17 Mei 2023

Bancakan PG Sindanglaut " Geliat Ribuan Warga" padati jalan

INDOMEDIANEWSC - Ribuan Masyarakat memadati sepanjang jalan lemahabang, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon pada Rabu,17/05/2023.
Kedatangan masyarakat dari berbagai daerah tersebut dalam rangka turut memeriahkan acara pesta tebu atau yang akrab disebut warga sekitar dengan nama bancakan.

Acara yang dihadiri oleh seluruh unsur pemerintahan, Termasuk Bupati dan wakil Bupati tersebut bertanda dimulainya kembali giling tebu Pabrik Gula Sindanglaut.

Dalam keterangan yang disampaikan Sekretaris panitia pelaksanaan pesta tebu, Topang Nurjaya. SH., menuturkan rasa Syukurnya atas kembali beroperasinya Pabrik Gula Sindanglaut.

"Alhamdulillah, tahun ini pabrik gula sindang laut kembali beroperasi, tentunya harapan kami dengan kembalinya beroperasi  pabrik tebu mampu meningkatkan kesejahteraan para petani tebu dan tentunya bisa meningkatkan hasil tebu atau gula yang berkualitas, selain dari itu, dengan diadakannya kembali pesta tebu atau bancakan, mampu melestarikan budaya atau kearifan lokal yang selama beberapa tahun kebelakang seolah mati suri, terlebih disaat pandemi, semoga hari ini dimana ribuan Masyarakat datang dan menyaksikan acara bancakan bertanda baik bagi semua pihak, hususnya para petani tebu" jelasnya.

Sementara itu, Camat Lemahabang, Wawan Arif Gunawan, SE, mengungkapkan rasa bangganya dengan hadirnya ribuan Masyarqkat yang turun hingga memadati sepanjang jalan raya Lemahabang.

"Ini suatu kebanggaan bagi seluruh warga Masyarakat hususnya lemahabang, karena acara pesta tebu kembali bisa dilaksanakan, semoga keberadaan pabrik gula yang kembali beroperasi bisa meningkatkan taraf perekonomian para petani tebu, dan hari ini acaranya sungguh sangat meriah itu terlihat dari ribuan warga yang datang dan memadati jalan sampai pekarangan pabrik tebu" tuturnya. ( 1c)

0 $type={blogger}: