24 Jul 2023

Garda Satu FCTM "Kabupaten Cirebon sudah layak dimekarkan"

INDOMEDIANEWSC - Harapan Pemekaran Kabupaten Cirebon terus dilakukan para penggiat. Salah satunya melalui  Pengukuhan dan Deklarasi Gerakan Pemuda Bersatu Cirebon Timur Mandiri (Garda Satu FCTM).

Keterangan yang disampaikan Ketua Forum Cirebon Timur Mandiri (FCTM), KH. Usamah Mansyur, pembentukan pengurus ini untuk media silaturahmi masyarakat dan tokoh wilayah timur. Termasuk wadah komunikasi pembentukan Cirebon Timur. 

"Pemekaran merupakan kebutuhan sebagian besar masyarakat wilayah timur, maka akan diperjuangkan hingga terwujud," tuturnya usai acara di sekitar Kecamatan Lemahabang, Minggu 22/7/2023.

Lebih lanjut Usamah menjelaskan, secara geografis wilayah timur Cirebon sudah layak dimekarkan. Karena, pelayanan publik yang relatif jauh dari pusat pemerintahan. Selain itu, secara kewilayahan, Kabupaten Cirebon sangat luas, sehingga perlu untuk dimekarkan. 

"Memang, secara umum untuk pelayanan bisa di kecamatan. Namun yang bersifat lainnya, yang berkepentingan mesti ke Sumber yang merupakan pusat pemerintahan. Maka, pemekaran wilayah salah satu upaya guna memperpendek pelayanan publik," jelasnya.

Dirinya mengharapkan, peran seluruh pihak dari wilayah timur untuk mewujudkan pemekaran. 

"Saat ini Pemkab akan lakukan kajian. Setelah itu, membangun perkantoran yang rencananya pusat pemerintahan di Kecamatan Karangsembung. Kami siap mewujudkan pemekaran Kabupaten Cirebon," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Garda Satu FCTM, Taufik Ridwan mengungkapkan, rentang kendali pelayanan publik, dirasa kurang maksimal. Sehingga perlu untuk dimekarkan. 

"Kabupaten Cirebon merupakan salah satu daerah di Jabar yang memiliki wilayah luas. Maka pemekaran, solusinya," ungkapnya.

Masih dikatakan Ridwan, pemekaran Kabupaten Cirebon tidak asal mekar, namun memerlukan kajian yang mendetail. Maka, Pemkab harus segera lakukan kajian supaya Cirebon Timur segera terwujud.

"Sebagai organisasi anak muda yang ingin adanya pemekaran, maka kami terus lakukan pergerakan, agar daerah otonomi baru (dob) Cirebon Timur terealisasi dan perlu diingat, aksi ini bukan politis, tapi semata demi masyarakat Cirebon Timur yang lebih sejahtera dan mempercepat pelayanan," tegasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Cirebon, HM. Luthfi mendukung pemekaran dan saat ini eksekutif akan lakukan kajian. 

"Hasil kajian tersebut akan dibawa ke paripurna dewan untuk ditindaklanjuti ke tingkat provinsi dan pusat," jelasnya.(1c)

0 $type={blogger}: