1 Jan 2024

Sambut Tahun Baru 2024 " Obyek Cikuya gelar Seni Tradisi " PK DKKC

INDOMEDIANEWS -Gebyar tahun baru, Obyek wisata konserpasi Cikuya, Desa Belawa,  kecamatan Lemahabang, gelar pertunjukan  seni tradisional yang di prakarsai PK DKCC ( pengurus kecamatan Dewan Kesenian Kabupaten Cirebon ) sewilayah Cirebon Timur.
Acara tersebut merupakan salah satu upaya untuk terus melestarikan seni budaya daerah sekaligus expos cikuya agar lebih dikenal halayak baik domestik maupun Nasional.

Hal tersebut disampaikan salah seorang pelaku seni sekaligus ketua sanggar saung gulinga, Sanu Mulyadi saat pelaksanaan pagelaran.

"Kami dari seniman yang tergabung dalam DKKC hususnya PK se Kabupaten Cirebon bagian timur , menggelar acara pagelaran seni tradisi ini merupakan upaya untuk terus mempertahankan tradisi daerah sekaligus agar tradisi daerah ini dikenal bahkan disukai oleh generasi muda, dengan adanya perkembangan jaman yang kian maju, tentunya para seniman daerah dituntut untuk mampu berkreasi dan terus berupaya agar seni budaya daerah ini tidak tergerus oleh perubahan jaman, selain dari itu pagelaran ini sekaligus dalam rangka menyambut tahun baru 2024, dengan perubahan tahun ini semoga banyak pihak hususnya pemerintah daerah semakin memberikan perhatian pada para pelaku seni, terlebih seni tradisional sepeeti degung, karawitan, reog dan lainnya" tuturnya, Senin, 01/01/2024.

Senada hal serupa disampaikan ketua pengelola obyek wisata cikuya, Eman, yang berharap agar cikuya semakin berkembang dan mampu menarik minat masyarakat untuk berkunjung di obyek kura-kura yang hanya satu-satunya di kabupaten Cirebon bahkan jawa barat.

"Kami sangat berterimakasih atas kepedulian para pelaku seni yang peduli dengan keberaan cikuya, kami mempunya mimpi untuk menjadikan obyek cikuya ini semakin gaung dan dikenal oleh berbagai kalangan, dan dalam upaya mewujudkan mimpi tersebut kami terus berupaya dan berkreasi dengan mengadakan berbagai kegiatan baik yang bersifat hiburan, edukasi maupun hal lainnya, InsyaAllah tahun ini harapan kami untuk membangun kolam renang dan menambah fasilitas bermain lainnya dapat terealisasi, dengan keinginan kami tersebut tentunya berharap banyak dukungan yang diberikan berbagai pihak baik Pemkab maupun Pemerintah propinsi Jawa Barat, semoga keingan kami ini bisa terwujud yang berdampak pada peningkatan perekonomian terlebih lagi para UMKM" harap Eman. (1c)

0 $type={blogger}: