29 Sep 2023

Turnamen Kuwu Cup 1 Lemahabang kulon "perlu dukungan Pemerintah Daerah"

INDOMEDIANEWS - Dunia olahraga harus ditunjang oleh beberapa pihak yang berkopenten.
Ini perlu dilakukan agar Dunia perolahragaan kian berkembang dan mampu bersaing dikancah Dunia.
Sayangnya, perhatian pemerintah Daerah masih kurang maksimal dalam memberikan peluang bagi bibit-bibit muda, hususnya di sekala desa.
Hal ini disampaikan seorang tokoh perempuan yang kebetulan menjadi salah seorang Anggota DPRD Kabupaten Cirebon, Fraksi Golongan Karya, Diah Irwany Indriyati.

"Seharusnya pemerintah memberikan perhatian serius kepada para pelaku olahraga, salah satunya adalah sepak bola, karena dari apa yang kami lihat, talenta muda yang menggeluti bidang olahraga, dalam hal ini sepak bola sangat berpotensi dan tidak jauh beda dengan para pemain profesional, tinggal peluang dan kesempatan yang mungkin masih kurang, inilah yang harus diperhatikan oleh pemerintah terkait, baik koni maupun pihak lainnya" tuturnya, saat menyaksikan turnamen Cuwu Cup Lemahabang kulon, Kamis,28/09/2023.

Lebih lanjut, Diah menuturkan, dirinya sangat respek dan bangga dengan adanya acara turnamen sepak bola yang digagas Kuwu Lemahabang Kulon, diharapkan hal serupa dilakukan oleh Desa lainnya.

"Kami sangat berharap Desa-desa lain mengadakan turnamen seperti yang dilakukan pemdes Lemahabang kulon, bahkan tidak hanya turnamen, apapun kegiatan yang positif yang memberi peluang bagi Anak Bangsa untuk mampu berkarya, semisal seni budaya dan kreasi lainnya, dan kegiatan tersebut harus didukung sepenuhnya oleh Pemerintah dan Instansi terkait, agar apa yang dilakukan Anak Bangsa bisa mendapat apresiasi atau penghargaan yang mampu meningkatkan kemampuan sesuai yang dimiliki, InsyaAllah, jika hal tersebut dilakukan, tidak menutup kemungkinan akan lahir atlit-atlit Cirebon yang membanggakan, jangan sampai Atlit-atlit Cirebon yang berprestasi malah berkiprah di Daerah lain karena kurangnya perhatian dan penghargaan dari pemerintah setempat" pungkasnya.

Sementara itu, Kuwu Lemahabang kulon, Rudiana, sangat berterimakasih atas kehadiran salah salah seorang tokoh perempuan Cirebon Timur dalam acara turnamen sepakbola kuwu cup 1 Lemahabang kulon.

"Diharapkan dengan hadirnya tokoh perempuan sekaligus Anggota DPRD Kabupaten Cirebon, mampu mengangkat dan meningkatkan kreasi dan kreatifitas anak muda, hususnya dalam bidang olahraga maupun lainnya, diharapkan Pemerintah Daerah pun turut andil dan memberikan dukungan penuh dengan segala bentuk kegiatan yang dilakukan pemerintah Desa, karena dampak positifnya adalah selain mampu menciptakan generasi muda yang berkreasi juga berdampak pada pelaku UMKM" jelas Rudiana (1c)

28 Sep 2023

Pemdes Belawa gelar peringatan Maulid Nabi SAW " sosok yang wajib ditauladani"

INDOMEDIANEWS - DKM Masjid Jami baiturohman kolaborasi dengan pemerintah Desa Belawa, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, melaksanakan kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Kamis,28/09/2023.

Acara yang dilaksanakan dihalaman Kantor Desa setempat dipenuhi ratusan warga yang hampir memadati pelataran kantor desa yang bersampingan dengan masjid Jami Baiturohman.

Peringatan Maulid sendiri diisi dengan iringan rabana dengan lantunan kalam illahi dan dakwah keagamaan oleh Habib Akhmad Alkaf juga lantunan ayat suci Al-Quran oleh Siti Khumaeroh (juara 1 MTQ tingkat Kabupaten Cirebon)

Dalam keterangannya, Kuwu Desa Belawa Deni Kusuma yang didampingi Ketua DKM Masjid Baiturokhman, Wartipan, menuturkan, peringatan Maulid Nabi sebagai pengingat dan cerminan dalam menata kehidupan yang berlandaskan norma Agama.

"Mentauladani Rosulullah merupakan kewajiban kita sebagai ummatnya, dalam perbuatan , perkataan yang senantiasa berlandaskan pada norma yang diatur dalam tuntunan kita sebagai ummat Islam" tuturnya.

Lebih lanjut,  Deni menjelaskan, bahwa sebagai seorang Muslim sudah sepatutnya menjunjung tinggi dan mematuhi ajaran yang mengatur mana hak dan batil.

"Al-Qur'an dan Sunah nabi sebagai tuntutan agar kita senantiasa berjalan dijalur yang benar, dengan acara peringatan Nabi atau Yang dikenal dengan nama mauludan ini semoga kita sebagai Muslim tidak hanya memperingatinya namun menanamkan rasa kecintaan terhadap kanjeng Rosulallah SAW" pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia sekaligus ketua DKM , wartipan, menghaturkan rasa terimakasihnya kepada semua pihak atas peran serta dan dukungan hingga terlaksananya acara peringatan Maulid Nabi SAW.

"Kami dari jajaran panitia peringatan Maulid Nabi, menghaturkan rasa terimakasih yang tak terhingga kepada seluruh lapisan Masyarakat, hususnya kepada pak kuwu dan Pemdes yang mendukung penuh acara Maulid Nabi hingga dapat dilaksanakan dengan penuh hikmad walaupun mungkin terdapat banyak kekurangan, semoga segala amal baik yang telah dilakukan akan mendapat pahala yang berlipat dari Allah SWT" jelasnya.

Dalam acara tersebut, Kuwu Belawa pun menjelaskan berbagai program desa yang telah direalisasikan maupun yang tengah dipersiapkan demi kemajuan Desa Belawa lebih baik lagi, termasuk didalamnya menerangkan anggaran yang ada dan dipergunakan untuk apa saja.(1c)

27 Sep 2023

Kabupaten Cirebon Terima Program PUGAR

INDOMEDIANEWS -- Kabupaten Cirebon mendapatkan Program Pembantuan Pengembangan Usaha Garam Rakyat (Pugar) dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pada tahun 2023. Dua desa di Kecamatan Suranenggala, yaitu Desa Muara dan Karangreja menjadi lokasi dalam program tersebut.

Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag mengatakan, Pugar merupakan salah satu strategi yang dicanangkan oleh pemerintah pusat melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Cirebon untuk meningkatkan kuantitas serta kualitas garam rakyat. 

Tujuan program itu, lanjut Imron, untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas, menjamin kontinuitas dan membangun kelembagaan usaha garam rakyat. 

“Empat tujuan itu dilakukan berdasarkan fakta, bahwa petambak garam cenderung masih berusaha secara individual dengan kepemilikan lahan yang terfragmentasi dan pemanfaatan teknologi sederhana,” ujar Imron saat menghadiri Sosialisasi Pugar di Hotel Sutan Raja Cirebon, Rabu (27/9/2023).

Atas dasar permasalahan tersebut, diperlukan program pengintegrasian lahan yang dapat menyatukan sumber daya pemilik garam agar dapat dikelola secara terpadu. 

Pemerintah Kabupaten Cirebon, kata Imron, menyambut baik adanya program tersebut, karena berupaya memfasilitasi upaya pengembangan usaha garam rakyat yang diberikan untuk Kabupaten Cirebon.

“Kami berharap, dengan adanya program ini, usaha pergaraman di Kabupaten Cirebon dapat berkembang dan dapat mensejahterakan masyarakat, serta dapat memberikan kontribusi dalam pencapaian target produksi garam nasional,” lanjutnya.

Direktur Jasa Kelautan KKP, Dr. Miftahul Huda, M.Si menyebutkan, Pugar merupakan implementasi dari teknis berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2016 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan, Pembudidaya Ikan, dan Petambak Garam.

Ada empat pendekatan dalam program tersebut, yakni meningkatkan produktivitas, kualitas, kontinuitas, dan kelembagaan usaha (korporatisasi).

“Jenis bantuan yang diberikan, diantaranya saluran air, integrasi lahan garam, geomembran, alat uji mutu, excavator, gudang garam, learning and business center, hingga alat angkut,” terang Miftahul.

Ia menyebutkan, program serupa pernah dilaksanakan di Kabupaten Cirebon sejak tahun 2011. Terakhir pada 2019, Kabupaten Cirebon mendapatkan alokasi anggaran hingga Rp14 miliar.

“Cirebon adalah satu dari 64 kabupaten di Indonesia yang merupakan sentra ekonomi garam rakyat. Maka dari itu, sangat pantas mendapatkan program tersebut,” kata Miftahul. (Lisdis)

Kab Cirebon " Kota Industri" Kemiskinan Ektrem peringkat 1 se Jawa Barat

Penulis : R.Agus Syaefuddin

Ironis dan menyedihkan. Kabupaten Cirebon ,merupakan salah satu wilayan yang penuh dengan industri sekala rendah hingga Nasional, menduduki rengking pertama tingkat jawa barat dalam hal kemiskinan ekstrem.
Ini tentunya sangat bertolak belakang dengan berbagai penunjang yang ada, bahkan beberapa tempat perbelanjaan sekala besar ada di Cirebon, ditambah lagi banyak berdiri pabrik-pabrik besar hingga Pembangkit Listrik Tenaga Uap ada di Kabupaten Cirebon.
Jika memang Kabupaten Cirebon merupakan kabupaten yang menduduki peringkat pertama dalam hal kemiskinan ekstrem, pasti ini ada yang salah.
Namun kesalahan itu ada disiapa dan tanggung jawab siapa, tentunya tidak ada yang mau mengakuinya.
Sumber data yang dikeluarkan BPS, Yang masuk dalam kategori miskin ekstrem sebanyak 81.890 jiwa, atau jika dipersentase adalah 3,7 % dari jumlah penduduk.
Ini tentunya sangat miris, namum apakah data tersebut benar, harus dilakukan validasi yang akurat, karena selama ini patokan dari kemiskinan tersebut dinilai dari siapa dan seberapa banyak penerima program Bansos ( Bantuan Sosial) sementara jika kita melihat realita yang ada, banyak Masyarakat miskin yang tidak mendapatkan sementara yang sudah masuk kategori mampu atau mapan malah menerimanya.
Jelas ini terjadi kesalahan data, sudah seharusnya para pendata tidak hanya melibatkan satu pihak, namun harus ada beberapa pihak, termasuk mungkin melibatkan organisasi kemasyarakatan, yang terpenting lagi ada kreatria tentang miskin yang patut dan berhak menerima bantuan.
Jika pendataan tidak dilakukan dengan benar, maka jangan harap keadilan akan dirasakan Masyarakat, justru akan dijadikan proyek abadi yang akan menguntungkan seseorang atau oknum yang tidak bertanggungjawab.

Antisipasi banjir " saluran ruas jalan Cipeujeh-kamarang" dibangun

INDOMEDIANEWSC - Antisipasi terjadinya banjir di musim penghujan, Masyarakat Desa Belawa, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, bisa sedikit bernafas lega, dikarenakan saat ini mulai dilaksanakan pembangunan Saluran ruas jalan Cipeujeuh-kamarang yang dilaksanakan oleh CV Ratu Bianca Jaya, yang sumber dananya berasal dari APBD Kabupaten sebesar Rp. 247.938.000.

Kuwu Desa Belawa, Deni Kusuma, menuturkan perlunya sarana yang memadai.

"Mudah-mudahan dengan dibangunnya saluran ruas jalan mampu menanggulangi terjadinya banjir karena tidak tersedianya saluran air yang memadai, diharap masyarakat pun turut bersama-sama untuk menjaga dan merawatnya, jangan sampai saluran yang sudah ada tersendat oleh sampah atau kotoran lainnya" tuturnya.

Lebih lanjut Deni menjelaskan, dengan pembangunan yang dilakukan akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh.

"Kami terus berupaya untuk memberikan yang terbaik bagi Warga Masyarakat, baik dalam hal peningkatan infrastruktur, perekonomian, Sosial Budaya maupun hal lainnya, pada dasarnya apapun yang kami lakukan sepenuhnya demi meningkatkan keberadaan Desa Belawa agar lebih mampu memakmurkan dan mensejahterakan kehidupan masyarakat, sekaligus meningkatkan sumberdaya yang ada, terlebih Belawa memiliki potensi wisata Cikuya yang telah menjadi salah satu icon wisata di Kabupaten Cirebon" pungkasnya( 1c

26 Sep 2023

Tiga besar kemiskinan Ekstrem Kab Cirebon " Greged, Depok dan Lemahabang"

INDOMEDIANEWS-- Pemerintah Kabupaten Cirebon memberikan perhatian serius terhadap penanganan masalah kemiskinan ekstrem di Kabupaten Cirebon. 

Hal ini dituturkan Wakil Bupati Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih, SE., M.Si , yang menjelaskan angka kemiskinan ekstrem di Kabupaten Cirebon merupakan yang terbesar di Jawa Barat.

Untuk di tingkat kecamatan sendiri, urutan pertama, yaitu Kecamatan Greged, Kecamatan Depok dan urutan ketiga, yaitu Kecamatan Lemahabang.

"Yang masuk kategori kemiskinan ekstrem ini, yaitu warga yang pengeluarannya Rp11.500/kapita/hari," tutur Ayu saat melakukan Monitoring dan Evaluasi TKPKD di Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, Selasa 26/9/2023.

Ayu mengatakan, sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo, kemiskinan ekstrem di Indonesia harus bisa dihapuskan pada tahun 2024 nanti, karena targetnya bukan lagi penurunan, melainkan penghapusan kemiskinan ekstrem.

"Tahun 2024 harus zero kemiskinan ekstrem," kata Ayu optimis..

Untuk menangani masalah tersebut, Pemkab Cirebon telah berupaya mengkolaborasikan dan mensinergikan upaya penanganan kemiskinan ekstrem secara lintas sektor.

Melalui sejumlah perangkat daerah bersama-sama menjalankan program yang arahnya sama, yaitu penanganan kemiskinan ekstrem. 

Menurut Ayu, kemiskinan ekstrem bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti pendidikan, tempat tinggal, sanitasi kesehatan dan lainnya.

Untuk warga yang tidak produktif, pihaknya akan memberikan bantuan sembako. Sedangkan untuk warga miskin yang produktif, diarahkan melalui pemberdayaan, pelatihan kerja sesuai bakat dan minatnya, sehingga nantinya bisa bekerja atau berwirausaha.

"Nanti, kita akan dorong juga dari segi pendidikannya, yaitu melalui kejar paket," tambahnya.

Ia menambahkan, bahwa pihaknya akan melakukan verifikasi dan validasi data. Nantinya, data tersebut akan digunakan sebagai acuan dari program-program intervensi yang perlu dilakukan untuk bisa menangani kemiskinan ekstrem ini.

"Oleh karena itu, kami mohon dukungannya dari para kuwu dan Puskesos untuk bisa melakukan validasi data ini,"jelasnya.

Sementara itu, salah seorang aktifis Cirebon timur, M.Amak Jaenudin, ditempat berbeda menilai tentang data kemiskinan yang ada.

"Jika memang akan dilakukan validasi data, itu sangat bagus, yang penting dilakukan dengan cara yang benar dan tidak cukup hanya melibatkan pihak pemdes, karena selama ini para penerima bantuan banyak yang tidak tepat sasaran, kalau data miskin hanya berdasar pada penerima bansos atau sejenisnya, jelas ini terjadi banyak kesalahan, sementara banyak mereka yang benar-benar miskin malah tidak mendapatkan bantuan, ironisnya lagi Kecamatan Lemahabang yang bisa dikategorikan kota kecil, peringkat kemiskinannya ada di posisi ketiga, ini kan sangat menyedihkan" jelasnya( 1c)

25 Sep 2023

Wabup Cirebon Program Pemerintah Pusat Sangat Membantu Masyarakat

INDOMEDIANEWS  -- Wakil Bupati Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih, S.E., M.Si mendampingi anggota Komisi IV DPR RI, Ono Surono dan Kementerian Kelautan dan Perikanan saat kunjungan kerja di kampong nelayan Desa Waruduwur, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Minggu (24/9/2023).

Dalam sambutannya, Ayu--sapaan akrab Wabup Cirebon menyebut, Kabupaten Cirebon masuk menjadi salah satu daerah dengan kemiskinan ektrem yang cukup tinggi. Sehingga, segala upaya telah dilakukan oleh pemerintah daerah guna pengetasan kemiskinan tersebut.

"Ada 81 ribu lebih warga Kabupaten Cirebon masuk kategori miskin ektrem, sehingga kita sedang melakukan pendataan ulang," ujar Ayu.

Menurut Ayu, pihaknya sedang melakukan verifikasi dan validasi data, masyarakat mana yang memang miskin ektrem, mana yang tidak. Pasalnya, selama ini bantuan yang disalurkan sering tidak tepat sasaran 

"Karena selama ini, banyak bantuan tidak tepat sasaran, seharusnya yang mendapatkan bantuan malah tidak mendapatkan bantuan dan sebaliknya," ungkapnya.

Ia mengungkapkan, Pemkab Cirebon gencar berupaya melakukan penanganan angka kemiskinan di wilayahnya dengan membuka lapangan pekerjaan maupun program-program lainnya.

"Sekarang, untuk wilayah timur Kabupaten Cirebon, selain pertanian dan perikanan, kita buat Industri untuk meningkatkan pendapatan masyarakat. Artinya, di wilayah industri tersebut bisa mengurangi pengangguran, karena mereka bisa bekerja,” lanjut Ayu.

“Karena mengurangi angka kemiskinan, tidak hanya merupakan tanggung jawab pemerintah saja, melainkan semua stakeholder harus bergerak," imbuhnya.

Lebih lanjut, kata Ayu, bantuan program dari pemerintah pusat juga sangat membantu masyarakat Kabupaten Cirebon. 

"Dulu, banyak program larinya ke Indramayu. Sekarang, porsi bantuan banyak yang digelontorkan di Kabupaten Cirebon. Semoga masyarakat Kabupaten Cirebon lebih sejahtera dan pembangunan lebih merata," tambahnya. 

Di tempat yang sama, anggota Komisi IV DPR RI, Ono Surono mengatakan, perlu ada dorongan agar kampung nelayan, khususnya yang ada di Kabupaten Cirebon untuk menjadi lebih baik. Menurutnya, ada Program Kampung Nelayan Maju (Kalaju) yang merupakan sentra perkampungan di pesisir.

"Kampung nelayan banyak yang kumuh, mulai dari sanitasi, jalan dan air bersih, bahkan fasilitas perikanan. Sehingga, Kampung Nelayan Maju (Kalaju) ini bertujuan untuk bisa membantu membangun wilayah berbasis desa tersebut, dalam rangka menciptakan sebuah kampung yang asri yang bisa memenuhi kelayakan hidup terutama nelayan," jelasnya.

Ia mengungkapkan, keadaan kampung nelayan di Kabupaten Cirebon masih butuh perhatian serta butuh program-program yang bisa mengubah kampung nelayan menjadi lebih baik.

"Kedepan, kami akan dorong lagi anggaran di tingkat pusat, untuk kampung nelayan, khususnya di Kabupaten Cirebon. Sehingga para nelayan bisa sejahtera kehidupannya," imbuhnya. (Lisdis)

Bupati Cirebon Ajak Seluruh Pihak Sukseskan Pilwu Serentak 2023

INDOMEDIANEWS  -- Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag mengajak seluruh pihak untuk berkomitmen bersama mensukseskan Pemilihan Kuwu (Pilwu) Serentak 2023. 

Hal tersebut disampaikannya saat memimpin Deklarasi Damai Pilwu Serentak Kabupaten Cirebon Tahun 2023 di BPU Bagasraya Yadika Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon, Senin (25/9/2023).

Imron menyebutkan, pada 22 Oktober mendatang, ada 100 desa di Kabupaten Cirebon bakal menggelar Pilwu secara serentak. 

Dalam momen akbar itu, Imron mengimbau kepada seluruh calon agar berkampanye sesuai dengan kondisi sosial budaya masyarakat desa dan ketentuan peraturan perundang-undangan dalam pelaksanaan Pilwu serentak tahun 2023.

“Suhu politik dan dinamika masyarakat Kabupaten Cirebon akan meningkat. Oleh karena itu, kerawanan keamanan, ketertiban masyarakat yang perlu diantisipasi oleh semua pihak terkait,” kata Imron.

Beragam kerawanan yang perlu diantisipasi, yaitu konflik antar pendukung, politik uang, unjuk rasa dengan mengerahkan massa pendukung yang berpotensi mengarah ke anarkhis, hingga intimidasi kepada panitia dan calon pemilih.

Menurut Imron, Pilwu dilaksanakan sebagai bagian dari proses demokratisasi tingkat desa yang memiliki nilai-nilai hak asal usul desa yang sudah ada .

Sebagai warisan demokratisasi asli di desa, lanjut Imron, pelaksanaannya harus penuh dengan nilai-nilai kekeluargaan. Tentunya, dilaksanakan dengan kondisi penuh kedamaian dan saling hormat antara warga desa.

“Saya menegaskan, calon kuwu agar selalu siap dan legowo menerima apapun hasilnya di kemudian hari. Kemudian, mengingatkan agar setelah dilantik menjadi kuwu, jangan menjadi jumawa hingga tidak mau merangkul yang bukan pemilihnya,” tegas Imron.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman menegaskan kepada seluruh calon kuwu, untuk tidak mengarahkan pendukungnya melakukan kampanye negatif. Salah satunya, menyampaikan kekurangan dari lawan politiknya. 

Sebaliknya, kata Arif, calon kuwu harus melakukan kampanye secara positif, yakni dengan cara menjanjikan gagasan terbaik untuk menarik perhatian para pemilih.

“Saya tidak mentolelir tindakan yang mengarah ke tindak pidana. Intinya, jaga relawan maupun pendukungnya,” ujar Arif. (Lisdis)

24 Sep 2023

Serahkan Bantuan dari Kemensos RI, Pemkab Cirebon Tekan Angka Kemiskinan Ekstrem

INDOMEDIANEWS -- Pemerintah Kabupaten Cirebon akan melakukan verifikasi dan validasi data penduduk yang masuk dalam kategori kemiskinan ekstrem.

Wakil Bupati Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih, SE., M.Si mengatakan, bahwa ada sekitar 81 ribu lebih warga Kabupaten Cirebon yang masuk dalam kategori kemiskinan ekstrem.

"Kalau diprosentasekan, yaitu sekitar 3,7 persen dari jumlah penduduk," ujar Ayu, saat menghadiri penyerahan Bantuan ATENSI dari Sentra Phalamartha Sukabumi Kemensos RI bagi Lanjut Usia dan Disabilitas di Kabupaten Cirebon, bertempat di GOR Ranggajati, Sabtu (23/9/2023).

Menurut Ayu, untuk menurunkan angka kemiskinan ekstrem tersebut, pihaknya akan melakukan verifikasi dan validasi data. Hal tersebut perlu dilakukan, agar langkah yang dilakukan pemerintah daerah bisa tepat sasaran.

Verifikasi dan validasi data itu, nantinya akan digunakan sebagai bahan acuan program intervensi penanggulangan kemiskinan ekstrem.

Karena dengan adanya data yang tepat, maka intervensi yang akan dilakukan juga bisa tepat sasaran. Program yang dilaksanakan juga, bisa sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

"Sinergi antara Pemkab Cirebon, DPR RI dan pemerintah pusat ini, diharapkan bisa menurunkan angka kemiskinan ekstrem di Kabupaten Cirebon," lanjut Ayu.

Anggota Komisi VIII DPR RI, Hj. Selly Andriany Gantina, A.Md menuturkan, bahwa pada hari ini dirinya bersama Kemensos RI memberikan bantuan atensi dari Kemensos RI untuk warga Kabupaten Cirebon.

Ia menyebut, ada sebanyak 563 penerima bantuan dengan total bantuan senilai Rp732 juta. Bantuan tersebut berbentuk sembako, bantuan warung untuk usaha penyandang disabilitas, kursi roda serta alat bantu kesehatan lainnya.

Harapannya, bantuan warung untuk penyandang disabilitas ini, setidaknya bisa membantu kemandirian keluarga. Selain itu juga dapat memberikan kemudahan bagi penyandang disabilitas untuk bekerja.

"Bantuan warung ini, agar bisa dijadikan modal untuk ketahanan keluarga," harap Selly. (Lisdis)

23 Sep 2023

Lapangan Bola Desa Munjul dipadati Ribuan Warga "Saksikan Wayang Golek"

INDOMEDIANEWS - Ribuan warga Masyarakat dari berbagai wilayah memadati lapangan sepak bola desa Munjul, Kecamatan Astanajapura,Kabupaten Cirebon, dalam Acara Safari Cinta.

Dalam acara tersebut, terkuak sejumlah permasalahan yang hingga kini belum ada solusinya. Mulai dari air bersih, biaya pendidikan, kesehatan hingga menjamurnya bank emok atau rentenir yang menjerat dengan bunga besar.

Keluhan tersebut disampaikan warga Menyambut Pemimpin Istimewa Prabowo Subianto Pemersatu Bangsa lewat vido call di Lapangan Desa Munjul, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, Jumat ,22/09/2023.

Hadir pada kesempatan tersebut, politisi Partai Gerindra, Dedi Mulyadi mengklaim keluhan yang disampaikan adalah realitas rakyat. Bahkan masih banyak keluhan seperti rumah tidak layak huni, anak tidak sekolah, hingga banyaknya angka perkawinan di bawah umur. 

"Ini realita yang ada, bahkan mungkin tidak saja terjadi di Kabupaten Cirebon, seperti gratis biaya sekolah yang pada nyatanya masih saja ada uang yang harus dikeluarkan Orang tua siswa,Selain itu menjamurnya rentenir yang berkedok koperasi atau yang lebih kita kenal saat ini dengan sebutan Bank emok, jelas ini menjadi persoalan yang sangat pelik dan harus segera dicarikan solusi yang terbaik" tuturnya.

Dalam vidio call yang yang disiarkan langsung dan disaksikan ribuan warga dalam pagelaran seni budaya wayang golek, Prabowo Subianto, merupakan calon presiden RI, memuji keinerja Presiden Joko Widodo.

"Selama kepemimpinan bapak Joko Widodo sangatlah baik, terutama dalam penangan pandemi dan lainnya, ini menunjukan bahwa beliau memang sangat memperhatikan Rakyat, dan saya akan melanjutkan program beliau yang memang harus dilanjutkan" tuturnya yang saat ini menduduki jabatan sebagai menteri Pertahanan Republik Indonesia.

Sementara itu, Kuwu Desa Munjul, Chaerudin, mengharapkan dengan kehadiran politisi partai golkar dan berbincang langsung dengan Salah seorang kandidat Calon Presiden RI, Prabowo Subianto, dapat memecahkan persoalan yang ada.

"Kami sangat berterimakasih dengan perhatian yang diberikan bapak Dedi Mulyadi yang secara langsung berkomunikasi dengan bapak Prabowo, semoga saja persoalan yang selama ini ada segera bisa teratasi, seperti pesan pak Dedi, kita sebagai generasi muda harus melestarikan warisan budaya bangsa , salah satunya adalah seni wayang golek, yang mana didalamnya mengandung berbagai nasehat dan tuntunan bagi kita untuk senantiasa berjalan di arah yang benar, atas nama pemerintahan desa tentunya kami memohon maaf kepada semua pihak yang mungkin dalam sambutan kami banyak memiliki kekurangan, selain itu ucapan terimaksih kami haturkan kepada semua pihak yang telah mendukung dan mensukseskan acara tersebut" tuturnya ( 1c)

21 Sep 2023

Tiga Rumah warga Mertapada kulon ludes diamuk sijago merah

INDOMEDIANEWS - Musibah kebakaran terjadi dan menimpa tiga rumah milik warga blok manis Rt 5/02 Desa Mertapada kulon, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, pada kamis pagi sekitar pukul 02.00 Wib.
Keterangan yang disampaikan salah seorang pemilik rumah yang ludes terbekar, Muh Subana, menuturkan bahwa peristiwa kebekaran tersebut berawal dari rumah belakang.

"Awal terjadinya api dari rumah yang dibelakang, namun apa penyebanya kami tidak tahu pasti, akibatnya tiga rumah ludes terbakar, salah satunya rumah saya, rumah Nahdudin dan yang paling parah rumah milik Aisyah, kebetulan rumahnya berada tepat pinggir jalan desa" tuturnya.Kamis, 21/03/2023.

Lebih lanjut dirinya menuturkan, dengan kejadian tersebut para korban berharap adanya bantuan dari pihak terkait.

"Kami sangat mengharap adanya bantuan dari pihak atau Dinas terkait, karena akibat kebakaran tersebut semuanya ludes tidak bisa diselamatkan, beruntung tidak ada korban jiwa, saya saat itu hanya bisa menyelamatkan dua tabung gas tiga kilo, karena khawatir terjadi ledakan, terlebih peristiwa kebakarannya pagi hari buta, jadi disaat kami lelap tidur tiba-tiba ada kobaran api, makanya kami panik" tutur Pria yang akrab disapa bana , menjelaskan.

Dengan adanya peristiwa tersebut mengundang perhatian husus dari LPBI Nu ( Lembaga Penanggulangan Bencana dan perubahan iklim Nahdatul Ulama ) Kabupaten Cirebon, yang diketuai Hj. Siti Koriah , langsung turun kelapangan.

"Kami dari jajaran LPBI NU turut berduka atas musibah kebakaran yang menimpa warga Mertapadakulon, semoga para korban diberi kesabaran dan mendapat pengganti yang berlipat. Ini adalah musibah yang tidak bisa dihindari oleh siapapun, InsyaAllah kami akan berusaha maksimal untuk memberi perhatian dan bantuan kepada para korban melalui proposal yang akan dilayangkan kepada dinas terkait, dalam hal ini Baznas, namun tentunya kami terlebih dahulu melakukan pendataan, semoga dengan langkah ini bisa sedikitnya meringankan para korban" tuturnya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, selain ke baznas pihaknya akan meminta bantuan kepada Lajidnu, Dinsos dan pihak lainnya.

"InsyaAllah kami akan ajukan kepada lajidnu untuk memberi bantuan kepada para korban, selain itu kami sendiri dari LPBI NU akan membuka donasi yang rekeningnya langsung ke LPBI NU, semoga saja akan banyak pihak lain juga yang turut peduli dan memberikan bantuan kepada para korban, yang pasti jangan berhenti berdoa dan memohon yang terbaik kepada Allah Swt, pesan kami jangan sampai timbul prasangka buruk, baik kepada sesama manusia terlebih lagi kepada sang kholik, karena semuanya pasti ada hikamhnya" pungkasnya.(1c)

Wakil Bupati Cirebon hadiri Turnamen open cup 1 Kuwu Lemahabang kulon

INDOMEDIANEWS- Turnamen sepak bola kuwu cup 1 Lemahabang kulon, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, berjalan cukup meriah tidak ubahnya pertandingan bola tingkat nasional.
Pelaksanaan turnamen skala desa namun ditata dan diatur dengan persiapan panitia yang sangat solid, hingga mengundang decak kagum dari berbagai pihak, termasuk salah satunya adalah wakil Bupati Cirebon,Hj Wahyu Tjiptaningsih yang hadir sekaligus membuka Acara yang dilaksanakan di lapangan bola Ampera Desa Lemahabang kulon, Rabu,20/09/2023.

Pertandingan perdana menghadirkan kesebelasan Argasunya FC melawan Cipeujeuh FC. Pertandingan di mulai pukul 16:00 wib 

Kehadiran Wakil Bupati di dampingi oleh Kuwu se-kecamatan Lemahabang, Forkompimcam Lemahabang, dan ratusan suporter dari kedua kesebelasan 

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Cirebon Hj. Wahyu Tjiptaningsih, SE,M.Si yang akrab disapa Bunda Ayu berkenan membuka open turnamen foodball Kuwu Cup I yang di awali dengan menendang bola.

Ayu juga menyampaikan apresiasianya atas terselenggaranya open turnamen yang menghadirkan 16 kesebelasan tersebut

Ia pun berharap dengan adanya open turnamen foodball tersebut dapat mempererat ikatan persaudaraan, sekaligus dapat dijadikan ajang pencarian bakat talenta pemain sepak bola yang handal dan terbaik.

" Semoga acara ini berjalan lancar dan kondusif tanpa ada keributan, jangan sampai gara-gara open turnamen malah menjadi ribut.

 " Mudah-mudahan di Kabupaten Cirebon, khususnya di Lemahabang tidak terjadi, " ujar Ayu.

Bunda Ayu menyampaikan rasa kagumnya melihat kondisi Stadion Ampera yang terlihat rapih dan terawat 

"Saya melihat Setadion Ampera Lemahabang ini sangat bagus terawat dan memadai, sehingga layak menyelenggarakan open turnamen
Dan sebagai wujud apresiasi, untuk juara pertama Insya Allah akan saya kasih hadiah tambahan sebagai bonus sebesar Rp 2.000.000, " tuturnya

Di tempat yang sama Kuwu Desa Lemahabang Kulon Rudiana menyampaikam terimakasih atas kehadiran Wakil Bupati Cirebon yang berkenan membuka open turnamen Kuwu Cup I 2023.

Rudiana mengatakan, open turnamen tersebut diikuti oleh 16 kesebelasan yang berasal dari Kabupaten Cirebon, kota Cirebon dan juga di ikuti oleh kesebelasan dari Kabupaten Kuningan.

Open turnamen Kuwu Cup I 2023 memperebutkan Dorpreez sebesar Rp 15.000.00 (lima belas juta rupiah)

" Pertandingan ini di ikuti oleh kesebelasan dari Cirebon, Kota Cirebon, bahkan dari kuningan. Hadiah yang diperebutkan sebesar lima belas juta Rupiah, " pungkasnya.

Dalam pertandingan perdana antara kesebelasan Cipeujeuh FC dan Argasunya FC  di menangkan oleh Cipeujeuh FC dengan skor 3-1. (1c)

Ahli waris dampak PLTU 2 "Tuntut Hak"

INDOMEDIANEWS- Sengketa tanah milik warga dari 4 Desa yang ada di dua kecamatan, Astanajapura dan Mundu,Kabupaten Cirebon, hingga kini belum ada titik terang dan kepastian yang berpihak pada Masyarakat bawah.

Carut marut dan ketidak pastian dirasakan oleh beberapa ahli waris yang merasa haknya dirampas oleh kekuatan yang sulit untuk dibendung terlebih dikalahkan.
Betapa tidak, keabsahan tanah kepemilikan sudah disampaikan dari mulai tingkat Desa, Kecamatan, Bupati, hingga BPN bahkan Polres Cirebon, nyatanya hingga saat ini seakan menanti tanpa kepastian.

Hal ini disampaikan oleh beberapa ahli waris, salah satunya, Amin Sukasa (38 Tahun) Warga Desa Kanci, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon.

"Kami sudah menunggu satu tahun lebih agar hak ahli waris yang tanahnya digunakan oleh PT.Cirebon Energi Prasarana ( PT. CEPR ) untuk pembangunan proyek PLTU 2 segera dibayarkan sesuai Rekomendasi dari Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia yang disampaikan kepada para pihak, sayangnya rekomendasi tersebut seakan diam di tempat tanpa adanya realisasi bagi para ahli" tuturnya. Rabu, 20/09/2023.

Lebih lanjut Amin Sukasa menjelaskan, kekecewaan yang dirasakan oleh para ahli waris bahkan sudah disampaikan kepada Orang nomor satu di Republik Indonesia.

"Kami sudah tidak bisa berbuat banyak, hanya mampu berharap dan mengadu pada bapak Negeri, dalam hal ini Bapak Presiden Joko widodo melalui surat terbuka, InsyaAllah, dengan langkah yang kami lakukan akan membuahkan hasil sesuai harapan" jelasnya.

Dari data yang disampaikan oleh para ahli waris diantaranya  tanah seluas 7956 yang berlokasi di Desa Waruduwur dan Kanci sebagian terpakai oleh tower 1 satu kaki 1 berdasarkan Permen ESDM No 13 Tahun 2021 tentang Ruang Bebas dan Jarak Bebas Minimum Jaringan Transmisi Tenaga Listrik dan Kompensasi Atas Tanah, Bangunan, dan/atau Tanaman Yang Berada Di Bawah Ruang Bebas Jaringan Transmisi Tenaga Listrik harus dibebaskan ( Milik ahli waris Amin Sukasa). 
Pohon Mangrove sesuai rekom 4 Desa milik Abdul Rohim, berada di Desa Kanci, Kanci Kulon, waruduwur dan Astanajapura.
Tanah timbul seluas 42 hektar milik Suanda dkk masuk jona kawasan PLTU 2 Cirebon.
Para ahli waris menuntut pembayaran oleh pihak PT. Cirebon Energi Prasarana ( PT. CEPR ) PLTU 2.

Senada hal tersebut disampaikan Abdul Rohim yang turut bersama-sama mengadukan hal tersebut ke Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia.

"Kami hanya menuntut hak yang seharusnya menjadi hak kami, sayangnya hingga saat ini belum ada titik terang, akhirnya pantaslah jika kami mempertanyakan apakah rekom dari Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia berlaku atau tidak, atau mungkin ada oknum atau pihak yang bermain, yang sengaja menghambat pembayaran bagi para ahli waris, kami sangat mendukung adanya proyek pembangunan PLTU 2, namum tolong juga hak kami diperhatikan" jelasnya.

Untuk diketahui, keluhan mereka dibarengi dengan berkas yang ada, termasuk surat terbuka untuk Presiden Joko Widodo .(1c)

20 Sep 2023

Heriyanto siap 2 Periode

INDOMEDIANEWS- Heriyanto, Kuwu incumbent Desa Karangasem, Kecamatan Karangwareng, Kabupaten Cirebon,  siap maju kembali dalam pilwu 2023.
Pelaksanaan pilwu serentak yang akan dilaksanakan pada 22 oktober 2023 diharapkan berjalan dengan baik.
Hal tersebut disampaikan Calon Kuwu Nomor Urut 2, Heriyanto, kepada IM dikediamannya, Rabu,20/09/2023.

"Harapan kami dalam pelaksanaan pilwu nanti dapat berjalan dengan baik, dan Alhamdulillah, dalam pengundian nomor saya mendapatkan nomor 2, yang berarti periode kedua, harapannya agar sesuai dengan nomor urut, maka saya siap untuk memimpin Desa Karangasem untuk yang kedua kali" tuturnya.

Lebih lanjut dirinya menuturkan, selama kepemimpinannya telah banyak melakukan berbagai perubahan, namun masih ada beberapa program pembangunan maupun hal lainnya yang belum terealisasi secara menyeluruh.

"Perkembangan sudah sangat terlihat selama saya menjadi Kuwu, namun tentunya masih ada beberapa program desa yang belum terealisasi, oleh karenanya saya bertekad untuk melanjutkan program desa di periode ke dua, atas nama pribadi dan keluarga, kami mohon doa serta dukungannya dari semua pihak, agar kembali dapat memimpin Desa Karangasem dari yang sudah baik menjadi lebih baik, InsyaAllah, atas ijin dan kehendak Allah serta sokongan dari semua pihak harapan kami bisa terwujud, ini semata kami lakukan demi perkembangan dan kesejahteraan warga Masyarakat karangasem" pungkas Heriyanto ( 1c)

19 Sep 2023

Anggaran Perubahan Tahun 2023 Disahkan "Hasil Kerjasama yang Optimal antara Legislatif dan Eksekutif"

INDOMEDIANEWS -- Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag menghadiri Rapat Paripurna Persetujuan Bersama DPRD dan Bupati Cirebon terhadap Raperda tentang Perubahan APBD Kabupaten Cirebon Tahun Anggaran 2023 Menjadi Peraturan Daerah di Ruangan Abhimata DPRD Kabupaten Cirebon, Selasa (19/9/2023).

Bupati Imron mengatakan, dengan diadakannya rapat Paripurna ini, artinya telah dapat melaksanakan sebagian besar tahapan dalam proses penyusunan perubahan APBD tahun anggaran 2023 sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. 

"Kami menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pimpinan dan seluruh anggota dewan yang terhormat, yang telah berperan aktif dan bekerja secara optimal bersama-sama dengan tim anggaran pemerintah daerah, beserta unsur dinas/badan dan instansi terkait, sehingga kita dapat menyelesaikan tugas pembahasan terhadap rancangan peraturan daerah tentang Perubahan APBD tahun anggaran 2023 ini,” kata Imron.

Ia mengungkapkan, sebagaimana yang diamanatkan dalam ketentuan Pasal 112 Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, bahwa terhadap rancangan peraturan daerah tentang Perubahan APBD tahun anggaran 2023 yang telah mendapat persetujuan bersama antara DPRD dan Bupati, selanjutnya akan disampaikan kepada Gubernur untuk dievaluasi. 

"Persetujuan bersama rancangan peraturan daerah tentang Perubahan APBD tahun anggaran 2023 ini berkat kerjasama yang baik dan harmonis, antara pihak legislatif dan eksekutif,” ujar Imron.

“Untuk itu, kepada semua pihak yang terlibat langsung maupun tidak langsung, khususnya kepada pimpinan dan anggota dewan, pimpinan dan anggota badan anggaran, pimpinan dan anggota komisi, serta saudara pimpinan dan anggota fraksi yang telah berkenan memberikan saran, sumbangan pemikiran yang positif dan konstruktif, kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya," lanjutnya.

Selajutnya, kata Imron, sehubungan dengan pelaksanaan Perubahan APBD tahun anggaran 2023, maka dalam kesempatan ini juga, pihaknya menginstruksikan kepada seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cirebon, untuk segera menyiapkan dokumen perubahan pelaksanaan anggaran tahun 2023.

"Selain dokumen anggaran 2023, ada juga anggaran kas program atau kegiatan sesuai dengan rancangan yang telah mendapat persetujuan, dan senantiasa meningkatkan kinerja dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan serta kemasyarakatan," imbuhnya.

Imron berharap, dengan disahkannya rancangan peraturan daerah tentang Perubahan APBD tahun anggaran 2023 menjadi peraturan daerah, mari bersama-sama untuk ikut mengawasi kegiatan yang sudah disepakati bersama. (DISKOMINFO)

Kembali calonkan diri " Sujai "gratiskan PBB

INDOMEDIANEWS- Program Biaya nikah Gratis, Bebas biaya PBB, Pemberian kain kafan bagi warga yang meninggal dunia, pembagian Sarung bagi pengurus masjid/Mushola dan program lainnya ditawarkan Calon Kuwu Desa Lemahabang, Nomor urut 1.Sujai .SH.
Hal tersebut dituturkan Sujai, mantan Kuwu Desa setempat yang kembali mencalonkan diri untuk maju sebagai calon Kuwu periode 2023.

"Masyarakat meminta saya untuk merealisasikan program sesuai keinginan, dan apa yang diinginkan warga Masyarakat InsyaAllah akan saya wujudkan" tuturnya, Selasa, 19/09/2023.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, bahwa keinginannya kembali untuk menjadi Kuwu Lemahabang, karena adanya niat untuk menata tata kelola pemerintahan desa agar lebih baik dan mempermudah segala bentuk pelayanan.

"Warga Masyarakat perlu pemimpin yang mampu bekerja dengan memaksimalkan pelayanan, termasuk mempermudah segala bentuk urusan yang ada sangkut pautnya dengan pelayanan, selain itu memberikan kemudahan dan biaya ringan jika memang harus mengeluarkan biaya, contohnya adalah terkait jual beli atupun perijinan hiburan dan sejenisnya, mengapa saya katakan siap untuk memenuhi keinginan warga, karena untuk saat ini anggaran desa itu sangat besar, sementara kuwu maupun perangkat desanya sudah memperoleh penghasilan tetap dan bengkok, sedangkan beberapa tahun yang lalu, saat saya masih menjadi kuwu, hanya dapat bengkok saja, jadi jika kita tidak bisa memanfaatkan anggaran untuk kepentingan warga Masyarakat, itu sangat disayangkan, InsyaAllah, dengan adanya dukungan serta peran serta dari semua pihak, Lemahabang bisa berubah lebih baik, yang terpenting awali semuanya dengan niat baik dan terus berfikiran positif demi perkembangan dan kesejahteraan seluruh warga Masyarakat" pungkasnya (1c)

Dukungan penuh dari Masyarakat " Gufron" siap melayani sepenuh hati

INDOMEDIANEWS - Dorongan dan keinginan Masyarakat yang sangat tinggi untuk melakukan perubahan tata kelola Desa, membuat Gufron, menerimanya lewat pencalonan dirinya menjadi Kuwu Desa Japura lor, Kecamatan Pangenan, Kabupaten Cirebon.
Gufron ( 45 Tahun) yang kesehariannya bekerja sebagai seorang securiti di salah satu SMK yang ada di Lemahabang tersebut berkeyakinan pencalonannya sebagai Kuwu bisa membuahkan hasil yang sesuai diharapkan.

"Masyarakat mengharapkan saya maju dalam pilwu serentak 2023, keinginan kuat yang mereka embankan merupakan bukti adanya kepercayaan akan adanya sebuah perubahan, dengan alasan itulah saya dan keluarga mengiyakan untuk maju sebagai calon Kuwu di Desa japura lor, InsyaAllah apa yang menjadi harapan masyarakat mampu saya laksanakan dengan baik, mungkin alasan agar saya maju sebagai calon kuwu karena keinginan kuat akan adanya perubahan yang lebih baik, entah dari segi perekonomian, kesejahteraan maupun pelayanan prima" jelasnya, Selasa 19/09/2023.

Lebih lanjut dirinya menuturkan, Masyarakat setempat berharap penuh akan adanya kinerja seorang pemimpin yang benar-benar mampu menjadi seorang pengayom dan melayani Masyarakat dalam berbagai hal.

"Salah satu keinginan Masyarakat adalah jika kelak terpilih menjadi Kuwu agar hadir disetiap kali ada warga yang terkena musibah atau melaksanakan hajatan, sebetulnya itu adalah hal yang sangat simpel, selain daripada itu, tugas seorang kuwu memang harus lebih dekat dengan Masyarakat, walaupun secara jam kerja mungkin hanya beberapa jam saja, namun hakekatnya kuwu bekerja selama 24 jam penuh, dan InsyaAllah hal ini akan saya laksanakan dengan sepenuh hati, karena memang sudah menjadi kewajiban seorang pemimpin untuk memberikan pelayanan yang terbaik, semoga saja niat baik serta adanya dukungan dan doa dari semua pihak, mendapat ridlo dan petunjuk terbaik dari Allah SWT" pungkas Gufron (1c)

Ade Rudi " Calon Kuwu Lemahabang"

INDOMEDIANEWS- Setelah melalui berbagai tahapan, Pelaksanaan pengundian nomor urut calon kuwu Desa Lemahabang, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon selesai dengan baik.
Salah seorang Bakal Calon Kuwu yang telah ditetapkan menjadi Calon Kuwu Desa setempat, Ade Rudi, menuturkan rasa terimakasihnya kepada semua pihak yang telah mensukseskan acara pengundian nomor urut.

"Alkhamdulillah, setelah melalui berbagai tahapan hingga pengundian nomor urut, saya mendapatkan norut 5, sesuai dengan pancasila dan solat lima waktu, semoga dengan norut yang saya peroleh akan mendapatkan keberkahan dan ridlo dari Allah SWT" tututnya.

Lebih lanjut Ade menuturkan, pihaknya akan berupaya melakukan yang terbaik demi peningkatan dan kesejahteraan warga Masyarakat.

"Saat ini Lemahabang sudah cukup baik dan saya akan berupaya meningkatkan yang sudah baik agar lebih baik lagi, baik dalam segi perekonomian, Sosial Budaya maupun hal positif lainnya, namun semua itu tentunya harus mendapat sokongan dan dukungan dari semua pihak, semoga saja dengan adanya pilwu ini dapat meningkatkan tata kelola pemerintahan desa yang terbuka dan profesional, dengan kerendahan hati, kami mengharapkan apa yang diinginkan mampu terwujud dengan ijin dan ridlo dari Allah SWT, satu harapan kami, pilwu ini menjadi pesta demokrasi yang tetap mengutamakan ukuwah dan silaturahmi antar sesama, beda pilihan adalah hak, namun jangan jadikan perbedaan itu sebuah aral atau terjadinya pernusuhan, mari jaga kondusifitas dan tetap ciptakan kedamaiyan" pungkasnya.( 1c)

Kang Argo " harus ada perubahan"

INDOMEDIANEWS - Ribuan pendukung Bakal Calon Kuwu (Balonwu) Desa/Kecamatan Astanajapura Kabupaten mengiringi jagoannya saat penetapan menjadi Calon Kuwu (Calwu) sekaligus pengundian nomor urut.

Sekitar pukul 14.00 WIB, massa mulai memadati halaman balai desa setempat dengan diiringi salawat nabi Muhammad SAW, massa berjalan kaki menuju balai desa yang merupakan sekretariat pendaftaran Pilwu serentak. Setelah ditetapkan menjadi calon kuwu (calwu) sekaligus pengundian nomor urut dan penyerahan naskah visi dan misi pada panitia Pilwu, calwu bersama para pendukungnya kembali ke rumah masing-masing dengan tertib.

Salah satunya calwu nomor urut 1, Nanang Fahmi (Argo) Kedatangan massa ke balai desa, atas inisiatif warga itu sendiri dan berjalan kondusif. 

"Sekitar empat ribu pendukung mengantarkan saya ke balai desa untuk ditetapkan menjadi calon kuwu (calwu)," kata pria yang biasa dipanggil Argo ini, usai acara di balai desa setempat, Senin 18/9/2023.

Lebih lanjut dirinya menuturkan "Dukungan keluarga dan dorongan masyarakat supaya maju Pilwu serentak, maka bertekad untuk mendaftarkan diri," jelasnya.

Argo memaparkan, visi dan misi yang diusung, antara lain, kesejahteraan masyarakat dan guru honorer yang ada di desa. 

"Saya merasa prihatin dengan kesejahteraan guru honorer, karena saya sendiri merasakan menjadi guru honorer. Maka, disamping kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan pembangunan desa, juga kesejahteraan guru honorer akan diperhatikan," paparnya.

Argo menambahkan, pengabdian masyarakat menjadi skala prioritas karena warga senantiasa membutuhkan pelayanan yang maksimal. Kapanpun dan dimanapun dibutuhkan, selalu siap, ketika tak ada kesibukan dalam tugas. "Bilamana dipercaya masyarakat untuk menjadi kuwu dan warga membutuhkan pengesahan atau tanda tangan kuwu yang bersifat urgent, salah satunya untuk kesehatan, akan selalu siap," ungkapnya.

Dirinya mengharapkan, dukungan dan doa pada seluruh masyarakat untuk mensukseskan Pilwu serentak Oktober mendatang. 

"Datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk memberikan suara, karena masa depan desa ada di tangan masyarakat yang memiliki hak pilih," ajak Argo.

Sementara itu, anggota Satpol PP Kecamatan Astanajapura, Rudin mengungkapkan, tiga desa yang menyelenggarakan Pilwu serentak yakni Desa Astanajapura, Japurakidul dan Desa Mertapadawetan, Balonwu sudah ditetapkan menjadi Calwu. Sehingga, pelaksanaan Pilwu bisa dilaksanakan pada Oktober mendatang. 

"Secara serentak di kecamatan ini telah melaksanakan tahapan Pilwu antara lain, penetapan calwu sekaligus pengundian nomor urut," jelasnya (1c)

Transportasi yang Andal, Efisien dan Berdaya Saing Mampu Berikan Dampak Positif

INDOMEDIANEWS -- Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag menjadi inspektur upacara Peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2023 di Stadion Ranggajati, Kecamatan Sumber, Senin (18/9/2023).

Saat membacakan sambutan Menteri Perhubungan RI, Bupati Imron selaku Inspektur Upacara mengatakan, Harhubnas tahun 2023 ini merupakan momentum yang tepat untuk terus bersama bergerak maju, meningkatkan kinerja sektor transportasi untuk kepentingan masyarakat Indonesia.

"Kerja bersama sangat dibutuhkan untuk mendorong pemanfaatan secara optimal infrastruktur transportasi yang telah dibangun, dan pemberian pelayanan terbaik kepada masyarakat. Sebab, transportasi yang andal, efisien, dan berdaya saing memiliki dampak positif pada mobilitas masyarakat serta perhubungan ekonomi suatu negara," katanya. 

Imron menambahkan, sesuai makna Harhubnas sebagai Hari Bakti Insan Transportasi kepada negeri, maka sejumlah kegiatan telah disiapkan dan diikuti oleh seluruh elemen transportasi, baik pemerintah, operator, stakeholders, mitra kerja dan masyarakat.

"Perjalanan kita membangun bangsa ini masih sangat panjang. Kedepan, kontribusi dan kolaborasi yang semakin kuat masih sangat dibutuhkan. Kontribusi yang besar di sektor transportasi tersebut juga menjadi bagian dari perwujudan nilai-nilai kebangsaan, yaitu cinta tanah air dan bangsa serta kerja sama sosial," imbuhnya. 

Pada kesempatan itu juga, Imron mengungkapkan, tingkat kemajuan transportasi di Kabupaten Cirebon ini meningkat dengan adanya pembukaan tol Cisumdawu. Salah satunya adalah percepatan dari segi waktu, jarak tempuh dari Bandung-Cirebon dapat ditempuh hanya dalam 1 jam 30 menit. 

"Apalagi dengan akan dioperasionalkan Kertajati dan Pelabuhan Subang, pasti ada efek positif bagi Kabupaten Cirebon, diantaranya pertumbuhan perekonomian masyarakat yang akan meningkat," pungkasnya. 

Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat, Ir. A. Koswara, MT menjelaskan, peringatan Harhubnas Tahun 2023 difokuskan di Kabupaten Cirebon ini ada beberapa pertimbangan. Pertama, Kabupaten Cirebon adalah bagian dari kawasan metropolitan Rebana, diantaranya mempunyai potensi pengembangan yang sangat prospektif.

"Jadi, kita perlu penguatan konektivitas di daerah rebana ini, yaitu Kabupaten Cirebon," kata Koswara. 

Kedua, Kabupaten Cirebon ini juga sebagai bagian metropolitan Jawa Barat. Kabupaten Cirebon juga mempunyai kebijakan yang harus dikuatkan tentang transportasi angkutan publiknya.

 "Transportasi di perkotaan metropolitan itu harus mendapatkan perhatian dari semua pihak," tambahnya.

Ketiga, masih kata Koswara, membangun kesamaan prioritas kebijakan untuk daerah-daerah itu, kebijakan transportasi harus sama diantara kepala daerah.

"Kendalanya transportasi publik yang krusial ini adalah mengembangkan layanan transportasi publik supaya mampu berdaya saing, karena sekarang era teknologi, transportasi publik ini cukup tertinggal, khususnya angkutan darat," ujar Koswara. 

"Angkutan darat menjadi PR besar, harus ditingkatkan lagi pelayanannya. Inilah perlunya prioritas kebijakan yang kuat di setiap daerah," pungkasnya. (Lisdis)

18 Sep 2023

Pengundian Nomor Urut Calon Kuwu Wangkelang berjalan aman

INDOMEDIANEWS- Pengundian Nomor Urut Calon Kuwu Desa Wangkelang, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon berjalan lancar dan aman.
Tiga bakal Calon Kuwu setelah melalui berbagai tahapan akhirnya ditetapkan sebagai Calon Kuwu Desa setempat, Senin,18/09/2023.

Keterangan yang disampaikan Ketua PPS atau Panitia Pulwu, Ikhwanul.M. ketiganya telah memenuhi berbagai persyaratan.

"Tiga Calon Kuwu telah memenuhi persyaratan, mereka adalah H.E.Sudirman Nomor urut 1, Sakid Nomor urut 2 dan Rano Noordianagara Nomor urut 3 "tuturnya.

Lebih lanjut dirinya menuturkan, dalam pelaksanaan pilwu ini dapat berjalan dengan aman dan damai.

"Kami sangat berharap pesta demokrasi pilwu ini dapat berjalan sesuai harapan, tetap aman dan damai walau terdapat perbedaan dalam pilihan, InsyaAllah jika semua pihak saling sadar dan tetap mengedepankan tali persaudaraan pelaksanaan pilwu ini akan menghasilkan seorang pemimpin sesuai harapan" pungkas Ikhwanul.

Sementara itu, salah seorang calon Kuwu Nomor Urut 3, Rano Noordianagara , pria kelahiran tahun 1980, suami dari Ria Muji Astuti, menuturkan harapannya, agar dalam pilwu nanti yang diinginkan dapat tercapai.

"Dari tiga Calon yang ada, saya merupakan yang termuda, oleh karenanya, harapan dan doa semoga saya dapat terpilih menjadi kuwu di Desa wangkelang, yang pasti sesuai nomor urut saya, 3 sesuai sila ke tiga , persatuan Indonesia, saya ingin mempersatukan seluruh unsur terkait dan kembali membangkitkan rasa kebersamaan lewat gotong royong, kami sangat yakin, masyarakat kita sudah sangat pandai, dengan hal tersebut, ijinkan saya untuk memohon doa serta dukungan demi terwujudnya wangkelang yang lebih baik dari yang sudah baik" harap Rano. (1c)

Yuherdi, S.sos " Sejahtera, Aman dan bermartabat" Calwu Karangwareng

INDOMEDIANEWS - Masyarakat Desa Karangwareng, kecamatan Karangwareng, Kabupaten Cirebon, berduyun-duyun menghantarkan Bakal Calon Kuwu, Yuherdi,S.Sos ke kantor Desa setempat untuk melakukan pengundian nomor urut sekaligus penetapan Calon Kuwu Desa setempat, Senin, 18/09/2023.

Diiringi salawat yang tiada henti, Akhirnya pengundian nomor urut selesai dilaksanakan, dan sesuai dengan harapan, Yuherdi memperoleh nomor urut 2.

Pria kelahiran 1965 suami dari Yuyun Yuningsih yang telah dikarunia tiga Orang putra dan berprofesi sebagai seorang wiraswastawan, berkeyakinan dengan dukungan dan doa dari Warga Masyarakat Karangwareng untuk membuat perubahan dalam tata klola desa.

"InsyaAllah, dengan moto SABAR ( sejahtera, aman dan mertabat ) saya akan berusaha maksimal dalam membangun dan mengembangkan desa ke arah yang lebih baik, tentunya harapan saya bisa terwujud dengan adanya dukungan serta do'a dari seluruh warga Masyarakat Karangwareng, kami yakin dengan kerjasama dan kesamaan visi misi, Karangwareng bisa lebih baik dari yang sudah baik" tuturnya.

Lebih lanjut dirinya menuturkan, dengan nomor urut 2, sesuai sila kedua, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Keberadaan dan perkembangan desa semakin mapan.

"Adil dan beradab, semoga menjadi marwah dan tuntunan bagi kami dalam melaksanakan swakelola Desa demi kemakmuran dan kesejahteraan tanpa membeda-bedakan, kita satu keluarga besar, Sudah sepatutnya membangun dan memberikan yang terbaik bagi keberadaan dan pengembangan dalam berbagai hal, baik ekonomi, Sosial, kebudayaan maupun keagamaan, sebagai manusia kami hanya memohon doa dan dukungan dari seluruh unsur Masyarakat dengan tetap menyerahkan segala keputusannya kepada Allah SWT, semoga niat dan ketulusan kami untuk membangun desa mendapat ridlo dari Allah dan senantiasa diberikan yang terbaik" pungkasnya. (1c)

Jadi Tuan Rumah Harhubnas Tingkat Jawa Barat, Bupati Apresiasi Kinerja Dishub Kabupaten Cirebon

INDOMEDIANEWS -- Kabupaten Cirebon menjadi tuan rumah Peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2023 dengan tema "Melaju untuk Transportasi Maju", berlangsung di Gor Ranggajati Sumber.

Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cirebon, Drs. H. Asdullah Anwar, M.M menyebutkan, pemerintah daerah bangga, karena ditunjuk sebagai tuan rumah dalam gelaran akbar tersebut.

Menurutnya, gelaran tersebut merupakan bagian dari cara memberikan apresiasi terhadap loyalitas seluruh jajaran Dinas Perhubungan di Kabupaten Cirebon.

“Jajaran Dinas Perhubungan senantiasa hadir untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” kata Asdullah saat membuka Peringatan Harhubnas tingkat Provinsi Jawa Barat yang digelar selama dua hari, yakni Minggu dan Senin (17-18/9/2023).

Ia mengharapkan, seluruh jajaran Dishub tetap menghadirkan inovasi, salah satunya yaitu memanfaatkan teknologi berbasis digital. 

Selain itu, jajaran dari dinas tersebut pun harus mampu bersinergi dengan seluruh pihak di Kabupaten Cirebon, maupun dengan kota/kabupaten lainnya.

Sekretaris Dishub Kabupaten Cirebon, Hilman Firmansyah mengatakan, dalam peringatan Hari Perhubungan Nasional tingkat Provinsi Jawa Barat ini dilaksanakan pula sejumlah kegiatan.

Kegiatan tersebut, diantaranya pameran produk fasilitas lalu lintas, FGD Perhubungan, gala dinner dan ramah tamah, devile carnaval se-Jawa Barat hingga penampilan kesenian oleh perwakilan dinas perhubungan masing-masing kota/kabupaten di Jawa Barat.

Selain itu, kata Hilman, puncak peringatan tersebut akan digelar pada Senin (18/9/2023) melalui upacara peringatan Harhubnas di Lapangan Ranggajati, Kecamatan Sumber.

“Kabupaten Cirebon ditunjuk sebagai tuan rumah peringatan Harhubnas tahun ini, merupakan amanat dari Dishub Jawa Barat pada bulan lalu. Meskipun persiapan yang dilakukan cukup singkat, mudah-mudahan dapat memberikan manfaat yang luar biasa,” harap Hilman. (Lisdis)

17 Sep 2023

Turnamen Sepakbola Kuwu Cup Sarajaya " Dihadiri Calon anggota DPR RI PDI Perjuangan"

INDOMEDIANEWS- Final Open turnamen sepakbola Kuwu Cup Sarajaya, Lemahabang, Kabupaten Cirebon , dilaksanakan pada Minggu,17/09/2023.
Keluar sebagai juara pertama Desa Lemahabang dengan memperoleh uang pembibaan sebesar Rp.15.000.000, tropi dan piagam, sementara juara kedua diraih tuan rumah Sarajaya.
Selain pembagian hadiah bagi para pemenang, dalam acara tersebut para penonton sepak bola berkesempatan untuk memdapat berbagai hadiah undian  menarik , seperti Mesin Cuci, kompor gas hingga sepeda listrik.

Usai pembagian hadiah, Kuwu Sarajaya Rudiyana, mengucapkan terimakasihnya kepada semua pihak yang telah bekerjasama dengan baik dari awal hingga akhir acara.

"Kami atas nama pemerintahan Desa dan panitia pelaksana open Turnamen Sepakbola Kuwu Cup, mengucapkan terimakasih atas kerjasama yang terjalin baik, hingga acara ini bisa berjalan dengan baik dan sukses, kepada pemenang dalam turnamen ini kami ucapkan selamat dan untuk seluruh team yang telah berpartisipasi kami ucapkan selamat juga, karena acara ini semata demi menjalin kerjasama dan mencari bibit bibit muda dalam dunia olahraga, hususnya sepakbola" tuturnya.

Lebih lanjut dirinya mengucapkan terimakasih dan hormatnya pada jajaran TNI/Polri dan unsur terkait lainnya, termasuk Masyarakat setempat.

"Acara ini dapat berjalan dengan baik atas dukungan dan kerjasama semua pihak, hingga acara ini dapat berjalan dengan aman, damai dan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai sportifitas, terlebih acara ini dihadiri pula oleh Calon Anggota DPR RI, Bapak Yoseph Umar hadi, terimaksih untuk semuanya" pungkas Rudi.

Sementara itu, Calon Anggota DPR RI fraksi PDI Perjuangan, Yoseph Umar Hadi, yang hadir dan menyaksikan Turnamen sepak bola Kuwu Cup Sarajaya hingga selesai acara, mengapresiasi dan mendukung kegiatan yang dilaksanakan dengan aman dan sportif.

"Saya sangat respek dan apresiasi dengan pelaksanaan open turnamen sepak bola ini, sekalanya memang desa namun tidak kalah dengan tingkat pro, ini menunjukan bahwa Masyarakat kita sangat gemar dengan acara olah raga, terlebih lagi persepakbolaan, dengan diadakannya turnamen ini, tentunya akan menghasilkan bibit bibit muda atau pesepak bola muda yang tidak menutup kemungkinan untuk bisa meniti karir hingga menjadi pemain bola profesional hingga tingkat Nasional" tuturnya.

Bahkan dalam sesi wawancara dengan media, dirinya mengungkapkan akan menindaklanjuti kegiatan ini dengan menggandeng pihak PSSI.

"Kami akan berusaha melibatkan PSSI untuk turun kewilayah tingkat Desa, agar bakat yang dimiliki pemain muda bisa tersalurkan dengan baik, karena dari pantauan saya, para pemain yang berlaga dalam acara ini sudah sangat baik, tinggal bagaimana pihak terkait dalam hal ini PSSI mampu memberikan ruang dan kesempatan pada pemuda yang memang menggeluti dunia persepekbolaan, intinya apa yang dilaksanakan dalam turnamen sepak bola yang di gagas kuwu sarajaya patut untuk di apresiasi setinggi-tingginya" pungkasnya. (1c)

Lapangan Sepak Bola Cipeujeuh kulon dipadati warna Kuning

INDOMEDIANEWS - Menyatu padukan kesehatan dan olah raga, wakil Rakyat dari Fraksi Golkar menggelar Acara Senam Sehat yang dilaksanakan di Lapangan sepak Bola desa Cipeujeuh kulon, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, Sabtu, 16/09/2023.
Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Cirebon yang akarab disapa Bunda Ayu, Camat Lemahabang, Yuyun Kusumawati, Anggota DPRD Kabupaten Cirebon, Diah Irwany Indriyati, Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat , Lili Eliyah dan ratusan peserta senam dari berbagai wilayah.
Dalam acara tersebut, wakil Bupati Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih, mengharapkan peran serta dari Masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan.

"Melalui acara senam sehat yang di prakarsai oleh Ibu Diah ini diharapkan mampu membangkitkan semangat kita untuk tetap menjaga kesehatan melalui olahraga, karena didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat" tuturnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Jawa barat dapil 12 Fraksi Golkar,Lili Eliyah, mengharapkan Masyarakat untuk turut berperan dalam mensukseskan pelaksanaan pemilihan umum yang akan dilaksanakan tidak lama lagi.

"Kami sangat mengharap peran serta Masyarakat dalam mensukseskan pemilu 2024, kebetulan saya di undang oleh ibu Diah untuk hadir dalam acara senam sehat yang dilaksanakan di Desa Cipeujeuh kulon, saya sangat mendukung kegiatan tersebut, selain untuk menjaga kebugaran, tentunya sebagai ajang silaturahmi sekaligus menampung berbagai aspirasi terkait harapan Masyarakat, kebetulan saya menjadi salah satu wakil Rakyat di Dapil 12 yang meliputi Kota/Kabupaten Cirebon dan Indramayu, jadi sudah menjadi kewajiban saya untuk mengetahui persoalan apa yang ada di wilayah dan bagaimana mencari solusinya" tuturnya.

Senada hal tersebut disampaikan Angota DPRD Kabupaten Cirebon fraksi Golkar, Diah Irwany Indriyati.

"Acara Senam sehat ini didukung oleh seluruh Anggota Dewan Fraksi Golkar dari Daerah hingga pusat, diharapkan dengan dilaksanaknnya acara ini kedekatan kami dengan Masyarakat semakin erat, selain itu tentunya menjadi kewajiban bagi kami untuk mengetahui apa yang diharapkan oleh Masyatakat, semoga saja melalui ajang senam sehat ini tidak semata mengajak Masyarakat untuk giat berolah raga, namun membiasakan hidup sehat dan tetap ceria, satu harapan kami, jaga persatuan dan kesatuan, perbedaan itu hal biasa, jadikan Pemilu yang akan dilaksanakan tidak lama lagi sebagai pesta demokrasi yang bermartabat, aman, damai dan utamakan kebersamaan" jelasnya.

Acara senam sehat tersebut menyuguhkan berbagai hadiah melalui kupon undian yang disediakan panitia.
Salah seorang yang beruntung mendapatkan hadiah satu buah lemari es, adalah Asiti, (43 tahun) Warga Desa Panongan lor, kecamatan Sedong, kabupaten Cirebon, mengucapkan terimakasih karena dirinya mendapat hadiah yang sangat menarik.

"Terimakasih untuk Partai Golkar, terimakasih untuk Ibu Diah, semoga sukses selalu, hadiah ini sangat bermanfaat bagi kami, tidak disangka saya datang dari jauh dan mendapat rijki yang tidak terduga, Alkhamdulillah" ujar wanita satu anak yang kesehariannya bekerja sebagai jasa permainan trampolin. (1c)

15 Sep 2023

Bupati Cirebon Minta Sub PPKBD Terus Tekan Angka Stunting

INDOMEDIANEWS -- Ratusan Sub Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) dari 10 kecamatan di wilayah Kabupaten Cirebon bagian barat, mengikuti kegiatan silaturahmi dan pembinaan Sub PPKBD, di GOR Kecamatan Palimanan, Kamis (14/9/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag beserta Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBP3A). 

Menurut Imron, Sub PPKBD mempunyai peran yang sangat penting dalam menekan angka stunting di Kabupaten Cirebon. Oleh karena itu, Imron berharap peran Sub PPKBD terus ditingkatkan.

"Terus tekan angka stunting, kalau bisa, sampai tidak ada lagi," ujar Imron.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBP3A), Eni Suhaeni menuturkan, bahwa Sub PPKBD merupakan garda terdepan dalam penanganan stunting di Kabupaten Cirebon.

Karena menurut Eni, Sub PPKBD merupakan aktor utama yang melakukan pendampingan terhadap para calon pengantin, ibu hamil ataupun di 1000 hari kelahiran pertama. Langkah-langkah tersebut untuk mencegah terjadinya stunting.

"Jadi, Sub PPKBD berperan untuk mencegah terjadinya stunting," kata Eni.

Eni menuturkan, bahwa ada sebanyak 400 Sub PPKBD yang hadir dalam kegiatan pembinaan dan silaturahmi tersebut. Sedangkan total jumlah Sub PPKBD di Kabupaten Cirebon saat ini, yaitu terdapat sekitar 2.000 Sub PPKBD yang membantu tugas dari Dinas PPKBP3A. 

Selain membantu mengendalikan jumlah penduduk, Sub PPKBD juga berperan untuk mendampingi keluarga beresiko stunting.

Dengan adanya kegiatan silaturahmi ini, berharap seluruh Sub PPKBD termotivasi untuk lebih meningkatkan perannya, karena mendapatkan apresiasi secara langsung dari Bupati Cirebon.

"Tadi Pak Bupati juga memberikan arahan dan sekaligus berdialog dengan Sub PPKBD yang hadir," lanjut Eni. (Lisdis)

Pelantikan DPC PSIB "Bupati Cirebon " Siliwangi Organisasi Masyarakat yang Humanis

INDOMEDIANEWS  -- Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag menghadiri pelantikan pengurus DPC Pejuang Siliwangi Indonesia Bersatu (PSIB) Kabupaten Cirebon masa bakti tahun 2023-2028 di Aula Nyimas Gandasari, Setda Kabupaten Cirebon, Kamis (14/9/2023).

Bupati Imron berpesan, agar segera bekerja, menyusun program dan kegiatan yang semakin menumbuhkembangkan kesenian dan kebudayaan di Kabupaten Cirebon. 

Seperti diketahui, organisasi masyarakat yang tertua adalah Siliwangi, maka harus mencerminkan kepribadian yang baik dan harus disiplin, saling berkomunikasi kepada pembina-pembina bilamana terjadi permasalahan di lapangan. 

"Siliwangi organisasi masyarakat yang humanis, bukan organisasi yang arogan dan saling mengayomi kepada masyarakat," kata Imron.

Sementara itu, Ketua DPD PSIB Provinsi Jawa Barat, Brigjen (Purn) H. Kemal Hendra Yadi, S.I.P mengharapkan, DPC PSIB Kabupaten Cirebon yang baru saja dilantik, harus terdepan memberikan contoh di tengah-tengah masyarakat Jawa Barat, khususnya Kabupaten Cirebon dan umumnya Indonesia.

Menurutnya, Kabupaten Cirebon luar biasa dalam sejarah Siliwangi, sebagai Kota Wali. Banyak peninggalan-peninggalan yang memiliki arti bagi pejuang Siliwangi. 

"Saya berharap, dengan dilantiknya kepengurusan DPC yang baru ini bisa menginspirasi 27 Kabupaten/Kota lainnya di Jawa Barat," kata Kemal.

Ia juga berpesan, kepada pengurus yang baru dilantik agar menyatukan tekad untuk membangun organisasi yang solid, amanah, jujur dan benar. 

"Sekali lagi saya ucapkan selamat atas terpilihnya dan dilantiknya Ibu Marwah sebagai ketua DPC PSIB Kabupaten Cirebon, semoga dapat mengemban amanah dan tugas jabatan ini dengan penuh tanggung jawab," tandasnya.

Di tempat yang sama, Ketua DPC PSIB Kabupaten Cirebon, Marwah berterima kasih kepada Bupati Cirebon. Pasalnya, selama ini telah memperhatikan PSIB. 

"Saya akan melanjutkan program ketua terdahulu, karena PSIB Kabupaten Cirebon mulai terlihat wujudnya. Mudah-mudahan bisa terus melanjutkan tujuan dan cita-cita PSIB dan semoga dapat berkembang dengan lebih pesat lagi," kata Marwah. (Lisdis)

14 Sep 2023

Peningkatan jalan Cipeujeuh-Kamarang mulai dikerjakan

INDOMEDIANEWS- Setelah menunggu sekian lama, Akhirnya Warga Masyarakat Desa Cipeujeuh wetan, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, bisa bernafas lega karena jalan yang selama ini rusak sudah mulai diperbaiki.
Hal ini disampaikan Kuwu Desa Cipeujeuh wetan, Cecep, kepada IM, kamis,14/09/2023.

"Dengan dimulainya perbaikan jalan yang selama ini terkesan diabaikan, tentunya kami dari pihak pemerintahan desa sangat bersyukur, karena selain bisa membuat nyaman para pengguna jalan, juga berdampak pada laju perekonomian yang semakin baik, harapannya kualitas jalan yang tengah dilaksanakan juga kualitas yang baik, apalagi seperti yang kami lihat jalan tersebut menggunakan betonisasi" tuturnya.

Dari pantauan IM, Pembangunan jalan tersebut sesuai papan yang terpasang berasal dari APBD Kab Cirebon Tahun anggaran 2023 sebesar Rp. 276.029.000 dengan waktu pengerjaan 90 hari jerja.
Peningkatan jalan Cipeujeuh-kamarang yang berlokasi di Desa Cipeujeuh wetan tersebut dikerjakan oleh CV Rido Jaya.

"Semoga pekerjaannya bisa dipercepat hingga Masyarakat khususnya para pedagang atau yang setiap hari melintasi jalan tersebut tidak terlalu lama kenyamanannya terganggu, oleh karenanya kami pun berharap pengertian dari semua pihak, karena setiap pembangunan pasti ada dampaknya, yang pasti ini demi kenyamanan dan keamanan semua pihak" pungkasnya. (1c)

13 Sep 2023

Kuwu Sidamulya " Taman Munirah" bentuk penghargaan

INDOMEDIANEWS - Sebagai tanda penghormatan dan rasa syukur dengan segala apa yang telah dilaksanakan dalam membangun dan mengembangkan Desa, Kuwu Sidamulya Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon, Dudi Mazudin. Z , memberikan penghargaan kepada salah seorang  yang telah berjasa pada perjalanan dan tata kelola Desa.

Penghargaan tersebut diberikan kepada sosok Almarhumah Munirah, Istri dari Almarhum Purnawirawan polisi, Muklas.

"Kami baik secara pribadi maupun pemerintahan Desa merasa pantas memberikan penghargaan kepada Almarhumah Ibu Munirah dengan memberikan nama taman atau alun alun desa dengan nama taman Munirah, bagi kami beliau semasa hidupnya sangat berjasa pada Sidamulya" tuturnya.Rabu,13/09/2023

Lebih lanjut Dudi, menjelaskan, masih banyak Orang-orang yang berjasa dalam membangun Desa Sidamulya, oleh karenanya dirinya akan membuat nama-nama Gang atau jalan unum dengan mencantumkan nama- nama yang bersangkutan.

"Insya Allah, kedepannya kami akan membuat nama gang atau tempat lainnya dengan nama-nama mereka yang telah berjasa, hususnya para kuwu-kuwu yang terdahulu ataupun Orang lain yang dianggap memang patut untuk diberi penghargaan, sementara untuk saat ini yang telah kami lakukan sebagai tanda penghargaan dan penghormatan diberikan kepada Almarhumah Ibu munirah, oleh karenanya taman bermain atau alun-alun desa kami namakan Taman  Munirah" jelasnya.

Taman bermain atau Alun-alun tersebut letaknya tidak jauh dari Kantor Pemerintahan setempat.
Keberadaan taman pun tidak saja dipergunakan oleh Masyarakat untuk melepas lelah, namun bisa juga digunakan untuk olah raga dan hal lainnya.

"Kami pergunakan anggaran ketahanan pangan untuk membangun taman, karena bagi kami, keberadaan taman tersebut sangat menunjang berbagai hal, termasuk salah satunya adalah bagi pengembangan UMKM, selain itu, taman yang ada bisa digunakan tidak hanya untuk olahraga ataupun tempat bermain, namun bisa digunakan untuk berbagai kegiatan yang sifatnya edukasi, sekaligus tempat untuk masyarakat dalam berkarya dan hal positif lainnya, bahkan InsyaAllah, kedepannya atas masukan dari karangtaruna, kami akan membuka sekolah sepak bola sekala desa, jadi intinya keberadaan taman desa dapat digunakan Masyarakat untuk berbagai hal yang positif, mohon doanya, InsyaAllah dalam waktu dekat kami akan menggelar kegiatan Syukuran Desa, ini sebagai ungkapan rasa syukur atas segala nikmat yang telah Allah berikan kepada kami" pungkasnya.(1c)