30 Nov 2023

Bupati Cirebon Buka Kejuaraan Tarung Derajat

INDOMEDIANEWS-- Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag membuka Kejuaraan Tarung Derajat Piala Bupati Cirebon 2023 di Convention Hall Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC) Watubelah, Kecamatan Sumber, Kamis (30/11/2023).

Dalam pembukaan tersebut, Imron menyebutkan bahwa kejuaraan itu bukan hanya sekadar kompetisi, melainkan suatu wadah kebersamaan dan persaudaraan keluarga besar Tarung Derajat di Jawa Barat.

“Melalui kegiatan ini, tidak hanya mengukur keunggulan atlet-atlet terbaik, tetapi juga memupuk semangat sportifitas, kejujuran, dan kebersamaan di antara kita,” kata Imron.

Menurutnya, kejuaraan tersebut merupakan salah satu cara untuk menciptakan generasi yang sehat, berprestasi, dan memiliki nilai-nilai positif. 

Oleh karena itu, acara tersebut menjadi momentum guna mengajak seluruh komponen masyarakat Jawa Barat untuk turut serta aktif dalam kegiatan dan mengembangkan Tarung Derajat, demi menciptakan lingkungan yang sehat dan harmonis.

“Saya ingin menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada panitia penyelenggara, atlet, pelatih, dan seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam mensukseskan acara ini,” ujar Imron.

“Semangat, dedikasi, dan kerja keras semua merupakan pilar utama kesuksesan Kejuaraan Tarung Derajat Piala Bupati Cirebon se-Jawa Barat tahun ini,” imbuhnya.

Ketua Pelaksana Kejuaraan Tarung Derajat Piala Bupati Cirebon 2023, dr. Edi Susanto, MM menyebutkan, kompetisi tersebut berlangsung mulai Kamis (30/11/2023) hingga Minggu (3/12/2023).

Jumlah peserta dalam kejuaraan tingkat Jawa Barat ini sebanyak 363 atlet, terdiri dari 123 atlet usia dini, 165 atlet pelajar, 24 atlet ulot, dan 15 tim seni gerak.

“Ratusan peserta itu memperebutkan 242 medali. Mudah-mudahan kejuaraan ini berlangsung aman dan lancar,” kata Edi. (1c)

1.901 PPPK Guru Terima SK Kenaikan Gaji Berkala

INDOMEDIANEWS -- 1.901 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru di Kabupaten Cirebon menerima SK kenaikan gaji berkala (KGB). 

Secara simbolis, SK KGB diserahkan Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag kepada perwakilan PPPK guru di GOR Ranggajati, Sumber, Kabupaten Cirebon, Rabu (29/11/2023).

Bupati Imron menginginkan kepada para PPPK yang menerima SK KGB ini, untuk terus bekerja dengan lebih baik, bersemangat, dan bertanggung jawab.

"Tunjukkan kinerja terbaik, karena yang menerima SK hari ini adalah orang-orang terpilih. Tunjukkan pula dedikasi dan loyalitas dalam bekerja, untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Cirebon," kata Imron.

Imron juga meminta kepada para guru, agar dapat mematuhi dan mengikuti segala peraturan dan ketentuan yang ada. 

Tumbuhkan kedisiplinan dan etos kerja yang tinggi, sehingga akan semakin memberikan warna yang positif di instansi tempat bertugas.

"Jadikan momentum ini untuk mulai membangun kapasitas diri. Bekerjalah dengan semangat, cerdas, melayani dengan sepenuh hati dan tetap menjaga kinerja, dedikasi serta loyalitas," sambungnya.

Ia melanjutkan, selain agar dapat membawa anak-anak didik menjadi anak pintar, tugas tambahannya selaku ASN, yaitu harus bisa membawa perubahan pola pikir tentang kesehatan, salah satunya permasalahan stunting. 

"PPPK guru ini agar bisa menjadi orang tua asuh stunting, supaya kasus stunting di Kabupaten Cirebon cepat turun," pintanya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon, H. Ronianto, S.Pd., MM menambahkan, dari 1.901 PPPK guru di Kabupaten Cirebon, diantaranya PPPK pengangkatan 2021 sebanyak 193 dan PPPK pengangkatan tahun 2022 sebanyak 1.708. 

Dirinya berharap, usai mendapatkan SK KGB ini, agar dapat memperbaiki diri dan mengembangkan potensi, karena tugas dan tanggungjawab yang diemban kedepan akan semakin berat. 

Ia juga menyampikan terima kasih dan apresiasi pada instansi terkait lainnya, yang telah berupaya penuh untuk bisa membantu para PPPK bisa mendapatkan hak dalam meningkatkan kesejahterannya melalui kenaikan gaji berkala.

"Berharap kepada para PPPK, agar dapat secara aktif berkontribusi dalam kemajuan pendidikan di Kabupaten Cirebon," harap Ronianto.

"Jadilah pegawai yang dapat menjadi panutan di lingkungan kerja dan memberi contoh kepada siswa dan masyarakat dengan menjadi teladan yang baik," tutupnya. (1c)

26 Nov 2023

Bebarik Kanci Kulon " warga berebut gunungan"

INDOMEDIANEWS- Berbagai cara dilakukan dalam mewujudkan rasa syukur kepada sang pencipta atas segala nikmat dan berkah.
salah satunya melalui pelaksanaan bebarik atau sedekah bumi yang digelar Pemerintah Desa Kanci kulon, kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon.
sedekah bumi atau bebarik merupakan kegiatan rutin tahunan, bukan semata ucapan syukur atas segala nikmat, namun merupakan upaya untuk melestarikan budaya adi luhung.
hal ini disampaikan kuwu Kanci kulon, subandi, usai acara puter desa.

"sebuah pelestarian budaya adi luhung harus tetap kita jaga, melalui bebarik atau sedekah bumi merupakan wujud rasa syukur atas segala nikmat dan berkah bagi seluruh warga Masyarakat, karena bebarik ini tidak semata peringatan tahunan namun yang lebih dalam hikmah dari bebarik adalah silaturahmi antar warga semakin terjalin, selain itu tentunya merupakan warisan bagi generasi muda agar tidak melupakan budaya dan tradisi walaupun jaman telah berubah" tuturnya. sabtu, 25/11/2023.

bebarik sendiri menurut Subandi diisi dengan berbagai kegiatan, diawali dengan tahlil bersama, arak-arakan, ditutup dengan pagelaran wayang purwa.

"tradisi pagelaran wayang purwa, arak-arakan hingga tahlil bersama merupakan kesatuan yang tidak dapat terlepaskan, termasuk didalamnya ada acara gunungan yang berisi hasil bumi, dari mulai buah-buahan hingga bermacam sayuran, dimana gunungan tersebut diiring keliling desa dan berahir di halaman kantor desa, setelah selesai diarak keliling desa dengan sepontan warga setempat berebut hasil tani yang ada digunungan tersebut, hal ini dipercaya akan menghasilkan berkah dengan berharap hasil tani berikutnya akan semakin melimpah, yang pasti melalui sedekah bumi ini tradisi lokal dan agama tidak dapat terpisahkan, dalam artian antara dunia dan akherat harus seimbang, semoga kedepannya kesejahteraan semakin baik yang tentunya atas ijin dan ridlo dari sang maha pencipta, Allah SWT" pungkasnya (1c)

25 Nov 2023

PGRI tidak berpolitik namun politik sebuah keniscayaan " Selamat Hari Guru"

INDOMEDIANEWS- puncak peringatan ulang tahun PGRI ke 78 sekaligus Hari Guru Nasional diselenggarakan di halaman SMKN 1 Lemahabang , Kabupaten Cirebon, Sabtu, 25/11/2023.
acara yang diisi dengan pelaksanaan upacara bendera yang dipimpin Camat Lemahabang, Yuyun Kusumawati dan dihadiri oleh unsur tripika dan para guru juga siswa dari beberapa sekolah yang ada di wilayah Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon.

Peringatan Hut PGRI  ke 78 dan Hari Guru Nasional diisi dengan berbagai kegiatan, seperti lomba bola bolly, olah raga tradisional ( gopak sodor)  senam sehat dan pembagian cendramata atau tali kasih bagi beberapa guru yang telah purna tugas.

hal ini disampaikan ketua PGRI Lemahabang, Dedi Junaedi , usai peringatan dan upacara pengibaran sang merah putih.

"kegiatan ini sebagai wujud penghormatan kepada pahlawan tanpa tanda jasa, karena peran Guru dalam membangun moral bangsa ini sangat menentukan, diharapkan dengan dilakasanakannya peringatan hari guru ini mampu meningkatkan kualitas para pendidik, baik yang sudah ASN maupun honorer, kami pun sangat mengharap kepada Pemerintah agar tenaga honorer para pendidik bisa dijadikan prioritas agar mampu sejajar dengan ASN, tentunya dengan kualitas dan kesejahteraan para pengajar akan berpengaruh pada perkembangan anak bangsa" tuturnya.

saat ditanya mengenai peran guru dalam menghadapi pesta demokrasi ( pemilu) yang akan datang beberapa bulan kedepan, Dedi menegaskan bahwa guru tidak berpolitik.

"kami para guru tentunya akan menjaga demokrasi dengan tidak masuk dalam ranah politik, karena pada hakekatnya PGRI tidak berpolitik, namun demikian kami sampaikan kepada seluruh rekan-rekan untuk menentukan hak pilihnya secara pribadi, jangan sampai para guru tidak melaksanakan kewajibannya untuk memilih calon pemimpin dari mulai pemilihan calon legaslatif hingga presiden, namun tidak dibolehkan untuk berkampanye atau mendukung salah satu calon dengan mengenakan  embel-emnel lembaga dalam hal ini PGRI, sekali lagi kami tegaskan, PGRI tidak akan berpolitik, namun setiap pribadi harus berpolitik dan menentukan hak pilihnya, jangan sampai golput atau tidak melaksanakan haknya dalam memilih,dikesempatan ini juga, kami mengucapkan selamat hari guru kepada seluruh pendidik se Nusantara, semangat terus, dan jadilah pendidik yang mampu menjaga kehormatan baik pribadi maupun lembaga, dirgahayu PGRI ke 78" pungkasnya.

sementara itu, Camat Lemahabang, Yuyun Kusumawati menuturkan peran besar seorang Guru.

"jasa seorang guru sangatlah besar dalam menata kehidupan berbangsa dan bernegara, sosoknya sebagai pahlawan tanpa tanda jasa sangatlah nyata, mereka mendedikasikan seluruh keilmuannya demi mencerdaskan generasi muda Indonesia, tidak pernah mengeluh saat mengajar walau suasana panas maupun hujan, saat ini kita bisa menggapai cita pun karena jasa para guru, dikesempatan yang penuh semangat ini, kami mengucapkan selamat hari guru Nasional dan selamat ulang tahun PGRI ke 78, semoga tidak ada satupun diantara kita yang melupakan jasa para Guru, semangat Indonesia, Maju guru Indonesia" tuturnya (1c)

24 Nov 2023

Kado Hari Guru "Sekmat Astanajapura" beri bantuan pada MI Al-Hikmah

INDOMEDIANEWS - Kepedulian akan pengembangan dunia pendidikan menjadi perhatian husus Sekretaris kecamatan ( Sekmat ) Astanajapura, Kabupaten Cirebon, Deni Syafrudin, ST.,STP.M.Si.
bertepatan dengan peringatan Hari Guru Nasional, dirinya memberikan bantuan sebagai tali asih kepada Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Hikmah Mertapada wetan,Kecamatan Astanajapura, Jum'at 24/11/2023.

dalam keterangannya, Sekmat muda yang tidak lepas dari senyum namun tegas ini menuturkan, bahwa melalui pendidikan setiap impian bisa tergapai dalam nyata.

"betapa pentingnya pendidikan bagi kita semua, terlebih generasi muda yang mempunyai niat dan keinginan untuk menggapai cita, tidak ada yang tidak mungkin untuk mewujudkan sebuah cita, asalkan tetap semangat dan rajin belajar, oleh karenanya, bertepatan dengan peringatan hari guru, saya mencoba untuk berbagi dengan memberikan sedikit bantuan berupa alat pendingin ruangan, dengan harapan apa yang kami berikan bisa bermanfaat dan menjadi salah satu ladang pahala bagi kami dalam meniti kehidupan" tuturnya.

dirinyapun berharap, walaupun mungkin apa yang diberikan nilainya tidak seberapa, namun hal tersebut sebagai bukti bahwa kepedulian itu harus dimiliki oleh semua Anak Bangsa.

"apa yang kami berikan tentunya tidak sebanding dengan jerih payah para pendidik dalam turut mencerdaskan Anak Bangsa, namun dengan nilai yang tidak seberapa ini, minimalnya dapat bermanfaat dan menjadi sebuah kenangan bahwa masih banyak Orang yang peduli dengan dunia pendidikan, terlebih MI Al-Hikmah ini merupakan salah satu sekolah berbasis agama tertua yang ada di kecamatan Astanajapura" pungkasnya.

sementara itu, Kepala  MI Al-Hikmah, Muhammad Nurlani SAg, sangat berterimakasih atas perhatian dan bantuan yang diberikan Sekmat Astanajapura.

"Secara pribadi dan keluarga besar MI Al-Hikmah Mengucapkan salam takjim dan terimaksih atas bantuan yang diberikan oleh Pak Semat, ini tentunya sangat bermanfaat bagi kami dalam melaksanakan proses belajar mengajar, kami hanya mampu membalasnya dengan doa, semoga tercapai segala harapan dan diijabah Allah apa yang diharapkan, jujur kami sampaikan, selama ini baru ada sosok penjabat yang begitu perhatian bahkan memberi bantuan secara langsung kepada Al-Hikmah, oleh karenanya kami sangat terharu dan merasa bangga, ternyata keberadaan kami masih mendapat perhatian, semoga ini langkah awal yang baik untuk menambah semangat kami dalam melaksanakan kewajiban sebagai pendidik dalam hal meningkatkan kualitas siswa dalam menuntut ilmu" tututnya. (1c)

23 Nov 2023

Jangan bermain dengan Bansos " Pidana menanti"

INDOMEDIANEWS- Sosialisasi program sembako dan PKH dilakukan sebagai upaya meminimalisir terjadinya penyelewengan dan penyalahgunaan wewenang oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

dilaksanakan di Aula kantor Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, yang dihadiri oleh pengurus puskesos dan pendamping desa juga para Kuwu sekecamatan Lemahabang,Kamis, 23/11/2023.
hadir juga dalam acara tersebut Camat Lemahabang, Yuyun Kusumawati, Kapolsek Lemahabang, AKP Sutarja dan Danramil Sindanglaut Kap Chb Agung.p.

dalam pertemuan tersebut ada pernyataan yang disampaikan pendamping desa terkait pertanyaan yang menjurus pada dugaan pengondisian perihal KPM yang harus menggunakan ATM BNI sementara banyak Bank yang ada selain BNI.

menyikapi hal tersebut, dengan tegas Sabid Albani , pekerja sosial 1 Dinas Sosial, membantah pernyataan tersebut.

"tidak benar dan tidak ada ituh pengondisian, mengapa kami mengharuskan KPM menggunakan ATM BNI, karena memang itu sudah aturan dari Pemerintah, hal ini untuk mempermudah jika terjadi sesuatu yang merugikan KPM, jika menggunakan Bank lain justru akan kesulitan jika terjadi sesuatu" jelasnya.

lebih lanjut dirinya menjelaskan, bahwa banyak persoalan yang terjadi dan dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

"salah satu persoalan adalah adanya pengondisian yang dilakukan oleh oknum saat terjadi pencairan, termasuk saat penyaluran bansos dan hal lainnya, semua datanya ada di kami, oleh sebab itu kami terus berupaya memberikan pemahaman kepada puskesos untuk tidak melakukan tindakan yang akan merugikan masyarakat, karena dampaknya akan berhadapan dengan proses hukum, dan ini banyak terjadi di beberapa Desa" jelasnya.

sementara itu, Camat Lemahabang, Yuyun Kusumawati, menegaskan jangan main-main dengan Bansos.

"hati-hati dalam penyaluran bantuan sosial, walaupun saya diam, namun saya memiliki banyak mata-mata, jadi kami tahu apa yang terjadi dilapangan, intinya jangan coba -coba memanfaatkan Bansos untuk sesuatu yang akhirnya berhadapan dengan proses Hukum" tegas Yuyun.

senada hal tersebut disampaikan Kapolsek Lemahabang, AKP .Sutarja.

"sudah sering kita mendengar ada oknum puskesos yang memanfaatkan bansos untuk kepentingan pribadi atau golongan,kami tegaskan jika ada yang mencoba bermain dengan bansos, Pidana imbalannya, dan kami dari jajaran kepolisian akan terus melakukan pengawasan dalam penyaluran bansos, jangan sampai ada warga yang dirugikan dengan dalih apapun, intinya jangan memanipulasi data terlebih pungli, karena akan berhadapan dengan  hukum dan bisa dipidanakan" tegasnya. (1c)

22 Nov 2023

Pemkab Cirebon Salurkan BLT kepada 2545 Buruh Rokok dari DBHCHT

INDOMEDIANEWS  -- Pemerintah Kabupaten Cirebon menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi 2545 buruh pabrik rokok yang bersumber dari dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) di Perusahaan Rokok PT. Sinar Grage Jaya, Desa Kasugengan Lor, Kecamatan Depok, Rabu (22/11/2023).

Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag mengatakan, pemberian BLT kepada buruh rokok ini merupakan langkah Pemerintah Kabupaten Cirebon dalam pelaksanaan pemanfaatan dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT), yaitu untuk bidang kesejahteraan masyarakat.

Menurut Imron, berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor: 215/PMK.07/2021 tentang Penggunaan, Pemanfaatan dan Evaluasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT).

"Pada periode tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Cirebon mendapatkan alokasi DBHCHT yang akan disalurkan sebesar Rp. 1.781.500.000 untuk 2.545 buruh pabrik rokok di wilayah Kabupaten Cirebon," kata Imron.

Ia mengungkapkan, bantuan langsung tunai (BLT) ini diharapkan dapat memberikan andil dalam meningkatkan kesejahteraan buruh rokok dan pemulihan perekonomian di tengah ancaman inflasi.

"Semoga bantuan dari DBHCHT ini dapat bermanfaat bagi para buruh pabrik rokok di Kabupaten Cirebon," lanjutnya.

Imron menyebut, bantuan langsung tunai (BLT) bersumber dari DBHCHT yang akan diterima oleh buruh pabrik sebesar Rp. 700.000,00 per orang.

"Jadi, setiap buruh pabrik mendapatkan BLT Rp. 700.000,00 dari DBHCHT," katanya.

Seperti diketahui pada tahun 2023 ini, Kabupaten Cirebon mendapatkan DBHCHT sebesar Rp10,7 miliar.

Cukai dari tembakau ini mempunyai peran penting untuk pembangunan di daerah. Semakin besar pendapatan yang berhasil dihimpun, maka pembangunan bakal lebih optimal. (1c)

Penertiban Alat peraga kurang maksimal

INDOMEDIANEWS - Penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) Pemilu kurang maksimal. Salah satunya yang terjadi di Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon, masih ditemukan adanya baliho dan bilbord calon legislatif (caleg) yang diduga melanggar aturan. Hingga hari ketiga (20-22/11/2023) pukul 10.00 WIB penertiban APK, masih terpasang baliho caleg di pohon dengan tanda paku pada nomor urut. Selain itu, bilboard caleg dengan gambar yang sama (paku dinomor urut), masih terpasang di tempat keramaian.

Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Astanajapura, Ali mengatakan, secara umum, sudah ditertibkan APK pemilu sedangkan bilboard yang ada tanda gambar paku sudah dilaporkan ke kabupaten. "Kami akan memanggil caleg yang memasang di bilboard," katanya, Rabu (22/11/2023).

Masih dikatakan Ali, penertiban APK pemilu khususnya yang di bilboard sudah dilaporkan ke Kabupaten karena ada pihak ketiga yang berwenang.

"yang pasti kami akan melaksanakan kewajiban secara maksimal dan terus berkoordinasi dengan pihak terkait" tuturnya.

sementara itu ada surat edaran dari Bawaslu kabupaten Cirebon yang berisi penertiban APS ( alat praga sosialisasi)
yang mengakibatkan multi penafsiran dalam melaksanakan penegakan aturan.

terkait persoalan APK/APS yang multi tafsir, terlebih yang terjadi di kecamatan Astanajapura,Kabupaten Cirebon, Kasi Trantrib kecamatan astanajapura, Heri Soemardjono menuturkan.

"yang terjadi di Kecamatan Astanajapura mungkin karena kurangnya sinegritas antara Panwascam dengan pihak muspika, akibatnya ada tafsir yang berbeda tentang penertiban alat peraga, kalau merujuk pada surat dari Bawaslu, sudah jelas yang ditertibkan adalah APS  ,namun jika dilihat dari apa yang terjadi saat ini adalah penertiban APK, lantas jika ditanya mana APK dan mana APS, tentunya pihak panwascam yang harus menjelaskan lebih rinci, namun jika memang APK yang ditertibkan, nyatanya belum semuanya ditertibkan"jelasnya (1c)

PC Muhammadiyah Lemahabang dikukuhkan

INDOMEDIANEWS - Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Lemahabang Kabupaten Cirebon, dikukuhkan. Nurudin Z, terpilih dalam pemilihan beberapa waktu lalu dan pengukuhan untuk masa bakti 2022-2027.

Ketua PC Muhammadiyah Lemahanang, Nurudin mengatakan, setelah dilantik menjadi ketua akan melaksanakan program yang telah dibuat. Salah satunya, kesejahteraan warga Muhammadiyah. 

"Penguatan untuk meneguhkan ideologi, menyamakan persepsi tentang gerak langkah Muhammadiyah dan sebagai sarana konsolidasi organisasi Muhammadiyah," tuturnya usai acara pengukuhan di SMK Muhammadiyah Lemahabang, Selasa 21/11/2023.

lebih lanjut dirinya menjelaskan, pengukuhan ini sebagai langkah penting dalam mengorganisir kegiatan sosial, keagamaan, dan pendidikan di wilayah Kecamatan Lemahabang. 

"Kami akan terus berkomitmen untuk melayani masyarakat dengan lebih baik melalui berbagai program Muhammadiyah dan 'Aisyiyah," jelasnya.

Masih dikatakan Nurudin, peran penting 'Aisyiyah dalam mendukung Muhammadiyah dalam berbagai bidang sangat diperlukan. Sehingga, perlu adanya kerjasama yang baik. 

"Kami akan terus bekerja sama dengan seluruh pihak, khususnya warga Muahammadiyah untuk mencapai tujuan-tujuan mulia yang telah tetapkan bersama," ujarnya.

Dirinya mengharapkan dukungan dan kerjasama yang baik dari seluruh pihak, untuk memajukan Muhammadiyah. "Peran serta dari berbagai kalangan, sangat diperlukan demi kesejahteraan warga Muhammadiyah dan pendidikan ke-Muhammadiyah-an," pungkasnya (1c)

21 Nov 2023

Sosdiklih Dan Kirab Di Cirebon Timur

INDOMEDIANEWS - Kirab KPU Kabupaten Cirebon Cirebon dihari keempat, Selasa (21/11), dilaksanakan diwilayah daerah pemilihan (dapil) 5,6 dan 7 Kabupaten Cirebon, sasaran yang dijadikan lokasi adalah sekolah dan pasar, berharap dengan pelaksanaan kirab, mampu meningjatkan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pemilu nanti akan meningkat.

Sekretaris PPK Gebang,Otong Mulyadi menyampaikan, kirab Pemilu yang dilaksanakan hari ini merupakan kirab KPU RI jalur 5 yang sebelumnya diserah terimakan dari KPU Tegal kepada KPU Kabupaten Cirebon pada Sabtu (18/11), kemudian Ira berlanjut pada hari berikutnya, Minggu (19/11) ke wilayah Dapil 1 dan 2 Kabupaten Cirebon, dilanjut kembali pada Senin (20/11)  ke wilayah Dapil 3 dan 4 dan pada hari ini kirab pemilu masuk ke wilayah Dapil 5, 6 dan 7 Kabupaten Cirebon, untuk di Dapil 5 lokasi kirab dipusatkan di SMA N Pabedilan dengan melakukan sosialisasi pendidikan pemilih (sosdiklih) yang diisi oleh adhoc dari PPK dapil 5 Kabupaten Cirebon.

"Setelah melaksanakan Sosdiklih, kirab kemudian melaju ke wilayah dapil 6 untuk diserahterimakan kepada PPK dan PPS dapil 6 untuk dilanjutkan, "terangnya.

Dijelaskan Otong, tujuan dilaksanakan kirab pemilu ini, tujuan utamanya adalah mensosialisasikan kepada masyarakat secara luas bahwa pemilu adalah sara integrasi bangsa, pesan yang disampaikan adalah tentang proses dan tahapan pemilu, dan juga menunjukkan kepada masyarakat bahwa KPU siap melaksanakan Pemilu 2024 dengan cara menyuguhkan kepada masyarakat bahwa sebagai penyelenggara pemilu siap, peserta pemilunya siap dan seluruh elemen yang akan terlibat di dalam pelaksanaan Pemilu juga siap, dalam pelaksanaan kirab tersebut  mengarak bendeta 18 partai politik, SURA dan SULU, serta dikawal adhoc dari PPS dan PPK se dapil 5 Kabupaten Cirebon.

"Melalui kirabbini kami berharap pada prlaksanaan pemilu nanti, masyarakat ikut berpartisipasi aktif sehingga sasaran utama kita sebagai pelaksana pemilu yakni partisipasi masyarakat akan bisa meningkat, "harapnya.

Lanjut menurut Otong Mulyadi yang juga menjabat sebagai sekretaris Kecamatan Gebang, pelaksanaan kirab pemilu 2024 ini terus berlanjut, dari dapil 5 diserah terimakan kepada adhoc dapil 6 di bundaran pasar Pabuaran dan menggelar sosdiklih di lokasi tersebut, kemudian berlanjut, adhoc dapil 6melakukan kirab menuju pasar Cipeujeuh Lemahabang dan menggelar sosialisasi disana kemudian diserah terimakan ke adhoc dapil 7, kemudian diarak lagi menuju Kecamatan Beber untuk sosialisasi kembali, setelah selesai semua, besok  kirab jaur lima akan diserah terimakan dari KPU Kabupaten Cirebon kepada KPU Kabupaten Indramayu.

"Melalui kirab pemilu 2024 ini kami berharap pelaksanaan pemilu 2024 akan berjalan aman, damai, tertib dan kondusif dan menghasilkan pemimpin terpilih sesuai dengan harapan masyarakat, "ungkapnya. (1c)


Ratusan gambar Caleg ditertibkan

INDOMEDIANEWS- Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwaslucam) Susukanlebak Kabupaten Cirebon, melakukan penertiban baliho Alat Peraga Kampanye (APK). Hasilnya, ratusan gambar Calon Legislatif (Caleg) yang melanggar aturan dan tidak sesuai ketentuan berhasil diamankan.

Dalam keterangannya, Ketua Panwaslucam Susukanlebak, Kabupaten Cirebon,Bagya mengatakan, penertiban baliho APK yang melanggar aturan, seperti pemasangan  di batang pohon yang menggunakan paku dan adanya tanda gambar nomor urut yang dicoblos paku. 

"secara Serentak se- Kabupaten Cirebon, termasuk Panwaslu kecamatan menertibkan baliho APK pemilu," tuturnya, Senin 20/11/2023.

Bagya menjelaskan, penertiban APK yang melanggar sesuai jadwal, tahapan masa kampanye Pemilu 2024 berlangsung sekitar 28 November 2023-10 Februari 2024. Selain itu, sudah ada surat KPU RI terkait larangan memasang APK dan APS sebelum masa kampanye dilaksanakan. Oleh karena itu, pihaknya lakukan koordinasi dengan stakeholder terkait, salah satunya Caleg. 

"Bilamana ada caleg yang ingin mencopot sendiri, silahkan. Tapi bila ssbaliknya, kami langsung copot," jelasnya.

Bagya menambahkan, Bawaslu telah menginstruksikan kepada jajaran Panwaslu kecamatan dan kelurahan/desa untuk melakukan identifikasi APK dan APS yang melanggar peraturan yang berlaku untuk selanjutnya dilakukan penertiban APK dan APS ini. 

"Kita awasi dan verifikasi administrasinya juga yang lainnga. Kemudian, untuk kelengkapan Panwascam dan badan adhoc lain sudah lengkap, yang belum itu Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS). Pasalnya, PTPS baru akan direkrut antara Desember 2023 sampai Januari 2024 karena masa kerja PTPS itu tidak ada 1 bulan," tandasnya. 

dirinya mempersilahkan bagi caleg atau teamnya yang ingin mengambil gambar atau spanduk yang telah dilepas bisa diambil di sekretariat panwascam setempat. (1c)

20 Nov 2023

Jangan biarkan Cikuya punah " perlu perhatian banyak pihak"

INDOMEDIANEWS- keberadaan Desa Belawa ,Kecamatan Lemahabang , Kabupaten Cirebon, identik dengan keberadaan kura-kura langka. sayangnya keberadaan hewan melata tersebut terancam punah, dikarenakan ketersediaan pakan yang minim.

Kura-kura yang ada di obyek wisata desa tersebut, hanya mengandalkan pakan dari keuangan para pengunjung. Artinya, uang yang didapat dari para pengunjung, dibelikan pakan. Bila pengunjung banyak, ketersediaan pakan tercukupi. Namun jika sebaliknya, pakan kurang maksimal. Akan tetapi dalam kurun waktu satu bulan ini, pengunjung menurun dan penghasilan di obyek wisata tersebut otomatis mengalami hal serupa, sehingga berdampak pada kura-kura langka tersebut.

Menurut Pengelola Obyek Wisata Cikuya, Eman, kekurangan pakan yang kerap terjadi sangat berdampak pada akan punahnya kura-kura langka ini. Sehingga, perlu adanya perhatian serius dari pihak terkait. 

"Kami hanya mengandalkan uang dari pengunjung, untuk membeli pakan,dan hal ini sudah berlangsung lama" tuturnya, Senin, 20/11/2023.

Eman menjelaskan, kondisi sangat memperihatinkan terjadi pada hewan langka ini. Selain pakan yang minim, perlu adanya dokter hewan khusus, guna mengetahui kesehatan hewan tersebut. 

"sangat diperlukan berbagai pembenahan termasuk Belum adanya dokter hewan khusus yang datang ke lokasi, untuk memeriksa kesehatan. Kalau dokter hewan biasa, mungkin kurang memahami. Karena, kura-kura ini tergolong langka," jelasnya.

Dirinya mengharapkan, perhatian serius dari dinas terkait untuk mencegah kepunahan. 

"Semoga dalam waktu dekat, tim dokter khusus  dapat memeriksa kesehatan kura-kura dan bisa datang ke lokasi juga adanya bantuan untuk ketersediaan pakan," harap Eman.

Sementara itu, Calon Legislatif (Caleg) DPRD Kabupaten Cirebon, Sophi Zulvia mengungkapkan, keberadaan kura-kura belawa yang memprihatinkan perlu adanya kerjasama seluruh pihak untuk mengatasinya, guna mencegah kepunahan. 

"Hewan langka ini sangat memerlukan perhatian semua pihak, khususnya dinas kelautan dan perikanan juga dinas pariwisata," ungkapnya.

Ketika ditanya, apakah program untuk kura-kura belawa saat menjadi anggota legislatif, 
Caleg Daerah Pemilihan (Dapil) VI PDI Perjuangan ini menjawab, akan koordinasi dan komunikasi dengan dinas terkait. 

"Tentunya akan lebih maksimal jika menjadi anggota legislatif untuk lebih memperhatikan, kura-kura langka dan tempat wisata ini," ujarnya.

Dirinya mengharapkan dukungan dan kerjasama yang baik untuk melestarikan kura-kura juga tempat wisata ini. 

"Dengan berkunjung dan melihat kondisi cikuya tentunya membuat kami memahami persoalan yang ada, semoga kedepannya, banyak pihak yang lebih peduli dengan keberadaan wisata edukasi cikuya" pungkasnya. ( 1c)

Milad SMK Muhammadiyah Lemahabang Adakan Donor Darah

INDOMEDIANEWS - Milad Muhammadiyah ke 111 SMK Muhammadiyah Lemahabang Kabupaten Cirebon, diisi dengan kegiatan donor darah.Dalam acara tersebut terlihat Antusias pendonor dari siswa, guru, karyawan dan elemen lainnya sangat tinggi. 

Kepala SMK Muhammadiyah Lemahabang, Moh. Ruspandi melalui Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Bidang Kesiswaan, Jimmy menuturkan, donor darah yang diadakan ini dalam rangka peringatan Milad ke 111 Muhammadiyah.

"dalam acara ini Ditargetkan, 100 kantong darah," tutur Jimmy disela kegiatan, Senin .20/11/2023.

Jimmy menjelaskan, Milad ke-111 Muhammadiyah yang mengusung tema besar, yakni 'Ikhtiar Menyelamatkan Semesta', berdasarkan keprihatinan atas kerusakan alam. Kerusakan alam terjadi karena polusi, kegiatan ekonomi, serta kegiatan manusia lain yang mempunyai dampak serius. 

"kami mengajak seluruh umat manusia untuk menghentikan pemanasan global yang berdampak langsung pada kehidupan dan perubahan itu adalah bagian dari kita untuk ikhtiar menyelamatkan semesta," jelasnya.

Masih dikatakan Jimmy, dengan mendonorkan darah ternyata memiliki banyak manfaat. Selain tujuan amal berupa menyalurkan darah kepada orang lain yang membutuhkan, anggapan yang menyatakan mendonorkan darah bisa membuat kita menjadi lemas adalah salah. 

"Saat kita mendonorkan darah, maka tubuh akan bereaksi langsung dengan membuat penggantinya. Jadi, kita tidak akan mengalami kekurangan darah. Selain membuat tubuh memproduksi darah-darah baru, ada beberapa manfaat kesehatan lain yang bisa dirasakan dari mendonor darah, antara lain dapat menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, membantu penurunan berat tubuh, serta mendapatkan kesehatan psikologis," paparnya.

Jimmy menambahkan, keprihatinan akan minimnya ketersediaan darah membuat pihak sekolah tergerak untuk mengadakan donor darah dan direspon positip PMI, yang bersedia datang ke sekolahan untuk mengadakan kegiatan tersebut. 

"Donor darah yang dilaksanakan ini sebagai upaya untuk membantu yang membutuhkan darah dan membangkitkan kepedulian pada sesama. Selain itu, dengan mendonorkan darah secara rutin, dapat membantu orang lain yang membutuhkan dan diharapkan, dengan adanya aksi donor darah ini ketersediaan darah tercukupi dan masyarakat yang membutuhkan darah, dapat dengan mudah mendapatkannya," harapnya.

Dirinya mengucapkan terima kasih pada para guru, pegawai, sisws dan anggota Koamil Lemahabang, yang berpartisipasi mendonorkan darahnya. 

"Semoga melalui donor darah ini, dapat membantu masyarakat lain yang membutuhkan darah,Alhamdulillah, bukan saja acara ini dilaksanakan saat milad semata, namun secara rutin setiap tiga bulan sekali kami melaksanakan donor darah"pungkasnya. ( 1c)

19 Nov 2023

Ribuan Warga Padati Acara Memayu Buyut Trusmi

INDOMEDIANEWS  -- Ribuan warga dari berbagai daerah memadati jalan untuk menyaksikan acara Ider-ideran Memayu Buyut Trusmi Kabupaten Cirebon, Minggu (19/11/2023).

Tampak kepadatan dan antusiasme warga saat menyaksikan berbagai ogoh-ogoh yang melintas di jalan Trusmi, Jalan Ir. H. Juanda hingga ke jalan Panembahan dan kembali lagi ke Makam Buyut Trusmi.

Acara Ider-ideran Memayu Buyut Trusmi tersebut dilepas langsung oleh Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag, didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Cirebon, Dra. Hj. Nunung Roosmini dan para pejabat terkait.

Bupati Imron mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan Ider-ideran Memayu Buyut Trusmi ini. Menurutnya, ini merupakan kebudayaan yang dimiliki Kabupaten Cirebon.

"Kegiatan seperti ini harus terus dilestarikan, ini merupakan kebudayaan kita warga Kabupaten Cirebon dan setiap tahun harus tetap digelar," katanya.

Imron merasa kagum dengan masyarakat yang ikut hadir dalam acara yang dilaksanakan setiap satu tahun sekali ini.

"Saya sangat kagum, ini masyarakat sangat banyak sekali, bahkan para sesepuh juga ikut jalan kaki, mereka masih sangat kuat," lanjutnya.

Selain itu, ia juga mengucapkan banyak terimakasih kepada masyarakat, khususnya di sekitaran makam Buyut Trusmi yang sudah ikut melestarikan budaya ini.

"Terimakasih kepada semuanya yang sudah melestarikan Ider-ideran Memayu Buyut Trusmi, sehingga ini menjadi daya tarik tersendiri bagi semua orang yang menyaksikan," katanya.

Imron mengungkapkan, dengan adanya acara ini, setidaknya roda ekonomi di daerah tersebut menjadi tumbuh pesat.

"Selain melestarikan kebudayaan, ekonomi masyarakat ikut tumbuh saat acara Ider-ideran Memayu Buyut Trusmi ini," ungkapnya. (1c)

18 Nov 2023

Warga Panongan Lor gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

INDOMEDIANEWS- Ribuan warga Masyarakat Desa Panongan lor memadati halaman kantor Desa yang berdampingan dengan masjid Desa setempat dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW pada sabtu malam minggu, 18/11/2023.
hadir dalam acara tersebut Muspika Sedong, tokoh Ulama, Tokoh Masyarakat dan kepemudaan juga Masyarakat lainnyan dari berbagai unsur dan usia.
dalam pemaparannya, Kuwu Desa Panongan lor,Kecamatan Sedong, Kabupaten Cirebon, Agus Syamsah, menuturkan perlunya mentauladani sosok kanjeng Rosull melalui pelaksanaan peringatan Maulid Nabi yang dilaksanakan dalam setiap tahunnya.

"kita sebagai ummat Islam sudah menjadi kewajiban untuk mentauladani sosok Baginda Rosulallah SAW, beliau adalah insan yang sempurna dimana kita sebagai ummatnya sangat menjunjung tinggi dan menjadikannya sebagai cerminan atau tongkat bagi kita dalam menata kehidupan, beliau adalah sosok yang berjuluk Al-amin atau yang dapat dipercaya, maka kita pun harus berupaya untuk menjadi insan yang dapat dipercaya, melalui peringatan Maulid Nabi ini, kita semua berharap agar langkah kita dalam memapak kehidupan senantiasa sejalan sesuai keperibadian dan tauladan kanjeng Rosull" tuturnya.

lebih lanjut dirinya menuturkan , dengan hadirnya warga Masyarakat dalam peringatan Maulid, menandakan kecintaan yang tak terhenti oleh perubahan jaman.

"kami secara pemerintahan maupun pribadi merasa sangat bangga atas antusias warga yang begitu besar dalam memperingati Maulid Nabi, semoga ini menandakan bahwa kita selalu mencintai sosok kanjeng Rosull dan senantiasa mengikuti segala ajarannya,terlebih bagi kaum muda, kami berharap dan berpesan, jaman boleh berubah namun jangan sampai berubah rasa cinta dan keagungan kita kepada sosok Nabi ahir jaman, Nabi bagi semua ummat manusia, yaitu Nabi Muhammad SAW" jelas Agus Syamsah.

acara peringatan Maulid Nabi diisi dengan lantunan kalam illahi, hadroh dan ditutup dengan siraman rohani seputar perjalanan Rosulallah oleh penceramah, KH.Zaky Mubarok. (1c)

Kirab Pemilu "Bupati Cirebon" Masyarakat Salurkan Hak Pilih

INDOMEDIANEWS -- Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag melepas Kirab Pemilu 2024 di Stadion Ranggajati, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Sabtu (18/11/2023).

Dilaksanakannya kirab tersebut, salah satu tujuannya untuk mensosialisasikan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Cirebon, bahwa pada tanggal 14 Februari 2024 nanti bakal dilaksanakan Pemilu.

Nantinya, Kirab Pemilu ini akan berlangsung selama empat hari berkeliling ke sejumlah wilayah di Kabupaten Cirebon.

Dalam pelaksanaan Pemilu nanti, masyarakat bisa memilih pasangan calon presiden dan wakil presiden, anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), hingga anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) provinsi maupun kabupaten.

“Saya minta kepada masyarakat yang sudah memiliki hak pilih, agar datang ke TPS (tempat pemungutan suara) pada 14 Februari 2024 nanti,” ujar Imron.

Selain itu, Imron juga berpesan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Cirebon untuk menjaga kondusifitas.

“Meskipun beda pilihan, kita semua harus menjunjung tinggi Bhineka Tunggal Ika. Jaga kebersamaan dan kondusifitas,” sambungnya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon, Dr. Sopidi, M.A menyebutkan, Kirab Pemilu 2024 ini merupakan salah cara untuk mengedukasi masyarakat terkait pemungutan suara.

Terpenting, kata Sopidi, kirab tersebut pun sebagai cara menjadikan Pemilu sebagai sarana integrasi bangsa.

“Pemilu adalah metode untuk menyatukan seluruh elemen bangsa. Ajang ini harus dijadikan sebuah perekat, jangan dijadikan sebagai disintegrasi bangsa,” kata Sopidi.

KPU berharap, masyarakat di Kabupaten Cirebon untuk menyambut Pemilu 2024. Dipastikan, 84 persen dari total daftar pemilih tetap (DPT) menyalurkan hak suaranya pada pesta demokrasi tersebut. (1c)

16 Nov 2023

Ketua PGRI Lemahabang " minta Pemda perhatikan nasib guru tetap"

INDOMEDIANEWS - Peringatan Hari Guru yang bertepatan dengan Ulang Tahun PGRI yang ke 78 dilaksanakan dengan menggelar berbagai ajang perlombaan yang bersifat memeriahkan sekaligus ajang perkenalan dan silaturahmi antar guru.
hal ini disampaikan Ketua PGRI ( Persatuan Guru Republik Indonesia) kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, Dedi Junaedi saat pelaksanaan lomba volli di Aula Kantor Kecamatan Lemahabang, Kamis, 16/11/2023.

"sebetulnya hari ini adalah dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional, yang bertepatan dengan Ulang Tahun PGRI yang ke 78, oleh karenanya kami menggelar berbagai acara yang melibatkan seluruh guru dari tingkat TK hingga SLTA se kecamatan Lemahabang, perlombaan yang dilaksanakan secara kolektif adalah futsal, volly dan gopak sodor, yang bertujuan selain mempererat persatuan antar guru juga kembali mengembangkan olah raga rakyat atau kearifan lokal yang mungkin saat ini sudah mulai terlupakan, hususnya seperti olahraga gopak sodor" tuturnya.

lebih lanjut dirinya menjelaskan, peringatan hari guru ini tidak semata yang bersifat kolektif, namun setiap sekolah melaksanakan berbagai agenda disesuaikan dengan kebijakan sekolah yang bersangkutan.

"secara kolektif kami menggelar tiga ajang perlombaan,sementara untuk setiap sekolah yang melaksanakan ajang atau kegiatan lainnya diserahkan kebijakannya kepada sekolah itu sendiri, namun intinya adalah dalam peringatan hari guru ini diharapkan semakin mempererat rasa kebersamaan antar guru dan mampu meningkatkan kualitas pendidik yang semakin mumpuni, hanya saja kami memohon kepada Pemerintah Daerah untuk lebih memberikan perhatian khususnya bagi para guru yang sudah mengabdi lama, karena selama ini hampir terfokus kepada P3k atau guru honor, sementara kesejahteraan pns guru sedikit terabaikan, ada sih memang perhatian dari pemda kabupaten Cirebon, namun dirasa belum seberapa, jadi kami mohon perhatikan kesejahteraan para guru tetap yang telah mengabdi demi kemajuan dan perkembangan Anak Bangsa" pungkasnya. (1c)


 
 

Melalui Seminar Nasional, Pemkab Cirebon Usulkan KH. Abbas Abdul Jamil Sebagai Pahlawan Nasional

INDOMEDIANEWS -- Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag menghadiri Seminar Nasional Pengusulan Pahlawan Nasional KH. Abbas Abdul Jamil di Hall A Hotel Apita Cirebon, Rabu (15/11/2023).

Imron mengucapkan selamat kepada keluarga besar KH. Abdul Chalim dari Leuwimunding, Majalengka, yang telah dianugerahi gelar Pahlawan Nasional oleh Pemerintah Republik Indonesia, yang penyerahannya pada tanggal 10 November yang lalu. 

Menurut Imron, KH. Abdul Chalim bersama dengan KH. Abbas dan beberapa kyai lainnya, tak kenal lelah membangun masyarakat Cirebon, diantaranya melalui penguatan lembaga Nahdlatul Ulama (NU), yang merupakan salah satu ormas terbesar di Indonesia. 

Selain itu, kata Imron, Kyai Abbas Abdul Jamil juga merupakan sosok paling penting. Perannya tidak saja dalam membangun pesantren dan masyarakat Cirebon, melainkan juga peran yang berskala nasional bahkan internasional. 

"Peran skala nasional dari Kyai Abbas Abdul Jamil, dalam peristiwa Surabaya pada tanggal 10 November 1945. Kyai Abbas dengan rombongan para kyai dan santri dari pesantren-pesantren yang ada di Cirebon, rela berjuang untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia," lanjutnya.

Ia menjelaskan, Kyai Abbas merupakan panglima hizbullah Jawa Barat yang juga mendidik para laskar-laskar untuk berjuang membela negara dan bangsa Indonesia. 

"Buntet Pesantren adalah central dari perjuangan kemerdekaan di Cirebon, selain sebagai tempat berkumpulnya para laskar hizbullah untuk menerima arahan dari Kyai Abbas," katanya.

Bukan sesuatu yang mudah bagi masyarakat, karena pengusulan pahlawan nasional ini membutuhkan penelitian, mencari dokumen-dokumen yang menyebut Kyai Abbas. Walaupun secara pengakuan non-formal dari masyarakat, Kyai Abbas sudah menjadi pahlawan. 

"Proses pengusulan gelar Pahlawan Nasional adalah proses akademik yang panjang dan tidak mudah. Tim peneliti sudah melakukan penelitian yang sungguh-sungguh terhadap Kyai Abbas dan peran-perannya," jelas Imron.

Tentunya, ia mengapresiasi peneliti dan pengkaji gelar daerah, baik dari provinsi maupun dari Kabupaten Cirebon.

Ia pun mengapresiasi upaya dari Dinas Sosial yang tanggap terhadap keinginan yang berkembang di masyarakat, untuk menjadikan Kyai Abbas sebagai Pahlawan Nasional.

"Upaya ini adalah yang pertama bagi Pemerintah Kabupaten Cirebon. Tentu, masih banyak kekurangan dalam proses usulan calon Pahlawan Nasional KH. Abbas Abdul Jamil ini," tambahnya.

"Semoga kedepan, ada banyak lagi tokoh-tokoh Cirebon yang menjadi Pahlawan Nasional. Perlu adanya sinergi yang terus diperkuat antara masyarakat, pemerintah daerah dan pemerintah pusat, sehingga semuanya menjadi lebih mudah," pungkasnya. (1c)

15 Nov 2023

Silaturahmi Polri dan Calon Legislatif "jadikan Pemilu Aman dan Damai"

INDOMEDIANEWS- untuk menciptakan iklim pemilu yang damai dan aman, jajaran polresta cirebon melakukan silaturahmi dengan beberapa calon anggota DPRD kabupaten Cirebon daerah pemilihan 6 yang bertempat di Kantor Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon pada Rabu, 15/11/2023.
dalam keterangan yang disampaikan PS Kanit Bimas Polresta Cirebon, Ipda Siti, menuturkan tujuan dilaksanakannya acara Silaturahmi Kamtibmas Polri dengan calon legislatif agar pemilu  2024 nanti berjalan sesuai harapan.

"kami mengharapkan adanya peran serta dari semua pihak untuk secara bersama-sama menciptakan pemilu yang aman dan damai, termasuk para Anggota legislatif, karena bagaimanapun dilaksanakannya pemilu adalah bertujuan untuk sesuatu yang baik, oleh karenanya mari jaga kebaikan tersebut dengan hal yang baik pula, dan kami dari jajaran kepolisian menegaskan tidak ada keberpihakan dan menjunjung tinggi netralitas" jelasnya.

sementara itu, salah seorang Calon anggota DPRD kabupaten Cirebon dari fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dapil 6, Nomor urut 3, Jhon Kenedy Kushenrang didampingi Calon DPRD Dapil Jabar 12, Dewi Purnama Sari, merespon positif kegiatan tersebut.

"kami sangat merespon baik kegiatan yang digagas jajaran kepolisian Republik Indonesia, karena dengan dilaksanakannya ajang silaturahmi antara kepolisian dan seluruh Calon Legislatif, diharapkan selain bisa bertindak netral juga untuk saling mengenal dan bersama menciptakan pesta demokrasi yang jujur, adil dan langsung tanpa adanya tendensi atau kepentingan golongan yang bisa merusak tujuan adanya pesta demokrasi, ini adalah pesta Rakyat, semoga Kemenangan Rakyat tidak dinodai oleh hal-hal yang negatif, kami yakin semua calon legislatif bertujuan baik, karena itu lakukan tujuan baik dengan langkah dan cara yang baik pula" tutur pria yang sudah 27 tahun menjadi kader partai berlambang moncong putih ini menegaskan.

senada hal tesebut disampaikan Calon DPRD jabar 12 nomor urut 5, Dewi Purnama Sari.

"kebetulan saya merupakan warga kecamatan Lemahabang yang saat ini mencalonkan sebagai salah seorang calon DPRD Jabar 12, yang turut hadir dalam acara yang di prakarsai oleh Polri dengan tema Silaturahmi Kamtibmas Polri dengan Calon Legislatif, ini tentunya sangat positif dan perlu didukung oleh semua pihak, sesuai harapan, menciptakan dan sukseskan pemilu 2024 yang aman dan damai, semoga harapan tersebut dapat terealisasi, kami semua berharap adanya netralitas dari Polri maupun TNI, saya berharap pelaksanaan Pemilu ini berjalan dengan jujur dan adil tanpa ada tekanan dari pihak manapun, kami yakin dan percaya,Masyarakat kita sudah sangat pandai dan bijak dalam menentukan pilihan, saya hanya berharap, jadikan pesta demokrasi ini sesuatu yang membahagiakan dan tidak menakutkan, mari saling adu gagasan dan bukan adu hujatan" tuturnya. (1c)

BEBERAPA CATATAN ATAS APBD JABAR 2024

Oleh 
Daddy Rohanady
Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat


Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Provinsi Jawa Barat (APBD Jabar) disahkan pada Rabu, 15 November 2023. Pengesahan tersebut dilakukan pada rapat paripurna yang dihadiri Penjabat Gubernur Jabar Bey Triadi Machmudin.

Adapun struktur akhir yang disepakati oleh Badan Anggaran DPRD Provinsi Jabar adalah sebagai berikut.
A. Pendapatan Daerah sebesar Rp 35.918.605.827.078. Angka tersebut mengalami kenaikan Rp 42.459.890.262 dari Kesepakatan Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Anggaran Sementara pada 8 September 2023. Hal ini dikarenakan adanya tambahan Pendapatan Transfer, penurunan pajak rokok, dan penyesuaian pendapatan dari hasil kekayaan daerah yang dipisahkan (dividen).

B. Belanja Daerah sebesar Rp36.785.159.275.740. Ini berarti ada pengurangan sebesar Rp 292.457.980.704. Hal ini diakibatkan adanya beberapa hal yang berkembang sepanjang pembahasan APBD. Setidaknya ada tujuh hal yang mempengaruhi hal itu. 

Pertama, pengalihan belanja hibah untuk KPU-Bawaslu ke Perubahan APBD Tahun Anggaran 2023. Pemenuhan belanja pos tersebut dibagi menjadi dua: 40% pada tahun 2023 dan 60% pada tahun 2024. Kedua, Tambahan kebutuhan belanja OPD: daya saing produk, inovasi samsat, fixed cost, serta pemenuhan pupuk dan benih.

Ketiga, Kenaikan hibah untuk bantuan keuangan parpol, dukungan PON-Peparnas, instansi vertikal, dan ormas keagamaan. Keempat, tambahan alokasi untuk kewajiban mengikat dan pelayanan dasar: PBI, honor POPT dan tenaga kesehatan. Kelima, Tambahan alokasi untuk mandatory spending (pengawasan yang besarannya 0,30%). Keenam, tambahan untuk alokasi infrastruktur strategis: TPPAS Legok Nangka, operasional TPK Sarimukti, dan energi baru terbarukan. Ketujuh, efisiensi belanja dari program jalan mulus, belanja transfer, dan media komunikasi publik.

C. Pembiayaan Daerah sebesar Rp 866.553.448.662. Angka ini mengalami penurunan dari yang tertera dalam KUA-PPAS sebesar Rp 334.917.870.966 akibat penyesuaian kenaikan sisa lebih perhitungan anggaran (silpa) dan pencairan Dana Cadangan Daerah (DCD).

Dengan demikian, secara keseluruhan, volume APBD Jabar Tahun Anggaran 2024 adalah Rp 37.351.965.310.884. Ini berarti ada penurunan sebesar Rp 292.457.980.704 dari angka yang tertera pada KUA-PPAS.

Memang dalam perjalanan pembahasan APBD Jabar Tahun 2024 memiliki banyak catatan. APBD ini, sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri, disusun oleh kepala daerah berdasarkan Rencana Pemerintah Daerah Tahun 2024-2026. Hal itu dikarenakan Gubernur Jabar berakhir masa jabatannya pada 2023. Penyusunan APBD Jabar Tahun Anggaran 2024 dilakukan berpatokan pada Permendagri Nomor 15 Tahun 2023 Tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2024.

Sebenarnya banyak hal menyeruak sepanjang pembahasan APBD Jabar tahun 2024. Hal itu bisa dipahami karena begitu kompleksnya masalah. Betapa tidak, jabar memiliki 27 kabupaten/kota dengan jumlah penduduk hampir 50 juta. Belum lagi letaknya yang secara geografis berhimpitan dengan DKI Jakarta. 

Perbaikan di semua program/kegiatan harus selalu diikhtiarkan setiap pelaksana. Dengan demikian, masyarakat akan merasakan bahwa “negara memang hadir” dan mengurus mereka. Pelayanan di berbagai bidang, mulai dari yang terkait pemerintahan, perekonomian, infrastruktur, serta kesejahteraan rakyat (pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, pemuda, olah raga, dan lain-lain) harus selalu ditingkatkan.

Semoga saja APBD Jabar Tahun 2024 dapat menjadi pegangan semua pihak dalam menjalankan roda pemerintahan. Namun, satu hal yang harus selalu diingat adalah tujuan APBD tersebut harus menjadi sarana untuk mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Jabar.

Jika setiap program pembangunan dalam semua tahapannya berjalan secara ideal, tidak akan muncul catatan kritis pada setiap Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (LHP BPK) yang diterima setiap tahun. Bukankah itu juga keinginan setiap pelaksana pemerintahan?

14 Nov 2023

Peringati HKN ke-59, Wabup Ayu: Enam Pilar Tansformasi Sistem Kesehatan Indonesia Harus Kita Bangun Bersama

INDOMEDIANEWS  -- Pemerintah Kabupaten Cirebon menggelar upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 tingkat Kabupaten Cirebon di halaman Kantor Bupati Cirebon, Senin (13/11/2023).

Menurut amanat Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, yang dibacakan Wakil Bupati Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih, SE., MSi menyampaikan, Indonesia tengah mengalami periode bonus demografi yang hanya terjadi satu kali dalam peradaban sebuah negara. 

"Kita, bangsa Indonesia, harus bekerja keras memanfaatkan peluang ini sebagai momentum Indonesia lolos dari "middle-income trap," menjadi negara berpendapatan tinggi, serta mencapai visi Indonesia Emas 2045," kata Ayu--sapaan akrabnya.

Manusia Indonesia yang sehat dan cerdas adalah kunci mencapai masa keemasan itu. Karenanya, tema Hari Kesehatan Nasional ke-59 tahun 2023, yaitu "Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju" mutlak dilaksanakan.

Setiap orang berhak memperoleh pelayanan kesehatan dan negara bertanggung jawab atas penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan yang layak, sebagaimana amanat UUD 1945. 

"Berdasar mandat itulah, enam pilar transformasi kesehatan penopang sistem kesehatan Indonesia, harus kita bangun bersama dengan serius dan terus menerus," ujar Ayu, mengutip sambutan Menkes.

Pilar pertama, kata Ayu, transformasi layanan primer. Dari fokus mengobati, menjadi mencegah. 

Pilar kedua, transformasi layanan rujukan. Dari akses layanan kesehatan yang susah, menjadi mudah. Penguatan pelayanan kesehatan rujukan dilakukan melalui pemenuhan infrastruktur, SDM, sarana prasarana, pemanfaatan telemedisin, pengembangan jejaring pengampuan layanan prioritas, dan pelayanan unggulan berstandar internasional.

Pilar ketiga, transformasi sistem ketahanan kesehatan. Dari industri kesehatan yang bergantung ke luar negeri, menjadi mandiri di dalam negeri. Penguatan ketahanan kefarmasian dan alat kesehatan harus dilakukan mulai dari rantai pasok di hulu hingga ke hilir. 

Pilar keempat, transformasi pembiayaan kesehatan, dari pembiayaan yang tidak efisien, menjadi transparan dan efektif.

"Dengan disahkannya UU No. 17 tahun 2023 tentang Kesehatan, Pemerintah akan menerapkan penganggaran berbasis kinerja, dengan mengacu pada Rencana Induk Bidang Kesehatan (RIBK)," tambahnya.

Pilar kelima, lanjut Ayu, transformasi SDM Kesehatan. Secara khusus, pemerintah tengah mengakselerasi produksi dan pemerataan jumlah dokter spesialis, melalui penyelenggaraan pendidikan dokter spesialis berbasis kolegium dan rumah sakit.

Dan pilar keenam, transformasi teknologi kesehatan. Dari sistem informasi yang terfragmentasi, menjadi terintegrasi. Dari teknologi kesehatan yang tertinggal, menjadi terdepan. 

"Sediakan perangkat jaringan dan SDM yang memadai, agar digitalisasi data kesehatan dapat terlaksana," sambungnya.

Di akhir sambutannya, Ayu turut mengajak seluruh masyarakat untuk ikut berperan membangun kesehatan, dimulai dari diri sendiri, keluarga, dan lingkungan sekitar.

"Mari kita bangun bersama tubuh dan jiwa yang sehat dan kuat, demi Indonesia Emas 2045. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa meridhoi ikhtiar kita dan memberkati kita semua dengan kesehatan dan kesuksesan," pungkasnya. (1c)

12 Nov 2023

Klinik Pratama Muhammadiah Lemahabang diresmikan

INDOMEDIANEWS - terus berupaya mengembangkan pelayanan terhadap Masyarakat, kelinik pratama muhammadiah kini telah memiliki gedung baru dua lantai yang berdiri diatas lahan seluas 14, 5 x 8 meter dengan lama pekerjaan selama 9 Bulan.
hal ini disampaikan Direktur Klinik Pratama Muhammadiah, Moh.Agung Insani usai peresmian gedung baru tersebut, Minggu,12/11/2023.

"Agenda hari ini adalah peresmian gedung baru klinik pratama Muhammadiah Lemahabang,Kabupaten Cirebon , yang pengerjaannya memakan waktu 9 bulan dan telah sesuai standar terperifikasi dari Dinas provinsi jawa barat, karena untuk pembangunan gedung tersebut harus benar benar sesuai, karena ketatnya aturan, maka jika dirasa ada yang tidak tepat maka kami bongkar kembali, akhirnya pengerjaannya dirasa begitu lama, namun akhirnya, Alhamdulillah, semuanya dapat dilaksanakan dengan baik hingga digelarnya acara peresmian tersebut" tuturnya.

lebih lanjut dirinya menuturkan, dengan fasiitas penunjang yang memadai ditambah tenaga medis dan perawat yang profesional diharapkan mampu memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat yang membutuhkan pertolongan kesehatan.

"kami memiliki pegawai sebanyak 19 0rang, diantaranya 3 Dokter umum, 1 Doktor gigi ditambah perawat dan pegawai lainnya, dimana tugas mereka dilakukan full dalam setiap harinya, dalam artian kami tidak ada waktu libur, selain mengutamakan pelayanan kesehatan apa yang dilakukan muhammadiah merupakan dakwah yang tidak semata billisan atau perkataan, namun perbuatan yang baik pun merupakan perwujudan dakwah, InsyaAllah dengan sarana yang ada saat ini semakin mampu memaksimalkan pelayanan yang manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh kalangan, prinsipnya kami memberikan harga yang murah namun bukan murahan, dan dalam pelaksanaan peresmian gedung baru klinik pratama muhammadiah ini pun kami melaksanakan acara pengobatan gratis termasuk pelayanan kesehatan gigi bagi anak-anak pelajar yang ada di wilayah kecamatan lemahabang, dan Alhamdulillah, selama ini pasien yang datang berobat tidak hanya warga kecamatan lemahabang, namun mereka datang dari berbagai kecamatan, bahkan hingga perbatasan kecamatan yang masuk wilayah kab kuningan, ini menandakan bahwa pelayanan yang kami lakukan mendapat kepercayaan dari halayak banyak, semoga apa yang kami melakukan mampu menjadi lumbung pahala dan mendapat ridlo dari Allah SWT" pungkasnya. (1c)

10 Nov 2023

waspada Kusta " Indonesia peringkat 3 Dunia"

INDOMEDIANEWS- Penderita kusta di Indonesia tergolong banyak, bahkan urutan ketiga dunia, setelah India dan Brazil. Demikian dikatakan, Staf NLR Indonesia, Jane Tampubolon. 

"Keprihatinan kami banyaknya penderita kusta di Indonesia, maka terus dilakukan sosialisasi, guna pencegahan sekaligus penanganan," tuturnya usai acara di Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon, Jumat 10/11/2023.

Jane menjelaskan, penderita kusta di Indonesia khususnya wilayah timur tergolong sangat banyak dan wilayah Jawa, berada di Jawa Timur. 

"Untuk Kabupaten Cirebon relatif sedikit, meski demikian perlu adanya pencegahan. Walau dapat menular, akan tetapi dapat dicegah dengan senantiasa menjaga kebersihan diri dan lingkungan," jelasnya.

Masih dikatakan Jane, untuk penanganan kusta diperlukan kerjasama yang baik seluruh pihak, termasuk pemerintah yang aktif edukasi masyarakat mengenai kusta. 

"Jangan sampai orang yang sudah mengindap kusta dikucilkan. Tapi harus dirangkul dan diobati," tegasnya.

Sementara itu, Kuwu Desa Cipeujeuhkulon, H Lili Mashuri mengungkapkan, sosialisasi disabilitas dan kusta sebagai upaya menambah pengetahuan akan pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan. 

"Mari kita bersama informasikan ke masyarakat, dalam mencegah kusta," ajak wakil ketua FKKC Kabupaten Cirebon ini.

Senada dikatakan Kuwu Desa Tukkarangsuwung, Azis Maulana. Penderita kusta dapat diobati, asalkan yang bersangkutan secara rutin memeriksakan diri. 

"Pencegahan lebih baik daripada mengobati, maka jaga kebersihan diri dan lingkungan," imbuh ketua FKKC kecamatan setempat. (1c)

Desa Sarabau Terpilih menjadi Lokasi Program BSMSS 2023

INDOMEDIANEWS -- Desa Sarabau di Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon dipilih menjadi lokasi untuk program Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) Tahun Anggaran 2023.

Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag menyebutkan, program tersebut merupakan bukti wujud kepedulian dan komitmen pemerintah daerah dengan TNI dalam upaya mensejahterakan masyarakat. 

Menurut Imron, program BSMSS ini adalah salah satu metode untuk memotivasi dan menumbuhkembangkan partisipasi masyarakat dalam membangun wilayah, sehingga mampu mendorong pembangunan di daerah pedesaan.

“Ini merupakan salah satu program pengentasan kemiskinan, membuka keterisolasian wilayah. Sehingga, pada gilirannya tercipta persatuan dan kesatuan kokoh untuk mencapai Kabupaten Cirebon sejahtera yang kita cita-citakan,” kata Imron saat membuka program BSMSS di Desa Sarabau, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon, Kamis (9/11/2023).

Ia menyebutkan, upaya untuk meningkatkan kesejahteraan desa, bukan merupakan pekerjaan yang mudah. Apalagi, dalam situasi dan kondisi seperti sekarang ini, masyarakat diliputi berbagai masalah kemiskinan yang belum mampu diatasi.

Pemkab Cirebon berharap, masyarakat Desa Sarabau menyambut baik program tersebut dengan kesiapan penuh. Sehingga, target yang ingin dicapai bisa segera direalisasikan.

“Kepada pimpinan TNI, dalam hal ini Kodim 0620/Kabupaten Cirebon, kami ucapkan terima kasih atas terpilihnya Desa Sarabau dalam program tersebut. Semoga kerjasama ini akan meningkatkan kinerja kita bersama sebagai aparatur pemerintahan,” tambahnya.
Dandim 0620/Kabupaten Cirebon, Letkol Inf Afriandy Bayu Laksono, S.Sos, M.I.Pol mengatakan, BSMSS adalah program Kodim 0620/Kabupaten Cirebon bersama pemerintah daerah dan masyarakat, guna membantu percepatan pemerataan pembangunan, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, untuk memantapkan rasa kebangsaan, sebagai karya nyata keikutsertaan masyarakat dalam upaya bela negara.

“Sebagai kegiatan lintas sektoral, pelaksanaan program BSMSS ini dimaksudkan untuk mengakomodir aspirasi masyarakat Desa Sarabau, mulai dari rembug desa sampai dengan musyawarah pembangunan daerah (Musrenbangda),” ujar Bayu.

Melalui kegiatan tersebut, diharapkan menjadi momentum sekaligus sebagai pendorong semangat kebersamaan, dalam membangun desa yang merupakan bukti nyata TNI dan pemerintah daerah.

Menurut Bayu, keberhasilan pencapaian pelaksanaan program BSMSS TA 2023 ini, akan sangat ditentukan oleh seberapa besar partisipasi aktif seluruh komponen masyarakat Desa Sarabau.

“Berkaitan dengan itu, maka untuk memenuhi harapan dan keinginan kita semua, kegiatan ini diarahkan untuk menimbulkan kesadaran masyarakat dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, serta kesadaran bela negara,” lanjut Bayu.

Program BSMSS diantaranya meliputi, pengerasan jalan usaha tani, rabat beton jalan usaha tani, membangun tempat pemilah sampah. Kemudian, penyuluhan kesehatan hingga pelayanan keluarga berencana. (1c)

Menuju Generasi Emas 2045, Pemkab ajak Remaja Putri Konsumsi Makanan Bergizi

INDOMEDIANEWS -- Pemerintah Kabupaten Cirebon melalui Dinas Kesehatan menggelar kegiatan Aksi Bergizi dan Kampanye Gizi Seimbang dalam rangkaian Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) dan Hari Diabetes Melitus (DM) Sedunia di SMAN 1 Dukupuntang, Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon, Kamis (9/11/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon, Dr. H. Hilmy Riva'i, M.Pd, Kepala Dinas Kesehatan, dr. Hj. Neneng Hasanah, Kepala Kantor Cabang Dinas Pendidikan wilayah X Jawa Barat dan instansi lainnya.

Sekda Hilmy mengatakan, dalam kegiatan ini, pihaknya meminta para remaja untuk selalu menjaga kesehatan dengan pola makan-makanan seimbang dan sehat serta bergizi.

Hal tersebut dilakukan, karena generasi mudalah nantinya yang akan menjadi penerus kepemimpinan sekarang.

"1200an siswa-siswi SMAN 1 Dukupuntang ini nantinya akan menggantikan para pemimpin sekarang. Sehingga perlu disiapkan, mulai dari asupan makanan yang sehat, bergizi, serta nutrisinya harus bagus agar tidak kekurangan darah," katanya.

Di tempat yang sama, Kadinkes Kabupaten Cirebon, dr. Hj Neneng Hasanah mengatakan, tahun 2023 ini, pihaknya telah melakukan screening anemia remaja putri di wilayahnya.

"Dari 40 persen sasaran screening anemia remaja putri, ternyata 53 persen remaja putri di Kabupaten Cirebon menderita anemia, ini sangat bahaya sekali," ujar Neneng.

Ia mengungkapkan, jika remaja menderita anemia atau kekurangan darah, tentunya kondisi tubuh akan lesu, letih dan lelah.

"Jadi, tolong diperhatikan, kalau mau jajan makanan,  apakah makanan yang dimakan itu mengandung zat gizinya, terutama mengandung protein," katanya.

"Kalau terkena anemia, saat belajar jadi kurang konsentrasi. Dan jika berlanjut lama, akan mengganggu proses pertumbuhan dan perkembangan," tambahnya.

Lebih lanjut, Neneng mengatakan, pihaknya akan terus memberikan tablet tambah darah kepada remaja di Kabupaten Cirebon. Bahkan pemberian tablet tambah darah, akan dilakukan secara berkelanjutan.

"Pemberian tablet tambah darah tidak hanya saat ini saja, tetapi kami akan berkelanjutan setiap minggunya, agar remaja di Kabupaten Cirebon terbebas dari anemia," ujar Neneng.

Ia menjelaskan, Pemerintah Indonesia menargetkan pada tahun 2045 merupakan generasi emas. Namun, jika banyak remaja terkena anemia, cita-cita tersebut sulit terwujud.

"Tahun 2045 merupakan generasi emas, sehingga kita persiapkan sumber daya manusia (SDM) dari sekarang. Kami ingin ini terwujud dari remaja putri yang cantik, sehat dan cerdas tanpa anemia, untuk masa depan Indonesia kedepan," tutupnya. (1c)

8 Nov 2023

21 Kecamatan Bersaing Dalam Lomba Penanganan Stunting

INDOMEDIANEWS -- Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag mengapresiasi Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Kabupaten Cirebon yang menggelar lomba penanganan stunting antar kecamatan.

Menurut Imron, stunting menjadi persoalan yang harus ditangani bersama. Oleh karena itu, kesadaran dan pengetahuan yang mencangkup penyebab serta penanganannya harus terus digencarkan oleh pemerintah.

“Camat harus tahu angka stunting di wilayahnya dan menyadarkan banyak pihak untuk melakukan upaya bersama mencegahnya," ujar Imron.

"Salah satunya melalui lomba penanganan stunting tingkat kecamatan ini, semoga Kabupaten Cirebon bebas stunting,” lanjut Imron saat membuka kegiatan penilaian lomba penanganan stunting antar kecamatan di Ruang Paseban, Sekretariat Daerah Kabupaten Cirebon, Selasa (7/11/2023).

Ketua Korpri Kabupaten Cirebon, H. Hendra Nirmala, S.Sos, M.Si menyebutkan, lomba antar kecamatan tersebut digelar dalam rangka HUT ke-52 Korpri, yang jatuh pada tanggal 29 November 2023 nanti.

Pihaknya sengaja memilih lomba tersebut, karena dalam rangka mendukung percepatan pembangunan dan mempercepat penanganan stunting.

“Biasanya, dalam setiap peringatan HUT Korpri, kami menggelar olahraga atau gerak jalan, tetapi kali ini berbeda,” kata Hendra yang juga merupakan Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Cirebon.

Menurut Hendra, pemerintah pusat sudah menggelontorkan banyak anggaran untuk penanganan stunting di Kabupaten Cirebon. Salah satunya, dana sebesar Rp20 miliar untuk pengadaan antropometri.

Berdasarkan data, lanjut Hendra, angka stunting di Kabupaten Cirebon sekitar 14.000 atau 8,59 persen dari total balita. 

“Harus ada kerja keras untuk menekan angka tersebut,” ujarnya.

Dari 40 kecamatan di Kabupaten Cirebon, lanjut Hendra, hanya 21 kecamatan yang mengikuti lomba tersebut. Padahal, ajang tersebut merupakan bagian dari evaluasi kinerja kecamatan dalam penanganan stunting tersebut.

“Pengumuman akan dilakukan saat puncak peringatan HUT Korpri pada tanggal 29 November 2023. Disiapkan hadiah, yakni juara pertama Rp10 juta, juara dua Rp7,5 juta, dan juara tiga Rp5 juta," jelas Hendra.

"Mudah-mudahan menjadi motivasi dan semangat dalam melakukan penanganan stunting,” tutupnya. (1c)

7 Nov 2023

Kuwu Belender " maksimalkan pembangunan dan pelayanan"

INDOMEDIANEWS - memaksimalkan program pembangunan terus digalakan pemerintah Desa Belender, kecamatan Karangwareng, Kabupaten Cirebon.
dengan memanfaatkan Anggaran yang tersedia, baik Banprov maupun lainnya, Kuwu Belender Mohamad Gumelar, bertekad untuk menjadikan Desa Belender aebagai sebuah desa yang mampu berkembang dalam berbagai hal.

"saat ini kami tengah melaksanakan berbagai program pembangunan dengan memanfaatkan anggaran banprov, diantaranya adalah penyediaan sara pelengkap pos yandu di dusun 2, pembangunan jalan gang dan spal di dusun 3 , rabat beton di dusun 4 dan pengecatan kantor desa, semuanya kami lakukan secara maksimal demi kesejahteraan dan peningkatan pelayanan terhadap warga Masyarakat" tuturnya, Selasa, 07/11/2023.

lebih lanjut dirinya menjelaskan, dengan memanfaatkan dan menggunakan anggaran secara tepat, diharapkan Belender menjadi sebuah desa yang benar-benar dapat dibanggakan dan mampu bersaing secara positif dengan desa lainnya.

"tugas kami sebagai pelayan adalah memberikan sesuatu yang terbaik bagi seluruh warga Masyarakat, oleh karenanya anggaran yang ada sesuai musdes kami laksanakan dengan baik, harapan saya sebagai seorang kuwu adalah dapat berperan dan bermanfaat bagi orang banyak, termasuk berharap kepada seluruh unsur untuk secara bersama-sama merawat dan memelihara seluruh pembangunan yang telah dilaksanakan, tanpa adanya peran serta dari masyarakat, maka apapun yang telah kami lakukan tentu  nya akan sia-sia, intinya mari cintai desa kita dengan berperan dan berprilaku secara positif, semoga tahun-tahun berikutnya segala program desa yang telah tersusun mampu terealisasi sesuai harapan semua pihak" pungkasnya. (1)

6 Nov 2023

Diseminasi Audit Kasus Stunting, Wabup Ayu: 2024 Bisa 11 Persen

INDOMEDIANEWS-- Diseminasi audit kasus stunting tahap kedua tahun 2023 dilaksanakan di Aula Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Cirebon, Senin (6/11/2023).

Kegiatan ini dipimpin oleh Ketua TPPS Kabupaten Cirebon yang sekaligus Wakil Bupati Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih S.E., M.Si.

Menurut Ayu--sapaan akrab Wabup Cirebon, tujuan diseminasi audit kasus stunting ini untuk mengetahui faktor-faktor resiko dan penyebab resiko Stunting dari mulai sasaran calon pengantin, ibu hamil, ibu melahirkan, baduta maupun balita.

Ayu mengungkapkan, terkait prevelensi stunting Kabupaten Cirebon tahun 2022 sebesar 16,8%, masih berada di atas prevelensi stunting pemerintah pusat.

Pemkab Cirebon memerlukan strategi yang komprehensif dalam percepatan penurunan stunting, agar mencapai angka prevelensi di bawah 14% pada tahun 2024 dan mewujudkan "zero new stunting" di Jawa Barat.

“Percepatan penurunan stunting, saya pastikan telah menjadi salah satu prioritas, yaitu sejalan dengan penyelenggaraan reformasi birokrasi tematik sesuai arahan pemerintah pusat,” tegasnya.

Ia berharap, mudah-mudahan, karena pihaknya sangat optimis, tahun 2024 kasus stunting di Kabupaten Cirebon turun hingga 11 persen. Ayu mengakui, meskipun di tengah jalan banyak kendala dan hambatan. 

"Sesungguhnya kita harus tahu penyebabnya, yaitu dari hulu, diantaranya adalah pemberian tablet tambah darah (TTD) kepada anak-anak SMP dan SMA," kata Ayu.

Namun, masih kata Ayu, di lapangan ternyata 24,5 persen anak-anak di Kabupaten Cirebon tidak mau minum TTD. Maka, perlu kerja keras di tahun 2023 in, agar jangan sampai keluarga lemah ekonomi juga akhirnya berujung stunting anaknya. 

"Di Sumber, kasus stuntingnya tinggi. Setelah diinventarisir, karena pola asuh, pola asuh berkaitan dengan SDM. Edukasi kita harus gencar memberikannya, seperti pemberian makanan yang bergizi," lanjutnya.

Sementara, Kepala DPPKBP3A Kabupaten Cirebon, Hj. Eni Suhaeni, SKM., M.Kes mengatakan, audit kasus stunting tahun kedua merupakan kegiatan prioritas. 

Dengan adanya kegiatan audit stunting ini, bisa secara gamblang melakukan aksi terkait dengan audit kasus stunting ini. 

"Audit kasus stunting merupakan identifikasi resiko dan penyebab resiko pada kelompok sasaran berbasis surveilans rutin atau sumber daya lainnya," jelas Eni.

"Identifikasi kasus stunting adalah menemukan atau mengetahui resiko-resiko potensial penyebab langsung, baik itu melalui asupan maupun ada penyakit lainnya, dan penyebab tidak langsung pada calon pengantin, ibu hamil dan lainnya," sambungnya.

Berdasarkan hasil survei di tahun 2024, Kabupaten Cirebon bisa zero new stunting. Pasalnya, pada tahun 2021 kasus stunting berada di 26,05 persen, 2022 turun menjadi 16,08 persen. 

"Mudah-mudahan di tahun 2023 sesuai dengan target menjadi 11 persen, dan tidak ada lagi kasus stunting," harapnya. (1c)

4 Nov 2023

Program Mubeng Cara Pemkab Cirebon Serap Aspirasi Masyarakat Hingga Tingkat Desa

INDOMEDIANEWS-- Pemerintah Kabupaten Cirebon kembali menggelar program Mudun Bareng (Mubeng). Kali ini, wilayah yang disasar, yaitu Kecamatan Talun, Kecamatan Greged, dan Kecamatan Mundu.

Rombongan Mubeng sendiri start dari Pendopo Bupati Cirebon menuju kantor Kecamatan Talun, Pasar Durajaya Greged, Kantor Desa Gemulung Tonggoh Kecamatan Greged, dan Desa Penpen Kecamatan Mundu.

Dalam kegiatan Mubeng ini, rombongan Bupati Cirebon, Wakil Bupati Cirebon, Sekda Kabupaten Cirebon bersama jajaran Forkopimda serta perwakilan perangkat daerah, memberikan nasi barokah sekaligus melakukan operasi pasar di lokasi yang dikunjunginya.

Bupati Cirebon, Drs. H. Imron,M.Ag mengatakan, Mubeng ini merupakan program Pemerintah Kabupaten Cirebon guna mengetahui permasalahan-permasalahan yang ada di wilayahnya.

Menurutnya, dengan adanya Mubeng ini, Pemkab Cirebon  mendengarkan secara langsung keluh kesah masyarakat di lapangan (wilayahnya).

"Mubeng ini melibatkan Forkopimda dan seluruh kepala SKPD. Selain bersilahturahmi, kami juga menjaring aspirasi mengenai permasalahan dan potensi yang ada di daerah yang kami kunjungi," ujar Imron, Sabtu (4/11/2023).

Selain itu, lanjut Imron, di acara Mubeng ini juga, pihaknya  tidak lupa memberikan bantuan sosial kepada masyarakat yang membutuhkan. 

"Kami memberikan sembako, kursi roda dan bantuan rutilahu kepada masyarakat yang tidak mampu," lanjutnya.

Imron mengungkapkan, banyak permasalahan di daerah yang dirinya tidak mengetahuinya. Seperti halnya di Kecamatan Greged, angka stunting dan kemiskinannya cukup tinggi.

"Kita menemukan masalah, yakni di Kecamatan Greged, angka stuntingnya cukup tinggi dan angka kemiskinan mencapai 20 persen. Ini menjadi kerja keras semua pihak, agar kasus tersebut bisa teratasi dengan baik," ungkap Imron.

Ia mengatakan, pihaknya meminta kepada Camat Greged untuk mencari faktor apa yang menyebabkan angka stunting dan kemiskinan cukup tinggi di wilayah tersebut. 

"Mata rantai penyebab stunting harus kita putus dan pentingnya penyuluhan. Selain itu, kita juga mencari potensi apa yang ada di Greged, agar bisa menangani kemiskinan," sambungnya.

Lebih lanjut, Imron mengatakan, jumlah rutilahu di Kabupaten Cirebon masih cukup tinggi, yakni diangka 10.000an. 

Sedangkan, untuk harga komoditi di pasar tradisional, kata Imron, harganya masih cukup stabil. "Kami juga tidak lupa mengecek harga kebutuhan pokok di pasar, harganya cukup stabil," imbuhnya.

Di tempat yang sama, Ketua Mubeng sekaligus Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon, H. Ronianto, S.Pd., MM mengatakan, Pemkab Cirebon rutin melakukan Mubeng, untuk mengetahui potensi dan menyerap aspirasi masyarakat di daerah.

"Mubeng ini untuk menjalin silahturahmi semua pihak, serta untuk mendapatkan aspirasi dari masyarakat. Karena, Pak Bupati juga ingin mengetahui aspirasi masyarakat dan apa yang dibutuhkan di daerah, dengan cara datang langsung, sehingga diharapkan persoalan cepat terselesaikan," singkatnya. (1c)