30 Jan 2024

Gus Sozu " Sekretariat Kopi Jabar untuk kemenangan Ganjar-Mahfud"

INDOMEDIANEWS - Sekretariat Dewan Pimpinan Pusat Kopi Jabar ( Komonitas pesantren kyai dan nyai Jawa Barat ) yang berlokasi di Blok Sida Bagus , Buntet Pesantren, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, didirikan sebagai markas atau tempat untuk melakukan diskusi maupun hal lainnya yang bersangkutan dengan pemenangan Ganjar-Mahfud.

Hal ini yang disampaikan Ketua Kopi Jabar segaligus Pimpinan Pondok Pesantren Al-Islah 2 KH. Soleh Zuhdi yang akrab disapa Gus Sozu kepada IM, Selasa, 30/01/2024.

"Sekretariat DPP Kopi Jabar didirikan sebagai bentuk keseriusan dan keyakinan kami untuk memenangkan pasangan Ganjar-Mahfud sebagai Presiden dan wakil Presiden Indonesia Tahun 2024-2029. Selain dijadikan tempat atau markas untuk membahas tentang program pemenangan juga sebagai tempat bersilaturahmi para relawan maupun simpatisan Ganjar-Mahfud" tuturnya.

Gus Sozu juga berharap dengan berdirinya Sekretariat Kopi Jabar, akan semakin mempererat persatuan dan kesatuan seluruh anak Bangsa menuju Indonesia lebih baik.

"Bukan semata untuk tempat bersilaturahmi maupun diskusi yang menyatukan visi misi, namun diharapkan kedepannya keberadaan sekretariat kopi jabar ini sebagai tempat atau wadah untuk menampung berbagai aspirasi dan harapan warga, kami sebagai pengurus tentunya sangat berharap agar cita-cita dan harapan kami dalam memenangkan pasangan Ganjar-Mahfud dapat dicapai dengan cara-cara yang bijak dan humanis, InsyaAllah dengan niat dan tujuan yang baik, segala harapan terkobul dan diijabah oleh Allah SWT" pungkasnya. (1c)

Kuwu Karangasem agendakan perbaikan kantor Desa

INDOMEDIANEWS - Menampung aspirasi dan masukan dari berbagai pihak menjadi bahan pertimbangan kuwu Karangasem, kecamatan Karangwareng, Kabupaten Cirebon, Budi,  dalam melaksanakan kebijakan dan pengelola anggaran untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat, tetmasuk penyaluran bantuan sosial.

Hal ini disampaikan saat melakukan temu lembaga dalam  membahas penyaluran bansos di Aula kantor Desa setempat, selasa, 30/01/2024.

"Penyaluran bansos dalam bentuk apapun harus menjadi perhatian bersama, hususnya dalam penyaluran dan penerima bantuan, hal ini dikarenakan memang banyak terjadi persoalan yang menyangkut data penerima, semisal yang benar-benar berhak mendapatkan malah tidak mendapatkan, ini tentunya harus dicari solusi atau jalan keluar yang terbaik, agar ketimpangan tersebut sedikitnya bisa teratasi " tuturnya.

Lebih lanjut Budi menjelaskan, bahwa dibawah kepemimpinanya berharap ada perubahan yang nyata, baik secara administrasi kepemerintahan maupun fasilitas penunjang lainnya.

"Secara bertahap kami akan melakukan pembenahan kantor Desa termasuk pembenahan tata kelola pemerintahan desa, diharapkan dengan adanya berbagai perubahan akan meningkatkan kesejahteraan warga Masyarakat Karangasem" pungkasnya (1c)
  

Kapolsek Lemahabang pimpin Tim Patroli Sepeda Motor " Ciptakan kenyamanan"

INDOMEDIANEWS - Aktifitas di Malam Minggu berpotensi menimbulkan berbagai kerawanan, untuk itu Polri sebagai penjaga Kamtibmas terus berupaya menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di tengah-tengah masyarakat, salah satu upaya yang dilakukan Personil Polsek Lemahabang Polresta Cirebon yang di Pimpin langsung Kapolsek Lemahabang Kompol Sutarja, SH., MH. adalah melaksanakan kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) dengan melakukan patroli Sepeda Motor menyisir seluruh wilayah hukum Polsek Lemahabang Polresta Cirebon termasuk gang-gang sempit yang memungkinkan terjadinya aksi kejahatan dan Gangguan Kamtibmas, Sabtu Malam 27/01/2024.

"Patroli sepeda motor ini sangat efektif untuk menyentuh lapisan terbawah dari masyarakat yang biasanya tidak dapat tersentuh saat patroli menggunakan Mobil Dinas, untuk itu kami melakukan inovasi dengan cara patroli sepeda motor, hal ini di maksudkan agar kami dapat masuk ke gang-gang kecil yang mungkin saja terdapat potensi terjadinya kejahatan dan Gangguan Kamtibmas" tutur Kompol Sutarja.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan pentingnya patroli dilakukan

"Memang saat ini situasi Kamtibmas di wilayah hukum Polsek Lemahabang relatif cukup aman, tetapi kita tidak boleh lengah atau terlena dengan keadaan ini, justru kita harus lebih waspada dan peka terhadap situasi dan kondisi yang senantiasa berubah tanpa kita sadari, apalagi saat ini kita memasuki masa kampanye Pemilu 2024." Jelasnya

Kapolsek Lemahabang Kompol Sutarja, SH., MH. menambahkan operasi cipta kondisi KRYD ini merupakan operasi rutin dalam rangka memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat dengan sasaran penyakit masyarakat (Judi, miras, sajam) sekaligus sebagai upaya preemtif, Preventif dan Represif dalam mencegah kejahatan jalanan seperti curas, curat dan terutama tawuran geng motor. Dan salah satu sasaran utama adalah sepeda motor berknalpot bising yang biasanya identik dengan geng motor dan kerap menimbulkan aksi keributan ataupun tawuran.(1c)


Police Go To School, Kapolsek Lemahabang ajak siswa/i tertib lalu lintas.

INDOMEDIANEWS  - Dalam rangka menanamkan budaya tertib berlalu lintas sejak dini, Kapolsek Lemahabang Kompol Sutarja, SH., MH. gelar kegiatan Police Goes To School di SMK Bina Warga Lemahabang Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon. 

Dengan materi Keselamatan adalah yang pertama dan paling utama, hal ini dilakukan agar dapat memberikan pemahaman kepada pelajar tentang tertib berlalu lintas guna mengantisipasi terjadinya pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan oleh pelajar. Selasa pagi 30/01/2024.

"Diharapkan sosialisasi ini berdampak nyata, agar hal-hal yang tidak diinginkan di jalan raya tidak terjadi lagi, selain itu juga kegiatan ini bermaksud menyampaikan himbauan agar kalangan pelajar khususnya siswa/i SMK Bina Warga Lemahabang dapat menghindari hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain seperti Tawuran Pelajar, Senjata Tajam, Miras, Narkoba dan perbuatan yang bertentangan dengan norma kesusilaan" tuturnya

Police Goes to School merupakan sebuah program gagasan Polri untuk memberikan kegiatan pendidikan di sekolah oleh anggota Polri melalui metode sosialisasi, ceramah, seminar, dan metode lainnya. Di samping itu, Police Goes to School dilaksanakan sebagai upaya memupuk kedekatan dengan masyarakat khususnya para pelajar.

Lebih lanjut, Kapolsek Lemahabang Kompol Sutarja, SH., MH. mengajak agar Siswa/i tertib terhadap aturan lalu lintas meliputi memakai Helm, SIM, STNK, tidak berknalpot Bising dan juga tidak ugal-ugalan ketika berkendara" jelasnya

Kapolsek Lemahabang Kompol Sutarja, SH., MH. juga mengajak agar para siswa/i senantiasa berbakti kepada orang tua dan guru, beribadah dan belajar dengan sungguh-sungguh, disiplin dengan aturan sekolah, kemudian menggunakan waktu luang untuk kegiatan yang bermanfaat, dan mencegah dan menghindarkan diri dari korban dan perilaku kejahatan, Ucapnya

Kapolsek juga mengajak kepada seluruh guru, orangtua dan masyarakat sama-sama membentengi anak-anak dari hal-hal negatif dengan meningkatkan iman dan takwa untuk membekali pengetahuan agama yang cukup." Tambahnya

Di tempat terpisah Kapolresta Cirebon Kombes Pol Sumarni, SIK., SH., MH. mengatakan 

"Kegiatan ini memiliki segudang manfaat bagi generasi muda, dan di harapkan dengan ini dapat memberikan edukasi dan sosialisasi, karena ini bertujuan memajukan generasi penerus bangsa dan masyarakat luas, maka dari itu perlunya jajaran Kapolsek dan anggota agar aktif melaksanakan program unggulan Polri tersebut." Ungkap Kapolresta Cirebon.(1c)

29 Jan 2024

BLT DD 2024 siap dicairkan " Pemdes Munjul gelar Musdesus "

INDOMEDIANEWS - Pemdes Munjul, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, menggelar Musyawarah Desa Khusus BLT DD ( Bantuan Langsung Tunai Dana Desa ) Tahun anggaran 2024.

Kuwu Munjul, Chaerudin menuturkan, Musdesus tersebut digelar dalam rangka persiapan pencairan BLT DD bagi Masyarakat setempat.

"Kami melaksanakan Musdesus sebagai upaya memberikan pemahaman kepada warga penerima agar tidak terjadi mis, walaupun sebenarnya dalam pencairan tersebut banyak data yang seharusnya dilakukan perbaikan, dalam artian banyak diantara warga yang sebenarnya sudah tidak berhak untuk mendapatkannya, namun karena datanya masih ada, maka kami tidak bisa berbuat banyak, ini persoalan kelasik yang mungkin terjadi dibeberapa desa, dengan digelarnya musdesus ini diharapkan ada kesadaran dan pemahaman yang terjadi di Masyarakat, kami terus berupaya melakukan perbaikan data dengan melibatkan Puskesos dan beberapa pihak lainnya" tuturnya, Senin, 29/01/2024.

Lebih lanjut Chaerudin menjelaskan, pihaknya tidak mudah untuk melakukan perubahan data penerima karena kewenangannya ada dipusat.

"Perubahan data ini tidaklah mudah, karena memang kewenangannya bukan ada di Desa, namun demikian kami terus berupaya untuk terus mencoba untuk memperbaiki data dan menyerahkannya kepada imstansi terkait, walaupun memang tidak mudah, semoga saja dengan upaya yang kami lakukan akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi semua pihak, inginnya sih banyak warga yang menerima bantuan, tetapi toh akhirnya semua keputusan ada di pihak pusat kami hanya berusaha dan berupaya melakukan yang terbaik demi Masyarakat kami" pungkasnya ( 1c)

28 Jan 2024

Gus Sozu Ketua Kopi Jabar " berikan Sorban kesayangan kepada Ganjar "

INDOMEDIANEWS - Ribuan Warga Masyarakat dari berbagai wilayah hadir untuk melihat secara langsung calon orang nomor satu di Republik Indonesia, Ganjar Pranowo yang digadang-gadang menjadi Presiden Republik Indonesia 2024-2029.
Dalam acara yang dihadiri relawan, simpatisan dan berbagai elemen kemasyarakatan hingga tokoh ulama semakin memperkuat dan keyakinan untuk kemenangan Ganjar-Mahfud sebagai presiden dan wakil presiden yang dicintai dan mencintai Rakyat.
Hal tersebut disampaikan salah seorang tokoh ulama, sekaligus ketua Kopi Jabar yang merupakan Pimpinan Ponpes Al-Islah 2 Buntet Pesantren, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, KH. Soleh Zuhdi yang akrab disapa Gus Sozu.

"Kami sangat bangga menjadi salah satu pendukung kemenangan Ganjar-Mahfud, dimana kebanggaan kami terlihat jelas saat menyaksikan ribuan Massa yang begitu antusias menyaksikan secara langsung calon orang nomor satu di Republik ini ( Ganjar Pranowo ) bagi kami beliau adalah sosok yang sangat tepat untuk memimpin Negeri ini, saya sebagai ketua Kopi Jabar sangat bangga memiliki seorang calon pemimpin seperti pak Ganjar, semoga pilihan kami benar-benar menjadi pemimpin yang amanah, dicintai Rakyat dan mencintai Rakyat" tuturnya, Sabtu,27/01/2023.

Pada kesempatan tersebut, ketua Kopi Jabar memberikan secara langsung sorban kesayangannya kepada Ganjar yang disaksikan ribuan Orang.

"Sorban berwarna merah ini merupakan sorban kesayangan yang selalu saya pakai disaat melaksanakan dakwah maupun kegiatan keagamaan lainnya, semoga dengan simbul yang kami berikan bisa menghasilkan berkah dan tercapainya hajat agar harapan kita semua untuk memenangkan pasangan Ganjar-Mahfud diijabah Allah" harapnya.

Saat menerima alungan sorban merah yang diberikan Gus Sozu tersebut, wajah Calon Orang  nomor satu di Republik ini ( Ganjar Pranowo-red ) nampak terlihat sumingrah dan berkaca-kaca.

"Pak Ganjar sangat berterimakasih dan terharu dengan apa yang kami berikan, beliau hanya bertutur semoga semangat Masyarakat bisa terbayar dengan terpilihnya dirinya menjadi Presiden Republik Indonesia yang mampu mengemban amanat dan selalu dalam jalan dan lindungan Allah SWT" pungkasnya. (1c)

25 Jan 2024

Ketua Kopi Jabar " Ganjar-Mahfud " Sosok yang pas memimpin Bangsa

INDOMEDIANEWS - Keberadaan pondok pesantren dan  peran serta para ulama juga santri,sangatlah berpengaruh pada maju mundurnya sebuah peradaban.

Hal ini pula yang senantiasa digaungkan ketua Kopi Jabar sekaligus pengasuh dan pimpinan Pondok pesantren Al -Islah 2 Buntet Pesantren, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, KH.Soleh Zuhdi atau yang akrab disapa Gus Sozu.


"Peran serta Ulama dan keberadaan para santri sangatlah penting dalam membina dan mengembangkan berbagai aspek kehidupan, bukan semata dalam hal ketauhidan namun pola pikir yang berlandaskan norma Agama mencerminkan kedewasaan anak bangsa dalam membangun dan turut serta menjadikan Republik Indonesia sebagai suatu Bangsa yang patut dibanggakan dan bahkan disegani oleh dunia luar, oleh karenanya, kami terus betupaya untuk menciptakan para santri yang berwawasan dan memiliki keilmuan juga prestasi dalam berbagai hal yang positif" tututnya.


Berdasarkan hal tersebut, kiyai karismatik ini mengajak seluruh elemen untuk menyatukan visi dan misi dalam mendukung sebuah perubahan kearah yang lebih baik melalui pemimpin yang baik pula.


"Kami para ulama dan para santri termasuk majlis taklim yang tergabung dalam Kopi Jabar menyatukan tekad dan suara untuk kemenangan Ganjar-Mahfud sebagai presiden dan wakil presiden Republik indonesia, mereka adalah sosok yang sangat pantas dan tepat memimpin Bangsa ini, kinerja dan catatan dalam berkarirnya sudah tidak disangsikan lagi, InsyaAllah, melalui agenda rutin yang kami laksanakan, baik itu pengajian, Do'a bersama maupun kegiatan keAgamaan lainnya akan menghasilkan hal yang positif tentunya dengan ridlo dan kuasa Allah SWT" jelasnya.


Gus Sozu pun berharap kepada seluruh Anak Bangsa untuk menentukan hak pilihnya pada tanggaln14 Februari 2024 nanti.


"Gunakan hak pilih dengan baik, beda pilihan sesuatu kewajaran, nanun demikian, kami berharap agar dalam pemilihan nanti, pilihan pemimpin yang memang pantas untuk memimpin, dan Ganjar-Mahfud merupakan pilihan yang tepat, InsyaAllah" pungkasnya. (1c)

Tawasul dan silaturahmi Kopi Jabar untuk kemenangan Ganjar-Mahfud

INDOMEDIANEWS -  Pondok pesantren Al Islah 2 Buntet Pesantren Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon dibawah kepemimpinan KH. Soleh Zuhdi (Gus Sozu) menggelar acara Silaturahmi para pimpinan pondok pesantren dan majelis taklim se Kabupaten Cirebon dan deklarasi dukungan untuk pemenangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD sebagai Presiden dan wakil presiden Republik Indonesia. Rabu, 24/01/2024.

Acara yang diprakarsai para Kiyai dibawah kepemimpinan KH. Soleh Zuhdi sekaligus Ketua Kopi Jabar tersebut berjalan dengan penuh hikmad.
Selain acara silaturahmi, kegiatan tersebut diisi dengan tawasul dan doa bersama untuk kemakmuran dan kejayaan Republik Indonesia dibawah kepemimpinan Ganjar-Mahfud.

Selain dihadiri oleh para Ulama dan jamaah majelis taklim, hadir pula Bupati Cirebon, Imron dan Caleg DPRD Kabupaten Cirebon dapil 7 Frisma Elsa Tamara.

Dalam sanbutannya, Bupati Imron mengharapkan agar para santri tidak hanya belajar kitab kuning

"Selain mempelajari kitab kuning, para santri pun harus mempelajari kitab putih hingga kitab abu-abu, artinya tidak semata mempelajari tentang Agama, nanun harus juga mempelajari ilmu tekhnologi, Seni budaya hingga ilmu politik, karena sudah saatnya para santri atau pemuka agama berperan maksimal dalam membangun Bangsa" tuturnya.

Sementara itu, ketua Kopi Jabar sekaligus Pimpinan Pondok Pesantren Al -Islah 2 , KH Soleh Zuhdi, berharap dengan dilaksanakannya acara silaturahmi para Ulama bisa menghasilkan sesuatu yang berguna bagi Bangsa dan Negara.

"Tawasul dan doa bersama yang kami laksanakan adalah untuk memohon kepada sang pencipta Allah SWT, supaya republik tercinta ini senantiasa dilindungi dari berbagai hal tang tidak baik, hususnya lagi acara tersebut sebagai bentuk dukungan kami kepada Ganjar-Mahfud untuk menjadi presiden Republik Indonesia dan menjadi pemimpin yang dicintai dan mencintai Rakyat.selain itu kami mun menggelar deklarasi dan dukungan untuk Pak Imron agar kembali menjadi Bupati Cirebon, selain dari itu, doa dan tawasul pun di tujukan untuk Anggota DPR RI dan DPRD Jawa barat maupun Kabupaten Cirebon, yaitu untuk Bapak Ono surono, Rokhim Dahuri dan Ibu Frisma Elsa Tamara. Semoga dengan dilaksanakannya acar ini menjadi sebuah jalan dan usaha agar terkobul apa yang diharapkan, saya sebagai ketua kopi jabar sangat berterimakasih atas kehadiran para Kiyai dan majlis Taklim sekabupaten Cirebon yang telah menuempatkan untuk hadir dan berdoa bersama dengan niat yang tulus demi kemajuan Republik tercinta" jelasnya.

Senada hal tersebut disampaikan caleg DPRD kabupaten Cirebon dapil 7 dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Frisma Elsa tamara yang tampak anggun dan akrab dengan semua tamu yang hadir.

"Saya sangat berterimakasih kepada Kiyai Soleh Zuhdi yang telah nenggelar acara tersebut, semoga acara ini sebagai jalan untuk mencapai harapan, selain itu tentunya saya mohon doa serta dukungannya kepada seluruh Masyarakat Cirebon, hususnya yang ada di dapil 7 agar memberikan kesempatan kepada saya untuk duduk sebagai wakil Rakyat, intinya jangan lupa tanggal 14 Februari untuk menentukan hak pilihnya demi sesuatu yang terbaik, jangan sampai golput" harapnya (1c)

23 Jan 2024

Kapolsek Binluh Tingkatkan Program Police Go To School kepada Siswa / Siswi SMA NU Ciledug

INDOMEDIANEWS - untuk meminimalisir terjadinya kenakalan remaja dan mencegah secara dini tindak kriminalitas dikalangan pelajar, Kapolsek Pabuaran AKP Much. Soleh, SH. didampingi Anggota menggelar *Program Police Goes to School* di SMA NU Ciledug Kec. Ciledug Kab. Cirebon. Selasa pagi- 23/01/24.

Kapolsek Pabuaran Polresta Cirebon AKP Much. Soleh, SH. didampingi Anggota  melaksanakan kegiatan Pembinaan dan penyuluhan kepada para pelajar yang ada di SMA  NU Ciledug, hal ini di laksanakan guna memberikan pembinaan kepada para pelajar agar tidak terjerumus kepada pergaulan yang sangat bebas seperti halnya cara bermedsos yang baik dan benar, tidak mengendarai kendaraan roda dua dan Penyimpangan / Kenakalan remaja lainnya. Kapolsek dalam memberikan Binluh dengan cara tatap muka dan komunikasi yang dapat diterima dengan Para Pelajar sehingga dalam memberikan materi Binluh tersebut dapat dengan mudah di terima dan mudah di tangkap oleh para Pelajar tersebut, sesekali Kapolsek  memberikan beberapa pertanyaan agar para Pelajar aktif, kemudian setelah itu di lanjutkan dengan materi berikutnya sehingga tidak membosankan dalam memberikan materi tersebut.

Ditempat terpisah Kapolresta Cirebon Kombes Pol. Sumarni, SIK, SH, MH. melalui Kapolsek Pabuaran AKP Much. Soleh, SH. mengatakan pentingnya di adakan Binluh kepada para Pelajar karena mereka butuh bimbingan jangan sampai terjerumus oleh pengaruh pengaruh pergaulan bebas yang ada di wilayah hukum Polsek Pabuaran, kegiatan tersebut di lakukan guna mencegah para pelajar melakukan hal-hal negatif yang tidak di inginkan di luar Sekolah, dengan sering kita memberikan Binluh maka tingkat kenakalan remaja khususnya para pelajar baik tingkat menengah maupun sekokah tingkat atas di wilayah hukum Polsek Pabuaran dapat diminimalisir. Kapolsek Pabuaran memerintahkan anggotanya yang wilayahnya ada Sekolah baik itu setingkat Sekolah Dasar, Pertama maupun tingkat atas agar selalu berikan Binluh, harapan Kapolsek Pabuaran di wilayah hukum Polsek Pabuaran tidak ada lagi para pelajar di luar sekolah melakukan aktifitas yang melanggar hukum, karena para pelajar sebagai generasi penerus harapan bangsa yang akan melanjutkan perjuangan untuk memajukan bangsa.(1c)

Gerindra targetkan Prabowo Presiden

INDOMEDIANEWS - Partai Gerindra terus berupaya untuk menambah kursi di parlemen, baik tingkat pusat hingga daerah. Antara lain dengan penguatan kader dan membangun para saksi yang kuat di Daerah Pemilihan (Dapil), khususnya Dapil VII Kabupaten Cirebon dan Dapil Jawa Barat XII.

Wakil Ketua DPD Gerindra, Daddy Rohanady mengatakan, penguatan para kader dalam pesta demokrasi sangat diperlukan, guna mendongkrak suara di Dapil masing-masing. Selain itu, dengan adanya saksi di tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) akan mengamankan suara Prabowo-Gibran sekaligus Calon Legislatif (Caleg) Gerindra. 

"Sesuai instruksi, ditargetkan minimal 60 persen perolehan suara untuk Prabowo-Gibran untuk Jawa Barat," katanya, usai acara di sekitar Kecamatan Susukanlebak, Minggu 21/1/2024.

Pria yang menjadi anggota DPRD Provinsi Jawa Barat ini menjelaskan, berbagai upaya dilakukan untuk meraih suara terbanyak dalam Pemilu nanti. Agar, Prabowo-Gibran menang dan Caleg dari tingkat daerah hingga pusat duduk di parlemen. 

"Kami tak hanya menangkan Prabowo-Gibran, tapi partai juga harus menang. Sehingga, perlu adanya kerja keras para kader dan seluruh partai koalisi untuk menangkan Prabowo-Gibran. Selain itu, jumlah kursi di dapil harus bertambah. Misalnya, Dapil VII Kabupaten Cirebon dari satu kursi menjadi dua kursi. Begitu juga Dapil Jawa Barat XII, dari dua kursi menjadi tiga kursi," jelasnya.

Masih dikatakan Daddy, partai koalisi harus terus bergerak untuk memenangkan pasangan Prabowo-Gibran saat Pemilu nanti. Sehingga dengan kerjasama yang baik untuk meraih kemenangan untuk Prabowo-Gibran. 

"Survey menunjukkan, di Jawa Barat, pasangan Prabowo-Gibran kisaran 52 persen. Jadi untuk mencapai target minimal 60 persen, tinggal delapan persen lagi. Meski demikian, Gerindra bersama partai koalisi terus bergerak untuk memenangkan Prabowo-Gibran," ujarnya.

Dirinya mengharapkan, seluruh kader dan simpatisan partai koalisi terus bergerak untuk kemenangan Prabowo-Gibran. Selain itu, kader dan simpatisan juga para saksi Gerindra supaya aktif sosialisasi Prabowo-Gibran dan Caleg tingkat daerah hingga pusat, agar duduk di parlemen. 

"Mari jadikan tahun ini Gerindra menjadi partai pemenang dan Prabowo-Gibran menjadi presiden-wakil presiden," ajak Daddy. (1c)

22 Jan 2024

Karena bukan pendukung " Kuwu wangkelang berhentikan perangkat Desa"

INDOMEDIANEWS - Kisruh pergantian perangkat desa terjadi di Desa Wangkelang Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon. Meski 14 orang sudah menandatangani surat pengunduran diri, namun hanya lima yang 'dikeluarkan'. Sisanya, masih menjadi perangkat desa setempat.

Pergantian perangkat desa yang sudah disertai dengan surat pengunduran diri, sehingga, sudah terselesaikan dengan baik. Akan tetapi aspirasi dari perangkat desa yang diberhentikan, ingin seluruh rekannya yang sudah menandatangani surat pengunduran diri, turut mundur. Agar tak ada kesan tebang pilih atau like dislike. Selain itu, tradisi desa adanya 'uang kadeudeuh' bagi perangkat desa lama, hingga surat pengunduran diri ditandatangani belum juga diberikan.

Wakil Ketua BPD Wangkelang, Mohammad Ali Syahbana mengatakan, aspirasi perangkat desa yang diganti, ingin 'uang kadeudeuh' diberikan dan seluruh perangkat desa yang tandatangan surat pengunduran diri mundur seluruhnya, sudah disampaikan ke tingkat kecamatan. 

"Hanya lima orang yang diberhentikan menjadi perangkat desa, padahal seluruh perangkat desa sudah menandatangani surat pengunduran diri dengan disaksikan ketua BPD," katanya saat ditemui di kantor Kecamatan Lemahabang, Senin 22/1/2024.

Syahbana menjelaskan, sebagai lembaga yang menampung aspirasi masyarakat, salah satunya aspirasi perangkat desa yang diberhentikan. Maka pihaknya, sudah menindaklanjuti ke tingkat kecamatan dan direncanakan, ke kabupaten. 

"Aspirasi perangkat desa yang diberhentikan, langsung kami respon sesuai aturan dan mekanisme yang berlaku," jelasnya.

Dirinya mengharapkan, ada solusi terbaik dari permasalahan yang ada, agar roda pemerintahan dapat berjalan dengan baik. 

"Pemangku jabatan tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten, bisa turut memfasilitasi aspirasi perangkat desa yang diberhentikan. Supaya terselesaikan dengan hasil yang memuaskan," harap Syahbana.

Sementara itu, Kuwu Desa Wangkelang, Sakid memaparkan, lima perangkat desa yang diberhentikan karena beberapa faktor. Salah satunya, kurang sejalan dalam melaksanakan roda pemerintahan. 

"Guna pelayanan masyarakat yang lebih baik dan pelaksanaan roda pemerintahan yang maksimal, maka diperlukan pergantian perangkat desa, mereka (perangkat desa -red) yang tidak mendukung saya sebanyak 5 Orang diberhentikan, namun demikian ada juga yang bukan pendukung saya masih tetap dipertahankan, karena mereka memang layak untuk dipertahankan " tuturnya.

Ketika ditanya, bagaimana 'uang kadeudeuh' bagi perangkat desa yang diberhentikan, Sakid menjawab, tergantung kas desa. 

"Untuk penghasilan tetap (siltap) saya berikan satu bulan penuh, namun uang kadeudeuh, tergantung kas desa," pungkas pria yang dilantik Desember 2023 ini.

Disaat yang bersamaan, Anggota DPRD Kabupaten Cirebon, Diah Irwany Indriyati menambahkan, pergantian perangkat desa harus sesuai aturan dan mekanisme. Salah satunya, penilaian kinerja. 

"Pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa harus sesuai aturan dan utamakan komunikasi dengan yang bersangkutan. Misalnya perangkat desa lama ingin diganti, diajak ngobrol, bagaimana baiknya. Agar desa tetap kondusif, pasca Pilwu," imbuhnya.

Dirinya mengharapkan, dalam menjalankan roda pemerintahan desa tentu sedikit banyak dipengaruhi kepala desa atau kuwu yang memimpin 

"Kuwu tentu berhak memilih kabinetnya dalam bekerja melalui penempatan pada perangkat desa, memilih pihak yang dianggap dapat sejalan dengan visi dan misinya agar tercapai pemerintahan desa yang lebih baik. Namun alasan itu tidak dapat mengesampingkan kewajiban kepala desa atau kuwu untuk melakukan pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa harus sesuai dengan alur prosedur yang telah diatur," pungkasnya. (1c)

19 Jan 2024

Wakil Bupati Cirebon " jaga kondusifitas jelang Pemilu "

INDOMEDIANEWS- Camat Lemahabang Yuyun Kusumawati didampingi memimpin langsung acara pelantikan dan pengambilan sumpah anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Ciepujuh Kulon Kecamatan Lemahabang kabupaten Cirebon Jawa Barat. Kamis 18/1/2024.

Pelantikan di Aula kantor desa Ciepujuh Kulon tersebut dihadiri Wakil Bupati Cirebon Hj. Wahyu Tjiptaningsih, Muspika kecamatan, Kuwu se-kecamatan Lemahabang, Perangkat Desa, Ketua BPD beserta anggota, Ketua TP PKK Desa, Ketua Karang Taruna, Ketua LPM, Segenap Ketua RT/RW, Babinsa, Bhabinkamtibmas serta undangan terkait lainnya.
Pelantikan dan Pengambilan Sumpah BPD Ciepujuh Kulon digelar pada pukul 13.00 WIB yang berlangsung khidmat. Setelah itu dilanjutkan dengan penandatanganan integritas dan berita acara Pengukuhan serta penyerahan Surat Keputusan.

Dalam sambutannya, Camat Yuyun Kusumawati berpesan agar semua lembaga yang ada di Desa Ciepujuh Kulon dapat bersinergi dan bekerja sama dengan baik, saling mendukung demi memajukan potensi desa. 

Selain itu, dirinya menyampaikan dalam melaksanakan tugasnya BPD harus sesuai dengan tupoksinya berlandaskan aturan dan undang-undang yang berlaku. 

"semua kegiatan di Desa harus sesuai dengan APBDes, dan tidak boleh dikerjakan apabila tidak tertulis dalam APBDes, dan apabila ada perubahan maka harus dimusyawarahkan antara Pemerintah Desa dengan BPD," ungkapnya.

Sementara itu, Kuwu H. Lili yang juga Wakil Ketua FKKC Kabupaten Cirebon mengatakan, dirinya berharap BPD yang baru dilantik dan diambil sumpah harus  segera berkolaborasi dengan pemerintah desa dengan tetap menjaga sinergitas dengan instansi terkait lainnya.

"pelantikan BPD Ini, demi untuk kemajuan juga kesuksesan program pemerintah desa demi kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Kuwu H. Lili juga mengatakan atas nama pribadi, kuwu dan masyarakat mengucapkan selamat kepada BPD yang telah dilantik. Tuturnya.

Wakil Bupati Cirebon Hj. Wahyu Tjiptaningsih berpesan, untuk BPD yang baru dilantik agar bisa bekerja sama dan saling melengkapi demi kemajuan pembangunan desa Ciepujuh Kulon.

Hj. Wahyu Tjiptaningsih juga menyampaikan dihadapan semua undangan pelantikan BPD, bagi kuwu dan perangkat desa dalam memasuki tahun politik, agar semua bisa bersikap netral dan menjaga kondusifitas wilayah masing-masing.

“Selamat bekerja kepada BPD Ciepujuh Kulon yang baru dilantik dan diambil sumpah, semoga berkah,” tuturnya (1c)

Gus Sozu " Kopi Jabar " Ganjar-Mahfud Sosok terbaik

INDOMEDIANEWS - KH. Soleh Zuhdi yang akrab dengan sapaan  Gus Sozu Ketua Kopi Jabar  Komunitas Pesantren Kyai & Nyai Jawa Barat  For Ganjar Mahfud Presiden wakil presiden 2024  menghadiri Acara Silaturahmi Kebangsaan & Doa Bersama Untuk Kemenangan Pasangan Ganjar Pranowo & Mahfud Md satu putaran di Ponpes Al Bayan Cangkuang Kecamatan Babakan Kab Cirebon. 

Gus Sozu dalam Kesempatan tersebut Mengajak Jamaah & Masyarakat Sekitarnya untuk ikut serta mendukung dan menjaga konduktifitas daerahnya untuk saling menghormati perbedaan dalam pemilihan terhadap Capres yg di pilih  hususnya para Tim Sukses, Relawan , Muhibbin Ganjar Mahfud untuk tetap Semangat  bergerak dan berdakwah serta mengajak keluarga saudara teman dengan Ahlakul Karimah bukan dengan tindakan ajakan yang tidak simpati  apa lagi dengan penekanan-penekanan.  

Gus Sozu juga mengatakan Kopi Jabar For Ganjar Mahfud  pada malam Jum'at Kliwon tgl 18 Januari 2024 bersenergi dengan TPD Ganjar Mah Fud Jawa Barat secara  Serentak mengadakan Doa Bersama Untuk Kemenangan Ganjar Mahfud di 45 titik  Se Ciayumajakuning.  

"Kami Yaqin dengan digelarnya Doa Bersama Para Kyai Nyai pengasuh Ponpes Majlis Taklim dengan Masyarakat di Jawa Barat  Ganjar Mahfud akan Menang Satu Putaran hususnya di Jawa Barat dan di daerah2 Jawa & Sumatra  pada Umumnya" tuturnya.
Kiyai karismatik ini berharap kepada Masyarakat untuk menyatukan visi misi demi Indonesia yang semakin baik.

"Semua Calon presiden atau wakil pasti memiliki program yang mengutamakan kepentingan Rakyat, namun dengan hadirnya sosok Ganjar-Mahfud diharapkan keyakinan itu semakin nyata, tentunya dengan ijin Allah, semoga harapan untuk melakukan perubahan ini bisa terwujud melalui hadirnya Ganjar-Mahfud" pungkasnya.(1c)

17 Jan 2024

97 Warga Mertapadawetan proleh Sertifikat murah

INDOMEDIANEWS- Warga Desa Mertapadawetan, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, kembali mendapatkan program PTSL ( Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap ) tahun anggaran 2023.
Bertempat di Aula Kantor setempat, sebanyak 97 Bidang program PTSL dibagikan kepada 97 Warga untuk mendapatkan hak legalitas tanah kepemikikan atau sertifikat murah dari program pemerintah pusat.

Hadir dalam acara pembagian sertifikat tersebut Kuwu mantan ( Sumarno) pihak kecamatan, BPN dan Kuwu baru Mertapadawetan, H.Moh Munif.

Dalam pemaparannya, Kuwu Munif, berterimaksih kepada pihak Pemerintah dengan adanya program PTSL.

"Kami mengucapkan terimakasih dengan adanya program PTSL, karena bukan saja mempermudah warga untuk memperoleh sertifikat tanah, juga terbantu dengan nominal atau biaya murah dalam pengurusannya, karena kalau mengurus sendiri tentunya biayanya tidak murah, oleh karenanya program PTSL ini sangat membantu warga, karena proses pembuatannya dilaksanakan sebelum saya menjadi Kuwu, maka dalam penyerahan sertifikat ini dihadiri oleh Kuwu mantan ( Sumarno-red) inipun tentunya dapat berjalan baik atas jasa beliau juga " tuturnya, Rabu, 17/01/2024.

Sementara itu, mantan Kuwu Sumarno berharap dengan adanya program PTSL ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh Masyarakat.

"Data kepemilikan tanah ini sangat perlu, tentunya dengan adanya Program PTSL sangat bermanfaat bagi warga, hal ini merupakan kepedulian Pemerintah terhadap Masyarakat, harapan kami agar Sertifikat tanah ini dapat dipergunakan sebaik mungkin, InsyaAllah dibawah kepemimpinan pak Kuwu Munif, program PTSL ini akan berlanjut, tentunya disesuaikan dengan program pemerintah pusat" jelas Sumarno. (1c)

16 Jan 2024

Pemdes Cipeujeuh Kulon " Maksimalkan Siaga Desa "

INDOMEDIANEWS - Pemerintah Desa Cipeujeuhkulon Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon, realisasikan pengadaan mobil siaga desa.

Kuwu Desa Cipejeuhkulon, H Lili Mashuri menuturkan, mobil siaga desa sangat diperlukan guna berbagai keperluan masyarakat. Salah satunya, mengantarkan orang yang sakit. 

"Alhamdulillah, tahun ini realisasi pengadaan mobil siaga desa dari Dana Desa (DD), sehingga pelayanan kesehatan untuk mengantar warga yang sakit lebih maksimal," katanya, Senin 15/1/2024.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, pihak desa tidak hanya memberikan pelayanan administrasi kependudukan pada masyarakat, namun bidang kesehatan seperti mengantarkan yang sakit ke rumah sakit atau dokter. 

"Dengan adanya mobil siaga desa ini sangat dirasakan manfaatnya bagi warga yang membutuhkan, maka kami menghimbau pada seluruh masyarakat, untuk menjaga dan merawat mobil tersebut," pintanya.

Masih dikatakan H.Lili, dalam melaksanakan program desa, khususnya bidang kesehatan sangat diperlukan kerjasama yang baik dari seluruh pihak, termasuk warga itu sendiri. 

"Apalah artinya jika desa telah berupaya maksimal untuk mencegah berbagai penyakit, tanpa adanya peran serta masyarakat. Maka, menjaga kebersihan lingkungan sangat diperlukan untuk mencegah penyakit," ujarnya.

Dirinya mengucapkan terima kasih pada seluruh pihak yang telah berperan aktif dalam membangun desa dan kader Posyandu dan seluruh elemen masyarakat, yang turut berperan dalam bidang kesehatan masyarakat. 

"Mari kita bersama menjaga kesehatan pribadi dan lingkungan,hususnya membiasakan hidup sehat sangat diperlukan guna menunjang berbagai program" pungkasnya (1c)

15 Jan 2024

Sertu Amin " Komunikasi itu perlu"

INDOMEDIANEWS - Dekat dengan masyarakat dan membangun informasi melalui kegiatan sambang warga, menjadi kegiatan rutin Anggota Babinsa Koramil Sindanglaut, Kabupaten Cirebon, Sertu Amin Kartubi.yang bertugas di Desa Leuwidinding, Kecamatan Lemahabang.

Informasi dan kerjasama dengan Masyarakat dari berbagai kalangan merupakan sesuatu yang sangat berarti, hal tersebut dituturkan kepada IM ditengah rutinitasnya sebagai seorang anggota Babinsa, Senin, 15/01/2024.

"Menggali informasi maupun memberikan informasi kepada Masyarakat sangatlah diperlukan, dalam setiap kunjungan, kami selalu menanyakan bagaimana keadaan desa, baik dari segi keamanan hingga persoalan lainnya, termasuk kesehatan warga dan rutinitas yang dilakukan warga, apakah ada kendala atau tidak" jelasnya saat berkunjung di kediaman Yana, Warga dusun 1 Blok hulu dayeuh.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, bahwa peran Babinsa tidak semata hadir saat di desa ada acara.

"Kami terus melakukan pembinaan terhadap warga Masyarakat, karena dengan adanya kenyamanan yang dirasakan warga, maka menciptakan pemerintahan desa yang damai dan terus terjaga iklim yang kondusif, dengan menyambangi warga kami bisa mengetahui jika ada persoalan, baik secara pribadi maupun yang bersifat lainnya, intinya kami ingin kedekatan Rakyat dan TNI terus terjaga demi keutuhan NKRI" pungkasnya. (1c)

13 Jan 2024

Ketua Kopi Jabar " Do'a untuk kemenangan Ganjar-Mahfud"

INDOMEDIANEWS - Ketua Kopi Jabar (Komunitas Pesantren Kyai & Nyai Jawa Barat) Gus Sozu mengadakan Pertemuan Silaturahmi dengan Para Pimpinan pinpes & Majelis Taklim Se - Ciayumajakuning yang dihadiri oleh Kang  Ono Ketua  TPD Ganjar mahfud Jawa barat dan Bupati Imron sebagai TPD Ganjar Mahfud Kab Cirebon Jumat siang 12 Januari 2024 bertempat di Ruangan Autorium Hotel Apita Tower. 

Dalam pertemuan tersebut Gus Sozu Selaku Ketua Kopi Jabar  mengajak para kyai Nyai untuk menyatuan Visi misi  Satukan Tekad ,satukan langkah, satukan pilihan  untuk tetap berdakwah mengajak ummat  memilih Ganjar Mahfud sehingga menang satu putaran. 

"karena dengan kebersamaan akan membuat kita kuat dan menang, ada pepatah yg mengatakan Kejahatan yg terorganisir akan mengalahkan kebaikan yang tidak terorganisir maka itu kita harus bersatu padu untuk bergerak berdakwah mengajak Ummat untuk memilih Ganjar Mahfud dalam TPS ( tempat pemungutan suara ) nanti pada tgl 14 Pebruari 2024  dan dalam silaturahmi tersebut menghasilkan kesepakatan para Pimpinan Ponpes dan Majelis Taklim akan mengadakan pengajian & Doa bersama untuk kemenangan Gama satu putaran di 50 Titik se -ciayu majakuning Secara Serenrak pada malam jumat kliwon nanti" jelas KH. Soleh Zuhdi yang akrab disapa Gus Sozu (1c)

12 Jan 2024

Teradisi Kuwu dan kekuatan SK

Penulis : R.Agus.S

Pasca pilwu persoalan belum selesai, bukan saja dampak kekecewaan lawan politik, namun persoalan yang seolah menjadi keniscayaan dan pasti hadir di setiap usai pilwu adalah fenomena pergantian perangkat desa yang tidak tercantum dalam sebuah aturan namun lebih kuat dari sebuah aturan yang tertulis.
Mirisnya, pergantian perangkat desa adalah kewenangan atau hak preogratif seorang kuwu, namun nyatanya hak yang dimiliki tersebut tidak sepenuhnya menjadi hak, karena pada kenyataannya jika kuwu ingin memberhentikan perangkat desa harus memenuhi beberapa syarat, hingga akhirnya tiap kali pesta kuwu usai dan terjadi wacana pergantian perangkatnya hampir dipastikan akan menimbulkan persoalan yang terjadi di setiap pergantian kepemimpinan.
Dampak dari tradisi yang tidak tertulis ini menimbulkan sesuatu yang bermuara pada rupiah ( perangkat yang diganti menuntut pangarem atau uang kadedeh) yang nilainya sangat berpariasi.
Tidak berhenti sampai disitu, perangkat penggantipun akhirnya dituntut untuk menyediakan Rupiah yang nilainyapun sangat berpariasi.
Inilah realita yang terjadi karena adanya aturan yang tidak melihat terhadap dampak dari aturan itu sendiri. Andai saja aturan tentang Hak Kuwu dan Hak perangkat yang bersangkutan dengan masa berlaku SK ( Surat Keputusan ) dapat dikaji dan dirubah dengan bijak, persoalan kelasik tersebut tidak akan hadir dalam setiap pilwu.
Sangat sesuai atau pas jika masa berlaku Sk Perangkat desa berlaku dan disesuaikan dengan masa bakti Kuwu, dalam artian, jika masa bakti Kuwu 5 Tahun, maka SK perangkat pun berlaku hanya 5 tahun. 
Andai saja ketentuannya seperti itu, maka dengan sendirinya dengan kuwu baru maka SK pun akan baru, jika perangkat yang masa baktinya telah selesai dan akan diangkat kembali, maka kuwu akan mengeluarkan SK baru.
Yang membuat persoalan terkesan bobodoran adalah SK Perangkat dikeluarkan oleh Kuwu, namun seolah kekuatannya lebih kuat dari kekuatan kuwu itu sendiri, faktanya, walaupun sudah terjadi pergantian Kuwu, seolah Perangkat yang akan diganti menolak dengan dalih pemberhentian harus memenuhi berbagai tahap, jika ini tetap dibiarkan, maka permainan jual beli jabatan melalui topeng pergantian akan terus terjadi, yang sedihnya lagi ini dianggap sebuah teradisi dan dipertahankan sebagai simbul keunikan pilwu.Wallahualam.

Pemdes Karangwareng canangkan program 100 hari kerja

INDOMEDIANEWS - Progran seratus hari kerja diperioritaskan untuk penyediaan Pamsimas dan saluran irigasi pengairan sawah sebagai upaya peningkatan usaha tani.
Hal tersebut disampaikan Kuwu baru Desa Karangwareng, Kecamatan karang wareng, Kabupaten Cirebon,Yuherdi, Kamis 11/01/2024.

"Program seratus hari kerja kami perioritaskan untuk memberikan peningkatan pelayanan terhadap warga Masyarakat, diantaranya penyediaan Pamsimas dan irigasi pesawahan, ini sangat penting terlebih disaat musim penghujan mulai tiba" tuturnya

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, ada beberapa program yang akan dilaksanakan demi menunjang pelayanan prima terhadap warga Masyarakat.

"Kami mengharapkan dalam pemerintahan transisi akan menghasilkan sesuatu yang terbaik, salah satunya adalah adanya rotasi atau alih tugas perangkat desa, dengan adanya rotasi tersebut tentunya akan berdampak pada sebuah perubahan hususnya dalam peningkatan pelayanan maupun kinerja sesuai tupoksi yang diemban, semoga langkah ini akan menjadikan Desa karangwareng sebuah desa yang tertata baik dan bisa menjadi percontohan bagi desa lainnya, yang pasti kami perlu bimbingan dari berbagai pihak, termasuk toga maupun tokoh Masyarakat dan unsur lainnya" pungkasnya. (1c))

Kuwu Baru Mertapadawetan Moh. Munif terus berbenah

INDOMEDIANEWS - Pemerintahan baru Desa Mertapadawetan, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon terus berbenah.
Salah satu upaya yang tengah dilaksanakan adalah penerangan jalan umum dan peningkatan lingkungan bersih dan asri.
Hal ini disampaikan kuwu Mertaoadawetan Moh. Munif disaat pelaksanaan Jum'at bersih di lingkungan desa setempat, Jum'at 12/01/2024.

"Saat ini kami tengan melaksanakan berbagai program desa, diantaranya penebangan pohon sekaligus penataan, dan pemasangan lampu penerangan di beberapa titik, ini dilaksanakan semata demi mewujidkan desa mertapadawetan yang nyaman dan asri" tuturnya.

Lebih lanjut Munif menuturkan harapannya agar kedepannya desa mertapadawetan mampu berubah pesat ke arah yang lebih baik lagi.

"Selain penataan lingkungan, beberapa hal lainnya yang tengah ditata adalah penertiban administrasi dan tata kelola pemerintahan, baik itu aset desa maupun hal lainnya, termasuk data bes, ini sangat perlu karena dalam.setiap langkah harus berdasarkan data bes yang falid, agar program yang kami galakan tepat sasaran, semoga apa yang kami lakukan ini mendapat respon dan dukungan dari semua pihak, intinya kami ingin menciptakan pemerintahan desa yang profesional dengan dukungan sumber daya Manusia yang memadai" pungkasnya ( 1c)

11 Jan 2024

Pemkab Cirebon Serahkan Berkas Usulan Calon Pahlawan Nasional KH. Abbas Abdul Jamil

INDOMEDIANEWS  -- Pemerintah Kabupaten Cirebon menyerahkan berkas usulan Calon Pahlawan Nasional (CPN) KH. Abbas Abdul Jamil kepada Tim Peneliti Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Provinsi Jawa Barat.

Penyerahan berkas usulan CPN tersebut dilakukan langsung TP2GD Kabupaten Cirebon. Tampak hadir pula Sekretariat TP2GD Kabupaten Cirebon, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Cirebon, Dra. Indra Fitriani, MM, serta Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Cirebon, Iik Ahmad Rifa'i, di Ruang Malabar, Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat, Selasa (9/1/2024).

Penyerahan berkas usulan Calon Pahlawan Nasional KH. Abbas Abdul Jamil merupakan tahapan akhir dari rangkaian proses pengusulan yang sudah dilakukan oleh Sekretariat TP2GD Kabupaten Cirebon.

Sebelumnya, pada bulan November 2023, Pemkab Cirebon telah melakukan Seminar Nasional terkait pengusulan KH. Abbas Abdul Jamil sebagai Calon Pahlawan Nasional.

Perlu diketahui, KH. Abbas Abdul Jamil atau lebih dikenal dengan Kyai Abbas Buntet, adalah seorang ulama yang berasal dari Buntet-Cirebon, yang merupakan tokoh penting dalam Pertempuran 10 November 1945 dan dikenal dengan "Sang Macan dari Barat".

Ia juga merupakan salah satu tokoh yang tak henti melakukan seruan jihad dan perjuangan dalam membela bangsa, membentuk kader sampai kemerdekaan Indonesia.

Karena itulah, Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag merekomendasikan KH. Abbas Abdul Jamil sebagai Calon Pahlawan Nasional. (1c)

9 Jan 2024

FKDC Desak DPRD Sah-kan Perda Disabilitas

INDOMEDIANEWS - Forum Komunikasi Disabilitas Cirebon (FKDC) Kabupaten Cirebon mendesak DPRD segera mengesahkan Peraturan Daerah (Perda) disabilitas. Mengingat, masih minimnya perhatian pemerintah pada seluruh para disabilitas. Demikian dikatakan Ketua Forum Komunikasi Disabilitas Cirebon (FKDC) Kabupaten Cirebon, Abdul Muzib.

 "Belum adanya Perda bagi disabilitas, berdampak kurang baik pada yang bersangkutan. Misalnya, masyarakat terkesan acuh dan masih minimnya akses bagi disabilitas di tempat publik," katanya, Senin 8/1/2024.

Pria yang biasa dipanggil Mujib ini menjelaskan, sebagai manusia tentunya ingin diperlakukan seperti pada umumnya. Akan tetapi yang terjadi, seakan minim sarana dan prasarana penunjang bagi para disabilitas. Antara lain, di tempat pelayanan pubik di tingkat desa, kecamatan maupun tempat lainnya. 

"Hanya sebagian kecil saja yang menyediakan tempat khusus bagi disabilitas. Padahal, dalam Undang-undang sudah ada aturan bagi para disabiltas. Maka dengan adanya Perda, akan lebih memaksimalkan sarana dan prasarana bagi para disabilitas," tegasnya.

Masih dikatakan Mujib, para disabiltas yang ada di Kabupaten Cirebon seakan minim perhatian dari pemerintah, bahkan perusahaan enggan untuk menerima kaum disabilitas sebagai pekerja. Padahal dalam UU, sudah mengatur adanya kesamaan derajat.

 "Informasinya, draft atau rancangan Perda disabilitas sudah ada, tinggal ketok palu lalu dibuatkan Perbup. Kemudian disosialisasikan pada dinas dan masyarakat, mengenai aturan tersebut," ujarnya.

Mujib menceritakan, selama ini kaum disabilitas merasa kesulitan untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Contohnya, mendapatkan pekerjaan. "Hanya sebagian kecil saja perusahaan dan dinas yang menerima kaum disabilitas menjadi pegawai. Sehingga, kami mendesak DPRD segera mengesahkan Perda disabilitas dan jangan lupa untuk mencantumkan sanksi bagi yang melanggar aturan tersebut," pintanya.

Dirinya mengharapkan, para anggota DPRD sebelum habis masa jabatan untuk mengesahkan Perda tersebut. "Sekitar satu tahun, Perda tersebut belum disah-kan. Padahal kami membutuhkan perhatian serius dari para pemangku jabatan," pungkas Mujib. (1c)

Kali kedua Subandi pimpin Kuwu Kec Astanajapura

INDOMEDIANEWS - Secara aklamasi, Kuwu Desa Kanci kulon Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon, Subandi, kembali terpilih menjadi ketua Forum Komunikasi Kuwu Cirebon (FKKC) kecamatan setempat. 

Acara pemilihan yang dihadiri para kuwu se-Kecamatan Astanajapura, mempercayakan kembali, Subandi, untuk memimpin wadah komunikasi kuwu di kecamatan setempat.

Menurut Subandi, pemilihan ketua FKKC kecamatan ini sebagai upaya demokrasi untuk memberikan kesempatan pada kuwu lain yang ingin menjadi ketua. Terlebih, bagi kuwu yang baru dilantik Desember lalu. 

"Alhamdulillah, para kuwu mempercayakan saya kembali untuk menjadi ketua," katanya, usai acara, Senin , 8/1/2024.

Kuwu Desa Kanci kulon ini menjelaskan, dalam melaksanakan roda organisasi tak lepas dari peran para kuwu yang ada di kecamatan ini, sehingga program kerja organisasi terlaksana dengan baik. 

"Tentunya sinergitas dari para kuwu dalam memajukan organisasi sangat diperlukan, agar apapun yang menjadi tujuan organisasi tercapai sesuai rencana," tuturnya.

Lebih lanjut dirinya  menambahkan, dalam kepemimpinan periode kedua ini, tentunya akan lebih maksimal dalam roda organisasi. Salah satunya realisasikan keinginan para kuwu untuk disampaikan ke tingkat kabupaten. 

"Aspirasi kuwu yang kami tampung, akan disampaikan ke tingkat kabupaten. Khususnya penghasilan tetap (siltap) yang harus tepat waktu, karena sudah menjadi kebiasaan, setiap awal tahun hingga Maret, siltap tak kunjung cair " imbuhnya.

Dirinya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan para kuwu yang memilih kembali, untuk menjadi ketua FKKC kecamatan.

 "Mari bersatu untuk menjadikan kecamatan lebih maju dengan membangun desa masing-masing," pungkasnya (1c)

4 Jan 2024

Kampanye terbuka diisi dengan Senam Aerobik

INDOMEDIANEWS -Kampanye terbuka dilapangan Ampera Desa Lemahabang kulon, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, diikuti ratusan simpatisan PDI Perjuangan, Kamis, 04/01/2023.

Acara tersebut merupakan ajang kampanye terbuka bagi kemenangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD sebagai Calon Presiden dan wakil presiden Indonesia yang diusung penuh oleh PDI Perjuangan, hususnya Caleg DPRD Provinsi Jawa Barat Dapil Kota/Kabupaten Cirebon, Indramayu, Dewi Purnamasari dan Caleg DPRD Kabupaten Cirebon Dapil 6, Tinah.

Usai kampanye terbuka yang menghadirkan acara senam aerobik dan diikuti hampir mayoritas kaum perempuan tersebut , Caleg DPRD Jawa Barat, Dewi Purnamasari, mengharapkan agar Ganjar-Mahfud terpilih jadi Presiden dan wakil presiden RI.

"14 Februari seluruh Rakyat Indonesia melaksanakan pesta Demokrasi atau pemilihan umum untuk Prediden maupun Legislatif, harapan kami tentunya bpk Ganjar Pranowo dan Mahfud MD bisa terpilih menjadi Presiden dan wakil presiden RI, karena menurut kami sosok Ganjar sosok yang telah teruji dan berpengalaman sebagai seorang Gubernur Jawa-tengah, beliau berhasil memimpin Jawa Tengah dengan baik, sementara Pak Mahfud adalah sosok yang dikenal tegas terlebih dalam hal yang bersinggungan dengan korupsi, jadi bagi kami sudah saatnya kita memilih pemimpin yang memang pantas untuk memimpin Indonesia, yaitu pasangan  Ganjar Pranowo-Mahfud MD" tuturnya.

Sementara itu, Caleg DPRD Kabupaten Cirebon dari PDI Perjuangan daerah pemilihan 6 Nomor urut 6, tinah, mengajak semua pihak untuk menentukan hak pilihnya di tanggal 14 Februari 2024.

"Saya mengajak semua warga Masyarakat untuk menentukan hak pilihnya, jangan golput, selain itu jangan lupa berikan hak pilih bagi caleg yang memang sudah dikenal, intinya mari gunakan hak pilih dengan baik, saya mengharap doa juga dukungan dari seluruh warga Masyarakat daerah pemilihan 6, agar keinginan kami untuk duduk sebagai wakil rakyat bisa tercapai, tentunya niatan kami adalah untuk membangun Negeri agar lebih baik dari yang sudah baik" jelasnya (1)

3 Jan 2024

Sertijab Kuwu Astanajapura " Hati-hati gunakan anggaran"

INDOMEDIANEWS - Pelaksanaan serah terima jabatan kuwu Astanajapura, Kecamatan Atanajapura, Kabupaten Cirebon diisi dengan wejangan terkait penggunaan anggaran yang kerap membuat seorang kuwu terjerumus ke persoalan hukum.
Hal ini disampaikan Kasi Pemerintahan Kecamatan Astanajapura, Sahrir, saat pelaksanaan sertijab di Aula Kantor Kuwu Astanajapura, Rabu , 03/01/2023.

"Kami menghimbau kepada para kuwu atau pemdes untuk berhati-hati dalam menggunakan anggaran yang diterima, baik Banprop ataupun lainnya, termasuk pemanfaatan Aset desa yang masuk dalam PAD, jangan sampai anggaran yang seharusnya dimanfaatkan untuk kepentingan umum malah disalahgunakan untuk sesuatu yang sifatnya pribadi, oleh karenanya perlu peran maksimal dari BPD maupun Masyarakat untuk secara bersama-sama melakukan pengawasan demi pemerintahan desa yang bersih dan terhindar dari persoalan hukum" tuturnya.

Sementara itu, Kuwu Astanajapura yang baru dilantik dan diambil sumpah beberapa hari sebelumnya, Jaelani, mengucapkan terimakasih atas kepercayaan warga Masyarakat yang memberikan amanah pada dirinya.

"Ucapan terimakasih kepada seluruh warga Masyarakat Astanajapura atas kepercayaan yang diberikan, insyaAllah kami akan menjaga amanah tersebut dengan niat membangun Astanajapura lebih baik dari yang sudah baik, harapan saya sebagai kuwu baru adalah adanya bimbingan dan masukan dari semua pihak, kritik dan saran sangat berarti bagi kami dalam upaya mewujudkan harapan masyarakat, yang terpenting adalah mari kita bersama-sama mempunya niat baik untuk membangun desa" jelasnya.

Dalam acara serah terima jabatan tersebut, kuwu sebelumnya ( Fathurokhman ) tidak dapat hadir karena sesuatu hal, dan sekretaris desa setempat sebagai pengganti yang mewakili kuwu terdahulu. ( 1 )

Gapura Tradisional Alun-alun Pataraksa Senilai Ratusan Juta Ambruk

INDOMEDIANEWS  -- Usai diguyur hujan dengan intensitas sedang, gapura tradisional di Alun-alun Pataraksa ambruk pada Selasa malam (2/1/2024). 

Paginya, Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag langsung inspeksi mendadak (sidak) ke lokasi kejadian, Rabu (3/1/2024). 

Bupati Imron mengaku kecewa dengan hasil pembangunan Alun-alun Pataraksa, yang tepat berada di depan Kantor Bupati Cirebon dan Kantor DPRD Kabupaten Cirebon.

"Jelas kecewa, pekerjaannya asal-asalan. Saya minta dinas terkait untuk mengevaluasinya," tukas Imron.

Ia meminta kepada penyedia atau kontraktor untuk membangun ulang gapura tradisional yang ambruk. "Harus dibangun ulang. Bila perlu, yang ambruk satu gapura, tapi saya minta kedua gapura dibangun ulang," pintanya. 

Sementara, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cirebon, Iwan Ridwan Hardiawan, S.Sos., M.Si mengatakan, terkait ambruknya gapura tersebut, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pengawas kegiatan.

Iwan mengaku, selama ini laporan dari pengawas kegiatan melaporkan bahwa pekerjaan sudah sesuai dengan spek yang sudah direncanakan.

"Karena ini masih masa pemeliharaan sampai tanggal 27 April 2024, saya minta penyedia atau kontraktor untuk segera bertanggungjawab terkait kerusakan ini," kata Iwan.

Tentunya, lanjut Iwan, pihaknya akan melakukan evaluasi total terkait ambruknya gapura tradisional yang ada di Alun-alun Pataraksa. 

"Saya minta kepada penyedia untuk mengganti semua gapura tradisionalnya. Dibangun dari awal dan harus sesuai dengan gambar awal," lanjutnya.

Hasil rapat dengan konsultan serta pelaksana, Iwan menambahkan, pihak pelaksana, yaitu PT. Caesar Utama Karya, sanggup dan bertanggungjawab untuk membangun kembali gapura yang ambruk. 

Kedua, pihak konsultan pengawas sanggup mengawasi pelaksanaan pembangunan kembali gapura, tanpa ada biaya pengawasan dari Pemda.

"Ketiga, hasil analisa terhadap kejadian rubuhnya gapura, dimungkinkan karena ada pergerakan batu dalam gapura, yang mengakibatkan masuknya air ke dalam gapura. Pergerakan tersebut menyebabkan batu mendorong dinding bata," jelas Iwan.

Ia menambahkan, pembangunan Alun-alun Pataraksa ini telah menelan anggaran Rp15,7 miliar lebih, yang bersumber dari Bantuan Keuangan Provinsi Jawa Barat. 

Tahap pertama, kata Iwan, tahun 2021 Rp11,6 miliar, kemudian dilanjutkan tahap kedua pada tahun 2023 dengan anggaran Rp4,1 miliar.

"Yang tahap pertama adalah pekerjaan konstruksi, dan tahap kedua untuk pekerjaan finishing. Termasuk gapura tradisional yang saat ini ambruk senilai Rp226 juta, dan gapura modern yang terletak di depan pintu masuk Alun-alun Pataraksa," tambahnya. (1c)

Kuwu Mertapadawetan "Sertijab langkah awal sebuah perubahan"

INDOMEDIANEWS - Serah terima jabatan kuwu Desa Mertapadawetan , Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon,penuh hikmad dalam balutan kesederhanaan tanpa mengurangi makna yang terkandung didalamnya.
Hadir dalam acara yang digelar di Aula kantor desa setempat, Sekmat Astanajapura beserta jajaran, unsur TNI/Polri dan elemen lainnya.

Dalam sambutannya, Kuwu baru desa mertapadawetan, Moh.Munif.AR mengharapkan adanya peningkatan desa melalui kinerja seluruh jajarannya sesuai tupoksi yang diemban.

"Mertapadawetan ini merupakan sebuah desa mandiri, dimana sudah sepatutnya kinerja jajaran atau perangkat desa dalam memberikan pelayanan harus maksimal, oleh karenanya, kami sangat mengharapkan adanya perubahan yang signifikan, hususnya sumber daya manusia yang mumpuni wajib dimiliki guna membangun desa kearah yang lebih baik , InsyaAllah dengan adanya dukungan dan kerjasama yang soliid, mampu menjadikan desa mertapadawetan sebuah desa yang benar-benar dapat membanggakan, intinya mari nembangun desa secara bersama-sama dengan tetap mengedepankan kepentingan Masyarakat diatas segalanya" tuturnya. Rabu,03/01/2023.

Munif menghimbau kepada semua pihak untuk melupakan perbedaan.

"Saatnya melupakan perbedaan dan kembali merajut tali silaturahmi antara kita, jika ada persoalan dibicarakan bersama-sama dan mencari solusi yang terbaik, tidak lupa saya ucapkan terimaksih kepada kuwu yang terdahulu (Sumarno) atas kinerja dan dedikasinya dalam membangun Desa" tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Kecamatan Astanajapura, Deni Syafrudin, berharap adanya sinergitas antar lembaga dan Kuwu.

"BPD dan Kuwu juga lembaga lainnya harus selalu bersinergi dalam bersama membangun desa, tanpa adanya dukungan dan kerjasama akan sulit membangun Desa, namun kami yakin untuk mertapada wetan ini semuanya memiliki keinginan yang sama untuk membangun desa ke arah yang lebih baik, kami berharap selalu lakukan koordinasi dengan muspika jika terdapat sesuatu yang kurang dimengerti, intinya mari jalin komunikasi yang baik demi kebaikan bersama" jelasnya. (1c)

2 Jan 2024

Tanpa dihadiri Kuwu lama " Sertijab Kuwu Japura lor tetap dilaksanakan"

INDOMEDIANEWS - Sempat terhenti acara sertijab kuwu Desa Japura lor, Kecamatan Pangenan, Kabupaten Cirebon, dikarenakan inventaris desa ada yang belum lengkap.

Dirasa ada yang kurang, warga yang berkumpul di Aula kantor Desa setempat meminta agar yang belum lengkap segera dilengkapi, milik desa yang belum diserahkan kepada pemerintahan baru diantaranya adalah kunci GOR ( gedung olah raga-red)
Beruntung, Camat Pangenan, Bambang.S yang hadir dalam acara tersebut segera mengutus perangkat desa setempat untuk mengambil kunci GOR, setelah semuanya beres akhirnya acara sertijab kembali berlanjut walau tanpa dihadiri oleh Kuwu lama ( Mulyadi-red) yang diwakili oleh sekretaris desa setempat ( Muksin)

Saat dikonfirmasi ketidak hadiran Kuwu lama ( Mulyadi) dan adanya aset desa atau inventaris yang belum lengkap, dirinya menuturkan bahwa semuanya sudah beres.

"Sebetulnya kuwu lama di undang untuk hadir dalam acara sertijab, namun yang bersangkutan tidak hadir jadi diwakilkan kepada Sekdes ( Muksin) memang sebelumnya ada inventaris desa yang belum diserahkan dari kuwu yang lama ( Mulyadi )  kepada kuwu yang baru ( Gufron) namun Alkhamdulillah setelah kami menugaskan kepada salah seorang perangkat desa untuk mengambil kunci GOR yang sebelumnya tidak ada, sekarang semua inventaris desa dirasa sudah lengkap dan acara sertijab dapat berjalan dengan baik walau tanpa dihadiri oleh Kuwu lama " tuturnya, Selasa, 02/01/2023.

Sementara itu, Kuwu baru Desa japura lor, Gufron, sangat berharap kepada seluruh warga Masyarakat untuk tetap mengedepankan persatuan dan kesatuan tanpa harus terjadi intrik yang berkepanjangan.

"Saat ini sudah tidak ada kubu A atau B, semuanya warga Japura lor, sebelumnya memang mungkin terjadi perbedaan dalam memilih, namun semuanya sudah berahir, saatnya kita kembali merajut tali persaudaraan sesama kita, jadikan perbedaan sebuah pembekalan untuk mendidik kita agar lebih dewasa dan mampu berbuat yang lebih baik, saya sebagai Kuwu baru perlu adanya bimbingan dari semua unsur, baik Masyarakat, Lembaga Desa , Mispika dan lainnya, insyaAllah saya akan berusaha semampu dan sekuat tenaga untuk memberikan yang terbaik bagi warga dan Desa, oleh karenanya dukungan dari semua pihak sangat saya perlukan, jika ada yang salah tidak usah ragu untuk menegur saya" tuturnya.

Saat ditanya apakah akan ada pergantian perangkat Desa, Gufron menjawab diplomatis.

"Saat ini kami sedang melakukan Musyawarah, apakah ada yang harus diganti atau bagaimana, kita tunggu hasil dari Musyawarah" pungkasnya (1c)

Kuwu baru dan lama saling berjabat dalam acara sertijab Desa Wangkelang

INDOMEDIANEWS.Serah terima jabatan dari Kuwu lama Desa wangkelang Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon, H.E. Sudirman kepada Kuwu baru , Sakid dilaksanakan di Aula desa setempat, Selasa.02/01/2024.
Disaksikan Lembaga Desa dan tokoh Masyarakat setempat dan dihadiri Camat Lemahabang, Yuyun Kusumawati berjalan dengan amam dan penuh kekeluargaan.

Dalam sambutannya, kuwu purnabakti, H.E. Sudirman, mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan pilwu wangkelang.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh warga Masyarakat Desa Wangkelang yang telah mensukseskan pilwu serentak 2023, selain itu kami pun mengucapkan selamat kepada Kuwu terpilih Bapak Sakid, selamat bertugas dan membangun desa kearah yang lebih baik, kamipun mohon maaf kepada seluruh warga Masyatakat yang mungkin selama saya memimpin sebagai kuwu wangkelang banyak terdapat sesuatu yang kurang berkenan dan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan, semoga dibawah kepemimpinan Bapak Sakid wangkelang akan semakin berkembang dan lebih baik lagi dalam berbagai hal yang positif" tuturnya.

Sementara itu, Kuwu Sakid mengucapkan terimakasih atas kinerja dan dedikasi Kuwu Eman selama memimpin di Desa Wangkelang.

"Terimakasih atas dedikasi dan kinerja kuwu Eman selama memimpin desa wangkelang, saya akan berusaha melanjutkan program pembangunan desa yang belum terealisasi, InsyaAllah kami akan berusaha sebaik mungkin untuk memberikan yang terbaik bagi warga wangkelang, oleh karenanya kami berharap adanya sinergitas antara pemdes dan lembaga desa yang ada, saatnya membangun dan melupakan perbedaan, doakan agar kami mampu mengemban amanat dengan baik" jelasnya.

Camat Lemahabang yang hadir langsung dalam acara sertijab tersebut berharap adanya dukungan dari semua pihak terhadap kuwu yang baru

"Dari mulai lembaga desa maupun Masyarakat harus bersatu padu untuk membangun desa wanngkelang, sudah saatnya melupakan perbedaan dan kembali pererat silaturahmi agar wangkelang bisa lebih baik dan berkembang dari sebelumnya, kami yakin warga wangkelang mempunyai keinginan yang sama demi memajukan desa, jangan putus komunikasi dan tetap berkoordiasi dengan pihak terkait agar tidak terjadi mis dikemudian hari" jelas Camat Yuyun Kusumawati. Dalam acara tersebut hadir pula beberapa Kuwu termasuk ketua FKKC Lemahabang, Azis Maulana yang turut menyaksikan pelaksanaan acara sertijab Pemerintah Desa Wangkelang. (1c)

1 Jan 2024

Sambut Tahun Baru 2024 " Obyek Cikuya gelar Seni Tradisi " PK DKKC

INDOMEDIANEWS -Gebyar tahun baru, Obyek wisata konserpasi Cikuya, Desa Belawa,  kecamatan Lemahabang, gelar pertunjukan  seni tradisional yang di prakarsai PK DKCC ( pengurus kecamatan Dewan Kesenian Kabupaten Cirebon ) sewilayah Cirebon Timur.
Acara tersebut merupakan salah satu upaya untuk terus melestarikan seni budaya daerah sekaligus expos cikuya agar lebih dikenal halayak baik domestik maupun Nasional.

Hal tersebut disampaikan salah seorang pelaku seni sekaligus ketua sanggar saung gulinga, Sanu Mulyadi saat pelaksanaan pagelaran.

"Kami dari seniman yang tergabung dalam DKKC hususnya PK se Kabupaten Cirebon bagian timur , menggelar acara pagelaran seni tradisi ini merupakan upaya untuk terus mempertahankan tradisi daerah sekaligus agar tradisi daerah ini dikenal bahkan disukai oleh generasi muda, dengan adanya perkembangan jaman yang kian maju, tentunya para seniman daerah dituntut untuk mampu berkreasi dan terus berupaya agar seni budaya daerah ini tidak tergerus oleh perubahan jaman, selain dari itu pagelaran ini sekaligus dalam rangka menyambut tahun baru 2024, dengan perubahan tahun ini semoga banyak pihak hususnya pemerintah daerah semakin memberikan perhatian pada para pelaku seni, terlebih seni tradisional sepeeti degung, karawitan, reog dan lainnya" tuturnya, Senin, 01/01/2024.

Senada hal serupa disampaikan ketua pengelola obyek wisata cikuya, Eman, yang berharap agar cikuya semakin berkembang dan mampu menarik minat masyarakat untuk berkunjung di obyek kura-kura yang hanya satu-satunya di kabupaten Cirebon bahkan jawa barat.

"Kami sangat berterimakasih atas kepedulian para pelaku seni yang peduli dengan keberaan cikuya, kami mempunya mimpi untuk menjadikan obyek cikuya ini semakin gaung dan dikenal oleh berbagai kalangan, dan dalam upaya mewujudkan mimpi tersebut kami terus berupaya dan berkreasi dengan mengadakan berbagai kegiatan baik yang bersifat hiburan, edukasi maupun hal lainnya, InsyaAllah tahun ini harapan kami untuk membangun kolam renang dan menambah fasilitas bermain lainnya dapat terealisasi, dengan keinginan kami tersebut tentunya berharap banyak dukungan yang diberikan berbagai pihak baik Pemkab maupun Pemerintah propinsi Jawa Barat, semoga keingan kami ini bisa terwujud yang berdampak pada peningkatan perekonomian terlebih lagi para UMKM" harap Eman. (1c)

Sambut Tahun Baru 2024 " Kopi Jabar gelar Do'a bersama"

INDOMEDIANEWS -Dalam rangka menyambut tahun baru 2024, Ponpes Al-islah 2 Buntet, kecamatan Astanajapura, kabupaten Cirebon, menggelar acara doa bersama.
Acara tersebut selain untuk mendoakan seluruh Rakyat Indonesia, terhusus lagi untuk kemenangan Ganjar Pranowo-Mahmud MD sebagai Calon Presiden dan wakil Presiden Republik Indonesia.

Pimpinan Ponpes Al-islah 2 sekaligus ketua Kopi Jabar, KH Soleh Zuhdi, menuturkan bahwa doa bersama tersebut digelar serempak di 12 titik.

"Kami berdoa untuk kemenangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD agar tercapai tujuan sebagai Presiden dan wakil presiden RI , semoga beliau terpilih untuk memimpin di Republik ini, dengan doa bersama yang dilaksanakan secara serempak dan bertepatan juga dengan menyambut Tahun baru 2024, akan menghasilkan sesuatu yang terbaik dan menjadikan Republik ini semakin baik dibawah kepemimpinan Ganjar-Mahfud" tuturnya.

Lebih lanjut, Kiyai karismatik ini menjelaskan, bahwa acara yang digelar Kopi Jabar , selain untuk mendoakan untuk kemenangan Ganjar-Mahfud, tentunya untuk seluruh Rakyat Indonesia.

"Melalui Kopi Jabar ( Komunitas Pesantren Kiyai, Nyai dan Santri ) akan menghasilkan sesuatu yang terbaik atas ijin Allah, Alkhamdulillah, seluruh peserta yang hadir dalam acara doa bersama ini sangat antusias dan khusu dari awal hingga akhir, semoga ini merupakan langkah awal yang membuahkan hasil sesuai apa yang diharapkan, saya sebagai ketua Kopi jabar, mengajak kepada seluruh Rakyat Indonesia untuk menentukan hak pilihnya, sosok Ganjar-Mahfud merupakan pilihan terbaik menuju perubahan demi Republik, kita doakan semoga beliau diberikan kesehatan lahir batin, mampu mengemban amanat, dicintai Rakyat dan mencintai rakyat" pungkasnya.Minggu, 31/12/2023.

Acara yang digelar  di pendopo atau Aula Ponpes Al-Islah  tepat malam tahun baru tersebut tidak semata menggelar doa bersama namun mempererat tali silaturahmi antar sesama sekaligus ngobrol bareng untuk menyatukan visi demi kemenangan Ganjar-Mahfud.
Berikut tempat dimana acara Doa bersama serempak digelar.

1. Ponpes Al Ishlah 2 Buntet Kab Cirebon
2. Ponpes Annur Buntet pesantren/ Munjul Cirebon 
3. Majlis Taklim Al Karomah
Desa Luwung kec Mundu Kab Cirebon
4.Ponpes Rahmatul lil Alamin Babakan Ciwaringin 
5. Ponpes Balerante Kab Cirebon
6. Ponpes Al Maskaniah Gedongan
7. Ponpes Darul Ilmi Kalijaga Harja Mukti
 Kota Cirebon
8. PonPes *AL BAYYINAH*
KAMPUNG KESUNEAN TENGAH RT.001 RW.008 KEL.KESEPUHAN KEC.LEMAHWUNGKUK KOTA CIREBON.
9. PONDOK PESANTREN AL-HIKMAH 
JL. DODOG SENDANG KARANGAMPEL INDRAMAYU
10. Pondok pesantren Muammilin Muammilat jl habib keling kedokan gali tanjung sari karangampel indramayu pengasuh kh tolib mpdi
11.Majlis Dzikir  Al Awaliyah
Eretan Kulon Indramayu
12. Majlis Dzikir Manaqib Syeh Abdul Qodir Al jaelani Jengkok Kertasmaya Indramayu. (1c