25 Jan 2023

Lato-Lato dongkrak perekonomian

Penulis R.Agus Syaefuddin

Lato-lato atau permainan dua bola bulat yang saling beradu dengan kelincahan melalui untaian tali maupun sejenisnya, merupakan pernainan jadul yang kembali kepermukaan hingga viral dan membuat Rakyat kelas bawah hingga Presiden saling menunjukan kebolehan.

Permainan yang sebenarnya biasa saja saat ini sangat buming karena dimainkan oleh berbagai golongan, bahkan selebriti hingga Anak balita memainkannya .

Lantas positifkah kembalinya permainan jadul kembali hadir ditengah moderenisasi dan perubahan zaman yang super dengan berbagai tehnologi???

Bisa saja permainan lato-lato menjadi sebuah kenangan indah pada jamannya, yang saat ini kembali buming dengan beragam warna dan ukuran.
Sayangnya, permainan yang mengasyikan ini kerap menimbulkan kecelakaan pada para pemainnya, ada yang benjol jidat, mata lebam, bibir sobek dan banyak lagi kecelakaan yang diakibatkan oleh si bola bundar mini.

Positifnya adalah kita kembali mengingat dan memperkenalkan pada kaum milenial, bahwa dahulu ada permainan mengasyikan yang bernama lato-lato, namun tentu ada segi negatifnya, yaitu tidak sedikit yang celaka karena permainan lato-lato.
Ironisnya, permainan yang biasa itu bisa menjadi permainan luar biasa, karena para pejabat dan selebriti turut mempermainkannya, hal ini tentunya menjadi berkah bagi para penjual Lato-lato dan mengangkat para pedagang bawahan yang sekaligus menjadi ladang rijki yang secara tidak langsung merubah paradigma bahwa permainan jadul bisa mengalahkan permainan jaman sekarang yang identik dengan technologi.

Ternyata mengangkat sesuatu yang dianggap biasa bisa menjadi luar biasa itu sangatlah mudah,  asalkan dimainkan oleh para pejabat hingga para selebriti.
Jika semua pejabat dan para selebriti mau memainkan permainan tempo dulu, seperti Congklak, Tokle, bletokan dan permainan jadul lainnya, niscaya perekonomian Rakyat akan melaju pesat, Hususnya para wong pinggiran.
Semoga dengan adanya lato-lato akan bermunculan permainan jadul lainnya, tentunya sedikit modif yang disesuaikan dengan perkembangan jaman.


0 $type={blogger}: