27 Jun 2023

YLPI Al-hamid Al-aziz "bekali Generasi muda Islami"

INDOMEDIANEWSC - 90 Siswa-siswa dari PAUD hingga MTS adakan Tasyakkur Akhirussanah atau wisuda dan kenaikan kelas.
Kegiatan yang dilaksanakan Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Al-hamid Al-aziz yang berada di Desa Cipeujeuh kulon, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, secara serempak mewisuda Siswa-siswi PAUD,RA,DTA, MI dan MTS, selasa,27/06/2023.
Sekolah yang berbasis pesantren tersebut berharap dengan bekal agama dan pengetahuan umum mampu mencetak genarasi muda yang islami.

Hal ini disampaikan Kuwu Desa Cipeujeuh Kulon,H.Lili Mashuri, yang hadir dalam acara tersebut didampingi Kuwu Cipeujeuh wetan, Cecep.
"Kami selaku pemerintah Desa sangat merespon kegiatan tersebut, ini merupakan sebuah bentuk.penghargaan yang bukan saja kepada para siswa, namun terlebih pada para pendidik yang dengan susah payah namun penuh keikhlasan tetap berusaha secara maksimal untuk.mencetak generasi muda yang moderen namun islami" tututnya.

Dirinya lebih lanjut menuturkan, bahwa kegiatan seperti Tasyakkur Akhirussanah atau wisuda merupakan bentuk nyata keberhasilan pendidik dalam menularkan atau menurunkan ilmunya bagi para siswa agar mampu berkarya dengan tetap berpegang pada norma Islami.

"Semakin banyal ilmu Agama yang diajarkan kepada para siswa, semakin besar juga harapan kita akan hadirnya generasi muda yang mampu bersaing dalam segala bidang keilmuan namun tetap membentengi dirinya dengan akhlak yang mulia, semoga dengan terus dipatrinya nilai-nilai keislaman, mampu menjadi benteng bagi anak-anak muda agar tidak terperosok pada hal-hal yang negatif, apalagi jaman sekarang sepertinya kita tidak bisa lepas dari yang namanya sosial media, inilah perlunya pemahaman dan penanaman nilai-nilai keislaman pada seluruh Anak Bangsa, moderen itu suatu keniscayaan namun keislaman pun suatu kewajiban, jadi sekali lagi kami ucapkan selamat kepada para siswa yang telah lulus atau naik kelas, tidak terkecuali kepada para guru atau pendidik, semoga apa yang kita lakukan saat ini akan menjadi.bekal dan mendapat balasan yang berlipat dari Allah SWT" pungkasnya.(1C)

Bupati Cirebon Ajak Masyarakat Lebih Mencintai Budaya Lokal

INDOMEDIANEWSC -- Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag menghadiri gelaran Mapag Sri di Desa Gunungsari, Kecamatan Waled, Kabupaten Cirebon, Senin (26/6/2023). 

Gelaran tersebut merupakan bentuk syukur masyarakat terhadap hasil panen padi yang melimpah. Imron menyebutkan, budaya Mapag Sri harus terus dilestarikan oleh masyarakat. 

Sejak zaman dahulu, Kabupaten Cirebon disebut sebagai pusat peradaban yang didalamnya terkandung nilai-nilai baik.

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Cirebon, saya senang dengan adanya acara Mapag Sri ini. Budaya ini harus terus dipertahankan," kata Imron.

Imron menyebutkan, nilai-nilai baik ini harus terus ditanamkan kepada generasi penerus. Menurutnya, generasi terkini lebih mencintai budaya luar dibandingkan dengan budaya lokal.

"Anak sekarang cenderung lebih mencintai budaya luar, salah satunya Korea," ujar Imron.

Camat Waled Kabupaten Cirebon, Atat Hartati menyebutkan, Mapag Sri merupakan bentuk syukur para petani kepada Allah SWT, lantaran hasil panen sesuai dengan apa yang diharapkan dan memuaskan.

Menurut Atat, Kecamatan Waled merupakan daerah yang memiliki lahan pertanian padi seluas 144.588 hektare dan tersebar di 12 wilayah desa.

"Berdasarkan luas wilayah itu, sebagian besar mata pencaharian warga di Kecamatan Waled adalah petani," ujar Atat.  

"Kami masyarakat Waled, tentunya punya kewajiban bersyukur kepada Allah SWT melalui Mapag Sri ini. Dalam acara ini, diisi juga dengan berbagai bentuk keramaian, mulai dari kesenian burok, hadroh, jaipong, arak-arakan, sampai dangdutan," imbuhnya. (Lisdis)

25 Jun 2023

BPD Empat Desa dilantik serentak

INDOMEDIANEWSC- Empat pengurus Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kanci, Munjul, Japurakidul dan Desa Mertapadawetan Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon, dilantik secara bersamaan.Sabtu 24/06/2023.

Dalam pemaparannya, Camat Astanajapura, HM. Suharto mengatakan, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) harus turut membangun desa. Salah satunya dengan mencari anggaran dari pemerintah maupun swasta. 

"Selama ini, BPD hanya terpaku pada anggaran desa. Sementara anggaran lain dari dinas maupun swasta, sangat banyak. Misalnya, CSR perusahaan," tuturnya usai acara pelantikan BPD di kantor kecamatan setempat.

Suharto menjelaskan, perusahaan yang berdiri di berbagai desa, besar kemungkinan ada dana untuk desa. Salah satunya, CSR. Maka, BPD harus turut berperan untuk mendapatkan dana tersebut. "Bila pihak perusahaan membutuhkan legalitas desa dan kecamatan, silahkan ajukan," jelasnya.

Masih dikatakan Suharto, BPD memiliki tanggung jawab dalam membangun dan menyejahterakan masyarakat. Maka peran aktif BPD sangat diperlukan, untuk memajukan desa. 

"Terus menjalin Komunikasikan dengan BPD kecamatan lain dan Muspika, bilamana ada yang kurang mengerti," jelasnya.

Dirinya mengharapkan, BPD yang baru dilantik dapat bersinergi dengan kuwu dan perangkat, dalam melaksanakan roda pemerintahan. 

"Jaga kondusivitas dan utamakan musyawarah untuk mufakat," ucapnya.

Sementara itu, Kuwu Desa Munjul, Chaeruddin mengungkapkan, pelantikan BPD ini dikarenakan kepengurusan lama berakhir masa baktinya. 

"Koordinasi dan komunikasi dengan lembaga desa, salah satunya BPD sangat diperlukan dalam membangun desa," ungkapnya.

Masih dikatakan Chaeruddin, sinergitas antara kuwu dan perangkat dengan lembaga desa sangat diperlukan guna terwujudnya pelayanan dan pembangunan yang maksimal. Sebagai mitra kerja, sangat diperlukan kerjasama yang baik seluruh pihak. Termasuk, BPD. 

"Alangkah baiknya, komunikasikan dengan pihak desa apabila ada keluhan warga. Karena dengan komunikasi yang baik dan sinergitas, akan sangat mudah untuk menuju desa yang lebih baik," papar kuwu dua periode menjelaskan.

Dirinya mengharapkan, sinergitas dengan BPD terus terjalin, supaya kondusivitas lebih terjaga. 

"Kami sarankan pada BPD agar utamakan musyawarah, bilamana ada permasalahan," harap Chaeruddin.


Kuwu Japurakidul, Dawud menambahkan, kerja bersama dalam melaksanakan roda pemerintahan dan pembangunan desa. 

"Mari kita bersama membangun desa dan utamakan musyawarah dari berbagai permasalahan yang ada, diharapkan dengan adanya jalinan kerjasama yang baik , harapan untuk.membabgun desa mampu terealisasi" tuturnya. (1c)

22 Jun 2023

Sungkeman tandai pelepasan Siswa/i SDN 3 Sigong " sebagai wujud penghormatan"

INDOMEDIANEWSC- Keharuan terjadi saat pelaksanaan pelepasan siswa didik SDN 3 Sigong, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, Kamis, 22/06/2023.

40 Siswa yang telah berhasil menyelesaikan  jenjang pendidikannya di bangku Sekolah Dasar tersebut harus melakukan sungkeman dan membersihkan atau mencuci telapak kaki Ibunya, sebagai tanda pengabdian dan ucapan terimakasih.

Derai air mata mengalir membasahi pipi wali murid dan seluruh tamu undangan yang hadir, mereka takuasa menahan haru terlebih diiringi alunan lagu tentang ibu dan narasi pembawa acara yang semakin membawa suasana penuh dengan  penghayatan tentang kasih sayang sosok seorang ibu.

Tidak terbatas pada acara sungkeman, berbagai kreasi seni dipertunjukan siswa dari kelas 1 hingga 6.
Karnaval, sendra tari, alunan kalam illahi semakin menambah kemeriahan acara tersebut.

Dalam sambutannya, kepala SDN 3 Sigong,Castra Ali Anwar, S.pd menuturkan kepada IM, bahwa acara tersebut dilaksanakan atas dukungan dan sokongan dari seluruh wali murid.

"Alkhamdulillah, kami mengucapkan terimakasih yang tidak terhingga kepada seluruh wali murid dan pihak terkait lainnya yang telah menyukseskan jalannnya pelaksanaan pelepasan Siswa/i angkatan tahun 2023 sebanyak 40 siswa, semoga ilmu yang telah mereka dapat bisa bermanfaat untuk masa depan dengan tetap semangat dalam menggapai mimpi juga harap" tuturnya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, bahwa saat ini jumlah siswa keseluran sebanyak 221 dengan tenaga pendidik sebanyak 9 Orang, 1 Ops dan satu penjaga sekolah.

"Kami sangat bangga bisa menjadi pendidik bagi kereka, terlebih adanya dukungan penuh dari seluruh Orang tua murid, dengan adanya kerjasama pihak sekolah dan orang tua siswa, maka hasilnyapun dapat dirasakan, diantaranya adalah diraihnya beberapa prestasi atau juara, dari mulai Lomba pidato, nyanyi solo, dongeng,pencak silat, anyam,Calistung dan membaca bahasa sunda, tentunya ini merupakan suatu kebanggaan yang tiada terhingga, insyaAllah, kedepannya kami mampu menggelar acara seperti ini semakin meriah lagi, oleh karenanya, kami beserta komite mengajak kepada seluruh pihak untuk terus mendukung pelaksanaan belajar mengajar yang ada di SDN3 Sigong,untuk siswa yang telah lulus, kami mengucapkan teruslah semangat dan jangan berhenti belajar, gapai harapan dan mimpi, jangan mudah putus asa, dan untuk siswa yang telah naik kelas dari kelas 1 sampai 5, kejar terus cita-cita  jadilah Anak yang mampu membanggakan keluarga, Sekolah, Masyarakat, Agama, Bangsa dan Agama, kami para pendidik akan terus berupaya memberikan yang terbaik" pungkasnya. (1c)

21 Jun 2023

Wisuda & pelepasan PAUD AZ-ZAHRA dan RA HANIFAH " cetak generasi Islami

INDOMEDIANEWSC - Wisuda dan pelepasan 23 Siswa Siswi PAUD Az-zahra  Desa Sigong, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon. Dilaksanakan di halaman sekolah setempat,  Rabu, 21/06/2023.

Dalam acara tersebut, hadir Korwil Kecamatan Lemahabang, Casma , yang menyambut baik diadakannya acara pelepasan sekakigus wisuda bagi 23 Siwa Paud yang akan memasuki jenjang pendidikan lebih tinggi.

"Diharapkan, bekal yang didapat dalam menuntut ilmu di PAUD ( Pendidikan Anak Usia Dini )  Az-zahra  mampu diejawajahkan atau menjadi bekal dalam menuntut pendidikan di jenjang selanjutnya atau SD ( Sekolah Dasar) karena pada dasarnya, di PAUd lah pendidikan yang sangat menentukan motoris siswa, tidak mudah untuk mendidik Anak Usia Dini, nanun dengan ketelatenan dan kesabaran para guru mampu mencetuskan generasi muda yang diharapkan mampu membanggakan baik untuk keluarga, almamater maupun Bangsa, Negara dan Agama " tuturnya.

Senada hal tersebut disampaikan Penilik PAUD Kec Lemahabang, Eti Budiwati.

"Kami apresiasi dan penghargaan yang tidak terkira kepada seluruh guru atau pendidik PAUD Az-zahra maupun RA Hanifah, karena dengan keikhlasan dan penuh kasih sayang, mereka mampu memberikan perhatian kepada Anak anak agar mampu mandiri dan berkarya sesuai kemampuan atau bakat yang dimiliki, untuk itu, kami mengucapkan selamat kepada siswa-siswi yang saat ini telah diwisuda, semoga ilmunya bermanfaat dan menjadi Anak soleh solehah" jelasnya.

Sementara itu, Kepala PAUD Az-zahra, Nunung Nurhayati, menyampaikan rasa terimakasih atas kepercayaan yang diberikan seluruh wali murid yang mempercayakan putra-putrinya untuk belajar dan menuntut ilmu di sekolah yang dibinanya sejak tahun 2012.

"Kami atas nama pendidik menghaturkan terimakasih kepada seluruh Orang tua siswa yang telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk mendidik putra-putrinya, semoga apa yang telah kami curahkan bisa menghasilkan sesuatu yang sangat membanggakan, selain itu, kami mengajak kepada seluruh Orang tua untuk kembali mendaftarkan putra-putrinya dalam menuntut ilmu, baik di PAUD Az-zahra maupun RA Hanifah" jelasnya.

Hal serupa disampaikan kepala RA Hanifaf, Siti Hanifah.

"Kami selaku pendidik dengan serba leterbatasan akan berusaha semaksimalmungkin untuk memberikan yang terbaik bagi seluruh siswa-siswi, harapan kami tidaklah berlebihan, semoga apa yang telah kami curahkan bisa menjadi sesuatu yang terbaik bagi seluruh siswa didik, yang utama lagi, doa kami selalu tercurahkan semoga siswa-siswi kami menjadi anak yang soleh dan solehah, insyaAllah kelak kemudian hari jerih payah para orang tua maupun pendidik akan mendapa pahala yang setimpal dari Allah SWT" tuturnya.

Pelepasan dan wisuda PAUD maupun RA yang berada dalam satu naungan Yayasan Hanifah Al-mutalib diisi dengan berbagai acara, seperti Kreasi dan seni, pembacaan kalam Illahi dan doa-doa pendek, juga dimeriahkan dengan berbagai acara lainnya, termasuk didalamnya adalah pemberian santunan kepada anak yatim/piatu, diharapkan dengan digelarnya acara tersebut semakin menarik minat Orang tua untuk mendaftarkan putra putrinya baik di PAUD AZ-ZAHRA maupun RA HANIFAF.(1)

20 Jun 2023

Hasan Basori " Pengusaha muda siap maju di pilwu Mertapadawetan

INDOMEDIANEWSC - Berkeinginan untuk memajukan dan melakukan perubahan ke arah yang lebih baik, Hasan Basori pria kelahiran 1979 suami dari Leni Marlina , siap maju menjadi Kuwu Desa Mertapadawetan, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon.

Pengusaha muda ini berkeinginan agar Desanya semakin maju dan berkembang dalam berbagai hal positif yang mengutamakan kepentingan Rakyat.

"Saya berharap adanya perubahan yang lebih baik dari yang sudah baik, tentunya hal tersebut mampu terwujud dengan adanya doa dan dukungan dari semua pihak, oleh karenanya, InsyaAllah jika Allah meridloi saya akan maju menjadi Kuwu di Desa Mertapadawetan" tuturnya kepada IM di sela kesibukannya , Selasa, 20/06/2023.

Lebih lanjut, pengusaha muda yang telah dikaruniai tiga orang putra ini berkeinginan agar dalam mewujudkan niat baiknya tersebut senantiasa mendapat perlindungan dan keridloan dari Allah SWT.

"Tidak mudah untuk menjadi seorang pemimpin, diperlukan adanya kerjasama dan dukungan dari berbagai pihak, utamanya dari keluarga dan orang-orang terdekat, tokoh Masyarakat maupun tokoh pemuda dan tokoh Agama, saya secara pribadi sangat yakin bahwa niat baik akan menghasilkan sesuatu yang baik, intinya jika memang Allah menghendaki, kami akan melaksanakan amanat dengan segenap kemampuan dengan tetap memohon perlindungan kepada Allah Tuhan pemilik segalanya, sekali lagi saya hanya mampu memohon doa dan dukungan dari semua warga masyarakat mertapadawetan untuk mewujudkan apa yang diinginkan, semoga kedepannya Desa Mertapadawetan akan benar-benar menjadi desa yang patut untuk dibanggakan" pungkasnya. ( 1c)

Rekam Medis Elektronik, Bupati Cirebon Apresiasi Inovasi Terbaru RSUD Waled

INDOMEDIANEWSC -- RSUD Waled Kabupaten Cirebon terus berinovasi dalam rangka mempermudah dan memberikan pelayanan yang terbaik, salah satunya dengan melaunching Rekam Medis Elektronik, Senin (19/6/2023).

Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag sangat mengapresiasi konsep yang digagas direktur RSUD Waled Kabupaten Cirebon ini. Pasalnya, konsep ini sangat memangkas waktu, khususnya dalam hal pelayanan kesehatan.

"Sistem informasi pasien terintegrasi ini sangat bagus sekali. Saya mengapresiasi konsep yang dikembangkan oleh Direktur RSUD Waled ini," ujar Imron.

"Karena dengan konsep ini, akan menghemat waktu juga menghemat biaya. Sehingga, pelayanan terhadap masyarakat lebih efektif lagi dari segi waktunya," lanjut Imron.

Dirut RSUD Waled Kabupaten Cirebon, dr. H. Mohammad Luthfi, Sp.PD.,KHOM.,FINASIM.,MMRS mengatakan, di era digital saat ini menjadi sebuah keharusan melakukan suatu terobosan. 

Salah satunya adalah dengan memberikan pelayanan kesehatan kepada warga dengan lebih cepat dan praktis melalui sistem informasi pelayanan pasien terintegrasi di RSUD Waled ini.

Dijelaskannya, sistem informasi yang terintegrasi ini menjadi salah satu andalan RSUD Waled dalam memberikan pelayanan yang prima.

Terlebih bagi tenaga medis untuk mempermudah proses pendaftaran, pencatatan medis pasien, cek laboratorium, dan treatment kesehatan untuk pasien.

"Launching Rekam Medis Elektronik ini merupakan sistem informasi pelayanan pasien terintegrasi di RSUD Waled. Yaitu, untuk mempermudah proses pendaftaran masyarakat," jelas Luthfi.

Ia mengatakan, bahwa sistem informasi pelayanan pasien yang terintegrasi dalam genggaman ini, ada dalam aplikasi Siramah. 

Aplikasi ini sangat mudah diakses oleh masyarakat saat melakukan pelayanan di RSUD Waled. Karena, sistem ini sudah terintegrasi dengan seluruh klinik dan laboratorium radiologi, sehingga pelayanan jadi lebih efektif, cepat, serta efesien, baik operasionalnya maupun pelayanannya. 

"Jadi pasien tidak lagi repot saat ingin mendapatkan pelayanan di RSUD Waled. Artinya, sangat dimudahkan sekali, cukup mendaftar lewat aplikasi saja," ungkapnya. 

Di tempat yang sama, Widya Iswara Badan Pengembangan SDM Provinsi Jawa Barat, Drs. Yayat Supriatna, M.Si juga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas inovasi yang dilakukan RSUD Waled ini.

"Pelayanan semakin cepat, mudah-mudahan ikut mendorong insan kesehatan di Kabupaten Cirebon lebih giat melakukan inovasi. Karena masalah kesehatan itu semakin menumpuk, perlu langkah inovatif dan kreatif dari tenaga kesehatan," tutupnya. (Lisdis)

19 Jun 2023

SLB se Kabupaten Cirebon gelar O2SN

INDOMEDIANEWSC - kreasi dan prestasi terus digalakan dalam meningkatkan kualitas Anak Bangsa, melalui O2SN tingkat Kabupaten Cirebon.
O2SN merupakan kegiatan rutin tahunan yang di gelar Sekolah Luar Biasa  (SLB) dalam kegiatan Olahraga yang tahun ini melaksanakan  7 mata lomba, diantaranya Catur, Tenis meja, Bulu tangkis, boce, lompat jauh, lari dan lempar turbo yang keseluhuannya diikuti oleh 44 peserta dari 8 Sekolah Luar Biasa (SLB) se Kabupaten Cirebon.

Hal tersebut disampaikan salah seorang kepala Sekolah Luar Biasa Bina Mandiri, Yayan Yanu Danuhari, Senin,19/06/2023.

"O2SN merupakan kegiatan rutin tahunan dalam bidang olahraga, dimana tujuannya adalah untuk meningkatkan kreasi siswa-siswi yang memiliki kebutuhan husus, dengan dilaksanakannya acara tersebut diharapkan dapat menumbuhkan bibit-bibit unggul yang mampu berkiprah dalam bidang keolahragaan, baik tingkat kabupaten, provinsi bahkan harapannya hingga tingkat Nasional, dan tahun ini peserta yang mengikuti 7 mata lomba sebanyak 44 Siswa dari 8 SLB se Kabupaten Cirebon" tuturnya.

Lebih lanjut dirinya menuturkan, keterbatasan dalam meningkatkan kreatif siswa, hususnya dalam hal olahraga adalah adanya rasa was-was yang dimiliki orang tua siswa.

"Kendala kami dalam membina siswa dalam hal olahraga karena orang tua siswa merasa was was dan khawatir karena melihat kondisi anaknya, ini memang hal yang wajar, oleh karenanya kami berusaha secara inten untuk memberikan pemahaman sekaligus meningkatkan rasa kepercayaan siswa yang memiliki kebutuhan husus untuk tetap mampu berkreasi dalam berbagai hal" tuturnya.

Senada hal tersebut disampaikan kepala SLBN Kabupaten Cirebon, Euis Marhamah, sekakigus sebagai tuan rumah pelaksanaan O2SN, dirinya berharap dengan dilaksanakannya lomba tersebut mampu meningkatkan prestasi para Siswa dalam bidang olahraga.

"kepedulian kami dalam memberikan kesempatan kepada para siswa untuk mampu berkarya dan berkreasi terus kami optimalkan, dan saat ini kebetulan ajang yang digelar adalah dalam bidang keolahragaan, mereka ( para siswa-red) diikutkan dalam perlombaan olahraga yang tentunya tidak sama dengan olahraga pada unumnya, namun demikian kami merasa bangga, bukan saja meliat antusias para siswa, namun kegigihan para pendidik yang dengan telaten memberikan perhatiannya kepada mereka dengan penuh keikhlasan, kami sangat berharap dengan dilaksanaknnya acara ini, yang kebetulan bertempat di sekolah kami akan mampu menciptakan generasi muda yang kuat dan kokoh, sekaligus bisa tampil di iven-iven yang lebih tinggi bahkan tidak menutup kemungkinan diantara siswa kami mampu untuk mengharumkan nama sekolah, Keluarga , Bangsa dan Negara, dengan diadakannya 7 mata lomba ini, kami mengucapkan selamat bertanding, junjung tinggi sportifitas dan tetap semangat" pungkasnya. (1c)

Sosok Dibalik Lestarinya seni “SINTREN” Cirebon- Jawa Barat

INDOMEDIANEWSC - Seiring perkembangan Teknologi dan modernya segala aspek instrumen dalam kehidupan berkesenian, merupakan sesuatu yang tidak mudah untuk tetap menjaga, melestarikan bahkan mengembangkannya. 
suatu Peninggalan seni yang merupakan warisan bernilai tinggi dan mutlak harus kita jaga agar berkesinambungan sebagai regenerasi apik tanpa putus dan terhenti di tengah himpitan ruang yang kian menyempit dan tergerus roda peradaban yang semakin mencemaskan. 
terdorong oleh rasa peduli dan dalamnya cinta terhadap seni warisan Leluhur , seorang Pelaku seni di Kabupaten Cirebon ,bernama Usep Saefudin yang akab dipanggil Kang Usep, menyambut Kedatangan kami  untuk wawancara ringan di kediaman sekaligus sanggar seni nya di  Desa Lemah Abang Kulon Kecamatan Lemah abang, Kabupaten Cirebon

Kang Usep merupakan sosok sederhana yang exentric  telah mampu merawat serta terus berupaya untuk melestarikan Budaya seni  yang salah satunya adalah seni  Sintren yang mempesona hingga kini. 
Tidak sedikit perjalanan Kariernya di dunia seni Sintren Ini mendapat Perhatian dari Berbagai Pihak , baik Pihak Pemerintah Melalui Instansi Terkait di Bidang Seni dan Budaya ,juga dari Pihak lainnya seperti dari komunitas pencinta Seni dan banyak lagi Simpatisan yang tak dapat disebutkan satu persatu. 
Kecintaannya terhadap Seni Budaya Cirebon Terkhusus Seni "SINTREN" yg berbasis Tarian ini telah membawanya kedunia  nyata yg penuh warna, Sintren merupakan Bentuk Tarian dengan sarat filosofi nan religius yang luhur .
Keterpanggilannya pada Pelestarian Seni Budaya ini berawal dari Keprihatinannya dengan kondisi pelaku Seni yang berada di Keraton Kacirebonan sekitar pertengahan tahun 2003, Melihat Kekurangan dan keterpurukan serta tak berdayanya Para Pelaku seni di Keraton tersebut dirasa sangat membutuhkan Perhatian serius dan tidak boleh ditunda-tunda lagi , 

"ini sangat menghawatirkan" tuturnya.

Tentu saja Untuk mengupas Tentang apa itu SINTREN dan bagaimana Pertunjukan serta segala hal yang berkenaan dengan seni SINTREN Khas Cirebon ini, tentulah tidak akan bisa dimuat dalam sepenggal kisah dibalik sosok Tokoh ini, ada banyak artikel dan Tulisan mengenai Sintren yang lebih spesifik, namun di sini kami  hanya menceritakan ulang apa yang Beliau Tuturkan saat Kami diberi kehormatan untuk mewawancarainya di sela-sela Jeda dari melatih anak didik peserta di Padepokan seni budaya milik nya . 

Kiprahnya di Dunia pelestarian seni Budaya ini diawali kala disuatu hari Kang Usep Berkunjung ke Keraton Kacirebonan,  entah mengapa serasa jiwanya terpanggil dan bagaikan mendapat bisikan untuk sungguh merawat dan melestarikan Budaya seni warisan leluhur , seakan ada suara yang seolah ada bagaikan hembusan angin yang membawa pesan dan pesan itu seolah menepi di Telinga hingga mengetuk pikiran dan membangunkan Hati untuk ikhlas melakukan terobosan dan upaya maksimal . 

di pertengahan 2003 disaat itu titik awal langkah dan niatnyai terbentuk dengan kuat tertanam dalam jiwa seakan adalah hianat bagi diri jika tidak menjalankan Panggilan ini, Entah mengapa dalam Sintren ini seolah ada Ruh atau semacam pesan kehidupan yang terus mengusik hati dan merayu nalar . 

"Alhamdulillah Pihak Keraton Kacirebon pun turut memberi Support serta dukungan yang Positif dan menaruh perhatian yang sangat nyata, terlebih Pihak Keraton pun Merasa berkewajiban melestarika Budaya seni Adiluhung warisan Kemulyaan dari Para Leluhur Kota Wali ini" jelasnya 

Perlahan namun Pasti , Keyakinan atau optimisme terus menguatkan Sosok Kang Usep Saefudin dalam  kobaran semangat  bagi pelestarian existensi seni SINTREN Cirebon ini.   

Singkat cerita setelah sekian Lama Kang Usep Saefudin ini menggeluti dan memberikan Pelatihan atau bertindak sebagai Koreografer dalam latihan2 Tarian Sintren Bagi Berbagai Pertunjukan dalam agenda Resmi Keraton ataupun Pihak-Pihak rekanan Keraton Bahkan Perorangan yang membutuhkan Pertunjukan Sintren ini kerap terisi dengan nyaris sempurna.
Akhirnya Hasil tak menghianati Usaha, istilah ini menghampiri Sepak Terjang Kang Usep Saefudin Hingga Terendus Pihak-pihak Terkait yang berhubungan dengan Lembaga atau Instansi Negara yang Subjeknya adalah Pemerhati serta pemelihara seni  budaya Tradisonal sebagai Warisan Tak Benda, Pengahragaan demi Penghargaan terus diraihnya serta Permintaan dari Berbagai Kalangan Untuk Pentas Pertunjukan kian mengalir,  Prestasi pun mulai bersinar ketika Berhasil meraih Juara 1 Tingkat Provinsi Jawa Barat dalam Rangka Event EPITEK , Juara 2  se Jawa Barat di event  SLB yang diselenggarakan di Kota Tasik Malaya, serta Kang Usep  Berhasil menginisiasi hingga mendapatkan Predikat SINTREN nya sebagai WARISAN BUDAYA TAK BENDA INDONESIA (WBTBI)

"akan Terus Kami Perjuangkan Sampai saat nya memperoleh Predikat INTANGIBLE CULTURAL HARITAGE List UNESCO" harapnya ( Suherman)

18 Jun 2023

kuwu Sumarno hadiri Wisudawan/wisudawati DRA Nurul Fahmi

INDOMEDIANEWSC - Usia emas geberasi muda perlu mendapat dukungan dan sokongan demi masa depan Bangsa.
Sebagai wujud penunjang menggapai harapan, RA Roudhotus Solihat DRA Nurul Fahmi yang beralamat di BTN Griya Mertapada Asri menggelar Panggung genbira  Wisudawan / Wisudawati pada Sabtu 17/06/2023.

Acara yang dihadiri oleh ratusan Masyarakat setempat, mendapat perhatian husus dari Kuwu Desa Mertapadawetan, Sumarno, yang turut hadir menyaksikan pagelaran panggung gembira yang berjalan dengan sangat meriah.
Dalam pemaparannya, Kuwu Sumarno sangat mendukung dan merespon segala bentuk pendidikan demi Generasi muda harapan Bangsa.

"Kami sangat mendukung kegiatan pendidikan dari usia dini atau paud hingga jenjang yang lebih tinggi, karena pendidikan merupakan sesuatu yang sangat bermanfaat bagi generasi muda, oleh karenanya harus dimulai sejak usia dini, dan yang lebih penting lagi kita sebagai orang tua sudah sewajibnya menberi dukungan penuh sebagai bekal bagi mereka dalam menggapai cita dan harapan" tuturnya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, ditengah perkembangan jaman yang semakin kompleks, tugas pendidik atau sangatlah berperan dalam menentukan nasib anak Bangsa.

"Tugas seorang guru atau pendidik tidaklah mudah, maka kita sudah sepatutnya untuk memberikan penghargaan kepada mereka demi terwujudnya tunas tunas bangsa yang mampu mengharumkan nama lembaga, keluarga terlebih negara kesatuan Republik Indonesia" pungkasnya. (1c)

Wabup Cirebon Ajak Masyarakat Ikut Promosikan Seni dan Budaya

INDOMEDIANEWSC -- Pemerintah Kabupaten Cirebon meminta kepada seluruh lapisan masyarakat untuk ikut memperkenalkan seni dan budaya masing-masing. 

Salah satunya dengan menyebarkan informasi seni dan budaya yang ada di wilayahnya, baik melalui media sosial maupun lainnya.

Hal tersebut diungkapkan langsung Wakil Bupati Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih, SE., M.Si saat menghadiri acara pagelaran Saptawara Wayang Kulit bertema "Ketahanan Budaya Demi Martabat Bangsa" bertempat di Alun-alun Kecamatan Gegesik, Kabupaten Cirebon, Jumat malam (16/6/2023).

Menurut Ayu-sapaan akrab Wabup, seni dan budaya yang ada di Kabupaten Cirebon harus terus dipertahankan. Dirinya mengajak kepada generasi penerus, agar paham tentang budaya yang ada di wilayahnya.

"Gegesik, khususnya Desa Gegesik Kulon bisa dibilang Ubudnya Cirebon. Apalagi, wilayah ini mendapatkan juara ke-2 dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) kategori Konten Kreatif," kata Ayu.

Ia mengungkapkan, Gegesik mempunyai daya tarik tersendiri. Pasalnya, wilayah yang ada di utara Kabupaten Cirebon ini, menyimpan seni dan budaya yang cukup banyak, mulai dari Seni Tari Topeng, Lukis Kaca, Dalang Wayang dan lainnya. 

"Di Gegesik memiliki gedung kesenian, dan setiap harinya ada kegiatan seni disana. Ini menjadi peluang tersendiri untuk dijadikan tontonan wisatawan yang ingin mengenal budaya Cirebon, sehingga ekonomi warga ikut berdampak dengan adanya kunjungan wisatawan," jelas Ayu.

Ia juga menjelaskan, Kabupaten Cirebon diuntungkan dengan adanya lima gerbang tol. Namun, kalau tidak dimanfaatkan dengan baik, peluang tersebut tidak akan bermanfaat banyak bagi ekonomi masyarakat.

"Kalau kita bisa memanfatkan potensi yang ada, khususnya di desa, tentunya ini akan menjadi pemasukan ekonomi masyarakat, serta akan berdampak pada Pendapatan Asli Daerah (PAD), karena kita memiliki lima gerbang gerbang tol," ungkapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Cirebon, Abraham Muhamad mengatakan kegiatan Wayang Kulit merupakan upaya pemerintah daerah untuk melestarikan budaya yang ada di Kabupaten Cirebon.

Menurut Abraham, kearifan lokal harus terus dilestarikan dan ditumbuhkembangkan, agar generasi penerus bisa mengetahui seni budaya yang ada di wilayahnya.

"Kearifan lokal tidak bisa lepas dari kehidupan masyarakat, sehingga kami (Disbudpar) mengajak masyarakat untuk ikut mempertahakan dan menumbuhkembangkan budaya, karena setiap daerah memiliki seni budaya tersendiri," ujar Abraham.

Dalam pagelaran tersebut juga dihadiri oleh Anggota DPR RI, H. Herman Khaeron, Sultan Kacirebonan, Pangeran Sultan Abdul Gani Natadiningrat, Forkopimcam dan para Dalang Wayang Kulit dari Majalengka, Indramayu dan Kabupaten Cirebon. (Lisdis)

16 Jun 2023

Camat Astanajapura lantik serentak BPD Kanci kulon dan Kendal

INDOMEDIANEWSC- Pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Badan Permusyawaratan Desa Kanci kulon dan kendal dilakukan secara bersamaan di Kantor Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, Jum'at 16/06/2023.

Camat Astanajapura, H. Suharto dalam sambutannya menyampaikan agar BPD dan Pemdes bisa berjalan seiringan demi pembangunan desa ke arah yang lebih baik.

"Utamakan komunikasi dengan berbagai pihak, kami dari pihak muspika mengucapkan selamat kepada seluruh Anggota BPD yang baru dilantik dan diambil sumpah, selamat bertugas dan laksanakan tugas dengan penuh tanggungjawab sesuai tupoksi yang diemban" tuturnya.

Sementara itu, Kuwu Kanci Kulon, Subandi, mengharapkan adanya peran BPD dalam turut membangun Desa.

"Peran BPD dalam Pemerintahan Desa sangatlah besar, oleh karenanya kami dari pihak Pemdes mengucapkan selamat bertugas dan mari bersama-sama bersinergi untuk membangun dan mengembangkan desa demi kesejahtraan Masyarakat" jelasnya.

Senada hal tersebut disampaikan kuwu Desa Kendal, H. Abdul Basit.

"Komunikasi dan kemitraan perlu terjalin antara Pemdes  dan lembaga desa, termasuk salah satunya dengan BPD, dengan adanya kerjasama dan kemitraan yang terjalin baik diharapkan segala program pembangunan desa mampu dilaksanakan sesuai harapan demi terciptanya pemerintahan Desa yang baik dengan mengutamakan kemaslahatan ummat" tuturnya.

Berikut nama-nama Anggot BPD yang telah dilantik dan diambil sumpah.

BPD Kanci Kulon 1. M. Chumaedi
2. Nurkamad  3.Ahmad Mawardi
4. Sutarjo  5.Sarifudin  6.Feriyandi
7.Sunaah  8.Satori 9. Kamir

BPD Kendal. 1. Fatchuroji  2. Moh Harun
3. Iik Fikri Mubarok  4. Hikmatul Komariyah  5. Zaelani  6. Nurjanah
7.Syarifin.  ( 1c)

15 Jun 2023

Prmdes Tuk Karangsuwung "Gagalkan Pemberangkatan 63 Jamaah Haji Furoda Ilegal"

INDOMEDIANEWSC - Di Duga adanya kasus penipuan dari pihak perantara maupun penyelenggara haji gratis yang tidak diperkuat dengan legalitas yang sesuai dengan aturan, hukum, persyaratan dan tata tertib b
pemberangkatan  haji ke tanah suci Mekkah.

Hal ini di ketahui setelah adanya laporan dari salah satu keluarga yang merasa janggal keberangkatan ibadah haji tanpa ada pasport dan Visa, oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. 
Adanya hal tersebut, Pemdes Tuk Karangsuwung bersama unsur terkaitnya lainnya bertindak sigap

"Alhasil, pemberangkatan jamaah Furoda ilegal tersebut, di gagalkan Kuwu  bersama pemdes, tokoh masyarakat Babin dan bhabinkamtibmas Polsek Lemahabang, Kabupaten Cirebon." Tutur kuwu Azis Maulana saat jumpa pers di Kantor desa Tuk Karangsuwung, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon. Kamis (15/6/2023).

disampaikan Kuwu Azis Maulana Kronologi kejadian, dirinya mendapat laporan dari salah satu warga yang mau berangkat ibadah haji Furoda ilegal. Karena ada kejanggalan syarat pemberangkatan, maka pihak keluarga melaporkan ke Pemdes Tuk Karangsuwung.

Dengan sigap Kuwu bersama dengan perangkat dan lembaga desa, tokoh masyarakat serta Muspika menemui warga yang sedang latihan manasik di Musholah. 

"Dan pihak pemdes meminta surat dan kelengkapan legalitas kepada panitia perekrutan ibadah haji gratis. Tetapi mereka tidak bisa membuktikan legalitas resmi perekrutan ibadah haji," tuturnya.

Lanjut Azis, Karena mereka tidak memberikan bukti legalitas resmi yang diduga modus penipuan. Maka dengan tegas pihaknya membatalkan pemberangkatan jamaah haji Furoda ilegal pada hari ini.

" Kami berbuat begini demi warga jangan sampai nanti terlunta-lunta di negara orang lain dan mencegah penjualan orang atau human trafficking," tandasnya.

Masih dikatakan Kuwu Azis, para jamaah yang mayoritas ustadz dan guru ngaji ini, dalam prosesnya, tidak diperkenankan membawa barang atau uang untuk bekal. Dengan dalih, katanya nanti para jamaah akan diberikan bekal oleh pihak penyelenggara ketika sudah berkumpul di suatu tempat. 

Jadi, rencananya, puluhan jamaah yang mayoritas ustadz dan guru ngaji dari berbagai Desa di Kecamatan Lemahabang. Hari ini, (Kamis 15 Juni 2023) berangkat dengan jemputan kendaraan dari panitia penyelenggara,

" pihak pemdes bersama tokoh masyarakat pun berjaga-jaga sampai pagi untuk mengantisipasi pemberangkatan jamaah haji Furoda ilegal dari warga desa Tuk Karangsuwung," jelas Kuwu Azis.

Azis pun mengharapkan, kepada setiap penyelenggara perjalanan ibadah haji, termasuk juga umrah, jangan mempermainkan nasib orang, dengan dalih ibadah haji gratis.

Pasalnya Kuwu Azis menjelaskan, banyak kejadian penipuan umroh dan ibadah haji, yang menjadi korban adalah jamaah atau masyarakat. Seperti tidak lolos proses imigrasi setelah diketahui visa yang dibawa tidak ditemukan dalam sistem imigrasi Arab Saudi oleh pihak travel, mereka menggunakan visa dari Singapura dan Malaysia, dokumen dipersyaratkan oleh kerajaan Arab Saudi tidak sesuai, tidak melapor ke pihak Kementerian Agama, tidak melalui jalur resmi dan menggunakan kuota Haji negara lain. 

Pada akhirnya, jamaah haji khusus ilegal tertahan di bandara internasional King Abdul Aziz Jedah dan akhirnya diulangkan  ke Indonesia dengan sanksi sesuai hukum dan undang-undang yang berlaku. (1c)

Pemdes Cipeujeuh wetan optimalkan Makam Pahlawan Sirnalaya

INDOMEDIANESC- Pembangunan infrastruktur dan sosial kemasyarakatan terus digalakan pemerintah Desa Cipeujeuh wetan, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon.
Selain melakukan perbaikan jalan umum, penyediaan mobil ambulan, termasuk yang saat ini diperioritaskan adalah pembenahan makam pahlawan Sirnalaya.
Hal tersebut dituturkan  Kuwu Cipeujeuh wetan, Cecep, kepada IM, saat meninjau pembenahan area makam pahlawan, Kamis, 15/06/2023.

"Saat ini kami tengah melaksanakan pembenahan area makam pahlawan Sirnalaya, diharapkan dengan adanya pembenahan ini bisa dijadikan salah satu tempat wisata pendidikan bagi para pelajar, dimana kita sebagai anak Bangsa bukan hanya sebatas mengetaui dari mulut ke mulut, bamun harus tertanam rasa hormat dan cinta atas segala pengorbanan para pahlawan, dan sebagai langkah awal yang kami lakukan adalah selain melaksanakan pembenahan juga telah berkomunukasi dengan beberapa pihak sekolah agar siswa didiknya bisa berkunjung ke makam pahlawan sirnalaya" tuturnya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, selain melakukan pembenahan area pemakaman, pihaknya akan merelokasi beberapa bangunan yang berada tepat di depan makam tersebut.

"Insaya Allah, kami akan membangun beberapa ruko termasuk GOR, agar bisa menarik minat generasi muda untuk berkunjung ke makam pahlawan sirnalaya, yang tentunya bisa dijadikan sebagai PAD yang berdampak pada perkrembangan desa" pungkasnya. (1c)

Kepala SMPN 1 Beber langgar aturan

INDOMEDIANEWSC - Ada beberapa kebijakan kepala Sekolah yang melanggar Permendikbud no 44 th 2012 tentang perbedaan sumbangan dan pungutan dan no 75 th 2016 tentang komite,hal ini berawal  adanya kegiatan pembangunan Panggung gembira yg anggarannya dipungut dari Siswa kls VII(10 kelas) sebesar 350ribu/siswa,perpisahan kelas X 270ribu/siswa,kolektif PPDB kejenjang SLTA 60rb/siswa .
Terkait hal tersebut, Asep BPAN Aliansi Indonesia, Menuturkan kepada IM, kamis, 15/06/2023.

"himbauan gubernur Jawa Barat tidak ada uang kolektif PPDB,.saat kami knfrmasu dengan kepala Sekolah hj Nani dikantor beliau mengakui,bahkan beliau  menambahkan bahwa pembangunan Panggung gembira sudah dapat ijin secara lisan  dari pa Kabid amin,katanya serta beliau akan meneruskan pembangunan ini sampai tuntas diwaktu libur nanti dengan siap dana talangan,karena dana dari siswa belum terkumpul semua,biar saya tidak kena rotasi,karena masih punya PR jelasnya kepada kami "tutur Asep.

Dengan adanya hal tersebut , lebih lanjut asep menuturkan.

"kami lanjut konfirmasi  dengan  pak Kabid diruanganya..itu hanya aku2 saja..ucap beliau dan yg paling miris disaat komite dihadirkan ditengah tengah kami adalah guru disatuan pendidikan setempat....bentuk pengumpulan  dana disetiap kegiatan dipegang oleh Wakasek kesiswaan Pipin.
Informasi yang kami dapat dari narasumber lain,kenapa harus di ibu Pipin...mungkin sama guru2 yg lain kaseknya ga percaya .....kami minta dinas pendidikan kabupaten Cirebon sebagai pengawasan dan pembinaan segera menindaklanjuti permasalahan ini untuk sebagai jawaban masyarakat yang merasa terbebani,karena sekolah pemerintah adalah tanggung jawab pemerintah pusat dan daerah serta peran masyarakat" tegas Asep ( Asep Kabiro Kota/kab Cirebon)

14 Jun 2023

Pelepasan Siswa-Siswi SMP PGRI Greged "Tetaplah jadi tunas Bangsa"

INDOMEDIANEWSC - Pelepasan Siswa siswi Sekolah Menengah Pertama Persatuan Guru Republik Indonesia ( SMP PGRI ) Greged, Kabupaten Cirebon, berjalan denga  penuh kesederhanaan.

Sebanyak 39 Siswa dari total siswa keseluruhan 114, Melaksanakan kegiatan  pelepasan atau perpisahan  tahun ajaran 2023/2024 dengan mengusung tema tetaplah jadi tunas harapan bangsa.

Sekolah yang telah berdiri sejak tahun 2009 di Desa Lebak mekar, Kecamatan Greged, Kabupaten Cirebon, baru kali kegiatan pelepasan siswa dilaksanakan dengan meriah, hal tersebut disampaikan salah seorang pendidik , Imam (OPS) di sela kegiatan, Rabu,14/06/2023.

"Baru tahun ini kegiatan pelepasan siswa atau perpisahan dilaksanakan secara meriah namun tetap sederhana, mudah-mudahan kedepannya acara perpisahan dapat dilaksanakan dengan lebih meriah lagi " tuturnya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, dengan jumlah rumbel tiga dan siswa sebanyak 114 tidak sebanding dengan jumlah pendidik

"Kami memiliki tiga rumbel dan siswa yang dibilang lumayan, sayangnya jumlah pendidiknya hanya sebanyak 10 Orang, ini jelas sangat tidak.berimbang, nanun demikian kami tetap berusaha memberikan pendidikan maksimal untuk.para siswa yang menimba ilmu di SMP PGRI ini " jelasnya.

Sememtara itu, Kepala SMP PGRI Greged, Endik Turmudi, dalam sambutannya mengharapkan, agar para siswa dan alumnus mampu tetap menjadi tunas bangsa.

"Manfaatkan segala ilmu dan pengetahuan yang telah didapat dengan terus berkarya dan berkreasi, jangan mudah putus asa dan tetap semangat dalam menggapai cita-cita agar tetap menjadi tunas bangsa" tuturnya.

Sementara itu, Kuwu Desa Lebakmekar, Udin  yang hadir dalam acara tersebut berharap, agar generasi muda mampu bertindak dan berbuat positif demi kemajuan Bangsa.

"Saat ini kami -kami sebagai pekerja yang berusa maksimal untuk memajukan Bangsa, namun beberapa tahun kemudian hal ini ada dipundak para generasi muda, kalian memiliki tanggung jawab besar untuk.membangun Negeri ini untuk lebih baik dari yang sudah baik, sesuai topik " tetaplah jadi tunas Bangsa" jelas  Udin ( 1c)

13 Jun 2023

Pererat Silaturahmi " Heriyanto siap maju kembali"

INDOMEDIANEWSC- Pererat silaturahmi dengan berbagai kalangan dilakukan Kuwu Desa Karangasem, Kecamatan Karangwareng, Kabupaten Cirebon, Heriyanto.
Diantaranya dengan para kader Posyandu dan PKK.
Hal ini dilakukannya sebagai upaya peningkatan Sinegritas dalam bekerja dan membangun Desa.
Hal ini disampaikannya saat melaksanakan acara silaturahmi di RM Saung Jati Mangkurasa, Selasa, 13/06/2023.

"Silaturahmi perlu terus dilakukan sebagai upaya untuk saling memahami dalam membangun sinegritas yang sejalan, hususnya dalam membina etos kerja yang berlandaskan kepedulian antar sesama, dimana saat ini kami menggelar acara silaturahmi dengan para kader posyandu dan PKK, diharapkan apa yang kami lakukan mampu menjadikan Desa kami semakin mapan dan selaras dalam berbagai hal yang positif" tuturnya.

Lebih lanjut Heriyanto mengharapkan adanya dukungan bagi dirinya yang kembali akan mencalonkan   memjadi Kuwu Karangasem untuk peride yang kedua.

"InsyaAllah, saya akan kembali mencalonkan sebagai Kuwu Desa Karangasem untuk periode yang kedua, hal ini berlandaskan pada beberapa program atau PR yang belum terealisasi, dengan ijin  dan ridlo dari Allah, juga doa dan dukungan dari seluruh Masyarakat, niat saya bisa terwujud" pungkasnya. (1c)

Kuwu Japura lor " salurkan bantuan beras"

INDOMEDIANEWSC - Sebabyak 653, Warga Masyarakat Desa Japuralor Kecamatan Pangenan Kabupaten Cirebon, mendapatkan bantuan beras dari Badam Pangan Nasional (BPN).

Dalam keterangannya, Kuwu Desa Japuralor, Mulyadi menuturkan,  bantuan beras bagi masyarakat sangat dibutuhkan, terlebih menjelang Idul Adha. 

"Dalam program tersebut, Sekitar 653 keluarga penerima manfaat (kpm) yang mendapatkan bantuan" tuturnya,  Selasa 13/6/2023.

Lebih lanjut Mulyadi  menjelaskan, bantuan dari pemerintah pusat, provinsi maupun daerah sangat membantu masyarakat yang membutuhkan. Sehingga, perlu adanya program lain dan melibatkan desa dalam pendataan maupun pendistribusian. Karena, pihak desa yang lebih mengetahui kondisi warganya. 

"Dengan melibatkan desa, dapat mininimalisasi terjadinya bantuan   tidak tepat sasaran, yang selama ini sering kali terjadi"  jelasnya.

Masih dikatakan Mulyadi, pihak desa telah berupaya maksimal dalam pengajuan program yang ada di tingkat pusat, provinsi maupun daerah. Akan tetapi, pihak terkait yang menentukan dapat atau tidak warga dari pengajuan yang diajukan. 

"Namanya juga pengajuan, bisa dapat atau tidak, yang pasti kami terus berupaya agar warga yang berhak benar-benar mendapatkan haknya"tuturnya.

Dirinya mengharapkan, bantuan yang diberikan sesuai dengan data yang djajukan dari desa. 

"Kami ucapkan terima kasih pada seluruh pihak yang telah mendukung segala program Desa, baik Sosial, Kebudayaan, Kemasyarakatan, perekonomian, maupun lainnya" pungkasnya.(1c)

Buka Job Fair Secara Resmi, Bupati Cirebon "Salah Satu Cara Tekan Angka Pengangguran"

INDOMEDIANEWSC -- Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag membuka secara resmi acara pameran bursa lowongan kerja atau Job Fair yang diadakan oleh Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Cirebon.

Acara yang digelar selama dua hari ini, dari tanggal 12 sampai dengan 13 Juni 2023, berlangsung di SMK Muhammadiyah Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, Selasa (12/6/2023).

Antusiasme warga cukup tinggi untuk mendapatkan kerja pada pameran job fair, terlihat ribuan warga memadati lokasi acara tersebut.

Imron mengatakan, bursa lowongan kerja ini merupakan salah satu langkah upaya dan program unggulan Pemerintah Kabupaten Cirebon untuk menekan angka pengangguran.

"Program ini dilaksanakan untuk terus menekan angka pengangguran di Kabupaten Cirebon, yang bertujuan untuk menjembatani atau memfasilitasi antara pencari kerja dengan pengguna tenaga kerja," jelas Imron.

"Selain itu juga, kegiatan ini dapat meningkatkan penempatan tenaga kerja dan juga memberikan informasi kesempatan kerja secara luas kepada para pencari kerja," lanjutnya.

"Ada 5584 lowongan pekerjaan yang tersedia. Semoga dapat menyerap tenaga kerja dan mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Cirebon," harap Imron.

Ia mengungkapkan, pihaknya mengapresiasi bagi perusahaan yang telah ikut serta dalam membangun Kabupaten Cirebon, dengan berbagai upaya guna memberikan informasi kesempatan kerja secara luas bagi masyarakat.

"Saya menghimbau kepada perusahaan yang telah berpartisipasi dalam perekrutan tenaga kerja di Kabupaten Cirebon, agar memprioritaskan kesempatan lowongan kerjanya kepada masyarakat Kabupaten Cirebon," pinta Imron.

Imron menjelaskan, dampak Covid-19 beberapa waktu lalu sangatlah berdampak terhadap seluruh aspek, baik perekonomian maupun sektor lainnya, khususnya sektor ketenagakerjaan.

Kondisi permasalahan yang dihadapi adalah masih ada kesenjangan antara kesempatan kerja di dalam negeri yang terbatas dengan tingginya angka pencari kerja, sehingga meningkatnya angka pengangguran terbuka di Kabupaten Cirebon.

Imron menjelaskan, saat ini data yang diperoleh dari penyusunan perencanaan tenaga kerja daerah pada Disnaker Kabupaten Cirebon telah diangka 122.144 orang yang tersebar di 40 kecamatan. 

Menurutnya, hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya pertumbuhan angkatan kerja yang tinggi, tidak seimbangnya antara pertumbuhan penyedia lapangan kerja dengan pencari kerja, adanya keterbatasan informasi kesempatan kerja yang disampaikan oleh penyedia lapangan kerja. 

"Dengan kondisi tersebut, maka perlu menjadi pemikiran, pekerjaan dan komitmen bersama dalam upaya menanggulangi angka pengangguran terbuka di Kabupaten Cirebon," pungkasnya. (Lisdis)

11 Jun 2023

Hari BPR-BPRS Nasional 2023, Bupati Cirebon BPR Harus Memberikan Kontribusi Nyata kepada Masyarakat

INDOMEDIANEWSC -- Seluruh Bank Perekonomian Rakyat (BPR) di Jawa Barat, khususnya Kabupaten Cirebon, harus bisa menguntungkan masyarakat. Salah satunya, membantu pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag saat menghadiri jalan santai dalam rangka Hari BPR-BPRS Nasional 2023 Bank Perekonomian Rakyat di Lapangan Ranggajati Sumber, Kabupaten Cirebon, Sabtu (10/6/2023).

“Keberadaan BPR harus bisa memberikan kontribusi nyata untuk masyarakat, supaya perekonomian di Kabupaten Cirebon lebih cepat pulih,” kata Imron.

Imron menyebutkan, saat ini banyak warga Kabupaten Cirebon yang kerap mendapatkan bantuan permodalan dari kelompok berkedok koperasi simpan pinjam. Hal itu, dikarenakan minimnya pengetahuan luas kepada masyarakat terkait layanan perbankan BPR.

“Banyak warga yang mendapatkan akses permodalan dari bank-bank tidak resmi. Akhirnya malah memberatkan,” lanjut Imron.

Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) Jawa Barat, Mahfud Fauzi, S.E menyebutkan, BPR diharapkan bisa dikenal lebih luas oleh masyarakat. 

Menurutnya, BPR saat ini telah berubah namanya menjadi Bank Perekonomian Rakyat. Seluruh bank, diberikan kesempatan selama dua tahun pertama untuk meningkatkan pelayanan kepada publik.

“Selama dua tahun ini, kami bergerak untuk masyarakat. Mudah-mudahan dengan berubahnya nama ini dapat memberikan banyak manfaat kepada masyarakat,” harap Mahfud. (Lisdis)

10 Jun 2023

Bupati Cirebon Lantik 274 Pegawai di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Cirebon

INDOMEDIANEWSC -- Drs. H. Imron, M.Ag melantik dan mengambil sumpah 274 pegawai menjadi pejabat administrator, pengawas dan fungsional di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cirebon. 

Pelantikan tersebut berlangsung di Pendopo Bupati Cirebon, Jum'at (9/6/2023).

Dalam sambutannya, Imron mengatakan, bahwa mutasi, rotasi dan promosi di pemerintahan adalah hal yang biasa. Lantaran hal tersebut merupakan hak dan kewajiban seorang PNS untuk lebih memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Untuk mutasi hari ini berjumlah 274 pegawai, diantaranya rotasi 177 orang, promosi 92 orang," kata Imron.

Ia berharap, para pegawai yang baru dilantik dan diambil sumpahnya ini harus bisa membawa kemajuan di tempat yang baru, serta bisa menjalankan tugas pokok dan fungsi dengan baik. 

"Segeralah lakukan adaptasi, pelajari dan pahami terhadap tugas pokok dan fungsi jabatan, serta bangun koordinasi, komunikasi dan kerjasama efektif secara berjenjang, baik dengan pimpinan ataupun dengan bawahannya" lanjutnya.

Imron mengungkapkan, proses mutasi dan rotasi serta promosi ini memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Pasalnya, ada sebagian posisi jabatan yang harus mendapatkan ijin dari pemerintah pusat.

"Ada beberapa dinas yang harus izin ke pusat, yaitu camat, Disdukcapil dan Inspektorat," ungkapnya.

Lebih lanjut, Imron menjelaskan, mutasi ini merupakan evaluasi kinerja para pegawai di lingkungannya. Sehingga, itu menjadi tolak ukur untuk melakukan mutasi.

"Memang sebagian pejabat belum genap satu tahun bekerja, dan sekarang terkena rotasi. Itu dilakukan dari ukuran kinerja dan  evaluasi," jelas Imron.

"Sehingga, melalui pertimbangan Baperjakat, ditempatkan di jabatan yang baru, baik itu terkena rotasi maupun promosi," pungkasnya. (Lisdis)

9 Jun 2023

Siap maju untuk yang kedua kali " Sumarno utamakan Silaturahmi"

INDOMEDIANEWSC- Periode ke dua, Sumarno, Kuwu Desa Mertapadawetan, Kecamatan Astan ajapura, Kabupaten Cirebon, siap maju kembali.
Hal.ini disampaikan di kediamanannya, Jum'at 09/06/2023.

"InsyaAllah, jika Allah mengijinkan , meridoi dan memberikan kesehatan lahir batin, saya akan kembali mencalonkan menjadi Kuwu Desa Mertapadawetan untuk periode yang kedua" tuturnya.

Dirinya menjelaskan, dalam kepemimpinannya, masih ada beberapa hal yang perlu dilakukan, baik itu infrastruktur maupun lainnya.

"PR yang harus kami selesaikan masih banyak, oleh karenanya, saya secara pribadi masih memiliki tanggung jawab untuk merealisasikan berbagai program yang belum terlaksana, dengan hal ini tentunya perlu adanya jalinan kemitraan dan kepercayaan dari semua pihak, semoga niat saya untuk kembali mencalonkan diri sebagai Kuwu bisa terwujud, tentunya dengan dukungan dan ridlo dari Allah SWT" lanjutnya.

Dalam pelaksanaan pilwu nanti, dirinya berkeyakinan, bahwa semua calon kuwu memiliki niat yang baik untuk mengembangkan desanya.

" saya sangat yakin, siapapun Calonnya pasti.memiliki niat dan keinginan yang baik, oleh karenanya saya mengajak kepada seluruh warga Masyarakat untuk tetap menjalin silaturahmi dan mengedepankan kondusifitas lingkungan, semoga dengan niat dan keinginan yang baik akan menghasilkan sesuatu yang baik pula, yang pasti kami akan berusaha maksimal untuk terus membangun dan memberikan pelayanan prima kepada seluruh warga Masyarakat Desa Mertapadawetan" pungkasnya. (1c)

8 Jun 2023

Kuwu Lebak mekar " Salurkan BLT DD "

INDOMEDIANEWSC - 130 warga Desa Lebakmekar, Kecamatan Greged, Kabupaten Cirebon, menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT ) Dana Desa di Aula kantor Desa setempat, Kamis,08/06/2023.
Dalam keterangannya, Kuwu Desa Lebak mekar, Udin, menjelaskan, bahwa mayoritas penerima BLT DD tahap 1 ( Periode Januari ) adalah jompo.

"Mereka penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa adalah jompo atau manula, diharapkan dengan telah disalurkannya BLT DD ini sedikitnya mampu untuk meringankan beban warga yang memang patut untuk menerimanya" tuturnya.

Udin pun berharap, kedepannya segala program Pemdes yang telah tersusun akan mampu direalisasikan walau sedikit terlambat.

"Memang sedikit ada keterlambatan dalam pelaksanaan perogram.desa, baik dalam penganggaran maupun pembangunan, ini dikarenakan ada sesuatu hal yang harus kami tempuh, namun Alhamdulillah, saat ini pengajuan anggaran secara bertahap sudah bisa terealisasi, yang terpenting adalah bukan semata pemanfaatan anggaran yang menjadi prioritas, namun pelayanan terhadap warga Masyarakat bisa dilaksanakan secara maksimal, kami atas nama seluruh jajaran perangkat dan lembaga desa memohon adanya kerja sama yang terjalin baik oleh seluruh unsur, karena niat kami adalah memberikan pelayanan dan bertekad untuk.menjadikan desa lebak mekar lebih baik dari yang sudah baik" pungkasnya. (1c)

7 Jun 2023

Pemkab Cirebon Targetkan Juara 2 pada Porsenitas di Majalengka

INDOMEDIANEWSC-- Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag melepas rombongan atlet dan ofisial kontingen Kabupaten Cirebon peserta Pekan Olahraga dan Seni Antar Daerah Perbatasan (Porsenitas) X tahun 2023 di ruang Paseban Setda Kabupaten Cirebon, Selasa (6/6/2023).

Imron mengatakan, kegiatan olahraga tidak hanya membawa dampak yang positif terhadap upaya memelihara dan meningkatkan kebugaran jasmani.

Namun lebih dari itu, kegiatan olahraga juga merupakan media yang efektif bagi upaya pembentukan sumber daya manusia yang lebih berkualitas.

"Karena di dalam olahraga, terkandung nilai-nilai yang sangat luhur, seperti membentuk dan membina sikap sportif, fairplay, disiplin, kerjasama dan jiwa kejuangan, pantang menyerah serta sikap berkompetisi secara sehat, siap menang dan siap kalah," ujar Imron.

Ia menjelaskan, bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai pelayan masyarakat yang berada di lini terdepan bagi keberhasilan pelaksanaan tugas pemerintah dan pembangunan.

Sehingga, dengan olahraga yang teratur diharapkan dapat meningkatkan kebugaran jasmani, meningkatkan produktifitas kerja dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Ia juga mengungkapkan, adanya Porsenitas ini bisa menjalin kerjasama dengan pemerintah daerah perbatasan.

"Selain olahraga, Porsenitas juga bisa menjalin silahturahmi, serta tukar pikir masalah pembangunan, supaya dari Kunci Bersama bisa membuat suatu program kebersamaan," ungkap Imron.

Imron berharap pada Porsenitas ini, kontingen Kabupaten Cirebon bisa menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya.

"Tahun kemarin, Kabupaten Cirebon berada di urutan keempat. Mudah-mudahan sekarang bisa kedua, kalau bisa pertama," katanya.

Sementara itu, Kepala Dispora Kabupaten Cirebon, Ikin Asikin, S.Sos., M.Si mengatakan pihaknya mengirimkan 76 atlet dan ofisial untuk berlaga di Porsenitas Majalengka.

Menurutnya, dalam Porsenitas ini diikuti oleh 11 daerah di perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah. 

"Kita terjunkan 76 atlet dan ofisial untuk berlaga di Porsenitas Majalengka," kata Ikin.

Ia menjelaskan pada Porsenitas Majalengka ini, Pemkab Cirebon mengikuti tujuh cabang olahraga, diantaranya, Catur, Voli, Tenis Meja, Basket, Trompah Panjang, Tenis Lapang, Bulutangkis.

"Kali ini, kita terjunkan atlet yang lebih muda, karena sekarang aturannya selain PNS, sekarang PPPK boleh ikut," tambahnya. (Lisdis)

3 Jun 2023

Pemdes Tuk Karangsuwung " Dengan keihlasan hasil maksimal"

INDOMEDIANEWSC- upaya kebijakan sosial melalui program yang dicanangkan Pemerintah terus diupayakan dan dimaksimalkan Pemerintah Desa Tuk karangsuwung, Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon.
Dalam keterangannya, Kuwu Tuk Karangsuwung, Aziz Maulana, menjelaskan kepada IM saat pelaksanaan penyaluran bantuan beras di desa setempat, Jum'at 02/06/2023.

"Kami melaksanakan penyaluran beras kepada 475 KPM ( Keluarga Penerima Manfaat) dimana setiap yang berhak akan menerima beras sebanyak 10 Kg per warga, diharapkan dengan adanya bantuan tersebut sedikitnya bisa meringankan beban warga Masyarakat" tuturnya

Lebih lanjut Azis menjelaskan, bahwa pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin dalam mensejahterakan warga melalui program.yang ada.

"Upaya kami selaku pihak pemdes tentunya tidak berhenti dalam upaya peningkatan kesejahteraan warga Masyarakat, yang tentunya di sesuaikan dengan program dan anggaran yang ada, karena pada dasarnya kami hanya menyalurkan apa yang seharusnya kami salurkan, dimana anggarannya telah disesuaikan dengan pos yang ada, termasuk didalamnya pendataan penerima bantuan melalui Program Keluarga Harapan ( PKH) maupun program lainnya, yang terpenting bagi kami adalah bantuan yang diserahkan tepat sasaran, walaupun mungkin disana sini masih harus banyak dilakukan pembenahan pendataan, yang terpenting bagi kami adalah apa yang dilakukan sepenuhnya demi kemaslahatan dan kesejahteraan warga tanpa terkecuali, InsyaAllah dengan dilandasi keikhlasan apapun yang dilakukan akan membuahkan hasil yang maksimal" pungkasnya. (1c)

2 Jun 2023

Masyarakat perlu diberdayakan

FRISMA ELSA TAMARA (Caleg DPRD Kab Cirebon dapil 7 PDI Perjuangan)

Salah satu upaya peningkatan kesejahteraan Masyarakat melalui Pemberdayaan , secara lugas dapat diartikan sebagai suatu proses yang membangun manusia atau masyarakat melalui pengembangan kemampuan masyarakat, perubahan perilaku masyarakat, dan pengorganisasian masyarakat. Dari definisi tersebut terlihat ada 3 tujuan utama dalam pemberdayaan masyarakat, yaitu mengembangkan kemampuan masyarakat, mengubah perilaku masyarakat, dan mengorganisir diri masyarakat.

 

Kemampuan masyarakat yang dapat dikembangkan tentunya banyak sekali seperti kemampuan untuk berusaha, kemampuan untuk mencari informasi, kemampuan untuk mengelola kegiatan, kemampuan dalam pertanian dan masih banyak lagi sesuai dengan kebutuhan atau permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat.

Perilaku masyarakat yang perlu diubah tentunya perilaku yang merugikan masyarakat atau yang menghambat peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Pengorganisasian masyarakat dapat dijelaskan sebagai suatu upaya masyarakat untuk saling mengatur dalam mengelola kegiatan atau program yang mereka kembangkan. Di sini masyarakat dapat membentuk panitia kerja, melakukan pembagian tugas, saling mengawasi, merencanakan kegiatan, dan lain-lain.

Pemberdayaan masyarakat mun cul karena adanya suatu kondisi sosial ekonomi masyarakat yang rendah mengakibatkan mereka tidak mampu dan tidak tahu. Ketidakmampuan dan ketidaktahuan masyarakat mengakibatkan produktivitas mereka rendah. Pemberdayaan masyarakat dila ksanakan melalui: (1) Pengembangan masyarakat, (2) Pengorganisasian masyarakat.

Apa yang dikembangkan dari masyarakat, yaitu potensi atau kemampuannya, dan sikap hidupnya. Kemampuan masyarakat meliputi antara lain kemampuan untuk bertani, berternak, melakukan wirausaha, atau keterampilan membuat home industri; dan masih banyak lagi kemampuan dan keterampilan masyarakat yang dapat dikembangkan.

Dalam rangka mengembangkan kemampuan dan keterampilan masyarakat, dapat dilakukan dengan berbagai cara. Contoh dengan mengadakan pelatihan atau mengikutkan masyarakat pada pelatihan-pelatihan pengembangan kemampuan dan keterampilan yang dibutuhkan. Dapat juga dengan mengajak masyarakat mengunjungi kegiatan di tempat lain dengan maksud supaya masyarakat dapat melihat sekaligus belajar, kegiatan ini sering disebut dengan istilah studi banding.

Hanya saja kerap kali hanya berahir pada studi banding yang selanjutnya seolah berhenti tanpa ada hasil yang maksimal.namun demikian tentunya sebagai upaya untuk terus mengembangkan satu potensi tidak boleh berhenti pada satu titik..berjuang dan berprestasi harus ditanamkan pada jiwa seluruh Anak Bangsa.

1 Jun 2023

penanganan kusta perlu peran aktif semua pihak

INDOMEDIANEWSC -Penyakit kusta dan konsekuensinya masih menjadi tantangan bersama dalam mencapai status eliminasi. Penanganan kusta menuntut koordinasi dan kerjasama lintas sektor, karena kusta tidak hanya terkait dengan aspek kesehatan. 
Seperti diketahui bahwa penyakit ini merupakan salah satu peyakit yang mampu menimbulkan stigma pada penderitanya, masyarakat, dan bahkan tenaga kesehatan. Kurangnya literasi tentang kusta diduga menjadi penyebab mengapa penyakit ini masih dianggap penyakit yang berbahaya, sehingga penderitanya layak dihindari. 
Berdasarkan kondisi diatas, NLR Indonesia melalui proyek SUKA (suara untuk Indonesia bebas kusta) dan FKDC melangsungkan kegiatan Leprosy Roadshow yang bertujuan untuk memberikan edukasi dan penyadaran publik. 
Disampaikan oleh pengelola proyek SUKA, Fanny Rachma, kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam upaya pencegahan penularan serta pengurangan stigmatisasi orang yang pernah mengalami kusta atau OYPMK. 

Kecamatan Lemahabang dipilih karena dalam tiga bulan terakhir telah ditemukan 10 pasien kusta baru, 3 diantaranya sudah mengalami kondisi kerusakan organ tubuh atau deformitas. Pada tahun lalu ditemukan sebanyak 164 kasus baru kusta dengan daerah endemik di wilayah timur Kabupaten Cirebon. 
Melibatkan unsur TNI-POLRI
Pendekatan transformatif mulai dikembangkan secara lebih masif untuk menanggulangi kusta. Keterlibatan Babinsa dan Babinkamtibmas dinilai efektif dalam melakukan edukasi terkait penyakit kusta di masyarakat. 
Mereka yang setiap hari bertugas untuk membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh masyarakat setempat, juga harus paham tentang kusta sehingga mampu memberikan solusi yang tepat dalam menangani permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat, khususnya dalam isu kesehatan.

NLR adalah sebuah organisasi non-pemerintah yang didirikan di Belanda pada 1967 untuk menanggulangi kusta dan konsekwensinya di seluruh dunia dengan tiga pendekatan yaitu zero transmission (nihil penularan), zero disability (nihil disabilitas) dan zero exclusion (nihil eksklusi). Saat ini NLR beroperasi di Mozambique, India, Nepal, Brazil dan Indonesia. Di Indonesia, NLR mulai bekerja pada tahun 1975 bersama Pemerintah Republik Indonesia. Pada 2018 NLR bertransformasi menjadi entitas nasional dengan maksud untuk membuat kerja-kerja organisasi menjadi lebih efektif dan efisien menuju Indonesia bebas dari kusta. Sama dengan Aliansi NLR Internasional, tagline NLR Indonesia adalah: Hingga kita bebas dari kusta.
Usai dilaksanakannya acara tersebut, seluruh yang hadir membumbuhkan tanda tangan bersama yang dimotori PLT Camat Lemahabang dan seluruh unsur terkait lainnya.(1c)