25 Jun 2023

BPD Empat Desa dilantik serentak

INDOMEDIANEWSC- Empat pengurus Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kanci, Munjul, Japurakidul dan Desa Mertapadawetan Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon, dilantik secara bersamaan.Sabtu 24/06/2023.

Dalam pemaparannya, Camat Astanajapura, HM. Suharto mengatakan, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) harus turut membangun desa. Salah satunya dengan mencari anggaran dari pemerintah maupun swasta. 

"Selama ini, BPD hanya terpaku pada anggaran desa. Sementara anggaran lain dari dinas maupun swasta, sangat banyak. Misalnya, CSR perusahaan," tuturnya usai acara pelantikan BPD di kantor kecamatan setempat.

Suharto menjelaskan, perusahaan yang berdiri di berbagai desa, besar kemungkinan ada dana untuk desa. Salah satunya, CSR. Maka, BPD harus turut berperan untuk mendapatkan dana tersebut. "Bila pihak perusahaan membutuhkan legalitas desa dan kecamatan, silahkan ajukan," jelasnya.

Masih dikatakan Suharto, BPD memiliki tanggung jawab dalam membangun dan menyejahterakan masyarakat. Maka peran aktif BPD sangat diperlukan, untuk memajukan desa. 

"Terus menjalin Komunikasikan dengan BPD kecamatan lain dan Muspika, bilamana ada yang kurang mengerti," jelasnya.

Dirinya mengharapkan, BPD yang baru dilantik dapat bersinergi dengan kuwu dan perangkat, dalam melaksanakan roda pemerintahan. 

"Jaga kondusivitas dan utamakan musyawarah untuk mufakat," ucapnya.

Sementara itu, Kuwu Desa Munjul, Chaeruddin mengungkapkan, pelantikan BPD ini dikarenakan kepengurusan lama berakhir masa baktinya. 

"Koordinasi dan komunikasi dengan lembaga desa, salah satunya BPD sangat diperlukan dalam membangun desa," ungkapnya.

Masih dikatakan Chaeruddin, sinergitas antara kuwu dan perangkat dengan lembaga desa sangat diperlukan guna terwujudnya pelayanan dan pembangunan yang maksimal. Sebagai mitra kerja, sangat diperlukan kerjasama yang baik seluruh pihak. Termasuk, BPD. 

"Alangkah baiknya, komunikasikan dengan pihak desa apabila ada keluhan warga. Karena dengan komunikasi yang baik dan sinergitas, akan sangat mudah untuk menuju desa yang lebih baik," papar kuwu dua periode menjelaskan.

Dirinya mengharapkan, sinergitas dengan BPD terus terjalin, supaya kondusivitas lebih terjaga. 

"Kami sarankan pada BPD agar utamakan musyawarah, bilamana ada permasalahan," harap Chaeruddin.


Kuwu Japurakidul, Dawud menambahkan, kerja bersama dalam melaksanakan roda pemerintahan dan pembangunan desa. 

"Mari kita bersama membangun desa dan utamakan musyawarah dari berbagai permasalahan yang ada, diharapkan dengan adanya jalinan kerjasama yang baik , harapan untuk.membabgun desa mampu terealisasi" tuturnya. (1c)

0 $type={blogger}: