31 Mei 2023

Frisma ajak semua Masyarakat paham Kusta

INDOMEDIANEWSC- Tidak perlu takut untuk tertular kusta, diwujudkan dengan adanya gerakan komitmen bersama bersuara untuk indonesia bebas kusta.
Secara keseluruhan kusta memang dapat menular, namun penularannya tidak mudah dan bahkan sangat mudah untuk disembuhkan.
Sebagai salah satu wujud nyata diperlihatkan oleh salah seorang calon anggota legislatif Kabupaten Cirebon dapil 7, Frisma Elsa Tamara, yang hadir dalam acara suara untuk indonesia bebas kusta ( Suka) di aula kantor kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, Rabu, 31/05/2023.

"Kami mengajak kepada semua elemen Masyarakat untuk tidak risih apalagi enggan untuk bertemu atau bersosialisasi dengan Orang yang pernah menderita kusta, memang kusta itu dapat menular, namun penularannya tidak mudah dan yang terpenting lagi kusta itu penyakit yang sangat mudah untuk disembuhkan, oleh karenanya, agar kita tidak mudah terjangkit kusta, maka kita harus menjaga pola makan dan membiasakan hidup sehat, yang harus diingat lagi, mereka para penderita kusta atau Orang yang pernah menderita kusta adalah Anak Bangsa yang memiliki hak dan kesamaan dengan kita, bahkan tidak sedikit para penderita kusta yang sudah sembuh mampu berkreasi dan berprestasi baik dalam segi pendidikan maupun hal lainnya" tuturnya.

Lebih lanjut Frisma menjelaskan, bahwa dengan diselenggarakannya kegiatan yang digagas oleh berbagai pihak yang bertujuan untuk.memberikan pemahaman kepada Masyarakat secara umum, sangatlah berguna agar informasi itu benar-benar dapat untuk dipahami.

"Saya selaku perempuan yang berkecimpung dalam hal sosial kemasyarakatan, mengharapkan adanya peranserta dari semua pihak untuk secara bersama-sama membaktikan kemampuan yang dimiliki guna mencapai apa yang diharapkan, yang pada dasarnya demi kesetaraan dan kesejahteraan Masyarakat secara luas, jangan mudah putus asa dan tetap semangat sebagai kunci utama dalam meraih kesuksesan" pungkasnya. (1c)

30 Mei 2023

Wabup Cirebon Dorong Disdik Manfaat Sarana Wisata Konservasi Kura-kura Belawa

INDOMEDIANEWSC - Wakil Bupati Cirebon, Wahyu Tjiptaningsih melihat langsung permasalahan yang ada disetiap pelosok wilayah di Kabupaten Cirebon, seperti salahsatunya saat kunjungan ke Desa Belawa yang telah mendapatkan SK Desa Wisata. 

Ayu, sapaan akrab wakil bupati cirebon mengatakan yang namanya tempat wisata harus melakukan banyak inovasi, sehingga Desa Wisata harus menambah banyak fasilitas untuk bermain anak, spot selfi dan perlu penataan dan penyempurnaan fasilitas lainnya agar lebih menarik para wisatawan.

Ayu  mengaku bangga bawha Kabupaten Cirebon ini memiliki keunggulan dimana Wisata Konservasi dan edukasi Kura-kura Belawa merupakan satu-satunya Obyek wisata Konservasi dan Edukasi yang ada di Cirebon maupun di Jawa Barat.

“Kami memberikan masukan kepada Kuwu Belawa dan Kelompok Sadar wisata (Pokdarwis) agar membuat taman bermain dan edukasi untuk anak-anak dan membuat taman PKK untuk tanaman menggunakan tambulapot yang memberikan edukasi pada para pengunjung,” tuturnya,saat di wisata Konservasi dan Edukasi Kura-kura Belawa, Selasa 30/5/2023.

Selain itu, Ayu juga akan mendorong Dinas Pendidikan untuk bekerjasama dengan Kelompok sadar wisata (Pokdarwis) kedepan agar setiap Sekolah yang ada di wilayah Kabupaten Cirebon mengunjungi obyek Wisata Konservasi dan edukasi sebagai penunjang sarana pendidikan.

“Saya akan meminta Dinas Pendidikan memanfaatkan obyek wisata Konservasi Kura-kura Belawa sebagai sarana edukasi bagi para siswa,” ujarnya. 

Ayu menjanjikan Pemkab Cirebon akan mendorong agar Festival-festival budaya digelar di Desa wisata dan Pemkab Cirebon akan memprioritaskan semua infrastruktur jalan yang rusak untuk segera dilakukan perbaikan.

“dalam membuat program itu harus ada program jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang, sambil melihat perkembangannya seperti apa,” tuturnya.

Dirinya  juga mengajak agar masyarakat Cirebon meramaikan obyek wisata yang ada di wilayah Kabupaten Cirebon sendiri, agar obyek wisata yang ada menarik minat wisatawan regional maupun internasional.

“Kami minta masyarakat Cirebon ikut mempromosikan obyek wisata yang ada di Cirebon melalui media sosialnya masing-masing,karena wisata cikuya yang ada di Desa Belawa, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, mampu dijadikan salah satu wisata kebanggaan wong Cirebon" pungkasnya.(1c)

Bupati Cirebon Kumpulkan Camat dan Kepala Perangkat Daerah

INDOMEDIANEWSC -- Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag menggelar rapat kerja (Raker) dengan seluruh camat se-Kabupaten Cirebon di Aula Nyimas Gandasari, Setda Kabupaten Cirebon, Senin (29/5/2023).

Bupati Imron mengatakan, pada pertemuan kali ini, pihaknya membahas sejumlah permasalahan yang terjadi di Kabupaten Cirebon dan juga program-program yang sedang dijalankan oleh kecamatan.

"Intinya, ada masukan dari kecamatan tentang permasalahan dan solusi yang harus ditangani. Maka perlunya komunikasi, agar permasalahan bisa segera terpecahkan," kata Imron. 

Imron berharap kepada para kepala perangkat daerah dan camat, agar mampu dan dapat bekerja dengan baik untuk membawa perubahan Kabupaten Cirebon ke arah yang lebih baik lagi.

"Berikanlah inovasi, apakah dari sisi pembangunan maupun memecahkan solusi-solusi semua masalah yang diinginkan masyarakat," ujar Imron.

Ia juga meminta kepada seluruh pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cirebon untuk melakukan perubahan. Caranya, yaitu berinovasi, meskipun tidak ada anggaran dari pusat, bagaimana caranya membuat terobosan agar Kabupaten Cirebon ada kemajuan. 

"Misal tidak ada aturan, minimalnya berikan program skala kecil kepada kecamatan, seperti olahraga, budaya dan pembangunan. Agar camat ini bisa bekerja dan yang terpenting bermanfaat untuk masyarakat," lanjut Imron.

Dikatakan Imron, jika program atau kegiatan itu tidak boleh dilakukan oleh kecamatan, minimalnya lakukanlah komunikasi.

"Kalau tidak boleh, minimalnya dinas koordinasi dengan kecamatan, agar mengetahui. Agar tidak terjadi miskomunikasi," sambungnya.

Di akhir, Imron menambahkan, beberapa persoalan yang saat ini sedang menjadi perhatian masyarakat dan Pekerjaan Rumah (PR) Pemkab Cirebon, yaitu terkait sampah, banjir dan jalan yang mengalami kerusakan.

"Berharap pada raker ini juga bisa mendapatkan solusi atas permasalahan-permasalahan tersebut," pungkas Imron. (Lisdis)

29 Mei 2023

Festival Lemahabang Fashion Week, Budaya dan Kesenian Cirebon Harus Dilestarikan

INDOMEDIANEWSC -- Wakil Bupati Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih, SE., M.Si mengapresiasi kegiatan Festival Lemahabang Fashion Week 2023 yang digelar di halaman kantor Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, Minggu 28/5/2023.

Menurut Ayu, sapaan akrab Wabup, kebudayaan di Kabupaten Cirebon cukup banyak. Namun, belum maksimalnya pengenalan budaya itu sendiri. 

Ia mengajak semua lapisan masyarakat dan pemerintah daerah, untuk gencar mempromosikan budaya dan kesenian, serta wisata yang ada di Kabupaten Cirebon.

"Jangan sampai orang tau tari topeng hanya topeng kelana. Kan, banyak tari topeng di Cirebon, serta ada sintren, burok, lengseran dan baju pengantin khas Daerah termasuk Budaya lainnya" tuturnya.

Untuk pengantin adat Kabupaten Cirebon, kata Ayu, ini harus dilestarikan. Pasalnya, baju adat pengantin Kabupaten Cirebon sudah mulai punah, bahkan sudah jarang masyarakat menggunakan baju adat pengantin tersebut. 

"Kita harus lestarikan baju adat pengantin Kabupaten Cirebon ini, jangan sampai punah," ujarnya.

Ayu mengungkapkan, di Kabupaten Cirebon banyak desa yang masuk dalam destinasi desa wisata. Sehingga ini merupakan pekerjaan rumah (PR) bersama untuk mempromosikan desa tersebut. 

"Sekarang acara Festival Lemahabang Fashion Week sangat bagus, semua warga menikmati, banyak UMKM, sehingga perputaran ekonomi bisa berjalan," ungkap Ayu.

Menurutnya, desa-desa yang sudah di SK-kan menjadi desa wisata, selain mengembangkan, pihaknya juga harus gencar mempromosikan desa yang mempunyai potensi alam yang bisa dijual. Nanti bisa menjadi PAD dan bisa berdampak kepada pembangunan di desa itu sendiri.

Sementara itu, Ketua penyelenggara acara, Hj. Nana Kencanawati mengatakan, tujuan diadakannya kegiatan ini untuk mengenalkan budaya Kabupaten Cirebon, seperti  pakaian adat pengantin Mayung Cirebon.

Menurutnya, selama ini budaya pengantin Kabupaten Cirebon sudah mulai ditinggalkan, sebab masyarakat lebih memilih pakaian pengantin yang lebih modern. 

"Mudah-mudahan dengan adanya festival ini, masyarakat Kabupaten Cirebon lebih mencintai budaya sendiri dibandingkan budaya lain," harap Nana.

Ia juga berharap, tahun berikutnya kegiatan seperti ini tetap berjalan dan lebih meriah lagi dari sekarang. 

"Berharap masyarakat lebih mecintai budaya sendiri budaya Kabupaten Cirebon, kalau bukan kita siapa lagi, intinya mari kita lestarikan budaya daerah sebagai bukti kecintaan kita terhadap tradisi dan kearifan lokal sebagai peninggalan para leluhur" jelasnya.

Senada hal tersebut disampaikan penggiat seni yang konsen akan budaya daerah, H.Topik.

"Kegiatan ini menandakan betapa kita peduli akan budaya adi luhung, bukan semata memperkenalkan dan mempertahankan budaya Daerah kepada Masyarakat muda, namun menanamkan rasa kecintaan terhadap keberadaan budaya daerah, semoga dengan adanya acara tersebut, kecintaan kita terhadap budaya daerah semakin tinggi" harapnya. (1c)

25 Mei 2023

Pemdes Japurabakti " pembangunan harus merata"

INDOMEDIANEWSC - Upaya peningkatan infrastruktur terus dilakukan Pemerintah Desa Japurabakti, Kecanatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon.
Salah satu program pemdes yang saat ini tengah dilaksanakan asalah pembangunan rabat beton yang berlokasi di Dusun 3 desa setempat.
Dalam keterangannya, Kuwu Japurabakti, Haerudin, menjelaskan perlunya sarana umum yang memadai demi kelancaran sendi perekonomian maupun aktifitas lainnya.

"Alhamdulillah, saat ini kami tengah menyelesaikan pembangunan jalan rabat beton sepanjang 300 meter dengan lebar 3 meter, yang berlokasi di dusun 3, mudah-mudahan secara bertahap seluruh program pembangunan akan terealisasi yang tentunya  disesuaikan dengan Anggaran yang tersedia" tuturnya.Rabu,24/05/2023.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, bahwa pihak pemdes bekerjasama dengan seluruh Lembaga Desa akan terus berupaya untuk meningkatkan tarap kehidupan warga melalui berbagai aspek.

"Ekonomi, Sosial, Budaya dan program positif lainnya akan menjadi prioritas kami selaku pihak pemdes agar mampu mengangkat taraf perekonomian yang seimbang, sejalan dengan perkembangan jaman, semoga apa yang telah kami lakukan bisa bermanfaat bagi Masyarakat secara menyeluruh" pungkasnya.( 1c)

Pemkab Cirebon Apresiasi Wajib Pajak Teladan

INDOMEDIANEWSC  -- Penerimaan pajak daerah selama ini, masih menjadi tulang punggung pendapatan asli daerah yang digunakan untuk pembiayaan pembangunan. 

Setiap pajak yang diterima, akan dimanfaatkan sebaik mungkin demi keberlanjutan pembangunan daerah yang bermanfaat bagi seluruh masyarakat. 

Atas dasar itulah, Pemerintah Kabupaten Cirebon melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), memberikan penghargaan dan apresiasi kepada wajib pajak (WP) teladan masa pajak tahun 2022.

Acara tersebut dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 24 Mei 2023 di Patra Cirebon Hotel & Convention, Jl. Tuparev No. J1, Kedawung, Kabupaten Cirebon. 

Penyerahan penghargaan dilakukan langsung oleh Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag didampingi Kepala Bapenda Kabupaten Cirebon, Drs. H. Rahmat Sutrisno, M.Si.

Dalam sambutannya, Bupati Imron memberikan apresiasi kepada seluruh wajib pajak yang telah berkontribusi terhadap pembangunan daerah melalui pembayaran pajak daerah. Ia menyebut, pembangunan bisa berlanjut dengan besarnya pajak yang disetorkan oleh WP. 

"Sebagaimana kita ketahui bersama, pelaksanaan pemberian penganugerahan wajib pajak teladan tahun 2023 adalah kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka apresiasi dan terimakasih pemerintah daerah kepada wajib pajak atas kontribusi yang begitu besar dalam hal pembayaran pajak, guna membantu kelancaran pembangunan di Kabupaten Cirebon," ujar Imron.

Dijelaskan Imron, demi keberlangsungan dan berjalannya program kegiatan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Cirebon, perlu anggaran yang besar. 

Dirinya menyebutkan beberapa program kegiatan di Kabupaten Cirebon yang setiap tahun dilaksanakan, yang merupakan prioritas dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.
 
"Pertama, jaminan kesehatan bagi masyarakat miskin (pbi) setiap tahun dibutuhkan anggaran tidak kurang dari Rp90.103.267.740 untuk 350.610 jiwa. Selanjutnya, pemeliharaan dan peningkatan infrastruktur, setiap tahun tidak kurang dari Rp100.987.576.500," jelas Imron 

"Dana Pagu Indikatif Kewilayahan (PIK) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di 40 wilayah kecamatan se-Kabupaten Cirebon setiap tahun tidak kurang dari Rp70.343.851.316," lanjut Imron.

Diakhir sambutannya, Imron pastikan seluruh pendapatan yang diterima Pemerintah Kabupaten Cirebon, baik dari pajak daerah, retribusi daerah, dana bagi hasil pemerintah provinsi dan dana pemerintah pusat akan digunakan sebesar-besarnya untuk meningkatkan kesejahteraan dan memenuhi kebutuhan masyarakat Kabupaten Cirebon.

"Sehingga, mari kita bersama untuk senantiasa meningkatkan dan menumbuhkembangkan kesadaran dalam pembayaran pajak," ungkap Imron.

"Mari kita bekerja cerdas, dilandasi dengan niat yang ikhlas untuk memajukan Kabupaten Cirebon, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mewujudkan visi Kabupaten Cirebon yang dicita-citakan bersama," tutupnya. (Lisdis)

23 Mei 2023

kembali jebol" dimana pihak terkait"?

INDOMEDIANEWSC- Untuk yang kesekian kalinya, tebing tanggul kali cimanis yang berada diantara desa Beringin dan sigong kembali longsor.
Hal tersebut disampaikan Sekretaris Desa Beringin, Kecamatan Pangenan, Kabupaten Cirebon, Supriadi, saat berada dilokasi, Selasa, 23/05/2023.

"Sudah seringkali terjadi longsor dan pengikisan yang semakin melebar, jika tetap dibiarkan dan tidak segera dilakukan perbaikan maksimal, maka kami hawatir akan berdampak pada petani termasuk warga yang tempat tinggalnya tidak jauh dari lokasi sungai" tuturnya.

Kehawatiran warga sangat dirasa manakala musim penghujan tiba, yang mana sewaktu waktu air sungai bisa meluap dan melahap area kebun juga pesawahan seluas kurang lebih 80 hektar.

"Rasa was was selalu dirasakan Masyarakat kami, memang secara administrasi aliran sungai cimanis ini berada dalam wilayah Desa Sigong, kecamatan Lemahabang, namun yang terkena dampak jika terjadi banjir adalah Masyarakat beringin, karena lokasi aliran sungai sangat dekat dengan desa Beringin, yang sangat kami sayangkan adalah sudah beberapa kali dilakukan peninjauan oleh beberapa pihak termasuk wakil Rakyat dari propinsi, namun sayangnya hingga saat ini belum juga ada realisasi perbaikan secara maksimal, kalaupun dilakukan perbaikan hanya bersifat sementara" pungkas Supriyadi. (1c)

21 Mei 2023

keluarga korban tuntut keadilan

INDOMEDIANEWSC- Diduga adanya perang sarung, mengakibatkan hilangnya nyawa seorang remaja, Tio Quraihan (17 tahun) warga Desa Pangenan Dusun 3, Kecamatan Pangenan, Kabupaten Cirebon.
Perang sarung yang menelan korban hingga meninggal dunia terjadi pada 11 April 2023 sekitar pukul 21.30 Wib.

Dari keterangan yang disampaikan Charsan Ali ( uwa korban-red) keesokan hari setelah terjadi peristiwa tersebut, dirinya langsung membuat Laporan LP di Polsek Pangenan, sayangnya apa yang diharapkannnya tidak sesuai sengan keinginan.

"Kami tidak begitu paham terkait aturan Hukum, yang kami tahu adalah Anak kami ( Tio-red) meninggal dunia dengan luka parah dibagian kepala, oleh karenanya kami langsung membuat LP tertanggal 12 April 2023, sayangnya hingga saat ini para terduka atau pelaku yang berjumlah 10 Orang tidak satupun yang diamankan ( ditangkap) dengan dalih masih dibawah umur, lantas bagaimana dengan korban yang meninggal, apa tidak ada artinya sama sekali, kami hanya ingin pihak kepolisian tidak semata berbicara aturan, namun sisi kemanusiaan pun harus diutamakan" tuturnya. Minggu, 21/05/2023.

Lebih lanjut dirinya menuturkan, nyawa Anaknya jangan disia-siakan.

"Jika bicara takdir, mungkin ini sudah merupakan takdir  bagi kami, hanya saja tidak salah jika kami mengharapkan adanya keadilan di republik ini, minimalnya penegakan Hukum dan adanya pengertian dari pihak keluarga pelaku, kami tidak bicara pinansial, minimalnya datang dan ada kadedeh sebagai obat penawar, sekali lagi kami dari keluarga meminta adanya hukum yang berpihak.bagi masyarakat kecil seperti kami, pihak kepolisian sudah melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya dengan baik, hanya saja yang membuat tanya bagi kami, mengapa para pelaku hingga saat ini masih bebas berkeliaran" pungkasnya.(1)

19 Mei 2023

Di Tahun Politik, Ulama dan Umaro Diminta Jadi Perekat Bangsa

INDOMEDIANEWSC -- Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag mengajak semua ulama, umaro dan sejumlah pihak terkait untuk ikut menjaga keamanan wilayah. Apalagi tahun 2023 ini sudah memasuki tahun politik, segala permasalahan akan muncul.

Hal tersebut disampaikan Bupati Imron saat menghadiri acara Forum Komunikasi Ulama dan Umaro, bertempat di Pendopo Bupati Cirebon, Rabu malam  (17/5/2023).

Imron menjelaskan, tujuan diadakannya acara ini untuk menjalin silaturahmi, serta melakukan dialog terkait permasalahan, baik yang ada di dalam maupun di luar wilayah Kabupaten Cirebon.

Bahkan dalam dialog tersebut, Imron mengajak untuk bersama-sama mengantisipasi segala macam permasalahan saat tahun politik ini, agar jangan sampai permasalahan dari luar masuk ke dalam Kabupaten Cirebon.

"Karena tahun sekarang tahun politik, tentu kami khawatir akan berdampak terhadap permasalahan yang ada di Kabupaten Cirebon. Sehingga, bisa menganggu keamanan dan kenyamanan masyarakat," ungkap Imron.

Ia juga mengungkapkan, bahwa Pemkab Cirebon terus berupaya untuk mencegah segala permasalahan. Salah satunya dengan terus melakukan koordinasi dengan para partai politik, KPU dan Bawaslu serta unsur keamanan, seperti TNI-Polri. 

"Saya beberapa kali mengumpulkan partai politik, KPU, Bawaslu, PPK tingkat kecamatan. Tujuannya, agar Pemilu ini bisa berjalan dengan harmonis," katanya.

Imron menyebut, di Kabupaten Cirebon masih banyak pemilih yang emosional dan pemilih belum rasional. Sehingga dikhawatirkan, ada oknum yang memanfaatkan situasi tersebut untuk memecah belah persatuan bangsa. 

"Sehingga kami kumpulkan para ulama dan umaro, karena suatu negara bisa solid, apabila ulama dan umaronya bisa solid," ujar Imron.

Pihaknya juga meminta bantuan kepada para ulama dan umaro untuk menjadi perekat bangsa.

 “Perbedaan politik dan pilihan itu urusan masing-masing. Yang jelas, persatuan tetap terjalin, karena para ulama di daerah menjadi panutan di tengah masyarakat," pungkasnya. (Lisdis)

17 Mei 2023

Bancakan PG Sindanglaut " Geliat Ribuan Warga" padati jalan

INDOMEDIANEWSC - Ribuan Masyarakat memadati sepanjang jalan lemahabang, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon pada Rabu,17/05/2023.
Kedatangan masyarakat dari berbagai daerah tersebut dalam rangka turut memeriahkan acara pesta tebu atau yang akrab disebut warga sekitar dengan nama bancakan.

Acara yang dihadiri oleh seluruh unsur pemerintahan, Termasuk Bupati dan wakil Bupati tersebut bertanda dimulainya kembali giling tebu Pabrik Gula Sindanglaut.

Dalam keterangan yang disampaikan Sekretaris panitia pelaksanaan pesta tebu, Topang Nurjaya. SH., menuturkan rasa Syukurnya atas kembali beroperasinya Pabrik Gula Sindanglaut.

"Alhamdulillah, tahun ini pabrik gula sindang laut kembali beroperasi, tentunya harapan kami dengan kembalinya beroperasi  pabrik tebu mampu meningkatkan kesejahteraan para petani tebu dan tentunya bisa meningkatkan hasil tebu atau gula yang berkualitas, selain dari itu, dengan diadakannya kembali pesta tebu atau bancakan, mampu melestarikan budaya atau kearifan lokal yang selama beberapa tahun kebelakang seolah mati suri, terlebih disaat pandemi, semoga hari ini dimana ribuan Masyarakat datang dan menyaksikan acara bancakan bertanda baik bagi semua pihak, hususnya para petani tebu" jelasnya.

Sementara itu, Camat Lemahabang, Wawan Arif Gunawan, SE, mengungkapkan rasa bangganya dengan hadirnya ribuan Masyarqkat yang turun hingga memadati sepanjang jalan raya Lemahabang.

"Ini suatu kebanggaan bagi seluruh warga Masyarakat hususnya lemahabang, karena acara pesta tebu kembali bisa dilaksanakan, semoga keberadaan pabrik gula yang kembali beroperasi bisa meningkatkan taraf perekonomian para petani tebu, dan hari ini acaranya sungguh sangat meriah itu terlihat dari ribuan warga yang datang dan memadati jalan sampai pekarangan pabrik tebu" tuturnya. ( 1c)

Atasi Kemiskinan, Wabup Ayu Ajak Investor Buka Lapangan Pekerjaan

INDOMEDIANEWSC  -- Wakil Bupati Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih, SE., M.Si kembali melakukan monitoring dengan Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) di Kecamatan Babakan Kabupaten Cirebon, Selasa (16/5/2023).

Menurut Ayu--sapaan akrabnya, mengatakan, pihaknya ingin melakukan verifikasi dan validasi (verval) data kemiskinan di sejumlah kecamatan. Kecamatan Babakan sendiri merupakan kecamatan ke-19 yang sudah dikunjungi oleh TKPKD.

Ia mengungkapkan, sesuai dengan DTKS angka kemiskinan di Kabupaten Cirebon masih cukup tinggi, sehingga untuk memastikan, dirinya bersama TKPKD melakukan verval data.

"Karenanya, kita (Pemkab Cirebon) melakukan verifikasi dan validasi data. Ketika melakukan verval data ini, sesungguhnya ada ketidaklayakan dan kita lihat ada beberapa ketidaklayakannya," ungkap Ayu.

Pemkab Cirebon terus berupaya melakukan strategi, lanjut Ayu, untuk mengurangi angka kemiskinan di wilayahnya.

"Setelah melakukan verifikasi dan validasi data, banyak tenaga kerja kita, BPJS Kesehatannya masih masuk dalam PBI. Ini yang harus kita keluarkan," ujarnya.

Selanjutnya, kata Ayu, pihaknya akan mempermudah perizinan untuk para investor yang akan membangun usaha di wilayah Kabupaten Cirebon.

"Kita juga akan mempermudah investor yang akan berinvestasi di Kabupaten Cirebon, sehingga akan membuka lowongan pekerjaan yang cukup banyak. Ini juga merupakan salah satu cara untuk mengurangi kemiskinan," katanya.

Lebih lanjut, kata Ayu, Pemkab Cirebon akan mempercepat pembangunan di kantong kemiskinan yang ada di sejumlah wilayah. Pihaknya juga akan memberikan program yang tepat sasaran.

"Kenapa banyak pengangguran, mungkin banyak warga yang hanya lulusan SD. Nanti kita akan gandeng Dinas Pendidikan untuk kejar paket B maupun C, agar mereka bisa mempunyai ijazah dan mereka bisa bekerja," lanjutnya.

Ia menjelaskan, selama melakukan monitoring kemiskinan dengan TKPKD, dukungan camat dan kuwu cukup tinggi untuk ikut serta menyelesaikan masalah kemiskinan dan stunting.

"Kami kunjungan ke sejumlah kecamatan tidak hanya seremoni, melainkan bagaimana mencari solusi untuk penanganan kemiskinan, karena kemiskinan nanti ada kaitannya dengan stunting," pungkasnya. (Lisdis)

16 Mei 2023

SOSOK SEDERHANA SANG KAPOLSEK TANGGEUNG

INDOMEDIANEWSC - Disela Tugas keseharian yg kerap komplit dengan berbagai amanat yg 
diembannya sebagai kapolsek
Tanggeung, Kecamatan Tanggeung Kabupaten Cianjur,Jawa Barat, 

Pria Paruh ,  AKP. Deden Hermansyah SH, MH.
Selain Bersahaja dalam Kesehariannya dirinya tidak pernah berhenti selalu berusaha memberikan berbagai Upaya Untuk turut mengajak segenap Warga setempat dibawah binaan nya agar senantiasa berusaha tanpa lelah dalam mencapai peningkatan Kesejahteraan Taraf Hidup.

bagi warga dibawah naungan wilayah kerjanya, sebagai salah satu contohnya,  pada sore Tadi, Senin 15/05/2023 Pewarta IM mencoba 
menghampiri dan sejenak berbincang , Menjadi Seorang yang di amanatiTugas 
Negara Bagi warga Binaannya adalah sesuatu yang telah membawa fikiran dan cita2 saya untuk bisa memberikan Tauladan terbaik bagi sesama, terutama di wilayah kerja Polsek Tanggeung.

Kapolsek Tanggeung selaku polisi RW di desa Tanggeung Kec. Tanggeung, 
mengedukasi warga agar mau memberdayakan potensi sumber daya alam yang ada untuk meningkatkan ekonomi warga. Kegiatan tersebut di laksanakan Kapolsek dengan menginisiasi warga berupa memberikan bibit tanaman gingseng sekaligus melakukan penanaman di lahan warga, gigseng yang di tanaman jenis Ginseng Jawa atau Som Jawa (Talinum Paniculatum) tanaman ini banyak terdapat di wilayah tanggeung dan belum dikenal oleh masyarakat umum.

Ginseng jawa atau som jawa ini memiliki banyak khasiat, selain umbinya yg memiliki khasiat untuk kebugaran dan kesehatan tubuh, juga daunnya memiliki banyak khasiat, antara lain;
1. Mencegah Diabetes
2. Meningkatkan pertumbuhan dan metabolisme
3. Meningkatkan Kemampuan berf
4. Mengurangi stres
5. Mencegah penuaan dini dan lain lain.
cara mengkonsumsinya bisa di buat oseng oseng atau dijadikan lalapan dan masakan kuliner lainnya.

"Kegiatan tersebut di laksanakan dengan harapan agar warga mampu 
menumbuh kembangkan perekonomian di desanya dan memberdayakan 
potensi yg ada, serta sebagai wujud Perhatian Polri pada warga masyarakat" tutur AKP. Deden Hermansyah , saat memberi Tutorial sebagai bentuk edukasi Warganya dalam Budi daya Tanaman Herbal di Wilayah Kerjanya .( Herman )

15 Mei 2023

Caleg Dapil V " Sudarto" siap membangun Kabupaten Cirebon lebih baik

INDOMEDIANEWSC- Pria kelahiran 1985 yang merupakan putra Daerah, Sudarto , berniat untuk melakukan perubahan demi Kabupaten Cirebon yang lebih baik.
Dirinya menuturkan, bahwa Kabupaten Cirebon memiliki potensi dan tradisi yang sangat besar, untuk pengembangannya diperlukan adanya niat dan semangat untuk membangun dan melestarikan apa yang ada dengan bekerjasama dan menyatukan visi yang mengutamakan demi kepentingan Masyarakat secara luas.

"Putra Daerah dituntut untuk mampu membangun dan mengembangkan Kabupaten Cirebon ke arah yang lebih baik, oleh karenanya, saya sebagai salah satu putra Daerah berkeinginan untuk mengabdikan dan membangun, tentunya dengan dukungan dan sokongan dari berbagai pihak, karena tanpa adanya dukungan, tentunya harapan itu tidak akan mampu direalisasikan" tuturnya.

Sebagai salah seorang tokoh pemuda, dirinya sangat berterimakasih atas dukungan serta doa dari seluruh pihak, yang meminta dirinya untuk maju sebagai calon legislatif dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan daerah pemilihan V.

"Dukungan dan doa yang telah dimandatkan pada saya tentunya sangatlah berarti, semoga apa yang diharapkan akan bisa terwujud dengan ijin dan ridlo dari Allaj SWT, sekali lagi saya secara pribadi tidak hentinya memohon doa dan dukungan dari semua pihak, semoga cita-cita dan harapan saya menjadi Wakil Rakyat bisa tercapai" pungkas Sudarto. (1c)

13 Mei 2023

Tinah " Caleg DPRD Kab Cirebon Dapil 6" Norut 6 siap untuk perubahan

INDOMEDIANEWSC- Bertekad untuk memberikan yang terbaik dalam membangun Kabupaten Cirebon kearah yang lebih baik, berbekal dukungan dan sokongan dari berbagai pihak, Tinah, Wanita asal Desa Sarajaya, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, maju sebagai Caleg Davil 6 melaui Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.
Istri dari Kuwu Sarajaya ini berkeyakinan dengan adanya dukungan serta ridlo dari Allah SWT, dirinya akan mampu mewujudkan keinginan banyak pihak.

"InsyaAllah atas ijin Allah dan dukungan serta sokongan dari banyak pihak, saya akan berusaha semaksimalmungkin untuk mewujudkan keinginan warga Masyarakat agar Kabupaten Cirebon ini  semakin baik hususnya dalam mensejahterakan dan mencerdaskan anak bangsa" tuturnya.

Saat ditemui IM ditengah acara halal bihalal bersama ibu-ibu pengajian Desa Sarajaya yang bertempat di Saung Jati Mangkurasa Desa Lewidinding, Sabtu, 13/05/2023.
Dirinya mengharapkan keberadaan perempuan mampu berbuat lebih banyak dalam memberikan yang terbaik ditengah perubahan zaman yang kian maju dan berkembang pesat.

"Peran perempuan itu sangat menentukan maju dan mundurnya sebuah bangsa, dan sudah saatnya perempuan diberikan kesempatan untuk menunjukan jatidirinya sekaligus kemampuannya yang sejajar dengan kaum pria dengan tetap mempertahankan jatidirinya sebagai seorang perempuan, saya hanya bisa mengucapkan terimakasih atas doa dan dukungan dari semua pihak, semoga niat baik kita diridloi Allah SWT" pungkasnya.(1c)

FPPU Cirebon kutuk keras Pelecehan Pada Karyawati di Cikarang

INDOMEDIANEWSC- Forum pemberdayaan Pesantren dan Umat (FPPU) Kabupaten Cirebon mengutuk keras peristiwa kasus perpanjangan kontrak kerja lewat barter seks dengan oknum pimpinan perusahaan di wilayah Cikarang Bekasi Jawa Barat.

Hal tersebut disampaikan Ketua Koordinator Daerah (Korda) FPPU Kabupaten Cirebon, KH. Soleh Zuhdi saat ditemui di bilangan Buntet Pesantren Cirebon Jumat 12/5/2023.

Kiai Soleh Zuhdi  yang akrab disapa Gus Sozu yang juga Pengasuh Pondok Pesantren Al-Islah Buntet Cirebon, menegaskan pada pihak yang berwenang untuk menindak tegas oknum pimpinan perusahaan agar tidak berdampak pada karyawan-karyawan khususnya perempuan lain maupun daerah-daerah lainnya di seluruh indonesia. 

“Kami meminta dengan tegas pada pemerintah agar  mencabut izin Perusahaan yang pimpinan perusahaannya melakukan pelecehan pada karyawan perempuan di Cikarang dan mungkin juga terjadi di daerah lainnya”  tegas Ketua 1 Forum Pondok Pesantren (FPP) Provinsi Jabar tersebut. 

Sekretaris Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Pondok Pesantren Dewan Pimpinan Pusat : Ikatan Pesantren Indonesia (DPP IPI) ini memandang peristiwa barter sex dalam perpanjangan kontrak kerja yang terjadi diwilayah Cikarang Bekasi Jawa Barat sangat kejam dan sangat tidak manusiawi.

“Kasus barter sex ini sangat menodai dan melecehkan Indonesia, sehingga Pemerintah tidak boleh diam dan harus menindak tegas terhadap pelaku dan perusahaannya karena dikhawatirkan akan merembet ke wilayah lainnya,” tehasnya.

Lebih lanjut Kiai kharismatis asal Cirebon ini mengimbau agar karyawan yang mendapatkan perlakuan pelecehan seksual oleh atasannya untuk berani melaporkan pada pihak penegak hukum dan Negara wajib memberikan perlindungan pada para korban.

“Kami berharap bagi para korban untuk berani melaporkan pada pihak Kepolisian, karena pelecehan seksual ini mungkin terjadi diwilayah lainnya,” pungkasnya. (1c)

12 Mei 2023

Bunda Ayu " Perioritas program pengentasan kemiskinan"

INDOMEDIANEWSC- Pemerintah Kabupaten Cirebon memprioritaskan program pengentasan kemiskinan. Salah satunya dengan  melakukan dialog interaktif bersama para kuwu dan pihak terkait ditiap kecamatan.

Dalam keterangannya, Wakil Bupati Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih mengatakan, dialog interaktif bersama unsur terkait di kecamatan sangat diperlukan guna intervensi dari permasalahan yang ada. 

"Skala prioritas kami, untuk pengentasan kemiskinan," tuturnya, usai acara di kantor Kecamatan Susukanlebak, Kamis 11/5/2023.

Bunda Ayu, sapaan wakil Bupati ini menjelaskan, pemetaan wilayah yang tergolong banyak warga miskin kemudian intervensi yang dilakukan antara lain, mengurangi pengangguran dan adanya pelatihan bagi anak muda dan ibu-ibu. 

"Bila sudah memiliki skill, besar kemungkinan diterima pada perusahaan maupun pabrik. Begitu juga dengan pelatihan bagi ibu-ibu, akan menambah penghasilan dan kemiskinan dapat berkurang, yang terpenting adalah ada kemauan" tuturnya.

Masih dikatakan Bunda Ayu, dalam penyerapan tenaga kerja di perusahaan, salah satunya dengan mempermudah izin bagi invenstor. Namun, harus sesuai aturan izin yang dikeluarkan tersebut, sehingga berdirinya pabrik maupun tempat usaha sesuai dengan koridor aturan yang ada. 

"Pengentasan kemiskinan menjadi tanggung jawab seluruh pihak, sehingga diperlukan peran aktif steakholder yang ada," ujarnya.

Sementara itu, Camat Susukanlebak, Carmin mengungkapkan, pengentasan kemiskinan yang dilakukan salah satunya, pelatihan menjahit maupun perbengkelan.

"Anak muda yang putus sekolah, bisa melanjutkan melalui kejar paket dan bagi ibu-ibu atau pemudi desa dapat mengukuti pelatihan," ungkapnya.

Carmin menambahkan, pelatihan yang diadakan dari dinas terkait perlu ada tindak lanjut. Misalnya, penyaluran di perusahaan dan modal usaha setelah pelatihan perbengkelan. 

"Tindaklanjut dari pelatihan maupun sejenisnya sangat diperlukan, untuk pengentasan kemiskinan, jadi tidak berhenti di pelatihan saja, harus ada langkah lanjutnya, yaitu bagaimana caranya lapangan kerja itu benar-benar tersedia" tuturnya.

Dirinya mengharapkan peran serta seluruh pihak untuk pengentasan kemiskinan. 

"Mari bersama dalam upaya pengentasan kemiskinan di Kabupaten Cirebon, khususnya Kecamatan Susukanlebak,dengan berkurangnya pengangguran secara otomatis dapat menciptakan iklim yang lebih baik" pungkasnya. (1c)

Akhir Mei, 31 Paket Pekerjaan Jalan di Kabupaten Cirebon Dimulai

INDOMEDIANEWSC-- Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Cirebon telah mengajukan 31 paket pekerjaan jalan di Unit Kerja Pengadaan Barang Jasa (UKPBJ) Kabupaten Cirebon. 

Kepala DPUTR Kabupaten Cirebon, Ir. Iwan Rizki menyampaikan, saat ini ke-31 paket pekerjaan peningkatan jalan per hari Selasa 9 Mei 2023 di UKPBJ tengah masa sanggah, artinya sudah mendapatkan nama pemenang lelang, kemudian bisa segera dilaksanakan pekerjaannya.

"Sesuai jadwal UKPBJ, mudah-mudahan bisa berkontrak di tanggal 12-15 Mei 2023. Setelah itu, baru kita bisa melakukan pelaksanaan pematokan sesuai dengan perencanaan yang ada,” ujar Iwan Rizki, Rabu (10/5/2023).

Dari ke-31 paket yang ada, tiga ruas diantaranya merupakan ruas jalan strategis, yaitu pekerjaan di ruas jalan Tegalsari-Lemahtamba atau Kigede Cangkring. Di ruas jalan Tegalsari-Lemahtamba ada dua pekerjaan ruas jalan, dari mulai Ponpes Abu Mansur hingga rel kereta api, kemudian titik selanjutnya di akhir kegiatan menuju ke jembatan menuju pagar toya. 

“Ruas jalan berikutnya adalah ruas jalan Pabuaran-Jatiseeng, dengan alokasi anggaran Rp5,3 miliar. Insyaa Allah tahun 2023, ruas jalan tersebut selesai. Pekerjaannya ada rigit pavement dan hotmix. Ketiga ruas jalan Sindanglaut-Pabuaran, disana ada dua titik, yaitu di Desa Cikulak dan Cisaat. Mudah-mudahan dengan alokasi anggaran tersebut bisa mengurangi tingkat kerusakan yang ada di Kabupaten Cirebon,” jelas Iwan.

Menurutnya, alokasi anggaran pada tahun 2023 ada penurunan, pasalnya Pemkab Cirebon, khususnya DPUTR tidak tersupport oleh anggaran Provinsi maupun APBN. “Jadi, kalau total anggaran tahun 2023 ini kita hanya bisa merekonstruksi jalan sepanjang 48 kilometer. Kita bisa melakukan pemeliharaan berkala sepanjang 25 kilometer dan pemeliharaan rutin sepanjang 122 kilometer,” lanjutnya.

Berikut pekerjaan yang akan dilakukan oleh Dinas PUTR pada tahun anggaran 2023 :
1. Pemeliharaan periodik jalan Ciperna-Warungasem.
2. Peningkatan Jembatan pada ruas jalan Watubelah-Kaliwadas.
3. Peningkatan Jembatan pada ruas jalan Cangkuang-Jemaras.
4. Rehabilitasi Jembatan pada ruas jalan Sidawangi-Matangaji
5. Rehabilitasi Jembatan pada ruas jalan Tegalsari Lemahtambah.
6. Peningkatan jalan Tegalsari-Lemahtambah.
7. Peningkatan jalan Halimpu-Wangkelang.
8. Peningkatan jalan Karangwareng-Sumurkondang.
9. Peningkatan jalan Weru-Sarabau.
10. Peningkatan jalan menuju wisata Batik Trusmi.
11. Peningkatan jalan Windujaya.
12. Peningkatan jalan Sindanglaut-Pabuaran.
13. Peningkatan jalan Jatiseeng-Pabuaran.
14. Peningkatan jalan Arjawinangun-Suranenggala.
15. Peningkatan jalan Tegalsari-Lemahtamba
16. Peningkatan jalan Ciwaringin-Gintung Ranjeng.
17. Peningkatan jalan Cibogo-Babakan.
18. Peningkatan jalan Jenun-Ciwaringin.
19. Peningkatan jalan Putat-Panambahan.
20. Peningkatan jalan Megu-Lurah.
21. Peningkatan jalan Lurah-Waruroyom.
22. Peningkatan jalan Kebonjoar-Cupang.
23. Peningkatan jalan Jamblang-Bakung.
24. Peningkatan jalan Winong-Jemaras Kidul.
25. Peningkatan jalan Dawuan-Wanakaya.
26. Peningkatan jalan Kedawung-Warungasem.
27. Peningkatan jalan Bakung-Bangodua.
28. Peningkatan jalan Pekantingan-Jemaras Kidul.
29. Peningkatan jalan Gempol-Pegagan (Desa Kedungbunder).
30. Peningkatan jalan Celancang-Pangkalan.
31. Peningkatan jalan Sarajaya-Panda.
32. Peningkatan jalan Kramat-Cisaat.
33. Peningkatan jalan Kemlaka-Pilang Sari. 
(Lisdis)

Pemdes Gumulung tonggoh ajak semua pihak saling peduli

INDOMEDIANEWSC- Anggaran cair, Pemerintah Desa (Pemdes) Gumulungtonggoh Kecamatan Greged Kabupaten Cirebon, melaksanakan pengaspalan jalan desa setempat di beberapa titik.

Dalam keterangannya, Kuwu Desa Gumulungtonggoh, Agus Saefudin menuturkan, pengaspalan gang desa sangat diperlukan guna memberi kenyamanan warga saat aktivitas. 

"Ada lima titik gang desa yang saat ini tengah dilakukan pengaspalan" tuturnya, Kamis 11/5/2023.

Kuwu dua periode ini menjelaskan, 
anggaran yang bersumber dari pusat, provinsi maupun daerah sangat diperlukan untuk membangun dan mensejahterakan masyarakat. Maka perlu untuk segera direalisasikan, begitu pihak desa mengajukan. 

"anggaran turun, langsung dialokasikan sesuai peruntukkan, salah satunya yang saat ini tengah dilaksanakan adalah pengaspalan jalan gang desa," jelasnya.

Masih dikatakan Agus, untuk realisasikan program desa tentunya melibatkan masyarakat. Begitu juga ketika pengerjaan. Maka, tidak sedikit warga yang libatkan dalam proyek desa. 

"Dengan melibatkan masyarakat,  diharapkan ada rasa memiliki, sehingga pengerjaan lebih baik, dan sama-sama menjaga juga merawatnya" lanjutnya.

Dirinya mengucapkan terima kasih pada seluruh pihak, khususnya masyarakat yang berperan aktif dalam program desa. 

"Kami yakin dengan timbulnya rasa memiliki, tentu segala program yang telah direalisasi maupun belum akan semakin dapat dirasakan manfaatnya secara berkesibambungan" pungkasnya.(1c)

11 Mei 2023

SK BPD Lebak mekar belum terbit "hambat program Desa"

INDOMEDIANEWSC - Pemerintah Desa Lebakmekar Kecamatan Greged Kabupaten Cirebon, terhambat rencanakan pelantikan BPD setempat.

Kuwu Pergantian Antar Waktu (PAW) Desa Lebakmekar, Udin, pelantikan BPD akan dilanksanakn setelah mendapatkan Surat Keputusan (SK) dari kabupaten. 

"Sekitar bulan  Februari lalu kami  sudah ajukan ke kabupaten, akan tetapi hingga saat ini SK BPD belum juga turun" tuturnya, Kamis,11/05/2023.

Udin menjelaskan, belum adanya SK BPD sangat berdampak pada program desa. Salah satunya, perbaikan infrastruktur jalan ,Karena anggaran yang diajukan harus ada persetujuan dari lembaga tersebut, sehingga perlu untuk segera diterbitkan SK BPD. Belum lagi persiapan pemilihan kuwu, yang tentunya peran BPD sangat penting. Diantaranya , pembentukan panitia pilwu yang direncanakan Oktober mendatang dilaksanakan.

 "Sebagai mitra kerja desa, BPD memiliki peran penting. Sehingga, belum adanya SK BPD sangat berdampak dan menghambat program yang telah direncanakan" jelasnya.

Masih dikatakan Udin, dalam melaksanakan roda pemerintahan dan pembangunan desa diperlukan sinergitas dengan lembaga. Akan tetapi belum adanya SK, program desa terhambat. Pihak desa sudah beberapa kali menanyakan ke DPMD mengenai belum terbitnya SK BPD, namun tak kunjung diberikan.

 "Saat ini kewenangan ada di kabupaten untuk penerbitan SK dan begitu SK kami terima, langsung diadakan pelantikan sekaligus tanda tangan pengajuan anggaran desa," lanjutnya.

Dirinya mengharapkan, SK BPD  ini segera diterbitkan karena sudah kisaran tiga bulan pengajuan. 

"Untuk pengurus BPD untuk bersabar, kami terus berupaya agar SK secepatnya diterbitkan,"pungkas Udin.

Sementara itu, BPD terpilih, Rusdi mengungkapkan, sangat disayangkan belum terbitnya SK BPD. Padahal pihak desa sudah mengajukan, usai pemilihan. 

"Bila ada kekurangan berkas, beritahu kami, agar langsung dilengkapi. Jika ada hal lain yang diperlukan, mohon informasikan, jika hal yang mudah dipersulit, wajar kalau kami bertanya, ada apa " keluh Rusdi. (1c)

Desa Jatirenggang Dipilih Jadi Lokasi P2WKSS Tingkat Kabupaten Cirebon

INDOMEDIANEWSC  -- Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag membuka acara verifikasi awal program terpadu Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) 2023 di Desa Jatirenggang, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Cirebon, Rabu (10/5/2023).

Menurut Imron, program P2WKSS ini bertujuan untuk memberikan kesempatan dan dorongan yang seluas-luasnya kepada perempuan untuk meningkatkan kemampuan dirinya untuk berkiprah dalam berbagai pembangunan. 

Selain itu, P2WKSS di Desa Jatirenggang ini sebagai upaya peningkatan kualitas hidup perempuan dalam berbagai aspek, baik aspek pendidikan, kesehatan, ekonomi maupun sosial dan politik.

P2WKSS ini bertujuan untuk mencapai kesetaraan dan keadilan gender guna mencapai visi Kabupaten Cirebon, yakni Kabupaten Cirebon BERSAMA (berbudaya, sejahtera, agamis, maju, dan aman). 

"Sampai saat ini telah terbukti bahwa peranan perempuan dalam pembangunan telah cukup banyak mengalami kemajuan dan keberhasilan," ujar Imron.

"Walaupun tidak dapat dipungkiri, masih dijumpai permasalahan dan kendala, diantaranya karena masih adanya kultur dan budaya yang belum menerima sepenuhnya peran perempuan sebagai mitra sejajar pria dalam seluruh aspek kehidupan," sambung Imron.

Ia mengungkapkan, program P2WKSS merupakan program prioritas dan menjadi salah satu solusi dalam mengurangi kendala yang ada, khususnya permasalahan di desa.

"Setiap tahun kami menetapkan lokasi P2WKSS berdasarkan kepada desa prioritas dan merupakan desa model percontohan program pemberdayaan perempuan bagi desa-desa lainnya. Seperti tahun sekarang, yakni Desa Jatirenggang," ungkapnya.

Lebih lanjut Imron menjelaskan, bahwa sasaran dari program ini adalah keluarga. Artinya suami, istri dan anak, tetapi titik berat pembinaan, bimbingan dan bantuan banyak diarahkan kepada kaum perempuan. 

"Salah satu komitmen yang dilakukan pemerintah adalah mendorong percepatan pembangunan di desa, karena indikator keberhasilan pembangunan di satu daerah tertentu dilihat dari keberhasilan pembangunan yang ada di desa," jelas Imron.

Sementara itu, Kepala DPPKBP3A Kabupaten Cirebon, Hj. Eni Suhaeni, SKM, M.Kes mengatakan, bahwa dipilihnya Desa Jatirenggang sendiri sebagai lokasi P2WKSS 2023 melalui beberapa tahapan, mulai dari usulan dari DPMD dan TP PKK.

"Di Desa Jatirenggang ini memang belum memiliki potensi, namun nanti dengan adanya P2WKSS kita akan gali potensi yang ada. Karena sekarang baru verifikasi awal, sehingga kedepan kita melihat apakah warganya masih buang sampah sembarangan, PHBS-nya kurang terus. Kalau dilihat, belum ada sarana bermain anak," ujar Eni.

"Kemudian, apakah disini ada Paud atau tidak, setelah itu kita verifikasi kemudian kita melakukan intervensi agar semua itu bisa terpenuhi," lanjutnya.

Ia mengungkapkan, pihaknya memiliki target hingga November 2023 untuk menjadikan Desa Jatirenggang menjadi desa yang maju dalam semua hal.

"Nanti perangkat daerah terkait dan pihak swasta, baik perguruan tinggi maupun perusahaan lainnya dengan programnya melakukan intervensi, agar saat bulan November nanti kita laporkan ke provinsi untuk evaluasi akhir," pungkasnya. (Lisdis)

10 Mei 2023

BPD Astanajapura resmi dilantik

INDOMEDIANEWSC- Pelantikan dan pengambilan sumpah Anggota BPD Astanajapura, Kabupaten Cirebon, periode 2023/2029 dilaksanakan di Kantor Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, Rabu,10/05/2023.

Acara yang dihadiri unsur Muspika dan pemdes setempat berjalan dengan lancar dan penuh kesederhanaan.

Usai di ambil sumpah dan dilakukan Musyawarah bersama, memutuskan Susunan kepengerusan BPD Astanajapura Periode 2023/2029 sebagai berikut.

Ketua, Sarifudin,Wakil Ketua, Samsul Muarif, Sekretaris, Tuti Kurnia, Anggota, Yoga Dani Permana,Buang Nurhidayat,Abdul Rouf,Sukron Aziz,Abdul Haris dan Saefudin.

Dalam acara pelantikan tersebut, Camat Astanajapura,  H.Suharto, mengharapkan adanya peran serta dan kerjasama dari semua pihak guna memajukan Desa Astanajapura kearah yang lebih baik.

"Sinegritas harus terjalin baik antara Pemdes, Lembaga Desa maupun unsur terkait lainnya, terlebih lagi BPD sebagai mitra Pemerintah Desa tentunya harus sejalan dan seirama dalam mewujudkan sebuah roda pemerintahan Desa yang baik dan sejalan dengan peraturan yang berlaku" tuturnya.

Sementara itu, Ketua BPD terpilih, Sarifudin, menegaskan bahwa pihaknya akan berusaha semaksimalkan mungkin untuk bekerja sesuai tupoksi yang diemban, termasuk menjalin kerjasama dengan pihak Pemerintahan Desa.

"BPD adalah mitra Desa, tentunya harus sejalan dalam pemikiran maupun perbuatan, selama itu dilakukan dalam koridor hukum dan aturan yang berlaku, intinya kami berusaha secara bersama-sama untuk memajukan dan mengembangkan desa demi kesejahteraan warga Masyarakat, semoga dengan adanya keinginan yang sama dalam memajukan desa, segala program bisa terealisasi dengan baik" jelasnya.(1c

Wabup Cirebon: Kemiskinan Fokus Perhatian Pemerintah Daerah

INDOMEDIANEWSC-- Wakil Bupati Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih, S.E., M.Si bersama Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) melakukan monitoring dan evaluasi ke Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, Selasa (9/5/2023).

Dalam monitoring tersebut, Wakil Bupati yang akrab disapa Ayu ini menyebutkan, Weru merupakan kecamatan ke-15 di Kabupaten Cirebon yang disambangi oleh TKPKD.

“Kemiskinan menjadi salah satu perhatian Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon,” kata Ayu.

Ia menuturkan, bahwa pada 2021, jumlah warga miskin di Kabupaten Cirebon menembus angka 1,6 juta jiwa atau 70 persen dari total penduduk. Angka tersebut berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Menurutnya, upaya menurunkan angka kemiskinan masih terhambat, karena tidak selarasnya antara jumlah penduduk miskin dengan kondisi riil di lapangan.

“Kami terus melakukan monitoring ke kecamatan. Jangan sampai memberikan bantuan, tetapi tidak tepat sasaran. Kami lihat masih banyak yang seharusnya tidak dapat bantuan, malah mendapatkan bantuan,” ujar Ayu.

“Kepada kuwu atau camat, kalau masyarakat itu sudah tidak dinyatakan miskin lagi, harus segera dilaporkan dan harus berani,” sambungnya.

Sementara itu, Camat Weru, Hevazi Aldahary S.Sos., M.Si mengatakan, jumlah warga miskin di Kecamatan Weru berdasarkan DTKS lebih dari 52 ribu jiwa atau 80 persen dari total keseluruhan.

Menurutnya, jumlah warga miskin didominasi oleh Desa Karangsari dengan jumlah sekitar 7.900 jiwa.

“Kami akan melakukan update data dan memampang data kemiskinan di masing-masing desa. Sehingga, nantinya bisa dilakukan seleksi alam. Akan dilakukan bulan depan untuk mengurangi data tidak akurat,” tutur Hevazi. (Lisdis)

9 Mei 2023

Silaturahmi dan halal bihalal Calon Kuwu Karangsuwung "Abi" siap membangun Desa

INDOMEDIANEWSC - Abi Chedid mohammad Ramdhan (38 Tahun)  putra daerah  Desa Karangsuwung, Kecamatan Karangsuwung, Kabupaten Cirebon, siap membangun Desa menuju arah yang lebih baik.
Sosok pemuda sekaligus sebagai wakil ketua DPD KNPI Kabupaten Cirebon, berkeyakinan dengan adanya dukungan, sokongan dan kerjasama dari semua pihak, dirinya yakin mampu membuat suatu perubahan kearah yang lebih baik dari yang sudah baik.

"Semua Orang mempunyai hak dan kesempatan untuk berbuat sesuatu yang baik, dan saya mungkin satu diantaranya yang menginginkan adanya sebuah perubahan, khususnya dalam membangun dan mengembangkan Desa seperti yang diharapkan oleh Masyarakat secara umum, oleh karenanya, dengan segala kekurangan saya sebagai manusia, InsyaAllah dengan ijin dan ridlo dari Allah SWT, saya akan mencalonkan sebagai kuwu Desa Karangsuwung" tuturnya.

Pria yang senantiasa mengumbar senyum ini mengharapkan adanya dukungan dari Masyarakat untuk secara bersama-sama membangun Desa.

"Secara pribadi tentunya saya mengapresiasi segala hal yang telah terjadi di desa kami, baik itu pembangunan maupun program lainnya, namun demikian tentunya tidak ada salahnya jika saya mempunyai niat untuk memberikan yang terbaik untuk Desa dan Masyarakat Karangsuwung, perubahan itu perlu dilakukan dengan niat yang baik, saya pun yakin semua calon mempunyai niat yang baik, intinya mari satukan langkah, ikat erat persatuan dan kesatuan, dengan rasa rendah sebagai manusia, saya mohon doa dan dukungan serta ridlo illahi, harapan saya menjadi kuwu bisa terwujud dengan seijinnya, InsyaAllah, tidak lupa saya mengucapkan terimakasih yang tiada terhingga bagi warga Masyarakat yang telah mendukung dan memberikan kepercayaan kepada saya untuk memimpin di Desa Karangsuwung" pungkasnya. (1c)

8 Mei 2023

Kisruh Penjualan tanah " Kuwu Curwet" itu kesalahan BPN

INDOMEDIANEWSC- Beredar isu adanya penjualan tanah lapanga  bola Curugwetan, Kecamatan Susukan lebak, Kabupaten Cirebon yang dilakukan oleh mantan Kuwu Curugwetan, menimbulkan polemik yang berujung pada adanya laporan kepada pihak kepolisian ( Polsek Susukan lebak)
Dengan beredarnya isu tersebut, Pihak Pemdes Curugwetan, menggelar Musyawarah dengan mengundang kuwu yang terdahulu (Jaenudin-red) dan ketua BPD ( Bagya-red)

Dalam Musyawarah tersebut terkuak bahwa timbulnya isu tersebut akibat adanya kelalaian yang dilakukan oleh pihak BPN, hal ini disampaikan Kuwu Curug wetan, Anang , usai acara, Senin, 08/05/2023.

"Timbulnya persoalan tersebut akibat kelalaian dari pihak BPN, yang akibatnya terjadi kekisruhan pada masyarakat kami, yang pasti kami akan melakukan konfirmasi kepada pihak BPN bagaimana bisa keluar Denah tanah di lapangan bola atas nama PT.Tanjung jati, sementara dari hasil musyawarah, Kuwu yang terdahulu (Jaenudin) membeberkan hal yang sebenarnya hingga terkuak bahwa Tanah lapangan bola tersebut tidak pernah dijual, dan kami tegaskan beredarnya isu tentang penjualan Tanah lapangan bola itu tidak benar" jelasnya.

Sementara itu, mantan Kuwu Curugwetan, Jaenudin, sangat menyayangkan adanya isu tentang penjualan lapangan bola yang dilakukan oleh dirinya.

"Terus terang, kami merasa terzolimi dan difitnah dengan beredarnya isu penjualan lapangan bola, sementara selama saya menjadi kuwu curugwetan, bukannya mengurangi tanah desa bahkan bertambah, oleh karenanya isu tersebut sangat menyakiti hati saya maupun keluarga, dengan hal tersebut kami meminta kepada siapapun yang telah menyebarkan informasi tidak benar untuk bertanggung jawab, selain itu kami meminta agar nama baik kami dibersihkan" jelasnya.

Senada hal tersebut disampaikan ketua BPD Curug wetan  2020, Bagya .

"Ini jelas pencemaran nama baik dan telah merusak segala bentuk pengabdian yang telah kami lakukan selama saya menjadi ketua BPD dan bermitra dengan pihak pemdes, dengan adanya hal yang tidak pernah kami lakukan dan diisukan yang tidak-tidak, maka saya mengambil langkah tegas dengan membuat laporan ke pihak kepolisian, dalam hal ini Polsek Susukan lebak, jika perlu akan kami laporkan ke polres kota Cirebon, dan kami meminta pihak penegak Hukum untuk mengusut tuntas" tegasnya. (1c)

Kuwu Wangkelang " Pembangunan berkesinambungan"

INDOMEDIANEWSC- Upaya terus dilakukan pemerintah Desa Wangkelang, Kecamatan Lemahabang, Kab Cirebon, untuk melakukan berbagai pembenahan dan pembangunan dalam segala bidang, salah satunya yang telah dilaksanakan saat ini adalah pembangunan Tembok Penahan Tanggul ( TPT) yang berlokasi di blok Kliwon Desa setempat.

Hal ini disampaikan Kuwu Wangkelang, H.E. Sudirman, diruang kerjanya, Senin,08/05/2023.

"Secara bertahap kami terus berupaya untuk membangun Desa kearah yang lebih baik, salah satu upaya yang sudah dan tengah dilakukan  saat ini adalah pembangunan Tembok Penahan Tanggul yang berlokasi di Blok Kliwon, tentunya masih banyak program pembangunan dan pengembangan Desa yang belum terealisasi, ini perlu adanya dukungan dan sokongan dari berbagai pihak, termasuk Masyarakat itu sendiri, pada dasarnya kami akan terus berupaya secara maksimal agar Desa wangkelang mampu menjadi sebuah desa yang patut untuk dibanggakan" tuturnya.

Lebih lanjut Sudirman, menjelaskan, selain peningkatan infrastruktur, Sosial Budaya maupun lainnya menjadi program yang harus digalakan.

"Tidak semata infrastruktur yang menjadi program kami, namun sosial kemasyarakatan, Budaya ataupun Agama harus sejalan, termasuk program pengembangan lainnya, ini harus beriringan agar tercipta kesejahteraan dan peningkatan perekonomian warga yang berkesinambungan" pungkasnya. (1c)

7 Mei 2023

Bupati Cirebon Kukuhkan LPTQ Periode 2023-2027 dan Lepas Kafilah STQH Kabupaten Cirebon ke Tingkat Jabar

INDOMEDIABEWSC -- Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag melantik pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) tingkat Kabupaten Cirebon periode 2023-2027, di Hotel Koening Cirebon, Sabtu malam (6/5/2023).

Selain melantik pengurus LPTQ, Bupati Imron juga melepas Kafilah Kabupaten Cirebon yang akan berlomba pada ajang Seleksi Tilawatil Quran Hadits (STQH) ke-XVIII tingkat Provinsi Jawa Barat. 

Hadir dalam pelantikan pengurus LPTQ Kabupaten Cirebon tersebut, selain pejabat Pemkab setempat, para camat, puluhan peserta, pembina, pendamping dan official.

Bupati Imron dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada pengurus yang baru, semoga bekerja dengan baik dan bisa membawa para peserta dari Kabupaten Cirebon lebih bagus lagi.

Selanjutnya, Imron juga mengucapkan banyak terimakasih kepada pengurus sebelumnya yang sudah mengabdi di Kabupaten Cirebon.

"Kami juga tadi melepas para peserta Kafilah dari Kabupaten Cirebon untuk mengikuti STQH tingkat Jabar yang diadakan di Pusdai Kota Bandung. Mudah-mudahan peserta Kabupaten Cirebon bisa juara, minimal 5 besar," kata Imron.

Menurutnya, harus ada kesatuan, dimulai dari peserta, pembina dan pemerintah harus saling melengkapi. Walaupun memiliki peserta yang berpotensi, namun jika tidak mendapatkan polesan dari pembina/pendamping dan pemerintah tidak memback-up dari sisi anggaran, maka tidak menjadi jaminan para peserta ini mendapatkan juara.

"Makanya harus ada satu kesatuan dari peserta, pembina/pendamping dan pemerintah, supaya kita bisa menjuarai perlombaan," ujar Imron.

Sementara itu, Ketua LPTQ Kabupaten Cirebon, Drs. H. Mochammad Syafrudin melaporkan, bahwa pada periode sebelumnya (2019-2023), LPTQ Kabupaten Cirebon telah melaksanakan beberapa kegiatan, diantaranya MTQ tingkat Kabupaten Cirebon dan ajang STQ tingkat provinsi. 

"Pada ajang MTQ tingkat Kabupaten Cirebon, pertama pada tahun 2019 diselenggarakan di Arjawinangun, kemudian tahun 2020 semestinya dilaksanakan di Sedong, namun karena wabah Covid-19 sehingga tidak dilaksanakan," jelas Syafrudin.

"Selanjutnya, tahun 2021 dilaksanakan di Greged, namun dengan berbagai pembatasan, karena wabah Covid-19 yang masih belum usai, dan kemarin tahun 2022 dilaksanakan di Kaliwedi," lanjut Syafrudin.

"Disamping menyelenggarakan dan mengikuti MTQ dan STQ tersebut, LPTQ Kabupaten Cirebon melakukan pembinaan kepada para kafilah yang akan berlaga pada tingkat provinsi. Oleh karena itu, kami mohon doa agar Kabupaten Cirebon bisa mendapatkan prestasi di masa yang akan datang," imbuhnya.

Ia mengungkapkan, Kafilah STQH Kabupaten Cirebon telah siap mengikuti gelaran STQH tingkat Jawa Barat ke-XVII. Kali ini, terdiri dari 19 orang peserta dari 8 cabang STQH. Diantaranya 15 orang pembina, 6 orang pendamping dan 15 orang sebagai official. (Lisdis)

6 Mei 2023

Bupati Cirebon hadiri halalbihalal Pejuang Siliwangi Indonesia

INDOMEDIANEWSC- Halal bihalal DPC Pejuang Siliwangi Indonesia dan Ikatan Wanita Pejuang Siliwangi Kabupaten Cirebon, diselenggarakan di Sekretariat PSI Cirebon, pada Sabtu, 06/05/2023.
Acara yang dihadiri Bupati Cirebon, Drs.Imron,M.Ag dan seluruh Anggota PSI berjalan dengan penuh hikmat.
Dalam pemaparannya, Ketua DPC Pejuang Siliwangi Indonesia Kabupaten  Cirebon, Mustamid. A.M. S.pd, SH, C,L.A. mengharapkan dengan dilaksanakannya acara tersebut bisa semakin mempererat  persaudaraan Anggota PSI dan semakin memupuk rasa kebersamaan dan kecintaan terhadap NKRI.

"Melalui halalbihalal kita tanamkan rasa kecintaan terhadap NKRI yang telah memberi kita berbagai makna hasil dari pengorbanan para pejuang kemerdekaan, dan kita sebagai penerus, hususnya keluarga besar Pejuang Siliwangi Indonesia dituntut untuk mampu berkarya dan berprilaku yang berlandaskan pancasila, silih Asah, Silih Asih, Silih Asuh harus tertanam pada jiwa seluruh Anak Bangsa, semoga melalui acara ini, kekeluargaan dan peran PSI didalam Masyarakat semakin bermakna" tuturnya.

Sementara itu, Bupati Cirebon, Drs. Imron , M.Ag mengharapkan agar keberadaan Ormas/LSM mampu menjaga kearifan lokal.

"Keberadaan Organisasi Masyarakat ( Ormas) maupun Lembaga Sosial Masyarakat ( LSM) agar mampu menjaga dan melestarikan tradisi atau kearifan lokal, selain daripada itu, adanya Ormas maupun LSM bisa bekerjasama dengan penerintahan demi mewujudkan kesejahteraan dan pengembangan pembangunan yang merata dalam segala bidang, oleh karenanya kami sangat mengapresiasi kegiatan halalbihalal yang dilaksanakan oleh Pejuang Siliwangi Indonesia Kabupaten Cirebon, diharapkan dengan adanya acara tersebut mampu menjalin persatuan dan kesatuan demi NKRI, yang utama lagi adalah bersama membangun Negeri sesuai kemampuan yang ada, selamat kami ucapkan untuk keluarga besar PSI, semoga niat baik kita mendapat ridlo dari Allah SWT" tuturnya. (1c)

5 Mei 2023

Kuwu Picungpugur lantik perangkat Desa baru " mari satukan misi "

INDOMEDIANEWSC- Pelantikan dan pengambilan sumpah perangkat Desa baru Picungpugur , Nesa Sugiarto,  Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, dilaksanakan di Aula kantor desa setempat dengan disaksikan Lembaga desa dan Unsur Muspika Lemahabang, Jum"at 05/05/2023.

Dalam sambutannya, Kuwu Desa Picungpugur, Saki, mengharapkan kepada Perangkat Desa yang baru diambil sumpah untuk mampu bekerja sesuai tupoksi.

"Laksanakan tugas dan tanggung jawab sesuai tupoksi yang diemban, selain dari itu kami berharap agar kinerja seluruh jajaran perangkat desa yang lama maupun yang baru untuk menyamakan satu misi demi perkembangan desa picungpugur ke arah yang lebih baik, mari kita bersama-sama membangun desa dengan tetap mengedepankan kepentingan Masyarakat diatas segalanya" tututnya.

Senada hal tersebut disampaikan Plt Camat Lemahabang,Wawan Arif Gunawan, mengharap adanya kerjasama dari seluruh unsur.

"Kami ucapkan selamat kepada perangkat Desa Picungpugur yang baru saja dilantik dan diambil sumpah, semoga dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab bisa dilaksanakan dengan baik, selain dari itu harapan kami kepada pihak pemdes maupun lembaga Desa untuk mampu bekerjasama dan terus berkomunikasi dengan berbagai pihak termasuk Kecamatan jika dirasa ada sesuatu yang memang perlu dibahas demi pengembangan Desa, pesan kami, tetap jalin komunikasi dengan baik dan jangan takut atau segan untuk bertanya" jelasnya.

Sementara itu, Ketua BPD Picungpugur, Ikhsan Jubaedi, menuturkan rasa terimakasihnya atas dilaksanakannya acara pelantikan dan pengambilan sumpah terhadap perangkat Desa yang baru.

"Kami dari Lembaga Desa (BPD) mengucapkan selamat bertugas kepada saudara Nesa Sugiarto, semoga mampu melaksanakan kinerja sesuai tupoksi dan terus menjalin komunikasi dengan baik, jika ada masalah kecil jangan diperbesar, jika ada masalah besar diperkecil, intinya mari bersama membangun demi kesejahteraan Masyatakat secara menyeluruh" tuturnya. (1c)

Sinergitas Pemkab Cirebon bersama TNI-Polri Tetap Terjalin dengan Baik

INDOMEDIANEWSC  -- Pemerintah Kabupaten Cirebon meminta agar sinergitas dengan TNI maupun Polri tertap terjalin dengan baik. Pasalnya tahun ini sudah masuk tahun politik, sehingga dibutuhkan kerjasama semua pihak.

Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon, Dr. H. Hilmy Riva'i, M.Pd mengatakan, bahwa selama ini Pemkab Cirebon dan Pemkot Cirebon bersama unsur TNI-Polri sudah melakukan koordinasi yang sifatnya kolaboratif dan sudah berjalan dengan baik.

"Kedepan, kita menghadapi tahun politik dan 100 Pilwu serentak, sehingga harus diperkuat kerjasama dengan teman-teman dari TNI-Polri secara keseluruhan," kata Hilmy usai menghadiri acara Pisah Sambut Komandan Lanal Cirebon dan Dantim Intel Lantamal III Jakarta di Ballroom Grage Hotel Cirebon, Kamis (4/5/2023).

Ia berharap, dengan bergantinya pucuk kepemimpinan Danlanal Cirebon ini, tetap bisa bersinergi lebih baik lagi.

"Sertijab ini sebuah momentum, kalau kemarin untuk menjalin silaturahmi, kalau sekarang memperkuat jalinan silaturahmi antara pemerintah dengan TNI, khususnya Pemkab Cirebon dan TNI AU, AD ,AL dan Polri," ujar Hilmy.

Seperti diketahui Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Lanal Cirebon dan Komandan Tim Intel Lantamal III. Untuk Danlanal Cirebon dari Letkol Laut (P) Ainul Muslimin. S.E., M.TR. HANLA., M.M kepada Letkol Laut (P) Ridwansyah. S.E., D.W.C., M.Sos.

Sedangkan, Komandan Tim Intel Lantamal III Jakarta dari Dantim Intel lama Lantamal III Jakarta, Letkol Laut (E) Arsyam Wahid, S.T., M.Tr.Hanla., M.M. kepada Letkol Laut (P) Harwoko Aji, M.TR. Opsla.

Sertijab sendiri dipimpin langsung oleh Komandan Pangkalan Utama TNI AL III Jakarta, Brigadir Jendral TNI (Mar) Harry Indarto, S.E., M.M. (lisdis)

Kuwu Subandi "Pembangunan akan terus digalakan"

INDOMEDIANEWSC- Pemantapan jalan usaha tani sepanjang 300 meter dan perbaikan jalan lingkungan sepanjang 527 meter digalakan Pemerintah Desa Kanci Kulon, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon.
Hal tersebut dituturkan Kuwu Kanci Kulon, Subandi diruang kerjanya, Jum'at 05/05/2023.

"Alhamdulillah, saat ini kami telah merealisasikan peroyek pembangunan Desa berupa pengaspalan dan betonisasi yang berada di dusun 1 dan dusun 4 yang pembiayaannya berasal dari Dana Desa tahun anggaran 2023, tentunya harapan kami dengan fasilitas jalan yang memadai diharapkan bukan saja mampu memberi kenyamanan namun bisa meningkatkan kelancaran perekonomian warga sekitar" tuturnya.

Lebih lanjut Subandi menjelaskan, bahwa proyek pembangunan maupun pengembangan desa akan terus digalakan demi mensejahterakan warga sekitar.

"Peningkatan fasilitas umum maupun program pengembangan lainnya, baik sosial, Budaya ataupun kemasyarakatan dan keagamaan akan terus kami lakukan , ini bertujuan agar harapan Masyarakat untuk hidup lebih mapan atau sejahtera bisa terealisasi, walaupun tentunya membutuhkan dukungan dan peran serta dari semua pihak, termasuk secara bersama-sama memelihara segala bentuk proyek atau program yang telah dilakukan pihak pemdes, jangan sampai kepedulian warga pudar dan hanya mengandalkan kepada pihak Pemerintahan Desa, intinya mari bersama -sama mencintai Desa dengan cara berprilaku positif" pungkasnya. (1c)

3 Mei 2023

CADAS PANGERAN LONGSOR

INDOMEDIANEWSC- Dihimbau bagi PenggunaJalan yg Hendak melintasi jalur Cadas Pangeran dikawasan Sumedang Selatan, hal ini mengingat telah terjadi Longsor dari Tebing di area atas Dinding Cadas pangeran , tepatnya dari tebing yg terletak di Desa Ciherang, Kecamatan Sumedang Selatan, adapun luas area longsor dengan ketinggian 5M dan lebar dinding 10 M.,  kejadian longsor ini berawal dari hujan deras mulai pukul 18 .00 hingga pukul19.45 wib  Tgl 2/5/2023,  Beruntung dalam kejadian ini Tidak ada Korban Jiwa , hanya sejenak menyebabkan terhambatnya Lalu lintas pengguna jalan saja,sekira pukul 22 jalur Cadas Pangeran kembali normal Lancar, hal ini Berkat Aparatur serta Dinas Terkait Cukup Sigap dalam menangani Kejadian tersebut Sehingga Pengguna Jalan yg Melintas tidak terlalu mendapatkan Kendala yg berarti, Kinerja Para Dinas Terkait dilokasi Kejadian mencerminkan Loyalitas serta Tanggung Jawab dalam mengemban Tugas dengan Sempurna, Sinergitas dalam Penanganan dengan melibatkan Unsur aparatur setempat diantaranya ;
BPBD, Kepala Desa Ciherang ( Nana S.) ,Babinmas Ciherang ( Rudi ), Babinsa Cikalong (Alamsyah ),  dari Unsur PERHUTANI : KRPH Rancakalong ( Suryana ), POLHUT Sumedang ( Kurnia ), POLTER Rancakalong ( Warya Subagja Dinata, Taufik Hidayat ),  serta  Beberapa Angota Dari POLSEK SUMEDANG SELATAN.
Dari informasi yang diterima, selain kesigapan apratur Pemerintahan, warga sekitar pun turut membantu dalam penanganan longsor, hal ini disampaikan salah seorang warga setempat.

"Kerja sama pihak pemerintahan dan Masyarakat sangat berarti, harapan kami tentunya peristiwa tersebut tidak terulang kembali" tutur Herman. ( Suherman)

2 Mei 2023

Demokrasi untuk siapa ?

Mulai terdengar Tabuhan genderang pemilu kini semakin nyaring kedengaran. Aksi pasang strategi dengan segala intriknya sudah mulai terlihat, sebagaimana biasanya setiap kali ada pesta demokrasi di negara kita ini.

Pekerjaan Rumah (PR) yang selalu salah dan tidak selesai dikerjakan oleh demokrasi kita selama ini adalah bagaimana menjaga marwah politik pemilu kita agar tidak tersandra oleh berbagai macam kepentingan parsial yang egois dan opertunis yang pada akhirnya selalu dan selalu mengangkangi kepentingan rakyat banyak dengan beragam dalih.

Tujuan politik yang paling primordial sesungguhnya terletak pada pengabdian. Yang bermuara pada kepentingan Rakyat.

Jika hal tersebut tidak dipenuhi, mereka hanya akan menjadi apa yang dikatakan Aldous Huxely sebagai political Marchandiser, pedagang politik. Artinya bahwa menjadi seorang politisi itu sesungguhnya adalah sebuah pekerjaan dan panggilan mulia dan luhur.

cara berpolitik kita yang cenderung tidak bersih karena dimotivasi oleh mental pedagang, yang hanya mau cari keuntungan di dunia politik yang pada akhirya menghalalkan segala cara untuk mendapatkan semua ambisi pribadi dan kelompok.

Pada situasi persaingan seperti ini, politik, rasionalitas dan idealitas bukan menjadi faktor determinan. Kepintaran, pengalaman, loyalitas ke publik, dedikasi, integritas, dan kepemimpinan yang telah teruji tidaklah menjadi jaminan seorang politisi menang. Ini adalah sesat pikir dalam pemilu kita

Pemilu merupakan ruang publik yang suci, tempat bagi warga untuk menentukan pilihannya akan siapa yang akan mewakilinya sekaligus menjalankan Amanah mereka bagi kebaikan mereka dan bersama. Rakyat adalah kata kunci dari setiap politik pemilu.

Kalau memang demikian maka yang menjadi ukuran dalam politik pemilu adalah siapa yang bisa mewakili dan menyuarakan suara rakyat?

Di balik pertanyaan ini, ada pengandaian yang sangat kuat yakni bahwa orang yang bersedia dipilih, dia harus mempunyai kualifikasi yang mumpuni.

Artinya dalam dunia politik yang demokratis, pemilu adalah medium utama bagi rakyat untuk menyampaikan aspirasinya, sekaligus tempat di mana rakyat memilah dan memilih mana yang kompeten dan mana yang tidak.

Masalahnya, interpretasi terhadap kandidat berkualitas (dan juga kinerja yang diinginkan) sangat variatif, mengetahui berbagai faktor sekaligus, seperti preferensi ideologi, informasi kelengkapan, dan faktor kontekstual.

Semoga tersemogakan fenomena perpolitikan di Negeri kita akan berahir kepada kepentingan Rakyat, dan buka kepentingan pribadi maupun golongan. (R.Agus Syaefuddin)