18 Okt 2023

Anggaran Pilwu Japura Lor belum Cair " Logistik terhambat"

INDOMEDIANEWS- Beredar kabar tentang terhambatnya logistik Pilwu Desa Japura Lor, Kecamatan Pangenan Kabupaten Cirebon, akibat anggaran yang belum dicairkan, menimbulkan berbagai pertanyaan bahkan menjurus adanya dugaan ada oknum yang bermain agar pilwu di Desa tersebut gagal.

Hal tersebut disampaikan salah seorang warga setempat, yang enggan identitasnya di publikasikan.

"Kami merasa aneh, kok Anggaran buat logistik pilwu hingga sekarang belum juga dicairkan, alasannya memang bermacam-macam, ada yang bilang karena Sekretaris Desa Japura Lor yang saat ini menjadi Plt Kuwu (Muksin-red) katanya sakit, ada juga yang bilang karena LPJ nya belum dibuat, sementara LPJ sudah dibuat, dan kalau Plt nya sakit kan masih bisa dicairkan oleh bendahara, ini jelas ada dugaan bahwa memang disengaja agar pilwu tidak dilaksanakan karena alasan logistik, bukan hanya kami sebagai warga yang merasa aneh dan kecewa, tim 9 pun merasakan hal yang serupa, jangan korbankan Masyarakat hanya untuk memenuhi ambisi atau nafsu segolongan orang, kami berharap pihak yang berkopenten segera mencairkan Anggaran Pilwu, agar semuanya dapat berjalan dengan baik, jangan sampai Masyarakat marah dan menggeruduk kantor desa" tuturnya.

Senada hal tersebut disampaikan salah seorang tokoh Masyarakat setempat, Lasmino, yang berharap jangan sampai ada oknum yang bermain.

"Wajar kalau Masyarakat merasa aneh dan menduga ada oknum yang bermain, karena Anggaran yang seharusnya mudah untuk dicairkan kok seakan dipersulit dengan berbagai alasan, kalau anggaran tidak dicairkan maka berdampak pada terhambatnya logistik dan bisa berimbas pada pilwu yang gagal, kami coba berbaik sangka, namun jangan sampai kebaikan kami dimanfaatkan, yang pasti warga sepakat, jika sampai hari ini Anggaran belum juga dicairkan, maka warga Japura lor akan melakukan Demo ke kantor Desa dan meminta pertanggungjawaban beberapa pihak yang ada didalamnya, kasihan, pilwu tinggal 3 hari lagi, masa harus digagalkan karena kepentingan golongan tertentu" tuturnya.

Sayangnya, saat awak media akan melakukan konfirmasi ke Plt Kuwu Japura Lor (Muksin-red) yang bersangkutan tidak berada ditempat.

Menyikapi adanya informasi keterlambatan Anggaran yang belum bisa dicairkan, Ketua Panitia Pilwu Desa Japura Lor, Ahmad Tarmizi, membenarkan hal tersebut.

"Memang benar kang, saat ini Anggaran buat logistik belum dicairkan, sedangkan pihak pendor atau CV yang menangani logistik tidak akan menurunkan logistik jika belum dibayar, sementara pelaksanaan pilwu tinggal menghitung hari, namun demikian, kami berusaha Anggaran tersebut bisa dicairkan hari ini, semoga saja dengan keterlambatan anggaran tidak menjadi penghambat dalam pelaksanaan pilwu, soalya uang atau anggarannya ada di pihak Pemdes, jadi kami menunggu agar pihak pemdes segera dapat mencairkan anggaran tersebut" tuturnya, Rabu, 18/10/2023. (1c)

0 $type={blogger}: