20 Des 2023

Skill Contest Yamaha tingkat Jabar " lahirkan mekanik handal "

SMK Muhammadiyah Lemahabang Kabupaten Cirebon Tahun ini menjadi tuan rumah Lomba SMK Skill Contest tingkat Jawa Barat. Acara yang diikuti puluhan peserta dari berbagai kota se- Jawa Barat ini, bertujuan untuk mencari mekanik handal guna di tempatkan pada perusahaan motor ternama di Indonesia, hususnya yamaha.

Menurut perwakilan Yamaha, Kadek Suma Adnyana Putra, SMK Skill Contest yang diadakan ini secara rutin dilaksanakan setiap tahun dengan tujuan mencari mekanik handal untuk ditempatkan pada pabrik atau perusahaan motor. 

"Kali ini ada sekitar 18 peserta yang mengikuti kompetisi mekanik dan akan diambil 9 orang dari Grade A, B dan C, yang masing-masing grade tiga orang," tuturnya usai acara di sekolah setempat, Rabu 20/12/2023.

Senada hal tersebut disampaikan perwakilan Yamaha lainnya, Firmansyah. Peserta yang mengikuti kompetisi ini telah melalui tiga tahapan seleksi dan sekarang, babak final dari berbagai rangkaian Skill Contest. 

"Tahap pertama  bidang teori. Selanjutnya praktek, para peserta, harus mampu memberikan yang terbaik dalam bidang skill yang dimiliki. Maka yang memiliki skill terbaik yang akan menjadi pemenang dan besar kemungkinan ditempatkan pada perusahaan motor ternama," jelasnya.

Firmansyah menjelaskan, industri motor yang semakin pesat dengan berbagai inovasi,  diperlukan skill yang mumpuni bagi para mekanik maupun bidang lainnya, agar menjadi tantangan tersendiri untuk mampu menghadapinya. Sehingga dengan adanya kegiatan ini, mekanik dapat mengikuti perkembangan zaman. 

"Dengan adanya inovasi atau terobosan dalam bidang otomotif, khususnya sepeda motor akan mendongkrak penjualan dan konsumen merasa puas dengan kendaraan yang dipakai. Terlebih bila bengkel memiliki mekanik yang handal, tentu akan sangat berdampak baik bagi perusahaan itu sendiri," jelasnya.

Dirinya mengharapkan, peserta yang mengikuti skill contest untuk terus berinovasi dengan mengikuti perkembangan zaman. 

"Bagi yang beruntung, terus lakukan inovasi. Bagi yang belum beruntung, terus berlatih agar mampu berkompetisi di waktu akan datang, dan yang pasti bagi mereka yang berprestasi bisa menggapai harapannya hingga bekerja di luar Negeri, hususnya Asean" jelasnya

Sementara itu, Kepala SMK Muhammadiyah Lemahabang, Ruspandi mengucapkan terima kasih pada seluruh pihak, khususnya Yamaha, yang menjadikan sekolah ini sebagai tempat berlangsungnya skill contest se-Jawa Barat. 

"Dengan adanya skill contest ini, dapat memacu para siswa agar dapat bersaing dengan mekanik lain dan menjadi yang terbaik tingkat Jawa Barat hingga nasional," tuturnya didampingi Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Bidang Kesiswaan, Jimmy. Dipilihnya SMK Muhammadiyah sebagai tuan rumah karena dianggap fasikitas yang tersedia sudah sangat mencukupi bahkan bisa dibilang sempurna. (1c)

0 $type={blogger}: