26 Nov 2023

Bebarik Kanci Kulon " warga berebut gunungan"

INDOMEDIANEWS- Berbagai cara dilakukan dalam mewujudkan rasa syukur kepada sang pencipta atas segala nikmat dan berkah.
salah satunya melalui pelaksanaan bebarik atau sedekah bumi yang digelar Pemerintah Desa Kanci kulon, kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon.
sedekah bumi atau bebarik merupakan kegiatan rutin tahunan, bukan semata ucapan syukur atas segala nikmat, namun merupakan upaya untuk melestarikan budaya adi luhung.
hal ini disampaikan kuwu Kanci kulon, subandi, usai acara puter desa.

"sebuah pelestarian budaya adi luhung harus tetap kita jaga, melalui bebarik atau sedekah bumi merupakan wujud rasa syukur atas segala nikmat dan berkah bagi seluruh warga Masyarakat, karena bebarik ini tidak semata peringatan tahunan namun yang lebih dalam hikmah dari bebarik adalah silaturahmi antar warga semakin terjalin, selain itu tentunya merupakan warisan bagi generasi muda agar tidak melupakan budaya dan tradisi walaupun jaman telah berubah" tuturnya. sabtu, 25/11/2023.

bebarik sendiri menurut Subandi diisi dengan berbagai kegiatan, diawali dengan tahlil bersama, arak-arakan, ditutup dengan pagelaran wayang purwa.

"tradisi pagelaran wayang purwa, arak-arakan hingga tahlil bersama merupakan kesatuan yang tidak dapat terlepaskan, termasuk didalamnya ada acara gunungan yang berisi hasil bumi, dari mulai buah-buahan hingga bermacam sayuran, dimana gunungan tersebut diiring keliling desa dan berahir di halaman kantor desa, setelah selesai diarak keliling desa dengan sepontan warga setempat berebut hasil tani yang ada digunungan tersebut, hal ini dipercaya akan menghasilkan berkah dengan berharap hasil tani berikutnya akan semakin melimpah, yang pasti melalui sedekah bumi ini tradisi lokal dan agama tidak dapat terpisahkan, dalam artian antara dunia dan akherat harus seimbang, semoga kedepannya kesejahteraan semakin baik yang tentunya atas ijin dan ridlo dari sang maha pencipta, Allah SWT" pungkasnya (1c)

0 $type={blogger}: