31 Agu 2023

Pemdes Japura Bakti Sosialisasi pemilihan BPD 2023

INDOMEDIANEWS - 18 Calon Anggota BPD dari 4 Dusun Desa Japura Bakti, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, mengikuti pelaksanaan Sosialisasi tata cara pemilihan yang akan dilaksanakan pada 3 September 2023.
Pendaftaran Calon Anggota BPD dibuka sejak tanggal 14 sampai 21 Agustus 2023.
Dari ke 18 Calon tersebut dua diantaranya dari perwakilan perempuan yang seluruhnya akan ditentukan lolos tidaknya pada tanggal 3 September 2023.

Dilaksanakannya sosialisasi tata cara pemilihan Anggota BPD tersebut selain untuk memberikan pemahaman kepada para calon dan pemilih, poin utamanya adalah adanya transparansi atau keterbukaan untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan.
 
Hal tersebut disampaikan Sekretaris panitia pemilihan BPD, Fathurohman.

"Perlunya diadakan sosialisasi bertujuan agar pelaksanaan pemilihan BPD nanti sesuai dengan mekanisme dan menghindari terjadinya hal yang tidak diharapkan" tuturnya, Kamis, 31/08/2023.

Senada hal tersebut disampaikan Kasi trantrib Kecamatan Astanajapura, Heri Soemarjono.

"Hal yang dilakukan panitia pemilihan BPD Japura bakti sangat baik, yang terpenting harus mengutamakan kondusifitas  dan tetap menomor satukan silaturahmi, jika ada persoalan bicarakan dengan bijak" jelasnya.

Sementara itu, salah seorang Calon Anggota BPD setempat, Agus Supardi, mengharapkan pelaksanaan pemilihan harus sesuai tahapan dan tetap mengutamakan kebersamaan.

"Pada hakekatnya kita semua saudara, namun dalam hal pemilihan itu adalah hak demokrasi semua warga Masyarakat, perbedaan sesuatu yang wajar, namun jadikan perbedaan sesuatu yang indah, nyaman dan damai, saya sebagai salah seorang Calon, mengajak kepada semua pihak untuk mengutamakan kebersamaan, jika memang sudah suratan saya terpilih, maka prioritas saya adalah mengutamakan kepentingan warga Masyarakat dan membangun desa sesuai koridor dan kewenangan sebagai Anggota BPD, yang penting mari kita guyub dan membangun Desa ke arah yang lebih baik" tutur Agus (1c)

Usaha Rotan Tegalwangi Bantu Atasi Pengangguran

INDOMEDIANEWS- Wakil Bupati Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih, S.E., M.Si melakukan kunjungan kerja ke Desa Tegalwangi, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, Rabu (30/8/2023).

Di Desa Tegalwangi, menurut Ayu--sapaan akrabnya, banyak ditemukan usaha kerajinan rotan rumahan yang berhasil dan sangat membantu mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Cirebon.

"Di satu lokasi pembuatan kerajinan rotan ini, bisa mempekerjakan hingga 30 pegawai. Artinya, ini sangat membantu pemerintah dalam hal mengurangi pengangguran di Kabupaten Cirebon," kata Ayu. 

Ia meninjau langsung berbagai macam produk yang dihasilkan di Desa Tegalwangi ini dan cukup bervariasi. Tidak sedikit produk tersebut dihasilkan dari usaha rumahan yang dikelola oleh warga.

Ayu berjanji, pemerintah tentunya tidak tinggal diam, akan tetapi terus berupaya untuk membantu para pengusaha kecil agar dapat meningkatkan usahanya menjadi pengusaha yang lebih besar.

"Saya bangga, karena hasil karya warga Tegalwangi ini sudah diakui oleh mancanegara. Karena saat ini, penjualan kerajianan rotan ini bukan hanya dipasarkan di lokal saja, namun juga sudah ekspor," lanjut Ayu.

Banyaknya pengrajin rotan yang saat ini masih terus bertahan, meskipun sempat beberapa tahun dihantam pandemi Covid-19, namun mereka mampu melaluinya. 

"Mudah-mudahan, Kabupaten Cirebon yang sudah dikenal dari pengrajin rotannya bisa tetap eskis dan tetap bertahan dan jangan dipandang sebelah mata," tuturnya.

Di akhir, ia juga mengharapkan, mudah-mudahan dari sektor kerajinan rotan ini dapat membantu pemerintah daerah, juga dapat menjadi roda penggerak ekonomi, terutama desa setempat agar terus berkembang.

"Mudah-mudahan, kerajinan rotan yang ada di Desa Tegalwangi ini bisa terus bertahan dan berkembang, sehingga bisa ikut meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan mengembangkan perekonomian daerah," harapnya.

Selain meninjau pengrajin rotan di Kecamatan Weru, dirinya berkesempatan pula menabur 30 ribu benih ikan di Kali Jetis dan melanjutkan kunjungan kerjanya untuk meninjau tumpukan sampah di Kali Tumpang, Desa Kedungjaya, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon. (Lisdis)

30 Agu 2023

Kuwu Panongan lor " Hari Jadi Desa momentum kebangkitan UMKM"

INDOMEDIANEWS - Perhelatan peringatan HUT RI sekaligus Hari Jadi Desa Panongan Lor ke 38, Kecamatan Sedong, Kabupaten Cirebon, dimeriahkan dengan berbagai ajang lomba dan kreasi, termasuk jalan santai dan santunan Anak Yatim, Band, seni burok, Sunatan Masal dan pagelaran seni wayang golek.

Kemeriahan semakin terlihat dan menjadi kebanggaan bagi warga Masyarakat sekitar dengan adanya beberapa karangan bunga sebagai ucapan selamat yang datang dari berbagai unsur kepemerintahan daerah hingga pusat.
Salah satunya ucapan dari menteri pertahanan Indonesia Prabowo Subianto.

Acara yang dihadiri oleh ribuan Warga Masyarakat sekitar dan dipusatkan di lapang bola desa panongan lor, menjadi salah satu momen mempererat tali silaturahmi dan persatuan antar sesama.

Hal tersebut disampaikan Kuwu Panongan lor, Agus Syamsah, usai acara jalan santai dan pembagian hadiah.

"Kebanggaan bagi kami dengan adanya ucapan dari beberapa orang penting, dari mulai Anggota DPRD, DPR RI , TNI, Polri, pendidikan hingga menteri pertahanan Republik Indonesia, semoga kebanggan tersebut membuahkan hasil yang baik bagi pemerintahan desa kami dan kesejahteraan warga Masyarakat Panongan lor" tuturnya.

Lebih lanjut Agus Samsyah menjelaskan, acara rutin tahunan ini, bukan semata memperingati hari jadi desa, namun memberikan kesempatan bagi para pelaku UMKM untuk bisa mengais rijki.

"Banyak manfaat yang dirasakan bagi para pelaku UMKM, termasuk para penjaja makanan khas desa, ini adalah sesutau yang sangat berarti, apalagi acara puncaknya akan diadakan pagelaran wayang golek dari Bandung ( giri harja) yang terpenting bagi kami adalah semakin banyak orang yang mengetahui keberadaan desa Panongan lor, semoga kedepannya dan masa-masa selanjutnya acara ini dapat dilestarikan dan terus ditingkatkan, kami dari pihak pemerintah desa mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah turut mensukseskan acara hari jadi Desa panongan lor yang ke 38, tetap semangat dan jangan berhenti untuk terus berkarya " pungkasnya.( 1c)

HUT HIMPAUDI KE-18 " Kesejahteraan Guru perlu ditingkatkan"

INDOMEDIANEWS - Hari Ulang Tahun HIMPAUDI ke 18 tingkat Pengurus Cabang (PC) Lemahabang, Kabupaten Cirebon, berjalan dengan penuh kesederhanaan namun tetap hikmat.
Dengan tema "Organisasi Kuat , Guru Hebat wujudkan Generasi Emas, Generasi Cerdas dan Bermartabat" diharapkan mampu meningkatkan kualitas pendidikan bagi Anak Usia Dini hususnya.
Keterangan yang disampaikan Kepala HIMPAUDi PC Lemahabang, Ulfatul Mahabah, diselenggarakannya acara tersebut untuk meningkatkan semangat para pengajar PAUD dalam memberikan ilmu pengetahuannya untuk generasi muda penerus Bangsa.

"Guru adalah sosok yang sangat berarti bagi perkembangan Anak dalam menuntut ilmu, terlebih lagi bagi Anak Usia Dini, diharapkan dengan dilaksanakannya acara HUT HIMPAUDI yang ke 18 ini, semangat para guru dalam mengajar semakin tinggi, walaupun secara finansial atau honor boleh dikatakan sangat minim, oleh karenanya kami berharap adanya perhatian khusus dari Pemerintah bagi kesejahteraan Guru-guru PAUD, karena masih ada mungkin beberapa PAUD yang belum memperoleh sertifikasi, bahkan dari Anggaran Dana Desa pun ada yang belum memperolehnya, kareana adanya regulasi,  namun Alkhamdulullah, ada kabar baik yang disampaikan bapak Sekmat, bahwa pihaknya akan berusaha untuk membahas dan membicarakan dengan para kuwu agar lebih memberikan perhatian khusus bagi seluruh PAUD yang ada di Kecamatan Lemahabang, semoga saja kesejahteraan para Guru akan semakin dapat ditingkatkan lagi" jelasnya.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua HIMPAUDI Kabupaten Cirebon, Iis Nurhartini, S.Pdi. yang mengapresiasi adanya acara bagi peningkatan kesejahteraan para guru.

"Perlu adanya peran serta dari semua pihak dalam memberikan perhatian khusus bagi para pendidik, terlebih guru honorer yang telah mengabdi dan mendedikasikan seluruh hidupnya bagi perkembangan dunia pendidikan" jelasnya

Sementara itu, Sekretaris Kecamatan Lemahabang, Martin Bhutto, berjanji akan menfasilitasi bagi PAUD yang belum memperoleh Anggaran Dana Desa.

"Untuk Kecamatan Lemahabang ada 20 PAUD yang sudah terdata dan menerima bantuan Dana Desa, namun untuk nominalnya berbeda-beda karena disesuaikan dengan keberadaan desa yang bersangkutan, jika memang ada PAUD yang belum memperoleh bantuan Dana Desa, agar menyerahkan data kepada kami, InsyaAllah akan segera dicari solusinya, selain dari itu kami akan berusaha kepada pihak terkait agar kesejahteraan para pendidik, hususnya PAUD bisa lebih baik, karena pendidikan ini sangat berperan bagi seluruh Anak Negeri, diharapkan dengan adanya kesejahteraan yang semakin baik, kualitas pendidik pun akan semakin lebih baik, intinya persoalan pendidikan harus tetap diutamakan" tuturnya.(1c)

Ribuan warga Panongan Lor meriahkan Hari Jadi Desa ke 38

INDOMEDIANEWS- Hadir dalam acara Hari Jadi Desa Panongan lor, Kecamatan Sedong, Kabupaten Cirebon, Frisma Elsa Tamara,  Calon Anggota DPRD dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kabupaten Cirebon ,disambut ribuan Warga setempat, Rabu, 30/08/2023.
Kemeriahan peringatan Hari Jadi atau ulang tahun desa panongan lor yang ke 38 sekaligus Peringatan HUT RI ke 78 dipenuhi oleh berbagai karangan bunga dari berbagai elemen, baik DPRD maupun DPR RI termasuk ucapan karangan bunga dari Menteri Pertahanan Indonesia, Prabowo Subianto.

Ulang tahun Desa panongan lor diisi dengan berbagai acara, dari mulai Jalan santai, santunan anak yatim hingga pembagian hadiah dan pagelaran wayang golek semalam suntuk.

Dalam pemaparannya usai acara jalan santai dan pembagian hadiah, Frisma Elsa Tamara, mengharapkan adanya peran serta maksimal dari kaum perempuan untuk bangkit dan mampu berkarya demi Negeri.

"Peran perempuan itu sangat menentukan, walaupun mungkin masih ada sebagian yang menganggap lemah, nanun pada hakekatnya kaum perempuan itu sangat kuat, mereka bekerja tidak mengenal waktu, artinya selama 24 jam mereka terus bekerja, oleh karenanya keberadaan seorang perempuan sangat menentukan maju mundurnya sebuah Negara, sudah saatnya kita selaku kaum perempuan untuk membuktikan bahwa kita mampu untuk berkarya dan mengabdi demi Bangsa, hari ini dalam kesempatan yang sangat baik, saya memperkenalkan diri sebagai seorang Calon DPRD Kabupaten Cirebon dari PDI Perjuangan, mari bersama membangun Tanah tercinta ini dengan berbagai hal yang positif, jangan mudah menyerah dan tetap semangat" jelasnya.

Senada hal tersebut disampaikan Kuwu Desa Panongan lor, Agus Syamsah, dirinya menyampaikan rasa terimakasih atas dukungan dan peran serta dari semua pihak hingga acara hari jadi atau Ulang tahun desa dapat dilaksanakan dengan sangat baik.

"Acara ini bisa berjalan dengan baik karena adanya dukungan dan peranserta dari berbagai pihak, baik itu Masyarakat Panongan lor itu sendiri, unsur pendidikan, TNI, Polri, Anggota Dewan daerah hingga pusat, termasuk dari menteri Pertahanan Indonesia, hal ini menunjukan bahwa pelaksanaan peringatan ulang tahun desa ini mendapat respon dari berbagai kalangan, semoga apa yang telah kami lakukan akan bermanfaat bagi kemajuan dan perkembangan Desa Panongan lor agar lebih baik dari yang sudah baik, saya selaku Kuwu, tidak lupa mengucapkan permohonan maaf jika dalam pelaksanaan Hari Jadi Desa ini terdapat hal-hal yang tidak seseuai dengan harapan, InsyaAllah, kedepannya acara ini bisa terus dilaksanakan dan ditingkatkan" tuturnya.(1c)

28 Agu 2023

Menjaga Budaya Tetap Hidup, Riksa Budaya Jabar Digelar di Kabupaten Cirebon

INDOMEDIANEWS-- Gelaran Riksa Budaya Jawa Barat digelar di Alun-alun Lemahabang, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, Minggu (27/8/2023).

Acara yang diinisiasi oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Kabupaten Cirebon ini merupakan sebuah upaya gerakan penguatan nilai budaya lokal yang diselenggarakan di tiga wilayah budaya di Jawa Barat. 

Riksa Budaya yang diselenggarakan di Kecamatan Lemahabang ini mengangkat nilai "Guyub Rukun Seduluran". Tema tersebut merupakan sebuah nilai budaya yang mengakar pada masyarakat Cirebon dan masyarakat Jawa Barat sejak dahulu.

Wakil Gubernur Jawa Barat, H. Uu Ruzhanul Ulum, SE mengharapkan, kegiatan tersebut bisa kembali menguatkan Jawa Barat sebagai salah satu daerah di Indonesia yang kaya akan keanekaragaman budaya.

“Kegiatan Riksa Budaya Jawa Barat kali ini l, dihadirkan di tengah kehangatan masyarakat Kabupaten Cirebon dengan mengangkat nilai Guyub Rukun Seduluran,” kata Uu.

Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag melalui Wakil Bupati Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih, S.E., M.Si menyebutkan, Riksa Budaya Jawa Barat ini sangat penting dan bermanfaat untuk digelar. 

Pemerintah Kabupaten Cirebon, kata Wabup Ayu, terus melakukan penguatan nilai-nilai budaya warisan leluhur. Sehingga, dapat mewujudkan kesadaran dan kepedulian bersama. 

"Kami terus melindungi, mengembangkan, memanfaatkan, dan melakukan pembinaan terhadap berbagai macam tradisi seni dan budaya," kata Ayu. 

Ayu menyebutkan, Kabupaten Cirebon memiliki beragam seni dan budaya, mulai dari wisata religi, pesta laut, tari topeng, tarling klasik, angklung bungko, brai, calung, burok, dan beberapa peninggalan yang sebagian sudah ditetapkan melalui warisan budaya tak benda (wbtb) dari pemerintah pusat.

Hal tersebut, harus dikenalkan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Cirebon, karena akan diteruskan oleh generasi selanjutnya. 

"Mempertahankan budaya berarti ikut menjaga kehormatan bangsa dan negara kita tercinta," lanjut Ayu. (Lisdis)

27 Agu 2023

Caleg DPRD Kabupaten Cirebon" Sudarto"beri santunan bagi Anak Yatim

INDOMEDIANEWS- Gebyar bersama sedulur sehat dan Aerobik digelar di Desa Ambulu, Kecamatan Losari, Kabupaten Cirebon, Minggu, 27/08/2023.

Acara yang dilaksanakan berbarengan santunan bagi Anak Yatim tersebut diperakarsai oleh seorang Calon Legaslatif DPRD Kabupaten Cirebon dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Sudarto.

Selain mengajak warga Masyarakat untuk membiasakan menjaga kebugaran melalui Aerobik, acara pun diisi dengan pembagian berbagai hadiah hiburan 

Dalam penuturannya, Kuwu Desa Ambulu, Sunaji yang hadir dalam acara tersebut menjelaskan, bahwa pihaknya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Sudarto sebagai Calon DPRD Kabupaten Cirebon.

"Baru kali ini ada Calon Anggota DPRD kabupaten Cirebon yang menggelar acara yang dikemas dalam ajang aerobik sekaligus santunan bagi anak yatim dilaksanakan di Desa kami, ini merupakan sesuatu yang sangat bermanfaat, memang yang kami tahu bukan saja kali ini kegiatan sosial dan lainnya dilakukan Kang Sudarto, jauh sebelum beliau mencalonkan diri sebagai Anggota Dewan, kegiatan sosial maupun keagamaan dan hal positif lainnya kerap dilakukan, dan yang kami tahu beliau ( Sudarto-red) memiliki jiwa sosial yang sangat tinggi" tuturnya.

Sementara itu, Sudarto ( Caleg DPRD Kabupaten Cirebon) merasa bersyukur dapat berbagai dengan halayak.

"Alkhamdulullah, hari ini kami dapat berbagi dengan Anak-anak yatim yang ada di Desa Ambulu, harapan kami tentunya apa yang dilakukan hari ini bisa bermanfaat bagi Masyarakat sekitar, InsyaAllah, jika Allah mengijinkan saya duduk sebagai anggot Dewan, sudah tidak asing lagi untuk berbuat hal demikian, yang pasti Kabupaten Cirebon memerlukan perubahan  nyata dari berbagai aspek, karena saya yakin, Kabupaten Cirebon memiliki potensi yang sangat banyak, tinggal bagaimana caranya kita memanfaatkannya demi kepentingan Masyarakat secara menyeluruh" pungkasnya. (1c)

14 Tim Ikuti Futsal Antar Media Bupati Cirebon Cup 2023

INDOMEDIANEWS  -- Turnamen Futsal antar media Bupati Cirebon Cup 2023 kembali digelar untuk yang ketiga kalinya. Kali ini, 14 tim mengikuti turnamen yang digelar di Lapangan Futsal Jodabi, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon, Sabtu (26/8/2023).

Kegiatan olahraga tersebut bekerjasama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Cirebon dan sejumlah instansi terkait.

Ketua Panitia Turnamen Futsal antar media Bupati Cirebon Cup 2023, Yoga mengatakan, mengaku bangga dan senang, karena  turnamen yang ketiga kalinya digelar ini semakin banyak pesertanya.

"Alhamdulillah kali ini ada 14 peserta, 10 tim media, dua mitra dinas dan dua mitra BUMD yang ikut andil dalam pertandingan," ujar Yoga.

Ia pun berterima kasih kepada rekan pimpinan media, seperti Radar Cirebon, Kabar Cirebon, RRI Cirebon, Rakyat Cirebon, Fajar Cirebon, RCTV, Suara Cirebon, PWI Kabupaten Cirebon, IJTI Cirebon, Media Online dan DPKPP, Bagian Umam Setda, Bank Cirebon Jabar (BCJ) dan Bank Kabupaten Cirebon (BKC) yang sudah meramaikan ajang Turnamen Futsal Bupati Cirebon Cup 2023 ini.

Kepala Dispora Kabupaten Cirebon, Ikin Asikin mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi terselenggaranya Turnamen Futsal Antar Media Bupati Cirebon Cup 2023 ini.

Menururnya, gelaran tersebut menjadi ajang silaturahmi antar media dan wartawan sekaligus pada instansi lain yang ikut meramaikan.

"Ini merupakan gelaran Futsal Bupati Cirebon Cup 2023 antar media yang ketiga kalinya, semangat dan selamat bertanding," katanya.

Sebagai informasi, bahwa laga final Turnamen Futsal Antar Media Bupati Cirebon Cup 2023 ini, tim DPKPP Kabupaten Cirebon bertanding melawan tim Bank Cirebon Jabar (BCJ). 

Dan hasil akhir diperoleh bahwa tim dari DPKPP menjadi juara pertama, sedangkan tim BCJ menjadi juara kedua. Untuk juara ketiga ada tim dari Bank Kabupaten Cirebon (BKC), dan posisi keempat ditempati tim dari wartawan gabungan online.

Dalam turnamen yang digelar sehari full tersebut, Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag memberikan trofi kepada para pemenang dan sekaligus menutup turnamen Futsal tersebut.

Bupati Imron mengatakan, dirinya mengaku bangga dan mengapresiasi jajaran panitia yang dengan baik mengemas turnamen futsal ini.

"Alhamdulillah turnamen futsal berlangsung sukses dan sudah ada juaranya. Saya bangga, esensi utamanya adalah kita bersilaturahmi dengan baik bersama rekan, kolega media dan mitra lainnya. Saya bangga dengan semua peserta turnamen Futsal Bupati Cirebon Cup 2023 ini," tutur Imron.

"Kegiatan semacam ini harus tetap ada, selain untuk menjaga tubuh agar tetap sehat, kita juga harus terus menjalin silaturahmi dengan teman-teman media," tambahnya.

Ia menyayangkan bahwa temen-teman media hanya berada di posisi keempat pada turnamen ini. "Tahun depan, media harus bisa menjadi juara pertama," tutup Imron. (Lisdis)

26 Agu 2023

Hadiri Haul K.H. Aqil Siroj ke-34, Wapres Sebut Pesantren Menjadi Pusat Dakwah

INDOMEDIANEWS -- Wakil Presiden, K.H. Ma’ruf Amin menyebutkan, pesantren menjadi salah satu pusat dakwah yang sangat penting untuk terus mengkaji dan menyebarkan tuntunan yang terdapat dalam Qur'an dan hadist, utamanya menghadapi  perkembangan zaman.

Hal tersebut disampaikan Wapres (RI) Haul K.H. Aqil Siroj ke-34 dan Tasyakur Khotmil Qur’an serta Juz Amma di Pondok Pesantren (Ponpes) Kiai Haji Aqil Siroj (KHAS) Kempek, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon, Sabtu (26/8/2023).

“Pesantren ini juga menjadi semacam transmitter, penyambung pandangan-pandangan ulama terdahulu dan pandangan ulama-ulama belakangan (dalam menyikapi kondisi terkini). Kalau tidak, konslet (pemahaman masyarakat)," tutur Ma'ruf.

Menurut Ma'ruf, peran pesantren dan ulama dalam memadukan pandangan di masa lalu dan masa kini adalah sebagai peredam kebingungan kesalahpahaman penafsiran di masyarakat.

"Di pesantren inilah transmisi ini disambungkan, sehingga ilmu orang dulu dan ilmu orang sekarang itu tidak terjadi konslet, tidak terjadi kesalahpahaman dan tabrakan. Kalau terjadi tabrakan-tabrakan, itu tidak mesantren dia, tidak mengalami transmisi, tidak paham," tambahnya.

Dalam acara tersebut, orang nomor 2 di Republik Indonesia ini berharap, almarhum K.H. Aqil Siroj mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah Ta’ala dan jasanya dalam membangun pesantren dapat diteruskan oleh para generasi penerus tanpa putus.

“Semua para pendiri pesantren, para pejuang yang dahulu mereka telah menaruh sesuatu, menegakkan suatu tonggak milestone, dan kita kembangkan menjadi tempat yang menjadikan keberkahan, kebaikan bagi masyarakat, bangsa, dan negara," pungkas Ma'ruf.

Dalam kunjungannya ke Ponpes KHAS Kempek, Wapres RI didampingi oleh Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum, Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag, Pembina Pondok Pesantren KHAS Kempek K.H. Said Aqil Siroj dan Pengasuh Pondok Pesantren KHAS Kempek K.H. Musthofa Aqil Siroj.

Selain itu, hadir pula Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Ekonomi dan Peningkatan Daya Saing Guntur Iman Nefianto, Deputi Bidang Administrasi Sapto Harjono W.S., Staf Khusus Wakil Presiden Masduki Baidlowi, Masykuri Abdillah, M. Azis, Robikin Emhas, Zumrotul Mukaffa, dan Arif Rahmansyah Marbun, serta Tim Ahli Wapres Farhat Brachma. (Lisdis)

Pemdes Leuwidinding " Hargai kemerdekaan dengan karya dan kreasi"

INDOMEDIANEWS - Gebyar kemerdekaan Republik Indonesia ke 78 Tahun 2023 masih terasa bergelora dibeberapa wilayah yang masih merayakannya.
Salah satunya di Desa Leuwidinding, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon.
Pelaksanaan peringatan HUT RI berjalan dengan sangat meriah, selain menampilkan berbagai perlombaan, acara pun dilanjutkan dengan karnaval dan pembagian hadiah.
Dalam penuturannya, Kuwu Leuwidinding, Imas Rasdianto, menyampaikan bahwa pelaksanaan peringatan HUT RI bukan semata hiburan atau hal lainnya, nanun pebih menitik beratkan pada persatuan dan kesatuan.

"Hiburan atau kreasi hanya sebagai bonus, intinya menjalain persatuan dan kesatuan termasuk memberikan penghormatan dan penghargaan bagi para pahlawan kemerdekaan, jangan sampai kita generasi muda melupakan jasa para pahlawan" tuturnya.

Lebih lanjut Imas menjelaskan, bahwa makna kemerdekaan harus diisi dengan berbagai hal yang positif.

"Jasa para pejuang harus kita hargai dengan salah satu caranya adalah tetap berkarya dan berbuat yang terbaik bagi Negeri, hilangkan perbedaan, kalaupun ada perbedaan harus dibicarakan dengan baik dan tetap utamakan adanya persatuan termasuk mempererat tali silaturahmi antar sesama" pungkasnya.

Sementara itu, salah seorang warga yang mengikuti acara Karnaval, kanjeng, mengucapkan rasa bangganya karena dapat berperan dalam mengisi kemerdekaan.

"Kami warga leuwidinding tentunya sangat bangga bisa turut serta memeriahkan acara yang di pusatkan di kantor desa , karena dengan adanya acara tersebut, baik itu karnaval, Lomba kreasi busana maupun lainnya, bisa semakin mempererat tali persaudaraan sekaligus mampu bersaing dalam hal positif, juara itu harapan, kalaupun tidak intinya kita ikut berpartisipasi sebagai bukti kecintaan terhadap tanah air" jelasnya. (1c)

Wapres Ma'ruf Amin Resmikan Masjid Syarif Abdurachman

INDOMEDIANEWS-- Wakil Presiden Republik Indonesia, KH. Ma'ruf Amin meresmikan Masjid Syarif Abdurachman yang ada di Desa Astana, Kecamatan Gunungjati, Kabupaten Cirebon, Jum'at (25/8/2023).

Pembangunan Masjid Syarif Abduhrachman diprakarsai oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD), Jenderal TNI Dr. H. Dudung Abdurachman, S.E., M.M.

Dalam sambutannya, Wapres Ma'ruf Amin mengatakan dirinya sangat kagum dengan pembangunan Masjid Syarif Abdurachman yang begitu besar dan indah.

Menurutnya, Kasad Jendral TNI Dudung Abdurachman merupakan Jendral Santri, karena selalu ingat dengan masjid.

"Ini masjid yang indah dan sangat luar biasa, karena membangun masjid kelak akan dibangunkan rumah di surga," katanya.

Ia mengungkapkan, kini sebagian masjid berkembang menjadi pesantren dan dikembangkan menjadi pusat peradaban Islam. Bahkan, Abah sapaan akrab Wapres, berharap Masjid Syarif Abdurachman ini menjadi salah satu pusat peradaban dan pembangunan Islam di wilayah Cirebon sesuai dengan prinsip syariah.

"Saya minta membangun masjid jangan seperti membuat keranda,  membangunnya mau, tetapi ketika sudah jadi tidak ada yang mau masuk, sehingga diharapkan masjid ini dimakmurkan, diramaikan dan juga bukan hanya tempat ibadah saja, namun sebagai pusat pembinaan, yaitu pembangunan peradaban Islam," ujar Ma'ruf.

Sementara Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD), Jendral TNI Dudung Abdurachman mengatakan, masjid yang begitu besar dan megah ini sudah bisa digunakan untuk kegiatan beribadah masyarakat.

Dudung mengungkapkan, terbangunnya masjid ini merupakan cita-cita dulu ketika dirinya masih berpangkat Kapten.

 "Saya sering diajak orang tua untuk ziarah setiap malam Jum'at, ketika mau sholat ternyata masjidnya begitu sempit, sehingga saya memiliki cita-cita, kalau menjadi Pimpinan TNI AD, saya akan bangun masjid di Gunungjati, dan akhirnya kesampaian juga," ungkapnya.

Ia menjelaskan, nama Masjid Syarif Abdurachman ini diambil dari dua sosok yang berpengaruh dalam penyebaran agama Islam di Pulau Jawa, khususnya Cirebon, yakni Syarif Hidayatullah dan Syekh Abdurachman 

"Kalau Syarifnya itu, nama dari Sunan Gunung Jati. Kalau Abdurachman itu, dari pamannya, yaitu Syekh Abdurachman. Nah, sekarang Dudung Abdurachman itu cucunya berarti," katanya.

Ia pun mengatakan, Masjid Syarif Abduracham ini dibangun di lahan seluas 1,8 hektare, sedangkan untuk masjid sendiri luasnya mencapai 1.800 meter persegi.

" Masjid ini memiliki daya tampung mencapai 1.750 orang, dan ini Arsiteknya orang Hindu, yakni Jendral TNI Negah dengan  mengangkat kearifan lokal Kesultanan Cirebon. Mengadopsi kearifan di Jawa dan sudah membuat masjid Muldoko dan Hadi Tjahjanto," sambungnya.

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri Bupati Cirebon, Drs. H.Imron, M.Ag bersama Wakil Bupati Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih,SE., M.Si, Ketua TP PKK Kabupaten Cirebon, Dra. Hj Nunung Roosmini dan para pejabat di lingkup Pemkab Cirebon. (Lisdis)

25 Agu 2023

Guru Honorer diusung warga daftar Pilwu Serentak 2023 "Argo berkaca-kaca"

INDOMEDIANEWSC - Ribuan warga Desa Astanajapura, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, berduyun-duyun menghantarkan seorang Guru Honorer mendaftar menjadi Calon Kuwu Desa setempat, Jum'at 25/08/2023.

Antusias warga sangat terlihat, Saat Nanang Fahmi yang berprofesi sebagai Guru Honorer di salah satu Madrasah Ibtidaiyyah Nahdatu Ulama yang berada di Desa Astanajapura menyerahkan berkas pendaftaran kepada Panitia Pemilihan Kuwu di Aula Kantor desa Astanajapura.

Salah seorang warga setempat, Arif , menuturkan bahwa kehadiran  ribuan warga penghantar karena mengharapkan adanya kepemimpinan yang baik, dan itu ada pada diri Nanang yang akrab disapa Argo.

"Beliau ( Argo-red) selain seorang pendidik, juga memiliki kepribdian yang sangat baik, walaupun hanya seorang Guru Honorer, namun memiliki jiwa sosial yang tinggi, oleh karenanya, kami warga Masyarakat Astanajapura mendukung dan mendorong dirinya untuk mencalonkan diri sebagai Kuwu yang akan memimpin Desa kami, Alhamdulullah, keinginan warga disambut baik olehnya , hingga beliau bersedia dan mendaftarkan diri menjadi calon Kuwu desa Astanajapura,InsyaAllah, pilihan kami tidak salah dan Allah mengabulkan harapan dan doa seluruh warga yang menginginkan dan memiliki pemimpin yang bijak, adil dan pro Masyarakat secara keseluruhan" tuturnya.

Sementara Itu, usai menyerahkan berkas pendaftaran sebagai Calon Kuwu, Nanang Fahmi, berkaca-kaca saat melakukan sesi wawancara dengan beberapa awak media.

"Saya maju menjadi calon kuwu karena adanya dukungan dan keinginan warga Astanajapura, awalnya tidak sedikitpun ada dalam benak saya untuk mencalonkan diri, karena saya sangat sadar dengan kondisi dan keadaan, saya hanya seorang Guru Honorer di salah satu Madrasah Ibtidaiyah, namun karena desakan dan dukungan warga yang begitu kuat, maka Lillahita'ala saya mendaftarkan diri sebagai calon Kuwu, InsyaAllah apa yang kami lakukan, baik saya, keluarga maupun warga Masyarakat senantiasa diridloi Allah, pada dasarnya upaya maksimal akan kami lakukan namun apapun hasilnya kami serahkan kepada Allah SWT, oleh karenanya, saya mengucapkan terimakasih atas dukungan semua pihak, dan sebagai Manusia tetap kami memohon doa dan dukungan kepada semua warga Masyarakat agar niat ini dikobul Allah " jelas suami dari  Wiwin Herlina mengakhiri perbincangan.

Dalan visi misinya, Nanang  (Argo ) akan memperioritaskan masalah pendidikan, karena hal tersebut sangat dirasakannya sebagai seorang guru honorer. Kesejahteraan seorang guru honorer perlu mendapat perhatian khusus, karena pendidikan menentukan maju nundurnya sebuah peradaban. (1c)

Frisma Elsa Tamara " Biasakan hidup sehat"

INDOMEDIANEWS - Masih dalam suasana peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78, Calon Anggota DPRD Kabupaten Cirebon dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Frisma Elsa Tamara, menggelar acara Senam sehat dan ragam permainan di halaman kantor Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, Jum'at 25/08/2023.

Dilaksanakannya acara senam sehat dan permainan lainnya bertujuan untuk meningkatkan imun sekaligus menghilangkan rasa kejenuhan.

"Kita ini membutuhkan sesuatu yang mampu membangkitkan rasa senang yang berdampak pada meningkatnya kesehatan sekaligus kebahagiaan, dan hal ini sangat diperlukan agar rilex dan tidak stres, selain itu, dengan diadakannya acara senam sehat tentunya sangat positif bagi kehidupan yang mungkin sudah dibuat lelah karena aktifitas atau pekerjaan yang bisa menguras tenaga maupun fikiran" tuturnya.

Wanita yang selalu terlihat energik ini terus berupaya untuk mengajak semua pihak agar berfikiran positif dan berkarya sesuai kemampuan yang dimiliki.

"Kreatifitas dan karya mampu dilakukan siapapun selagi fikiran dan badan kita sehat, oleh karenanya saya akan terus berupaya mengajak semua pihak untuk membiasakan hidup sehat, semoga saja Allah memberikan yang terbaik bagi saya dalam meniti kehidupan, salah satunya melalui pencalonan saya sebagai Anggota DPRD Kabupaten Cirebon, karena dengan saya duduk sebagai Anggota Dewan tentunya akan lebih mampu memberikan yang terbaik bagi warga Masyarakat" pungkasnya ( 1c)

Dapat Kuota 70 ribu Bidang Tanah, Bupati Cirebon Minta Masyarakat Maksimalkan Program PTSL

INDOMEDIANEWS-- Pemerintah Kabupaten Cirebon menyambut baik program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2023. Bahkan wilayah Kabupaten Cirebon mendapatkan kuota 70 ribu bidang tanah.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag saat melakukan pertemuan dengan kepala BPN Kabupaten Cirebon dan para camat di Pendopo Bupati Cirebon, Kamis (24/8/2023).

Menurut Imron, masyarakat harus memanfaatkan program PTSL ini secara maksimal. Pasalnya, masyarakat tidak perlu membayar mahal untuk mendapatkan sertifikat tanah.

"Biaya yang harus dikeluarkan dalam PTSL hanya sebesar Rp150 ribu, itupun untuk biaya administrasi di tingkat desa. Kalau masyarakat proses sendiri, kan biayanya jutaan, ini hanya Rp150 ribu saja " kata Imron.

Imron mengatakan, dengan adanya kuota PTSL di Kabupaten Cirebon yang mencapai 70 ribu bidang tanah, pihaknya langsung melakukan pertemuan dengan Kepala BPN dan para camat.

"Kami juga mengundang para camat kumpul dengan kepala BPN guna membahas program PTSL. Kami ingin program ini sukses di Kabupaten Cirebon," ujar Imron.

Imron mengungkapkan, di Kabupaten Cirebon masih banyak tanah yang belum bersertifikat. Bahkan banyak juga masyarakat yang menjual tanahnya tanpa langsung membuat sertifikat. Sehingga, kata Imron, itu sangat rawan terjadi permasalahan dan bisa menjadi celah untuk dimanfaatkan oleh pihak lain.

Ia mengatakan, ketika masyarakat sudah memiliki sertifikat, nantinya kepemilikan tanah bisa mendapatkan kepastian hukum. 

"Kemudian juga akan mengurangi permasalahan tanah. Jadi, kami menyambut baik program PTSL ini," lanjutnya.

Di tempat yang sama, Kepala BPN Kabupaten Cirebon, Hesekiel Sijabat, ST, mengatakan jumlah bidang tanah di Kabupaten Cirebon mencapai 1.034.000. Bahkan sampai akhir tahun 2022 yang lalu yang sudah terpetakan dan terdaftar mencapai 447 ribu tanah.

"Untuk Januari hingga Agustus 2023, kegiatan PTSL sudah kita tambah menjadi 106 ribu bidang tanah, sedangkan yang sudah dipetakan ada 560 ribu. Jadi, masih ada setengah juta bidang tanah lagi yang belum terpetakan dan terdaftar," ujarnya.

Ia mengungkapkan, dengan jumlah SDM di BPN Kabupaten Cirebon yang ada, pihaknya terus melakukan pendataan dan pemetaan program PTSL tersebut.

"Jumlah SDM di BPN ada 117 orang, kalau dengan cara biasa dan keterbatasan SDM, maka kita sudah menghitung perkiraan selesainya pengukuran pemetaan sampai terbit sertifikat di Kabupaten Cirebon," katanya.

Lebih lanjut, meski dengan keterbatasan SDM, BPN selalu dibantu oleh pihak-pihak terkait untuk mensuskseskan program tersebut.

"Karena itulah, pemerintah pusat membuat skema yang berbasis partisipasi masyarakat, jadi pendaftaran sistematis partisipasi masyarakat. Sehingga, yang bergotong-royong dan mensukseskan sertifikasi dibantu banyak pihak," sambungnya.

"Pengukuran kita dibantu oleh pihak ketiga. Untuk memberikan informasi, kita dibantu oleh Pak Kuwu beserta jajaran. Dan untuk mengumpulkan data surat tanah, kita dibantu oleh pengumpul data pertanahan," pungkasnya. (Lisdis)

Pemdes Mertapadakulon laksanakan pemilihan BPD

INDOMEDIANEWS - Pemerintahan Desa Mertapadakulon Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon, mengadakan pemilihan Badan Permusyawatan Desa (BPD) setempat.

Dalam keterangannya, Kuwu Desa Mertapadakulon, Suherman mengatakan, pemilihan BPD ini sebagai upaya meningkatkan pelayanan masyarakat, guna menjembatani aspirasi warga. 

"Alhamdulillah, pelaksanaan berjalan lancar. Setelah acara ini, dilaporkan ke kecamatan kemudian kabupaten, untuk pelantikan," katanya usai acara di balai desa setempat, Kamis 24/8/2023.

Sementara itu, Sekretariat Camat (Sekcam) Astanajapura, Deni mengungkapkan, sebagai mitra kerja, sangat diperlukan kerjasama yang baik seluruh pihak. Termasuk, BPD. 

"komunikasikan dengan pihak desa apabila ada keluhan warga. Karena dengan komunikasi yang baik dan sinergitas, akan sangat mudah untuk menuju desa yang lebih baik, ini perlu dilakukan agar tidak terjadi mis komunikasi" tuturnya.

Lebih lanjut Deni,  menuturkan, mitra kerja dalam melaksanakan roda pemerintahan dan pembangunan desa, sangat diperlukan komunikasi yang baik, agar ada sinkronisasi dalam berbagai bidang. 

"Sinergitas dengan BPD dan unsur Muspika terus dijalin, supaya kondusivitas lebih terjaga," jelasnya

Dirinya mengharapkan, kerja bersama dalam melaksanakan roda pemerintahan dan pembangunan desa dengan berbagai unsur yang ada akan memberikan dampak positip bagi desa. 

"Utamakan musyawarah dari berbagai permasalahan yang ada, baik itu  Lembaga Desa, Masyarakat maupun unsur terkait lainnya" pungkasnya ( 1c)

Kado Manis Ketua DPD KNPI Kab Cirebon " kami dukung penuh Kang Sudarto"

INDOMEDIANEWS- Genap 38 Tahun diusianya yang semakin mapan, Sudarto, pria kelahiran Cirebon 1985, mendedikasikan dirinya untuk sebuah perubahan demi Kabupaten Cirebon yang semakin baik.

Melalu partai pengususng PDI Perjuangan dirinya bertekad untuk mengabdi dan berjuang bukan hanya sebatas menampung aspirasi namun merealisasikannya lewat pencalonan dirinya sebagai wakil Rakyat dari daerah pemilihan 5.

"Lewat doa dan dukungan dari semua pihak, termasuk rekan media dan organisasi kemasyarakatan, semoga harapan dan keinginan saya untuk menjadi wakil Rakyat dikobul Allah SWT" tuturnya.

Pria yang dikenal sangat peduli dan memiliki sosial tinggi terhadap kepentingan Masyarakat, mengajak semua pihak untuk menentukan pilihannya dengan cermat dan bijak.

"Pilihan itu adalah Hak semua Anak Bangsa, oleh karenanya dengan segala kekurangan dan keterbatasan yang saya miliki, ijinkan dan berikan kesempatan kepada saya untuk mengabdi dan berbakti bagi Negeri, saya yakin Masyarakat kita sudah sangat pandai, oleh karenanya saya percaya Kabupaten Cirebon akan semakin maju dan berkembang, sekali lagi saya mengharapkan dan memohon adanya dukungan dan peran serta dari semua pihak agar saya bisa mewujudkan keinginan dan hazat sebagai anggota DPRD Kabupaten Cirebon melalui PDI Perjuangan " pungkasnya.

Sementara itu, Ketua DPD KNPI Kabupaten Cirebon, Moh Aan Anwarudin, mengucapkan selamat kepada Sudarto di Hari Ulang tahunnya.

"Kami jajaran KNPI mengucapkan selamat ulang tahun kepada kang Sudarto, semoga panjang umur dan diijabah segala hazatnya, selain itu tentunya kami sangat mendukung kiprah politik kang Darto sebagai calon Anggota DPRD Kabupaten Cirebon "tuturnya.

Lebih lanjut Aan menjelaskan, alasan dukungangannya terhadap Sudarto adalah hal yang realitis, karena pihaknya sudah sangat tahu dan paham akan kiprah Sudarto yang sangat peduli terhadap kehidupan Masyarakat.

"Yang kami tahu selama ini, beliau adalah sosok yang sangat peduli akan kehidupan Masyarakat, baik secara sosial budaya maupun Agama, oleh karenya dirasa sangat wajar jika kami mendukung penuh agar beliau bisa duduk sebagai salah seorang wakil Rakyat di Kabupaten Cirebon, terlebih lagi karakter beliau sangat dekat dengan siapapun, baik dengan Masyarakat secara umum, organisasi kemasyarakatan dan seluruh elemen lainnya, doa dan dukungan kami termasuk Masyarakat semoga menjadi jalan mulus Kang Darto untuk menjadi Anggota DPRD Kabupaten Cirebon" pungkasnya.(1c)

24 Agu 2023

Kuwu Cikalahang Oom Komarudin Dituntut Mundur Dari Jabatannya


Pasca digeruduknya Kepala desa (Kades) atau Kuwu Cikalahang Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon Provinsi Jawa Barat, Oom Komarudin. Oleh puluhan warganya pada Selasa (22/8)2023) lalu dengan tuduhan jika kuwu Oom selama menjabat selama 2 tahun diduga tidak transparan. Dalam pengelolaan anggaran desa juga dana lainnya seperti dana CSR dari  perusahaan PDAM Kuningan dan Cirebon yang telah diterima Pemdes Cikalahang.

Membuat puluhan warga Cikalahang mengaku geram dengan kebijakan kuwu Oom tersebut. Menurut warga dana CSR yang tidak jelas penggunaannya tersebut yakni dari PDAM Cirebon sebesar Rp. 50 juta.

Kemudian penerimaan dana CSR dari perusahaan PDAM Kuningan Rp.400 juta.

Namun penggunaannya menurut warga tidak jelas, selain menyoroti terkait dana CRS.

Warga Cikalahang khususnya warga blok 2 mereka merasa tidak di perhatikan dalam hal pelayanan kesehatan.

Terbukti ketika warga blok 2 membutuhan pelayanan ambulance milik desa mereka malah dipersulit.

Kini kemarahan warga Cikalahang semakin memuncak terhadap gaya kepemimpinan Oom Komarudin.

Menurut informasi dari narasumber terpecaya menyebutkan,bahwa sejumlah tokoh masyarakat Cikalahang sedang mengumpulkan seluruh tandatangan warga dengan maksud mosi tidak percaya terhadap kuwu Oom.

"Tanda tangan warga Cikalahang tersebut juga sekaligus meminta agar kuwu Oom Komarudin segera mundur dari jabatannya sebagai kuwu Cikalahang" Jelas KR salah satu tokoh masyarakat desa Cikalahang ini, Rabu (23/8/2023).

Bahkan menurut KR warga akan kembali melakukan aksi demonya ke kantor balai desa sampai tuntutan mereka yang menuntut kuwu Oom mundur terlaksana.

Sementara itu, pada Rabu malam kemarin kuwu Oom dan perangkatnya serta ketua BPD berencana memberikan dana CSR Rp. 50 juta yang berasal dari PDAM Cirebon untuk warga blok 2.

Akan tetapi warga blok 2 tersebut menolak terkait penyerahan dana CSR tersebut.

Alasan warga menolak dana CSR tersebut menurut salah satu warga blok 2 yang berinisial RG, sebab dana CSR yang akan diserahkan kepada warga blok 2 tersebut hanya 1 tahun.

Padahal seperti diketahui pihak PDAM Cirebon sendiri sudah memberikan dana CSR selama 2 tahun selama kepemimpinan kuwu Oom.

"Tetapi oleh warga blok 2 ditolak, sebab yang diserahkan dana CSR itu hanya 1 tahun yakni Rp 50 juta. Padahal pihak PDAM Cirebon sudah 2 tahun menyerahkan dana CSR jika dihitung berarti Rp.100 juta. Selain itu kenapa kuwu baru menyerahkan dana CSR sekarang dan setelah rame didemo dulu". Tukas RG.

23 Agu 2023

Polresta Cirebon Tanam 7927 Bibit Pohon, "Mari Bersama Menjaga Alam"

INDOMEDIANEWS  -- Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag ikut melakukan penanaman bibit pohon yang diadakan oleh jajaran Polresta Cirebon di Desa Krandon, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon, Rabu (23/8/2023).

Dalam kegiatan penanaman pohon yang dilakukan secara serentak oleh jajaran Polri se-Indonesia tersebut, dihadiri oleh Forkopimda, TNI/Polri, masyarakat dan pelajar.

Imron mengatakan, pihaknya mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Polresta Cirebon dalam menjaga lingkungan (alam). Menurutnya, lingkungan harus tetap dijaga untuk kehidupan dan agar tidak menjadi bencana.

"Dengan adanya penanaman bibit pohon ini, setidaknya Kabupaten Cirebon bisa lebih hijau lagi," ujar Imron.

Imron mengungkapkan, pihaknya juga mengajak kepada semua lapisan masyarat untuk tetap menjaga lingkungan sekitar.

"Mari bersama-sama menjaga lingkungan sekitar, agar Kabupaten Cirebon bisa lebih hijau dan adem," katanya. 

Sementara Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman mengatakan, pihaknya melakukan penanaman 7927 bibit pohon berbagai jenis yang tersebar di wilayah Kabupaten Cirebon.

Arif mengatakan penanaman pohon ini dilakukan secara serentak se-Indonesia dengan tema" Polri Lestarikan Negeri" dengan penghijauan sejak dini. Sementara untuk wilayah hukum Polresta Cirebon, ada 33 titik yang dilakukan penanaman bibit pohon.

"Ada 7927 pohon dengan jenis tanaman keras dan buah-buahan yang ditanam di 33 titik wilayah hukum Polresta Cirebon," jelas Arif.

Ia menjelaskan, bahwa dalam penanaman bibit pohon ini, pihaknya menggandeng Pemkab Cirebon, Forkopimda, masyarakat dan para pelajar.

"Untuk Polresta Cirebon, kita pusatkan di Desa Krandon, Kecamatan Talun. Dan uniknya lagi, kita libatkan pelajar yang biasa melakukan tawuran untuk menumbuhkan kepedulian  terhadap lingkungan, sekaligus memberikan edukasi bagi mereka," lanjutnya.

Labih lanjut, kata Arif, pihaknya sengaja memilih lokasi penanaman bibit pohon di pingir aliran irigasi atau sungai.

"Dengan ditanamnya pohon ini, setidaknya kita ikut menjaga irigasi, serta mempermudah dalam perawatan, karena dekat dengan aliran sungai, sehingga bisa untuk melakukan penyiraman," harap Arif. (Lisdis)

Pemdes kendal peringati HUT RI " Tingkatkan kreasi generasi muda"

INDOMEDIANEWS - Pemerintah desa kendal Kecamatan Astanajapura , Kabupaten Cirebon ,memperingati HUT RI ke 78 dengan menggelar berbagai ajang lomba, salah satunya adalah meningkatkan daya fikir dan kreasi anak lewat  lomba kreasi menggambar dan mewarnai.

Dalam penuturannya, Kuwu Desa Kendal, H. Basit menjelaskan perlunya kepedulian terhadap generasi muda agar cinta tanah air tetap terpatri.

"Lomba gambar dan mewarnai dengan tema HUT RI ini merupakan upaya kami dalam mematri patriotisme dan cinta tanah air terhadap generasi muda, diharapkan dengan adanya berbagai perlombaan yang salah satunya adalah mewarnai, mampu meningkatkan kreatifitas anak usia dini dan memberikan pemahaman tentang penghargaan terhadap para pahlawan kemerdekaan" tuturnya.

Acara yang di gelar di Aula desa setenpat diikuti oleh ratusan peserta secara bergilir.
Dalam pemantauan IM , para peserta lomba terlihat penuh semangat dan nyaman dalam mengikuti lomba dengan suasana aula dan kantor desa yang bampak terlihat megah dan asri.

"Kami memang berupaya memberikan ruang dan peluang bagi warga untuk mampu berkarya dan berkreasi, termasuk memberikan pelayanan prima dengan fasitas penunjang yang memadai, baik fasilitas kantor desa maupun kinerja seluruh jajaran perangkat dalam melaksanakan tugas sesuai tupoksi " pungkasnya. ( 1c)

Kapolsek Sedong gelar penanaman dan penghijauan "Demi Negeri" dan Anak Cucu

INDOMEDIANEWS- Dengan tema  Polri lestarikan Negeri penghijauan sejak dini, jajaran Polsek Sedong, Kecamatan Sedong, Kabupaten Cirebon, bersama beberapa unsur terkait, melakukan penanaman pohon serentak di Dususn 1 Blok Wage, Desa Windu haji, Kecamatan Sedong, Rabu, 23/08/2023.

Sesuai intruksi Kapolri,  Jendral  Listyo Sigit Prabowo, penanaman pohon atau penhijauan dilakukan serentak se Indonesia.
Hal tersebut dituturkan Kapolsek Sedong AKP. U.Sarifudin, usai melakukan penanaman pohon.

"Kami dari Polri bersama unsur TNI, pemerintahan Desa, Ormas, Mahasiswa dan Masyarakat setempat melaksanakan kegiatan penanaman dan penghijauan sesuai petunjuk Kapolri, hal ini dilakukan agar Negeri kita semakin asri dengan rimbunnya pepohonan, selain itu bisa menjadi serapan air dan membuat  nyaman bagi warga Masyarakat, yang walaupun baru bisa dirasakannya beberapa tahun kedepan" tuturnya.

Lebih lanjut Dirinya menjelaskan, perlu adanya peran serta dari semua pihak untuk secara bersama-sama menjaga dan melestarikan keberadaan pepohonan yang merupakan salah satu penunjang aspek kehidupan.

"Penanman dan penghijaun yang kami lakukan sebagai upaya nenjaga kelestarian alam sekaligus membuat kenyamanan udara, bahkan dampaknya sangat baik bagi pernafasan, semoga melalui penanaman dan penghijauan ini akan menjadikan desa atau tempat yang kita singgahi semakin nyaman dan asri, dalam pelaksanaan acara hari ini kami dari unsur Polri mengucapkan terimakasih atas peran  serta dan dukungan dari semua pihak hingga acara hari ini berjalan dengan cukup baik" pungkasnya.

Senada hal tersebut disampaikan Kuwu Desa Windu haji, Ika Nurhakika.

"Kegiatan yang di prakarsai Polri sangat berarti bagi Masyarakat kami, yang terpenting adalah kita bisa merawatnya dengan baik, saat ini kita yang mananam dan manfaatnya akan dirasakan oleh anak cucu kita, kami dari pihak Pemerintah Desa sangat berterimakasih atas kepedulian dari Polri maupun unsur terkait lainnya, semoga apa yang kita lakukan saat ini benar-benar bermanfaat dan mendapat pahala kebaikan dari Allah SWT" jelasnya . ( 1c)

22 Agu 2023

Gubernur Jabar Resmikan Tapal Desa Leuit Juara di Cirebon

INDOMEDIANEWS-- Gubernur Jawa Barat, Dr. (H.C.) H. Mochamad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D. meresmikan Ketahanan Pangan Digital Desa (Tapal Desa) Leuit Juara di Desa Tersana dan Desa Babakansari, Kecamatan Pabedilan, Kabupaten Cirebon, Selasa (22/8/2023). 

Selain itu, Kang Emil sapaan akrabnya, juga mengukuhkan Kelembagaan Masyarakat Hukum Adat (KMHA) Jawa Barat, penghargaan bagi BUMDes Bintang 5, dan lainnya.

Emil mengungkapkan, program Tapal Desa merupakan komitmen Pemda Provinsi Jabar dalam menjaga ketahanan pangan di desa. Konsep bangunan Leuit atau lumbung padi zaman dulu disinkronisasikan dengan kecanggihan teknologi digital.

 "Di Jabar tidak boleh ada rakyat yang kelaparan, karena di setiap desa kita membuat lumbung padi ini,” kata Emil. 

Kepada masyarakat Kabupaten Cirebon, ia berpesan, agar Leuit ini dijaga sebaik mungkin. Hal itu agar ketersediaan pangan tetap terpenuhi bagi masyarakat yang membutuhkan. 

Selain itu, Emil juga menjelaskan, bangunan Leuit merupakan budaya leluhur warga Jawa Barat untuk menyimpan beras, agar tetap tersedia sambil menunggu panen padi di bulan-bulan selanjutnya. 

"Salah satu budaya di Jawa Barat dalam rangka menjaga ketahanan pangan adalah Leuit. Selain untuk kepentingan pangan sehari-hari, Leuit juga berfungsi untuk menyimpan padi yang merupakan cadangan hingga panen berikutnya," ungkap Emil.  

"Saya berharap agar warisan budaya berupa Leuit ini tidak luntur dan tetap lestari, sehingga budaya Leuit ini akan selalu ada untuk anak cucu kita. Saya juga berharap, agar ketahanan pangan di Jawa Barat dapat selalu terjaga dan tetap juara," pungkas Emil.

Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag mengajak masyarakatnya untuk tetap melestarikan budaya Leuit yang sudah ada sejak zaman nenek moyang. 

"Inilah masyarakat kami, yang budayanya tetap dilestarikan," ungkap Imron. 

Imron menyebutkan, Pemerintah Kabupaten Cirebon mendukung penuh keberhasilan pembangunan desa dengan menghadirkan Leuit Juara demi ketahanan pangan warganya. 

"Saya ingin menyampaikan, bahwa Pemkab Cirebon sangat mendukung keberhasilan pembangunan desa dengan menghadirkan Leuit Juara Ketahanan Pangan Tapal Desa," tandasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DMPD) Provinsi Jawa Barat, Ir. H. Dicky Saromi, M.Sc mengatakan, pembangunan Leuit Juara ini, salah satu upaya menjaga ketahanan pangan di tingkat desa, khususnya di Jawa Barat. 

Sekaligus untuk membangkitkan dan mengangkat kembali kearifan lokal. Menurutnya, keberadaan Leuit atau lumbung pangan ini sebagai cadangan pangan, karena saat ini inflasi terjadi bukan saja terjadi di Indonesia, akan tetapi di dunia.

"Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka Leuit ini dibangun, karena pangan adalah komoditi strategis dan itu harus dijaga di seluruh desa, agar desa dapat menampung pangan di Leuit yang dapat menampung hingga 10 ton gabah atau beras," kata Dicky.

Dicky menyebut, pihaknya di tahun 2023 ini akan membangun sedikitnya 17 Leuit yang tersebar di beberapa desa di Jawa Barat. Diantaranya di Kabupaten Cirebon, yakni di Desa Babakan Losari dan Tersana, Kecamatan Pabedilan.

"Di sini memang merupakan salah satu penghasil padi dengan lahan basahnya yang sangat luar biasa, dan memang disini dulunya ada budaya yang namanya lumbung pangan, serta kesediaan dari desa itu sendiri termasuk lahan yang merupakan lahan milik desa," ungkapnya.

Menurutnya, manajemen Leuit Juara ini dapat difungsikan menggunakan sebuah aplikasi yang dirancang agar dapat menyusun dan memprogram cadangan pangan yang ada di Leuit.

 “Jadi, ini salah satu wujud nyata dan kepedulian Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Bapak Gubernur untuk pembangunan ketahanan pangan di Jawa Barat, sesuai dengan visi Jabar Juara Lahir Batin" pungkas Dicky. (Lisdis)

Ribuan Warga Japlor " dukung Gufron " Nyalon Kuwu

INDOMEDIANEWS - Gufron,  salah seorang Petugas keamanan dari salah satu sekolah swasta di Cirebon timur bertekad untuk melakukan perubahan dalam pengembangan dan pembangunan desa dengan cara mencalonkan diri sebagai Kuwu Desa Japura lor, Kecamatan Pangenan Kabupaten Cirebon.

Diiringi ribuan massa pendukung, pada Senin, 21/08/2023 dirinya menyerahkan berkas pendaftaran kepada panitia pilwu di Aula kantor Desa setempat.

Berawal dari adanya dorongan dan dukungan dari Warga Masyarakat setrmpat, Gufron berharap keinginan warganya bisa terealisasi dengan ijin yang maha Kuasa.

"Saya bertekad maju menjadi kuwu Desa japura lor karena adanya dorongan warga untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik, kami menginginkan dukungan yang begitu besar dari Masyarakat  akan menghasilkan sesuatu yang terbaik, karena untuk melakukan sebuah perubahan kita harus berani tampil dan berkeyakinan bahwa apa yang kita lakukan ini demi kepentingan masyarakat secara luas" tuturnya.

Pria yang kesehariannya bekerja sebagai scurity ini mengharapkan adanya doa dan dukungan dari berbagai pihak, pilihan itu hak, perbedaan pun sama demikian, termasuk beda sudut pandang.

"Saya tidak dapat berbuat banyak jika tidak ada sokongan dan dukungan dari warga sendiri, oleh karenanya, dengan segala kerendahan hati, ijinkan dan bantu saya dengan doa agar harapan dan cita-cita menjadi kuwu di Desa Japura lor bisa tercapai dengan tetap tetap memperoleh ridlo dan petunjuk dari Allah, kami hanya bisa berbuat dan apapun hasilnya dikembalikan kepada sang pemilik kekuasaan Allah SWT, yang terpenting adalah pelaksanaan pilwu ini berjalan aman dan damai, kita semua adalah keluarga, maka satukan tekad untuk sebuah perubahan dengan tetap menjaga kondusifitas" pungkas Gufron. (1c)

Butuh keberanian " tukang tambal ban " nyalon kuwu Desa Mertapadawetan

INDOMEDIANEWSC- Niat untuk menjadi kuwu desa mertapadawetan , Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, Tukang tambal ban, Moh Munif AR, resmi menyerahkan berkas pendaftaran calon kuwu, pada Senin, 21/08/2023.

Keterangan yang disampaikan ketua panitia pilwu, Moh Nurdin, menjelaskan bahwa hingga saat ini sudah ada tiga calon kuwu yang mendaftar.

"Suhaeri, Hasan Sobari dan Moh munif, dari ketiganya berkasnya dianggap sudah lengkap, kami menerapkan dua sisitem pendaftaran, Online dan Ofline, untuk yang kurang memahami untuk online sepenuhnya kami akan bantu" jelasnya.

Sementara itu, salah seorang team sukses atau team pemenangan, Moh Munif AR, menjelaskan adanya harapan agar pelaksanaan pilwu tahun ini berjalan lancar.

"Pesta demokrasi kuwu adalah awal dari maju mundurnya sebuah pemerintahan desa, tentunya harapan kami agar Masyarakat jeli dalam menentukan pilihan, kami yakin semua calon memiliki visi misi yang baik, namun demikian dukungan kami kepada Moh Munif dilatar belakangi karena trek rekord nya dan keinginan yang kuat untuk memajukan  desa, walaupun mungkin secara financial sangatlah tidak mendukung, oleh karenanya harapan kami dengan keterbatasan yang dimilikinya mampu menjadi kelebihan yang diridloi Allah" tutur Amak Zaenudin.

Senada hal tersebut disampaikan Moh Munif AR usai penyerahan berkas diaula Kantor desa setempat.

"Hanya niat dan keinginan untuk mampu memberikan yang terbaik bagi desa, dengan keterbatasan yang saya miliki, semoga memperoleh keberkahan dan ridlo dari Allah, oleh karenanya kami mohon doa dan dukungan yang ikhlas dari seluruh warga desa mertapada wetan, saya tidak bisa berjanji banyak, hanya satu keinginan dan harapan saya, agar apa yang dicita citakan menghasilkan berkah dan terbaik bagi kemaslahan umat, khususnya bagi perkembangan pembangunan desa dalam segala hal yang positif, walaupun saya hanya seorang tukang tambal ban, InsyaAllah atas ijin dan Ridlo dari Allah, tidak ada kata tidak mungkin" jelasnya( 1c)

20 Agu 2023

Suksesnya Turnamen Sepak Bola Antar Blok di Desa Munjul, Cirebon Menyambut HUT RI ke-78



Indomedianews.id, 19 Agustus 2023 - Karang Taruna Tunas Karya Desa Munjul, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, berhasil menyelenggarakan turnamen sepak bola yang meriah dan sukses dalam rangka menyambut peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-78. Turnamen ini berlangsung secara aman, tertib, dan terkendali, menunjukkan semangat kebersamaan dan olahraga dalam merayakan kemerdekaan.


Dalam turnamen ini, terdapat 8 klub yang berasal dari dua grup yang berbeda, yaitu Grup A dan Grup B. Grup A terdiri dari tim Cantilan, Sumur Bual, Cibanjar, dan Kalicanggah, sementara Grup B diisi oleh tim Qiraba, Kedung Subur, Jatisawit, dan Kliwon. Setiap tim bertarung dengan semangat tinggi untuk meraih prestasi dan memperkuat ikatan sosial di antara warga desa.


Ade, sebagai Ketua Karang Taruna Tunas Karya Desa Munjul, menyatakan kegembiraannya atas suksesnya turnamen ini. "Kami sangat senang melihat antusiasme dan semangat dari para pemuda dan masyarakat dalam mensukseskan turnamen ini. Ini adalah bukti nyata bahwa olahraga bisa menjadi alat yang kuat dalam mempersatukan masyarakat," ujar Ade.


Pendukung utama dari turnamen ini adalah Chaerudin, Kuwu Desa Munjul. Dalam pernyataannya, Chaerudin merasa bangga terhadap partisipasi aktif Karang Taruna dan seluruh warga desa dalam mengorganisir dan mendukung kegiatan ini. "Kegiatan semacam ini tidak hanya merayakan kemerdekaan, tetapi juga memupuk semangat kebersamaan dan kekeluargaan di antara warga desa. Saya sangat mengapresiasi kerja keras mereka semua," ungkapnya.


Puncak dari turnamen ini adalah pertandingan final yang berlangsung pada hari Sabtu, 19 Agustus 2023. Tim Qiraba FC dan Tim Cibanjar FC bertemu dalam pertandingan yang sengit. Meskipun pertandingan berakhir dengan skor imbang 0-0, semangat dan determinasi kedua tim tetap terpancar dengan kuat. Adu penalti akhirnya dilakukan, dan tim Qiraba FC keluar sebagai pemenang dengan skor 4-2, mengukuhkan posisi mereka sebagai juara turnamen ini.


Turnamen sepak bola antar blok ini tidak hanya melibatkan atlet-atlet muda yang berbakat, tetapi juga memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk berkumpul, berinteraksi, dan merayakan momen penting dalam sejarah Indonesia. Kegiatan ini membuktikan bahwa semangat persatuan dan olahraga tetap hidup dan berkembang di tengah masyarakat Desa Munjul.

17 Agu 2023

warga Blok Makam Cipeujeuhwetan " Meriahkan HUT RI dengan kesederhanaan"

INDOMEDIANEWSC - Semarak kemerdekaan terasa dari sabang sampai maeroke, dari kalangan penjabat hingga Rakyat jelata.
Hal ini pula yang dilakukan pemuda-pemudi Dusun 03 RT 11 RW 003 Desa Cipeujeuh wetan, Blok Makam, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon.
Kemeriahan terasa begitu sarat makna, terlebih saat digelarnya acara hiburan dan permainan khas Hari Kemerdekaan, seperti makan krupuk, memasukan paku dalam botol hingga balap klereng.

Dari keterangan yang disampaikan ketua panitia HUT RI KE 78, Irwanto, menuturkan, bahwa dengan kesederhanaan tidak membuat pihaknya berhenti dan hanya diam dalam turut memeriahkan hari kemerdekaan yang menjadi ciri Bangsa Indonesia.

"Kami bersama rekan-rekan dan warga Blok makam, secara swadaya membuat sesuatu yang bermakna di HUT RI tahun ini, dengan kesederhanaan bukan berarti tidak bisa menampilkan sesuatu yang membahagiyakan, ini terlihat dari antusias warga kami yang begitu semangat mengikuti beragam perlombaan yang dilaksanakan ditengah hunian warga yang mengutamakan persatuan dan kesatuan walaupun hiburan yang disuguhkan apa adanya dan jauh dari kata waah" tuturnya.

Kegembiraan begitu terlihat di wajah peserta lomba yang tidak saja diikuti oleh Anak-anak, namun para pemuda hingga Orang tua berbaur penuh kebahagiyaan saat bersama mengikuti pelaksanaan perlombaan.

Hal tersebut disampaikan pula oleh Penanggungjawab acara, Roni, saat berbincang bersama IM di tengah pelaksanaan lomba pada Kamis, 17/08/2023.

"Pada hakekatnya perlombaan hanya sebuah wadah pemersatu dan pengikat silaturahmi, yang intinya bagaimana kita menghargai pengorbanan para pejuang kemerdekaan yang rela jiwa raga demi NKRI, oleh karenanya, perayaan HUT RI ke 78 ini sebagai upaya kami untuk terus mematri jiwa generasi muda agar  mencintai NKRI dengan tidak melupakan sejarah dan mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif, semoga upaya yang kami lakukan tahun ini akan terus bisa dipertahankan ditengah jaman yang kian komplek, InsyaAllah tahun depan acaranya akan semakin meriah" harapnya. (1c)

Sudarto " Bacaleg DPRD Kab Cirebon" jangan lupakan sejarah

INDOMEDIANEWSC - Puncak peringatan HUT Ke 78 tahun RI Desa Astanamukti Kecamatan Pangenan Kabupaten Cirebon, diisi dengan karnaval dan jalan santai. Acara yang diikuti ribuan warga dari tiap blok desa setempat dan berakhir di balai desa.

Saat karnaval, tampak replika binatang purba seperti dinosaurus dan naga  menambah semarak peringatan HUT RI di desa tersebut. sesampainya di balai desa, masyarakat dihibur musik dan pembagian hadiah.

Menurut Kuwu Desa Astanamukti, Durohman melalui Sekretaris Desa (Sekdes) Samsudin, peringatan HUT RI tingkat desa diisi dengan berbagai perlombaan dan puncaknya jalan santai dengan berbagai hadiah bagi yang beruntung. 

"Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mensukseskan peringatan HUT Ke 78 tahun RI," tutur Samsudin, Kamis 17/8/2023.

Sementara itu, Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) DPRD Kabupaten Cirebon PDI Perjuangan, Sudarto, sangat apresiasi kegiatan yang dilaksanakan pihak desa dan masyarakat. 

"Sesuai tema HUT RI 'Terus Melaju untuk Indonesia Maju', maka kita harus mengisi kemerdekaan dengan kegiatan yang positif, guna terciptanya masa depan yang lebih baik," ungkapnya saat menghadiri karvanal di balai desa setempat.

Lebih lanhut, pria yang akrab disapa Kang Darto ini menambahkan, kemerdekaan yang diraih tak lepas dari keberhasilan para pejuang  mengusir penjajah. Sehingga harus dimanfaatkan dengan baik, melalui kegiatan positif untuk kemajuan Indonesia. 

"Semarak HUT RI di desa tidak kalah dengan di kota, salah satunya karvanal. Kreasi warga dalam membuat berbagai replika, patut diacungi jempol, karena dari bahan yang tidak terpakai seperti kantong semen bisa dijadikan dinosaurus maupun yang lainnya," imbuh Bacaleg dengan nomor urut sementara 4 ini menuturkan.

Dirinya mengharapkan, para pemuda dan pemudi juga pemerintah desa untuk terus lakukan inovasi, demi kemakmuran dan kemajuan desa. 

"Peran serta masyarakat sangat diperlukan, menuju Indonesia maju dan desa mandiri, terlebih lagi untuk terus berkarya dan jangan melupakan sejarah, termasuk memberikan penghormatan dan penghargaan kepada seluruh pejuang kemerdekaan, mereka rela berkorban untuk Negeri, kini saatnya kita membangun Negeri" pungkasnya. (1c)

Sang Dwi Warna berkibar di Bumi Lemahabang " Bukti Bakti NKRI"

INDOMEDIANEWSC - Pengibaran sang dwi warna merupakan puncak acara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78 Tahun 2023 dilaksanakan di seluruh bumi Nusantara.
Salah satunya di Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon.
Disaksikan ratusan pasang mata, Pasukan pengibar bendera ( Paskibra) dengan penuh gagah membawa dan mengawal sang merah putih untuk dikibarkan dibawah langit biru dengan hembusan sang bayu seakan menjadi saksi betapa berwibawanya para pengawal yang bertugas mengibarkan sang dwi warna.
25 Anggota pengibar bendera yang terdiri dari beberapa sekolah di kecamatan setempat, merupakan putra putri pilihan yang telah digembleng dengan penuh dedikasi dan rasa cinta tanah air.

Dengan langkah gegap gempita, pengibaran sang merah putih berjalan dengan sempurna disaksikan oleh berbagai pihak dari berbagai elemen masyarakat, termasuk muspika dan para kuwu sekecamatan Lemahabang.

Dalam sambutannya, Camat Lemahabang yang bertindak sebagai pemimpim upacara, Yuyun Kusumawati, menyampaikan rasa terimakasih dan penghargaan kepada semua pihak yang telah bersama-sama mensukseskan jalannya acara peringatan HUT RI KE 78, sekakigus mengingatkan untuk tetap menjaga NKRI dan menghormati juga menghargai jasa para pahlawan kemerdekaan.

"Sudah sepatutnya kita menghargai jasa para pahlawan kemerdekaan Republik Indonesia yang telah rela mengorbankan jiwa raganya demi Nusantara, dan kita sebagai penerus bangsa, sebagai generasi muda sudah sepatutnya juga menjaga kemerdekaan dan mengisinya dengan berbagai hal yang positif, perjuangan tidak berhenti sampai disini, namun perjuangan adalah sebuah hakekat yang tetap harus diperjuangkan demi keutuhan NKRI" tuturnya, Kamis 17/08/2023.

Usai pelaksanaan pengibaran sang dwi warna, seluruh unsur Muspika dan para kuwu se - kecamatan Lemahabang, melakukan tabur bunga di makam pahlawan Sirnalaya yang berlokasi di Desa Cipeujeuh wetan, Kecamatan Lemahabang.

Dalam pemaparannya, Kuwu Desa Cipeujeuh Kulon, sekaligus Wakil ketua FKKC Kabupaten Cirebon, H.Lili, menututkan pentingnya rasa cinta tanah air dan penghargaan kepada para pejuang kemerdekaan.

"Atas jasa para pejuanglah kita saat ini bisa hadir dan hidup yang terlepas dari belenggu penjajahan, maka sudah menjadi kewajiban bagi kita semua untuk menghargai jasa para pahlawan dan menjaga NKRI dengan jiwa Nasionalisme yang harus terpatri hingga lubuk sanubari, semoga kita mampu nenjaga dan mengisi kemerdekaan ini dengan sesuatu yang terbaik bagi Negeri" jelasnya.

Senada hal tersebut disampaikan Ketua FKKC Kecamatan Lemahabang, Azis Maulana.

"Terus berkarya demi Republik tercinta, jaga persatuan dan kesatuan, tanamkan rasa cinta tanah air sejak dini dan jadilah insan yang berguna bagi Nusa, Bangsa dan Agama, dengan telah selesainya acara puncak HUT RI, bukan berarti selesai dalam berkarya, namun lebih harus mampu ditingkatkan, terlebih dalam mengisi kemerdekaan dengan hasil karya yang bisa berguna dan bermanfaat bagi Orang banyak" tuturnya. ( 1c)

16 Agu 2023

Pengukuhan Paskibraka Lemahabang" mereka Putra-putri pilihan"

INDOMEDIANEWSC - Kebanggaan terlihat jelas pada wajah 25 anggota Paskibraka Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon yang telah dikukuhkan dengan disaksikan puluhan pasang mata para Orang tua, Para Kuwu dan Muspika Kecamatan Lemahabang, Rabu, 16/08/2023.

Pengukuhan para pengibar sang merah putih, dilaksanakan di aula kantor kecamatan Lemahabang, yang dihadiri para undangan termasuk para senior paskibra tahun sebelumnya.

Dalam sambutannya, Camat Lemahabang, Yuyun Kusumawati, menyampaikan rasa bangganya kepada seluruh pihak yang telah bersusah payah dan berusaha maksimal dalam memberikan perhatian penuh kepada para calon pengibar bendera.

"Kalian adalah orang-orang pilihan yang dipercaya untuk mengibarkan sang merah putih, kebanggaan bukan saja dimiliki oleh seluruh Orang tua, namun rasa bangga itu milik kita semua, semoga setelah dilakukan pengukuhan akan menambah semangat bagi kita semua dalam mencintai sang merah putih, selamat bertugas dan kibarkan sang merah putih dengan gagah" tuturnya.

Senada hal tersebut disampaikan ketua FKKC kecamatan Lemahabang, Aziz Maulana.

"Ke 25 siswa-siswi dari berbagai sekolah yang ada di Kecamatan Lemahabang , merupakan siswa-siswi pilihan yang telah dilatih dan di gembleng selama berminggu-minggu, semoga jerih payah mereka akan terbayar lunas dengan penampilan yang sempurna dalam saatnya nanti, yaitu saat dimana pengibaran sang merah putih disaksikan oleh berbagai kalangan, ini merupakan kebanggaan sebagai Anak Bangsa, langkah yang gempita, gerak yang selaras semoga semakin mematri rasa cinta tanah air" tuturnya. (1c)