28 Okt 2023

INTEGRASI MODA TRANSPORTASI

Oleh 
Daddy Rohanady
Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat


Beberapa kawan mengeluhkan tentang sebuah paradoks. Mereka merupakan pengguna jasa layanan transportasi Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). Yang dikeluhkannya adalah sesuatu yang, menurut hemat saya, sangat wajar. Isi keluhannya menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah Provinsi Jawa Barat, yakni berkaitan dengan belum terintegrasinya moda transportasi.

Dengan menggunakan KCJB, waktu tempuh Jakarta-Bandung hanya sekitar 40 menit. Waktu tersebut memang hanya dari transit oriented development (TOD/stasiun) Halim ke TOD Tegalluar. Namun, dari Tegalluar ke Gedung Sate bisa membutuhkan waktu sekitar 1 jam. Ada beberapa hal yang menyebabkan hal itu.

Selepas dari TOD Tegalluar, jalur yang dilalui menuju ke arah Gedung Sate memang masih banyak yang sempit. Dengan demikian, laju kendaraan pun pasti lebih lambat. Sebenarnya ada jalur pilihan melalui jalan tol, namun, sebelum masuk tol, tetap saja harus mengular masuk ke kawasan kompleks perumahan Summarecon. Sebelum memasuki kawasan itu, lagi-lagi jalurnya masih cukup sempit.

Jika jalur yang dipilih adalah masuk ke arah Jalan Soekarno-Hatta, bisa dipastikan jalur tersebut lebih macet lagi. Sebelum sampai ke Jalan Soekarno-Hatta saja, setelah keluar dari kawasan Summarecon, jalannya sudah mulai menyempit. Belum lagi ketika kita berpapasan dengan para pengunjung Mesjid 
Raya Al-Jabbar. Selain jalannya masih sempit, jalur ini sudah cukup padat penggunanya. 

Selepas itu, melalui Jalan Cimencrang bisa dipastikan tidak kalah macet. Jalan itu relatif  sempit, sedangkan kendraan yang melaluinya tidak pernah sepi sejak diresmikannya Mesjid Raya Al-Jabbar. Jalan Cimencrang memang semestinya sudah diperlebar mengingat volume kendaraan yang melewati jalur itu. Namun, pembebasan lahan di wilayah perkotaan memang bukanlah hal yang mudah. Persoalan pembebasan lahan hampir selalu menjadi masalah klise di setiap kegiatan pembangunan. Padahal, jika Jalan Cimencrang sudah diperlebar, bisa dipastikan volume kendaraan ke dan dari Mesjid Raya Al-Jabbar maupun TOD Tegalluar akan menjadi lebih lancar.

Memasuki Jalan Soekarno-Hatta juga tidak bisa terlepas dari kemacetan. Jalur itu memang sangat strategis mengingat fungsinya yang menjadi penghubung bagian timur menunju arah tengah atau pusat kota. Dengan demikian, bisa dipastikan bahwa volume kendaraan di Jalan Soekarno-Hatta pastilah padat. Di sepanjang kiri-kanan jalan tersebut berjejer berbagai perkantoran, kantor pemerintah, kantor partai, bisnis, supermarket Markas Kepolisian Daerah Provinsi Jawa Barat. Di belakangnya juga banyak sekali perumahan yang tentu saja jumlah rumahnya secara total menjadi ribuan. 

Jika kita menunju Gedung Sate dari Jalan Soekarno-Hatta, ada beberapa alternatif yang bisa digunakan. Bisa melalui perempatan Jalan Kiara Condong dan bisa juga melalui perempatan Jalan Buah Batu. Namun, bisa dipastikan, menjaleng kedua perempatan besar tersebut, akan dialami pemacetan yang cukup panjang. Bahkan, sebelum itu, perjalanan akan terganggu dengan adanya kendaraan yang berputar arah.

Lalu, masuk ke pusat Kota Bandung pun tidak kalah macet. Para pengguna jalan harus tahu betul jalur alternatif yang akan digunakan. Jika tidak, bisa dipastikan satu hal: pasti akan terjebak beberapa kemacetan. Jadi, memang dibutuhkan juga pengetahuan soal jalur mana yang macet dan jalur mana yang tidak --atau kemacetannya tidak terlalu parah.

Begitulah kita-kira kondisi yang akan dialami para penumpang KCJB selepas turun dari TOD Tegalluar. Masih ada beberapa jalan alternaf yang bisa digunakan. Paling tidak, gambaran singkat ini bisa menjadi gambaran singkat. Namun, gambaran singat ini memang membutuhkan solusi atas masalahnya. 

Sempitnya jalur dan kemacetan tersebut menjadi PR berikutnya bagi Pj. Wali Kota Bandung Bambang Tirtojuliono. Bambang juga merupakan Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat. Selain itu, masalah tersebut juga merupakan PR bagi Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin. 

Tentu PR itu tidak hanya untuk kedua eksekutif tersebut. Hal itu juga menjadi PR untuk kebijakan yang dihasilkan bersama DPRD Kota Bandung dan DPRD Provinsi Jawa Barat. Bahkan, akan menjadi lebih elok lagi jika Pemerintah Pusat juga turut mengulurkan tangan untuk menyelesaikan masalahnya.

Semoga semua pihak berkenan mengikhtiarkan solusi atas masalah yang ada di Provinsi Jabar itu. Dengan demikian paradoks yang ada tidak terjadi lagi. Bukankah negara wajib mengurus dan mengikhtiarkan segala upaya untuk kesejahteraan rakyat? Wallahu’alam bisshawab.

27 Okt 2023

Bupati Cirebon " Olahraga Pencak Silat Harus Terus Berkembang dan Berprestasi

INDOMEDIANEWS -- Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag menghadiri Musyawarah Cabang (Muscab) dan Pelantikan Pengurus Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Cirebon tahun 2023-2027. Acara tersebut dilaksanakan di Pendopo Bupati Cirebon, Jum'at (27/10/2023).

Imron mengatakan, Pemerintah Kabupaten Cirebon terus mendukung semua cabang olahraga yang ada di daerahnya.

Sehingga, ia berharap dengan adanya Muscab IPSI ini, olahraga Pecak Silat dapat berkembang lebih baik lagi dari yang sebelumnya.

"Saya berharap, Pencak Silat di Kabupaten Cirebon tumbuh lagi, berprestasi serta mampu membawa nama Kabupaten Cirebon ke jenjang yang lebih tinggi," kata Imron.

Ia juga mengungkapkan, selama ini Pemkab Cirebon selalu memberikan fasilitas untuk cabang olahraga di Kabupaten Cirebon. Namun, lanjut Imron, ada tiga faktor agar olahraga bisa berkembang dengan baik serta mendapatkan banyak prestasi.

"Ada tiga faktor agar olahraga berkembang, diantaranya dukungan dari keluarga (orang tua) dan atletnya sendiri. Di samping itu, setiap cabor ada pelatih yang menggali potensi-potensi atletnya," ujarnya.

"Dan terakhir, unsur pemerintah, karena sangat penting sekali dukungan pemerintah," imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Koni Kabupaten Cirebon, Sugeng Darsono mengatakan, pihaknya meminta agar kepengurusan IPSI yang baru bisa memberikan gagasan dan ide-ide yang lebih baik lagi.

Menurut Sugeng, dalam mengelola cabang olahraga, lebih baik dipengaruhi oleh dua hal yang bisa membuat organisasi bisa lebih berkembang dan maju.

"Pertama, manajemen organisasi. Didalam organisasi yang baik, yang dibutuhkan bukan SUPERMAN, tetapi SUPERTIM. Karena kalau SUPERMAN itu orang hebat, pintar, tapi dia jalan sendiri, tidak bisa bekerja sama dan bersinergi dengan yang lain. Tetapi kalo SUPERTIM adalah tim yang solid, punya jejaring yang kuat dan punya Komitmen bersama untuk memajukan organisasi dan prestasi atlet," jelas Sugeng.

"Dan yang kedua, adanya pelatih, sarana dan prasana serta dana untuk operasional kegiatan, semuanya itu berkaitan," lanjutnya.

Ia berharap, dengan kepengurusan IPSI yang baru ini, dapat merekrut atlet-atlet muda di Kabupaten Cirebon.

"Pembinaan agar bisa merekrut atlet-atlet usia dini sebagai regenerasi masa yang akan datang, karena potensi di Kabupaten Cirebon sangat baik. Apalagi, IPSI di Kabupaten Cirebon merupakan cabor unggulan, karena kemarin pada Porprov 2022 mendapatkan medali emas. Dan tentunya ini berkat kerjasama tim yang baik," tambah Sugeng. (lisdis)

25 Okt 2023

Kuwu Sumarno beri ucapan selamat kepada Kuwu terpilih, H.Munif

INDOMEDIANEWS-Apresiasi dan ucapan selamat diberikan kuwu Desa mertapadawetan, Kecamatan Astanajapura,Kab Cirebon, Sumarno, kepada seluruh warga Masyarakat yang telah menjaga keamanan dan kenyamanan selama pelaksanaan pilwu serentak yang digelar pada hari minggu, 22 Oktober 2023.

"kami dari pihak pemerintah desa dan pribadi, mengucapkan selamat dan terimakasih kepada seluruh warga Masyarakat yang telah selesai melaksanakan pemilihan Kuwu dengan aman dan nyaman, secara pribadi kami pun mengucapkan selamat kepada H.Munif, yang telah terpilih sebagai kuwu Mertapadawetan,semoga dibawah kepemimpinannya Desa mertapadawetan bisa semakin maju dan berkembang, selaku kuwu terdahulu, tentunya kami berharap adanya dukungan dari semua pihak untuk kepemimpinan H.Munif, kini saatnya melupakan perbedaan dan saling mendukung demi kemajuan Desa, dalam setiap kompetisi, ada yang menang dan ada yang kalah, namun setelah semuanya berahir, satukan visi dan misi demi kebersamaan, saat ini disisa kepemimpinan saya, ada beberapa PR yang harus diselesaikan, mudah-mudahan disisa masa bakti saya semuanya bisa terselesaikan dengan baik" tuturnya, Rabu,25/10/2023.

sementara itu, Kuwu terpilih, H.Munif, berterimakasih atas peran serta dan dedikasi kuwu Sumarno, selama memimpin Desa hingga terselenggaranya pilwu.

"keberhasilan dan keamanan selama pasca pilwu hingga pelaksanaan pilwu , ini pun berkat peran serta pak kuwu Nono, oleh karenanya saya sebagai warga yang kebetulan dipercaya untuk memimpin desa sangat memerlukan masukan serta arahan dari beliau terkait kepemerintahan Desa, selain daripada itu, ucapan terimakasihpun kami haturkan kepada semua pihak yang telah bersama-sama  menjaga pesta Pilwu ini dengan tetap mengedepankan rasa persaudaraan, semoga saya mampu melaksanakan amanah yang diembankan warga kepada saya" tuturnya.

senada hal tersebut disampaikan ketua team pemenangan H.Munih, Amak.

"kami hanya berharap saat ini saatnya membangun Desa secara bersama-sama, kita lupakan masa masa kampanye hingga berahirnya pilwu, saatnya kita satukan misi, seperti yang disampaikan Pak Kuwu Nono, perbedaan adalah hal yang wajar, namun setelahnya kita adalah sama, dan kemenangan ini adalah kemenangan seluruh warga Masyarakat Mertapadawetan" jelas Amak (1c)
 

23 Okt 2023

Peringati HSN, Bupati Cirebon Resmikan Penamaan Aula KH. Abbas Abdul Jamil

INDOMEDIANEWS -- Bertepatan dengan Hari Santri Nasional Tingkat Kabupaten Cirebon Tahun 2023 dengan tema “Jihad Santri Jayakan Negeri”, Pemerintah Kabupaten Cirebon menandatangani prasasti pemberian nama aula gedung KH. Abbas Abdul Jamil Asrama Haji Kabupaten Cirebon.

Penamaan ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi pemerintah daerah terhadap tokoh yang memiliki peran penting lahirnya resolusi jihad, yang saat ini dijadikan sebagai Hari Santri Nasional tersebut.

KH. Abbas dianggap sebagai kyai dan tokoh masyarakat dari Kabupaten Cirebon yang telah memberikan kontribusi besar bagi bangsa dan negara. 

Pemberian nama gedung dengan nama KH. Abbas juga terkait upaya dari Pemerintah Kabupaten Cirebon melalui Dinas Sosial, yang tengah melakukan proses pengusulan gelar Pahlawan Nasional bagi KH. Abbas oleh pemerintah pusat.

Pemkab Cirebon sesuai dengan SK Nomor 400.9.5/Kep 878-Dinsos/2023, telah membentuk TP2GD (Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah), yang terdiri dari unsur tokoh masyarakat, akademisi, dan birokrat, yang diketuai oleh KH. Aziz Hakim Syaerozie (Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Cirebon).

Pengusulan ini berdasarkan harapan dan desakan dari masyarakat agar KH. Abbas, yang telah berjasa besar bagi bangsa Indonesia mendapatkan apresiasi dari negara.

"KH. Abbas adalah tokoh Cirebon yang pengaruhnya sangat luas, tidak saja bagi masyarakat Cirebon, tetapi juga bangsa Indonesia," ujar Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag saat menghadiri peringatan Hari Santri Nasional di Lapangan Ranggajati Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Minggu (22/10/2023).

Menurut Imron, tanpa ada KH. Abbas, mungkin tidak akan ada pertempuran Surabaya, yang sekarang diperingati sebagai Hari Pahlawan setiap tahunnya. 

Ia menyebut, KH. Hasyim Asy'ari belum berani memutuskan waktu yang tepat untuk memulai peperangan sampai KH. Abbas datang ke Surabaya.

Penandatanganan peresmian aula gedung KH. Abbas Abdul Jamil, Asrama Haji Kabupaten Cirebon ini, sengaja dilakukan bertepatan dengan momentum Hari Santri. "Hal ini dilakukan, sebagai bentuk apresiasi pemerintah daerah terhadap sosok KH. Abbas Abdul Jamil," kata Imron.

Pihak keluarga, yang diwakili oleh Kyai Mohammad Mustahdi, mengaku senang dan bersyukur, bahwa perjuangan kakeknya diapresiasi oleh negara.

Cucu dari KH. Abbas ini menuturkan, bahwa ia sangat yakin, kakeknya tersebut berjuang dilandasi keikhlasan dan semata-mata karena Allah SWT.

"Saya mengucapkan terima kasih pada tim pengusul, yang terus berikhtiar supaya KH. Abbas mendapatkan gelar Pahlawan Nasional," kata Mustahdi.

Sementara itu, KH. Azis H. Syaerozie, Ketua TP2GD sekaligus Ketua PCNU Kabupaten Cirebon menambahkan, bahwa KH. Abbas merupakan sosok penting dalam membangun Nahdlatul Ulama. 
Menurut Aziz, KH. Abbas adalah teladan bagi pengurus NU, tidak saja mengenai kealiman, tetapi juga wawasan kebangsaan dan kiprah nyata perjuangan untuk bangsa dan negara.

"Sebagai ketua TP2GD, saya akan berusaha maksimal agar negara memberikan penghargaan terhadap KH. Abbas, dengan memberikan gelar Pahlawan Nasional," tambahnya. (lisdis)

Gufron "Scuritiy yang terpilih jadi kuwu japura lor"

INDOMEDIANEWS - Dukungan masyarakat japura lor, kecamatan Pangenan, Kabupaten Cirebon, berujung dengan kemenangan Gufron sebagai kuwu setempat,setelah berhasil meraih suara terbanyak melebihi kuwu definitif, Mulyadi.

usai kemenangannya,ribuan Masyarakat Japura lor melakukan sujud syukur sebagai ucapan terimakasih atas apa yang telah diraih sesuai harapan.

setelah berhasil meraih suara terbanyak, dalam pemaparannya, Gufron, yang merupakan seorang scuritiy disalah satu SMK yang berada di Lemahabang, menuturkan kepada IM.

"Alhamdulillah Kang, atas ijin Allah dan dukungan dari seluruh warga japura lor, saya dipilih dan dipercaya untuk memimpin desa dengan harapan mampu melaksanakan kewajiban dan harapan Masyarakat, InsyaAllah, dengan tekad dan keinginan untuk mengabdi, apa yang diinginkan bisa terwujud " tuturnya.

lebih lanjut Gufron menjelaskan, bahwa usahanya bersama team membuahkan hasil yang sangat membahagiyakan.

"ini kemenangan bersama kang, bukan hanya saya, namun seluruh warga Masyarakat yang memang berkeinginan untuk adanya perubahan,oleh karenanya, kami senantiasa mohon dukungan dan bimbingan agar harapan untuk melakukan perubahan yang terbaik bisa tercapai, intinya saya mengajak kepada semua pihak untuk secara bersama sama membangun dan merawat Desa agar menjadi kebanggaan kita semua, kepada Kuwu Mulyadi, kami ucapkan terimaksasih atas segala dedikasi yang terlah tercapai, sebagai Manusia tentunya tidak akan luput dari kesalahan, itu pula yang terjadi pada saya, mohon maaf dan terimakasih kepada semuanya, semoga ini adalah langkah awal yang baik dengan tetap memohon keridloan pada Allah SWT" pungkasnya. (1c)

Tukang tambal ban jadi kuwu Mertapadawetan

INDOMEDIANEWS - Akhirnya setelah menanti dengan perasaan penuh harapan, sang tukang tambal ban,H.Munif, terpeilih menjadi Kuwu Desa Mertapadawetan, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon masa bakti 2023-2029.

pria yang kesehariannya berprofesi sebagai tukang tambal ban, menuturkan rasa harunya kepada IM, senin, 23/10/2023.

"rasa syukur dan terimakasih yang tiada terhingga kami haturkan kepada Allah SWT, karena atas ridlonyalah, saya terpilih menjadi kuwu untuk memimpin Mertapadawetan ke arah yang lebih baik, rasa hormat dan terimakasih pun kami haturkan kepada seluruh warga Masyarakat Mertapadawetan yang telah menentukan hak pilihnya dengan aman dan damai, termasuk kepada seluruh team dan pendukung yang tidak bisa kami ucapkan satu persatu, intinya kemenangan ini adalah kemenangan seluruh warga Masyarakat mertapadawetan" tuturnya.

lebih lanjut Munif menjelaskan, pihaknya mengajak semua pihak untuk bersatu dan membangun bersama.

"kami perlu dukungan dari semua pihak untuk menbangun Desa, termasuk para Lembaga, tokoh Masyarakat, kepemudaan dan Masyarakat lainnya, karena tanpa adanya dukungan tidak mungkin saya dapat melakukan apapun, intinya mari bersama membangun dan lupakan berbagai perbedaan" tuturnya.

senada hal tersebut disampaikan ketua team pemenangan,yang akrab disapa amak.

"ini adalah awal yang berat, kami hanya mengharap ringankan beban pemimpin yang baru dengan menyatukan visi misi, sebagai ketua team, kami hanya mampu mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak, termasuk warga yang telah mensukseskan jalannya pilwu, hanya Allah yang bisa membalas segalanya, semoga dibawah kepemimpinan H.Munif, harapan Masyarakat bisa terealisasi, mari berdoa untuk kemajuan mertapada dengan secara bersama-sama berfikiran positif dan lupakan berbagai perbedaan" jelasnya. (1c)

18 Okt 2023

Diskominfo Kabupaten Cirebon Luncurkan Sistem Pelayanan Informasi Terpadu

INDOMEDIANEWS -- Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cirebon terus melakukan inovasi dalam mempermudah layanan berbasis elektronik. Terbaru, Diskominfo Kabupaten Cirebon meluncurkan Sistem Pelayanan Informasi Terpadu (Sipiter), bertempat di Command Center Sekretariat Daerah Kabupaten Cirebon, Rabu (18/10/2023).

Peluncuran Sipiter ini merupakan Laporan Proyek Perubahan Kepala Diskominfo Kabupaten Cirebon, Bambang Sudaryanto, SH., MH yang tengah mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan XX Tahun 2023. 

Launching ini dihadiri langsung oleh Bupati Cirebon, Drs. H. Imron M.Ag didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon yang sekaligus mentor, Dr. H. Hilmy Riva'i, M.Pd beserta sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Cirebon.

Dalam aplikasi tersebut, terdapat beberapa layanan yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat luas maupun ASN di lingkungan Pemkab Cirebon. Sehingga, Sipiter ini juga merupakan integrasi beberapa layanan elektronik yang selama ini masih tersebar di Perangkat Daerah masing-masing dijadikan dalam satu wadah layanan secara terpadu.

Bupati Imron menyambut baik inovasi yang dilakukan ini. Menurutnya, semangat reformasi birokrasi berbasis elektronik ini bisa cepat tercapai dengan adanya integrasi layanan.

"Dengan adanya sistem ini, maka masyarakat cukup dipermudah, karena semua layanan masyarakat sudah terpadu ada disitu dalam satu layanan website. Semoga inovasi ini juga bisa memberikan manfaat yang lebih luas, baik bagi masyarakat secara umum maupun ASN," ujar Imron.

Namun, Imron juga meminta kepada semua instansi di Pemkab Cirebon untuk ikut berperan aktif dalam memperbaharui data yang ada dalam sistem. Karena, menurutnya, tanpa adanya kerjasama, maka sistem yang baik tidak akan berjalan dengan baik.

"Perangkat daerah juga harus ikut membantu, karena pada dasarnya, semua ini untuk mempermudah layanan kepada masyarakat," tambahnya.

Di tempat sama, Sekda Kabupaten Cirebon juga menyebut inovasi ini sangat sejalan dengan amanat Perpres Nomor 95 Tahun 2018 tentang SPBE. 

"Kita berharap, masyarakat bisa memanfaatkan website Sipiter ini untuk mendapatkan berbagai layanan yang dibutuhkan. Efektif, efisien dan transparan adalah semangat kita dalam memberikan pelayanan," singkatnya.

Sementara itu, Kadiskominfo Kabupaten Cirebon sebut masih ada beberapa permasalahan yang menjadi kendala dalam pengembangan website Sipiter ini. Menurutnya, penyempurnaan dari website akan terus diupayakan oleh pihaknya, sehingga kedepan website Sipiter akan bermanfaat secara penuh.

"Ada beberapa perangkat daerah yang belum menyerahkan data layanan informasi berbasis elektroniknya, sehingga saat ini website Sipiter kedepannya akan dilakukan pembaharuan secara berkelanjutan," ungkap Bambang.

"Harapan saya, semoga website Sipiter ini memberikan kemudahan bagi masyarakat dan ASN yang hendak mendapatkan pelayanan melalui media elektronik. Karena kalau diibaratkan, Sipiter ini merupakan rumah bagi berbagai aplikasi layanan informasi berbasis elektronik yang disediakan oleh Pemkab Cirebon," imbuhnya. (Lisdis)

PPS Pilwu Wangkelang mulai tertibkan gambar Calonwu

INDOMEDIANEWS - Memasuki masa tenang pilwu serentak 2023, seluruh atribut atau tanda gambar para calon kuwu mulai ditertibkan.
Salah satunya yang dilakukan KPPS Pilwu Wangkelang, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon.
Dengan melibatkan Unsur TNI/Polri dan Pol PP, seluruh tanda gambar yang terpampang di setiap sudut mulai diturunkan.
Hal ini disampaikan Ketua PPS Pilwu Wangkelang, Ikhwanul Ma'arif, kepada media, Rabu,18/10/2023.

"Saat ini kami dibantu oleh unsur TNI/Polri dan Polisi Pamongpraja mulai melakukan penertiban tanda gambar seluruh Calon kuwu, diharapkan dengan telah diturunkannya seluruh gambar yang terpasang, selain agar kembali bersih dan rapih seperti sedia kala, iklim yang semula mungkin agak memanas kembali mendingin dengan tetap kondusif dan nyaman" jelasnya.

Selain melakukan pembersihan tanda gambar, dirinya meminta kepada seluruh para calon dan simpatisannya, agar tetap mengedepankan rasa kebersamaan dan toleran antar sesama.

"Pilwu adalah pesta Rakyat yang demokrasi,langsung, jujur dan terbuka, oleh karenanya kami sangat berharap, dengan adanya perbedaan dalam memilih dan menentukan calon pemimpin, tetap persaudaraan harus diutamakan karena pada hakekatnya kita semua bersaudara, beda pilihan sesuatu yang wajar, terpenting harus disadari adalah siapapun kelak yang menjadi kuwu, dialah hasil pilihan warga,jadi kami senantiasa menghimbau agar perbedaan jangan dijadikan permusuhan, namun jadikan pembelajaran sebagai langkah awal menuju sebuah perubahan yang lebih baik, mari kita jadikan pilwu wangkelang sebagai pilwu yang aman, damai dan nyaman" pungkasnya.(1c

Anggaran Pilwu Japura Lor belum Cair " Logistik terhambat"

INDOMEDIANEWS- Beredar kabar tentang terhambatnya logistik Pilwu Desa Japura Lor, Kecamatan Pangenan Kabupaten Cirebon, akibat anggaran yang belum dicairkan, menimbulkan berbagai pertanyaan bahkan menjurus adanya dugaan ada oknum yang bermain agar pilwu di Desa tersebut gagal.

Hal tersebut disampaikan salah seorang warga setempat, yang enggan identitasnya di publikasikan.

"Kami merasa aneh, kok Anggaran buat logistik pilwu hingga sekarang belum juga dicairkan, alasannya memang bermacam-macam, ada yang bilang karena Sekretaris Desa Japura Lor yang saat ini menjadi Plt Kuwu (Muksin-red) katanya sakit, ada juga yang bilang karena LPJ nya belum dibuat, sementara LPJ sudah dibuat, dan kalau Plt nya sakit kan masih bisa dicairkan oleh bendahara, ini jelas ada dugaan bahwa memang disengaja agar pilwu tidak dilaksanakan karena alasan logistik, bukan hanya kami sebagai warga yang merasa aneh dan kecewa, tim 9 pun merasakan hal yang serupa, jangan korbankan Masyarakat hanya untuk memenuhi ambisi atau nafsu segolongan orang, kami berharap pihak yang berkopenten segera mencairkan Anggaran Pilwu, agar semuanya dapat berjalan dengan baik, jangan sampai Masyarakat marah dan menggeruduk kantor desa" tuturnya.

Senada hal tersebut disampaikan salah seorang tokoh Masyarakat setempat, Lasmino, yang berharap jangan sampai ada oknum yang bermain.

"Wajar kalau Masyarakat merasa aneh dan menduga ada oknum yang bermain, karena Anggaran yang seharusnya mudah untuk dicairkan kok seakan dipersulit dengan berbagai alasan, kalau anggaran tidak dicairkan maka berdampak pada terhambatnya logistik dan bisa berimbas pada pilwu yang gagal, kami coba berbaik sangka, namun jangan sampai kebaikan kami dimanfaatkan, yang pasti warga sepakat, jika sampai hari ini Anggaran belum juga dicairkan, maka warga Japura lor akan melakukan Demo ke kantor Desa dan meminta pertanggungjawaban beberapa pihak yang ada didalamnya, kasihan, pilwu tinggal 3 hari lagi, masa harus digagalkan karena kepentingan golongan tertentu" tuturnya.

Sayangnya, saat awak media akan melakukan konfirmasi ke Plt Kuwu Japura Lor (Muksin-red) yang bersangkutan tidak berada ditempat.

Menyikapi adanya informasi keterlambatan Anggaran yang belum bisa dicairkan, Ketua Panitia Pilwu Desa Japura Lor, Ahmad Tarmizi, membenarkan hal tersebut.

"Memang benar kang, saat ini Anggaran buat logistik belum dicairkan, sedangkan pihak pendor atau CV yang menangani logistik tidak akan menurunkan logistik jika belum dibayar, sementara pelaksanaan pilwu tinggal menghitung hari, namun demikian, kami berusaha Anggaran tersebut bisa dicairkan hari ini, semoga saja dengan keterlambatan anggaran tidak menjadi penghambat dalam pelaksanaan pilwu, soalya uang atau anggarannya ada di pihak Pemdes, jadi kami menunggu agar pihak pemdes segera dapat mencairkan anggaran tersebut" tuturnya, Rabu, 18/10/2023. (1c)

17 Okt 2023

Dukungan terhadap Calwu H.Munif " Warga Mertapadawetan satukan misi"

INDOMEDIANEWS- Gegap gempita warga Masyarakat Desa Mertapadawetan,Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, saat menghantar Calon Kuwu No Urut 5, H.Munif , berkampanye berkeliling Desa dengan iringan lagu Mars dukungan dan Solawat Nabi, sebagai wujud kecintaan terhadap Kanjeng Rosulallah SAW.
Dalam kampanye terbuka tersebut, H.Munif yang berprofesi sebagai tenaga jasa tambal ban, berharap adanya perubahan dalam pemerintahan desa, termasuk menjadikan Desa Mertapada wetan sebagai Desa Digital yang mencakup berbagai aspek.

"Kami ingin memberikan kemudahan kepada Warga Masyarakat dalam memperoleh pelayanan, selain itu, harapan saya sebagai calon yang didukung secara penuh oleh warga Mertapada wetan, ingin menjadikan Desa kami menjadi sebuah Desa yang benar-benar dapat dibanggakan, baik secara peningkatan perekonomian, Pendidikan,Infrastruktur hingga meningkatkan peran serta perempuan dan sosial kebudayaan yang mengutamakan budaya lokal agar lebih bisa produktif dan berhasil guna" tuturnya.Selasa, 17/10/2023

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, tekad yang bulat dalam pencalonan kuwu karena adanya sokongan dan dorongan dari Warga Masyarakat termasuk keluarga.

"Secara materi, kami tidak memiliki apa-apa, namun karena dorongan kuwat dari warga dan keluarga, saya yakin, materi bukan menjadi yang utama, yang terpenting adalah keinginan untuk mengabdi dan melakukan yang terbaik bagi warga, adalah hal yang paling utama, saya hanya berpesan, gunakan hak pilih secara bijak dan utamakan hati nurani, InsyaAllah, dengan adanya dukungan dan Do'a dari semuanya, niat dan harapan akan terkobul atas Ridlo Allah SWT, saya sebagai Manusia hanya mampu beriktiar dan keputusan akhirnya kami serahkan kepada Allah Tuhan pemilik segalanya" pungkasnya.

Uniknnya, dalam pencalonannya tersebut, banyak warga yang berkunjung kekediamannya dengan membawa berbagai buah tangan hingga minuman bahkan sigaret, inilah bukti dukungan warga terhadap sosok yang dikenal tegas namun humanis.

Sementara itu, salah seorang team sukses , yang akrab disapa Kang Amak, menuturkan harapannya.

"Kita sudah berupaya maksimal untuk mewujudkan harapan demi adanya perubahan pemerintahan Desa yang semakin baik dan transparan, bagi kami, Sosok Munif adalah seorang yang memiliki integritas dan kemampuan daya fikir yang positif, banyak program kemasyarakatan yang kami buat, seperti Santunan kifayaf, Gratis pendidikan bagi Anak yatim, Kadedeh atau tanda kasih kepada guru ngaji, pelayanan Ambulan desa gratis, termasuk memaksimalkan peran perempuan, InsyaAllah semuanya akan bisa terwujud dengan adanya dukungan dari seluruh warga Masyarakat Mertapadawetan, perbedaan pilihan adalah hal yang wajar, namun kami memohon kepada semuanya untuk memilih H.Munif menjadi Kuwu Mertapadawetan, InsyaAllah, dapat menjalankan amanah dengan tetap berpegang pada norma Agama dan mentaati segala aturan yang berlaku" jelasnya (1c)

16 Okt 2023

Ribuan Warga padati kampanye terbuka Calonwu Japura lor " Gufron"

INDOMEDIANEWS - Lautan manusia memadati setiap sudut jalan yang dilalui Calon Kuwu Desa Japura Lor, Kecamatan Pangenan, Kabupaten Cirebon, Nomor Urut 2, Gufron, saat menggelar kampanye terbuka, Senin, 16/10/2023.
Massa pendukung begitu antusias mengiringi Calwu Gufron masuk dan menemui warga di hampir seluruh pelosok desa setempat.
Dalam acara tersebut, terlihat raut wajah gufron begitu sumringah dengan menyaksikan ribuan warga Masyarakat yang terus meneriakan namanya.

"Saya sangat terharu melihat ribuan warga yang menyambut baik dengan penuh senyum disetiap kali saya menghampiri, bahkan tidak sedikit warga yang kami temuai selalu berdo'a agar saya menjadi Kuwu di Desa japura lor" tuturnya.

Lebih lanjut,pria yang bekerja sebagai securiti di salah satu Sekolah Swasta tersebut menginginkan adanya perubahan dalam pemerintahan desa yang pro warga tanpa membeda bedakan.

"Tugas pemimpin itu menjadi pengayom, jadi sudah sepatutnya berprulakulah layaknya seorang Ayah terhadap anaknya, saya sebagai warga biasa yang diminta untuk maju sebagai Calwu, tentunya menginginkan yang terbaik dalam membina berbagai hal, termasuk dalam pemerintahan Desa, InsyaAllah, dengan keterbatasan yang saya dan keluarga miliki, mampu mewujudkan harapan warga Masyarakat agar saya terpilih menjadi kuwu di desa Japura lor, tentunya dengan doa dan dukungan, yang utama lagi atas ijin Allah" pungkasnya. (1c)

Heriyanto "Calwu Karangasem" dukungan warga sangat berarti"

INDOMEDIANEWS - Massa pendukung calon kuwu Nomor urut 2, Desa Karangasem, Kecamatan Karangwareng, Kabupaten Cirebon, Heriyanto, berduyun-duyun berkampanye memasuki setiap gang dan pinggiran jalan Desa setempat, Senin,16/10/2023.
Masa yang sebelumnya berkumpul di depan kediaman Kuwu periode pertama yang kembali mencalonkan untuk periode ke dua tak hentinya mengalunkan kalam illahi dengan berpegangan tangan sembari sesekali berteriak hidup pak Kuwu Heriyanto.

Para simpatisan berkeyakinan,Heriyanto kembali akan terpilih menjadi Kuwu Desa karangasem untuk periode ke dua, hal ini disampaikan salah seorang pendukungnya yang enggan disebutkan identitasnya.

"Selama kepemimpinan beliau, Desa karangasem sudah sangat berkembang, baik pembangunan infrastruktur maupun hal lainnya, oleh karenanya kami yakin, beliau akan terpilih kembali" harapnya.

Sementara itu, usai melaksanakan kampanye terbuka, Heriyanto yang kembali mencalonkan sebagai Kuwu Karangasem menjelaskan.

"Saat ini saya kembali mencalonkan Kuwu karangasem, karena ingin melanjutkan program pembangunan desa yang mungkin belum seluruhnya terealisasi, Masyarakat sudah paham betul akan kinerja saya, maka wajar jika Masyarakat kembali menaruh harapan kepada saya untuk kembali menjadi kuwu di Desa karangasem" tuturnya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, selama kepemimpinannya, perubahan sudah sangat bisa dirasakan, tidak semata infrastruktur, namun sosial budaya, kemasyarakatan, kepemudaan, Agama dan hal positif lainnya .

"Saya tidak hanya berjanji, namun sudah terbukti apa yang telah berhasil kami lakukan, namun demikian tentunya saya tidak dapat memuaskan seluruh pihak, pasti ada kekurangan disana-sini, oleh karena itu, saya bertekad untuk terus berupaya memperbaiki atau melaksanakan hal yang belum sepenuhnya terlaksana, saat ini saya dan keluarga hanya mengharap Do'a serta dukungan dari semua pihak, agar harapan menjadi Kuwu kembali bisa tercapai, intinya saya ingin terus berupaya memberikan yang terbaik bagi warga Karangasem" pungkasnya .( 1c)

Kuwu Karangwareng " Jelang Masa jabatan terus bekerja dan peduli sesama"

INDOMEDIANEWS - Menjelang masa ahir kerja yang hanya tinggal beberapa saat kedepan, Hj.Eti, Kuwu Desa Karangwareng, Kecamatan Karangwareng, Kabupaten Cirebon terus melakukan pengembangan program pembangunan Desa, diantaranya adalah pembangunan Irigasi Desa yang berlokasi di Blok ujungan buah, Saluran tengah pembuangan air di Dusun 2 dan TPT yang berlokasi di Dusun 3 dengan memanfaatkan Anggaran Dana Desa dan Bantuan Provinsi Jawa Barat.

"Alkhamdulillah, 2 priode saya menjadi kuwu Karangwarenga, rasa Syukur saya tentunya kepada Allah yang senantiasa membimbing hingga bisa menyelesaikan tugas dan tanggung jawab sesuai harapan " tuturnya.

Dimasa mendekati akhir masa baktinya, dirinya berharap,kelak siapapun yang menggantikannya mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik.

"Saat ini tengah dilaksanakan pesta demokrasi pemilihah Kuwu di Desa kami, semoga kelak akan menghasilkan pemimpin yang benar-benar mengutamakan kepentingan warga, siapapun nanti yang terpilih, dialah yang terbaik, oleh karenanya, kami berharap bijak dan dan pandailah dalam memilih pemimpin, InsyaAllah dengan pemimpin yang baik, Desa karang wareng akan lebih maju" jelasnya.

Sebagai kenangan dan rasa kepedulian akan sesama, keluarga besar Hj.Eti memberikan bantuan Air bersih bagi warga yang menghadapi kekeringan.

"Sebagai sesama yang turut peduli, Kami dari keluarga secara pribadi atau tidak menggunakan dana dari luar, memberikan bantuan berupa air bersih sebanyak 12 tengki bagi masyarakat Desa seuseupan, semua yang kami lakukan semata demi kemaslahatan, dan pembagiannya sendiri dilakukan setiap dua hari sekali, dimana setiap harinya dilakukan pembagian air bersih sebanyak 2 tengki, semoga apa yang kami lakukan dapat bermanfaat bagi warga sekitar" tuturnya. (1c)

H.Fuad " Caleg dapil 6 PKB " Cirebon butuh sosok yang mumpuni

INDOMEDIANEWS- Mengemban 5 misi sesuai nomor urut 5, Calon Anggota DPRD Kabupaten Cirebon Daerah Pemilihan 6, H.Fuad, S.Pd.,M.PD , bertekad membangun Kabupaten Cirebon yang berlandaskan pancasila dan Norma Agama demi kemaslahatan umat.

"Sesuai nomor urut 5, saya mengemban 5 visi misi, yaitu kebersamaan, kemanusiaan, Kesetaraan, persaudaraan dan kesejahteraan, mengapa hal ini perlu ada, karena dengan kesetaraan, kebersamaan, kemanusiaan, persaudaraan dan kesetaraan mampu menciptakan kesejahteraan, inilah alasan mengapa saya bertekad maju sebagai Anggota DPRD, selain itu, tentunya kesiapan saya maju sebagai anggota dewan , karena adanya dorongan dari berbagai lapisan Masyarakat" tuturnya.

Lebih lanjut H.Fuad menuturkan, perlu adanya sosok yang mampu dan memiliki keyakinan untuk melakukan sebuah perubahan demi perkembangan Kabupaten Cirebon.

"Cirebon ini selain memiliki berbagai Sumber Daya Manusia yang mumpuni, juga di tunjang dengan berbagai aspek lainnya, diantaranya industri yang terus berkembang dan kelebihan lainnya, jika hal tersebut tidak dimaksimalkan dan dimanfaatkan dengan baik demi kesejahteraan warganya, maka kita hanya bisa menjadi penonton, karena itulah, saya tidak ingin hanya menjadi penonton, namun ingin menjadi pemeran yang mampu merubah sesuatu yang kurang baik menjadi sesuatu yang lebih baik, dengan usungan Partai Kebangkitan Bangsa, harapan saya bisa membangkitkan Kabupaten Cirebom melalui kinerja dan tekad yang tetap berlandaskan norma Agama, InsyaAllah dengan niat dan tekad untuk berbuat yang terbaik, Allah kabulkan harapan kami, yang terpenting adalah adanya dukungan dan Do'a dari seluruh warga Masyarakat Kabupaten Cirebon, hususnya dapil 6, agar niat kami tercapai dengan ridlonya Allah" tuturnya. (1c)

Nomor urut 2 Calwu Karangwareng " perlu kesamaan Visi dan Misi "

INDOMEDIANEWS- Yuherdi.S.Sos,  Calon Kuwu Desa Karang wareng Nomor urut 2, menggelar kampanye terbuka dengan berkeliling Desa dan diikuti oleh ribuan masa pendukungnya, Senin, 16/10/2023.
Kegiatan yang dilaksanakan sejak pagi hingga siang hari, berjalan dengan penuh hikmad dan diiringi lantunan salawat Nabi oleh seluruh Warga Masyarakat yang turut berkeliking bersama calon kuwu pilihannya.

Usai kampanye, Calon Kuwu yang dikenal ramah namun tegas tersebut, menjelaskan keinginannya untuk melaksanakan sesuatu yang terbaik bagi Desa.

"Sokongan dan dukungan warga Masyarakat Karangwareng menjadi penyemangat bagi kami untuk berjuang bersama mewujudkan cita-cita untuk membangun dan mengembangkan desa ke arah yang lebih mapan dan maju, kami yakin dukungan dan do'a masyarakat sekitar akan membuahkan hasil dengan baik sesuai harapan bersama" tuturnya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, dalam menjalankan roda pemerintahan desa, diperlukan adanya keselarasan dan kesamaan visi misi agar apa yang diinginkan bisa terealisasi.

"Masyarakat Karangwareng sudah sangat pintar dan bijak dalam menentukan siapa yang pantas untuk memimpin Desa, kami sadar dan paham, tidak mudah melakukan sesuatu atau perubahan yang positif, hususnya mengenai tata kelola desa, oleh karenanya, saya bertekad untuk melakukan perubahan , termasuk pembenahan manajemen pemerintahan, ini perlu dilakukan demi peningkatan pelayanan terhadap warga Masyarakat dan peningkatan kinerja jajaran perangkat desa, keinginan dan harapan kami bisa tercapai dengan adanya dukungan yang solid dari seluruh warga Masyarakat Karangwareng, oleh karenanya, dengan kerendahan hati, kami mohon do'a dan dukungan dari semuanya, semoga cita -cita saya menjadi kuwu tercapai dengan ridlo dan berkah Allah SWT" pungkasnya. (1c)

Kuwu Sarajaya " Peringatan Maulid Nabi SAW " pemersatu Umat

INDOMEDIANEWS- Warga Desa Sarajaya, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, berduyun-duyun memadati halaman masjid Nurul Falah dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.
Acara yang diisi dengan berbagai kegiatan keagamaan, seperti Hadroh, bacaan barjanji, Solawat dan tauziah sebagai tanda kecintaan terhadap junjungan Nabi Besar Muhammad SAW.
Seperti yang disampaikan Kuwu Sarajaya, Rudiyana, usai pelaksanaan pembacaan Barjanji, Minggu, 15/10/2023.

"Peringatan Maulid Nabi yang dilaksanakan setiap tahunya, merupakan bentuk penghormatan dan pengabdian juga pedoman bagi kita sebagai ummat muslim untuk senantiasa mengikuti dan melaksanakan segala tuntunan  agar kelak kita dapat berkumpul bersamanya di dalam surganya Allah" tuturnya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, acara yang melibatkan seluruh pihak termasuk majelis ta'lim yang ada di Desanya, diharapkan akan mampu memperkokoh silaturahmi dan persaudaraan demi menuju Masyarakat yang berlandaskan norma agama.

"Melalui momen peringatan Maulid Nabi, diharapkan mampu menjadi pengikat dan pemersatu ummat, karena hakekatnya kita adalah saudara, Sosok Kanjeng Rosull adalah panutan yang senantiasa mengajarkan kita untuk saling menyayangi, mengasihi dan saling menghargai, karena Islam itu adalah Rahmatan lilalamin, semoga dengan peringatan yang kita laksanakan setiap tahunnya menjadi modal dan tameng bagi generasi muda Islam" pungkasnya. (1)

15 Okt 2023

Toto bertekad lakukan Perubahan

INDOMEDIANEWS - Kampanye Calon Kuwu Nomor urut 2 Desa Lemahabang, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, Toto Sugiyanto , diikuti oleh ribuan partisipan dan pendukungnya dengan diiringi lantunan salawat, Sabtu,14/10/2023.

Usai kampanye, dikediamannya, Toto, yang sebelumnya pernah menjadi Kuwu Desa Lemahabang pada dekade sebelumnya, kini kembali mencalonkan diri menjadi Kuwu Lemahabang, karena panggilan jiwa dan dorongan warga setempat yang mengharapkan adanya perubahan.

"Atas dukungan dan sokongan warga yang merasa prihatin dengan kondisi desa, saya bertekad untuk melakukan berbagai perubahan yang berdampak pada pengembangan Desa, karena keperihatinan warga sangat beralaskan, betapa tidak, dimana desa-desa lain kantor desanya sangat mewah dan nyaman, sementara yang terjadi di Desa Lemahabang sangat berlawanan, inilah yang membuat saya bertekad untuk melakukan sesuatu yang insyaAllah bertujuan untuk sebuah perubahan yang positif" tuturnya.

Toto pun berharap, jika kelak terpilih menjadi Kuwu Lemahabang, ada beberapa program yang di utamakan, seperti pembenahan manajemen kepemerintahan Desa.

"Tertib administrasi dan mengedepankan keterbukaan informasi publik harus diutamakan, supaya pelayanan terhadap warga Masyarakat bisa dirasakan dengan nyaman dengan tetap mematuhi tata cara atau aturan yang telah ditetapkan, intinya perubahan itu bisa terealisasi dengan adanya sokongan dan dukungan dari semua pihak, oleh karenanya dengan kerendahan hati, saya mohon doa dan dukungan dari seluruh warga Lemahabang agar harapan dan cita-cita bisa tercapai dengan ridlo dan petunjuk dari Allah SWT" pungkasnya.(1c)

14 Okt 2023

PAMERAN DUNIA AVIASI PERTAMA DI CIREBON

INDOMEDIANEWS - Proflight membuktikan komitmennya sebagai sekolah penerbang yang terus 
berinovasi dan memfasilitasi masyarakat Indonesia untuk mengenal sekolah penerbang lebih 
dekat dengan melakukan inisiasi penyelenggaraan Cirebon Aero Festival dan Aviation Edu 
Fair pada tanggal 20 – 21 dan 22 Oktober 2023 bersama Bandar Udara Cakrabhuwana, Sugiri 
Sukani (TNI Angkatan Udara), dan Pemerintah Kota Cirebon.

Selaras dengan visi misi Proflight, Cirebon Aero Festival mempunyai tujuan untuk 
memperkenalkan lebih dalam mengenai pendidikan aviasi, bahwa ruang lingkup aviasi sangat 
luas. Selain penerbang, terdapat juga teknisi penerbangan, air traffic controller, meteo, 
pemadam kebakaran, dan terknologi lainnya yang berkaitan dengan dirgantara.

Berlokasi di Bandara Udara Cakrabuwana Cirebon, Aviation Edu Fair ini menghadirkan 
beberapa narasumber yang ahli dalam bidang fungsi dan guna alat aviasi penerbangan, 
airmodeling, airline from cokcpit, airline from the cabin, dan lain sebagainya. Selanjutnya, ada 
berbagai doorprize yang sudah disediakan oleh Proflight untuk memanjakan pengunjung yang 
hadir nantinya, mulai dari perjalanan terbang gratis, lucky draw, dan masih banyak lagi.
Kemeriahan Cirebon Aero Festival dan Aviation Edu Fair tidak berhenti sampai disitu. 

Acara ini juga dimeriahkan oleh Tari Topeng (Tarian khas Cirebon), perlombaan Mr. & 
Mrs. Pilot, Mr. & Mrs. Pengunjung, lomba mewarnai, dan lomba origami. Terdapat juga 
tenant-tenant makanan khas Cirebon yang akan menyuguhkan hidangan terbaik mereka. 
untuk pengunjung Cirebon Aero Festival dan Aviation Edu Fair ini. 
Proflight membandrol tiket dengan sangat terjangkau. Cukup Rp10.000 saja, 
pengunjung sudah bisa menikmati semua kemeriahan dan mempunyai pengetahuan lebih .

Kegiatan tersebut sangat direspon oleh salah seorang Calon Anggota DPR RI Dapil VIII , Yoseph Umar Hadi , Nomor urut 7.

"Masyarakat akan semakin paham dengan kedirgantaraan , selain itu tentunya banyak hal positif yang didapat dalam acara tersebut, diantaranya adalah pelestarian Budaya daerah, termasuk kuliner dan pemaksimalan para pelaku UMKM agar lebih dikenal diberbagai kalangan, saya selaku Calon Anggota DPR RI, memberikan kesempatan bagi para pengunjung untuk masuk secara gratis, caranya cukup meng folow akun saya dan menunjukannya kepada panitia, pada dasarnya kegiatan kedirgantaraan merupakan sesuatu yang sangat luar biasa, dan kami memberikan kesempatan kepada seluruh pihak untuk datang dan berkunjung dalam acara tersebut, dijamin sangat bermanfaat " tuturnya. ( 1c )

Calon kuwu wangkelang No urut 1 "adakan kampanye lewat istigosah"

INDOMEDIANEWS - Pemilihan Kuwu (Pilwu) serentak 2023, memasuki tahapan kampanye bagi para calon. Salah satunya di Desa Wangkelang Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon, para calon berkampanye dengan melaksanakan istiqosah (doa bersama) di rumah masing-masing Calonwu.

Dalam keterangannya, Ketua Panitia Pemungutan Suara Pemilihan Kuwu (PPS Pilwu) Desa Wangkelang, Ikhwanul Maarif mengatakan, tahapan kampanye di desa ini berupa doa bersama di rumah masing-masing calon. 

"Setelah diadakan musyawarah bersama para calon, diputuskan untuk melaksanakan kampanye berupa istiqosah," tuturnya, saat monitoring kampanye di calon urut nomor 1, Sabtu 14/10/2023.

Lebih lanjut Ayip menjelaskan, kampanye untuk masing-masing calon dilaksanakan secara bergiliran sesuai nomor urut dan acara yang sama dilakukan para calon kuwu yakni, doa bersama. 

"Hari ini nomor urut 1, Senin dan Selasa, nomor urut 2 dan 3. Kemudian hari berikutnya, hari tenang. Pada hari tersebut (hari tenang) bersama masing-masing calon akan menertibkan alat peraga kampanye," jelasnya.

Masih dikatakan Ayip, kampanye yang dilaksanakan dengan doa bersama ini untuk bermunajat pada Allah SWT, agar terkabul apa yang diinginkan. 

"Untuk jadwal kampanye, mulai pukul 8.00 sampai 15.00 WIB untuk masing-masing calon sesuai nomor urut dan dengan kampanye keagamaan ini dirasa lebih kondusif," ujarnya.

Dirinya mengharapkan, kuwu yang terpilih dapat melaksanakan visi dan misi yang telah dibuat, demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat desa. "Tentunya, program yang telah dibuat masing-masing calon kuwu direalisasikan saat menjabat nanti," harapnya.

Sementara itu, kampanye doa bersama nomor urut 1, H Eman Sudirman, yang bertempat di rumah calwu setempat dengan dihadiri massa pendukung.

Menurut Eman, visi dan misi yang telah dibuat akan direalisasikan. Salah satunya, membangun kubah masjid desa dari uang gaji selama tiga tahun, disamping program lain. 

"Yang utama, akan membangun kubah masjid,selain itu tentunya meneruskan program pembangunan dan pengembangan desa yang belum terealisasi, kami berharap, kedepan setelah saya terpilih menjadi kuwu , akan semakin berupaya maksimal untuk memajukan desa dan mensejahterakan warga wangkelang demi terwujudnya wangkelang yang gemah ripah loh jinawi, toto tentrem kertaraharja" tuturnya. ( 1c)

Masyarakat Astanajapura dukung kang Argo untuk kuwu terpilih

INDOMEDIANEWS -Ribuan warga Masyarakat Astanajapura, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, berduyun -duyun menghantar Calon Kuwu Nomor Urut 1, Nanang Fahmi, yang akrab disapa Argo dalam kampanye hari pertama pilwu serentak 2023.

Dibawah terik matahari, tidak menghalangi para pendukung Calon Kuwu No urut 1 untuk berkeliling desa sebagai bentuk dukungan kepada Nanang fahmi agar terpilih menjadi Kuwu Desa Astanajapura.

Usai pelaksanaan kampanye, Argo menuturkan kepada Media, dirinya merasa bangga dan terharu atas dukungan ribuan warga setempat yang mengharapkan dirinya menjadi Kuwu Desa Astanajapura .

"Sudah saatnya Astanajapura berubah kearah yang lebih baik, saya sebagai calon yang diusung oleh keinginan warga setempat, tentunya akan berusaha maksimal dalam membangun dan mengembangkan desa sesuai harapan Masyarakat, dukungan yang diberikan warga sebagai obat penyemangat bagi saya untuk tulus mengabdi dan melayani dengan sepenuh hati" tuturnya, Sabtu, 14/10/2023.

Lebih lanjut Argo, sapaan akrab Nanang fahmi, yang kesehariannya berprofesi sebagai guru honorer, berniat untuk menjadikan desa astanajapura menjadi sebuah desa yang benar- benar bisa dibanggakan.

"Pembangunan infrastruktur, kesejahteraan Masyarakat termasuk para petani maupun tenaga honorer, menjadi prioritas yang akan saya lakukan jika Allah mengijinkan saya menjadi pemimpin di desa ini, selain itu tentunya sosial budaya dan keagaman merupakan program kerja yang tidak kalah pentingnya untuk direalisasikan, intinya kami berharap dengan adanya dukungan yang begitu besar dari warga Masyarakat akan mampu mendongkrak prolehan suara yang bisa menentukan siapa yang terpilih menjadi pemimpin, oleh karenanya, kami tidak  hentinya untuk terus memohon doa dan dukungannya agar tercapai apa yang dicita-citakan, InsyaAllah, amanat yang masyarakat embankan kepada saya akan dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab" pungkasnya.

Sementara itu, salah seorang pendukung yang menggunakan busana ala adat daerah, Epul, yang akrab disapa Bolang, menjelaskan.

"Masyarakat ini sudah sangat merindukan adanya sebuah perubahan, oleh karenanya, pada kampanye ini, ribuan Masyarakat, pria wanita dari seluruh blok yang ada di Desa kami turun langsung dan menghantar calon Kuwu yang kami anggap mampu membuat perubahan, kami sangat yakin, Nanang atau Argo sangt layak untuk memimpin Desa Astanajapura lebih baik dan sejahtera dalam segala bidang" tegas Bolang ( 1c )

SDN 1 Sigong " gelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW"

INDOMEDIANEWS - Para siswa dan pendidik SDN 1 Sigong,Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, menggelar Acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dihalaman Setempat, Sabtu, 14/10/2023.
Dengan tema meneladani akhlak Rosulallah Sebagai pribadi yang unggul,diharapkan mampu menjadi cerminan bagi seluruh generasi muda muslim, hal ini disampaikan kepala SDN 1 Sigong, Dedi Junaedi.

"Mentauladani sosok kanjeng Rosulallah merupakan sebuah kewajiban bagi kita sebagai umat Muslim, terlebih bagi generasi muda, rasa kecintaan terhadap sosok yang berjuluk Al-amin harus ditanamkan sejak dini, mengapa demikian, agar kita tidak tergerus oleh perkembangan jaman, Kanjeng Rosulallah adah hamba atau sosok yang sempurna, sosok yang diagungkan oleh kita semua, dengan peringatan Maulid Nabi merupakan salah satu bentuk kecintaan kita kepada Nabi Akhir jaman, NabiAllah SAW" tuturnya.

Peringatan Maulid Nabi Yang diselenggarakan oleh Pihak Sekolah, Komite dan Orang tua siswa diisi dengan berbagai kegiatan, seperti pertunjukan hadroh oleh para orang tua siswa dan komite sekolah, pembacaan Barjanji oleh para Siswa dan tauziyah yang diisi oleh Ustadzah Cilik juara provinsi , Zelda Ziyadah Maheera.

"Kami dari pihak sekolah berterimakasih atas sumbangsih dan suport dari seluruh pihak hingga terealisasinya acara peringatan Maulid Nabi SAW, semoga dengan peringatan ini kita sebagai umat Muslim semakin mencintai sosok kanjeng Rosul, dan bisa melaksanakan seluruh ajarannya dalam memapak kehidupan, selain itu, bisa memberikan tempat dan kesempatan bagi para siswa untuk mampu tampil dimuka umum, secara pribadi, kami sangat bangga atas ptestasi yang diraih para siswa, termasuk mampu membacakan barjanji dengan baik, semoga apa yang kita lakukan saat ini akan mendapat ridlo dan pahala dari Allah SWT" pungkasnya (1c)

Siswa SDN 2 Gumulunglebak " wisata sambil belajar"

INDOMEDIANEWS- 300 Siswa SDN 2 Gumulung Lebak, Kecamatan Greged, Kabupaten Cirebon, melaksanakan pendidikan luar sekolah dengan mengunjungi Obyek Wisata Cikuya yang berada di Desa Belawa, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, Sabtu, 14/10/2023.

Kunjungan wisata sekaligus pembelajaran luar sekolah diharapkan mampu menjadi edukasi dan pemahaman bagi para siswa tentang pengenalan wisata obserpasi yang sarat dengan pengetahuan bagi para siswa, hal ini disampaikan Kepala SDN 2 Gumulung Lebak, Akhyoni.

"Pembelajaran itu tidak selalu harus dilakukan diruang kelas, salah satunya adalah belajar alam dan mengenalkan kepada para siswa bahwa di Cirebon ini ada salah satu wisata observasi yang sangat berguna bagi pengetahuan dan wawasan para siswa, oleh karenanya kami bersama para guru dan Orang tua Siswa melakukan pembelajaran di luar sekolah dengan berkunjung ke obyek Cikuya" tuturnya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, diharapkan dengan adanya pendidikan alam di cikuya, seluruh Siswa semakin paham tentang keberadaan cikuya, termasuk kura-kura langka dan berbagai fasilitas lainnya.

"Kita bangga di kabupaten Cirebon ada wisata edukasi dan obserpasi yang spesial, karena disini merupakan tempat tumbuh kembangnya kura-kura langka, semoga setelah berkunjung disini, para siswa akan bertambah ilmu pengetahuan secara luas, selain berwisata dan melakukan obserpasi, siswa pun dapat menikmati berbagai fasilitas permainan yang tersedia, mungkin masukan kami bagi pengelola agar menambah fasilitas lainnya, termasuk fasilitas selfi atau area permainan " tuturnya.

Sementara itu, pengelola Obyek Cikuya, Eman, menyambut baik atas kunjungan yang dilakukan oleh pihak SDN 2  Gumulung lebak.

"Kegiatan yang dilakukan pihak SDN 2 Gumulung lebak sangat positif, selain memperkenalkan keberadaan wisata cikuya, juga menumbuhkan rasa kecintaan terhadap wisata yang ada, tidak semata melakukan edukasi maupun obserpasi, namun para siswa diajak berkeliling untuk mengetahui apa saja yang ada disini, termasuk berbagai pohon yang usianya sudah ratusan tahun lebih, selain itu, siswa pun bisa melihat langsung kura-kura langka yang hanya ada di wisata Cikuya, selain itu kami dari pengelola berupaya meningkatkan berbagai fasilitas, termasuk seni hudaya lokal dan berbagai gimik bagi para pengunjung, dengan luas lahan  2000 meter persegi, diharapkan kedepannya keberadaan wisata Cikuya semakin bisa dikembangkan, insyaAllah kegiatan pembelajaran siswa diluar sekolah akan terus kami galakan dengan melibatkan berbagai pihak" jelas Eman ( 1c)

Pemkab Cirebon Terus Percepat Turunkan Angka Stunting

INDOMEDIANEWS -- Wakil Bupati Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih, S.E, M.Si menyebutkan, sepanjang 2023 ini pemerintah daerah sudah melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) ke 15 kecamatan di Kabupaten Cirebon. Upaya tersebut dilakukan untuk mempercepat penurunan angka stunting.

Menurut Wabup Cirebon yang akrab disapa Ayu ini, penurunan angka stunting merupakan instruksi langsung dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. 

Instruksi tersebut disampaikan presiden saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (Banggakencana) dan Percepatan Penurunan Stunting Tahun 2023 pada Rabu (25/1/2023).

Dalam instruksinya itu, Presiden RI menekankan, pada tahun 2024 angka gagal tumbuh atau stunting harus berada pada angka 14 persen. Kabupaten Cirebon merupakan salah satu bagian yang turut andil dalam penurunan angka tersebut.

“Tahun ini adalah tahun terberat untuk berupaya menurunkan angka stunting,” kata Ayu saat melakukan monev ke Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon, Jum'at (13/10/2023).

Berdasarkan data, pada 2023 ini jumlah angka stunting di Kabupaten Cirebon sebanyak 14.014 atau 8,59 persen dari jumlah balita (hasil EPPGBM). Puluhan ribu balita tersebut, menyebar di 28 desa dari sembilan kecamatan.

Ayu berharap, seluruh jajaran yang bertugas mempercepat penurunan angka tersebut tidak hanya sekadar melakukan seremoni saja, melainkan paham akan langkah kerja yang harus digulirkan.

"Upaya penurunan stunting harus dilakukan secara terintegrasi dan kolaborasi lintas sektor. Semua pihak berperan, dari mulai pemerintah daerah, desa, dan tentunya masyarakat," ungkap Ayu.

Ia menambahkan, bahwa pemerintah desa harus mempunyai data yang valid untuk dijadikan sasaran. Perlu pengkategorian data untuk menjadi sasaran dalam penanganan stunting. 

Pengkategorian data ini mencakup data remaja, calon pengantin (catin), ibu hamil, dan balita, baik balita yang underweight, wasting dan stunting. Hal ini agar memudahkan dalam melakukan intervensi, serta capaian kinerja yang jelas. 

Terhadap balita stunting, lanjut Ayu, yang perlu dilakukan oleh pemerintah desa adalah merujuk ke Rumah Sakit untuk mendapatkan penatalaksanaan gizi. Namun pastikan, balita tersebut memiliki BPJS dan administrasi kependudukan yang valid. 

"Sementara untuk balita resiko stunting, dapat diberikan PMT berupa makanan bergizi seimbang yang bersumber dari pangan lokal, serta dipantau status gizinya," tambahnya. (Lisdis)

12 Okt 2023

Bambang " Persoalan Pangan menjadi Perioritas"

INDOMEDIANEWS-  - Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Bambang Mujiarto ST menyebut persoalan pangan menjadi fokus utama yang harus dipastikan keberlangsungannya. Iapun mengingatkan agar masyarakat juga berperan aktif dalam upaya menjaga kedaulatan pangan.

Hal itu selaras dengan hasil Rakernas PDI Perjuangan beberapa waktu lalu dimana salah satu prioritasnya adalah terkait manjaga dan memastikan kedaulatan pangan.

Menurut Bambang, persoalan pangan selalu menjadi prioritas yang selalu disampaikan dalam banyak kesempatan. Tidak hanya pemerintah, upaya menjaga kedaulatan pangan juga harus ada peran serta masyarakat.

"Berdaulat pangan itu harus dimulai dari rumah, dari keluarga, minimal sebagain kebutuhan pangan keluarga bisa dipenuhi sendiri, untuk urusan sayuran, daging dan lain-lain, atau makanan lain pengganti beras bisa ditanam dan dibudidayakan dilingkungan rumah, kebun atau halaman,"tutur Bambang saat bertemu dengan ratusan masysarakat dari Desa Bobos Kecamatan Dukuhpuntang.

Dijelaskan Bambang, jika masyarakat sudah bisa memenuhi urusan pangan, maka potensi terjadinya permainan pasar atau permainan harga tidak akan terjadi.

"Pemerintah bisa bersama - sama bergandengan tangan dengan masyarakat dalam menjaga kedaulatan pangan, karena sekali lagi, menjaga kedaulatan pangan bukan hanya tugas pemerintah, tapi seluruh elemen bangsa,"jelasnya.

Penguatan persoalan pangan kata Bambang harus dirintis dari skala paling kecil dari mulai keluarga, desa, sampai kemudian menuju skala paling besar dengan tujuan menjaga kedaulatan pangan.

"Indonesia dengan potensi alam yang begitu besar sangat berpotensi menjadi slaah satu Negara adidaya dalam bidang pangan,"pungkasnya. (1c)

Lili Sikapi serius persoalan warga " kami lakukan yang terbaik"

INDOMEDIANEWS -Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Dapil XII, Kota/Kabupaten Cirebon, Indramayu, Lili Eliyah, SH.MM menggelar Reses 1 Tahun Sidang 2023/2024 di Desa Beringin, Kecamatan Pangenan, Kabupaten Cirebon, Kamis,12/10/2023.

Acara yang dihadiri ratusan konstituen tersebut merupakan cara yang efektif untuk mengetahui persoalan yang ada.

Terkuak dalam reses tersebut, adanya keluhan warga terkait persoalan banjir akibat tidak segera dilakukannya normalisasi atau pembuatan bronjong kali cimanis yang hingga saat ini seakan terabaikan.
Warga mengadu kepada Wakil Rakyat yang terkenal tanggap, Lili Eliyah, bahwa pihak terkait dalam hal ini BBWS berjanji akan melakukan perbaikan di bulan 7, namun sampai saat ini belum.terealisasi.

Adanya keluhan tersebut, Lili, berjanji akan melakukan pengecekan dan menanyakan langsung kepada pihak BBWS.

"Jika memang dijanjikan dilakukan perbaikan oleh BBWS kisaran bulan 7 atau 10, ini masuk dalam anggaran perubahan, oleh karena itu saya akan cek langsung, apakah benar sudah masuk dalam anggaran perubahan atau tidak, tugas saya disaat menggelar reses adalah untuk menampung segala keluhan atau persoalan yang ada, kalau saya tidak turun langsung, mana mungkin saya mengetahui persoalan yang ada" tututnya.

Dirinya menjelaskan, banyak sekali persoalan yang ada dilapangan, dari mulai jalanan yang rusak, Bansos yang tidak tepat sasaran, termasuk kerusakan sungai akibat alam maupun kurangnya masyarakat dalam menjaga lingkungan.

"Kesalahan data Bansos sudah lama terjadi, makanya saya mendorong kepada pihak terkait untuk segera melakukan perbaikan data, jangan sampai yang terjadi sekarang seolah tidak dapat diperbaiki, kasihan yang berhak justru malah dirampas haknya karena adanya kesalahan data, selain itu, mengenai kerusakan jalan, Masyarakat pun harus paham, apakah itu jalan Desa, jalan Kabupaten atau Provinsi, yang pasti segala keluhan akan dijadikan PR untuk saya mampu berbuat banyak, termasuk persoalan kali cimanis yang kerap membuat resah, InsyaAllah, segala aspirasi maupun persoalan yang ada, kami dari partai Golkar akan berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan yang terbaik bagi seluruh Rakyat Indonesia" pungkasnya. (1c)

9 Okt 2023

Bupati Cirebon Dorong Guru Honorer PAI jadi PPPK

INDOMEDIANEWS  -- Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag mendorong guru honorer Pendidikan Agama Islam (PAI) Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Cirebon menjadi Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Pasalnya, keberadaan guru mata pelajaran PAI di sekolah sangat penting, karena bisa menumbuhkankembangkan akidah, pengetahuan, hingga pengamalan tentang agama Islam.

Imron berharap, guru honorer PAI yang nantinya berganti status menjadi PPPK tetap bisa menjadikan para peserta didiknya terus beriman dan taat kepada Allah SWT.

“Yang terpenting, guru PAI harus tetap menjaga pola pikir generasi penerus dan menjadi perekat bangsa,” kata Imron saat menghadiri Tasyakuran Tahadust Binimah guru PPPK GPAI Sekolah Dasar di Pendopo Bupati Cirebon, Senin (9/10/2023).

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon, H. Ronianto, S.Pd, M.M menyebutkan, hingga Senin 9 Oktober 2023 ini, sudah ada 351 guru honorer PAI yang sudah mendaftar untuk mengikuti seleksi tersebut.

Sementara, jumlah formasi yang dibutuhkan untuk guru mata pelajaran tersebut sebanyak 256 orang. 

“Berarti nanti, sisa guru honorer PAI sebanyak 95 orang,” ujar Ronianto.

Setelah dinyatakan lulus menjadi pegawai, kata Ronianto, pihaknya mendorong agar guru tersebut meningkatkan produktivitasnya, dikarenakan meningkat pula gaji setiap bulannya.

Selain itu, guru saat ini memiliki tugas untuk melakukan pengawasan kepada peserta didik, agar tidak melakukan atau menjadi korban praktik perundungan.

“Guru itu menjadi tonggak pertama, apalagi sekarang lagi marak bullying. Jangan sampai melempem,” ungkap Ronianto. (Lisdis)

Festival Layang-layang Internasional, Bupati Cirebon" Bisa Angkat Potensi Desa"

INDOMEDIANEWS -- Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag menghadiri sekaligus membuka ajang Festival Layang-layang Internasional di Desa Mundupesisir, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Minggu (8/10/2023).

Kepada sejumlah wartawan, Bupati Imron mengaku bangga, Kecamatan Mundu, khususnya Desa Mundupesisir ditunjuk menjadi tuan rumah ajang Festival Layang-layang Internasional tahun 2023 kali ini.

Menurutnya, Festival Layang-layang Internasional, konon baru pertama kali digelar di Jawa Barat, yaitu di Kabupaten Cirebon. Diharapkan, dengan adanya kegiatan Festival Layang-layang Internasional ini dapat menarik daya wisata di Kabupaten Cirebon, khususnya Desa Mundupesisir.

"Dengan adanya festival ini, paling tidak, bisa mengangkat potensi Desa Mundupesisir.  Karena kami inginkan mengangkat potensi di Mundupesisir ini," kata Imron.

Imron menambahkan, bukan hanya Desa Mundupesisir, dampaknya dapat dirasakan juga ke seluruh wilayah di Kabupaten Cirebon. "Adanya kegiatan ini, mudah-mudahan destinasi wisata Kabupaten Cirebon kedepan tambah maju lagi," harapnya. 

Sementara itu, Kepala DPMD Jawa Barat, DR. Ir. H. Dicky Saromi, M.Sc mengatakan, dengan adanya ajang Festival Layang-layang Internasional di Desa Mundupesisir ini, tentunya bisa membawa nama desa di Kabupaten Cirebon, khususnya desa yang berada di pantai utara Kabupaten Cirebon. 

"Semoga kedepan, bisa menjadi daerah yang dikunjungi oleh wisatawan dan menikmati pantai utara Cirebon yang indah, apalagi ini secara internasional," ujar Dicky.

Di tempat yang sama, Ketua Komunitas Layang-layang Indonesia, Sari Madjid, mengaku bahagia dirinya dan perwakilan empat negara lainnya, yaitu Libanon, Malaysia, Singapura dan Indonesia bisa hadir di Kabupaten Cirebon. 

Ia berharap, kegiatan Festival Layang-layang Internasional ini menjadi awal bagaimana desa wisata di Mundu yang akan menjadi desa wisata, yang memang dikenal tidak hanya di Indonesia namun sampai ke Mancanegara.

"Kami mengadakan festival layang-layang ini dari tahun 1992, namun baru di Kabupaten Cirebon saya merasa gembira, karena lintas sektor hadir semuanya. Berharap tahun depan, semoga bisa hadir lagi di Kabupaten Cirebon," imbuhnya. (Lisdis)

Warga Picungpugur peringati Maulid Nabi Muhammad SAW " beliau sosok Al-amin"

INDOMEDIANEWS - Kecintaan akan sosok kanjeng Baginda Rasulallah SAW, diwujudkan Pemerintah Desa dan Warga Picung pugur, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, dengan menggepar acara Tabligh Akbar dalam rangka memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW.
Halaman kantor desa yang berhadapan dengan masjid Desa setempat dipenuhi oleh para pengunjung atau warga yang ingin mengikuti pelaksanaan acara tersebut.
Dalam acara yang dipenuhi dengan berkah tersebut, Kuwu Desa Picung Pugur, Saki, menghaturkan rasa terimakasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan acara peringatan Maulid Nabi SAW dengan penuh hidmat.

"Kami atas nama pemerintah Desa, menghaturkan rasa terimakasih yang tak terhingga kepada seluruh warga Picung pugur, baik yang ada desa maupun di perantauan, ini wajib saya sampaikan karena keikhlasan saudara-saudara kita yang dengan keihklasannya menyisihkan hartanya maupun memberikan bantuan lainnya, saya sangat terharu dan tak mampu berkata banyak, hanya bisa berterimakasih dan berharap agar apa yang telah disumbangkan baik moril maupun material akan mendapat balasan berlipat dari Allah SWT" tuturnya, Senin, 09/10/2023.

Lebih lanjut Saki menuturkan, dilaksanakannya acara ini sebagai upaya dan cerminan kita untuk mentauladani sosok Baginda Rasulallah SAW.

"Baginda Nabi kita, merupakan salah satu sosok yang bergelar  Al-amin, atau Manusia yang dapat dipercaya, semoga kita sebagai ummatnya mampu mentauladaninya dengan tetap melaksanakan perintah Allah dan menjauhi segala larangannya,sosok Kanjeng Nabi adalah Manusia yang sangat sempurna dan istimewa, semoga kita kelak dapat berkumpul disurganya Allah bersama panutan kita semua, Kanjeng Rasulallah SAW" pungkasnya.

Acara Peringatan Maulid Nabi SAW, diisi dengan berbagai kegiatan, seperti penampilan Hadroh, Solawat Nabi, Lantunan Ayat suci Al-Qur'an , Do'a bersama dan tabligh Akbar yang menghadirkan penceramah dari Tasik, Ustadzah Aah Nurul Muhibah. (1c)

Pemdes Buntet maksimalkan Anggaran Banprov 2023.

INDOMEDIANEWS- Pembangunan terus dilakukan demi memberikan kenyamanan bagi warga sekitar maupun pihak terkait yang akan berkunjung maupun mengurus keperluan atau hal lainnya.
Ini pula yang dilakukan Pemerintah Desa Buntet, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon.
Setelah Dana Banprop 2023 dapat dicairkan, Kuwu Desa Buntet, Edi Suhaedi, langsung memanfaatkannya untuk membangun teras kantor Desa setempat.

"Kami ingin memberikan kenyamanan dan pelayanan prima terhadap warga Masyarakat yang akan mengurus sesuatu hal yang berhubungan dengan desa, diharapkan dengan adanya fasilitas yang nyaman, bisa meningkatkan pelayanan kami terhadap masyarakat, intinya, apa yang kami lakukan dengan memanfaatkan anggaran yang tersedia mampu memberikan yang terbaik sebagai mana mestinya" tuturnya, Senin, 09/10/2023.

Lebih lanjut Edi, menjelaskan, setiap anggaran yang terserap akan dipergunakan sesuai kebutuhan yang berdasarkan Musdes.

"Banyak anggaran yang masuk ke desa baik pusat maupun provinsi, dan itu tentunya harus digunakan dan dimanfaatkan dengan sebaik mungkin, tidak hanya peningkatan infrastruktur, namun perekonomian, pemberdayaan, sosial dan keagamaan harus berjalan seimbang, jangan sampai anggaran yang terserap tidak dimanfaatkan dengan baik, toh pada dasarnya pihak pemdes hanya bersifat memenuhi apa yang diperlukan oleh Masyarakat, namun demikian tentunya segala program harus disesuaikan dengan anggaran yang ada, mudah-mudahan kami mampu memberikan pelayanan yang terbaik bagi berbagai pihak, yang terpenting apa yang telah kami lakukan dijaga dan dirawat secara bersama-sama" pungkasnya. (1c)

Final Kuwu Cup 1 Lemahabang kulon " dimenangkan Cipeujeuh wetan"

INDOMEDIANEWS- Babak final sekaligus penutupan turnamen sepak bola kuwu cup 1 Lemahabang kulon, Kabupaten Cirebon, berjalan dengan penuh meriah.
Turnamen sepakbola yang diikuti oleh 16 team dari dalam dan luar Kabupaten Cirebon, akhirnya dimenangkan oleh kesebelasan dari Desa Cipeujeh wetan yang mengalahkan Kesebelasan Desa Sarajaya melalui adu pinalti.
Acara tersebut disakaikan oleh ribuan penonton dan dihadiri langsung oleh unsur Muspika Lemahabang, termasuk, salah seorang calon Legislatif pusat dari praksi PDI Perjuangan, Ir. Ketut Sistiawan.

Usai acara, Ketut, menyampaikan dukungan penuh atas pelaksanaan turnamen yang digagas Kuwu Lemahabang kulon.

"Ini sesuatu yang sangat luar biasa, dan kami sangat mendukung agar ajang seperti ini dilaksanakan di tempat atau desa-desa lainnya, karena selama saya menyaksikan jalannya pertandingan sepakbola walau sekala desa namun tidak kalah beda dengan pertandingan sekelas Nasional, mereka para pemain mudanya sangat berbakat, sudah semestinya pihak terkait , dalam hal ini PSSI atau pihak manapun yang peduli dengan olahraga sepekbola memberikan perhatian dan dukungan penuh terhadap talenta talenta muda, berika ruang dan kesempatan pada mereka untuk mampu berkarir dan bersaing secara profesional, kami akan membicarakannya dengan instansi terkait, hususnya PSSI" tuturnya.

Dalam pelaksanaan babak final turnamen kuwu cup 1 Lemahabang kulon tersebut,sedikt terjadi gesekan antar pendukung, beruntung jajaran kepolisian  dan TNI sangat cepat melakukan antisipasi, termasuk peran serta panitia dan Kuwu kedua Desa yang hadir langsung mengajak para pendukung dari kedua kesebelasan untuk menjaga sportifitas dan kondusifitas, hingga turnamen tersebut dapat dilanjutkan dan berjalan sesuai harapan.

Kuwu Lemahabang kulon, Rudiana yang bertindak sebagai tuan rumah menghaturkan terimakasihnya kepada seluruh pihap.

"Terimakasih atas kerjasama dan dukungan dari berbagai pihak hingga turnamen ini dapat berjalan sesuai rencana, kerjasa team panitia, aparat keamanan TNI/Polri , para seponsor dan peran serta seluruh penonton menjadi modal utama suksesnya acara tersebut, turnamen ini tidak.semata menyuguhkan sebuah tontonan, namun memberikan kesempatan dan peluang rijki bagi para UMKM, InsyaAllah, tahun depan kami akan kembali menggelar turnamen kuwu cup dengan mengikutsertakan 32 kesebelasan dari dalam dan luar Kabupaten Cirebon, mohon doa dan dukungannya" tuturnya, Minggu,08/10/2023. (1c)

6 Okt 2023

PEMBINAAN DAN PENGAWASAN JASA KONSTRUKSI



Oleh :  Daddy Rohanady
Wakil Ketua Pansus Pembinaan dan Pengawasan Jasa Konstruksi
DPRD Provinsi Jawa Barat


Provinsi Jawa Barat sejak dipimpin Gubernur Ahmad Heryawan telah memiliki Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Jasa Konstruksi. Perda tersebut berlandaskan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 1999 Tentang Jasa Konstruksi. 

Jasa konstruksi merupakan kegiatan strategis dalam mewujudkan bangunan yang berfungsi sebagai pendukung atau prasarana aktivitas sosial ekonomi kemasyarakatan guna terwujudnya kesejahteraan masyarakat. Namun, di sisi lain, penyelenggaraan jasa konstruksi juga harus menjamin ketertiban dan kepastian hukum.

Lahirnya perda tentang jasa konstruksi di Jabar sangatlah wajar dan ditunggu oleh banyak pihak, baik penyedia jasa kontruksi itu sendiri maupun Pemerintah Daerah –termasuk kabupaten/kota . Hal ini berkaitan dengan luasnya wilayah dan jumlah penduduk Jabar. Dengan kondisi seperti itu, ditambah letak geografis Jabar yang berhimpitan dengan Ibu Kota Negara, yakni Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta, kehadiran perda seperti itu menjadi sebuah tuntutan yang sangat logis dan realistis. 

Kehadiran perda jasa konstruksi tentu saja sangat diperlukan mengingat pasti banyak jasa konstruksi yang dibutuhkan di wilayah Jabar. Sesuai dengan namanya, Perda Jasa Konstruksi menjadi payung hukum untuk kelancaran pelaksanaan jasa konstruksi. Seiring berjalannya waktu, terbit aturan perundang-undangan baru. Tentu saja dibutuhkan penyesuaian di sana-sini.

Titik tekan utama perda tersebut adalah pada Pembinaan dan Pengawasan Jasa Konstruksi yang bertujuan untuk:
a. menjamin tata kelola penyelenggaraan pelatihan tenaga ahli konstruksi dan penyelenggaraan sistem informasi jasa konstruksi yang baik;
b. mewujudkan peningkatan pembinaan masyarakat jasa konstruksi;
c. mewujudkan pemenuhan persyaratan dan tertib usaha jasa konstruksi, tertib penyelenggaraan jasa konstruksi, dan tertib pemanfaatan produk jasa konstruksi;
d. mewujudkan ketertiban penyelenggaraan Jasa Konstruksi yang menjamin kesetaraan kedudukan antara Pengguna Jasa dan Penyedia Jasa dalam menjalankan hak dan kewajiban, serta meningkatkan kepatuhan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
e. menata sistem Jasa Konstruksi yang mampu mewujudkan keselamatan publik dan menciptakan kenyamanan lingkungan terbangun; 
f. mewujudkan peningkatan partisipasi masyarakat di bidang Jasa Konstruksi; dan
g. menjadi pedoman dalam pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan jasa konstruksi

Itu baru sebagian kecil cuplikan dari rancangan perda (ranperda) Jasa Konstruksi. Memang, Perda Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Jasa Konstruksi perlu direvisi. Hal ini berkaitan dengan terbitnya Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 Tentang Jasa Konstruksi.

Namun, karena perubahan yang ada lebih dari 60 persen, konsekwensinya dibutuhkan perda baru. Adapun ranperda hasil penyesuaian dengan berbagai peraturan perundang-undangan yang ada terdiri dari XII Bab dan 61 Pasal. Judulnya pun disesuaikan menjadi Pembinaan dan Pengawasan Jasa Konstruksi. 

Dalam perjalanan, ternyata terbit lagi peraturan baru yang --mau tidak mau-- harus diikuti. Itulah Peraturan Menteri PUPR Nomor 1 Tahun 2023 Tentang Tentang Pedoman Pengawasan Penyelenggaraan Jasa Konstruksi Yang Dilaksanakan Pemerintah Daerah Provinsi, Kabupaten, Dan Kota. Jadi, hasil penyesuaian itu pun perlu disesuaikan kembali.

Sebagai catatan tambahan, sejatinya setelah tercapai kesepakatan bersama antara Guernur dengan DPRD, besoknya seungguhnya lelang bisa dilakukan. Memang, penandatanganan kontrak dengan pemegang lelang baru bisa dilakukan setelah evaluasi dari Kementerian Dalam Negeri diterima oleh Pemprov. 

Jika langkah ini dilakukan, sesungguhnya pasti terjadi penghematan dalam hal waktu. Artinya, tidak ada lagi alasan kepepet pengerjaannya. Selain itu, dibutuhkan koordinasi antara OPD terkait dengan Biro Pengadaan Barang dan Jasa (Biro Barjas). OPD terkait harus mepersiapkan berkas pelelangan sebelum “ketok palu” APBD. Biro Barjas juga harus secepatnya melakukan pengumuman pelelangan. Artinya, dibutuhkan perencanaan yang baik. Namun demikian, itu semua membutuhkan komitmen semua pihak.

Masih ada lagi hal lain yang harus dicermati. Semua pihak harus menjalankan tupoksinya dengan baik, baik OPD yang membutuhkan jasa konstruksi maupun penyedia jasa konstuksi itu sendiri. Bukankah kualitas pekerjaan, umur rencana teknis, dan hal-hal lainnya harus menjadi rujukan. Hal itu pasti berkaitan dengan spesifikasi teknis juga. Belum lagi persyaratan administrasi dan persyaratan teknis yang juga harus dilengkapi. Intinya, jangan sampai uang rakyat terpakai tidak maksimal. 

Terkait penawaran harga, ada pula hal yang harus dicermati. Rujukan terkait hal itu memang Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 12 Tahun 2021 Tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 16 tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Meskipun Pasal 39 Perpres 12/2021 pada ayat (1) huruf c menyebutkan bahwa Metode evaluasi penawaran Penyedia Barang/Pekerjaan Konstruksi/Jasa Lainnya dilakukan dengan: a. Sistem Nilai; b. Penilaian Biaya Selama Umur Ekonomis; atau c. Harga Terendah, kiranya kualitas tidak boleh dikorbankan. Sekali lagi, dibutuhkan komitmen semua pihak. Jangan sampai pada akhirnya justru yang berlaku “pengawas justru harus diawasi”.

Belum lagi dibutuhkan solusi jitu jika terjadi “bangunan gagal”. Apa konsekwensi kepada para pihak, siapa berhak melakukan apa, dan beberapa hal harus diatur dengan jelas sehingga tidak timbul masalah yang tidak diinginkan bersama.  

Jika setiap jasa konstruksi dalam semua tahapannya berjalan secara ideal, tidak akan muncul catatan kritis pada setiap Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (LHP BPK) yang diterima setiap tahun. Bukankah itu juga keinginan setiap pelaksana pemerintahan? Semoga Pansus VI Provinsi Jawa Barat yang membahas Ranperda Pembinaan dan Pengawasan Jasa Konstruksi bekerja lebih maksimal sehingga pembangunan di Jawa Barat menjadi lebih optimal.