28 Feb 2023

Ada Apa,Fast Respon dan Aktivis Anti Korupsi Cirebon Raya Minta Audensi Dengan Disdik Kota Cirebon

Foto: Istimewa

Indomedianewsc.com-Organisasi kewartawanan yang tergabung di Fast Respon Cirebon Raya Provinsi Jawa Barat bersama aktivis anti korupsi Zeki Mulyadi. Senin (27/2/2023) menggelar audensi dengan DPRD Kota Cirebon Komisi 3 dan  Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cirebon juga Inspektorat.

Sebelumnya Fast Respon  berkirim surat ke DPRD Kota Cirebon untuk minta audensi dengan Disdik kota Cirebon. Untuk membahas tidak transfarannya penggunaan dana BOS disekolah SD dan SMP. Dan maraknya penjualan buku LKS disekolah serta persoalan lainnya yang terjadi dilingkungan Disdik kota Cirebon.

Hadir dalam acara tersebut ketua komisi 3 DPRD kota Cirebon Beni dan wakilnya DR.Tresna.

Sementara dari pihak Disdik kota Cirebon Kabid Dikdas Handi Sogiyanti  serta Kasi peserta didik Ade Cahyaningsih serta staffnya.Sedangkan dari pihak Inspektorat kota Cirebon sendiri yakni Maman Arcmanuddin dan Irwan Adi Riyanto.

Namun disayangkan diacara audensi tersebut Kadisdik kota Cirebon Kadini  tidak hadir.

Didalam audensi tersebut mengemuka sejumlah persoalan yang terjadi dilingkungan Disdik kota Cirebon.

Salah satunya yakni tidak transfarannya penggunaan dan BOS oleh pihak sekolah. Dan masih maraknya penjualan buku LKS disekolah.

Menurut ketua Fast Respon Cirebon Raya Wahid mengatakan selama ini pihak sekolah tidak  terbuka dalam penggunaan dan BOS  kepada masyarakat.

"Terbukti hampir sekolah mulai SD dan SMP mereka tidak memasang penggunaan BOS secara global di spanduk informasi. Sebagai transfaransi kepada publik. Sehingga hal inj menyulitkan masyarakat untuk ikut serta  dalam pengawasan penggunaan dan BOS" Ungkap Wahid.

Hal senada disampaikan aktivis anti korupsi Zeki Mulyadi yang mengatakan.Masih banyaknya sekolah yang tidak melakukan perawatan lingkungan sekolah.

Seperti kata Zeki, pihak sekolah  membiarkan adanya kerusakan pada pintu dan jendela serta ubin dan genteng yang rusak dan bocor.

"Padahal anggaran dari BOS kan ada untuk memperbaikinya. Tapi pihak sekolah sepertinya membiarkan dan mereka hanya berharap dapat anggaran besar saja untuk memperbaikinya." Terang Zeki.

Ditambahkan Zeki, selain persoalan tidak transfarannya penggunaan dana BOS.

Saat ini masih maraknya jual beli buku LKS yang dibebankan kepada siswa oleh pihak sekolah.

Padahal kata Zeki, penjualan buku LKS dilingkungan sekolah jelas-jelas dilarang.

"Kami minta pihak Disdik dan juga Inspektorat agar memaksimalkan lagi pengawasan dan juga pemeriksaan terhadap sekolah." Tegas aktivis anti korupsi ini.

Selain dua permasalahan diatas, Zeki juga minta agar pihak Disdik kota Cirebon. Agar memberikan arahanya kepada seluruh komite SD dan SMP.

Apabila melakukan rapat kerja komite terkait dengan adanya perubahan anggaran dan kebutuhan dana dilingkungan sekolah.


"Hasil rapat komite sekolah harus dibuat secara tertulis dan disampaikan kepada orantua siswa. Hal ini supaya tidak terjadi kesalah pahaman dengan masyarakat" Kata Zeki.


Ia pun meminta agar pihak Inspektorat melakukan investigasi ke seluruh sekolah dan tidak melakukan pemeriksaan secara digital dan sistem saja.

Sebab menurut Zeki, jika pemeriksaan hanya secara digital dan sistem hal tersebut sangat mudah untuk diotak-atik.

Sementara itu pihak Inspektorat sendiri mengakui,investigasi dilakukan jika sebelumnya pihaknya menerima laporan dari masyarakat.


"Kami melakukan investigasi jika kami menerima laporan atau pengaduan dari masyarakat." Jelas Maman Arcmanuddin.


Sementara menurut Kabid Dikdas Handi Sogiyanto mengatakan "Penggunaan dana BOS disekolah dilingkungan Disdik kota Cirebon menurutnya sudah sesuai aturan."

Terlebih sistem pembelanjaan barang dan jasa yang dilakukan sekolah menurutnya harus melalui sistem Siplah.

'Jika pembelanjaan dibawah Rp.1 juta itu bisa tidak harus ke Siplah Yang penting bukti pembelian atau pembelanjaannya ada dan jelas ".Ujar Kabid Dikdas Disdik kota Cirebon ini.


Dikatakannya, untuk penjualan buku LKS menurutnya tidak masalah. Sepanjang ada kesepakatan antara orangtua siswa dengan komite sekolah.


Sementara menurut Kasi Peseta Didik, Ade Wahyuningsih mengatakan. Jika buku LKS ada yang dibiayai oleh BOS daerah dan ada yang tidak.


"Kalau dulu buku LKS ada yang dibiayai dari BOS daerah. Namun sekarang tidak dan sekolah boleh mengadakan buku LKS sepanjang diperlukan dan dibutuhkan sekolah. Karena sekolah itu perlu branding supaya  lebih maju pendidikannya. Yang penting  tidak ada pemaksaan dari pihak sekolah untuk membeli LKS."Papar perempuan asal kota kembang Bandung ini.

Pihak Disdik sendiri sepakat masukan dari pihak Fast Respon dan aktivis anti korupsi.Akan dijadikan pembelajaran dan pembenahan bagi pihak Disdik kota Cirebon agar lebih baik lagi.

Diakhir  audensi, ketua Fast Respon Wahid dan  Zeki Mulyadi selaku aktivis anti korupsi keduanya  menegaskan.

Pihaknya tidak akan segan-segan melaporkan ke pihak Aparat Penegak Hukum (APH). Jika  ditemukan adanya dugaan penyelewengan anggaran  BOS disekolah.(Bisri).

26 Feb 2023

Lomba PAI sekecamatan Lemahabang " cetak generasi muda Islami"

INDOMEDIANEWSC- Dalam rangka meningkatkan karya dan kreasi Siswa Sekolah dasar, hususnya dalam segi Agama.perlu mendapat perhatian dan dukungan dari semua pihak.
Guna menunjang hal tersebut, Panitia Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam menggelar berbagai ajang ke Agamaan tingkat Sekolah Dasar (SD) se Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, Sabtu, 25/02/2023.

Dalam keterangannya, Ketua Panitia Pelaksana, H. Nawawi, menuturkan, bahwa pekan keterampilan dan seni ini memperlombakan 8 kriteria yang diikuti oleh seluruh Siswa Sekolah Dasar untuk mewakili di tingkat Kabupaten.

"Ada 8 lomba yang diikuti seluruh peserta, diantaranya adalah Qosidah, azhan, Pidato, Cerdas cermat dan lain-lain, ajang ini selain sebagai wadah atau kesempatan bagi siswa untuk menunjukan  bakat dan kreasinya, sekaligus sebagai evaluasi dan upaya kami para pendidik untuk terus meningkatkan kualitas siswa didik dalam berbagai ilmu pengetahuan, yang salah satunya adalah ilmu Agama, diharapkan dengan diadakannya berbagai even bisa mengasah bakat siswa sekaligus melihat bakat apa yang dimiliki para siswa" tuturnya.

Acara yang dilaksanakan dan bertempat di Halaman SDN 1 Tuk karangswung tersebut berjalan dengan penuh hikmat yang dihadiri oleh para guru, Wal murid dan Pemdes setempat.

Dalam pemaparannya, Kuwu Tukkarangsuwung, Aziz Maulana menyambut baik berbagai kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas Anak Bangsa.

"Kami dari pihak pemerintahan akan mendukung segala bentuk hal yang positif, terlebih bagi perkembangan dan kemajuan Anak Bangsa, dengan dilaksanakannya perlombaan keAgamaan tingkat SD ini diharapkan mampu mencetak generasi muda yang islami dan berprestasi" jelasnya (1c)

Bupati Cirebon Hadiri Pembukaan Muswil ke-21 Muhammadiyah Jawa Barat

INDOMEDIANEWSC -- Bupati Cirebon Drs. H. Imron, M.Ag menghadiri pembukaan Musyawarah Wilayah ke-21 Muhammadiyah Jawa Barat di Stadion Ranggajati Sumber, Sabtu (25/02/2023).

Kegiatan Muswil kali ini mengusung tema "Memajukan Jawa Barat, Mencerahkan Indonesia" akan membahas mengenai isu-isu strategis, evaluasi, sekaligus penetapan calon ketua dan calon anggota Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) periode 2022-2027.

Dalam sambutannya, Bupati Imron mengucapkan terima kasih kepada Muhammadiyah atas peran besarnya dalam bidang dakwah, pendidikan serta pembangunan di Kabupaten Cirebon.

"Terima kasih kepada Muhammadiyah, atas perannya dalam bidang dakwah, pendidikan dan lainnya dalam kemajuan Kabupaten Cirebon," kata Imron.

Ia mengatakan, bahwa Muswil ini diharapkan bisa memberikan motivasi dan inovasi, serta keteladanan dalam melaksanakan tata kelola berorganisasi sebagai wujud turut serta membangun bangsa.

Imron juga menuturkan, bahwa Muswil ini juga diharapkan bisa dijadikan sebagai salah satu moment penting untuk bisa merealisasikan cita-cita para pendiri Muhammadiyah, serta menghasilkan keputusan yang tepat.

"Semoga dengan adanya Muswil ini bisa menghasilkan keputusan-keputusan yang tepat, bisa membawa generasi muslim yang beriman, ilmiah, berwawasan kebangsaan serta selalu menjaga keutuhan NKRI," ujar Imron.

Rangkaian kegiatan yang berlangsung dari tanggal 24 s/d 26 Februari 2023 tersebut, dihadiri pula Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, serta Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy yang juga sebagai Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Bidang Pendidikan dan Kebudayaan. (Lisdis)

25 Feb 2023

lawang seketeng "tempat berkumpulnya mahluk halus"

INDOMEDIANEWSC- Tanjakan Cibangban , yang berada diantara perbatasan Desa Belawa dan Desa Cipeujeuh kulon, Kecamatan Lemahabang , Kabupaten Cirebon.
Konon adalah Pintu gerbang Lawang saketeng yang merupakan Keraton mahluk kasat mata.
Dari berbagai informasi, keberadaan Lawang seketeng kerap menimbulkan sesuatu yang tidak masuk logika, hususnya pada Bulan Maulud.
Konon  di Bulan Mulud, sering terdengar suara gamelan, bahkan barang-barang milik warga, seperti penggorengan, Coet, centong dan lainnya seringkali hilang tiba-tiba, namun setelahnya akan ada kembali, yang konon hilangnya alat dapur tersebut dipinjam oleh mahluk kasat mata yang tengah menggelar pesta.
Cerita lainnya tentang keangkeran tanjakan Cibangban adalah kerapkali Masyarakat yang melintas di tanjakan tersebut melihat ular besar tanpa kepala dan ekor maupun kucing kecil yang tiba-tiba membesar.
Hal aneh lainya adalah tidak sedikit Masyarakat yang melintas, hususnya pengendara roda empat yang tiba tiba berada di tengah hutan garawuan.
Peristiwa masuknya mobil di tengah hutan tersebut dikarenakan pengendara tersebut merasa melintas jalan menuju perumahan dengan jalanan yang sangat mulus.
Cerita keangkeran tanjakan cibangban tidak berhenti sampai disitu, masih banyak hal mistis lainnya yang terjadi tanpa bisa diterima oleh nalar, seperti suara kereta kencana, cahaya yang sangat terang maupun hal lainnya.
Menurut keterangan warga yang tidak jauh rumahnya dari jembatan tersebut menyarankan, bagi warga yang melintas, hususnya pengendara roda dua atau lebih, disarankan untuk membunyikan klakson, tentunya jangan lupa pula untuk memanjatkan doa. 
Cerita ini dilansir dari cerita salah seorang warga Desa Belawa, Iman Nurdin (50 tahun) 1c

Hati-hati pinjol ilegal " Jangan mudah tergiur"

INDOMEDIANEWSC-Banyaknya Masysrakat yang terjerat kasus pinjol, perlu mrndapat perhatian serius dari berbagai pihak, termasuk Wakil Rakyat dan Dinas terkait.
Sebagai upaya edukasi dan memberikan pemahaman terhadap Masyarakat, agar terhindar dari jeratan Pinjol (Pinjaman Online) Otoritas Jasa Keuangan ( OJK) bersama Anggota DPR RI Fraksi Nasdem, menggelar Acara penyuluhan jasa keuangan terkait pinjaman online, bertempat di Kantor Desa Leuwidinding, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, Jum'at 24/02/2023.

Acara yang dihadiri oleh warga Masyarakat setempat, Pihak OJK dan Wakil Rakyat tersebut diharapkan mampu memberikan pemahaman terhadap warga agar tidak mudah tergiur dan terjerat permasalan pinjol.

Hal ini disampaikan Fani, Kasubag Edukasi dan perlindungan konsumen Kantor OJK Cirebon.

"Kami memberikan himbauan dan edukasi kepada Masyarakat agar lebih berhati-hati dalam melakukan pinjaman Online, kita harus tahu dulu apakah Pinjol tersebut legal atau ilegal, karenya sangat banyak oknum pinjol yang kerap meresahkan atau membuat dampak negatif terhadap warga Masyarakat, oleh karenanya jika kita ingin meminjam melalui Pinjol lebih baik cek dulu atau melakukan verifikasi  di OJK  melalui nomor  081157 157157 , hal ini perlu dilakukan agar kita mengetahui pinjol tersebut bodong atau resmi" tuturnya.

Penyuluhan dan edukasi yang melibatkan berbagai lembaga tersebut dilaksabakan se wilayah ciayumajakuning dengan tujuan agar Masyarakat tidak terjerat pinjol ilrgal maupun rentenir.

Hal ini pula yang dituturkan Sudiono, Tenaga Ahli H. Satori A 36 Anggota DPR RI komisi XI Fraksi Nasdem.

"Kami sangat peduli tentang kondisi warga yang kerap kali terjerat pinjaman Pinjol Ilegal maupun rentenir, oleh karenanya kami bersama OJK melaksanakan kegiatan penyuluhan dan edukasi terkait keberadaan Pinjol yang kerap menjadi belenggu atau masalah bagi warga Masyarakat yang terdesak karena kebutuhan atau alasan lainnya, dengan adanya edukasi ini diharapkan kita semua mampu untuk lebih bijak jika ingin mengajukan pinjaman ataupun permodalan, intinya kami memberikan pemahaman, bahwa jangan mudah tergiur dengan sesuatu yang memudahkan namun berahir dengan kesusahan, jika kita akan melakkan pinjaman, lakukan ke Bank atau Lembaga yang benar-benar  sudah terdaftar atau resmi, diharapkan dengan adanya acara ini semakin membuat mata kita terbuka, yang mudah bukan berarti mudah, jadi lebih berhati- itu lebih baik" tutur Sudiono.
Sementara itu, Kuwu Desa Leuwidinding, Imas Rasdianto, menyambut baik dilaksanakan acara penyuluhan oleh OJK dan team H. Satori.
"Acara tersebut sangat bermanfaat bagi warga Masyarakat, selain untuk menambah wawasan juga tentunya menambah pengetahuan agar lebih berhati-hati dalam mengajukan pinjaman, jangan mudah tergiur dengan sesuatu yang mudah, karena yang mudah tidak menjamin aman" jelasnya (1c)





Bupati Cirebon lantik 12 pejabat baru

INDOMEDIANEWSC --  Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag melakukan pengambilan sumpah dan melantik pejabat pimpinan tinggi pratama dan pejabat fungsional di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cirebon, bertempat di Pendopo Bupati Cirebon, Jum'at (24/2/2023).

Dalam sambutannya, Imron mengatakan bahwa rotasi pejabat di lingkungan ASN merupakan hal yang biasa. Sehingga harapannya setelah dilantik, pejabat yang dirotasi dapat langsung bekerja sesuai perundang-undangan.

"Disamping harus mampu mengemban seluruh aktivitas maupun tugas-tugas administratif, saudara juga harus mampu mengambil langkah-langkah strategis, mampu berkoordinasi, berkomunikasi, dan bersinergi secara produktif," ujar Imron.

Hasil dari proses rotasi ini sudah melalui tahapan uji kompetensi dan menjadi acuan untuk penempatan bagi pejabat baru tersebut.

"Pengangkatan saudara-saudara telah melalui uji kompetensi dan seleksi terbuka yang ketat dan telah dilaporkan, serta telah mendapatkan rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN)," lanjut Imron.

Berikut ini nama-nama pejabat Eselon II Kabupaten Cirebon yang baru saja dilantik oleh Bupati Cirebon :

1. Deni Nurcahya, sebelumnya Kepala Disbudpar kini menjadi Kepala Pelaksana BPBD

2. Abraham Mohamad, sebelumnya Kepala Dinas Ketahanan Pangan kini menjadi Kepala Disbudpar

3. Bambang Sudaryanto, sebelumnya Staf Ahli Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan kini menjadi Kepala Diskominfo

4. Avip Suherdian, sebelumnya Kepala Dispora kini menjadi Staf Ahli Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan

5. Erus Rusmana, sebelumnya Kepala DPMD kini menjadi Kepala DKPP

6. Ikin Asikin, sebelumnya Sekretaris DPRD kini menjadi Kepala Dispora

7. Asep Pamungkas, sebelumnya Kepala Dinas Pertanian kini menjadi Sekwan

8. Alex Suheriyawan, sebelumnya Kepala Pelaksana BPBD kini menjadi Kepala Dinas Pertanian

9. Nanan Abdul Manan, sebelumnya Kepala Diskominfo kini menjadi Kepala DPMD

10. Hafid Izwahyudi, sebelumnya Kabag Organisasi kini menjadi Asisten Perekonomian dan Pembangunan

11. Indra Fitriani, sebelumnya Camat Gegesik kini menjadi Kepala Dinsos

12. Sudiharjo, sebelumnya Sekretaris Disdik kini menjadi Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Setda Kabupaten Cirebon

Sedangkan, nama-nama pejabat fungsional yang juga dilantik oleh Bupati Cirebon yaitu :

1. Casta, jabatan baru : Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Madya pada Bidang Destinasi dan Industri Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Cirebon.

2. Nana Mulyana, jabatan baru : Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Madya pada Bidang Promosi dan Ekonomi Kreatif Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Cirebon. (Lisdis)

24 Feb 2023

Mutasi digelar, Kadis PUPR tetap Bertahan

INDOMEDIANEWSC  - Rotasi mutasi Pemkab Cirebon, hasil ujikom dan open bidding digelar, Jumat (24/2/2023). Menariknya, Kadis PUTR Kabupaten Cirebon, Iwan Rizki, tidak tergoyahkan. Padahal jauh-jauh hari berkembang isu, Iwan Rizki sudah enggan menduduki jabatan Kadis PUTR. Sebagai gantinya, muncul nama Kadis DPKPP, Adil Prayitno.

Namun prediksi tersebut meleset.    Saat dibacakan nama nama pejabat yang akan dilantik, tidak muncul nama Adil Prayitno maupun nama Iwan Rizki. Artinya, posisi Adil Prayitno tetap bertahan sebagai Kadis DPKPP. Begitupun dengan Iwan Rizki, yang masih bertahan sebagai Kadis PUTR Kabupaten Cirebon.

Sementara itu, Abraham Muhamad yang awalnya Kadis Ketahanan Pangan, digeser menjadi Kadis Budpar. Sementara Kadis lama yaitu Deni Nurcahya, menempati posisi Kalak BPBD.  Sedangkan Kalak lama, Alex Suheryawan berganti posisi menjadi Kadis Pertanian menggantikan posisi Asep pamungkas yang menjadi Sekwan DPRD Kabupaten Cirebon. 

Ada juga Kadiskominfo Nanan Abdul Manan yang digeser ke DPMD. Sebagai gantinya, masuklah Bambang Sudaryanto yang awalnya menjadi staff ahli bidang hukum. Posisi Bambang, digantikan Avip Suherdian yang awalnya menjadi Kadispora. Sedangkan Hapiz Iswahyudi promosi menjadi asisten perekonomian dan pembangunan.

"Mutasi rotasi dan promosi ini hasil ujikom dan open bidding. Kita sesuaikan dengan kriteria yang ada. Prosesnya juga melibatkan pansel saat ujikom dan open bidding," aku Bupati Cirebon, Imron, usai pelantikan.

Bupati menambahkan, dengan adanya penyegaran pada tatanan birokrasi, diharapkan mampu meningkatkan kinerja pada masih masing dinas. Hal itu tentu akan mendukung pencapaian visi misi bupati ke depan.

Sayangnya, dilantiknya beberapa pejabat tersebut mendapat reaksi keras dari beberapa aktivis. Zeki Mulyadi, aktivis anti korupsi menyebut, ada kejanggalan karena posisi kadis DPKPP dan DPUTR malah dipertahankan. Harusnya, Adil Prayitno dan Iwan Rizki tidak menempati dinas tekhnis, karena saat ini diduga sedang dalam bidikan APH.

"Info dari Kejati Jabar  valid, bahwa Kadis DPKPP dan DPUTR Kabupaten Cirebon sedang dalam bidikan. Saya dapatkan dari kutipan berita online yang menyebutkan, mereka sedang dalam pemeriksaan. Ini yang bilang humas Penkum kajatinya sendiri. Masa beritanya bohong. Harusnya dua orang itu dimasukan kotak," papar Zeki.

Zeki menyayangkan juga, sikap Bupati Imron yang tidak konsisten. Masalahnya janji Imron yang akan mengganti Kadis PUTR, Iwan Rizki tidak terealisasi. Padahal awalnya bupati mengaku, kinerja Iwan Rizki tidak maksimal dan diduga terlalu banyak masalah. Namun sampai saat ini, posisi Iwan tidak tergoyahkan.

"Kalau begini saya akan terus melakukan pengawalan terhadap beberapa kasus yang sedang ditangani baik di Kejati maupun di KPK tegas Jeki(tim)

gelap dan terjal tanjakan Cibangban " antara mitos dan fasilitas"

INDOMEDIANEWSC- Tidak adanya Rambu lalulintas dan minimnya penerangan jalan,kerap kali menimbulkan kecelakaan, terlebih dimalam hari.
Ini yang terjadi di tanjakan Cibangban, Desa Cipeujeuh kulon, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon.

Menurut keterangan yang disampaikan salah seorang warga Desa Belawa, Iyon (43 Tahun) kerap terjadi kecelakaan di tanjakan tersebut yang salah satu penyebabnya adalah tidak adanya lampu penerangan jalan.

"Yang utama harus diadakan lampu penerangan jalan, karena selain tanjakannya agak terjal, juga banyak terdapat semak yang menutupi jalanan, hal ini tentunya membuat penglihatan tidak jelas, akibatnya banyak yang terjatuh,,utamanya masyarakat dari luar daerah yang melintas di jalan tersebut,,oleh karenanya kami meminta kepada Dinas terkait agar segera dilakukan pemasangan lampu penerang jalan,,sekaligus perbaikan jalan" tuturnya.

Ironisnya, Tanjakan Cibangban merupakan salah satu akses jalan menuju obyek wisata Belawa atau Cikuya, sudah sepatutnya harus ditunjang dengan fasilitas jalan dan penerangan yang memadai.

"sudah lama jalan disini rusak kang, ini tentunya sangat membahayakan, apalagi ada mitos bahwa ditanjakan tersebut ada unsur magicnya, jadi  sudah seharusnya segera diadakan lampu penerangan sekaligus perbaikan jalan, bahkan beberapa hari yang lalu ada sebuah mobil truk yang terperosok, salah satu penyebabnya adalah kondsi jalan yang menanjak dan rusak, ditambah tidak adanya lampu penerangan jalan" pungkas Iyon .(1c)

Demokrat Mendukung Penuh DOB Cirebon Timur " demi kemajuan"

INDOMEDIANEWSC  -  Partai Demokrat merupakan salah satu partai yang mendukung adanya Daerah Otonomi Baru ( DOB) pemekaran Cirebon timur,  memastikan  bahwa Demokrat mendukung penuh terhadap pemekaran Cirebon timur,  karena esensinya adalah pemekaran itu untuk membangun kemandirian kawasan atau kemandirian wilayah.

Hal tersebut dituturkan Anggota DPR-RI dari fraksi Demokrat, Herman Khaeron, saat kunjungan reses dengan tokoh masyarakat dan warga Desa Cipeujeuh Kulon dan Lemahabang Kulon, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, Kamis (23/2).

Politisi Demokrat yang akrab disapa Kang Hero menuturkan, dengan adanya  pemekaran tentunya akan ada amunisi tambahan vitamin  untuk pemerintah  daerah otonomi baru oleh karenanya bukan tabu meskipun memang sampai sekarang masih moratorium.

"moratorium ini bukan hambatan untuk ada upaya sampai kepada pemekaran wilayah," ungkapnya 

Hero pun menambahkan, karena  pemekaran wilayah itu juga merupakan jenis kepercayaan apabila di wilayah tersebut jumlah penduduknya terlalu besar, atau wilayahnya terlalu luas, dan tentunya  pemekaran itu untuk meningkatkan pembangunan di kawasan tersebut.

Lebih lanjut, Hero menjelaskan bahwa dirinya banyak mendapatkan Pesan melalui WhatsApp ( WA) dari tokoh Cirebon Timur, bahwasanya partai Demokrat tidak mendukung atas adanya pemekaran wilayah Cirebon Timur.

" Nah saya pastikan dan tegaskan  bahwa kebijakan DPC, kebijakan fraksi di daerah itu adalah merupakan kebijakannya DPP, sehingga saya pastikan sebagai kepala Badan Pembina Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan ( BPOKK) bersama  Pimpinan Pusat bahwa  partai Demokrat  mendukung penuh adanya pemekaran wilayah Cirebon Timur," tandasnya.

Sementara itu, dikesempatan yang sama, Bendahara DPD Partai Demokrat Jawa Barat, Ratnawati, yang konsen akan keberadaan UMKM, mengharapkan agar kedepannya para pelaku UMKM akan terus membaik.

"Kami sangat konses terhadap keberadaan UMKM, oleh karenanya upaya yang dilakukan saat ini adalah selain melakukan pembinaan terhadap para pelaku UMKM, tentunya kami pun memberikan bantuan yang disesuaikan dengan kebutuhan, pada intinya peran kami dalam meningkatkan kesejahteraan para pelaku UMKM terus diprioritaskan, tentunya apa yang kami lakukan tetap berkoordinasi dengan kang Hero, jika mana ada Masyarakat yang memang membutuhkan permodalan untuk UMKM, silahkan bisa berkoordinasi dengan pihak Pemdes setempat yang nantinya bisa diinformasikan kepada kami" tuturnya.(1c)


23 Feb 2023

Kunker ke Jakarta, Bupati Sambangi Kantor PBB dan Bappenas

INDOMEDIANEWSC -- Bupati Cirebon Drs. H. Imron, M.Ag, melakukan kunjungan kerja ke Kantor Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI di Jakarta, Rabu (22/02/2023).

Dalam kunjungan ke kantor PBB, Bupati Imron membahas mengenai penanganan stunting dan kemiskinan yang ada di Kabupaten Cirebon.

Pertemuan tersebut, salah satunya membahas tentang solusi yang bisa dilakukan untuk penanganan kasus tersebut.

"Tadi kita diterima oleh perwakilan dari PBB, membahas tentang stunting, kemiskinan dan gender," ujar Imron.

Sementara itu, kunjungan Bupati Cirebon ke Kantor Bappenas RI, didampingi juga oleh Komisi 3 DPRD Kabupaten Cirebon. Kunjungan tersebut membahas tentang pembenahan infrastruktur di Kabupaten Cirebon.

Imron mengatakan, bahwa kunjungannya ke Bappenas bersama DPRD Kabupaten Cirebon itu, untuk mengusulkan adanya penambahan anggaran untuk infrastruktur jalan dan lainnya.

"Ke Bappenas, kita mengusulkan adanya peningkatan anggaran untuk infrastruktur, kesehatan, pendidikan dan lainnya," jelas Imron.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Cirebon, Teguh Rusiana menuturkan, bahwa kedatangannya bersama Bupati Cirebon ke Bappenas, untuk mendengarkan penjelasan arah kebijakan pusat dan provinsi.

Selain itu, pihaknya juga menyampaikan terkait kondisi infrastruktur di Kabupaten Cirebon yang membutuhkan dukungan dari pusat.

"Namun ada beberapa kriteria yang tidak bisa diakomodir oleh negara, yaitu dalam hal indeks keuangan fiskal daerah," kata Teguh.

Walaupun begitu, pihaknya tetap optimis dan akan terus mengusahakan infrastruktur di Kabupaten Cirebon menjadi yang terbaik. (Lisdis)

22 Feb 2023

RUTILAHU SANG PRIMADONA

INDOMEDIANEWSC- Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Daddy Rohanady menyatakan selama malakukan reses, perbaikan rutilahu merupakan primadona. Hal itu disampaikan Daddy kepada awak media usai melakukan reses II tahun sidang 2022-2023. Reses dilakukan Daddy di delapan titik pada tanggal 13-22 Februari 2023. 

"Rutilahu benar-benar menjadi primadona. Di semua titik reses saya, ternyata semuannya menginginkan program perbaikan rumah tidak layak huni (rutilahu) terus dilanjutkan," ujar Wakil Ketua Fraksi Gerindra itu.

Masih menurut Daddy, "Ternyata masih banyak desa di daerah pemilihan saya yang meminta bantuan perbaikan rutilahu. Permintaannya bervariasi. Ada desa yang hanya meminta perbaikan 20 rumah, tetapi ada pula yang minta hingga 50-60 rumah. Itu menunjukkan bahwa masih banyak masyarakat, paling tidak di Cirebon-Indramayu yang membutuhkan kelanjutan program tersebut."

Sebagaimana diketahui, pada tahun 2022 Pemprov Jabar sudah merealisasikan program perbaikan rutilahu sebanyak 31.000. Pada tahun 2023 juga sudah direncanakan perbaikan 11.400 rutilahu. Namun, ternyata memang masih sangat banyak rumah yang tidak layak huni. 

Dengan demikian, tidak aneh jika program tersebut disambut hangat dan sangat antusias oleh mereka yang membutuhkan. Apalagi, di tengah kondisi perekonomian seperti sekarang ini.

Program perbaikan rutilahu diluncurkan Pemprov Jabar sudah cukup lama. Bantuan stimulus yang diberikan pun terus meningkat, mulai Rp 7,5 juta per rumah hingga sekarang sudah Rp 20 juta per rumah. Namun, dana tersebut sifatnya stimulus. Meskipun begitu, jumlah tersebut masih dinilai cukup membantu mereka yang membutuhkan. 

"Saya kira program ini sangat baik. Namun, ke depan jumlah nilai bantuannya harus ditingkatkan karena harus menyesuaikan dengan kondisi yang ada. Ini memang bukan bantuan untuk perbaikan rutilahu secara total, tetapi sifatnya hanya stimulus," tambah Daddy.

Dalam masa pemerintahan Gubernur Ridwan Kamil ditargetkan untuk menyelesaikan perbaikan rutilahu sebanyak 100.000 unit. Hingga anggaran murni 2023, jumlah tersebut hampir tercapai. Totalnya sudah terealisasi 95.000 rumah lebih. 

"Namun mengingat masih banyaknya permintaan masyarakat, kiranya program tersebut harus terus dilanjutkan menjadi bagian dari program pembangunan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, siapapun gubernurnya" pungkas Daddy.(1c)

Akibat hujan lebat "Rumah warga Beringin Roboh"

INDOMEDIANEWSC- Akibat hujan lebat yang terjadi pada selasa sore 21/02/2023.Rumah seorang warga Desa Beringin, Kecamatan Pangenan, Kabupaten Cirebon,Febrianto (24 Tahun) yang tinggal seorang diri, Roboh diterjang angin dan hujan lebat.
Pemuda yang tinggal di Blok Karangrahayu tersebut memerlukan bantuan dari berbagai pihak, hal ini dikarenakan kehidupannya yang serba minim dan jauh dari kedua Orang tuanya.
Dalam keterangan yang disampaikan Kuwu Beringin, Agung Gunawan, peristiwa robohnya rumah tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

"Alhamdulillah, dalam peristiwa robohnya rumah tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa, namun demikian tentunya kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk bagaimana caranya agar rumah yang roboh tersebut bisa segera diperbaiki, karena peristiwanya baru kemarin sore, kami belum sempat melaporkannya kepada instansi terkait, intinya kami memohon kepada pihak yang berkopenten agar segera memberikan bantuan kepada warga yang saat ini sangat membutuhkan, kasihan Kang, dia tinggal seorang diri, sementara pekerjaan hanya sebagai tenaga serabutan" tuturnya.(1c)






21 Feb 2023

Bupati Cirebon Berikan Bantuan kepada PMI yang Mengalami Kecelakaan Kerja

INDOMEDIANEWSC-- Linda, PMI (Pekerja Migran Indonesia) asal Desa Cempaka, Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon, yang sudah bekerja selama empat tahun di Malaysia mengalami kecelakaan kerja. Dirinya terjatuh dari lantai 4 tempat dirinya bekerja.

"Linda ini mengalami patah tulang, sehingga tidak bisa berjalan," ujar Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag saat memberikan santunan kepada Linda, Senin (20/2/2023).

Imron menuturkan, bahwa pihaknya mengapresiasi upaya dari Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Cirebon yang telah membantu proses kepulangan Linda kembali ke Cirebon. 

Ia juga megucapkan terima kasih kepada Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, BPJS dan Baznas Kabupaten Cirebon yang telah membantu dalam proses pengobatan yang saat ini sedang dijalani oleh Linda.

Ia menyebutkan, dukungan dan bantuan yang diberikan oleh Pemkab Cirebon kepada Linda, merupakan salah satu wujud kepedulian pemerintah terhadap PMI.

Banyaknya kasus yang dialami oleh PMI, membuat Imron mewanti-wanti kepada masyarakat Kabupaten Cirebon yang akan bekerja sebagai PMI, agar melalui prosedural yang resmi.

Karena menurutnya, dengan melalui jalur yang resmi, jika PMI tersebut tersandung masalah, bisa segera tertangani dan terlacak keberadaannya. 

"Kalau mau jadi PMI, administrasinya diurus yang benar dan pastikan perusahannya adalah legal," ujar Imron.

Jumlah PMI di Kabupaten Cirebon mengalami kenaikan signifikan pada tahun 2022 lalu dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya berjumlah sekitar 2000an yang mendaftar sebagai PMI. 

Disnaker Kabupaten Cirebon mencatat, ada sebanyak 7.639 PMI asal Kabupaten Cirebon yang sudah dilakukan penempatan di sejumlah negara.

"Warga Cirebon banyak yang bekerja di Hongkong, Taiwan, Korea, Singapura dan lainnya. Kalau Timur Tengah masih belum dibuka," jelas Imron. (Lisdis)

20 Feb 2023

Pemdes Curugwetan terus berbenah

INDOMEDIANEWSC- Salah satu upaya untuk meningkatkan kinerja jajaran Pemerintahan Desa dalam memberikan pelayanan prima terhadap Masyarakat diantaranya adalah tersedianya fasilitas yang memadai, hal itu pula yang tengah dilaksanakan Pemerintah Desa Curug wetan, Kecamatan Susukanlebak, Kabupaten Cirebon.
Dalam keterangannya, Kuwu Desa Curugwetan , Anang Muhari, menuturkan, pihaknya tengah melaksanakan rehabilitasi kantor Desa.

"Secara bertahap kami terus berupaya untuk melaksanakan berbagai pembenahan, salah satunya adalah rehabilitasi kantor Desa, ini perlu diprioritaskan guna menunjang kinerja seluruh jajaran dalam memberikan pelayanan maksimal terhadap warga Masyarakat, diharapkan dengan fasilitas desa yang memadai etos kerja seluruh Perangkat maupun Lembaga Desa bisa lebih baik" tuturnya, Senin, 20/02/2023.

Lebih lanjut Anang, menuturkan, walaupun pengerjaannya dilakukan secara bertahap, diharapkan secepatnya bisa terealisasi.

"Kalau ditanya kapan selesainya Rehab Kantor Desa, tentunya Tahun ini harus selesai, namun dikembalikan lagi pada Anggaran, lebih cepat lebih baik, namum itu tadi, semuanya dikembalikan pada Anggaran, semoga saja harap kami bisa terealisasi, yang pasti kami akan terus berupaya untuk melakukan berbagai hal positif yang semuanya demi kemajuan Desa Curugwetan" pungkasnya. (1c)

16 Feb 2023

Nasib Mimin dan Surya "Perlu perhatian"

INDOMEDIANEESC- Nasib Anak Bangsa, Mimin 9 Tahun dan Surya 4 tahun warga Desa Japura Kidul, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, tak seindah nasib Anak seusianya.
Betapa tidak, Anak yang saat ini tinggal bersama ayahnya, Ade Irawan (32) Tahun yang harus jauh dari ibunya karena perceraian dan terpaksa tinggal dirumah kontrakan karena tidak memiliki tempat tinggal, perlu perhatian dari semua pihak.
Kondisi Ayahnya yang sakit sakitan ditambah kehidupan yang serba kekurangan, membuat miris dan menggugah hati warga sekeliling kontrakan yang peduli dan saling memberi bantuan alakadarnya.
Warga japura kidul yang saat ini mendiami kontrakan sempit di RT 02/08 Kampung Singkil, Desa Astanajapura, Kecamatan Astanajapura tersebut menggugah berbagai pihak, salah satunya adalah Humas Pejuang Siliwangi Indonesia, Astanajapura, Syaefudin, dirinya beserta warga sekitar saling bahu membahu memberikan bantuan kepada Ade Irawan bersama kedua Aanknya.

"Kasihan mereka kang ( Ade dan kedua Anaknya- Red) bukan saja harus tinggal dirumah kontrakan, kondisi ayahnya sering sakit-sakitan, hingga membuat Anaknya yang baru berusia 9 Tahun(Mimin) harus mengurusi adiknya yang baru berusia 4 Tahun ( Surya) akibatnya Mimin tidak bisa menikmati bangku sekolah, disamping ketiadaan biaya, untuk makan sehari-haripun sangat sulit, namun kami sangat beruntung, banyak warga sekitar yang sangat peduli, bahkan atas prakarsa salah seorang warga (Ibu Aliyah) Saat ini Mimin ( 9 Tahun) telah didaftarkan dan masuk di salah satu sekolah Dasar, sementara adiknya dirawat oleh warga lainnya secara bergantian" tuturnya.Kamis, 16/02/2023.

Lebih lanjut dirinya menuturkan  dan berharap agar pihak atau Dinas terkait mau turun tangan untuk mencari solusi demi masa depan Mimin dan Surya.

"Kami meminta dan mengetuk hati semua pihak untuk peduli akan keberadaan Ade dan kedua Anaknya, ini adalah kewajiban kita semua untuk saling peduli" jelas Syaefudin.

Disaat bersamaan, kabar tentang keberadaan Ade Irawan didengar oleh Ketua Fatayat NU Kecamatan Astanajapura, Hj. Qoriah Zaeni, yang turun langsung kekediaman atau kontrakan yang ditinggali Ade Irawan.

"Sangat miris jika melihat kondisi Ayah dengan Dua Anak tersebut, beruntung warga atau tetangga sekitar sangat peduli dan saling memberi bantuan bahkan hingga menyekolahkan salah satu Anaknya,,ini merupakan cerminan warga yang sangat luar biasa,,dengan kondisi tersebut,,saya secara pribadi akan mencoba untuk memberikan bantuan sesuai kemampuan,,termasuk akan membicarakan dengan pihak pemilik kontrakan dan pihak pihak lainnya, intinya jangan sampai nasib mereka diabaikan, karena sesuai pesan atau amanat Kanjeng Sinuhun,Ingsun titip tajug lan fakir miskin, jadi ini merupakan tanggung jawab kita semua, termasuk Pemerintah Daerah" tutur wanita yang gemar bersosialisasi dan tanggap akan keadaan.
Bahkan karena dikenal sebagai wanita yang peduli dan tanggap dalam berbagai hal, tidak sedikit yang mengharapkan dirinya untuk maju sebagai Anggota Dewan.

Saat disinggung adanya desakan Masyarakat agar dirinya maju sebagai salah seorang wakil Rakyat, dirinya hanya bisa berucap InsyaAllah.

"InsyaAllah,,keinginan Masyarakat agar saya maju menjadi Anggota Dewan, akan saya junjung tinggi amanat tersebut, jika Allah berkenan saya akan maju melalui Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mohon doanya saja untuk semua demi Cirebon lebih baik" Pungkasnya. (1c)

Stabilkan Harga Beras, Operasi Pasar Digelar di Kecamatan Waled

INDOMEDIANEWSC-- Pemerintah Kabupaten Cirebon melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan bersama  Bulog Cirebon, mengadakan operasi pasar di Kecamatan Waled Kabupaten Cirebon.

Dalam operasi pasar yang dilaksanakan di dua desa di Kecamatan Waled tersebut, ada sebanyak 10 ton beras yang dijual dengan harga murah.

"Pasar murah ini dilaksanakan di Desa Waled Asem dan Ambit," ujar Bupati Cirebon, Drs H Imron, M.Ag, Rabu (15/2/2023).

Menurut Imron, harga beras medium yang dijual pada operasi pasar ini cukup murah dibandingkan dengan harga beras di pasaran yang kini dikisaran harga Rp11.500-Rp12.000 per kilonya.

"Sedangkan pada operasi pasar ini, beras dijual hanya dengan harga Rp9.400 saja per kilonya," kata Imron.

Adanya operasi pasar ini, diharapkan nanti bisa melakukan stabilisasi harga beras, yang saat ini sedang mengalami kenaikan secara signifikan.

Sementara itu, Kapolresta Cirebon Kombes Pol Arif Budiman menuturkan, bahwa Polresta Cirebon juga sudah membentuk satgas pangan untuk melakukan monitoring dan pengawasan terhadap Bahan Pokok Penting (Bapokting).

Saat ini, pihaknya terus melakukan monitoring harga pangan dan juga melakukan penelusuran rantai distribusi pangan. Karena menurut Arif, hal tersebut menjadi salah satu penyebab naiknya harga pangan.

"Kita akan coba memangkas rantai distribusi, karena itu merupakan salah satu penyebab naiknya harga beras," ujar Arif.

Walaupun saat ini sedang mengalami kenaikan, Arif memastikan stok beras di Kabupaten Cirebon, dinyatakan aman hingga Hari Raya Idul Fitri mendatang. (Lisdis)

13 Feb 2023

Pantarlih Ujung Tombak Suksesnya Pemilu 2024

INDOMEDIANEWSC- Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) bersama Panitia Pemungutan Suara (PPS) se Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon menggelar Apel Siaga dalam rangka kesiapsiagaan untuk  mensukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, yang dipusatkan di kantor kecamatan, Minggu (12/2).

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Gebang, Abdul Rohman mengungkapkan, hari ini 12 Februari merupakan momen yang sangat penting bagi proses pelaksanaan Pemilu 2024, yaitu dilakukannya penetapan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) pada Pemilu 2024 dan digelar apel kesiapsiagaaan secara serentak di 38 Provinsi dan 524 Kabupatrn dan Kota seluruh Indonesia termasuk di Kabupaten Cirebon, maka sudah lengkap struktur penyelenggara pemilu dari tingkat pusat sampai tingkat desa, 

"Apel kesiagaan panyarlih ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa pelaksanaan Pemilu 2024 di Kabupaten Cirebon sudah diselenggarakan.

Rohman berharap kepada petugas pantarlih agar dapat menjaga kemandirian, integritas, dan profesionalitas dalam tugasnya, dan dapat mewujudkan Pemilu 2024 di Kabupaten Cirebon yang berkualitas, karena tolak ukur yang sering digunakan dalam keberhasilan pemilu adalah semua tahapan dilaksanakan dengan tepat waktu lancar aman damai sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan meningkatnya tingkat partisipasi masyarakat sehingga hasil Pemilu dapat diterima oleh semua pihak, mendapat legitimasi dan menghasilkan pemimpin yang dapat memajukan dan mesejahterakan rakyatnya.
Berdasarkan hal tersebut.

"maka penetapan Pantarlih menjadi demikian penting dan strategis dalam penyiapan terwujudnya Daftar Pemilih yang komperehensif, mutakhir dan valid sebagai bagian tahapan Pemilihan Umum Tahun 2024. 

Lanjut menurut Rohman, Pantarlih adalah Petugas yang dibentuk oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk melakukan pemutakhiran data pemilih dalam penyusunan daftar pemilih Pemilu Tahun 2024. Untuk itu keberadaan Pantarlih menjadi ujung tombak penyelenggaraan Pemilu yang sangat menentukan tahapan-tahapan selanjutnya, maka diharapkan Pantarlih dapat menjamin terlaksananya mutarlih dengan jujur, teliti, akurat dan tuntas seiring dengan prinsip penyelenggara pemilu, yaitu mandiri, jujur, adil, berkepastian hukum, tertib, terbuka, proporsional, profesional, akuntabel, efektif, dan efisien agar tidak terjadi berbagai pelanggaran dalam pelaksanaan pemilu yang akan mengganggu jalannya tahapan pemilu.

Selain itu, kami juga berharap Pantarlih dapat menjadi bagian agen sosialisasi pemilihan, yang dapat mensosialisasikan kepada pemilih yang ada di Desa masing-masing sehingga pemilih datang ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya, "Harap Rohman.(1c)

12 Feb 2023

Wabup Cirebon Kunjungi Desa Sibubut "Tinjau Langsung Kondisi Rutilahu"

INDOMEDIANEWSC -- Wakil Bupati Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih, SE, M.Si, melakukan kunjungan ke Desa Sibubut, Kecamatan Gegesik, Kabupaten Cirebon dalam rangka silaturahmi sekaligus edukasi dan sosialisasi mengenai stunting, Jum’at (10/2/2023).

Sosialisasi stunting ini gencar dilakukan, mengingat angka stunting di Kabupaten Cirebon masih sangat tinggi. Tercatat disepanjang tahun 2021, kasus stunting diangka 15.299 anak atau 9,24% dibawah standar stunting yang ada di Provinsi Jawa Barat.

“Di tahun 2022, sudah turun diangka 14.014 anak atau sekitar 8,5%, artinya penurunan angka tersebut dalam 1 tahun hanya 1% saja,” ujar Ayu—sapaan akrab Wabup Cirebon.

Ia pun berharap, angka penurunan kasus stunting bisa mencapai 3% setiap tahunnya dan di tahun 2024 nanti bisa zero stunting.

Selain itu, kunjungan ke Desa Sibubut tersebut, Ayu sekaligus mendatangi lokasi dan meninjau langsung kondisi Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) yang dihuni oleh Ibu Naimah bersama keluarga kecilnya. 

Saat meninjau rutilahu ini, ia tidak melihat ada WC di rumah tersebut dan tidak sesuai standar rumah sehat, karena kondisinya sangat lembab. 

Dan benar saja, setelah berbincang langsung, ternyata suami Ibu Naimah memang sering menderita sesak nafas. “Ternyata memang benar, suaminya juga sering sesak nafas,” kata Ayu.

Melihat kondisi tersebut, Ayu berjanji akan mengajukan perbaikan rumah tersebut melalui program rutilahu dari Baznas Kabupaten Cirebon, agar menjadi rumah layak huni. 

“Nanti akan saya ajukan program rutilahu ke Baznas, supaya bisa dibangun dan diperbaiki, agar rumah Ibu Naimah ini menjadi rumah yang layak huni,” ungkapnya. (Lisdis)

Nana kencana wati " SMSI patut ditauladani"

INDOMEDIANEWSC- Sebagai ujung tombak di lapangan, wartawan dituntut memiliki kualitas dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya di bidang jurnalistik yang berpegang kepada kode etik .

Dengan mengangkat tema “Pers Bebas, Demokrasi Bermartabat”, HPN 2023 merupakan peringatan yang ke-28 sejak kali pertama diselenggarakan pada 9 Februari 1985 di Jakarta.

Selain untuk memperingati peran dan sejarah penting pers secara nasional, HPN juga dihelat sebagai ajang silaturahmi dan konsolidasi seluruh komponen pers di Tanah Air, dalam rangka kemajuan pers nasional dan kepentingan bangsa Indonesia secara umum.

Sesuai dengan tema peringatan bahwa kebebasan adalah ruh bagi pers. Pasal 2 UU No. 40/1999 tentang Pers menyebut kemerdekaan pers adalah salah satu wujud kedaulatan rakyat yang berasaskan prinsip-prinsip demokrasi, keadilan, dan supremasi hukum.
Dalam rangka menperingati HPN Tahun 2023, Nana Kencanawati , Anggota DPRD Fraksi Gerindra Kabupaten Cirebon, menyambut baik kegiatan yang digagas Serikat Media Siber Indonesia ( SMSI) kabupaten Cirebon, dalam bentuk Bakti Sosial.

"Kami sangat respek atas kegiatan dan gagasan SMSI yang menyelenggarakan Baksos sekaligus Bansos kepada Siswa atau pelajar Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Cirebon, ini merupakan sesuatu hal yang sangat positif, diharapkan dengan adanya kegiatan tersebut mampu menjadikan sesuatu yang bermanfaat bagi siswa SLB, karena keberadaan Siswa berkebutuhan husus sangat membutuhkan perhatian kita semua, sebagai salah seorang wakil Rakyat, tentunya kami sangat apresiasi atas kegiatan SMSI yang memperingati HPN dengan sesuatu yang sangat luar biasa, semoga hari ini dan seterusnya, rekan media semakin mampu menjadi sesuatu yang berguna bagi Bangsa dan Negara" tuturnya. (1c)

11 Feb 2023

SMSI Kabupaten Cirebon gelar Baksos di SLBN Kabupaten Cirebon

INDOMEDIANEWSC  – Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kabupaten Cirebon menggelar kegiatan bakti sosial di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Kabupaten Cirebon yang berada di Sindang Laut Kecamatan Lemah Abang, Jumat 10 Februari 2023.

Kegiatan bakti sosial SMSI Kabupaten Cirebon tersebut digelar dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional (HPN) yang biasa diselenggarakan setiap tgl 9 Februari.

Acara dihadiri Wakil Bupati Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih, S.E., M. Si, Sekretaris Camat Lemah Abang, Martin Bhutto, Penasehat SMSI Kabupaten Cirebon, Mustamid A.M, S. Pd, S.H, M.H, C.LA, dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Ketua SMSI Kabupaten Cirebon, Toto M. Said mengatakan bakti sosial ini merupakan kegiatan besar pertama setelah dilakukan pemekaran SMSI Kota dan Kabupaten Cirebon pada Desember 2022 lalu.

Dirinya menuturkan pada peringatan HPN 2023 Pengurus SMSI Kabupaten Cirebon tidak ingin hanya melaksanakan kegiatan seremonial semata di internal insan pers, akan tetapi memberikan kontribusi langsung kepada masyarakat lewat kegiatan bakti sosial.

“Sekolah SLB masih jarang diperhatikan maka dari itu SMSI mengajak seluruh elemen untuk peduli terhadap kondisi siswa difabel,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih, S.E, M. Si mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan SMSI Kabupaten Cirebon pada peringatan HPN 2023.

“Peringatan HPN 2023 di Kabupaten Cirebon berlangsung meriah dan ditambah lagi dengan kegiatan bakti sosial SMSI,” ujarnya.

Hj. Wahyu Tjiptaningsih, S.E., M.Si yang lebih akrab disapa Bunda Ayu berharap kepada kalangan pemilik perusahaan media online (siber) yang tergabung dalam SMSI untuk menjaga kondusivitas Kabupaten Cirebon menjelang tahun politik 2024.

“Sebab salah satu kelebihan media siber adalah bisa dibaca masyarakat kapan saja dan di mana saja maka harus lebih bisa mencerdaskan pembaca,” tambahnya.

Terkait program kepedulian terhadap siswa difabel, Bunda Ayu berjanji akan memberikan perhatian dengan mekanisme yang ada sebab SLBN Kabupaten Cirebon berada di bawah naungan Pemprov Jawa Barat.

“Pemda Kabupaten Cirebon tetap bisa memfasilitasi pelatihan kewirausahaan misalnya atau keterampilan lain untuk siswa difabel di SLBN ini dengan menggandeng pihak lain” jelasnya.

Pada saat yang sama, Kepala Sekolah SLBN Kabupaten Cirebon, Euis Marhamah S. Pd berterima kasih atas kegiatan bakti sosial yang diselenggarakan oleh SMSI Kabupaten Cirebon dan dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Cirebon, Bunda Ayu.

Kepedulian dari Pemda Kabupaten Cirebon sangat diharapkan untuk mendorong para siswa difabel memiliki keterampilan dan prestasi di berbagai bidang.

“Meskipun sekolah kami di bawah naungan Pemprov Jabar, akan tetapi siswa yang kami didik merupakan anak-anak dari Kabupaten Cirebon,” kami berharap kepada semua pihak untuk lebih peduli kepada Anak Negeri yang memiliki keistimewaan dalam hal ini siswa SLB, semoga dengan adanya peringatan Hari Pers Nasional ini menjadi satu momentum untuk mampu mengangkat harkat dan martabat para difabel atau yang memiliki kelebihan khusus" harap Euis (1c)

9 Feb 2023

Presiden Jokowi : Dunia Pers sedang tidak Baik-baik saja

INDOMEDIANEWSC- Perkembangan teknologi digital dan pesatnya pertumbuhan media sosial berpengaruh besar terhadap eksistensi pers di Indonesia.

Pers Indonesia, terutama media konvensional, kekuatannya terus berkurang. Media digital dengan platform-platform asing makin menguasai.

"Sebanyak 60 persen belanja iklan diambil media digital platform asing. Pers Indonesia sedang tidak baik-baik saja," kata Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo.

Pernyataan tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kamis (9/2/2023) pada acara puncak Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023 yang dipusatkan di Kota Medan, Sumatera Utara.

Puncak HPN yang diperingati setiap 9 Februari dihadiri Ketua MPR, Bambang Soesatyo, sejumlah menteri, Panglima TNI, para kepala staf TNI, beberapa gubernur, walikota/bupati, ketua Dewan Pers, para wartawan dan undangan lainnya.

Sebagai tuan rumah hadir Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi dan Wali Kota Medan, Bobby Nasution beserta Penanggungjawab HPN, Atal S. Depari yang juga Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Presiden Jokowi meminta, media digital berplatform asing jangan dibiarkan mendominasi. Karena itu, pemerintah siap dan selalu mendukung kelangsungan pers Indonesia.

Ia juga menyoroti banyaknya media digital yang memuat berita kurang berkualitas, tidak seimbang dan terjebak pada polarisasi.

"Sekarang semua orang bisa membuat dan menyampaikan berita. Informasi berseliweran, namun isinya tidak berkualitas. Pers Indonesia harus bisa menjadi pelurus dan menjelaskan informasi yang tidak benar. Buat pemberitaan yang bertanggungjawab," tandasnya.

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengaku sudah akrab dengan insan pers sejak dirinya menjabat Wali Kota Solo, Gubernur DKI dan Presiden RI.

"Bagi saya, sudah sangat dekat dengan insan pers sejak lama. Saya mengakui pers sangat memberi kontribusi yang besar. Terima kasih rekan-rekan pers, para wartawan hingga pemimpin redaksi. Selamat Hari Pers Nasional di tahun 2023 ini," pungkas presiden.(lis1e)

8 Feb 2023

Desa Sidamulya terus berbenah

INDOMEDIANEWSC- Terus berbenah dilakukakan Pemerintah Desa Sidamulya, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon.
Salah satunya adalah melakukan rehab dan penataan Kantor Desa setempat.
Pengembangan dan pembenahan kantor Desa diharapkan mampu meningkatkan etos kerja dan kenyaman dalam memberikan pelayanan terhadap warga Masyarakat, hal ini disampaikan kuwu Sidamulya, Dudi Mazudin Z, kepada IM diruang kerjanya, Rabu,08/02/2023.

"Kami terus berupaya untuk melakukan berbagai pengembangan dan pembenahan, termasuk peningkatan fasilitas pelayanan publik, hal ini kami lakukan sebagai upaya untuk peningkatan kinerja jajaran perangkat desa, sekaligus memberikan pelayan dan kenyamanan bagi warga, semoga dengan fasilitas yang memadai mampu merealisasikan berbagai program yang telah tersusun" tuturnya.

Saat ini perkembangan Desa Sidamulya sangat pesat, terlihat dari sarana yang telah tertata dengan baik, dari mulai taman Desa, tempat bermain anak hingga sarana olahraga.

"Pada primsipnya kami ini adalah pelayan, oleh karenanya sudah menjadi kewajiban untuk memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh warga Masyarakat, semoga apa yang kami lakukan bisa bermanfaat dan terus didukung oleh semua pihak, intinya kami ingin berbuat baik dan membuat Desa Sidamulya bisa terus beriembang  dan dapat dibanggakan" pungkasnya.(1c)

7 Feb 2023

Bupati Cirebon Bagikan 1.420 Sertifikat Tanah di Desa Cempaka

INDOMEDIANEWSC -- Bupati Cirebon Drs H Imron, M.Ag membagikan sebanyak 1.420 sertifikat tanah di Desa Cempaka Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon, Selasa (7/2/2023).

Sertifikat tersebut, merupakan hasil program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang bekerja sama dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Dalam kesempatan tersebut, Imron mengapresiasi kinerja Kuwu Cempaka, yang bisa mendorong masyarakatnya untuk mendaftarkan diri dalam program PTSL.

"Di sini (Desa Cempaka), merupakan yang terbanyak menghasilkan sertifikat dari program PTSL," ujar Imron.

Ia mengungkapkan, bahwa penduduk di Desa Cempaka berjumlah 7.500 jiwa, sedangkan sertifikat yang berhasil diselesaikan berjumlah 1.420. Jumlah capaian ini, ujar Imron, merupakan jumlah yang besar.

Imron juga meminta kepada para camat dan kuwu untuk mendorong warganya terlibat dalam program ini. Karena menurut Imron, banyak sekali manfaat dari adanya sertifikat tanah.

"Selain untuk kepastian hukum, juga untuk menghindari konflik," kata Imron.

Sementara itu, Trisno Sugito, Kasi Survey dan Penataan BPN Kabupaten Cirebon mengatakan, bahwa pada tahun 2023 ini pihaknya menargetkan sebanyak 106.400 bidang tanah. Dari jumlah tersebut, ditargetkan bisa menghasilkan sebanyak 53.048 SHT (Sertifikat Hak atas Tanah).

Trisno juga mengatakan, bahwa masih ada sekitar 45 persen bidang tanah di Kabupaten Cirebon yang belum disertifikatkan. Pihaknya menargetkan, bisa menyelesaikan sertifikasi tanah tersebut pada tahun 2025 nanti.

"Targetnya 2025, seluruh bidang tanah sudah disertifikatkan semua," ujar Trisno.

6 Feb 2023

Aktivis Anti Korupsi Cirebon Soroti DPKPP, Ada Apa?

Indomedianewsc, Cirebon - Salah satu aktivis anti Korupsi Cirebon, Zeki Mulyadi menyoroti kinerja Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Cirebon. Hal itu berkaitan dengan pemanggilan  pihak DPKPP Kabupaten Cirebon oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jabar beberapa waktu lalu. 

Bang Zeki Mulyadi aktivis Anti Korupsi
Kabupaten Cirebon

Kepada Wartawan, Minggu (5/2/2022), Zeki mengatakan, pemanggilan tersebut diduga berkaitan dengan persoalan temuan BPK-RI tahun 2020. Informasi yang didapatkan menurut Zeki, yaitu adanya temuan pemeliharaan periodik jalan dan beberapa paket perbaikan jalan dan lingkungan di beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Cirebon. 


"Informasi valid yang saya dapatkan memang DPKPP saat ini sedang diminta keterangan terkait temuan BPK-RI tahun 2020. Sebagai aktivis anti korupsi, hari Jumat kemarin saya coba klatifikasi ke Kadis DPKP, namun tidak ada di tempat," kata Zeki. 


Terlepas dari persoalan tersebut, Zeki mendukung upaya dan keberanian Kejati Jabar yang langsung respon dengan laporan masyarakat tersebut. Menurutnya, Kejati Jabar harus diapresiasi karena langsung mempolow-up laporan tersebut. Tinggal, bagaimana masyarakat terus mengawal laporan itu supaya tidak ada intervensi pihak lain. 


"Saya mengapresiasi Kejati Jabar yang langsung meminta keterangan pihak-pihak yang bertanggung jawab. Siapa yang dipanggil, saya tidak paham. Tapi tentunya pejabat yang bertanggung jawab dong pada saat pekerjaan itu digelar," jelasnya. 


Disisi lain,  dirinya juga menyoroti kinerja DPKPP. Pasalnya dengan adanya pemanggilan oleh Kajati Jabar terkait temuan BPK-RI tahun 2021, otomatis pasti akan muncul lagi temuan BPK-RI tahun 2021. Zeki mengaku, sudah mempunyai data temuan BPK-RI tahun 2021 di DPKPP Kabupaten Cirebon. 


"Saya sudah membaca isi temuan BPK-RI tahun 2021. Temuannya yaitu volume sepuluh paket pekerjaan pemeliharaan jalan, jaringan dan irigasi di DPKPP Kabupaten Cirebon kurang dari yang ditetapkan," jelasnya. 


Zeki menyebut, nilainya cukup besar. Namun dia belum bisa memastikan, apakah temuan tersebut sudah diselesaikan atau belum. Masalahnya, walaupun bisa diselesaikan dan tidak muncul pada temuan BPK-RI tahun ini, namun diduga akan muncul temuan lainnya pada tahun ini. 


"Tahun ini kan ada banyak beberapa proyek fisik termasuk paket paket jalan lingkungan. Ada juga proyek rutilahu yang nilainya cukup fantastis. Kita lihat saja hasilnya temuan BPK-RI tahun ini," ucapnya. 


Zeki juga menyayangkan kurang komunikasinya Kadis DPKPP Adil Prayitno. Dirinya melihat, Adil sedikit sulit untuk diajak komunikasi dan koordinasi, termasuk oleh kalangan aktivis maupun LSM. Harusnya, sekelas DPKPP welcome kepada semua pihak. Zeki mengaku, sedang mengumpul data terkait desas desus pejabat DPKPP yang juga diduga sering merangkap sebagai konsultan. 


"Saya itu beberapa kali ingin koordinasi menanyakan masalah ini. Apakah betul ada anak buah Adil yang juga merangkap sebagai konsultan. Jangan sampai kami menduga duga, karena sudah mengerucut satu nama dan ini diduga sudah berlangsung cukup lama," tukasnya.