30 Apr 2023

PROFIL DIRKUMAD BRIGJEN TNI Dr. ATENG KARSOMA, S.H., M.Kn

INDOMEDIANEWSC - Brigjen TNI Dr. Ateng Karsoma yang saat ini menjabat sebagai Direktur Hukum TNI AD (Dirkumad). Brigjen TNI Dr. Ateng Karsoma, S.H., M. Kn. menggantikan Brigjen TNI Tetty Melina Lubis, S.H., M.H. yang merupakan pejabat sebelumnya. 

Jabatan baru Brigjen TNI Ateng Karsoma resmi diembannya setelah Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman memimpin serah terima jabatan (sertijab) di lingkungan TNI AD. Sertijab ini dilaksanakan di Aula AH Nasution, Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta, Jumat 28 April 2023 kemarin.

Demikian Profil Brigjen Ateng Karsoma yang Kini Menjabat Direktur Hukum TNI AD selengkapnya.

Brigjen TNI Dr. Ateng Karsoma, S.H., M.Kn. lahir di Sumedang pada tanggal 18 April 1974. Ia menamatkan pendidikan sekolah dasar pada tahun 1987 di SD Negeri Sayang yang berada di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang. Setelah itu melanjutkan pendidikan sekolah menengah pertama di SMPN 1 Cikeruh Sumedang dan lulus pada tahun 1990. Pendidikan jenjang menengah atas ditempuh di SMA Negeri 1 Sumedang Jawa Barat dan lulus pada tahun 1993.   
 
Sebagai Seorang Militer, Ia telah menempuh berbagai pendidikan pengembangan umum di TNI AD diantaranya sebagai Taruna Akademi Militer Magelang yang ditempuh selama tiga setengah tahun sehingga lulus dan dilantik menjadi seorang Perwira TNI berpangkat Letnan Dua Infanteri pada tahun 1996, mengikuti Sussarcab Infanteri tahun 1997, kemudian menempuh Diklapa II Hukum lulus pada tahun 2011 dan pendidikan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad) lulus pada tahun 2015. 

Selain pendidikan pengembangan umum, Dr. Ateng Karsoma juga telah menempuh berbagai pendidikan pengembangan spesialisasi diantaranya latihan dasar pasukan udara (Latsar Para) lulus pada tahun 1996, kemudian mengikuti Kursus Intensif Bahas Inggris (KIBI) TNI AD lulus pada tahun 1997, mengikuti Kursus Combat Intel lulus tahun 1997, mengikuti Kursus Perwira Bantuan Hukum Pidana lulus pada tahun 2009, selanjutnya mengikuti kursus jabatan Oditur Militer (Susjabormil) lulus pada tahun 2016.  

Jenjang pendidikan Sarjana ditempuh Brigjen TNI Dr. Ateng Karsoma, S.H., M.Kn. di Sekolah Tinggi Hukum Militer (STHM) Jakarta pada tahun 2004 dan lulus pada tahun 2008, kemudian menempuh pendidikan Pasca Sarjana konsentrasi Magister Kenotariatan di Universitas Jayabaya Jakarta lulus pada tahun 2014, selanjutnya pendidikan Doktoral diselesaikan di Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran Bandung lulus pada tahun 2020.  Dari semua rangkaian Pendidikan yang pernah ditempuh, hampir seluruhnya diselesaikan dengan predikat terbaik.    

Selama menjadi Perwira Pertama TNI AD, Ia telah menghabiskan sebagian waktunya di medan operasi diantaranya Operasi Rajawali Aceh Tahun 1998 dan Operasi Mengatasi Konflik Horisontal Ambon Tahun 2000. Mungkin karena diilhami oleh penugasan operasi yang dialaminya inilah yang menjadikannya menjadi Seorang Perwira Hukum yang selalu menyuarakan slogan “Penegakan Hukum Secara Profesional tidak hanya menghakimi tetapi juga melindungi Prajurit di lapangan”. 
 
Dr. Ateng Karsoma juga adalah sosok Prajurit yang sangat konsisten dengan dunia akademis. Mengenai hal ini dapat diamati dari pemikirannya mengenai pengetahuan hukum yang dikemas dalam beberapa buku yang sebagian telah diterbitkan diantaranya Buku dengan Judul “Perlindungan Hukum Hak Paten Alpahankam” dan Buku “Hukum Operasional”. Selain melalui Buku, beberapa pemikiran Dr. Ateng Karsoma juga telah diterbitkan melalui Jurnal Internasional. Selain itu, lewat pemikirannya, Dr. Ateng Karsoma juga ikut membidani lahirnya Organisasi Jaksa Agung Muda Pidana Militer yang dibentuk berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 15 Tahun 2021 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kejaksaan Republik Indonesia.    
Beberapa jabatan penting di Lingkungan TNI yang pernah diemban dimulai dari Pengasuh Akademi Militer, Danton, Danki dan Pasiops Yonif 141/AYJP, Kepala Seksi di Hukum Kostrad, Dansatdik Pusdikkum Kodiklatad, Kabagbinsat Subditbincab Ditkumad, Kasubdiskumkus Disbanhatkum Babinkum TNI, Kabidkuminterham Babinkum TNI, Kabidgakkum Babinkum TNI, Oditur Militer Tinggi, Waka Otmilti IV Makassar Babinkum TNI, Ketua Sekolah Tinggi Hukum Militer dan diusianya yang ke-49 Tahun, berdasarkan Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/338/III/2023 tanggal 29 Maret 2023, Brigjen TNI Dr. Ateng Karsoma, diberikan amanah dan kepercayaan untuk mengemban tugas sebagai Direktur Hukum TNI Angkatan Darat yang ke-29.    

Atas pengabdian dan kesetiaannya dalam berdinas di Lingkungan TNI, Negara memberikan penghargaan berupa Satyalencana Dharma Nusa, Satyalencana Kesetiaan VIII Tahun, XVI Tahun, XXIV Tahun, Satyalencana Bintang Kartika Eka Paksi Nararya dan Satyalencana Dwidya Sista.     
 
Dari pernikahannya dengan Imas Widiawati, S.Kes, Ia telah dikaruniai 3 (tiga) Orang Putri yaitu Radhwa Kharissa Kusuma Nannda, Ratna Yustisia Realova, Dan Raqila Zahra Kirana. Baginya keluarga adalah sumber kekuatan dan kebahagiaan. Karena itu ia selalu memegang teguh prinsip: “Strong TNI starts from home, TNI Kuat berawal dari rumah” (1e)

29 Apr 2023

Peringati Hari Otonomi Daerah, Bupati Cirebon" Layani Masyarakat Sesuai Tupoksinya "

INDOMEDIANEWSC -- Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag pimpin langsung apel peringatan Hari Otonomi Daerah yang ke-27 tahun 2023 tingkat Kabupaten Cirebon di halaman Kantor Bupati Cirebon, Jum'at (28/4/2023).

Bupati Imron mengajak kepada seluruh pejabat dan pegawai Pemerintah Kabupaten Cirebon bersama-sama melayani masyarakat sesuai dengan tupoksinya. 

Karena menurutnya, hakikat otonomi daerah adalah bagaimana daerah itu bisa memajukan daerahnya masing-masing untuk kemajuan dan kemaslahatan masyarakat.

Ia juga menginginkan, peringatan Hari Otda ini dijadikan sebagai sarana untuk memperkuat komitmen koordinasi, sinergi dan kolaborasi agar penyelenggaraan sistem otonomi daerah semakin efektif, guna mewujudkan tata kelola pemerintahan yang lebih baik.

“Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-27 sebagai momentum untuk memperkuat komitmen, koordinasi, sinergi dan kolaborasi, agar penyelenggaraan sistem otonomi daerah semakin efektif untuk Indonesia yang semakin maju dan masyarakat lebih sejahtera,” ungkap Imron.

Sementara itu, Wakil Bupati Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih, SE, M.Si menambahkan, bahwa masih banyak pekerjaan rumah (PR) yang harus segera diselesaikan, begitupun visi misi Bupati dan Wakil Bupati harus bisa tercapai pada masa akhir jabatannya.

"Harapannya, karena kita masih banyak PR yang harus diselesaikan, begitupun visi misi Bupati dan Wakil Bupati harus bisa tercapai pada akhir masa jabatan," ujar Ayu.

"Oleh karenanya, dibutuhkan kreativitas dan inovasi para pejabat untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat," lanjutnya.

Peringatan Hari Otda ini, menurut Ayu, ada baiknya mengingat kembali pemahaman mengenai otonomi daerah. Diantaranya dengan menggali berbagai potensi sumber daya yang dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD), serta memacu percepatan dan pemerataan pembangunan masing masing wilayah. 

"Mendorong perkembangan wilayahnya dan sebagai kontrol pemanfatan potensi daerah, baik berupa komoditas unggulan, pajak, retribusi, serta sumber daya yang dimiliki agar pemanfataanya optimal sebagai sumber pendapatan daerah," kata Ayu. (Lisdis)

27 Apr 2023

Tradisi Ngunjung Buyut Cabuk Terus Dilestarikan

INDOMEDIANEWSC  -- Bupati Cirebon, Drs. H.Imron, M.Ag menghadiri acara Ngunjung Buyut Cabuk, sedekah bumi, sunatan massal, dan santunan anak yatim piatu di Desa Warukawung, Kecamatan Depok Kabupaten Cirebon, Kamis (27/4/2023).

Menurut Bupati Imron, Ngunjung Buyut Cabuk ini merupakan tradisi dan budaya leluhur yang harus terus dilestarikan. Tradisi ini mengandung makna yang cukup dalam, dimana dalam satu kegiatan bisa meliputi berbagai aspek, seperti sosial, keagamaan, kemasyarakatan dan lainnya.

"Saya harap agar kegiatan seperti ini bisa dilestarikan untuk kemajuan kita bersama. Kita harus bergotong-royong dan berbagi kepada sesama yang membutuhkan," tutur Imron.

Ia berharap, kedepan setiap desa bisa ikut mengadakan kegiatan yang dilakukan oleh Desa Warukawung ini. 

"Ini kegiatan positif dan bisa dicontoh, karena mengandung nilai-nilai budaya yang baik untuk sesama," ungkap Imron.

Sementara itu, Kuwu Desa Warukawung, Kecamatan Depok Kabupaten Cirebon, Agung mengatakan, kegiatan ini merupakan momentum bagi masyarakat untuk bersilaturahmi paska lebaran dan dilakukan rutin setiap tahunnya.

"Ini kegiatan rutin yang dilakukan setelah Idul Fitri, karena masyarakat semua kumpul dan ini merupakan lebarannya warga Desa Warukawung," katanya.

Agung menjelaskan, ada beberapa kegiatan yang telah dilakukan oleh Pemerintah Desa Warukawung mulai hari Rabu tanggal 26 April hingga 30 April 2023. Kegiatan tersebut meliputi ziarah kubur, sunatan massal, santunan anak yatim piatu, donor darah dan napak tilas. Untuk sunatan massal sendiri diikuti oleh puluhan anak dari beberapa desa di Kecamatan Depok. 

"Untuk sunatan massal ada 30 anak dari beberapa desa di Kecamatan Depok, bahkan ada juga yang dari Klangenan. Sedangkan untuk santunan anak yatim ada 100 anak," jelas Agung.

"Yang bagusnya lagi, mereka yang mengikuti sunatan massal didoakan oleh 26 imam musholah yang ada di Desa Warukawung dan diaminkan oleh 100 anak yatim piatu," imbuhnya. (Lisdis)

26 Apr 2023

Reuni Akbar Patwa " seduluran selawase" diikuti Ribuan Alumnus

INDOMEDIANEWSC- Ribuan Alumnus dengan penuh semangat mengukuti acara yang digelar sebagai tanda ikatan silaturahmi sesama Alumnus agar tetap terjalin tali persaudaraan walau sudah terpisah dengan waktu dan aktifitas yang berbeda.

Dalam keterangan yang disampaikan salah seorang Ketua Panitia dari angkatan ke 19, H.Roni, menuturkan pentingnya acara tersebut.

"Kami sangat bersyukur dengan digelarnya acara Reuni Akbar Alumnus Patwa dari berbagai angkatan, diharapkan dengan dilaksanakannya acara ini mampu untuk terus mengikat tali persaudaraan atau silaturahmi antar sesama, selain itu, harapan kami tentunya seluruh alumnus untuk tetap mengingat almamater dan keberadaan dunia pendidikan, hususnya para pendidik dan para ulama yang telah bersusah payah mendirikan Patwa sebagai tolak ukur perkembangan ilmu pengetahuan, hususnya dalam hal Ilmu Agama" tuturnya.

Lebih lanjut Roni, menjelaskan bahwa terlaksananya acara Reuni Akbar berkat dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak, dan ini menandakan kecintaan Alumnus tetap terjaga dengan baik.

"Jerih payah kami saat ini terobati dengan kehadiran para Alumnus yang telah menempatkan waktu ditengah kesibukan dan aktifitas masing-masing, terlebih lagi masih dalam nuansa Idul Fitri, oleh karenanya ijinkan kami menghaturkan Selamat Hari Raya Idul Fiti, mohon maaf lahir batin" tuturnya.

Pelaksanaan Reuni Akbar Alumnus Patwa, selain diisi dengan kegiatan arak-arakan, juga dilaksanakan kegiatan Donor darah, Pengobatan geratis, Bajar dan kegiatan sosial lainnya. Sesuai tema " seduluran selawase" diharapkan persaudaraan akan tetap terjalin tanpa terhalang waktu. (1c)

24 Apr 2023

Temu Kangen Alumnus SMA NU Sindanglaut Angkatan Tahun 1991

IMDOMEDIANEWSC - Ikat silaturahmi yang dikemas dalam acara temu kangen SMA NU Sindanglaut , Kabupaten Cirebon Angkatan Tahun 1991 dihadiri oleh hampir seluruh Siswa dan Dewan pendidik yang dilaksanakan di Kafe Asem Manis, Sedong, 22/04/2023 berjalan dengan penuh kesederhanaan namun penuh makna.

Dalam sanbutannya, Perwakilan dari Dewan Guru, Oman Faturaohman, menuturkan rasa terimakasihnya sekaligus wejangan bagi para Alumnus untuk tetap istikomah menjadi warga Nahdatul Ulama 

"Ini merupakan satu kegiatan yang sangat berarti, kami sangat berterimakasih kepada para Alumnus yang terus mempererat silaturahmi, kami hanya berpesan untuk terus istikomah menjadi warga nahdiyin" tuturnya.

Senada hal tersebut disampaikan pendidik lainnya, pak Nasir.

"Jangan putus silaturahmi, kami hanya memohon doa serta dukungan untuk pengembangan pendidikan yang diselenggarakan NU, satu yang menbanggakan, saat ini SMA NU Sindanglaut sudah memiliki pesantren yang mudah-mudahan akan semakin mengembangkan pendidikan NU dimasa kini dan masa yang akan datang" jelasnya.

Sementara itu , panitia Pelaksanaan Temu kangen Alumnus, Endang Heryanto,,menuturkan rasa terimakasih kepada semua pihak yang telah bersama-sama mensukseskan acara tersebut.

"Kami atas nama Panitia menghaturkan rasa terimakasih yang tidak terhingga kepada semua rekan dan para guru yang telah hadir dalam acara temu kangen angkatan tahun 1991, semoga dengan jalinan silaturahmi akan terus mampu mengikat tali persaudaraan, hususnya kepada para dewan pendidik kami haturkan terimakasih yang tiada terhingga atas segala jerih payah dan kesabaran selama mendidik sisiwa- siswi NU yang InsyaAllah akan kami kenang sampai kapanpun, beliau-beliau layak menyandang predikat pahlawan tanpa tanda jasa" lirihnya.

Acara temu kangen sendiri selain mempersatukan seluruh alumnus lewat halal bihalal, juga diisi dengan berbagai kegiatan lainnya, salah satunya malalui renungan sesaat yang mengenang jasa para pendidik lewat iringan simponi himne guru. (1c)

20 Apr 2023

Satgas Yonif Raider 514/SY Ikut Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Cartenz di Polres Nduga

INDOMEDIANEWSC- Bertempat di lapangan upacara Polres Nduga telah dilaksanakan Apel gelar Pasukan Operasi Ketupat Cartenz tahun 2023 dalam rangka pengamanan Idul Fitri 1444 H. (18/04/2023)

Kegiatan ini merupakan wujud sinergitas Aparat Keamanan yang berada di wilayah Polres Nduga. Apel gelar pasukan diikuti oleh Personil Polres Nduga, Satgas Yonif R 514/SY, Satgas Damai Cartenz, Kopasgat, dan Satpol PP Kabupaten Nduga.

Bertindak selaku inspektur upacara, Pj. Bupati Nduga, Namia Gwijangge, S.Pd., M.Si., Dalam sambutannya Namia menyampaikan apresiasi kepada Aparat Keamanan TNI/Polri yang bertugas dan bersinergi dalam menjalankan program yang telah direncanakan Pemerintah Daerah Kabupaten Nduga. 

"Minggu lalu umat Kristiani telah merayakan Hari Raya Paskah, dalam beberapa hari kedepan umat Muslim akan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1444 H. Dengan itu Kita semua perlu meningkatkan kualitas toleransi antar umat beragama di Kabupaten Nduga ini." Terang Namia.

Kegiatan ini akan berlangsung selama 14 hari kedepan, mulai tanggal 18 April sampai dengan tanggal 1 Mei 2023. Secara terpisah Dansatgas Yonif R 514/SY, Letkol Inf Rinto Wijaya menyampaikan bahwa kegiatan pengamanan ini akan tetap dilaksanakan tidak hanya sebatas menjelang waktu lebaran saja akan tetapi akan tetap berlanjut sampai dengan seterusnya sehingga kondisi keamanan di Nduga tetap aman dan kondusif. (Lis 1e)

18 Apr 2023

Jelang lebaran "40 warga Wangkelang menerima BLT DD"

INDOMEDIANEWSC- Hari penuh arti dirasakan oleh 40 warga Desa wangkelang, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon.betapa tidak, disaat menjelang datangnya Hari Raya Idul Fitri, 40 KPM ( keluarga Penerima manfaat) menerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa ( BLT DD ) selama tiga bulan ( Januari-Maret 2023) sebesar Rp.900.000.
Hal tersebut dituturkan Kuwu Desa Wangkelang, HE. Sudirman saat menyaksikan penyaluran BLT DD di Aula Kantor setempat, Selasa, 18/04/2023.

"Sebanyak 40 warga jompo yang menerima BLT DD secara penuh, dimana setiap KPM menerima bantuan per bulan Rp.300.000 , jadi dikalikan tiga Bulan, terhitung Bulan Januari sampai Bulan Maret 2023 setiap KPM menerima BLT DD dengan jumlah total Rp.900.000. Dan yang perlu saya tegaskan adalah.uang itu sangat berguna bagi setiap penerimanya, oleh karena itu, kami tegaskan kepada siapapun baik itu Lembaga Desa maupun Perangkat Desa untuk tidak melakukan potongan dengan dalih apapun, itu mutlak hak penerima, dan kami dari Pemerintahan Desa tidak lupa mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon maaf lahir batin" tuturnya.

Senada hal tersebut disampaikan Ketua BPD wangkelang, Esa Saputra, yang turut hadir menyaksikan pembagian BLT DD bagi ke 40 penerima.

"Kami dari Lembaga tentunya sangat berterimakasih atas kinerja pak kuwu dan jajarannya yang telah berupaya maksimal agar anggaran bisa disalurkan sesuai posnya, salah satunya adalah BLT DD bagi 40 warga jompo, tentunya harapan kami uang yang telah diterima dapat bermanfaat dengan baik, gunakan sebaik.mungkin agar lebaran ini benar-benar bermakna, intinya mari kita terus bekerjasama untuk membangun Desa wangkelang agar menjadi sebuah Desa yang benar-benar dapat dibanggakan, semoga kita semua dapat terus menjaga silaturahmi sesama kita" jelasnya. (1c)

17 Apr 2023

Pengelola Pastikan Jalan Tol Kanci Pejagan nyaman

INDOMEDIANEWSC- Menyambut arus mudik lebaran (Idul Fitri 1444 H), Pengelola Jalan Tol di wilayah Cirebon Jawa Barat dan Brebes Jawa Tengah, PT Semesta Marga Raya (PT.SMR) memastikan Zero Potholes atau tidak ada Jalan berlubang pada ruas Tol Kanci Pejagan, walaupun intensitas hujan masih tinggi. 

Hal tersebut dituturkan Kepala Cabang PT. SMR, Uum Jumadi saat dikonfirmasi kesiapan arus mudik dibilangan ruas Tol Kanci Cirebon, Senin ,17/4/2023.

Dalam pemaparannya, Uum memastikan pengawasan dan pemeliharaan yang di intruksikan Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR pada Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dilaksanakan oleh PT Semesta Marga Raya yang mengoperasikan Ruas Tol Kanci Cirebon dan Ruas Tol Pejagan Brebes Jateng.

“Walaupun intensitas hujan masih tinggi, Kami pastikan mutu aspal pada ruas Tol Kanci Pejagan dan pemeliharaannya maksimal, sesuai yang diamanatkan regulator BUJT Kementerian PUPR, jadi perioritas kami adalah memberiikan kenyamanan bagi pengguna jalan" tuturnya.

Disinggung soal intruksi Menko PMK, Muhadjir Efendi yang meminta para pengelola Jalan Tol untuk melakukan inovasi untuk meningkatkan servis pada masyarakat yang menggunakan jasa Jalan Tol. Kepala Cabang PT Semesta Marga Raya ini mengklaim, sudah mengecat setiap jembatan dan menyiapkan ratusan toilet di Rest area arah Jawa Tengah. 

“Selain zero potholes, kami melakukan inovasi yaitu dengan memperbanyak rambu-rambu dan pengecatan pada setiap jembatan, serta memperbanyak petugas dan kendaraan derek dilapangan untuk memantau dan mengantisipasi kendaraan yang mogok pada ruas di Tol Kanci Pejagan,” ujarnya. 

Lebih lanjut, Kepala Cabang Tol Kanci Pejagan tersebut mengimbau pada para pemudik untuk tidak memaksakan jika mengalami kelelahan untuk menghindari kecelakaan dengan beristirahat di rest area yang sudah disediakan. 

“Kami imbau para pemudik mempersiapkan fisik, cek kondisi kendaraan dan siapkan Box K3 dan jika sudah merasa lelah,  beristirahatlah di Rest Area yang sudah ditentukan,” pungkasnya.(1c)


Bupati Cirebon Pastikan Mudik Lebaran Tahun Ini Berjalan Lancar

INDOMEDIANEWSC-- Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag berharap, arus mudik pada Hari Raya Idul Fitri 1444 H ini berjalan lancar. Antisipasi dilakukan pemerintah daerah bersama sejumlah pihak untuk memastikan kelancaran momen tersebut.

Imron menyebutkan, dalam upaya memastikan kelancaran saat arus mudik Lebaran 2023, pemerintah daerah mengoperasikan 60 pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) dan 12 rumah sakit di Kabupaten Cirebon.

Selain itu, lanjut Imron, pemerintah daerah melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) juga mendirikan posko kesehatan yang disebar seluruh jalur mudik Kabupaten Cirebon, mulai dari jalur arteri, jalur wisata, hingga jalur tol.

“Diharapkan, mudik sekarang berjalan dengan baik dan lancar,” kata Imron saat apel gelar pasukan Operasi Ketupat Lodaya di Mapolresta Cirebon, Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon, Senin (17/4/2023).

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman menyebutkan, dalam Operasi Ketupat Lodaya 2023, jumlah personel yang dikerahkan sebanyak 1.661 orang. Ribuan orang itu akan berjaga selama 18 April sampai dengan 1 Mei 2023.

Ditambahkan Arif, Polresta Cirebon mendirikan 16 posko pelayanan yang tersebar di 12 jalur arteri, 3 di jalur tol, dan di Mapolresta Cirebon. Seluruhnya berada di perbatasan Indramayu, Kuningan, Majalengka, hingga Brebes, Jawa Tengah. 

“Personel juga akan melayani warga Kabupaten Cirebon yang mudik saat lebaran, karena ada ribuan warga Kabupaten Cirebon yang berada di luar kota akan pulang ke kampung halamannya," ujar Arif. (Lisdis)

15 Apr 2023

Kabupaten Cirebon Peringkat ke-2 Terbaik dalam Bubos ke-7 Tingkat Jawa Barat

INDOMEDIANEWSC-- Pemerintah Kabupaten Cirebon menghadiri acara puncak Bulan Suci Berbagi on The Street (Bubos) ke-7 tingkat Jawa Barat secara daring di Pendopo Bupati Cirebon, Sabtu (15/4/2023).

Acara puncak Bubos 7 tingkat Jawa Barat ini diikuti oleh kepala daerah di 27 kota/kabupaten. Dan dalam kegiatan ini, Kabupaten Cirebon mendapatkan peringkat ke-2 terbaik dalam pelaksanaannya.

Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang sudah ikut melaksanakan program Bubos 7 ini. Ia juga mengatakan, bahwa dengan program dari Gubernur Jawa Barat ini, Bubos 7 mengajarkan kita untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

"Kabupaten Cirebon dinobatkan menduduki peringkat ke-2 pelaksanaan Bubos ke-7, terbanyak tingkat Jawa Barat," kata Imron.

Imron menjelaskan, penobatan peringkat ke-2 ini tidak luput dari peran serta semua pihak. Seperti untuk Rantang ASN sebanyak 15.274, Rantang Forkopimda 3.550, Rantang Komunitas 2.500, Rantang Pramuka 3.100 dan Rantang PKK 21.600.

"Total Rantang Cinta pada program Bubos 7 tingkat Kabupaten Cirebon terkumpul 45.824 yang dibagikan kepada masyarakat," jelas Imron.

Ia berharap, program Bubos ini terus berkelanjutan. “Tidak mesti menunggu bulan puasa, tetapi bisa dilakukan kapan saja,” sambung Imron.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat, H. Ridwan Kamil yang akrab disapa Kang Emil ini, mengatakan bahwa Bubos 7 ini diinisiasi saat dirinya masih menjabat sebagai Walikota Bandung. Sehingga, ketika menjabat Gubernur Jabar, Kang Emil bersama Ibu Cinta (Atalia Praratya) meneruskan program tersebut.

"Bubos diinisiasi saat kami masih menjabat Walikota Bandung. Hari ini, saya bahagia acara Bubos bisa terlaksana dengan baik," ujar Kang Emil. 

Ia menjelaskan dalam program Bubos 7 ini, Rantang Cinta telah memecahkan Rekor Muri sebanyak 1.442.425 yang telah dibagikan kepada masyarakat yang tersebar di 27 kota/kabupaten di Jawa Barat.

"Dari angka tersebut, terbanyak pertama adalah Kabupaten Subang dan kedua Kabupaten Cirebon. Dan acara Bubos ke-7 ini juga dilakukan oleh komunitas Pasundan dari Lampung, NTB, Jepang dan Australia," ungkap Kang Emil.

Senada dengan Kang Emil, Atalia Praratya, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jabar juga mengatakan, bahwa program ini diharapkan terus dilakukan, tidak hanya di Jawa Barat, namun seluruh wilayah di Indonesia.

Selain itu, kata Atalia, selain memberikan Rantang Cinta atau makanan untuk berbuka puasa, Bubos juga memiliki sejumlah program. "Kami keliling untuk memberikan Rantang Cinta, ada bedah rumah, pengobatan gratis dan juga ada program pendidikan," ujarnya. (Lisdis)

13 Apr 2023

warga Sedong ucapkan terimakasih kepada Wakil Bupati Cirebon

INDOMEDIANEWSC- salah seorang  warga Desa Sedong Kidul Kecamatan Sedong Kabupaten Cirebon Nyi Ruhayati ( 57 thn ) rumahnya terkena longsor pada Rabu malam kamis tanggal 7 Desember 2022 pukul 18.30 WIB. Memperoleh bantuan Rutilahu.

Diketahui hal tersebut, salah satu anggota Pejuang Siliwangi Indonesia Kabupaten Cirebon 
Ruyai, yang berada dilokasi tersebut, saat itu langsung melaporkan
kejadian itu kepada Ketua DPC Pejuang Siliwangi Indonesia Kabupaten 
Cirebon MUSTAMID. A.M, S.Pd., S.H., M.H., C.L.A.
Atas laporan,  Mustamid yang juga sebagai Dewan Penasehat Kongres 
Advokat Indonesia Provinsi Jawa Barat,langsung berkomunikasi dengan Wabup Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih, S.E., M.Si. dengan laporan tersebut, langsung bertandang meninjau lokasi longsor
dengan di damping unsur MUSPIKA, Kuwu Sedong Kidul Jono dan 
anggota Pejuang Siliwangi Indonesia. 

Kedatangan Orang nomor dua di Kabupaten  Cirebon, tersebut disambut baik oleh warga sekitar yang sudah menunggunya dan ingin bertatap muka 
secara langsung.

Dijelaskan oleh Ayu, pihaknya merasa peduli terhadap warganya yang terkena musibah, pemerintah wajib hadir di tengah-tengah masyarakat yang sedang
membutuhkanya.
Pihaknya, memerintahkan kepada pemerintahan Desa Sedong Kidul untuk segera membuatkan profosal pengajuan bantuan ke BAZNAS Kabupaten Cirebon (Badan Amil Zakat Nasional), 

"Selagi kami mampu untuk berbuat yang terbaik untuk warga Masyarakat, InsyaAllah akan kami lakukan" tegas ayu.

Ayu pun memberikan semangat serta motivasi kepada warga yang 
terkana longsor, dan juga memberikan peralatan yang dibutuhkan 
warga. Warga merasa senang dengan kehadiran Wabup, bahkan 
mendoakan apa yang dicita-citakanya dilancarkan oleh Allah SWT.

Sementara Mustamid sangat mengafresiasi kepada Wabup yang telah menyempatkan waktunya ditengah kesibukanya untuk bertandang ke lokasi longosor yang kala itu sedang hujan. dikatakan Mustamid, inilah ciri seorang pemimpin yang amanah 
sebagimana Syaidina Umar Bin Khattab 

“ Harus bisa mendengar, melihat dan merasakan “ Mendengar artinya sebagai seorang pemimpin harus peka terhadap permasalahan atau keluhan warga 
yang dipimpinya, Melihat artinya bukan hanya mendapatkan informasi 
melainkan harus melihat langsung apa yang sedang terjadi pada saat 
itu, merasakan artinya setelah mendengar kemudian melihat dan 
dapat merasakan langsung apa yang terjadi saat itu, kemudian sangat 
dibutuhkan tindakan nyata" jelasnya

Lebih lanjut dikatakan Mustamid, pihaknya ingin berbuat sesuatu yang dapat bermanfaat untuk orang lain, Khoirunnas Anfa`uhum Linnas 

“ Sebaik baik manusia adalah mereka yang memberikan manfaat untuk orang 
lain” tandasnya.
Sementara Ucapan terima kasih disampaikan kepada Pemerintah 
Daerah Kabupaten Cirebon yang dalam hal ini Ibu Hj. Wahyu Tjiptaningsih, S.E., M.Si. Wakil Bupati Cirebon yang telah memberikan bantuan untuk perbaikan rumah. 

"Kami saat itu  meninjau 
langsung lokasi longsor meskipun diguyur hujan, semoga amal baik ibu Ayu, mendapat ridlo dan balasan setimpal dari Allah SWT" pungkasnya(1c)


Bubos ke-7, Pemkab Cirebon Distribusikan 35 Ribu Rantang Makanan

INDOMEDIABEWSC -- Pemerintah Kabupaten Cirebon menggelar Bulan Suci Berbagi on The Street (Bubos) ke-7.  Berbeda dengan gelaran sebelumnya, Bubos kali ini dilakukan untuk menggerakkan masyarakat untuk saling berbagai satu sama lain. 

Wakil Bupati Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih, S.E, M.Si mengatakan, agenda Bubos serentak dilakukan di seluruh wilayah Kabupaten Cirebon. Sebanyak 35.000 rantang makanan disebar oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk masyarakat yang membutuhkan.

Secara simbolis, Wabup Ayu menyerahkan 221 rantang makanan ke-3 yayasan yang ada di Kecamatan Dukupuntang, yaitu Yayasan Insan Kamil di Desa Sindangjawa, Yayasan Darul Qur'an di Desa Cikalahang, dan Yayasan Al Ishlah di Desa Bobos.

“Momen ini sangat pas untuk berbagi kepada masyarakat Kabupaten Cirebon. Hadirnya pemerintah daerah harus bisa dirasakan,” ujar Ayu seusai menyerahkan rantang makanan di Yayasan Insan Kamil, Desa Sindangjawa, Kecamatan Dukupuntang, Kamis (13/4/2023).

Pengurus Yayasan Insan Kamil, Hariri mengatakan, Pemerintah Kabupaten Cirebon hingga saat ini memberikan rasa kepeduliannya kepada seluruh santri yang ada di yayasan tersebut.

“Pemerintah ada kepedulian kepada kami, dengan harapan kepedulian yang dilakukan tidak hanya saat Ramadan, tetapi bisa berkelanjutan,” kata Hariri.

Puncak acara Bubos ke-7 Tahun 2023 bakal digelar pada 15 April 2023 di halaman depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung. 

Bubos 7 ini juga serentak digelar di 27 kabupaten/kota di Jawa Barat, bahkan melibatkan diaspora di negara Australia dan Jepang yang juga akan melakukan kegiatan berbagi. 

Awalnya, kegiatan BUBOS tersebut dinamakan Buka Bersama On The Street. Namun, karena adanya pandemi berubah menjadi Buka Bersama On The Screen, hingga saat ini menjadi Bulan Suci Berbagi On The Street. (Lisdis)

Pangdam III/Siliwangi Tabur Benih Ikan di Desa Bandengan Cirebon

INDOMEDIANEWSC - Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, S.I.P, melakukan kunjungan kerja ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Desa Bandengan, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Rabu (12/4/2023).

Dalam kunjungan tersebut, Pangdam III/Siliwangi didampingi oleh Danrem 063/Sunan Gunung Jati Kolonel Inf Dany Rakca, S.A.P, M.Han, Dandim 0620/Kabupaten Cirebon, Letkol Inf Afriandi Bayu Laksono, S.Sos, M.I.Pol, Wakil Bupati Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih, SE, M.Si dan sejumlah pejabat lainnya.

Kegiatan ini merupakan kegiatan tabur benih ikan air tawar oleh Pangdam III/Siliwangi di dua tambak. Sebelumnya, lahan tersebut dipergunakan sebagai tambak garam. Tambak ini akan ditanam benih ikan lele dengan menggunakan cairan Bios 44 DC.

Ia mengatakan, bahwa cairan Bios 44 dipercaya dapat memperbaiki kualitas air di perairan tambak. Pasalnya, Bios 44 sendiri adalah cairan bio organisme. Sehingga, jika kualitas air bisa diperbaiki, maka aktivitas budidaya pengembangbiakan ikan dapat lebih produktif.

"Saya disini mencoba melakukan penebaran ikan, tentunya tidak sekedar menebar ikan. Tapi juga mencoba mentreatmen bagaimana tambak itu sendiri menjadi suatu potensi yang integral, antar lingkungan alam, manusia dan teknologi. Ada pendekatan dan cara mentreatmen air tambak, melalui fisika atau mesin, tetapi tentu mahal biayanya. Apalagi menggunakan bahan kimia, itu akan lebih rawan dan bahaya," ungkap Kunto.

Oleh sebab itu, kata Jenderal bintang dua tersebut, pihaknya mencoba menggunakan cara pendekatan biologis, yakni menggunakan mikroba dan bakteri melalui inovasi Bios 44. 

"Bios 44 merupakan teknologi biologi mikroba, sebagai suatu upaya melalui proses penguraian sedimen untuk mengurangi amoniak. Amoniak diurai menghasilkan nitrit, dari nitrit akan menghasilkan oksigen yang baik. Disisi lain, sedimen tanah akan terurai dan berkurang, hal itu menjadikan debit air lebih banyak," jelas Kunto.

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih, SE, M.Si, mengatakan atas nama Pemerintah Kabupaten Cirebon mengucapkan banyak terima kasih kepada jajaran Kodam III/Siliwangi atas perhatiannya kepada masyarakat, khususnya di Desa Bandengan. Dimana Desa Bandengan ini mayoritas 80 persen warganya berprofesi sebagai nelayan.

Namun, kata Ayu--sapaan akrab Wabup, dengan kondisi nelayan ini, sebagai wilayah penghasil ikan, seharusnya tidak ada anak-anak di Kabupaten Cirebon yang terkena stunting. 

Di tahun 2021, jumlah anak yang terkena stunting di Kabupaten Cirebon mencapai 15.299 anak, namun kini sudah ada penurunan hampir 1 persen.

"Sehingga, perlu ada edukasi. Karena kalau saya monitoring terkait dengan stunting yang ada di Kabupaten Cirebon ini, semuanya terkait dengan SDM dan pola asuh. Jadi, kita lebih memberikan edukasi kepada ibu-ibu tentang bahaya stunting," kata Ayu.

Pada kunjungan kerja tersebut, Pangdam III/Siliwangi memberikan bantuan sosial sekaligus melakukan buka puasa bersama dengan warga Desa Bandengan, Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon. (Lisdis )

12 Apr 2023

Pemprov Jabar Gelar Operasi Pasar Murah, 5.720 Warga Kabupaten Cirebon Menjadi Prioritas

INDOMEDIANEWSC – Pemerintah Provinsi Jawa Barat bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Cirebon menggelar Operasi Pasar Murah (OPM) di Desa Windujaya, Kecamatan Sedong, Kabupaten Cirebon, Rabu (12/4/2023). 

Kegiatan tersebut dilakukan, karena kondisi ekonomi akhir-akhir ini selalu dinamis. Apalagi dua tahun terakhir, kemampuan daya beli masyarakat cenderung menurun akibat pandemi Covid-19. 

Selain itu, harga-harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan, terlebih menjelang hari-hari besar keagamaan, sementara penghasilan masyarakat cenderung menurun.

“Gubernur beserta jajaran pemerintah Jawa Barat hadir untuk memberikan program operasi pasar murah, supaya masyarakat bisa membeli kebutuhan pokok yang akan memenuhi kebutuhan nanti di hari raya Idul Fitri," ujar Kepala UPTD BPSMB AMDK Cirebon pada Disperindag Provinsi Jawa Barat, Dedi Hermadi ST.

"Diharapkan dapat membantu meningkatkan kemampuan ekonomi masyarakat, khususnya di Kabupaten Cirebon,” sambung Dedi. 

Menurutnya, dalam kegiatan OPM ini, pihaknya mengalokasikan sekitar 5.720 rumah tangga penerima manfaat. Dibanding dengan kabupaten/kota lainnya, Kabupaten Cirebon mendapatkan kuota paling banyak. Hal ini adalah bentuk peran aktif Pemkab Cirebon melalui Disperdagin.

“Jadi, ribuan rumah tangga penerima manfaat itu sudah melalui seleksi, yang memang merupakan pilihan. Mulai dari kepala desa, kemudian dikukuhkan melalui camatnya dan akhirnya diverifikasi oleh mitra kami di Pemkab Cirebon," jelas Dedi.

"Sistemnya, kami (Pemprov Jabar) berikan program diskon hampir 50 persen. Nilai subsidi sekitar Rp450 juta lebih se-Kabupaten Cirebon,” lanjut Dedi.

Ditempat yang sama, Wakil Bupati Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih, SE,. M.Si mengungkapkan, pada prinsipnya,  pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Cirebon mengapresiasi dan mengucapkan banyak terimakasih kepada Pemprov Jabar yang telah memberikan bantuan subsidi hampir 50 persen.

“Mudah-mudahan sasaran rumah tangga penerimanya lebih banyak lagi,” kata Ayu--sapaan akrab Wabup Cirebon.

Selain itu, dirinya juga mengapresiasi kinerja camat dan kuwu, karena sudah mendata warganya dengan valid.

Ayu menjelaskan, bahwa yang menerima bantuan subsidi ini adalah yang belum pernah mendapatkan bantuan, baik dari Kabupaten Cirebon maupun pusat.

 “Kegiatan pasar murah ini, selain diadakan di Kecamatan Sedong juga tersebar di dua kecamatan lainnya, yaitu Kecamatan Lemahabang dan Gebang,” ujar Ayu. 

Harga satu paket dalam OPM itu, kata Ayu, dibanderol Rp165 ribu. Akan tetapi, masyarakat cukup membelinya dengan harga Rp85.000, karena pemerintah telah mensubsidi menjadi Rp80.000. 

“Kami atas nama pemerintah daerah sangat mengapresiasi, karena menjelang Idul Fitri, biasanya ada peningkatan harga kebutuhan pokok. Dengan adanya pasar murah ini, mudah-mudahan dapat meringankan masyarakat Kabupaten Cirebon,” pungkasnya. (Lisdis)

Ramadhan sang perubah



Penulis : R.Agus Syaefuddin

Ramadhan merupakan Bulan dimana kita berupaya untuk mengumpulkan pahala dengan berbagai cara yang berbalut niat sesuai dengan nurani dan harapan.
Ramadhan pula merupakan Bulan terbaik dari segala Bulan yang baik.
Disaat Alunan Al-qur'an tak terdengar di Bulan biasa, Di Ramadhan terdengar saling bersahutan dari surau, Masjid bahkan Rumah yang terdengar merdu tanpa pengeras suara.
Akankah keindahan syahdu Ramadhan akan terus ada di luar Bulan Ramadhan, atau berebut pahala hanya ramai dan terjadi di satu Bulan dari dua belas bulan yang ada, yaitu Ramadhan.
Betapa Indahnya makna Ramadhan bagi seluruh Ummat Islam di empat penjuru mata angin, betapa bermaknanya Bulan Ramadhan, hingga kita berusaha untuk mampu menahan hawa nafsu, bersabar dan saling peduli yang diakhiri dengan mengalirnya zakat fitrah dan aksi kebaikan lainnya yang pahalanya berlipat ganda.
Disadari atau tidak, banyak perubahan yang terjadi di Bulan yang penuh maghfiroh dan ampunan.
Yang pada bulan biasa, kita kerap enggan untuk menempelkan jidat diatas hamparan sajadah, namun di Ramadhan segalanya berubah.
Lantas apakah ada yang salah dengan perubahan tersebut, tentunya tidak.
Lebih baik menjadi insan yang terbaik walau dilakukan hanya di Bulan Ramadhan dengan penuh keikhlasan daripada tidak sama sekali seumur hayat dikandung badan.
Betapa keindahan terjadi di Bulan Ramadhan, tidak ada permusuhan, tidak ada pertengkaran bahkan yang terdengar hanya ungkapan kasih dan saling perhatian antara satu sama yang lain.andai saja kita seluruh Ummat Manusia mau jujur dan mengakui, bahwa Ramadhan adalah bulan dimana kita bisa membangkitkan rasa saling peduli, toleran dan kebersamaan.
30 Hari kita hidup dengan serba aturan yang tidak dipaksakan, makan dan minum kita sangat teratur, bahkan bangun malam menjadi sebuah keniscayaan yang dirasa bukan sebuah beban. Semuanya hanya ada di Bulan Ramadhan.
Semoga harap dan do'a kita, rasa saling peduli, rasa saling mengasihi akan terus terjadi walau Ramadhan telah berlalu.marhaban ya Ramadhan....

8 Apr 2023

Peringatan Nuzulul Qur'an " jamaah Al-amin dan warga Kanci wetan

INDOMEDIANEWSC - Peringatan Nuzulul Qur'an sekaligus peringatan Hari Besar Islam dengan tema mari kita jadikan Al-Qur'anul karim sebagai iman penuntun dalam kehidupan, digelar Masyarakat dan jamaah Musola Al-amin, Desa Kanci wetan, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, Sabtu, 08/04/2023.

Peringatan Nuzulul Qur'an yang dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaninhsih tersebut mendapat sambutan antusias dari ratusan pasang mata yang hadir dalam acara tersebut.

Dalam sambutannya Wakil Bupati yang akrab disapa bunda Ayu menututkan, betapa pentingnya melaksanakan peringatan Nuzulul Qur'an sebagai tanda ucap syukur atas nikmat yang diberikan Allah.

"Tidak hentinya kita sebagai ummat Islam untuk senantiasa mensyukuri segala nikmat yang diberikan Allah, semoga dengan dilaksanakannya peringatan Nuzulul Qur'an semakin mendekatkan kita kepada sang maha pencipta, selain itu tentunya, bertepatan dengan Bulan Ramadhan,semoga kita senantiasa diberikan kesehatan dan berkah dari Allah, mari berlomba untuk berbuat kebaikan dan saling peduli dengan sesama" tuturnya.

Peringatan Nuzulul Qur'an selain menghadirkan penceramah kondang, DR.KH. Muhammad Abbas Billy Yachy , dari pesantren Buntet, juga diisi dengan berbagai pertunjukan dari mulai lantunan salawat, Hadroh dan santunan bagi Anak Yatim dan jompo.

Ada yang istimewa dalam acara tersebut, karena dihadiri oleh artis pantura, Hj. Diana  sastra yang mengalunkan nada salawat sekaligus menyaksikan pelaksanaan santunan Anak Yatim dan jompo.

Acara  yang mendapat suport dan dukungan penuh dari PT.Topang Jaya Utama  tersebut diharapkan mampu membangkitkan perusahaan atau pengusaha lainnya untuk mendukung segala bentuk kegiatan yang positif, hususnya dalam nuansa keislaman.

"Kami sangat mendukung kegiatan keagaman termasuk memperhatikan dan saling berbagi bagi saudara kita yang membutuhkan , termasuk Anak Yatim dan jompo, tentunya harapan kami semoga apa yang kami berikan bisa bermanfaat dan dapat menjadi tauladan agar pengusaha atau siapapun yang memiliki sedikit kelebihan harta untuk tidak henti dalam berbagi, selain itu, kami sekaligus warga Masyarakat Kanci wetan, sangat berterimakasih atas kehadiran Ibu wakil Bupati Cirebon dalam acara tersebut, semoga apa yang kita lakukan akan memdapat ridlo dan imbalan pahala dari Allah SWT" tutur Topang Nurjaya, Direktur PT. Topang Jaya Utama. (1c)



Berkah Ramadhan " Kuwu Karangasem bagikan beras"

INDOMEDIANEWSC- Kuwu Desa Karangasem, Kecamatan Karangwareng,Kabupaten Cirebon membagikan beras kepada 379 warga jompo dan janda.
Kegiatan tersebut merupakan salah satu wujud kepedulian atas sesama sekaligus memberikan perhatian husus kepada warga yang memang berhak untuk memperoleh bantuan berupa beras.
Hal ini disampaikan Kuwu Karangasem, Heriyanto,kepada IM, Sabtu, 08/04/2023.

"Kami telah membagikan beras kepada  379 warga ( Jompo dan janda) yang berada di susun 1,2,3,4 dan dusun 5 dengan 18 jumlah RT yang mana setiap warga jompo maupun janda menerima beras sebanyak 5 Kg per Orang" tuturnya.
Lebih lanjut Kuwu yang akrab disapa Yanto menjelaskan bahwa kegiatan pembagian beras merupakan agenda rutin yang telah dilaksanakan kali kedua.

"Ini merupakan kali kedua kami melaksanakan pembagian beras kepada warga jompo maupun janda, dengan harapan apa yang kami lakukan dapat sedikitnya bisa meringankan beban mereka, walaupun memang nilainya tidak seberapa, selain itu tentunya harapan kami agar rasa saling peduli ini terus tertanam pada diri semua warga, kami yakin Masyarakat kita masih tinggi nilai kebersamaannya" pungkasnya.(1c)

7 Apr 2023

Pemkab Cirebon Optimis Angka Stunting Bisa Terus Ditekan

INDOMEDIANEWSC-- Wakil Bupati Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih, SE, M.Si menyebutkan, angka stunting di Kabupaten Cirebon menurun. Berbagai upaya terus dilakukan untuk menekan angka tersebut.

Hal tersebut disampaikan oleh Ayu--sapaan akrab Wabup Cirebon--  saat acara Perluasan Safari Gemarikan dalam rangka percepatan penurunan Stunting dan Gizi Buruk dengan tema "Ayo Makan Ikan" di Desa Panguragan Kulon, Kecamatan Panguragan Kabupaten Cirebon, Kamis (6/4/2023).

“Angka stunting di Kabupaten Cirebon sudah mengalami penurunan dari 15.299 kasus menjadi 14.014. Artinya, sudah mengalami penurunan sebesar 1,6 persen," katanya.

Ia menjelaskan, menurunnya kasus stunting berkat kerja keras semua pihak, mulai dari Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga desa.

Menurut Ayu, program yang sudah lakukan, seperti pendataan, kemudian pendampingan kepada orang tua dan anak-anak stunting juga sudah berjalan. Bahkan, untuk audit kasus stunting juga sudah dilakukan.

"Kami berharap kedepan, dalam satu tahun kita bisa turun 3 persen kasus stunting di Kabupaten Cirebon," harap Ayu.
 
Ia pun optimis, tahun 2024 mendatang wilayah Kabupaten Cirebon bisa terbebas (zero) stunting, meskipun posisi Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) masih diangka 18 persen.

"Harapannya, bisa turun dan sesuai dari program pusat yang memang harus konvergensi antara provinsi, kabupaten/kota. Supaya di tahun 2045, menjadi generasi emas generasi unggul dan bisa zero stunting," lanjutnya.

Di tempat yang sama, Anggota DPR RI, Ono Surono, ST mengatakan, kegiatan ini merupakan program dari pemerintah pusat. Dan bukan hanya sekarang saja, melainkan sudah ada sejak zaman Presiden Megawati.

Menurut Ono, kegiatan ini harus terus dilakukan. Pasalnya, angka stunting di Indonesia masih cukup tinggi. Tercatat, masih di angka 24 persen secara nasional.

"Artinya, dari 100 bayi, ada 25 bayi dalam kondisi gagal tumbuh atau stunting," ungkap Ono.

"Kedepan, Indonesia harus diperkuat dengan sumber daya manusianya yang unggul, sehingga kita mempunyai komitmen bersama menurunkan angka stunting atau bahkan bisa menghilangkan stunting di seluruh wilayahnya," sambungnya. 

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh perwakilan dari Sesditjen PDSPKP dan Kepala UPTD PPMC Cirebon (yang mewakili Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Barat). (Lisdis)

6 Apr 2023

Jalanan berlubang terkesan dibiarkan

INDOMEDIANEWSC - Jalan KH. Hasyim Asyhari,;Desa Cipeujeh Wetan, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, tepatnya depan Mini Market Tiga Dewi, kondisi jalannya sudah lama rusak parah dan luput dari perhatian Dinas terkait.
Tidak hanya bergelombang dan berlubang, jalanan tersebut kerap membahayakan para pengguna jalan, terlebih saat di musim penghujan jalan berlubang tersebut akan tertutup oleh genangan air yang semakin membahayakan para pengguna jalan.

Kondisi jalan yang rusak.dan terkesan dibiarkan, dikeluhkan oleh salah seorang pengguna jalan yang tiap hari melintasi jalan tersebut.

"Sudah lama kang jalan disini rusak dan sering terjadi kecelakaan, hususnya pengguna kendaraan roda dua, lihat saja sendiri kondisi jalannya, bukan hanya bergelombang, tapi berlubang dengan diameter dan kedalaman yang lumayan dalam, ini jelas sangat berbahaya, kami sih hanya berharap agar Dinas terkait segera melakukan perbaikan, dan kami tidak mengerti juga tidak mau tahu  kewenangan terkait perbaikan jalan disini menjadi kewenangan siapa, yang kami inginkan hanya secepatnya harus dilakukan perbaikan" tutur Ali, ( 50 tahun ) warga Cipeujeh kulon , Kamis, 06/04/2023.

Senada hal tersebut disampaikan Pepeng, Warga Desa Panongan, yang mengeluhkan banyaknya kerusakan jalan.

"Jalan disini (Cipeujeuh- red) merupakan salah satu contoh kondisi jalan yang sangat membahayakan pengguna jalan, terlebih disaat pagi maupun sore hari, dimana pada saat jam tersebut jalanan dipenuhi oleh aktifitas pelajar, Pegawai maupun warga lainnya yang hendak menuju atau pulang dari pasar, dan masih banyak lagi jalanan di Kabupaten Cirebon, hususnya bagian tumur, yang kondisinya hampir serupa bahkan lebih paran dari kondisi jalan rusak yang ada di sini, kami sih hanya ingin tahu, apakah Kabupaten Cirebon tidak punya anggaran untuk memperbaiki fasilitas umum yang rusak, atau memang disengaja rusak untuk meraup anggaran lebih besar dengan dalih kondisi fasilitas umum rusak parah" tutur Pepeng. (1c)

Dinas PUTR Kabupaten Cirebon Perbaiki 48 Ruas Jalan

INDOMEDIANEWSC  -- Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Cirebon, melakukan pemeliharaan rutin 48 ruas jalan di wilayahnya. Dalam proses pemeliharaan, dikerahkan seluruh tenaga dari Unit Pelayanan teknis (UPT).

Kepala Dinas PUTR Kabupaten Cirebon, Ir. Iwan Rizki menyebutkan, ruas jalan di sebagian wilayah Kabupaten Cirebon saat ini banyak yang mengalami kerusakan. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya karena faktor cuaca, curah hujan tinggi, hingga beban kendaraan yang mengalami over kapasitas.

"Pemeliharaan rutin sudah kita lakukan sejak bulan Maret 2023. Pemeliharaan rutin ini tersebar di 48 ruas jalan strategis Kabupaten Cirebon, yaitu sepanjang 164 kilometer," kata Iwan, Rabu (5/4/2023).

Menurutnya, guna mempercepat dan memaksimalkan pemeliharaan jalan yang rusak, pihaknya langsung mengerahkan 8 UPT Wilayah. Masing-masing UPT mendapatkan jatah 6 perbaikan ruas jalan. 

"Alhamdulillah cuaca saat ini sangat baik, sudah jarang hujan. Jadi, sangat tepat untuk pemeliharaan jalan," ujar Iwan.

Dinas PUTR saat ini tengah mengajukan proses lelang, untuk jenis pekerjaan peningkatan jalan sebanyak 31 paket.

"Untuk pengajuan proses lelang tahap satu sampai empat, semoga waktunya bisa berjalan sesuai rencana awal kami. Sehingga, pelaksanaan pekerjaan bisa tepat waktu dan hasilnya maksimal. Jadi, tidak ada istilah molor, penambahan waktu dan sebagainya," harap Iwan.

Dijelaskan Iwan, ruas jalan yang menjadi tanggungjawab Pemkab Cirebon sepanjang 1.240,3 km, yang terdiri dari 564 ruas jalan. Pada tahun 2022 lalu, tercatat sebanyak 1.043,31 km atau 84,12 persen jalan, dalam kategori mantap. 

"Sehingga sasaran peningkatan dan pemeliharaan jalan yang akan dilakukan, yaitu sepanjang 100.86 km atau sebanyak 8,13 persen dari total keseluruhan jalan Kabupaten Cirebon," kata Iwan.

Untuk keseluruhan tahun 2023 ini, pihaknya akan melakukan peningkatan jalan di 156 ruas jalan Kabupaten Cirebon. Peningkatan jalan tersebut, terdiri dari rekonstruksi jalan 102 paket, penggantian jembatan 2 paket dan pembangunan drainase perkotaan sebanyak 52 paket.

"Sedangkan total peningkatan jalan di 2023, yaitu sepanjang 40,8 km," jelas Iwan.

Sedangkan untuk pemeliharaan berkala di 2023, pihaknya akan melakukan sebanyak 54 paket. Terdiri dari berkala jalan 35 paket dan pemeliharaan rutin 17 paket, serta rehab jembatan 2 ruas. 

"Total yang akan diselesaikan pada  pemeliharaan berkala itu, yaitu sepanjang 25 km," sambung Iwan.

Berikut ruas jalan yang tengah dilakukan pemeliharaan oleh tiap-tiap UPT Wilayah DPUTR :

UPT Wilayah I :
Kertasemaya-Gegesik, Kaliwedi-Guwa, Komplek Kota Arjawinangun, Bayalangu-Panguragan, Gegesik-Kiwerga, dan Gua Kidul-Gua Lor.

UPT Wilayah II :
Palimanan-Semplo, Balerante-Cikeusal, Palimanan-Kramat, Arjawinangun-Kebonturi, Galagamba-Gitung Ranjeng, Tangkil-Gintung Ranjeng.

UPT Wilayah III :
Jamblang-Cikeduk, Tukmudal-Bode, Marikangen-Kasugengan, Warukawung-Kepuh, Getasan-Karangwangi, Cikeduk-Warujaya.

UPT Wilayah IV :
Kedawung-Warungasem, Ciperna-Warungasem, Kertawinangun-Kalikoa, Jalan Tuparev, Jalan Kelurahan Sendang menuju pesantren, Jalan Kelurahan Sendang.

UPT Wilayah V :

Wanayasa-Sindanghayu, Nanggela-Greged, Durajaya-Kamarang, Halimpu-Cikancas, Mertapada-Munjul, Beber-Cipinang.

UPT Wilayah VI :
Pengarengan-Sindanglaut, Kanci-Sindanglaut, Lemahabang-Leuwidinding, Astanajapura-Japura Lor, Cipeujeuh Wetan-Lemahabang, Curug-Susukan Tonggoh.

UPT Wilayah VII :
Sindanglaut-Pabuaran, Ender-Karangsembung, Karangwangun-Dompyong, Gebang-Gebang Kulon, Ender-Blok Pesantren, Getrakmoyan-Dompyong Wetan.

UPT Wilayah VIII :
Playangan-Bojongnegara l, Gebang Ilir-Waled, Bojongnegara-Kudukeras, Cilengkrang-Tonjong, Sidaresmi-Pabedilan, Losari Lor-Kalirahayu. (Lisdis)

Sandiaga Uno, Dorong Santri Jadi Pengusaha Ekonomi Kreatif, Pemkab Cirebon Siap Bantu



 

Indomedianeswc : Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno, mengajak para santri, untuk menggeluti usaha keonomi kreatif yang saat ini sedang berkembang.

Dalam kunjungannya ke Pondok Pesantren Nurul Huda Munjul Cirebon, Sandi mengajak para santri, untuk terlibat dalam usaha kreatif berbasis digital. Salah satunya, yaitu menjadi konten kreator.

Menurut Sandi, santri bisa membuat berbagai macam konten terkait keagamaan, seperti konten terkait akhlakul karimah dan Islam rahmatan lil alamin.

"Selain santri itu kuat agamanya, akan kita perkuat juga digitalisasinya," ujar Sandi di Cirebon, Rabu (5/4/2023).

Sandi juga berharap, ketika para santri bisa membuka usaha ekonomi kreatif, maka santri ketika keluar dari pesantren, bukan hanya mencari lapangan kerja, tapi juga membuka lapangan kerja.

Menurut Sandi, moment arus mudik dan arus balik, harus benar-benar dimanfaatkan oleh para pengusaha ekonomi kreatif. Apalagi kata Sandi, Cirebon ini bakal dilintasi oleh jutaan pemudik nanti.

"Harus bisa menangkap peluang dan bisa membuka lapangan kerja baru," kata Sandi.

Pak Sandiaga (Menteri Parekraf) datang bersama Bu Ayu (Wakil Bupati Cirebon) di sambut olehUst. Moh. Tobaristan (salah satu Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Huda Munjul)

Sementara itu, Wakil Bupati Cirebon Wahyu Tjiptaningsih, siap mendukung program yang akan dilaksanakan oleh Menparekraf kepada para santri.

Menurut Ayu, kalangan muda saat ini, memang lebih condong memilih bekerja menjadi wiraswasta. Sedangkan sebelumnya, hampir semuanya memiliki orientasi untuk menjadi PNS.

Pemda Kabupaten Cirebon ujar Ayu, akan membantu dalam merealisasikan program ekonomi kreatif tersebut. Pihaknya siap memfasilitasi pelatihan untuk UMKM, membabtu proses perizinan usaha dan pengembangan usaha.

"Sejumlah dinas terkait, memiliki program untuk pengembangan ekonomi kreatif. Pemda Kabupaten Cirebon siap membantu," kata Ayu.

5 Apr 2023

Kolak " Menu Istimewa Ramadhan"

Penulis : R.Agus Syaefuddin

Saat bulan Ramadhan tiba, bergaunglah pesan, yang  tertulis  nyata dan abadi “berbukalah dengan yang manis,” dan salah satunya adalah Kolak. merupakan sesuatu yang kemudian menjadi sebuah tradisi masyarakat untuk selalu ada bila mana Ramadhan tiba, tanpa terpengaruh oleh RAS atau tradisi di suatu daerah.

Dan memang tradisi menyantap kolak menjadikan bulan Ramadhan di Indonesia seakan sedemikian khas jika dibandingkan di tempat lain di penjuru dunia.

Kolak (atau kolek) adalah makanan khas Indonesia yang berbahan dasar gula aren atau gula kelapa, santan, dan daun pandan yang disatu padukan dengan beragam sajian sesuai selera.

Kolak memiliki rasa yang gurih dan manis dan tekstur yang lembut. Kolak biasanya disajikan hangat, namun bisa juga disajikan dingin dengan ditambah es batu sehingga menjadi es kolak.

Selain kolak buah pisang, kolak biji salak juga kerap ditemui saat bulan Ramadhan. Kolak biji salak terbuat dari ubi jalar yang dibentuk bulat, lalu dicampur dengan tepung tapioka.  Perlu diketahui, kolak biji salak tidak menggunakan biji buah salak sebenarnya, melainkan menggunakan isian bola-bola ubi yang terbuat dari ubi jalar.Berdasarkan isiannya, jenis kolak yang cukup dikenal oleh masyarakat di antaranya yaitu:

• Kolak pisang• Kolak candil ketan• Kolak labu• Kolak biji salak atau ubi jalar• Kolak durian bahkan ada pula kolak buah buahan.

Di era moderen yang penuh disajikan beragam hidangan kekinian, keberadaan kolak di Bulan Ramadhan tetap menjadi primadona dan menjadi sajian yang tidak terkalahkan.

Dunia dan kemajuan jaman boleh berubah, namun kolak tetap kokoh ditengah kehidupan Masyarakat yang beragam,,bahkan kolak tidak memandang kasta atau kedudukan seseorang, rasanya ada sesuatu yang kurang jika Ramadhan tidak ditemani Kolek atau Kolak.


4 Apr 2023

Pejuang Siliwangi Indonesia "Bersatu akan kuat " jaga Silaturahmi

INDOMEDIANEWSC- Bulan Suci ramadhan merupakan bulan yang 
penuh berkah dan penuh ampunan, maka dianjurkan bagi kita semua 
untuk berlomba-lomba dalam mencari kebaikan “ Fastabiqul Khoerot”. 
DPC Pejuang Siliwangi Indonesia dan IWAPSI Ikatan Wanita 
Pejuang Siliwangi Kabupaten Cirebon melaksanakan kegiatan Sosial 
dengan membagi-bagikan tazil  kepada pengguna jalan umum di 
depan Kantor Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon.

sedianya acara tersebut akan dihadiri Camat Astanajapura H. SUHARTO, S.T., M.Si. namun 
Yang bersangkutan berhalangan hadir karena ada undangan DPRD Kabupaten 
Cirebon dalam rangka hari jadi Kabupaten Cirebon (2/4/23).

Menurut Ketua DPC PSI Kabupaten Cirebon MUSTAMID. A.M, S.Pd., 
S.H., M.H., C.L.A. yang juga Dewan Penasehat Kongres Advokat 
Indonesia Provinsi Jawa Barat, kegiatan pembagian tazil  ini 
merupakan kegiatan rutin tahunan, dimana tahun ini  merupakan tahun yang ke tiga pada 
masa priode menjadi ketua DPC Pejuang Siliwangi Indonesia 
Kabupaten Cirebon, 

Dirinya menjelaskan 
"saya dilantik pada Hari Selasa tanggal 03 
Nopember 2020 di Ruang Nyimas Gandasari Kantor Bupati Cirebon Jl. 
Sunan Kalijaga No. 7 Sumber Cirebon dimana saat itu dihadiri Ketua 
Umum DPP PEJUANG SILIWANGI INDONESIA Bapak Letnan Jendral H. 
YAYAT SUDRAJAT, S.E. dan Ketua DPD Pejuang Siliwangi Indonesia 
Provinsi Jawa Barat Brigadir Jendral TNI Dr. Ir.H. NASEP RCHMAT, 
M.M., M.Si. dan FORKOPIMDA, dan saya tegaskan tanggal 03 
Nopember merupakan hari kebangkitan Pejuang Siliwangi, harus 
kita peringati pada setiap tahunnya" tuturnya.

Masih menurut Mustamid, melalui kegiatan seperti ini menghapus 
setigma (anggapan) masyarakat terhadap Ormas dan LSM yang selama 
ini dianggap arogan, amburadul dan sebagainya. Padahal, itu tidak semua.
Oleh karenanya kita sebagai organisasi yang mempunyai Visi dan Misi serta didukung oleh anggota-anggotanya yang memiliki SDM memadai , diharapkan Organisasi Pejuang 
Siliwangi menjadi organisasi yang bermartabat selalu mengedepankan 
dengan akal sehat (rasionalitas) tidak dengan cara-cara premanisme. 
Terlebih motto organisasi PSI sangat jelas dan bila dimaknai dapat 
bermanfaat untuk kita semua “ Silih Asih : Saling menyayangi / Saling 
mengasihi, Silih Asah ; Saling mengingatkan, mendidik, berbagi 
informasi, berbagi ilmu, Silih Asuh; Saling membimbing, mengayomi, 
membina, menjaga, mengarahkan dengan seksama agar selamat lahir 
dan batin. Siliwangi Saling memberi dukungan ke arah yang positif.
Lanjut dikatakan Mustamid, dalam rangka mensosialisasikan organisasi 
yang dipimpinya, pihaknya berencana akan membuat posko Mudik 
Lebaran pada Hari minggu 10 April 2023 disekitar pintu tol kanci, 
menurut kabarnya bakal dikunjungi oleh Ketua Umum DPP dan Ketua 
DPD Provinsi Jawa Barat para purnawirawan Jendral, 

"Kami sangat senang dengan kehadiran beliau-beliau membawa kesemangatan 
Kami dalam memimpin organisasi ini.
Sementara Ketua IWAPSI Kabupaten Cirebon MARWAH, S.ST., M.M. 
dengan didampingi Komandan Provos Drs. SUSMITO, M.T. dan 
Komandan WIBERA AHMAD YASIN, menjelaskan. Pihaknya, selalu 
mendukung apa yang menjadi kegiatan DPC Pejuang Siliwangi 
Indonesia Kabupaten Cirebon, karena IWAPSI menjadi bagian dari DPC 
Pejuang Siliwangi Indonesia Kabupaten Cirebon yang dipimpin oleh pak 
Mustamid. 

"Saya sangat senang usai pembagian tazil dilanjutkan 
dengan buka bersama
dihalaman depan Kantor Kecamatan 
Astanajapura, meskipun gerimis 
namun tidak mengurangi 
kesemangatan teman-teman, terasa sekali suasana keakrabannya
benar-benar seperti satu keluarga, Seperti ada pribahasa “ Bersatu kita 
teguh, bercerai kita runtuh. Mengandung makna sesuatu akan berhasil 
apabila dikerjakan bersama-sama karena bersatu lebih kuat daripada bercerai berai" jelasnya. (1c)

Wabup Ayu Tinjau Pelaksanaan PIN Polio dan Edukasi Stunting

INDOMEDIANEWSC  -- Wakil Bupati Cirebon meninjau pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio yang dilaksanakan di Posyandu Flamboyan, Desa Matangaji Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Senin (3/4/2023).

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Cirebon Hj. Wahyu Tiptaningsih, SE, M.Si, menjelaskan bahwa PIN Polio untuk mencegah kelumpuhan ini, merupakan program kerjasama antara pemerintah pusat dengan WHO dengan target sasarannya adalah 95% anak telah diimunisasi.

“Program PIN Polio ini merupakan kerja sama antara pemerintah pusat dengan WHO. Capaian atau target sasarannya 95% anak telah diimunisasi,” jelas Ayu.

Dirinya berharap, dengan adanya program pemberian PIN Polio ini, generasi penerus bangsa harus menjadi generasi yang cerdas, kuat, handal dan lebih mandiri.

“Harapannya, generasi penerus bangsa ini harus menjadi generasi yang cerdas, kuat, handal dan lebih mandiri,” harap Ayu. 

Dalam kesempatan itu pula, Ayu mengedukasi masyarakat mengenai stunting. Salah satu faktor penyebab terjadinya stunting atau gagal tumbuh adalah kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai pemberian makanan yang bergizi bagi pertumbuhan anak. 

“Makanan bergizi tidak harus mahal, seperti sayur, telur, buah dan lain-lain. Jangan dikasih mie (instan) ya bu,” pesan Ayu.

Dirinya menegaskan, jika anak terkena stunting, maka akan menjadi beban orang tua, karena kelak ketika tumbuh dewasa, anak tersebut tidak dapat bersaing di masa depan. (Lisdis)

perusahaan wajib junjung kearifan lokal

INDOMEDIANEWSC - Keberadaan perusahaan harus berdampak positip bagi lingkungan sekitar, namun yang terjadi di pembangunan pabrik cat, Desa Astanamukti dan Desa Pengarengan Kecamatan Pangenan Kabupaten Cirebon, terkesan minim atau tidak mengedepankan kearifan lokal, Salah satunya harga material seperti tanah urug, yang seolah jauh dari harga pasaran.

Menurut Kuwu Desa Astanamukti, Durohman, untuk adanya tambahan penghasilan. Salah satunya dengan memberdayakan masyarakat setempat seperti, penjualan tanah urug. 

"Lumayan kang, untuk tambahan pengasilan warga. Daripada orang lain yang mengerjakan urugan, lebih baik warga setempat. Tapi, harga yang ditawarkan pihak perusahaan minim," tuturnya  Senin 3/4/2023.

Sementara itu, Wakil Ketua FKKC Kabupaten Cirebon, H Lili Mashuri sangat menyayangkan adanya perusahaan yang terkesan minim perhatian pada warga sekitar dan unsur terkait. 

"Informasi yang saya dapatkan, belum ada koordinasi yang baik dari pihak perusahaan, sehingga masyarakat bergejolak, dan ini mencerminkan pihak perusahaan  tidak mengedepanian kondusifitas lingkungan" tuturnya

Kuwu Desa Cipeujeuhkulon Kecamatan Lemahabang ini menceritakan, bilamana investor yang ingin membuka usaha tentunya harus mengedepankan kearipan lokal. Salah satunya, melibatkan warga sekitar dalam pembangunan maupun saat beroperasi. Akan tetapi yang terjadi di pabrik cat avian, seolah kurang memperhatikan warga setempat, sehingga muncul gejolak di masyarakat. 

"Sebagai orang timur, ya bersilaturahmi pada warga sekitar, termasuk kuwu dan muspika. Guna mencegah hal yang tidak diinginkan, contohnya demo yang terjadi pada beberapa waktu yang lalu, salah satu penyebabnya adalah PT. Sumber Nusantara SN yang merupakan salah satu Sub PT Avian yang tidak berpihak kepada warga sekitar" jelasnya.

Dirinya mengharapkan, pihak perusahaan asing maupun swasta lebih mengedepankan kearipan lokal. Mengingat, untuk jangka panjang tempat usaha yang dibangun. 

"Besar kemungkinan dengan melibatkan warga sekitar, lebih kondusif dan kenyamanan investor lebih terjamin,dan selama ini peran Muspika maupun jajaran kepolisian sudah sangat baik dalam menjaga kondusifitas lingkungan, tinggal tanggungjawab dan keberpihakan Perusahaan terhadap warga sekitar bagaimana, intinya maksimalkan warga sekitar dan junjung tinggi kearifan lokal" pungkasnya. (1c)

1 Apr 2023

DPHP Desa Picungpugur langkah awal Pelaksanaan Pemilu 2024.

INDOMEDIANEWSC - Upaya untuk mensukseskan pelaksanaan pesta Demokrasi atau Pemilihan Umum 2024 terus dIlakukan dengan menurunkan tenaga-tenaga profesional dari mulai kelas Desa hingga Pusat.
Salah satu upaya yang dilakukan dalam sekala bawah adalah diadakannya Rapat Pleno Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutahiran ( DPHP) pemilihan umum Tahun 2024, Desa Picung pugur, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, Jum'at 31/03/2023.

Usai dilakukannya Rapat Pleno DHPP, ketua PPS Desa Picungpgur, Dedi Junaedi menjelaskan adanya beberapa perubahan dari data awal hingga dilakukan registrasi atau pengecekan langsung ke setiap Calon Pemilih.

"Pada awalnya kami memiliki data hak pilih sebanyak 1249 jiwa, namun setelah dilakukan pengecekan atau pemutahiran data, akhirnya melalui penjaringan diperoleh data hingga saat ini sebanyak 1222 Hak pilih, perubahan ini terjadi karena beberepa sebab dan alasan, diantaranya meninggal dunia,  pindah, data ganda tidak jelas sebanyak 48. Dan ada 22 data yang harus diperbaiki, selain itu ada pemilih potensial sebanyak 28 Orang, jadi melalui rapat pleno ini diharapkan data calon pemilih akan benar-benar falid hingga pelaksanaan pemilu dapat berjalan dengan sangat baik" tuturnya.

Lebih lanjut dirinya menuturkan rasa terimakasihnya kepada seluruh pihak yang telah bekerja dengan penuh semangat selama melakukan pendataan.

"Saya secara pribadi sangat berterimakasih atas dedikasi dan kinerja yang dilakukan seluruh pihak, baik itu PPS maupun Pemerintahan Desa dan peran Masyarakat itu sendiri, tentunya kita semua berharap Pemilu yang akan dilaksanakan pada Tahun 2024 nanti dapat berjalan dengan baik, aman, damai hingga menghasilkan calon Pemimpin yang benar-benar sesuai harapan seluruh Rakyat Indonesia, intinya mari kita jaga bersama pesta demokrasi ini dengan mengedepankan rasa cinta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia" pungkas Dedi. (1c)