5 Apr 2023

Kolak " Menu Istimewa Ramadhan"

Penulis : R.Agus Syaefuddin

Saat bulan Ramadhan tiba, bergaunglah pesan, yang  tertulis  nyata dan abadi “berbukalah dengan yang manis,” dan salah satunya adalah Kolak. merupakan sesuatu yang kemudian menjadi sebuah tradisi masyarakat untuk selalu ada bila mana Ramadhan tiba, tanpa terpengaruh oleh RAS atau tradisi di suatu daerah.

Dan memang tradisi menyantap kolak menjadikan bulan Ramadhan di Indonesia seakan sedemikian khas jika dibandingkan di tempat lain di penjuru dunia.

Kolak (atau kolek) adalah makanan khas Indonesia yang berbahan dasar gula aren atau gula kelapa, santan, dan daun pandan yang disatu padukan dengan beragam sajian sesuai selera.

Kolak memiliki rasa yang gurih dan manis dan tekstur yang lembut. Kolak biasanya disajikan hangat, namun bisa juga disajikan dingin dengan ditambah es batu sehingga menjadi es kolak.

Selain kolak buah pisang, kolak biji salak juga kerap ditemui saat bulan Ramadhan. Kolak biji salak terbuat dari ubi jalar yang dibentuk bulat, lalu dicampur dengan tepung tapioka.  Perlu diketahui, kolak biji salak tidak menggunakan biji buah salak sebenarnya, melainkan menggunakan isian bola-bola ubi yang terbuat dari ubi jalar.Berdasarkan isiannya, jenis kolak yang cukup dikenal oleh masyarakat di antaranya yaitu:

• Kolak pisang• Kolak candil ketan• Kolak labu• Kolak biji salak atau ubi jalar• Kolak durian bahkan ada pula kolak buah buahan.

Di era moderen yang penuh disajikan beragam hidangan kekinian, keberadaan kolak di Bulan Ramadhan tetap menjadi primadona dan menjadi sajian yang tidak terkalahkan.

Dunia dan kemajuan jaman boleh berubah, namun kolak tetap kokoh ditengah kehidupan Masyarakat yang beragam,,bahkan kolak tidak memandang kasta atau kedudukan seseorang, rasanya ada sesuatu yang kurang jika Ramadhan tidak ditemani Kolek atau Kolak.


0 $type={blogger}: