30 Mei 2023

Wabup Cirebon Dorong Disdik Manfaat Sarana Wisata Konservasi Kura-kura Belawa

INDOMEDIANEWSC - Wakil Bupati Cirebon, Wahyu Tjiptaningsih melihat langsung permasalahan yang ada disetiap pelosok wilayah di Kabupaten Cirebon, seperti salahsatunya saat kunjungan ke Desa Belawa yang telah mendapatkan SK Desa Wisata. 

Ayu, sapaan akrab wakil bupati cirebon mengatakan yang namanya tempat wisata harus melakukan banyak inovasi, sehingga Desa Wisata harus menambah banyak fasilitas untuk bermain anak, spot selfi dan perlu penataan dan penyempurnaan fasilitas lainnya agar lebih menarik para wisatawan.

Ayu  mengaku bangga bawha Kabupaten Cirebon ini memiliki keunggulan dimana Wisata Konservasi dan edukasi Kura-kura Belawa merupakan satu-satunya Obyek wisata Konservasi dan Edukasi yang ada di Cirebon maupun di Jawa Barat.

“Kami memberikan masukan kepada Kuwu Belawa dan Kelompok Sadar wisata (Pokdarwis) agar membuat taman bermain dan edukasi untuk anak-anak dan membuat taman PKK untuk tanaman menggunakan tambulapot yang memberikan edukasi pada para pengunjung,” tuturnya,saat di wisata Konservasi dan Edukasi Kura-kura Belawa, Selasa 30/5/2023.

Selain itu, Ayu juga akan mendorong Dinas Pendidikan untuk bekerjasama dengan Kelompok sadar wisata (Pokdarwis) kedepan agar setiap Sekolah yang ada di wilayah Kabupaten Cirebon mengunjungi obyek Wisata Konservasi dan edukasi sebagai penunjang sarana pendidikan.

“Saya akan meminta Dinas Pendidikan memanfaatkan obyek wisata Konservasi Kura-kura Belawa sebagai sarana edukasi bagi para siswa,” ujarnya. 

Ayu menjanjikan Pemkab Cirebon akan mendorong agar Festival-festival budaya digelar di Desa wisata dan Pemkab Cirebon akan memprioritaskan semua infrastruktur jalan yang rusak untuk segera dilakukan perbaikan.

“dalam membuat program itu harus ada program jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang, sambil melihat perkembangannya seperti apa,” tuturnya.

Dirinya  juga mengajak agar masyarakat Cirebon meramaikan obyek wisata yang ada di wilayah Kabupaten Cirebon sendiri, agar obyek wisata yang ada menarik minat wisatawan regional maupun internasional.

“Kami minta masyarakat Cirebon ikut mempromosikan obyek wisata yang ada di Cirebon melalui media sosialnya masing-masing,karena wisata cikuya yang ada di Desa Belawa, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, mampu dijadikan salah satu wisata kebanggaan wong Cirebon" pungkasnya.(1c)

0 $type={blogger}: