26 Des 2023

PK DKKC Kabupaten Cirebon Dikukuhkan "budaya harus lestari"

INDOMEDIANEWS- Bupati Cirebon, H Imron mengukuhkan Pengurus Kecamatan Dewan Kesenian Kabupaten Cirebon (PK DKKC) periode 2023-2027. 
Acara tersebut dihadiri seluruh pengurus DKKC dan dinas terkait, berlangsung penuh khidmat.

Dalam sambutannya, Bupati Cirebon, H Imron mengatakan, kesenian dan kebudayaan yang ada di Kabupaten Cirebon sangat banyak, sehingga perlu adanya kiprah dari para seniman dan budayawan agar tetap lestari dan anak cucu kita mengetahui kesenian dan kebudayaan daerah. 

"Saya ingin kesenian dan kebudayaan yang ada di Kabupaten Cirebon semakin berkembang dan maju," tuturnya, Selasa 26/12/2023.

Lebih lanjut dirinya menuturkan, kesenian dan kebudayaan yang merupakan warisan nenek moyang harus tetap ada, melalui para seniman dan budayawan. 

"Bila perlu kerjasama dengan Pemkab dan kami siap memberikan arahan juga bimbingan, bilamana ada yang diperlukan. Agar kesenian dan kebudayaan Cirebon tidak punah tergerus perkembangan zaman " ujarnya.

Imron mengharapkan, seniman dan budayawan untuk terus mengikuti perkembangan zaman dengan melakukan inovasi kesenian dan kebudayaan yang ada, tanpa menghilangkan pakem (aturan) yang ada. 

"Bila tidak mengikuti perkembangan zaman, besar kemungkinan akan punah. Maka, perlu adanya inovasi dari para seniman dan budayawan agar tetap eksis dan lestari," tuturnya.

Sementara itu, Ketua DKKC Kabupaten Cirebon, H Sulama Hadi mengungkapkan, terbentuknya PK harus mampu membangkitkan kesenian dan kebudayaan daerah hingga terkenal di tingkat provinsi hingga nasional. 

"Sebagai kepanjangan tangan dari DKKC, PK dapat lakukan inventarisir seni dan budaya yang ada. Kemudian lakukan edukasi para generasi muda, agar tetap lestari," ungkapnya.

Sulama menjelaskan, tidak sedikit kesenian dan kebudayaan daerah yang hampir bahkan punah. Maka sebagai seniman juga budayawan harus mampu mempertahankan yang ada, agar tetap lestari. salah satunya dengan edukasi pada generasi muda dan melakukan inovasi. 

"Tugas kita sangat berat, namun dengan kerjasama yang baik akan sangat mudah. Termasuk support dari Pemkab sangat dibutuhkan, baik dalam bentuk pagelaran maupun kegiatan lainnya, yang tidak lain tujuan utamanya mempertahankan kesenian dan kebudayaan yang ada," jelasnya didampingi Sekretaris, Uuk Sukarna.

Sulama mengucapkan terima kasih pada Pemkab, khususnya bupati yang telah memperhatikan para seniman dan budayawan, hingga terlaksananya pengukuhan PK ini. 

"Diharapkan, Pemkab dapat mensupport DKKC agar dapat menyaingi Yogyakarta dan Solo yang lebih maju dalam bidang seni juga budaya," harapnya didampingi Bendahara, Hari Budiman alias Bang Jack. (1c)

0 $type={blogger}: