12 Mei 2023

Bunda Ayu " Perioritas program pengentasan kemiskinan"

INDOMEDIANEWSC- Pemerintah Kabupaten Cirebon memprioritaskan program pengentasan kemiskinan. Salah satunya dengan  melakukan dialog interaktif bersama para kuwu dan pihak terkait ditiap kecamatan.

Dalam keterangannya, Wakil Bupati Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih mengatakan, dialog interaktif bersama unsur terkait di kecamatan sangat diperlukan guna intervensi dari permasalahan yang ada. 

"Skala prioritas kami, untuk pengentasan kemiskinan," tuturnya, usai acara di kantor Kecamatan Susukanlebak, Kamis 11/5/2023.

Bunda Ayu, sapaan wakil Bupati ini menjelaskan, pemetaan wilayah yang tergolong banyak warga miskin kemudian intervensi yang dilakukan antara lain, mengurangi pengangguran dan adanya pelatihan bagi anak muda dan ibu-ibu. 

"Bila sudah memiliki skill, besar kemungkinan diterima pada perusahaan maupun pabrik. Begitu juga dengan pelatihan bagi ibu-ibu, akan menambah penghasilan dan kemiskinan dapat berkurang, yang terpenting adalah ada kemauan" tuturnya.

Masih dikatakan Bunda Ayu, dalam penyerapan tenaga kerja di perusahaan, salah satunya dengan mempermudah izin bagi invenstor. Namun, harus sesuai aturan izin yang dikeluarkan tersebut, sehingga berdirinya pabrik maupun tempat usaha sesuai dengan koridor aturan yang ada. 

"Pengentasan kemiskinan menjadi tanggung jawab seluruh pihak, sehingga diperlukan peran aktif steakholder yang ada," ujarnya.

Sementara itu, Camat Susukanlebak, Carmin mengungkapkan, pengentasan kemiskinan yang dilakukan salah satunya, pelatihan menjahit maupun perbengkelan.

"Anak muda yang putus sekolah, bisa melanjutkan melalui kejar paket dan bagi ibu-ibu atau pemudi desa dapat mengukuti pelatihan," ungkapnya.

Carmin menambahkan, pelatihan yang diadakan dari dinas terkait perlu ada tindak lanjut. Misalnya, penyaluran di perusahaan dan modal usaha setelah pelatihan perbengkelan. 

"Tindaklanjut dari pelatihan maupun sejenisnya sangat diperlukan, untuk pengentasan kemiskinan, jadi tidak berhenti di pelatihan saja, harus ada langkah lanjutnya, yaitu bagaimana caranya lapangan kerja itu benar-benar tersedia" tuturnya.

Dirinya mengharapkan peran serta seluruh pihak untuk pengentasan kemiskinan. 

"Mari bersama dalam upaya pengentasan kemiskinan di Kabupaten Cirebon, khususnya Kecamatan Susukanlebak,dengan berkurangnya pengangguran secara otomatis dapat menciptakan iklim yang lebih baik" pungkasnya. (1c)

0 $type={blogger}: