31 Jul 2023

Sekdes Mertapada kulon , Tolak Program PTSL " Hanya Mis Komunikasi"

INDOMEDIANEWSC- PTSL (Pendaftaran Tanah SistematisLengkap ) tak lepas dari persoalan, dari mulai Rupiah yang tidak sesuai dengan ketentuan hingga terjadinya persoalan yang seolah dibuat-buat oleh oknum yang tidak bertanggungjawab .
Bahkan ada pula kesalahan hingga menimbulkan konflik antar warga dan pihak pemdes.
Pemerintah sudah menetapkan, bahwa biaya untuk pembuatan sertifikat melalui program PTSL pemohon hanya dikenakan biaya Rp.150.000, namun nyatanya ada yang lebih dari nominal tersebut dengan alasan tertentu.
Ironisnya, sempat terjadi kesalahpahaman atau mis komunikasi antara pihak BPN dan pihak Pemerintahan Desa.
Ini pula yang terjadi di Pemerintahan Desa Mertapadakulon, kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon.

Berawal dari obrolan yang disampaikan petugas BPN ( Badan Pertanahan Nasional) yang tidak dicantumkan namanya, menuturkan, bahwa ada ucapan yang terkesan mengancam disampaikan oleh Sekretaris Desa Mertapadakulon, bahwa jika proses pembuatan sertifikat yang ada di blok mersis tidak diselesaikan, maka lebih baik proses yang ada di tempat lainnya digagalkan.

Dengan adanya hal tersebut, IM mencoba untuk mencari tahu dan melakukan konfirmasi terhadap Sekretaris Desa Mertapadakulon, Nanang Royani,  diruang kerjanya, Senin, 31/07/2023.

Saat dikonfirmasi terkait adanya ucapan untuk menggagalkan program PTSL, Nanang membenarkan.

"Memang benar saya mengatakan, jika proses pembuatan program PTSL yang berada di Blok Mersis tidak di proses, lebih baik yang lainnya digagalkan, mengapa saya mengatakan demikian, karena warga yang ada di blok mersis kurang lebih 70 bidang sudah mendaftarkan untuk mengikuti program PTSL, masa tidak di proses, namun Alkhamdulillah, saat ini persoalannya sudah beres, ini terjadi semata adanya mis komunikasi antara pihak BPN dan panitia yang melakukan pendataan" tuturnya.

Lebih lanjut Nanang menjelaskan, bahwa pihak panitia yang menangani pendataan di blok mersis terlambat menyerahkan data warga yang mengajukan program PTSL kepada pihak kami maupun BPN, maka ada keterlambatan pendataan.

"Ini terjadi karena data yang telat diterima oleh pihak BPN, tetapi bersyukur, setelah kami melakukan komunikasi dengan beberapa pihak, akhirnya 70 bidang yang didaftarkan saat ini tengah di proses" pungkasnya( 1)

Kapolres Majalengka Silaturrahmi Bersama Penggiat Budaya untuk "Ngajaga Lembur

INDOMEDIANEWSC - Kapolres Majalengka, AKBP Indra Novianto, S.I.K., M.Si, menjalin silaturrahmi dengan para penggiat budaya di Kabupaten Majalengka. Dalam acara yang diselenggarakan pada Senin (31/8/2023), Kapolres Majalengka mengajak para penggiat budaya untuk "Ngajaga Lembur" atau menjaga kampung di Taman Sejarah Kelurahan Munjul, Kecamatan Majalengka, Kabupaten Majalengka.

Acara silaturrahmi ini bertujuan untuk mempererat hubungan dan kerjasama antara pihak kepolisian dan para penggiat budaya dalam menjaga dan melestarikan nilai-nilai budaya di wilayah Kabupaten Majalengka.

"Ngajaga Lembur adalah upaya kita untuk menjaga dan melestarikan kampung kita, baik dari segi budaya, sejarah, maupun kearifan lokal yang ada di daerah kita masing-masing. Melalui kerjasama dengan para penggiat budaya, kita dapat bersama-sama mengenalkan dan memperkuat kearifan lokal yang ada di Kabupaten Majalengka," ungkap AKBP Indra Novianto.

Taman Sejarah Kelurahan Munjul dipilih sebagai lokasi silaturrahmi karena memiliki nilai sejarah dan budaya yang kaya. Kapolres Majalengka berharap dengan melibatkan para penggiat budaya dalam menjaga kampung dan melestarikan nilai-nilai budaya lokal, generasi muda dapat mengenal dan mencintai warisan budaya leluhur.

AKBP Indra Novianto menyambut positif inisiatif para penggiat budaya untuk berperan aktif dalam menjaga dan melestarikan budaya lokal di Kabupaten Majalengka. Ia berharap kerjasama antara kepolisian dan para penggiat budaya dapat terus ditingkatkan guna menciptakan kebersamaan dan kearifan lokal yang kuat di masyarakat.

"Kami sangat mengapresiasi upaya para penggiat budaya dalam melestarikan budaya lokal di Kabupaten Majalengka. Kerjasama kita akan terus kami tingkatkan agar nilai-nilai budaya kita tetap hidup dan dapat dinikmati oleh generasi mendatang," ujar AKBP Indra Novianto.

Acara silaturrahmi "Ngajaga Lembur" antara Kapolres Majalengka dan para penggiat budaya ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam upaya melestarikan kearifan lokal dan kebudayaan di Kabupaten Majalengka, sehingga tetap menjadi ciri khas dan identitas bangsa yang perlu dilestarikan.

Dalam kesempatan itu juga Kapolres Majalengka AKBP Indra Novianto Bersama Penggiat Budaya di Kabupaten Majalengka menggelar Deklarasi Siap untuk menjaga Lembur, Polri Presisi untuk Negeri, Pemilu Damai Menuju Indonesia Maju. (1e)

Fasilitas umum perioritas Pemdes Kanci kulon

INDOMEDIANEWSC- Peningkatan fasum terus dilakukan Pemerintah Desa Kanci Kulon, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon.
Diantaranya adalah pembangunan sarana parkir yang berada dihalaman kantor desa setempat dan prasarana peribadahan.
Hal ini disampaikan Kuwu Desa Kanci Kulon, Subandi, diruang kerjanya, Senin,31/07/2023.

"Anggaran Dana Desa saat ini kami pergunakan untuk peningkatan Fasum ( fasilitas umum) seperti pembangunan dan penyediaan sarana parkir dan perbaikan sarana peribadatan ( Masjid) yang tentunya dengan dimanfaatkannya anggaran yang ada mampu meningkatkan kenyamanan Masyarakat dalam melaksanakan aktifitasnya" tuturnya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, akan terus melakukan pengembangan desa yang disesuaikan dengan kebutuhan warga.

"Prasarana dan fasilitas umum menjadi prioritas kami dalam mengelola dan mengembangkan pembangunan desa, karena hal ini dirasakan dampaknya langsung oleh warga masyarakat, selain itu tentunya hal lainnyapun tetap menjadi program yang tersusun, dengan harapan setiap anggaran yang terserap dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, yang terpenting adalah adanya peran serta dari semua pihak agar seluruh program dapat terealisasi dengan baik" pungkasnya. (1c)

Sukses Munas di Pangandaran "KCI Sebagai Komunitas Yang Menjunjung Tinggi Solidaritas"

INDOMEDIANEWSC - Berdasarkan hasil mufakat dan Quorum jumlah kehadiran peserta yang tertuang Anggaran Dasar / Anggaran Rumah Tangga (AD / ART) Komunitas CBR Indonesia (KCI), Musyawarah Nasional (MUNAS) KCI Periode Tahun 2023 - 2025 menghasilkan Kepengurusan baru di wadah penghobi Motor Sport Honda CBR dengan Keputusan Mochammad Faisal Haris (Bro Ries) yang sebelumnya merupakan Ketua Wilayah KCI Jawa Barat naik sebagai Ketua Umum KCI Nasional, Andhi Rachman yang sebelumnya menjabat Ketua KCI Chapter Yogyakarta kini menjadi Sekretaris Umum KCI dan Ahmad Amin Akbar yang sebelumnya Bendahara Wilayah KCI Jawa Timur kini menjabat sebagai Bendahara Umum KCI.

Dalam usulan dan sikapnya pada Forum Munas KCI tersebut, Ketum KCI Nasional, Ries menyikapi Anggaran Dasar / Anggaran Rumah Tangga (AD / ART) KCI pada Periode 2021 - 2023 dirasa sudah baik dan terpenuhi sebagai regulasi komunitas yang dirinya cintai. Menurutnya, beriringan dengan berjalannya waktu, pertumbuhan atau perkembangan KCI semakin menyebar luas di penjuru Nusantara, namun dirinya berharap jika semua itu jangan menjadi besar kepala hingga terlena karena banyaknya anggota atau banyaknya chapter yang berdiri. Baginya tidak akan ada artinya Member banyak dan KCI terus tersebar di tingkat Chapter jika di setiap individu member itu sendiri tidak tertanam rasa solidaritas, loyalitas dan totalitas untuk rumah keduanya tersebut. 

“kontribusi dari setiap member itu lah yang perlu diwujudkan dan ditingkatkan dengan mengamalkan atau mengimplementasikannya sesuai yang tertuang pada AD ART KCI guna terwujudnya KCI yang berjaya dan kuat dengan kebersamaan serta Solid sesuai Slogan KCI itu sendiri,“ tuturnya

Lebih lanjut Ries, menuturkan,  sesuai dengan Visi Misinya Mewujudkan KCI sebagai Komunitas yang menjunjung tinggi Solidaritas, dirinya ingin mengisi kepengurusan KCI di tingkat nasional dengan tim yang amanah dan siap bertanggung jawab atas tugas dan fungsinya nanti. Selain itu, dirinya juga akan menyusun dan melaksanakan program agenda KCI guna mendorong kemajuan bersama secara nasional, Mempererat kembali kebersamaan dan rasa kekeluargaan serta Menumbuhkan dan Meningkatkan Loyalitas sebagai wujud rasa memiliki bersama pada setiap individu member KCI. 

“Atas nama keluarga besar KCI Nasional mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi setingginya untuk Om Dhandi, Om Torik, Om Ucup dan pengurus pusat sebelumnya yang telah bekerja maksimal dan mendedikasikan diri untuk KCI selama dua tahun kebelakang. Untuk kedepannya, Kepengurusan pusat KCI yang baru pun akan tetap seiring seirama dengan para pendahulu untuk dapat bersama - sama guna semata untuk KCI terus lebih baik,“ pungkas Ries. (1c)

Bupati Tinjau Langsung Kondisi Wilayah dan Masyarakat Kabupaten Cirebon

INDOMEDIANEWSC -- Bupati Cirebon Drs. H. Imron, M.Ag bersama Wakil Bupati Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih, SE., M.Si, jajaran Forkopimda dan para kepala perangkat daerah Kabupaten Cirebon gelar “Mubeng” (Mudun Bareng) dengan menggunakan kendaraan roda dua menuju Kecamatan Gunungjati, Plered, Panguragan, dan Kaliwedi, Minggu (30/7/2023).

Para rombongan memulai perjalanan dari Pendopo Bupati Cirebon pada pukul 07.00 WIB menuju Pasar Condong, Kecamatan Gunungjati untuk membagikan 100 nasi barokah kepada para pengunjung pasar sekaligus meninjau harga kebutuhan pokok di pasar tersebut.

Selanjutnya, rombongan menuju Pasar Pangkalan Plered dan Pasar Desa Panguragan untuk membagikan 100 nasi barokah berikutnya dan juga meninjau harga kebutuhan pokok.

Terakhir, rombongan singgah di Desa Kalideres, Kecamatan Kaliwedi untuk berdialog dengan masyarakat serta memberikan bantuan secara simbolis.

Kegiatan ini merupakan kerjasama dengan beberapa pihak terkait, seperti Baznas, Bulog, Disperdagin, Disdukcapil, Dinkes, DPPKBP3A dan perangkat daerah lainnya.

Bupati Imron mengungkapkan, program Mubeng ini merupakan cara pemerintah daerah untuk turun langsung ke masyarakat.

Menurutnya, dengan Mubeng ini, Pemerintah Kabupaten Cirebon selain melakukan silaturahmi, pihaknya juga ingin melihat langsung kondisi di wilayahnya.

"Pada kegiatan Mubeng kali ini, kita libatkan semua kepala perangkat daerah supaya mereka tahu program pemerintah apa saja yang sudah maupun yang belum tercapai. Jangan hanya mendapatkan laporan dari bawahannya saja, tetapi langsung terjun ke lapangan," ujar Imron.

Ia juga mengungkapkan, pada Mubeng kali ini, Pemkab Cirebon juga memberikan beberapa bantuan kepada masyarakat, diantaranya yaitu bantuan Rutilahu dari Baznas, paket sembako, pasar murah dan bantuan lainnya untuk masyarakat.

Selain itu, lanjut Imron, pihaknya bersama rombongan menyempatkan untuk melihat dan melakukan pelepasan benih ikan di Embung Desa Kalideres.

"Embung ini kalau bisa dikelola dengan baik akan bisa menjadi destinasi wisata, dan nantinya perekonomian masyarakat sekitar Embung akan tumbuh dengan baik," harap Imron.

Di tempat yang sama, Camat Kaliwedi, Kabupaten Cirebon, Hardomo mengatakan pihaknya menyambut baik dengan adanya program Mubeng ini. Menurutnya, dengan adanya program ini, wilayah Kecamatan Kaliwedi mendapat beberapa bantuan untuk masyarakat.

"Ada bantuan Rutilahu, sembako gratis, pengobatan gratis, bazar pasar murah dan bantuan lainnya untuk masyarakat yang kurang mampu," ujar Hardomo. 

Ia menjelaskan, di Desa Kalideres ada Embung atau waduk buatan yang kini dijadikan destinasi wisata. Namun, Embung tersebut kini kurang terurus, karena terkendala dengan biaya.

"Mudah-mudahan dengan kehadiran Pak Bupati, Ibu Wakil Bupati beserta jajaran bisa memberikan kontribusi untuk pengembangan destinasi wisata, agar ekonomi masyarakat bisa terbantu," harapnya. (DISKOMINFO)

29 Jul 2023

Pilwu serentak " jabatan Kuwu tunggu waktu"

Penulis : R.Agus Syaefuddin


Bimbang dan ragu menghantui para calon kuwu yang akan maju di tahun 2023, hususnya calon kuwu baru.
Sementara bagi kuwu definitif yang kembali mencalonkan untuk menjadi kuwu merasa hangat hangat tahi ayam.
Tidak hanya keraguan akibat adanya kabar tentang penundaan pilwu, namun yang menjadi perbincangan hangat adalah adanya penambahan waktu dari 6 Tahun menjadi 9 Tahun.
Apakah ini politik yang memang sengaja dimainkan oleh para elite demi kepentingan pribadi atau golongan, atau memang ini merupakan sebuah perubahan yang terbaik.
Dampak nyata yang terjadi dilapangan adalah menimpa para Calon kuwu baru, mereka seakan maju kena mundur kena, alyas penuh keraguan.
Disaat sebelum beredarnya kabar penundaan pilwu, semua bakal calon kuwu sudah memulai kampanye atau buka warung ( istilah best cump) bahkan tidak sedikit bakal calon yang sudah menggelontorkan rupiah hingga ratusan juta.
Namun disaat beredarnya kabar adanya penundaan pilwu, calon kuwu baru langsung melakukan rem mendadak.
Beruntung, saat ini semuanya telah berahir dengan munculnya surat edaran, bahwa pilwu serentak di Kabupaten Cirebon tetap dilaksanakan pada Tahun 2023, yang isinya adalah Surat Keputusan Bupati Cirebon No 141/kep.503-DPMD/2023 tanggal 29 mei 2023 tentang jadwal tahapan pilwu serentak di kabupaten Cirebon 2023.
Dengan adanya surat tersebut dipastikan pilwu serentak dilaksanakan sesuai jadwal.
Saat ini yang masih menjadi tanya adalah masa jabatan kuwu apakah tetap 6 tahun atau berubah menjadi 9 tahun.
Kini Masyarakat Kabupaten Cirebon tengah menunggu hasil akhirnya.
Bagi Masyarakat , 6 atau 9 tidak ada pengaruhnya, karena yang terpenting adalah demokrasi tetap berjalan tanpa ditumpangi oleh kepentingan segelintir orang yang terus mengatasnamakan kepentingan Rakyat.
Kita semua berharap, Pilwu tetap berjalan sesuai jadwal, dan jangan lagi ada permainan yang membuat resah.

28 Jul 2023

BPD Lemahabang dan Wangkelang "Lantik PPS Pilwu serentak"

INDOMEDIANEWSC - Panitia pemilihan Kuwu Desa Lemahabang, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, resmi dilantik dan diambil sumpah pada Jum'at,28/07/2023, bertempat di Aula kantor Desa setempat.
Pengambilan sumpah yang dilakukan ketua BPD Lemahabang, Hartono S Herlambang, yang disaksikan unsur muspika berjalan dengan baik.

Ketua BPD Lemahabang,  Hartono  S Herlambang menuturkan, pelantikan PPS Pilwu ini sebagai bentuk tahapan jelang Pilwu serentak yang akan dilaksanakan Oktober mendatang. 

"Sembilan PPS dilantik dari berbagai unsur yang ada di desa," tuturnya usai acara di Aula desa setempat, Jumat 28/7/2023.

Herlambang menjelaskan, tahapan Pilwu serentak sudah memasuki pelantikan PPS dan akan terus berlanjut ke tahapan berikutnya. 

"Setelah dilakukan mekanisme dan aturan untuk menentukan kepengurusan PPS, akhirnya sembilan orang tersebut yang dinilai mampu melaksanakan tugas saat Pilwu nanti," ujarnya.

Dirinya menegaskan, PPS untuk bersikap profesional, netralitas dan tidak ada intrvensi dari manapun. 

"Mari sukseskan Pilwu serentak yang jujur, adil dan rahasia hingga menghasilkan pemimpin yang amanah," tuturnya.

Berikut Nama -nama Panitia Pemungutan suara (Pilwu Lemahabang)            5.Sulaeman
1.Burhanurromdion  6.Syachroni
2.Ahmad Halim         7.Supendi
3.Herlan .w                 8.Adi Dwi Cahya
4.Ahmad Syaipudin   9.Abdullah.N.

Dihari yang sama, Ketua BPD Wangkelang, Esa Saputra, dengan disaksikan pihak Muspika Kecamatan Lemahabang, melantik dan mengambil sumpah Panitia Pemungutan Suara Pilwu Desa wangkelang di Aula kantor desa setempat.
9 nama yang telah dilantik dan diambil sumpah tersebut adalah :
1.Ikhwanul Ma'arif
2.Wasna
3.Sukirman
4.Arif Permana
5.Dadan Purbayana
6.Agung Waigena
7.Suyatno
8.Euis Susilawati
9.Dedi Heryadi.

Dalam sambutannya, Camat Lemahabang, Yuyun Kusumawati menuturkan, Pilwu serentak yang akan dilaksanakan Oktober mendatang perlu dukungan seluruh pihak untuk disukseskan. 

"Sesuai tahapan, saat ini pembentukan sekaligus pelantikan PPS Pilwu yang akan melaksanakan Pilwu serentak. Kemudian, PPS bekerja sesuai aturan hingga pelaksanaan Pilwu mendatang, kami berharap semua lapisan Masyarakat untuk turut bersama-sama mensukseskan pelaksanaan pilwu hingga terpilihnya kuwu sesuai aturan dan mekanisme yang berlaku.kami berharap persatuan dan kesatuan tetap diutamakan, perbedaan itu hal yang biasa, namun jadikan perbedaan itu sebagai alat untuk semakin mempererat silaturahmi dan persaudaraan sesama kita, semoga dengan telah dilaksanakannya pelantikan PPS proses Pilwu dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya" jelasnya. (1c)

Polresta Cirebon Gelar Ngopi Aspirasi Bersama Berbagai Unsur Masyarakat

INDOMEDIANEWSC -Polresta Cirebon menggelar kegiatan Ngopi Aspirasi bersama berbagai unsur masyarakat Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Jumat (28/7/2023). Kegiatan tersebut dilaksanakan di RM Ayam Umbaran, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H, mengatakan, kegiatan Ngopi Aspirasi tersebut bertujuan untuk menghimpun berbagai saran dan masukan dari masyarakat Kabupaten Cirebon, khususnya di Kecamatan Sumber.

"Diharapkan kegiatan ini dapat menyerap aspirasi, permasalahan dan harapan yang ada di masyarakat terkait potensi kerawanan maupun gangguan kamtibmas di lingkungannya sehingga nanti kedepan dapat dicarikan solusi jalan keluar serta bisa ditindaklanjuti dengan baik oleh semua pihak melalui tupoksinya masing-masing," ujar Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H.

Ia mengatakan, 27 Polsek jajaran Polresta Cirebon juga melaksanakan kegiatan Ngopi Aspirasi dalam rangka Jumat Curhat bersama masyarakat di wilayah hukumnya masing-masing. Agar setiap aspirasi, saran dan masukan dari masyarakat segera diterima dan ditanggapi agar kepercayaan masyarakat terhadap Polri meningkat.

Selain itu, pihaknya mengingatkan masyarakat untuk segera menghubungi layanan call center 110 Polresta Cirebon saat menemukan aksi kriminalitas maupun tindak kejahatan di sekitarnya. Dipastikan laporan tersebut bakal langsung ditindaklanjuti dan petugas berada di lokasi dalam waktu singkat.

"Kami juga berharap, masyarakat dapat berperan aktif dalam menjaga kondusivitas dan situasi kamtibmas di wilayah hukum Polresta Cirebon, khususnya melalui laporan-laporan mengenai tindak kriminalitas di sekitar tempat tinggalnya," kata Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H. (1e)

Melalui FGD, Sekda Minta Kawasan Perikanan Dipertahankan

INDOMEDIANEWSC -- Pemerintah Kabupaten Cirebon menggelar Forum Group Discussion (FGD) merumuskan kebijakan penetapan kawasan budidaya perikanan Kabupaten Cirebon di Hotel Sutan Raja, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon, Kamis (27/7/2023).

Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon, Dr. H. Hilmy Riva'i, M.Pd mengungkapkan, pengelolaan kawasan budidaya perikanan sudah barang tentu menyesuaikan dengan tata ruang. 

Ia berharap pada diskusi hari ini, untuk ikut memikirkan bagaimana lahan-lahan perikanan juga diproteksi dengan sebaik-baiknya.

"Kalau di dunia pertanian kan ada LSD, LP2B. Kenapa tidak, diperikanan juga ada kawasan-kawasan perikanan yang dipertahankan, karena Indonesia memiliki peluang yang besar untuk pengelolaan perikanan dan konsumsi masyarakat terhadap ikan juga belum maksimal," kata Hilmy.

Ia menambahkan, dengan distimulasi kebijakan pemerintah ini, mudah-mudahan ikan bisa dicintai oleh masyarakat dan pemasaran produknya juga baik, serta sistem yang baik juga, sehingga perikanan ini menjanjikan.

"Berharap, perikanan ini tidak hanya ditatanan konsumsi saja, tetapi harus dikembangkan. Perikanan ini menjadi perikanan yang memiliki produktivitas tinggi dengan mengembangkan budidaya ikan yang sangat tinggi," lanjut Hilmy.

Menurut penelitian, masih kata Hilmy, Kabupaten Cirebon juga memiliki peluang dipengembangan budidaya ikan hias. Ia berharap dalam pertemuan ini, agar didorong tidak hanya dalam pengembangan ikan konsumsi, tetapi pengembangan ikan-ikan yang produktif pula.

"Jangan lupa marketnya, baik market yang lokal maupun market yang regional atau yang lebih besar lagi. Bagaimana caranya ikan ini tidak hanya untuk kebutuhan lokal saja, namun kebutuhan yang sifatnya ekspor juga dipenuhi," imbuhnya. (Lisdis)

27 Jul 2023

Pemdes Picungpugur " salurkan BLT DD tahap 3 "

INDOMEDIANEWSC - 38 warga desa picung pugur, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, menerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa ( BLT DD) tapah 3 periode  juli - September 2023 sebesar Rp.900.000 per KPM.

Hal ini disampaikan Sekretaris Desa Picunglugur, Kosim, saat melakukan pembagian BLT DD  di Aula Kantor Desa setempat, Rabu,26/07/2023.

"Untuk penyaluran BLT DD saat ini dihususkan bagi para jompo atau manula yang total keseluruhannya ada 38 Keluarga Penerima Manfaat ( KPM) harapan kami dengan disalurkannya bantuan tersebut dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya" jelasnya.

Lebih lanjut Kosim , menjelaskan, bahwa selain menyalurkan BLT DD pihak pemdes pun tengan melakukan berbagai pembangunan yang salah satunya adalah sarana olahraga.

"Saat ini pun kami tengah melaksanakan pembangunan rehab kantor desa dan penyediaan sarana olahraga berupa lapangan futsal, diharapkan dengan ketersediaan sarana yang memadai dapat dimanfaatkan oleh warga Masyarakat dengan baik" tutunya.

Senada hal tersebut disampaikan Kuwu Picungpugur, Saki.

"Upaya kami terus dilakukan demi terciptany Desa Picungpugur yang lebih baik lagi, selain pelaksanaan pembangunan infrastruktur, tentunya banyak program desa yang terus digalakan, baik itu perekonomian, sosial budaya, keagamaan , olahraga dan jenis lainnya, pada dasarnya kami mengharapkan pembenahan yang terus kami lakukan, selain mampu meningkatkan pelayanan terhadap warga Masyarakat, tentunya kenyamanan dan kesejahtraan pun menjadi perioritas kami, satu harapan saya sebagai Kuwu, semoga apa yang telah kami lakukan benar-benar dapat dimanfaatkan dengan baik" tuturnya.(1c)

26 Jul 2023

Polsek Klangenan Berhasil Laksanakan Operasi Pekat

INDOMEDIANEWSC  - Polsek Klangenan berhasil melaksanakan kegiatan Operasi Pekat pada Selasa, 25 Juli 2023, pukul 16.30 WIB hingga selesai. Operasi ini dilaksanakan di Desa Selangit, Kecamatan Klangenan, Kabupaten Cirebon.

Kegiatan Operasi Pekat ini dipimpin oleh Kanit Reskrim Ipda Heri, yang didampingi oleh Bripka Sanudin dan Bripka Uci Muhaeri. Dalam operasi ini, anggota Reskrim Polsek Klangenan berhasil menemukan barang bukti di salah satu warung milik Sdri. K, seorang wanita berusia 50 tahun yang berprofesi sebagai pedagang.

Berikut adalah rincian barang bukti yang berhasil ditemukan dalam Operasi Pekat ini 3 (tiga) botol sedang jenis Ciu ilegal.

Kapolsek Klangenan, Iptu Ngatidja, SH, MH, yang memimpin wilayah hukum yang meliputi kecamatan Klangenan dan kecamatan Jamblang, menyatakan keberhasilan operasi ini sebagai upaya pihak kepolisian dalam menanggulangi peredaran minuman keras ilegal di wilayahnya. 

Beliau juga mengimbau kepada masyarakat untuk dapat memberikan informasi atau laporan terkait kegiatan yang mencurigakan demi menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Klangenan. Jika ada informasi yang ingin disampaikan, masyarakat dapat menghubungi Kapolsek Klangenan melalui nomor kontak 0823-1982-5909.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K., M.H., melalui Kasi Humas Polresta Cirebon, Iptu Rusdwianto, menyampaikan apresiasinya atas keberhasilan Operasi Pekat yang dilakukan oleh Polsek Klangenan. Keberhasilan ini merupakan bukti komitmen pihak kepolisian dalam memberantas peredaran minuman keras ilegal yang dapat meresahkan masyarakat.

Diharapkan dengan adanya operasi ini, peredaran minuman keras ilegal di wilayah Cirebon dapat ditekan dan masyarakat dapat merasa lebih aman dan nyaman. Ke depan, polisi akan terus meningkatkan upaya dalam memberantas segala bentuk kejahatan demi terciptanya lingkungan yang lebih baik.(1e)

Diskominfo Kabupaten Cirebon Maksimalkan Peran PPID

INDOMEDIANEWSC -- Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cirebon terus berupaya untuk meningkatkan keterbukaan informasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cirebon. 

Salah satu upayanya adalah dengan melakukan kegiatan Peningkatan Kapasitas Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) seluruh perangkat daerah di lingkup Pemkab Cirebon, Selasa (25/7/2023).

Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon, Dr. H. Hilmy Riva'i, M.Pd mengakui peran PPID selama ini belum maksimal. Padahal menurutnya, keterbukaan informasi merupakan sebuah tanggungjawab yang harus disediakan oleh pemerintah.

"Memang selama ini, menurut pandangan saya, peran PPID belum memuaskan. Padahal, masyarakat sangat membutuhkan keterbukaan informasi sesuai amanat dalam peraturan perundangan," ujar Hilmy usai membuka kegiatan.

Disebutkannya juga, ada beberapa permasalahan krusial yang membuat tidak berjalannya peran PPID. Karena PPID melekat pada sekretaris OPD/SKPD, tambahnya, maka akan tidak berjalan efektif apabila terjadi pergeseran pejabat.

"Dengan demikian, akan kita formulasikan jika keterbukaan informasi ini akan tetap berjalan, meskipun adanya pergantian PPID," sambung Hilmy.

"Bisa juga kita dorong untuk semua masuk sistem, sehingga informasi apapun akan bisa tersampaikan tanpa terpengaruh perputaran," tambahnya.

Sementara itu, Kadiskominfo Kabupaten Cirebon, Bambang Sudaryanto, SH., MH mengatakan, peserta kegiatan kali ini adalah seluruh PPID di lingkup Pemkab Cirebon. 

Dijelaskannya, peran Diskominfo dalam keterbukaan informasi ini bergantung pada kecepatan PPID dalam memberikan informasi.

"Kita juga akan menyiapkan sistem untuk menampung dan menyimpan semua informasi dan dokumentasi penting pemerintah, agar masyarakat bisa mengaksesnya," singkatnya.

Dalam kegiatan ini, selain dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon dan Kadiskominfo Kabupaten Cirebon, nampak hadir pula komisioner Komisi Informasi Daerah (KID) Kabupaten Cirebon sebagai pemateri. (Lisdis)

25 Jul 2023

Motor Listrik Karya Siswa SMKM Lemahabang " kreasi Anak Bangsa"

INDOMEDIANEWSC- Kreasi Anak Bangsa Siswa SMK Muhammadiyah Lemahabang Kabupaten Cirebon, berhasil menciptakan motor listrik dengan jarak tempuh sekitar 50 kilometer. Dengan menggunakan baterai lithium 70 volt, dapat menggerakkan motor berkecepatan rata-rata kisaran 60 kilometer per jam.

Gagasan menciptakan motor listrik ini berawal dari  banyaknya kendaraan istrik yang ada di jalan raya, kemudian dipadukan dengan kurikulum merdeka, maka pihak sekolah berinovasi dengan para siswa untuk merakit sepeda motor listrik.

Keterangan yang disampaikan Kepala Konsentrasi Keahlian Teknik Sepeda Motor SMK Muhammadiyah Lemahabang, Iyus Rusmana, motor listrik yang diciptakan ini bermula dari sistem pembelajaran kurikulum merdeka. Maka, para siswa diajarkan untuk berinovasi dan salah satunya menciptakan sepada motor listrik. 

"Disamping ramah lingkungan, karena tidak menggunakan bahan bakar, sepeda listrik juga lebih hemat. Dengan mencharger dua jam, sepeda motor sudah bisa dipakai sejauh 50 kilometer," tuturnya, Selasa ,25/7/2023.

Iyus menjelaskan, motor listrik yang menggunakan bodi Vixion dengan cara merubah dudukan mesin untuk menempatkan dinamo, akhirnya dapat diselesaikan motor listrik siap pakai. 

"Setelah motor dicharger kemudian kunci kontak dinyalakan langsung saja gas ditarik, motor dapat jalan dengan nyaman," jelasnya.

Ketika ditanya, apakah akan memproduksi massal, Iyus menjawab, tergantung pihak sekolah. 

"Saat pameran Musda Muhammadiyah beberapa waktu lalu, sudah ada yang tertarik dan semoga dapat diproduksi dalam jumlah banyak," ujarnya.

Dirinya mengharapkan, dukungan seluruh pihak untuk menyempurnakan sepeda motor listrik ini dan bagi para siswa untuk terus berinovasi dalam bidang pendidikan, khususnya sepeda motor. 

"Tidak sedikit biaya yang dikeluarkan untuk menciptakan sepeda motor listrik ini, yakni kisaran Rp 30 juta, ini belum selesai semua, baru 80 persen, mungkin lebih dari 30 juta jika mencapai 100 persen, Namun dengan kebersamaan, akan ringan biaya tersebut," pungkas Iyus.

Sementara itu   kepala SMKM  Lemahabang, Rustandi, mengatakan bahwa produksi motor listrik oleh siswanya itu membutuhkan waktu 3 Bulan, dan memang motor listrik tersebut belum sepenuhnya sempurna.

"InsyaAllah dalam waktu dekat proses pembuatan motor listrik sepenuhnya bisa disempurnakan, tentunya kami mohon doa dan dukungan dari semua pihak semoga program pengembangan dan inovasi para siswa dapat terwujud dengan baik,selain itu harapan kami agar Gubernur Jawa Barat bisa merespon positif terhadap karya Anak Bangsa yang dimiliki Muhammadiyah" harap kepala sekolah yang merupakan Alumnus Gontor Ponorogo. (1c)

Pengambilan Sumpah Penjabat Kuwu Lemahabang " lanjutkan program Desa"

INDOMEDIANEWSC - Dihadiri unsur Muspika , pengambilan sumpah dan pelantikan penjabat Kuwu Lemahabang , Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, dilaksanakan di Aula Kantor Desa setempat, Selasa, 25/07/2023.

Pengambilan sumpah terhadap Penjabat Kuwu Lemahabang, Masyatul Maula Fahry, S,Kep dari kuwu sebelumnya yang mengundurkan diri karena mencalonkan sebagai Anggota DPRD Kabupaten Cirebon, Rini.

Usai mengambil sumpah dan melantik Penjabat Kuwu setempat, Camat Lemahabang, Yuyun Kusumawati, mengharapkan adanya dukungan dari semua pihak agar pelaksanaan program desa bisa berjalan dengan baik.

"Kami berharap, dengan telah dilantik dan diambil sumpah terhadap Penjabat Kuwu, Masyatul, segala bentuk program Desa bisa berjalan dengan baik,tentunya hal tersebut bisa berjalan sesuai harapan dengan adanya dukungan dan kerjasama yang terjalin baik antara Lembaga dan unsur terkait lainnya, kami ucapkan selamat bertugas kepada penjabat yang baru dan terimakasih kami haturkan kepada Ibu Rini atas dedikasinya selama menjadi Kuwu Lemahabang" tuturnya.

Sementara itu, Penjabat Kuwu Lemahabang, Masyatul Maula Fahri, dalam sambutannya mengharapkan adanya dukungan penuh dari semua pihak.

"Saya berusaha maksimal untuk melaksanakan tugas dan tanggungjawab sebagai kuwu, tentunya dengan niat yang tulus untuk mengabdi demi melanjutkan pembangunan desa agar lebih baik dari yang sudah baik, namun demikian tentunya dalam kami melaksanakan tugas perlu adanya dukungan dari semua pihak, baik lembaga desa, tokoh Masyarakat ,,kepemudaan dan seluruh elemen yang ada, termasuk jalinan komunikasi dengan muspika , ini perlu dilakukan agar program desa yang telah tersusun mampu terealisasi dengan baik" jelasnya.(1c)

Pemdes Sarajaya maksimalkan pelayanan

INDOMEDIANEWSC - Pemerintah Desa Sarajaya Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon,terus kembangkan pembangunan, salah satunya adalah peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat.  dengan membangun ruang Posyandu sekaligus gedung PKK.

Kuwu Desa Sarajaya, Rudiyana menuturkan, pembangunan gedung PKK sebagai upaya meningkatkan kinerja kader PKK desa dan memberikan pelayanan kesehatan bagi bayi dan balita berupa Posyandu. 

"Untuk pembangunan gedung saat ini telah mencapai sekitar 60 persen," jelasnya  disela mengawasi pengerjaan, Senin 23/7/2023.

Lebih lanjut Rudi menjelaskan, peran PKK desa sangat penting dalam berbagai bidang. Khususnya kesehatan bayi, balita dan ibu hamil juga pemberdayaan kaum perempuan. 

"Dengan adanya gedung baru yang ada di balai desa, tentunya akan mendekatkan pelayanan kesehatan bagi warga yang ingin ke Posyandu dan memudahkan komunikasi para kader PKK, sekaligus menambah sarana prasarana agar pelayanan akan semakin maksimal" tuturnya.

Masih dikatakan Rudi, dengan adanya gedung PKK nanti, dapat memberikan dampak positip bagi para kader PKK. Misalnya rapat bersama, untuk menentukan langkah dalam menangani permasalahan yang ada. 

"Sebelum adanya gedung tersebut, kader PKK mengadakan rapat di ruangan balai desa," ujarnya didampingi Ketua PKK desa setempat, Tinah.

Dirinya mengucapkan terima kasih pada seluruh pihak, khususnya masyarakat yang mendukung program desa hingga terealisasi sesuai rencana. 

"Desa yang kondusif, sangat mempengaruhi terwujudnya wilayah yang nyaman dan aman,selain dari itu kami selaku pihak pemerintahan desa akan terus berupaya melaksanakan berbagai program secara maksimal demi pelayanan terhadap warga Masyarakat" pungkasnya. (1c)
 

24 Jul 2023

Garda Satu FCTM "Kabupaten Cirebon sudah layak dimekarkan"

INDOMEDIANEWSC - Harapan Pemekaran Kabupaten Cirebon terus dilakukan para penggiat. Salah satunya melalui  Pengukuhan dan Deklarasi Gerakan Pemuda Bersatu Cirebon Timur Mandiri (Garda Satu FCTM).

Keterangan yang disampaikan Ketua Forum Cirebon Timur Mandiri (FCTM), KH. Usamah Mansyur, pembentukan pengurus ini untuk media silaturahmi masyarakat dan tokoh wilayah timur. Termasuk wadah komunikasi pembentukan Cirebon Timur. 

"Pemekaran merupakan kebutuhan sebagian besar masyarakat wilayah timur, maka akan diperjuangkan hingga terwujud," tuturnya usai acara di sekitar Kecamatan Lemahabang, Minggu 22/7/2023.

Lebih lanjut Usamah menjelaskan, secara geografis wilayah timur Cirebon sudah layak dimekarkan. Karena, pelayanan publik yang relatif jauh dari pusat pemerintahan. Selain itu, secara kewilayahan, Kabupaten Cirebon sangat luas, sehingga perlu untuk dimekarkan. 

"Memang, secara umum untuk pelayanan bisa di kecamatan. Namun yang bersifat lainnya, yang berkepentingan mesti ke Sumber yang merupakan pusat pemerintahan. Maka, pemekaran wilayah salah satu upaya guna memperpendek pelayanan publik," jelasnya.

Dirinya mengharapkan, peran seluruh pihak dari wilayah timur untuk mewujudkan pemekaran. 

"Saat ini Pemkab akan lakukan kajian. Setelah itu, membangun perkantoran yang rencananya pusat pemerintahan di Kecamatan Karangsembung. Kami siap mewujudkan pemekaran Kabupaten Cirebon," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Garda Satu FCTM, Taufik Ridwan mengungkapkan, rentang kendali pelayanan publik, dirasa kurang maksimal. Sehingga perlu untuk dimekarkan. 

"Kabupaten Cirebon merupakan salah satu daerah di Jabar yang memiliki wilayah luas. Maka pemekaran, solusinya," ungkapnya.

Masih dikatakan Ridwan, pemekaran Kabupaten Cirebon tidak asal mekar, namun memerlukan kajian yang mendetail. Maka, Pemkab harus segera lakukan kajian supaya Cirebon Timur segera terwujud.

"Sebagai organisasi anak muda yang ingin adanya pemekaran, maka kami terus lakukan pergerakan, agar daerah otonomi baru (dob) Cirebon Timur terealisasi dan perlu diingat, aksi ini bukan politis, tapi semata demi masyarakat Cirebon Timur yang lebih sejahtera dan mempercepat pelayanan," tegasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Cirebon, HM. Luthfi mendukung pemekaran dan saat ini eksekutif akan lakukan kajian. 

"Hasil kajian tersebut akan dibawa ke paripurna dewan untuk ditindaklanjuti ke tingkat provinsi dan pusat," jelasnya.(1c)

Muslimat NU Jadi Bunda Asuh Anak Stunting

INDOMEDIANEWSC -- Pada momentum Harlah Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) ke-77 tahun 2023 kali ini mengusung tema “Menguatkan Peran Muslimat NU dalam Pembangunan Peradaban” sekaligus melaunching peran Muslimat NU sebagai bunda asuh anak stunting. 

Agenda yang dihadiri Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag bersama Gubernur Jawa Timur sekaligus Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Muslimat NU, Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si beserta jajaran berlangsung di Pendopo Bupati Cirebon, Minggu (23/7/2023).

Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag mengapresiasi program yang digagas oleh Muslimat NU ini. Bahkan, pihaknya menyambut baik apa yang dilakukan oleh Muslimat NU, yaitu melaunching bunda asuh bagi anak-anak stunting di Kabupaten Cirebon. 

Imron berharap, kerjasama ini berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan, yaitu menekan angka stunting di Kabupaten Cirebon. 

"Harapan saya kepada Muslimat NU, bahwa MoU ini memang benar-benar terlaksana sampai ke daerah-daerah, karena stunting perlu pendampingan dari keluarga," harap Imron.

Imron mengaku, anak bisa menjadi stunting biasanya terjadi pada orangtua yang kurang mengerti cara menangani dan perilaku perhatian terhadap anak. 

"Maka, dengan adanya Muslimat NU menjadi bunda asuh ini, diharapkan edukasi kepada masyarakat ini jadi lebih maksimal, dan angka stunting di Kabupaten Cirebon bisa lebih cepat turun," ujar Imron.

Lebih lanjut Imron mengatakan, menangani anak-anak stunting dan ibu hamil muda itu perlu penyuluhan dan bimbingan lebih, agar mereka mengerti. 

"Seperti apa yang diungkapkan Ketua Umum PP Muslimat NU, bahwa dalam kehidupan awal itu bukan berarti lahir, tapi ketika awal bercampurnya hormon, lalu 40 hari menjadi janin, itulah kehidupan pertama yang harus diperhatikan supaya ketika melahirkan nanti sehat," pungkasnya. 

Sementara, Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Muslimat NU, Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si mengungkapkan, pada agenda ini ada substansi yang diusung, yaitu bagaimana ibu-ibu Muslimat NU ini bisa menjadi bunda asuh bagi anak-anak yang terindikasi stunting, mulai dari proses bulan timbang dan seterusnya, juga bisa mengintervensi dengan berbagai asupan gizi yang dibutuhkan.

"Ranting dan anak ranting Muslimat NU tadi sudah dikukuhkan untuk mereka bersiap menjadi bunda asuh bagi anak-anak yang terindikasi stunting. Apalagi, partnership Muslimat NU adalah dengan Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan di daerah sudah nyambung dari dulu, dan sekarang dengan DPPKBP3A," kata Khofifah.

"Mereka yang bisa memberikan partnership dengan apa yang menjadi tugas besar bangsa Indonesia hari ini, antara lain adalah menurunkan stunting lebih signifikan lagi di tahun-tahun yang akan datang," pungkasnya. (Lisdis)

23 Jul 2023

Grebeg kampung Pemdes Cipeujeuhwetan" suguhkan berbagai produk murah"

INDOMEDIANEWSC- Pemerintah Desa Cipeujeuhwetan, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon , terus berinovasi dan mengembangkan berbagai program yang bertujuan untuk memberikan pelayanan dan kesempatan bagi warga Masyarakat untuk memperoleh barang elektronik dan sejenisnya melalui program Grebeg Kampung yang dilakasanakan dari tgl 22 sampai 23 Juli 2023 bertempat dihalaman kantor desa setempat.

Kuwu Cipeujeuh wetan, Cecep, menuturkan acara grebeg kampung selain memberikan kesempatan bagi berbagai perusahaan untuk memperomokan produknya juga diisi dengan kegiatan lainnya.

"Kami sifatnya hanya memberikan tempat dan ruang bagi perusahaan agar bisa memperomokan produknya, yang kebetulan saat ini produk yang ditawarkan kepada masyarakat adalah berupa barang elektronik dengan berbagai pilihan dan diskon hingga 50 persen, selain itu acara lainnya adalah lomba karoke untuk umum dan ajang memasak, bahkan salah satu Sekolah swasta ikut serta dalam acara tersebut, yaitu SMK Binawarga Lemahabang dengan program yang disajikan adalah servis ringan dan penjualan oli dengan harga spesial" tuturnya.

Cecep mengharapkan, dengan digelarnya acara grebeg kampung dan bazar umum, dapat dimanfaatkan oleh seluruh lapisan Masyarakat.

"Intinya program apapun yang menguntungkan bagi Masyarakat secara umum pasti akan kami dukung, toh semuanya untuk kepentingan warga" pungkasnya.

Sementara itu, salah seorang pengajar SMK Binawarga, Nur Alamsyah, Ketua Program Jurusan TSM yang turut memeriahkan acara tersebut menuturkan.

"Peranserta kami dalam turut memeriahkan acara grebeg kampung adalah memberikan kemudahan bagi warga pengguna kendaraan untuk melakukan cek ringan maupun ganti oli dengan harga spesial, selain itu tentunya memperkenalkan juga kepada warga Masyarakat tentang keberadaan SMK Binawarga yang dimana didalamnya terdapat beberapa jurusan, yang salah satunya adalah TSM, dengan turut sertanya beberapa sponsor dengan berbagai produk dan harga spesial diharapkan akan mampu menarik animo Masyarakat untuk datang dan memeriahkan acara yang digagas oleh pihak Pemdes Cipeujehwetan, dalam hal ini Kuwu Cecep" jelasnya. (1c)

22 Jul 2023

Nina Krisnawati Calon DPRD Kab Cirebon " berjuang Untuk Negeri"

INDOMEDIANEWSC- Tidak ada kata terlambat untuk berbakti dan melakukan sesuatu yang terbaik bagi Negeri.
Inilah yang menjadi motifasi dan keinginan kuat Nina Krisnawati untuk maju dalam kancah politik melalui partai pengusung PDIP.
wanita yang terlihat tegas dan memiliki keyakinan yang kuat demi sebuah perjuangan, mencalonkan diri sebagai Anggota DPRD Kabupaten Cirebon dapil (Daerah Pemilihan) yang meliputi kecamatan Mundu, Susukan lebak, Sedong, Astanajapura, Beber dan Greged.

Dalam pemaparannya saat berbincang bersama IM di kediamannya, Sabtu, 22/07/2023. Menuturkan, bahwa keinginannya untuk maju sebagai wakil Rakyat merupakan sebuah pengabdian demi Cirebon yang lebih baik.

"Saat ini Kabupaten Cirebon sudah banyak perubahan dan sudah semakin baik, namun tentunya masih ada beberapa yang harus lebih diperbaiki, hal ini bisa terealisasi dengan adanya keinginan dan kerjasama yang baik antara legislatif dan yudikatif, dan itu bisa terwujud jika wakil Rakyatnya mampu menyerap aspirasi dan mengejawantahkannya dengan baik, berdasarkan hal tersebut, maka saya sebagai seorang kader PDIP harus mampu berjuang searah alur partai yang telah ditetapkan dengan mengutamakan kepentingan Rakyat secara menyeluruh" tuturnya.

Lebih lanjut Nina menjelaskan, bahwa dengan adanya niat serta dorongan juga dukungan dari semua pihak, dirinya berkeyakinan mampu berbuat yang terbaik dengan ridlo Allah dan keluarga.

"Keluarga adalah yang utama, selain itu tentunya berharap adanya ridlo dari Allah agar apa yang diinginkan mampu terwujud, yang pasti doa terus kami panjatkan dibarengi dengan ihtiar lainnya, seperti sowan atau kunjung warga, ini perlu saya lakukan karena untuk lebih mendekatkan dan menjalin silaturahmi dengan warga dari berbagai kalangan, satu harapan yang kami inginkan semoga niat dan perjuangan saya dikobul yang maha kuasa Allah SWT" pungkasnya. (1c)

21 Jul 2023

Ketua FKKC Kec Lemahabang " Gelar rapat persiapan HUT RI ke 78"

INDOMEDIANEWSC-Persiapan sudah dilakukan sejak dini dalam rangka menyambut dan memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78 tahun 2023.
Hal tersebut dilakukan pemdes dan pemcam Lemahabang, Kabupaten Cirebon dengan menggelar rapat persiapan HUT RI di Aula Kantor Kecamatan Lemahabang, kamis,20/07/2023.
Hadir dalam acara tersebut unsur muspika dan Kepala desa se Kecamatan Lemahabang yang dipimpin langsung oleh ketua panitia HUT RI sekaligus Ketua FKKC Kecamatan Lemahabang yang merupakan Kuwu Desa Tuk Karangsuwung, Aziz Maulana.

Dalam pemaparannya, Azis mengharapkan agar dalam pelaksanaan peringatan HUT RI seluruh unsur terlibat termasuk Warga Masyarakat.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang turut berperan dalam rangka persiapan HUT RI ke 78, harapannya tentunya Tahun ini pelaksanaan Peringatan HUT RI dapat digelar dengan meriah namun tetap hikmat, karena dengan dilaksanakannya acara tersebut sebagai salah satu bukti kecintaan dan penghargaan kita kepada seluruh pahlawan kemerdekaan yang telah berjuang hingga berdirinya Republik yang kita cintai, yaitu NKRI" tuturnya.

Dalam rencananya memeriahkan HUT RI dilaksanakan sejak tgl 11 Agustus dengan menggelar berbagai ajang perlombaan dan kreasi Anak Negeri yang dipusatkan di Kecamatan Lemahabang 

"Rasa cinta dan wawasan kebangsaan jangan hanya dijadikan sebuah semboyan semata, namun harus diwujudkan dengan mengisi kemerdekaan melalui berbagai kegiatan yang positif dan membangun, kami mengharapkan dengan diselenggarakannya berbagai kegiatan yang meriah, mampu meningkatkan rasa cinta terhadap tanah air, hususnya lagi penghargaan dan penghormatan yang setinggi-tingginya kepada pejuang kemerdekaan, dimana mereka rela berkorban jiwa raga demi Republik Indonesia, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarah, termasuk menghargai para pejuang kususma bangsa, mari kita jadikan momen Kemerdekaan ini sebagai pemersatu seluruh Anak Negeri"pungkas Aziz. (1c)

20 Jul 2023

Ribuan warga Desa Buntet meriahkan Tahun Baru Islam

INDOMEDIANEWSC - Animo Masyarakat Desa Buntet, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, dalam memeriahkan Tahun Baru Islam sangat tinggi.
Hal ini terlihat dari kemeriahan dalam pelaksanaan peringatan 1 Muharom yang dilaksanakan sejak pagi hingga malam.
Kegiatan rutin yang telah dilaksanakan selama 8 tahun berturut turut dibawah kepemimpinan Kuwu Edi Suhaedi, sebagai tanda guyub dan bersatunya warga setempat.

Dalam keterangannya, Kuwu Edi menuturkan, bahwa kegiatan tersebut sebagai upaya untuk melestarikan budaya dan meningkatkan rasa kepedulian kaula muda dalam memperingati hari besar islam maupun lainnya.

"Kami berupaya untuk terus menjaga kelestarian budaya maupun tradisi yang salah satunya adalah peringatan tahun baru islam, Alkhamdulillah, selama kepemimpinan saya, kegiatan PHBi terus dilaksanakan yang setiap tahunnya terus berkembang dan lebih meriah, selain rasa bangga dengan antusiasnya warga, kami pun berharap kegiatan tersebut terus bisa dipertahankan bahkan terus bisa dikembangkan agar generasi muda kita tetap mampu untuk mempertahankan budaya ini" tuturnya.

Lebih lanjut Edi menjelaskan, bahwa persiapan untuk kegiatan tersebut sudah dilakukan 3 hari menjelang pelaksanaan.

"Kami mempersiapkannya selama tiga hari, selain melakukan kegiatan pawai atau karnaval yang melibatkan seluruh elemen masyarakat, acara lainnya adalah menggelar tahlil akbar di magfiroh, yang InsyaAllah, tidak hanya memeriahkan yang sifatnya hiburan, namun jalinan silaturahmi melalui lantunan doa terus diupayakan dengan harapan apa yang diharapkan mampu terwujud dengan hasil yang baik" pungkasnya. (1c)

DPC PEJUANG SILIWANGI INDONESIA KABUPATEN CIREBON GELAR PERSIAPAN MUSCABLUB

INDOMEDIANEWSC - Dewan Pimpinan Cabang Pejuang Siliwangi Indonesia Kabupaten 
Cirebon yang dipimpin oleh MUSTAMID. A.M, S.Pd., S.H., M.H., C.L.A. selenggarakan rapat 
kordinasi dengan para Ketua DPC Pejuang Siliwangi Indonesia se-Kabupaten Cirebon dalam rangka persiapan pelaksanaan MUSCABLUB dua bulan mendatang.

Tampak hadir Ketua DPAC Kecamatan Gebang H. Selamet, S.Sos., Ketua DPAC Kecamatan Babakan MANSUR, S.H. Ketua DPAC GEMPOL H. KOMARUDHI, S.H. Ketua 
DPAC Suranenggala KOHARRUDIN, S.H., C.I.J. Ketua DPAC Tengahtani TEGUH AJI PANGESTU, S.H. Ketua DPAC Kedawung MUHAMMAD YUNUS..A.M. Ketua DPAC Arjawinangun DASILA, Ketua DPAC Kaliwedi HABIBI., Ketua Klangenan MUHAMMAD
FAIDHIN, Ketua DPAC Pangenan IDHAR, Ketua Astanajapura SELAMET, Ketua DPAC Karangsembung MULYAIR, Ketua DPAC KARANGWARENG MUHAMMAD GUMELAR DPAC C iledug SUTIANA, Ketua DPAC Dukupuntang SUDARNO, S.H. selebihnya ada yang 
berhalangan hadir dan ada beberapa DPAC yang belum terbentuk.

Dalam rapat kordinasi tersebut selaku pembawa acara Drs. SUSMITO, M.T. menjabat sebagai Komandan Provost, dilanjut dengan penyampaian pemandangan umum dari para 
ketua DPAC masing-masing. 
Dalam sambutanya Ketua Ikatan Wanita Pejuang Siliwangi 
Indonesia Kabupaten Cirebon MARWAH, S.ST., M.M. menekankan untuk selalu kompak 
dan konsisten dibawah kepemimpinan Mustamid. 
Menurutnya, sebagai saksi hidup tentang keberadaan Pejuang Siliwangi di Kabupaten Cirebon sebelum  Mustamid menjadi ketua, mayoritas masyarakat Cirebon tidak kenal PS yang dikenal ormas lain, dengan munculnya Mustamid PS menjadi dikenal dimana-mana sangat besar pengorbanan dan dedikasinya.

Sementara itu, Ketua DPC Pejuang Siliwangi Indonesia Kabupaten Cirebon MUSTAMID. A.M, S.Pd., S.H., M.H., C.L.A. yang juga menjabat sebagai Dewan Penasehat Kongres Advokat 
Indonesia Provins Jawa Barat mengatakan kepada para ketua DPAC yang hadir 

"sebagai pengurus yang sah harus mempunyai SK dan KTA, menyangkut KTA harap diperhatikan yang sah itu menurut AD/ART harus ada tanda tangan Ketua DPP, Sekjen itu bagian depan, 
untuk bagian belakang yang tanda tangan Ketua DPD dan Ketua DPC, kalau tanpa ada 
tanda tangan Ketua DPC saya tegaskan palsu dan saya minta DPD menertibkan dan bila perlu ada tindakan hukum biar pihak-pihak yang memalsukan dapat diproses secara hukum" tuturnya

Lanjtu dikatakan Mustamid pihaknya meminta kepada siapa saja yang merasa dirugikan oleh oknum PS liar segera laporkan. (1c)

19 Jul 2023

Gubernur Jabar Resmikan terminal Ciledug

INDOMEDIANEWSC - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meresmikan penggunaan terminal tipe B Ciledug Kabupaten Cirebon, Rabu ,19/7/2023. pihaknya berharap, kehadiran Terminal Ciledug bisa  menjadi magnet perekonomian warga diwilayah Timur Kabupaten Cirebon.

Dalam kesempatan tersebut, Kang Emil setelah melakukan peresmian dilanjutkan meninjau beberapa lokasi yang siap dijadikan sentra layanan masyarakat diwilayah Timur Cirebon .
Gubernur Jawa Barat ini mengungkapkan rasa bahagianya setelah sekian lama akhirnya berhasil meresmikan Terminal tipe B Ciledug Kabupaten Cirebon, menurutnya, Pembangunan terminal yang menelan biaya Rp. 48 miliar didesain langsung oleh Gubernur agar kualitasnya sangat baik dan dapat dirasakan manfaatnya, kehadiran terminal ini juga tidak hanya melayani aktifitas transportasi, tetapi multifungsi yang terintegrasi dengan pelayanan izin, pemeriksaan kesehatan, pembuatan KTP hingga kios UMKM.

"Kami meminta Pemkab Cirebon untuk memanfaatkan Lantai duanya untuk kepentingan masyarakat sekitar, sehingga bangunan ini bisa multifungsi tidak hanya transportasi, melainkan bisa menjadi sentra Ekonomi seperti layaknya mall, "harapnya.

Kang Emil juga mengungkapkan, selain Terminal Ciledug, di Kabupaten Cirebon juga ada dua titik terminal tipe B yang diusulkan untuk dilakukan rehab yakni di Losari dan Sumber, aspirasi tersebut menurutnya akan diakomodir di mana pada nantinya semua Terminal tipe B yang ada di Provinsi Jawa Barat bentuk bangunannya akan di sama ratakan seperti terminal Ciledug tersebut di mana Terminal yang biasanya terkesan kumuh kotor dan menjadi sarang premanisme dirubah menjadi sebuah Terminal yang bersih indah dan nyaman serta menjadi tempat yang menyenangkan layaknya sebuah Mall.

"Terminal Ciledug yang telah kita bangun layaknya seperti Mall ini diharapkan bisa dijaga baik oleh pemerintah maupun masyarakat , Kami yakin bahwa perkembangan perekonomian akan tumbuh di wilayah timur Kabupaten Cirebon ini, "harapnya.

Sementara  itu , Bupati Cirebon, H. Imron yang mendampingi Gubernur melakukan peresmian menyampaikan atasnama Pemerintah Kabupaten Cirebon pihaknya menyampaikan rasa terima kasih kepada Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang telah merubah terminal Ciledug yang awalnya kumuh dan kurang berfungsi maksimal saat ini telah dirubah menjadi Terminal yang megah dan bersih serta bukan hanya berfungsi sebagai pelayanan transportasi di wilayah kabupaten Cirebon saja tetapi juga menjadi tempat kegiatan perekonomian lainnya yang salah satunya menjadi tempat pelayanan umum masyarakat seperti tempat pelayanan dukcapil, pelayanan perizinan, pelayanan pembayaran pajak kendaraan, Pegadaian dan kegiatan usaha masyarakat lainnya.

" Kami ingin melihat perjalanan terminal Ciledug 3 bulan kedepan dan nanti akan kita kihat apa saja yang harus dilakukan untuk dibenahi dan kami dari pemerintah Kabupaten Cirebon siap untuk melakukan pembenahan untuk menjadi lebih baik lagi kedepannya, tuturnya (1c)

Kabupaten Cirebon Masuk 3 Besar Program Gagah Bencana Provinsi Jawa Barat

INDOMEDIANEWSC  -- Desa Pamengkang, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon masuk tiga besar dalam Program Keluarga Sehat Tanggap Tangguh Bencana (Gagah Bencana) tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2023.

Bupati Cirebon Drs. H. Imron, M.Ag mengatakan, bahwa dirinya berharap Desa Pamengkang ini menjadi yang terbaik di Jawa Barat. Karena saat ini, sedang menjalani proses penilaian dari Jawa Barat.

"Sekarang sedang dinilai oleh tim dari Provinsi, semoga Desa Pamengkang menjadi juara pertama," kata Imron, Selasa (18/7/2023).

Ketua Pokja IV Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat, Eti Yuliati mengungkapkan, bahwa Kabupaten Cirebon masuk tiga besar dalam program ini, bersama dengan dua daerah lainnya.

"Selain Kabupaten Cirebon, yaitu Kabupaten Bogor dan Ciamis," kata Eti.

Eti menuturkan, bahwa dalam program Gagah Bencana ini, Kabupaten Cirebon masuk 3 besar dalam kategori Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Pihaknya akan melakukan penilaian terhadap 10 indikator terkait PHBS, yang dilakukan oleh masyarakat di Desa Pamengkang, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon.

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan PHBS di daerah," ujar Eti.

Eti juga menyebutkan, bahwa salah satu tujuan dari peningkatan PHBS ini, yaitu untuk menekan angka stunting yang masih cukup tinggi di sejumlah daerah.

Pihaknya sendiri menargetkan, pada tahun 2024 nanti, angka stunting di Jawa Barat bisa ditekan habis hingga zero stunting.

"Kita target tahun 2024 zero stunting," tutup Eti. (Lisdis)

18 Jul 2023

Bupati Cirebon Lantik 965 Guru dan 16 Tenaga Teknis menjadi PPPK

INDOMEDIANEWSC  -- Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag melantik dan mengambil sumpah PPPK jabatan fungsional tenaga guru dan tenaga teknis di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cirebon. 

Pelantikan sendiri dilakukan di Grand Ballroom Apita Hotel, Kecamatan Kedawung, Senin (17/7/2023).

Imron mengatakan, para PPPK baik dari tenaga guru dan tenaga teknis, merupakan formasi pada tahun 2022 yang lalu.

"Ada 965 PPPK tenaga guru yang sebagian besar adalah para tenaga honorer yang telah mengabdi di Kabupaten Cirebon selama bertahun-tahun, serta 16 tenaga teknis yang mengikuti pengambilan sumpah dan dilakukan pelantikan," kata Imron.

Ia mengungkapkan, pelantikan PPPK ini merupakan sebuah anugerah tiada tara dalam mewujudkan tekad suci dan pengabdian pada bangsa dan negara. 

Sebagaimana yang kita ketahui, bahwa visi pendidikan Indonesia adalah menciptakan sistem pendidikan yang berkualitas, inklusif dan berkeadilan, yang mampu menghasilkan individu yang cerdas, berdaya saing, berkepribadian unggul, serta memiliki moralitas dan kepedulian sosial. 

Selain itu, kata Imron, salah satu unsur penunjang dari ketahanan nasional adalah keberhasilan dari pembangunan pendidikan, karena di era sekarang dan kedepan, ancaman ketahanan nasional bukan hanya ancaman berupa perang konvensional.

Akan tetapi, ancaman dalam berbagai bentuk gangguan budaya-budaya yang melemahkan generasi bangsa melalui kemajuan teknologi informatika yang membentuk sebuah budaya baru, yaitu budaya digital. 

"Untuk mewujudkan visi dan menyikapi tantangan kedepan, perlu sebuah kebijakan untuk menambah kuantitas dan kualitas tenaga kependidikan, terutama tenaga fungsional guru," ungkap Imron.

Imron berharap, dengan peningkatan status kepegawaian menjadi motivasi bagi para guru untuk lebih meningkatkan profesionalime dalam proses pencapaian visi pendidikan.

"Tugas para guru yang tidak kalah penting, yakni harus mengajarkan pendidikan moral dan budaya untuk melindungi generasi bangsa dari budaya negatif akibat perkembangan teknologi," sambungnya.

"Saya yakin dan percaya, bahwa saudara-saudara akan mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang dipercayakan dengan sebaik-baiknya," ujar Imron.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon H. Ronianto, S.Pd., MM mengatakan dengan adanya pengangkatan ratusan guru honorer menjadi tenaga PPPK ini, secara aspek sudah sangat ideal. 

Pasalnya, dengan adanya tambahan tenaga pendidik ini mutu pendidikan di Kabupaten Cirebon akan baik.

Bahkan, Ronianto menyebut tenaga guru honorer kategori P2 dan P3 tinggal 1800 orang. Ia meyakini tahun sekarang ketegori tersebut akan terselesaikan.

"Sisa tenaga guru honorer kategori P2 dan P3 tinggal 1800 orang. Tahun ini, mudah-mudahan bisa terselesaikan dan bisa dilantik," singkatnya. (Lisdis)

14 Jul 2023

Pemdes Kanci " 1 Bumdes 3 SK pengurus "

INDOMEDIANEWSC - Warga dan karangtaruna pringgadani, Desa kanci, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, mempertanyakan legalitas kepengurusan Bumdes Bangkit sejahtera Desa setempat.

Hal ini disampaikan Ketua Karang taruna pringgadani, Abdul Hamid kepada IM, Kamis,13/07/2023.

"Ada persoalan yang harus kami sampaikan tetkait kepengurusan Bumdes yang dirasa janggal, hal ini dikarenakan dalam Satu Bumdes terdapat tiga kepengurusan dengan ketua yang berbeda, dan semuanya memiliki SK, selain yang sangat kami sayangkan adalah tiap kali ada pergantian atau apapun bentuknya, kami dari karang taruna tidak dilibatkan, jadi transparansi yang dilakukan oleh pihak pemdes patut dipertanyakan, oleh karenanya kami dari karang taruna maupun masyarakat akan melayangkan surat dan melakukan audensi kepada pihak pihal pemdes untuk meminta klarifikasi terkait adanya kepengurusan bundes yang tumpang tindih" tuturnya.

Senada hal tersebut disampaikan salah seorang tokoh Masyarakat setempat, Topang Nurjaya, dirinya mengharap persoalan kepengurusan Bumdes segera bisa terselesaikan.

"Audensi merupakan jalan terbaik yang harus kami lakulan, karena sangatlah tidak elok jika dalam.satu pemerintahan desa terdapat tiga kepengurusan bumdes yang mana ketiganya masih memiliki SK yang berlaku, ironisnya dengan adanya hal tersebut membuat kebingungan pihak perusahaan yang kerap menerima permohonan untuk kegiatan yang dilakukan oleh Bumdes, rencananya hari jum"at kami akan melayangkan surat kepada pihak pemdes untuk didakannya audensi demi transfaransi dan kejelasan persoalan yang tidak bisa dianggap sepele, kami harap dengan adanya hal ini persoalannya segera dapat terselesaikan dengan baik yang ujungnya menghasilkan sesuatu yang baik pula" pungkasnya .

Saat mencoba untuk.melakukan koonfirmasi kepada Kuwu Desa Kanci, Suwarno, yang bersangkutan tidak berada ditempat, hanya ditemu Sekretaris Desa setempat, Didit.

Sekdes pun saat ditanya terkait adanya 3 kepengurusan Bumdes yang sama-sama memiliki SK, dirinya menuturkan.

"Untuk hal itu silahkan tanyakan langsung ke Pak Kuwu, beliau yang lebih peham" jelasnya, Jum'at 14/07/2023.

Sementara itu, untuk mencari tahu lebih lanjut terkait persoalan  3 SK pengurus Bumdes, IM mencoba menanyakan langsung kepada Camat Astanajapura, H. Suharto.

Atas adanya SK yang tumpang tindih tersebut, Camat Suharto, menuturkan.

"Kami akan melakukan kros cek dan menanyakan langsung kepada Kuwu Kanci, bagaimana hal ini bisa terjadi, apakah ini mutlak kesalahan Kuwu atau bagaimana" tuturnya. (1c)

MPP Kabupaten Cirebon Diresmikan MenpanRB

INDOMEDIANEWSC -- Setelah diaktifkan sejak enam bulan lalu, Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Cirebon akhirnya diresmikan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Abdullah Azwar Anas di Kantor Kementerian PanRB, Jakarta, Kamis (13/7/2023).

Hadir langsung Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag didampingi Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Cirebon, Dede Sudiono, ST., M.Si dalam kegiatan tersebut.

Bupati Imron menegaskan, bahwa Pemerintah Kabupaten Cirebon terus berkomitmen dalam mempermudah layanan kepada masyarakat. Salah satu terobosan yang dilakukan adalah dengan membuka Mal Pelayanan Publik yang berisi gerai layanan dari beberapa instansi.

“Kita juga terus membenahi MPP Kabupaten Cirebon, sehingga pelayanan terhadap masyarakat dapat dipermudah dan ditingkatkan,” ujar Imron.

Disamping itu, Imron juga menilai dengan adanya MPP dapat membantu investor dalam mengetahui proses perijinan yang ditempuh. 

“Ayo kita ke Mal Pelayanan Publik, baik itu investor dan masyarakat yang membutuhkan layanan. Tidak hanya perijinan, tetapi layanan sosial dan perekonomian dasar untuk datang ke Graha Abiyasa, Kantor DPMPTSP Kabupaten Cirebon,” ajak Imron.

Sementara itu, Kepala DPMPTSP Kabupaten Cirebon, Dede Sudiono menerangkan, terdapat 36 tenan dan 99 layanan, baik dari instansi vertikal, BUMD maupun layanan pemerintah daerah lainnya. 

Dijelaskannya juga, MPP ini hanya sebagai alat tercapainya pelayanan maksimal kepada masyarakat.

“Alhamdulillah, hari ini MPP Kabupaten Cirebon ikut diresmikan langsung oleh Menteri PanRB. Harapan kami, tentu kedepannya MPP Kabupaten Cirebon dapat berjalan optimal dan bisa mendongkrak pelayanan terhadap masyarakat,” singkatnya.

Untuk diketahui, dari 500 lebih kota/kabupaten yang ada, baru 134 yang memiliki MPP. 

Pada kesempatan kali ini, selain Kabupaten Cirebon, terdapat 13 MPP kota/kabupaten lainnya yang ikut diresmikan MenpanRB.

Fasilitas yang disediakan dalam MPP sendiri, tentu memiliki standar tinggi pelayanan. Diantaranya terdapat Ruang Laktasi, Ruang Bermain Anak, Pelayanan Ramah Disabilitas, Ruang Konsultasi, Pusat ATM hingga Pojok Baca. (Lisdis)

13 Jul 2023

Pemdes bersama Kejari Kabupaten Cirebon Teken MoU Penanganan Permasalahan Hukum Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara

INDOMEDIANEWSC -- Pemerintah desa di seluruh Kabupaten Cirebon bersama Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Cirebon menandatangani Memorandum of Understanding (Mou) terkait penanganan permasalahan hukum bidang perdata dan tata usaha negara. 

Penandatanganan tersebut berlangsung di Ruang Nyimas Gandasari, Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Cirebon, Rabu (12/7/2023). 

Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag mengatakan, adanya penandatanganan tersebut diharapkan para kuwu mampu melaksanakan tugasnya sebagai kepala desa sesuai dengan aturan berlaku. 

"Kalau di desa maklum terbatas, enam tahun diganti, sehingga wawasannya terbatas. Maka perlu ada pendampingan dari Kejaksaan," ujar Imron.

Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Cirebon, Fajar Syah Putra, S.H., M.H mengatakan kerjasama tersebut merupakan bentuk sinergitas antara pemerintah daerah, pemerintah kabupaten, dan Kejaksaan. 

Menurut Fajar, para kuwu membutuhkan dasar hukum dalam mengelola keuangan negara atau kegiatan yang menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) maupun Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). 

"Diharapkan para kuwu memahami dan MoU tetap berlanjut, karena bagaimana pun juga MoU disaksikan Bupati dan beberapa dinas terkait. Kedua pihak harus menghargai MoU, Insyaallah kuwu komit, taat aturan-aturan keuangan negara dan layani masyarakat," kata  Fajar. 

Ketua Forum Komunikasi Kuwu Cirebon (FKKC), Muali mengaku, sudah mengimbau kepada seluruh kuwu di Kabupaten Cirebon agar bisa melaksanakan tugasnya dengan baik dan benar, baik penyelenggaraan desa maupun keuangan. 

Menurut Muali, sebagian kuwu di Kabupaten Cirebon masih dihadapkan permasalahan pertanggungjawaban. Hal ini dikarenakan ketidaktahuan, sehingga dianggap sebuah praktik penyelewengan. 

Selama ini, FKKC selalu menggelar sosialisasi berdasarkan zona wilayah. Upaya itu terbukti menyadarkan para kuwu agar tidak melakukan penyelewengan. 

"Instruksi Jaksa Agung bilang harus mendukung, mulai dari desa, karena yang paling rawan dari desa. Kami akan memberikan solusi pada saat mereka memyampaikan ada permasalahan yang diakibatkan karena ketidaktahuan mereka. Makanya, dengan adanya sosialisasi, mereka akan tahu," jelas Muali. (Lisdis)

12 Jul 2023

Dana Desa Cair " program desa kembali bergulir"

INDOMEDIANEWSC - Dana Desa tahap 1 Desa Astanajapura, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon akhirnya bisa digulirkan dan dipergunakan sesuai keperuntukannya.
Cairnya Anggaran DD tahun 2023 diperuntukan untuk BLT DD dan pembangunan dua aitem.
Hal ini disampaikan Kasi kesejahteraan Desa Astanajapura, Ahmad  Rifai, di ruang kerjanya, Rabu, 12/07/2023.

"Memang sedikit ada keterlambatan dalam pencairan Dana Desa, namun Alhamdulillah saat ini bisa merealisasikan dan memanfaatkan anggaran yang ada untuk Bantuan Langsung Tunai ( BLT ) DD bagi 33 KPM dimana setiap KPM menerima bantuan sebanyak Rp.900.000 untuk periode januari sampai maret, dan lainnya untuk pembangunan deker juga TPT yang berlokasi di blok sigelap " jelasnya.

Lebih lanjut dirinya menuturkan, pelaksanaan pembangunan Deker maupun TPT merupakan program yang sangat di prioritaskan hususnya untuk peningkatan perekonomian para petani.

"Pertanian harus menjadi perioritas kita, dan salah satu kepedulian kami adalah selain membangun deker atau TPT juga berusaha untuk membuka jalan usaha tani yang memang sangat dibutuhkan, diharapkan dengan adanya jalan atau perairan yang memadai akan berdampak pada peningkatan taraf kehidupan para petani yang secara otomatis akan mendongkrak hasil tanam yang berdampak pula pada taraf perekonomian lainnya, insyaAllah, program pembangunan lainnya terus kami lakukan demi kemajuan dan perkembangan desa, yang tentunya disesuaikan dengan anggaran yang ada" pungkasnya ( 1c)

PG Sindanglaut Kembali beroperasi

INDOMEDIANEWSC -- Menteri Pertanian Republik Indonesia, Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, SH., M.Si, MH menggelar panen dan tanam tebu untuk gula konsumsi di Desa Sidamulya, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, Selasa (11/7/2023).

Selain itu, Menteri yang akrab disapa SYL tersebut, membuka sekaligus meninjau proses penggilingan perdana gula konsumsi di PG Sindanglaut, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon. Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag turut mendampingi acara tersebut.

Menurut SYL, kehadiran pabrik gula berskala besar sangat penting dalam membuka lapangan kerja dan juga menaikkan kesejahteraan petani setempat. 

Di samping itu, proses giling juga merupakan proses penentu dalam menghasilkan pengolahan gula nasional yang berkualitas.

"Saya atas nama negara, meresmikan penggilingan perdana dan memulai kembali hadirnya pabrik gula Sindanglaut di Kabupaten Cirebon, kata SYL.

"Bahkan dengan adanya industri ini, jaminan masyarakat jadi lebih pasti dan ekosistem lebih tertata, baik lapangan kerja, kebutuhan makanan, kebutuhan industri dan perputaran ekonomi akan terjadi dalam skala yang lebih besar," lanjutnya.

SYL mengatakan, kehadiran pabrik gula juga menjamin hilirisasi produksi petani dalam memperbesar areal lahannya. Artinya, lahan petani bertambah, namun keuntungan atau margin mereka juga meningkat. 

Oleh karena itu, hadirnya industri ini mampu menjadikan pangan sebagai industri terbaik dalam menghadapi tantangan masa depan.

"Tebu adalah komoditas pertanian yang sangat strategis dan tebu merupakan bahan baku utama gula," jelas SYL.

"Tentunya, masih sangat dibutuhkan oleh seluruh rakyat, sehingga ini menjadi komoditas yang harus diperhatikan betul, apalagi kita masih defisit 800 ribu ton," sambungnya.

SYL memastikan pemerintah akan hadir melakukan pendampingan kepada petani Indonesia. Diantaranya, melakukan intensifikasi dan ekstensifikasi. 

"Negara harus hadir dalam menanam tebu rakyat, terutama yang berkaitan dengan lahan petani, lahan-lahan hutani yang sudah tidak produktif agar bisa dikonversikan menjadi lahan-lahan kebun dan diberikan kepada rakyat," katanya.

Di lokasi yang sama, Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag mengucapkan banyak terimakasih kepada Menteri Pertanian RI yang telah berkunjung ke Kabupaten Cirebon. Diakuinya, banyak motivasi yang telah diberikan. 

"Setelah diberikan motivasi, mudah-mudahan para petani tebu di Kabupaten Cirebon semakin giat lagi untuk menanam tebu," harap Imron. (Lisdis)

11 Jul 2023

Presiden Jokowi Apresiasi Peningkatan Aktivitas di Bandara Internasional Kertajati

INDOMEDIANEWSC - Presiden Joko Widodo mengapresiasi peningkatan aktivitas penerbangan di Bandara Internasional Kertajati, Provinsi Jawa Barat, yang telah berjalan dengan baik. Apresiasi tersebut disampaikan Kepala Negara usai meninjau langsung kegiatan dan fasilitas yang ada di bandara terbesar di Provinsi Jawa Barat tersebut pada Selasa, 11 Juli 2023.

"Saya senang karena aktivitas di Bandara Kertajati sudah sangat baik. Sekarang telah digunakan untuk embarkasi haji, bandara embarkasi haji untuk kurang lebih 8 ribu jemaah dari tujuh kabupaten/kota di Provinsi Jawa Barat," ujar Presiden dalam keterangannya kepada awak media usai peninjauan.

Selain untuk embarkasi haji, Presiden menyebut bahwa Bandara Internasional Kertajati juga telah melayani sejumlah penerbangan internasional. Di antaranya penerbangan umrah empat kali seminggu dan penerbangan rute Kuala Lumpur-Kertajati sebanyak dua kali seminggu.

"Nantinya dimulai bulan Oktober akan operasi penuh, artinya dari Bandara Husein Sastranegara akan digeser ke Kertajati utamanya untuk yang pesawat jet," ungkap Presiden.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden turut mengapresiasi minat investor dari beberapa negara yang akan berinvestasi di Bandara Internasional Kertajati. Presiden mengatakan bahwa pemerintah akan segera memutuskan dan mempercepat proses investasi para investor tersebut.

"Kita putuskan nanti bulan Oktober agar yang mengoperasikan dan juga ikut dalam kepemilikan Bandara Kertajati kita harapkan _traffic_-nya, lalu lintasnya makin padat apabila ada investor luar yang bergabung di Bandara Kertajati ini," ucap Presiden.

Presiden pun berharap sejumlah upaya yang telah dilakukan pemerintah untuk meningkatkan aktivitas penerbangan di Bandara Internasional Kertajati dapat memberikan hasil terbaik. Apalagi, Jalan Tol Cisumdawu yang akan segera diresmikan dapat mempersingkat waktu tempuh antara Bandara Kertajati dan Bandung.

"Saya meyakini bandara ini akan menjadi bandara masa depan dengan _traffic_ yang sangat padat," tutur Presiden.

Turut mendampingi Presiden dalam peninjauan kali ini adalah Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin. (1e)