampingi Royandi Haikal wakil Ketua FCTM bidang politik dan budaya.
Berikut beberapa langkah yang terus dilakukan oleh FCTM demi terwujudnya Cirebon timur. 

1. FCTM mendesak Pemerintah Kabupaten Cirebon untuk segera menyerahkan 
hasil Kapasitas Daerah kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Selanjutnya, 
FCTM meminta agar Pemerintah Provinsi segera membahas hasil tersebut 
dengan DPRD Provinsi dan menyerahkannya kepada Kementerian Dalam Negeri untuk diteruskan ke DPR RI guna dibahas menjadi draft RUU (Rancangan 
Undang-Undang).

2. FCTM mengingatkan Pemerintah Kabupaten Cirebon untuk segera merancang 
dan menetapkan titik 0 Km di calon ibu kota Cirebon Timur. Hal ini penting sebagai langkah awal dalam perencanaan tata ruang wilayah calon Daerah Persiapan.

3. FCTM berkomitmen untuk mengadvokasi Pemerintah kabupaten Cirebon dalam menyusun kebijakan yang berbasis kearifan lokal terkait Cirebon Timur, termasuk perancangan logo daerah dan penggalian kekhasan budaya. Ini bertujuan untuk memperkuat identitas dan karakter Cirebon Timur.

4. FCTM mengajak Pemerintah Kabupaten Cirebon untuk berkolaborasi dengan 
Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Pusat dalam mempercepat 
pembangunan yang merujuk kepada indikator-indikator Kapasitas Daerah Cirebon Timur yang masih kurang. Hal ini penting untuk memenuhi syarat pembentukan Daerah Persiapan sesuai dengan prinsip dikembangkan terlebih dahulu lalu dimekarkan.

5. FCTM mengajak seluruh masyarakat Cirebon Timur untuk bersiap dan bersamasama membangun daerah, terutama dalam aspek-aspek yang masih memerlukan peningkatan. Serta menekankan bahwa ini adalah tugas mulia bersama demi masa depan generasi mendatang.

Sebagai penutup, FCTM menegaskan kembali komitmennya untuk terus mendukung dan mengawal proses pembentukan Cirebon Timur sebagai Daerah Persiapan Otonomi 
Baru. Serta mengajak seluruh pemangku kepentingan, mulai dari pemerintah daerah, 
tokoh masyarakat, hingga setiap warga Cirebon Timur, untuk bersatu dan berperan aktif dalam mewujudkan cita-cita bersama ini. (1c) 

9 Agu 2024

Perlu keberanian "H.Sueb" siap maju di Pilbub Cirebon

INDOMEDIANEWS- Kabupaten Cirebon membutuhkan pemimpin yang berani, jujur dan tegas dalam mengambil keputusan demi kemaslahatan dan kesejahteraan warga Masyarakat secara menyeluruh. 
Hal tersebut akan tercapai pada pilbub Cirebon yang akan dilaksanakan tidak lama lagi. 
Menjelang pelaksanaan Pilbub ( pemilihan Bupati dan wakil Bupati)  bermunculan para tokoh untuk maju sebagai calon Bupati Cirebon. 
Salah satunya adalah H. Sueb yang bertekad membuat perubahan melalui pencalonannya sebagai orang nomor satu di Kabupaten Cirebon. 
Niatnya untuk maju terungkap saat bersilaturahmi dengan berbagai tokoh disalah satu kafe yang ada di kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, Jum'at 09/08/2024.
Didampingi tokoh Cirebon timur, korib Magelung Sakti dan H. Agus, secara tegas menuturkan kepada beberapa awak media. 

"Kabupaten Cirebon saat ini masih perlu banyak perubahan dan perbaikan, tidak semata persoalan infrastruktur, namun banyak hal lainnya harus diperbaiki agar lebih baik lagi, oleh karenanya saya bertekad untuk maju sebagai Calon Bupati Cirebon, kesiapan saya tentunya karena banyaknya dukungan dan dorongan dari berbagai pihak agar saya maju dalam Pilbub nanti, atas dasar itulah saya siap dan berusaha maksimal untuk menjadikan kabupaten Cirebon sesuai harapan banyak orang" Tutur H. Sueb. 
Saat ditanya dari partai mana yang akan menjadi kendaraan politiknya, dengan bahasa politis dirinya menjelaskan. 

"Kita tunggu saja beberapa saat kedepan, partai mana yang akan mengusung, tetapi kemungkinan besar partai yang mengusung adalah partai Gerindra, Mudah-mudahan sih sesuai harapan, oleh karenanya saya mohon do'a dan dukungan dari semua warga Cirebon agar apa yang diharapkan akan menjadi kenyataan, intinya kami ingin mengabdi demi perkembangan Kabupaten Cirebon yang berujung pada kesejahteraan seluruh warga Masyarakat Kabupaten Cirebon" Pungkasnya. (1c) 

4 Agu 2024

Prabowo Subianto Terima Pin Emas dari SMSI atas Dedikasinya Jaga Demokrasi

INDOMEDIANEWS - Menteri Pertahanan Jenderal TNI (HOR) (Purn) Prabowo Subianto menerima penghargaan berupa pin emas dari Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) atas dedikasinya menjaga demokrasi. 

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Ketua Umum SMSI, Firdaus, dan diterima oleh Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Hashim Sujono Djojohadikusumo pada Peresmian Forum Masyarakat Indonesia Emas (Formas) di Auditorium RRI, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Sabtu (3/8/2024).

Firdaus yang juga anggota dewan penasihat Formas mengungkapkan, SMSI memberikan penghargaan tertinggi ini  karena selama menjabat sebagai Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto tidak pernah melakukan intimidasi terhadap media.

"Sikap ini dinilai penting dalam mendukung kematangan pers sebagai pilar keempat demokrasi, sehingga proses transformasi demokratisasi di Indonesia dapat berlangsung dengan baik," kata Firdaus saat menyerahkan pin emas kepada Hashim Djojohadikusumo yang merupakan adik bungsu Prabowo Subianto.

Sebagai Menteri Pertahanan yang juga Ketua Dewan Pembina sebuah partai politik, Prabowo dinilai selalu mengedepankan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau kelompok. Kebijakan dan tindakannya dianggap berkontribusi dalam menjaga persatuan bangsa, sehingga potensi keterbelahan dapat dihindari.

"Keteladanan Prabowo dalam penegakan demokrasi di Indonesia patut diapresiasi dan dijadikan standar bagi bangsa ini dalam menjaga keutuhan NKRI," ujar Firdaus. (c) 

Pleno Desa asem berjalan lancar

INDOMEDIANEWS- Sekitar 2.553 pemilih siap memberikan suara saat Pilkada 2024. Demikian dikatakan Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Asem Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon, Mohammad Rizky Nugraha.

"Setelah dilaksanakan Rapat pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP), sekitar 2.553 pemilih akan memberikan suara di lima tempat pemungutan suara (tps)," tuturnya, usai acara di balai desa setempat, Sabtu (3/8/2024).
Lebih lanjut dirinya menjelaskan, Pilkada gubernur dan wakil Jawa Barat juga bupati dan wakil Kabupaten Cirebon, menjadi momen untuk perubahan daerah dari yang baik menjadi lebih baik. 

"Tentunya harapan masyarakat, adanya pemimpin yang amanah, sehingga mampu menjadikan lebih baik dalam berbagai aspek," jelasnya.

Masih dikatakan Rizky, peran serta pihak sangat diperlukan untuk menjaga kondusivitas. Sehingga, pelaksanaan Pilkada terlaksana tertib dan aman. 

"Dengan adanya partisipasi seluruh pihak dalam menjaga keamanan dan ketertiban, Pilkada dapat berjalan sesuai rencana dan menghasilkan pemimpin yang diharapkan" Jelasnya

Sementara itu, Kuwu Desa Asem, H Ade Faturrohman melalui Sekretaris Desa (Sekdes), Arief Rahman mengungkapkan, Pilkada Jawa Barat dan Pilkada kabupaten merupakan pesta demokrasi bagi masyarakat yang memiliki hak pilih dan untuk desa ini, telah dipersiapkan enam tempat pemungutan suara (tps). 

"Setelah dilaksanakan pleno DPHP oleh PPS dan PPK ada ribuan pemilih yang siap memberikan suara," tutur Arief.

Pria yang biasa dipanggil Pepeng ini menghimbau pada seluruh masyrakat yang memiliki hak pilih. 

"Kami siap sukseskan Pilkada, dengan melibatkan masyarakat untuk menjaga kondusivitas pilkada 2024, mari bersama kita sukseskan pulkada untuk sebuah perubahan" Pungkasnya. (1c)