2 Sep 2023

Puncak HUT RI ke 78 " pemdes panambangan gelar pagelaran wayang"

INDOMEDIANEWS - Ribuan warga Masyarakat Panambangan, Kecamatan Sedong, Kabupaten Cirebon, memadati Lapangan Ular Depa desa setempat .
Kehadiran Warga Masyarakat tersebut dikarenakan ingin menyaksikan pagelaran wayang golek Putra Giri Harja 3 dari bandung.

Dalam keterangan yang disampaikan Kuwu Desa Panambangan, Dadang S. Menuturkan, bahww pagelaran wayang tersebut dalam rangkaian peringatan HUT RI ke 78.

"Ini merupakan puncak acara peringatan HUT Ri ke 78, dengan diadakannya pagelaran wayang tersebut, selain sebagai ucapan syukur atas kemerdekaan yang kita nikmati saat ini, juga sebagai upaya melestarikan seni budaya yang saat ini sudah hampir dilupakan, khususnya para generasi muda" tuturnya.Sabtu, 02/09/2023.

Lebih lanjut Dadang , menjelaskan, bahwa dalam pqgelaran wayang tersirat berbagai nasehat dan wejangan bagi kita dalam menjalani kehidupan.

"Makna dan hakekat dalam cerita pewayangan adalah sebagai tuntunan yqng dikemas melalui tontonan sebagai tongkat atau petunjuk kearah kehidupan yang senantiasa berpasrah pada Tuhan yang Maha Kuaasa, Allah SWT" jelasnya.

Dadang berharap, melalui pelestarian seni budaya tradisional, penghormatan dan penghargaan pada leluhur takan sirna ditelan jaman.

Dalam acara tersebut, tidak hanya dipadati oleh ribuan pengunjung, namun pihak muspika Sedong dan unsur terkait lainnya ikut serta bersama berpadu dalam sebuah kebersamaan dengan tidak adanya perbedaan dan status seseorang. (1c)

0 $type={blogger}: