31 Des 2023

kuwu wangkelang siap mengabdi demi perubahan

INDOMEDIANEWS - Kuwu wangkelang , kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon yang baru saja dilantik dan diambil sumpah, Sakid, berharap adanya sinergitas antar Lembaga dan unsur lainnya untuk membangun Desa wangkelang menjadi desa yang mampu mengayomi dan melayani masyatakat dengan baik. Hal ini dituturkan usai pelantikan dirinya, sabtu, 30/12/2023.

"Selaku Kuwu baru tentunya perlu banyak pembelajaran dan masukan dari semua pihak, oleh karenanya kami mengharap adanya dukungan serta kerjasama yang terjalin baik agar pemerintahan desa mampu memberikan yang terbaik bagi Masyarakat" tuturnya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, bahwa pihaknya akan berusaha semaksimalmungkin untuk menjadi pelayan bagi masyatakat agar apa yang menjadi harapan dapat terwujud dengan tetap bermohon kepada Allah SWT.

"Sudah menjadi kewajiban kita untuk berusaha dengan tetap berserah diri pada sang maha pencipta, secara lahiriah kita tetap harus berusaha dengan dilandasi niat yang baik, namun apapun hasilnya kita serahkan sepenuhnya kepada Allah, namun demikian, InsyaAllah saya akan berusaha semaksimalmungkin untuk menjadikan desa wangkelang  sebuah desa yang mampu bersaing dengan desa lainnya dan dapat dibanggakan karena adanya perubahan dalam segala hal yang positif, kami mohon doa dan dukungan agar selama kami melaksanakan tugas dan tanggung jawab senantiasa berada dalam koridor yang berlaku" pungkasnya. (1c)

Warga Mertapadawetan sambut Kuwu baru "Moh Munif AR" demi perubahan

INDOMEDIANEWS- Suka cita warga Desa Mertapadawetan, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon sangat terlihat jelas disaat menyambut kedatangan kuwu terpilih, Moh Munif AR dikediamannya, Sabtu 30/12/2023.

Kuwu yang baru dilantik tersebut diharapkan mampu membuat perubahan ke arah yang lebih baik.

"Saya sangat terharu melihat warga dari berbagai golongan yang sengaja datang dikediaman saya bahkan rela menunggu untuk mengucapkan selamat atas dilantiknya saya sebagai kuwu Desa Mertapadawetan, hal ini tentunya membuat saya semakin bersemangat untuk bekerja sebagai kuwu yang berkewajiban melakukan perubahan ke arah yang lebih baik dari yang sudah baik" tuturnya

Lebih lanjut pria yang kesehariannya berprofesi sebagai jasa tambal ban tersebut mengharapkan adanya sinegritas dari seluruh elemen untuk bersama-sama membangun desa.

"Kami mengajak semua pihak untuk menyatukan visi misi demi mertapadawetan lebih baik, lupakan perbedaan dan saatnya bersatu padu menciptakan berbagai hal positif, salah satu hal yang menjadi prioritas saya adalah memperbaiki data bes, termasuk merapihkan rincikan atau tanah desa agar tertata dengan baik, bukan itu saja tentunya yang akan kami canangkan, yang tidak kalah pentingnya adalah peningkatan sumber daya manusia, hususnya bagi seluruh perangkat desa agar mampu memberikan pelayanan prima terhadap seluruh warga yang membutuhkan" jelasnya.

Saat disi nggung apakah akan melakukan rotasi atau pergantian perangkat, dirinya membenarkan.

"Kami butuh perangkat yang profesional , berwawasan dan memiliki SDM yang mumpuni, jika memang diperlukan rotasi atau pergantian, akan kami lakukan dengan tujuan utama adalah melakukan perubahan ke arah yang lebih baik demi mertapadawetan agar bisa menjadi sebuah desa yang mampu membanggakan dan tidak menutup kemungkinan akan menjadi desa percontohan, semuanya bisa terealisasi dengan adanya sokongan dan dukungan dari semua pihak, saya sebagai kuwu dalam kesempatan ini hanya mampu mengucapkan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan masyarakat terhadap saya, kami hanya berpesan ingatkan jika ada sesuatu hal yang sekiranya dirasa kurang baik, mari jadikan komunikasi dan koordinasi sebagai langkah menuju sebuah perubahan dan menciptakan kondusifitas tanpa ekses" pungkasnya. (1c)

30 Des 2023

Kuwu Gufron " saatnya membangun Desa" lupakan perbedaan

INDOMEDIANEWS - Ratusan masyarakat Desa Japuralor Kecamatan Pangenan Kabupaten Cirebon, menghadiri selamatan di kediaman Kuwu Gufron, usai pelantikan. Dengan lantunan ayat suci Al Qur'an, warga secara khidmat mengikuti acara tersebut.

Kuwu Desa Japuralor, Gufron mengatakan, selamatan bersama warga ini sebagai ungkapan syukur pada Allah SWT dan para leluhur desa yang telah memberikan anugerah untuk memimpin desa ini. 

"Kami akan merangkul semua masyarakat, tak ada lagi perbedaan untuk mendapatkan pelayanan, karena sudah saatnya kita kembali bersatu dan lupakan perbedaan" tuturnya usai acara di rumahnya, Sabtu 30/12/2023.

Gufron menjelaskan, Pemilihan Kuwu (Pilwu) serentak yang dilaksanakan beberapa waktu lalu merupakan wujud pesta demokrasi bagi warga dan kedewasaan politik masyarakat desa ini sudah sangat baik. Terlihat, dengan terselenggara  pemilihan sukses tanpa ekses. 

"Dukung mendukung calon hal yang biasa saat pemilihan, tapi setelah ada yang terpilih, mari bersatu membangun dan menyejahterakan masyarakat untuk lebih baik dan maju dari yang sudah ada," jelasnya.

Masih dikatakan Gufron, sebagai tugas utama pemerintahan desa tak lain memberikan pelayanan prima, khususnya administrasi kependudukan. Sehingga, kapanpun dibutuhkan untuk hal yang mendesak seperti, tandatangan untuk orang yang sakit, tentunya diutamakan. 

"Perlu kiranya sinergitas yang baik dari seluruh elemen masyarakat, guna terwujudnya tujuan bersama," ujarnya.

Gufron mengucapkan terima kasih pada seluruh masyarakat yang mempercayakan dirinya untuk memimpin desa dan mohon arahan juga bimbingan dari Muspika dalam melaksanakan tugas pemerintahan. 

"Saran yang membangun sangat diperlukan, agar desa ini lebih baik. Mari bersatu membangun desa, tak ada lagi pendukung maupun non pendukung. Semua sama dalam mendapatkan pelayanan di desa, yang terpenting adalah bersatu padu untuk membangun desa"pungkasnya (1c) 

100 Kuwu dilantik serentak " langkah awal menuju perubahan "

INDOMEDIANEWS -- Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag melantik 100 kuwu hasil Pemilihan Kuwu (Pilwu) Serentak Kabupaten Cirebon Tahun 2023 di Hotel Aston, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon, Sabtu (30/12/2023).

Hadir dalam pelantikan kuwu tersebut, Wakil Bupati Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih, S.E., M.Si beserta jajaran Forkopimda Kabupaten Cirebon.

Dalam sambutannya, Bupati Imron menyampaikan, saat ini pemerintahan desa terus mengalami perubahan yang positif. Sehingga, perlu untuk menyesuaikan, baik dalam landasan hukum yang melandasi operasional pemerintahan desa, maupun lainnya.

Terlebih, desa telah diberikan kewenangan yang begitu besar, baik kewenangan yang berdasarkan hak asal usul desa maupun kewenangan lokal berskala desa. 

"Maka, sangat diperlukan penyelenggaraan pemerintahan desa yang bersih dan berwibawa, dengan ditopang oleh SDM yang handal dan mengedepankan peran rakyat pada setiap aspek kehidupan," ujar Imron.

Ia juga meminta, agar dapat merangkul dan bekerja sama serta bersinergi dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), guna membahas dan menyepakati berbagai kebijakan dalam penyelenggaraan pemerintahan desa, termasuk dengan lembaga kemasyarakatan lainnya.

"Untuk menampung kehendak rakyat yang beragam, dibutuhkan sikap yang bijaksana, serta kebesaran jiwa dalam menerima keputusan akhir, yang diharuskan tetap memiliki orientasi kepada kepentingan umum, jangan pribadi," jelas Imron. 

Imron berpesan, karena saat ini sudah dilantik sebagai kuwu, maka tanggung jawab selaku kuwu untuk bersama-sama memberikan yang terbaik kepada masyarakat desa.

"Mengingat pemerintahan desa mempunyai peran aktif sebagai motivator dan inovator pembangunan di tengah-tengah masyarakat," imbuhnya. 

Salah seorang Kuwu yang telah dilantik dan diambil sumpahnya, Moh.Munif AR sangat berterimalasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan pelaksanaan pilwu serentak 2023.

"Kami sangat berterimakasih atas peranserta dan dukungan dari semua pihak hingga terciptanya pilwu yang aman dan damai, semoga ini menjadi langkah awal menuju pemerintahan desa yang lebih baik dan mampu mensejahterakan Rakyat" tutur Kuwu Mertapadawetan menjelaskan.

Saat ditanya terkait program prioritas yang akan dilakukannya, Kuwu Mertapadawetan, Kecamatan Astanajapura ini menjelaskan.

"Perbaikan data bes dan evaluasi terkait kinerja Perangkat Desa akan kami utamakan, ini perlu dilakukan agar roda pemerintahan desa dapat berjalan dengan baik, tentunya apa yang kami lakukan semata demi kemajuan desa, kami memerlukan adanya jajaran perangkat yang profesional dan memiliki SDM yang memadai, selain dari itu, sesuai arahan dari pak Bupati, kami akan memaksimalkan peran lembaga Desa, hususnya BPD, karena keberadaan lembaga desa harus bersinergi dengan pemerintahan desa dalam hal ini Kuwu, semoga dengan adanya sinergitas yang terjalin dengan baik akan mampu mewujudkan pemerintahan desa berkualitas dan bisa menjadi kebanggaan bagi warganya" pungkasnya. (1c)

28 Des 2023

Jalan Sehat, Peringati Hari Amal Bhakti ke-78 Kemenag Kabupaten Cirebon

INDOMEDIANEWS-- Sebanyak 1500 pegawai Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Cirebon mengikuti jalan sehat dalam rangka Hari Amal Bhakti (HAB) ke-78 Tahun 2023, Rabu (27/12/2023).

Dalam kegiatan tersebut, hadir Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag dan para pejabat di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Cirebon.

Bupati Imron mengatakan, pihaknya memahami Kementerian Agama yang selalu membangun masyarakat dari segi Pendidikan dan Keagamaan.

Sehingga, ia berharap, pada peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-78 ini, Kemenag mampu bersama-sama membangun Kabupaten Cirebon agar lebih maju lagi.

"Mari bersama-sama membangun Kabupaten Cirebon, membangun pemikiran, membangun pola pikirnya dan membangun peradaban Kabupaten Cirebon untuk kesejahteraan masyarakat," ujar Imron.

"Selamat Hari Jadi Kementerian Agama ke-78, kami berharap, Kementerian Agama menjadi perekat bangsa dan menjadi agen perubahan yang positif di masyarakat," imbuhnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cirebon, H. Saefuddin Jazuli, M.Si mengatakan, jalan sehat ini merupakan rangkaian kegiatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-78.

Menurutnya, ini merupakan bentuk rasa syukur para pegawai Kementerian Agama, khususnya di Kabupaten Cirebon.

"Bergembira sekali, karena jalan sehat dalam rangka HAB ini dihadiri oleh Bupati Cirebon, Bapak H. Imron Rosyadi. Karena selama ini, Bupati Imron selalu mendukung kegiatan yang dilakukan oleh Kemenag," katanya.

Ia menyebut, dalam kegiatan jalan sehat ini diikuti lebih dari 1500 pegawai di Kementerian Agama. 

"Alhamdulillah, yang ikut jalan sehat ada 1500 orang. Sedangkan untuk upacara peringatannya sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 3 Januari 2024 mendatang," tukasnya. (1c)

26 Des 2023

PK DKKC Kabupaten Cirebon Dikukuhkan "budaya harus lestari"

INDOMEDIANEWS- Bupati Cirebon, H Imron mengukuhkan Pengurus Kecamatan Dewan Kesenian Kabupaten Cirebon (PK DKKC) periode 2023-2027. 
Acara tersebut dihadiri seluruh pengurus DKKC dan dinas terkait, berlangsung penuh khidmat.

Dalam sambutannya, Bupati Cirebon, H Imron mengatakan, kesenian dan kebudayaan yang ada di Kabupaten Cirebon sangat banyak, sehingga perlu adanya kiprah dari para seniman dan budayawan agar tetap lestari dan anak cucu kita mengetahui kesenian dan kebudayaan daerah. 

"Saya ingin kesenian dan kebudayaan yang ada di Kabupaten Cirebon semakin berkembang dan maju," tuturnya, Selasa 26/12/2023.

Lebih lanjut dirinya menuturkan, kesenian dan kebudayaan yang merupakan warisan nenek moyang harus tetap ada, melalui para seniman dan budayawan. 

"Bila perlu kerjasama dengan Pemkab dan kami siap memberikan arahan juga bimbingan, bilamana ada yang diperlukan. Agar kesenian dan kebudayaan Cirebon tidak punah tergerus perkembangan zaman " ujarnya.

Imron mengharapkan, seniman dan budayawan untuk terus mengikuti perkembangan zaman dengan melakukan inovasi kesenian dan kebudayaan yang ada, tanpa menghilangkan pakem (aturan) yang ada. 

"Bila tidak mengikuti perkembangan zaman, besar kemungkinan akan punah. Maka, perlu adanya inovasi dari para seniman dan budayawan agar tetap eksis dan lestari," tuturnya.

Sementara itu, Ketua DKKC Kabupaten Cirebon, H Sulama Hadi mengungkapkan, terbentuknya PK harus mampu membangkitkan kesenian dan kebudayaan daerah hingga terkenal di tingkat provinsi hingga nasional. 

"Sebagai kepanjangan tangan dari DKKC, PK dapat lakukan inventarisir seni dan budaya yang ada. Kemudian lakukan edukasi para generasi muda, agar tetap lestari," ungkapnya.

Sulama menjelaskan, tidak sedikit kesenian dan kebudayaan daerah yang hampir bahkan punah. Maka sebagai seniman juga budayawan harus mampu mempertahankan yang ada, agar tetap lestari. salah satunya dengan edukasi pada generasi muda dan melakukan inovasi. 

"Tugas kita sangat berat, namun dengan kerjasama yang baik akan sangat mudah. Termasuk support dari Pemkab sangat dibutuhkan, baik dalam bentuk pagelaran maupun kegiatan lainnya, yang tidak lain tujuan utamanya mempertahankan kesenian dan kebudayaan yang ada," jelasnya didampingi Sekretaris, Uuk Sukarna.

Sulama mengucapkan terima kasih pada Pemkab, khususnya bupati yang telah memperhatikan para seniman dan budayawan, hingga terlaksananya pengukuhan PK ini. 

"Diharapkan, Pemkab dapat mensupport DKKC agar dapat menyaingi Yogyakarta dan Solo yang lebih maju dalam bidang seni juga budaya," harapnya didampingi Bendahara, Hari Budiman alias Bang Jack. (1c)

24 Des 2023

kuwu cipeujeuh kulon kesal lambannya kinerja pemkab Cirebon

INDOMEDIANEWS- Kesal tidak kunjung diperbaiki, kuwu Cipeujeh kulon, kecamatan Lemahabang ,kabupaten Cirebon merogoh kocek peibadi untuk memperbaiki jalan desanya sepanjang kurang lebih 3 KM.

Kekesalan tersebut karena sering terjadinya kecelakaan pengguna jalan, baik roda empat terlebih lagi roda dua.

Ditemui dilokasi perbaikan jalan, Kuwu Cipeujeuh kulon, Yang akrab disapa jiwu atau H.Lili, nenyampaikan kekesalannya karena minimnya perhatian dari pemkab Cirebon.

"Kami sudah lama mengajukan permohonan untuk segera dilakukan perbaikan jalan yang menghubungkan antara desa cipeujeuh wetan dan desa belawa, apa lagi jalan ini merupakan jalan utama yang tiap hari dilintasi oleh beberapa pengguna jalan baik yang arah belawa maupun sebaliknya, tapi hingga saat ini pihak pemda seakan tutup mata, mirisnya lagi tiap hari ada saja orang yang terjatuh disaat berkendara karena menghindari lobang disana sini, seharusnya jalan ini menjadi tanggung jawab kabupaten, karena mereka ( pemkab atau dinas terkait lainnya diam saja, maka dengan dana seadanya dan dibantu secara swadaya oleh Masyarakat, kami melakukan perbaikan jalan dari mulai perbatasan desa cipeujeh wetan sampai perbatasan desa belawa, insyaAllah dalam waktu satu minggu jalan ini  sudah selesai diperbaiki" tuturnya.Minggu. 24/22/2023.

Lebih lanjut dirinya menuturkan, semangat dirinya melakukan perbaikan karena melihat semangat warganya yang begitu antusias dalam bersama sama melakukan perbaikan jalan, termasuk warga lainnya yang menyediakan makanan dan minuman bagi para pekerja.

"Kami bersyukur memiliki warga yang saling peduli dan saling membantu, karena melihat semangat dan keinginan warga yang begitu besar, maka saya pergunakan dana yang saya miliki untuk mewujudkan keinginan masyarakat, dari mulai peralatan sampai material semuanya saya yang tanggung, kalau nunggu dari Pemda atau dinas terkait lainnya entah kapan bisa terealisasi, masa harus nuunggu dulu korban yang berjatuhan karena jalanan rusak, atau nunggu masyarakat dulu untuk menutup akses jalan, intinya kami sangat kecewa atas lambannya respon dari pihak kabupaten" pungkasnya.(1c)

23 Des 2023

Difagama Cirebon Dukungan Tegas untuk Ganjar-Mahfudz dalam Pemilihan Umum 2024

INDOMEDIANEWS  – Jum'at, 22 Desember 2023. Suasana hangat dan bersemangat terasa di Kedai Plester Desa Leuwidinding, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, saat Difagama Cirebon mengadakan acara deklarasi dukungan untuk pasangan calon presiden dan wakil presiden, Ganjar-Mahfudz, dalam Pemilihan Umum 2024. 
Acara yang dihadiri oleh seluruh anggota aktif Difagama Cirebon dan diwakili oleh Angga Yanuar dari bidang deputi tim pemenangan Ganjar-Mahfudz ini menjadi momen bersejarah.

Menurut Mujib, ketua Difagama Cirebon, pasangan calon nomor 3 menunjukkan kepedulian tertinggi terhadap difabel. 

"Kami melihat Ganjar-Mahfudz paling responsif terhadap isu difabel, terbukti dari jejak digital yang tersedia," ujarnya.

Mujib juga menyoroti perubahan penting dalam pendekatan administratif terhadap difabel. 

"Sebelumnya, sulit mendapatkan keterwakilan difabel dalam administrasi. Namun, semangat baru dari Ganjar-Mahfudz memberi kami landasan yang kuat untuk mendukung mereka," paparnya.

Dalam diskusi, Oni menanyakan implementasi program terkait difabel dari tingkat bawah hingga atas. Angga Yanuar, perwakilan tim pemenangan, menegaskan keyakinannya bahwa Ganjar dan Mahfudz akan memenuhi kebutuhan difabel secara komprehensif.

Namun, peserta diskusi yang tak disebut namanya menanyakan tentang pembagian uang. Yanuar menekankan bahwa tujuan mereka bukan sekadar membagi uang, melainkan memberikan edukasi yang substansial. 

"Pendekatan kami lebih pada pendidikan ketimbang hanya membagi-bagikan uang," tegasnya.

Deklarasi dukungan ini menegaskan pentingnya inklusi difabel dalam agenda politik Ganjar-Mahfudz, yang diharapkan akan membawa perubahan nyata bagi kesejahteraan difabel jika terpilih.

Suasana penuh semangat memuncak ketika semua peserta bergabung dalam pembuatan video deklarasi bersama. Dalam momen yang menggetarkan, para hadirin dari Difagama Cirebon serta perwakilan tim pemenangan Ganjar-Mahfudz berkumpul untuk menyampaikan tekad mereka dalam sebuah rekaman video.

Dengan latar belakang poster dukungan yang diangkat tinggi dan yel-yel penuh semangat, setiap individu menyatakan kesetiaan mereka terhadap inklusi difabel serta dukungan bulat terhadap pasangan calon tersebut. Mereka dengan penuh semangat menyuarakan komitmen  untuk memperjuangkan hak-hak difabel.

Video deklarasi ini menjadi penutup yang kuat untuk acara yang sarat dengan harapan dan tekad. Melalui rekaman tersebut, terpancar jelas semangat dan kesatuan dari seluruh peserta, menegaskan kembali janji mereka untuk memastikan keadilan dan peran yang setara bagi komunitas difabel dalam arus kemajuan bangsa.(1c)

22 Des 2023

Tol Kanci-Pejagan persiapan Nataru utamakan kenyamanan

INDOMEDIANEWS - Arus mudik natal 2023 dan tahun Baru 2024 (Nataru) terjadi sejak Selasa (19/12/2023) dan diperkirakan akan terus terjadi hingga puncaknya, sekitar Sabtu (23/12/2023) malam. Hal tersebut dituturkan Kepala Cabang Operasional Tol Kanci-Pejagan, Uum Jumadi. 

"Diperkirakan, 68 ribu kendaraan yang akan melintas di jalan tol ini hingga tahun baru," tuturnya, Kamis 21/12/2023.

Lebih lanjut Uum menjelaskan, berbagai persiapan dilakukan saat natal dan tahun Baru. Antara lain, penambahan personil di rest area, memperbaiki jalan rusak dan menambah stok BBM. Sehingga pada saat arus mudik dan liburan natal-tahun baru, kendaraan yang melintas menjadi nyaman. 

"Kenyamanan pemudik menjadi prioritas kami, maka sarana dan prasarana juga personil dipersiapkan secara maksimal. Tak kalah penting, kondisi kendaraan dan stamina pengemudi itu sendiri," jelasnya.

Masih dituturkan Uum, untuk mencegah lonjakan arus mudik nataru berbagai upaya dilakukan. Salah satunya dengan memberikan diskon atau potongan harga bagi yang ingin merayakan natal dan liburan di kampung halaman. Sebagaimana arahan dari asosiasi jalan tol Indonesia. 

"Ada tiga gelombang untuk penyesuaian tarif tol dengan diskon 10 persen yakni, 19 Desember, 21 Desember dan 28 Desember. Mulai dari pintul tol utama Cikampek hingga pintu keluar Kalikangkung," jelasnya.

Untuk arus mudik nataru baru kali ini diadakan setelah Covid-19. 

"Seperti kita ketahui bersama, Covid -19 berdampak pada hampir seluruh sektor, termasuk larangan arus mudik. Maka dengan diperbolehkan mudik, masyarakat pulang kampung,memanfaatkan libur panjang atau peringatan hari besar lainnya" tuturnya.

Pihaknya menghimbau kepada para pengemudi untuk tetap menjaga stamina saat perjalanan dan alangkah baiknya istirahat di rest area. Agar lebih aman dan nyaman. 

"Jangan berhenti di pinggir jalan, karena sangat membahayakan diri sendiri dan kendaraan lain. Maka bila lelah dalam perjalanan, istirahat di rest area dan bila sudah merasa sudah bugar, lanjutan perjalanan, karena rest area yang tersedia sangat memadai dengan faailitas yang mengutamakan keamanan dan kenyamanan" pungkasnya. (1c)

20 Des 2023

Skill Contest Yamaha tingkat Jabar " lahirkan mekanik handal "

SMK Muhammadiyah Lemahabang Kabupaten Cirebon Tahun ini menjadi tuan rumah Lomba SMK Skill Contest tingkat Jawa Barat. Acara yang diikuti puluhan peserta dari berbagai kota se- Jawa Barat ini, bertujuan untuk mencari mekanik handal guna di tempatkan pada perusahaan motor ternama di Indonesia, hususnya yamaha.

Menurut perwakilan Yamaha, Kadek Suma Adnyana Putra, SMK Skill Contest yang diadakan ini secara rutin dilaksanakan setiap tahun dengan tujuan mencari mekanik handal untuk ditempatkan pada pabrik atau perusahaan motor. 

"Kali ini ada sekitar 18 peserta yang mengikuti kompetisi mekanik dan akan diambil 9 orang dari Grade A, B dan C, yang masing-masing grade tiga orang," tuturnya usai acara di sekolah setempat, Rabu 20/12/2023.

Senada hal tersebut disampaikan perwakilan Yamaha lainnya, Firmansyah. Peserta yang mengikuti kompetisi ini telah melalui tiga tahapan seleksi dan sekarang, babak final dari berbagai rangkaian Skill Contest. 

"Tahap pertama  bidang teori. Selanjutnya praktek, para peserta, harus mampu memberikan yang terbaik dalam bidang skill yang dimiliki. Maka yang memiliki skill terbaik yang akan menjadi pemenang dan besar kemungkinan ditempatkan pada perusahaan motor ternama," jelasnya.

Firmansyah menjelaskan, industri motor yang semakin pesat dengan berbagai inovasi,  diperlukan skill yang mumpuni bagi para mekanik maupun bidang lainnya, agar menjadi tantangan tersendiri untuk mampu menghadapinya. Sehingga dengan adanya kegiatan ini, mekanik dapat mengikuti perkembangan zaman. 

"Dengan adanya inovasi atau terobosan dalam bidang otomotif, khususnya sepeda motor akan mendongkrak penjualan dan konsumen merasa puas dengan kendaraan yang dipakai. Terlebih bila bengkel memiliki mekanik yang handal, tentu akan sangat berdampak baik bagi perusahaan itu sendiri," jelasnya.

Dirinya mengharapkan, peserta yang mengikuti skill contest untuk terus berinovasi dengan mengikuti perkembangan zaman. 

"Bagi yang beruntung, terus lakukan inovasi. Bagi yang belum beruntung, terus berlatih agar mampu berkompetisi di waktu akan datang, dan yang pasti bagi mereka yang berprestasi bisa menggapai harapannya hingga bekerja di luar Negeri, hususnya Asean" jelasnya

Sementara itu, Kepala SMK Muhammadiyah Lemahabang, Ruspandi mengucapkan terima kasih pada seluruh pihak, khususnya Yamaha, yang menjadikan sekolah ini sebagai tempat berlangsungnya skill contest se-Jawa Barat. 

"Dengan adanya skill contest ini, dapat memacu para siswa agar dapat bersaing dengan mekanik lain dan menjadi yang terbaik tingkat Jawa Barat hingga nasional," tuturnya didampingi Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Bidang Kesiswaan, Jimmy. Dipilihnya SMK Muhammadiyah sebagai tuan rumah karena dianggap fasikitas yang tersedia sudah sangat mencukupi bahkan bisa dibilang sempurna. (1c)

Aksi penodongan terus didalami " pelaku bisa dipenjarakan"

INDOMEDIANEWS- Menindaklanjuti viralnya aksi koboi jalanan, beberapa saksi telah di panggil dan di mintai keterangan oleh penyidik Polsek Lemahabang, Polresta Cirebon. 
Rampungnya pemeriksaan terhadap para saksi ,Polisi akan segera memanggil dan melakukan pemeriksaan terhadap seorang pria berinisial R warga Desa Cipeujeuh Wetan, Kecamatan Lemahabang kabupaten Cirebon yang telah melakukan tindakan penodongan kepada Toni,  merupakan Sekretaris Desa Cipeujeuh Wetan kecamatan lemahabang dengan menggunakan senjata Soft Gun di Jalan Raya Cipeujeuh Wetan pada 6 Desember 2023 lalu sekitar Pukul 16.30 Wib.

Aksi penodongan tersebut sontak menjadi viral dan sudah menjadi bahan konsumsi  publik, lantaran kala itu aksi tersebut terjadi dan disaksikan masyarakat umum yang berada dan melintas di Jalan Raya Cipeujeuh Wetan, Kecamatan Lemahabang. 

Berdasarkan keterangan dan informasi yang dihimpun , aksi koboi sendiri bermula karena adanya persoalan interen, dimana pelaku koboi jalanan merupakan  RT desa setempat sekaligus anak dari salah satu caleg DPRD Kabupaten Cirebon Fraksi Partai Gerindra Daerah Pemilihan 6 Kabupaten Cirebon. 

Kecaman keras dari berbagai kalangan masyarakat pun tidak bisa dihindarkan, Miris dan ironisnya sikap arogan R terjadi di ruang publik.

Menyikapi hal tersebut ,  Kapolsek Lemahabang, AKP Sutarja, SH, MH memastikan aksi koboi jalanan yang terjadi di wilayah hukumnya masih didalami dan dalam pemeriksaan jajaran anggota Reskrim. 

Menurutnya, beberapa saksi sudah dilakukan pemanggilan dan pemeriksaan, setelah semua rampung tentunya akan segera berlanjut dengan melakukan pemanggilan dan pemeriksaan terhadap R koboi jalanan. 

“Pada prinsipnya kami dari kepolisian akan terus berkomitmen menjaga kenyamanan, keamanan dan ketertiban untuk warga masyarakat. Prihal aksi koboi pun kami terus melakukan langkah – langkah sesuai aturan hukum yang berlaku, jika memang sudah terpenuhi segala aspek yang memadai, tidak menutup kemungkinan pelaku bisa dipenjarakan sesuai aturan dan hukum yang berlaku" tuturnya, Rabu,20/12/2023.(1c)

Peringati Harkordia 2023, Bupati Cirebon Canangkan Desa Antikorupsi dan Pembangunan Zona Integritas

INDOMEDIANEWS  -- Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag membuka kegiatan Gelar Pengawasan Daerah (Gelarwasda) dan Peringatan Hari Antikorupsi se-Dunia (Hakordia) tahun 2023 di Hotel Patra Cirebon, Rabu (19/12/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Direktur Koordinasi dan Supervisi II KPK, para kepala perangkat daerah, Forkopimda, jajaran DPRD, FKKC, Perumda dan organisasi masyarakat serta instansi terkait.

Imron mengajak semua eleman, baik penyelenggara negara maupun masyarakat agar tetap bersemangat menggelorakan kerjasama dan bersatu padu dalam memberantas korupsi.

Hal tersebut dilakukan agar kemajuan bangsa dan negara, khususnya kemajuan daerah Kabupaten Cirebon, dapat segera tercapai dan dirasakan oleh semua lapisan masyarakat. 

Bahkan, lanjut Imron, Kabupaten Cirebon akan mencanangkan desa antikorupsi dan pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani. 

Ia menjelaskan, bahwa banyak faktor yang mempengaruhi, agar birokrasi bersih dan bebas KKN bisa berhasil dengan cepat atau hanya jalan di tempat, dalam rangka mewujudkan visi tersebut. 

"Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah sumber daya yang kita miliki serta bagaimana kita mengelola sumber daya tersebut, baik sumber daya manusia maupun sumber daya lainnya, seperti ketersediaan anggaran serta aset atau kekayaan daerah yang sangat penting bagi perkembangan pembangunan dan kemajuan daerah," jelasnya.

Pada peringatan Hakordia ini, dirinya mengingatkan, mengajak dan berpesan serta berusaha untuk menjaga diri, menata hati, bersikap pasti untuk tidak korupsi. 

"Marilah kita menjadi pribadi-pribadi yang berintegritas, bersikap jujur, berani dan bertanggung jawab, yang tercermin dalam ucapan, sikap dan perbuatan," tukas Imron. 

"Mungkin terasa sulit pada awalnya, terlebih jika dilakukan sendiri-sendiri atau dilakukan bersama-bersama. Sehingga, tentu bukan hal yang mustahil, kita semua bisa menjadi pribadi yang berintegritas dan tegas mengatakan tidak pada korupsi dan menolak gratifikasi," imbuhnya.

Ia mengungkapkan, pihaknya akan mengawal anggaran dan aset milik daerah. Agar dalam pengelolaan, perencanaan, pelaksanaan serta pertanggungjawabannya benar-benar sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Mari kelola anggaran dan aset milik daerah secara akuntabel, baik oleh pegawai atau pejabat yang kredibel dan direalisasikan sebesar-besarnya demi kepentingan masyarakat," tambahnya.

Selain itu, kata Imron, pihaknya akan melibatkan generasi muda dalam pengawasan dan pencegahan tindak pidana korupsi. 

Pasalnya, seluruh generasi muda merupakan penerus bangsa, sehingga dipundak generasi mudalah, estafet kepemimpinan akan berlanjut. 

"Oleh karena itu, kita harus bisa menjadi teladan, serta mendidik dan membentuk generasi muda menjadi generasi unggul, beriman, bertakwa serta berintegritas," kata Imron.

"Sehingga kelak, ketika tiba saatnya mereka memegang kendali pemerintahan, dapat menjadi panutan dan menjadi teladan yang baik," pungkasnya. 

Inspektur Kabupaten Cirebon, Iyan Ediyana mengatakan, pembangunan zona integritas dan pencanangan desa antikorupsi sebagai langkah awal dan komitmen bersama manajemen perubahan yang lebih baik.

Iyan menambahkan, terkait pencanangan tiga desa antikorupsi, yakni Desa Panambangan, Kecamatan Sedong; Desa Panongan, Kecamatan Palimanan; dan Desa Kedawung, Kecamatan Kedawung. 

"Pencanangan tersebut dalam upaya memperbaiki tata kelola pemerintah desa yang berintegritas dan menyebarluaskan nilai-nilai antikorupsi," tambahnya. (1c)

19 Des 2023

Petani Picung pugur sambut baik pupuk organik (HGO)

INDOMEDIANEWS -Pemdes picung pugur, kecamatan lemahabang, kabupaten cirebon bersama PT GMI melakukan sosialisai terhadap para petani guna meningkatkan hasil tanam.
Bertempat di saung sawah desa setempat, puluhan petani hadir mengikuti acara sosialisasi tentang penggunaan dan manfaat pupuk organik cair ( High Golden Organik ) pada selasa, 19/12/2023.
Dalam penuturan yang disampaikan marketing regional cirebon ( HGO) Martinus, banyak manfaat dengan menggunakan pupuk organik.

"Kami melakukan sosialisasi dan mendukung program pemerintah dalam penggunaan pupuk organik, mengapa harus menggunakan pupuk organik, tentunya lebih banyak menfaatnya dibandingkan menggunakan pupuk kimia, seperti halnya meningkatkan hasil kualitas panen, memperbaiki tanah, membuat tanaman tahan segala cuaca, merangsang pembuahan diluar musim , mempercepat masa panen dan masih banyak lagi, termasuk memperbaiki unsur hara, karena dengan mempergunakan pupuk kimia mempercepat adanya unsur hara" tuturnya.

Lebih lanjut martinus menjelaskan, bahwa produk yang dibawanya sudah terdaftar di kementan dan sangat baik digunakan oleh para petani.

"Harapan kami semata demi kepentingan para petani guna meningkatkan hasil panen dengan kualitas terbaik, sudah saatnya beralih ke pupuk organik agar hasil panen memuaskan dan biaya terjangkau, yang terpenting lagi merangsang pembuahan diluar musim" pungkasnya.

Sementara itu, Kuwu picungpugur , Saki yang hadir dalam acara tersebut berharap agar taraf kehidupan para petani akan semakin baik dengan hasil panen yang baik.

"Dengan menggunakan pupuk organik tentunya harapan kami hasil panen para petani akan semakin baik dan kultur tanah tetap terjaga, namun memang untuk tahun ini kendala yang dihadapi para petani adalah adanya kemarau ekstrim yang membuat tanah garapan mengering karena kekurangan air, kalau biasanya sih bulan-bulan sebelumnya sudah turun hujan, namun untuk tahun ini sepertinya curah hujan masih tidak menentu hingga membuat para petani sedikit kebingungan, mudah-mudahan tidak lama lagi musim penghujan mulai tiba dan para petani kembali bisa melaksanakan tandur dengan hati ceria" jelas Saki (1c)

Bupati Cirebon Hadiri Muscab X dan Pelantikan Ketua FKPPI

INDOMEDIANEWS-- Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag menghadiri Musyawarah Cabang (Muscab) X dan Pelantikan Ketua Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI-Polri (FKPPI) Kabupaten Cirebon yang berlangsung di Pendopo Bupati Cirebon, Senin (18/12/2023).

Imron menyampaikan selamat kepada Muscab dan berharap, terpilihnya orang-orang baik yang bisa bekerjasama dengan Pemda Kabupaten Cirebon.

"Semoga FKPPI yang terpilih ini, bisa bekerjasama membantu program-program Pemkab Cirebon untuk membangun Kabupaten Cirebon," ujar Imron.

Imron juga meminta kepada forum tersebut untuk bersama-sama memelihara, menjaga dan mempertahankan kiprah anak bangsa dalam meneruskan cita-cita mulia para pendahulu. 

“Semoga Muscab ini bisa menghasilkan keputusan tepat dalam situasi dan kondisi tahun politik ini,” tambah Imron.

Menurut Imron, FKPPI merupakan aset bangsa dan menjadi tauladan bagi rekan-rekan ormas khususnya, dan masyarakat umum sesuai dengan norma-norma agama serta budaya.

“Hal ini, agar menjadi ikatan yang lebih kuat dan saling menguatkan demi terwujudnya masyarakat Kabupaten Cirebon yang sejahtera. Juga bergantung pada peran semua komponen masyarakat, termasuk FKPPI,” lanjutnya.

FKPPI Kabupaten Cirebon bisa bergerak melakukan penyuluhan dan pelatihan, baik dalam hal sosial, kesehatan, pertanian dan kegiatan atau bidang lainnya.

Diharapkan, melalui kegiatan tersebut dapat meningkatkan mutu dan kualitas generasi penerus yang akan mewarisi estafet kepemimpinan, baik di tingkat lokal, regional maupun nasional. (1c)

16 Des 2023

Panwascam Astanajapura " Kampanye harus taat aturan "

INDOMEDIANEWS- Antisipasi melonjaknya stunting dan gizi buruk terus digalakan berbagai pihak, tidak terkecuali Calon Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah hingga pusat.
salah satunya seperti yang dilakukan Calon Anggota DPR RI dapil 8 Jabar sekaligus penasehat Menteri Kelautan dan perikanan Prof.DR.H.Rohkmin Dahuri  yang didampingi Calon Anggota DPRD Kabupaten Cirebon dapil 7 dari PDI Perjuangan, Khaerudin.
Acara yang dilaksanakan di Desa Munjul, Kecamatan Astanajapura kabupaten Cirebon tersebut dihadiri para undangan dengan mengusung tema Safari Gemarikan " Ayo makan ikan"

dalam penuturannya, Rokhmin Dahuri menjelaskan perlu adanya sosialisasi dan pemahaman kepada Masyarakat untuk menjaga kesehatan sebagai upaya pencegahan stunting dan gizi buruk.

"dengan tema Ayo makan ikan melaui program safari gemarikan dalam rangka peningkatan konsumsi ikan dan percepatan penurunan stunting dan gizi buruk, intinya kemi memberikan pemahaman tidak semata hanya cukup dengan makan ikan, namun pola makan dan budaya hidup sehat harus selalu diperhatikan,harapan kami dengan adanya acara yang dilaksanakan mampu memberikan pemahaman kepada seluruh warga Masyarakat, bahwa dengan makan ikan itu berdampak sangat baik, tentunya dengan adanya pola makan yang baik dan membiasakan hidup sehat akan berdampak pada perkembangan generasi muda agar memiliki tubuh yang sehat dan jiwa yang kuat demi masa depan yang semakin baik" tuturnya, Sabtu, 16/12/2023.

saat disinggung adanya teguran yang dilakukan Panwascam Astanajapura terkait tidak adanya STTP ( Surat tanda terima pemberitahuan ) sebagai salah satu syarat pelaksanaan kampannye, dengan tegas dirinya membantah.

"tidak ada itu, apa yang kami lakukan di sini hanya sebatas sosialisasi terkait upaya penurunan gizi buruk atau stunting, dan kami paham mana dan apa batasan kampanye, ini sesuai posisi saya sebagai penasehat mentri kelautan dan perikanan, jadi kami tegaskan apa yang dilakukan disini bukan kampanye" tegasnya.

Sementara itu, Ketua Panwascam Astanajapura, Ali Akbar didampingi salah satu anggotanya, Iwan Fauzi beserta PKD, menjelaskan adanya pelanggaran yang dilakukan dalam pelaksanaan Safari Gemarikan.

"kami dari panwascam sempat melakukan teguran bahkan memberhentikan sementara acara tersebut karena didalamnya terselip ajakan yang masuk dalam ranah kampanye, selain itu setiap pelaksanaan kampanye harus terlebih dahulu memiliki STTP atau  Surat Tanda Terima Pemberitahuan, sementara dalam acara yang dihadiri Calon DPRD Kabupaten Cirebon dan DPR RI tersebut hingga saat ini tidak kami terima, entah kalau nantinya dibuat surat susulan, namun yang pasti dalam acara yang dilaksanakan mulai pukul 10.00 Wib tersebut tidak ada STTP, dan terlihat jelas di samping tempat pelaksanaan tertera jelas nama Calon Anggota Dewan yang berpasangan, intinya kalau berkampanye ada tahapannya" terang Ali.(1c)

15 Des 2023

Abdul Wahid Caleg DPRD Kab Cirebon gelar acara Jum'at berkah

INDOMEDIANEWS - Caleg DPRD Kabupaten Cirebon dapil 6 Partai Demokrat, Abdul Wahid menggelar giat Jum'at berkah berupa pembagian nasi kotak kepada jamaah masjid Nurul Iman, Desa Asem, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, Jum'at 15/12/2023.

dalam keterangan yang disampaikan Abdul Wahid usai pelaksanaan acara pembagian nasi kotak menjelaskan, bahwa acara tersebut semata tanda berbagi kasih kepada seluruh warga yang hususnya bagi jamaah yang baru menyelesaikan sholat Jum'at.

"kegiatan ini semata kepedulian kami yang intinya ingin berbagi kepada warga Masyarakat, walaupun mungkin nilainya tidak seberapa namun berharap apa yang kami lakukan mendapat ridlo dari Allah SWT" tuturnya.

lebih lanjut dirinya menjelaskan, acara tersebut akan dilaksanakan disetiap masjid secara bergantian.

"InsyaAllah, kegiatan jum'at berkah ini akan dilaksanakan di semua masjid secara bergilir, kami hanya mengharap doa dari semua pihak, semoga apa yang kami lakukan bisa menjadi ladang pahala dan mampu mewujudkan segala niat dan keinginan demi sebuah perubahan ke arah yang lebih baik, kami dari partai demokrat mengajak kepada semua pihak untuk menentukan pilihannya dalam pemilu yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024 nanti, InsyaAllah saya sebagai putra daerah asli akan berupaya maksimal untuk dapat berbuat yang terbaik bagi warga Masyatakat Cirebon, terlebih yang berada di daerah pemilihan 6, mari ciptakan kondusifitas lingkungan agar pesta demokrasi ini bisa berjalan dengan baik dengan tetap mengutamakan persatuan dan kesatuan" pungkasnya (1c)

10 Des 2023

Usia se Abad lebih " tetap semangat dan bersyukur"

INDOMEDIANEWS - Usia seabad tidak menghalanginya untuk terus mencari nafkah, walaupun hanya sebatas cukup untuk nilai rupiah yang tidak seberapa.

Wahadi , merupakan seorang pria renta warga Desa Negla, Kecamatan losari perbatasan jawa barat -Jawa tengah yang saat ini usianya lebih dari 100 tahun.
Suami dari Ibu Umiyanah ( 60 tahun ) yang telah dikaruniai 6 Orang anak tetap menjalankan kewajibannya sebagai kepala keluarga dengan berjualan keliling dari desa ke desa.

ditemui di salah satu obyek wisata Cikuya, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, pria renta yang tetap terlihat kokoh ini menuturkan, bahwa dirinya saat ini usianya telah mencapai 100 tahun 6 Bulan, ini diingatnya saat jepang masuk Republik.

"saya lupa lahir tahun berapa, tapi yang saya ingat saat itu jepang pertama kali masuk ke Indonesia, kata keluarga saya kalau dihitung sejak saat itu hingga sekarang sudah 100 tahun 6 Bulan" tutur pria yang tidak bisa baca tulis namun mampu berhitung dan membaca Al-Qur'an menjelaskan, Sabtu, 09/12/2023.

lebih lanjut dirinya menjelaskan, diusianya yang sudah seabad lebih dan hanya berjualan mainan anak tetap bersyukur atas rijki yang didapatnya.

"kalau dirupiahkan memang nilainya tidak seberapa, Paling dapat uang Rp.50.000, tapi kalau kita bersyukur semuanya terasa cukup, saya hanya menjalankan kewajiban untuk berikhtiar, namun semuanya kembali kepada Allah,termasuk jika saya harus meninggal dunia itupun hak Allah, yang penting kita selalu mensyukuri nikmat dan menjauhi segala larangan Allah, insyaAllah hidup kita akan senantiasa diberi keberkahan , kesehatan dan umur panjang, masalah rejeki kita tidak perlu takut, Alkhamdulillah, saya sering mendapat rijiki dari Camat maupun bupati, karena kediaman saya masuk ke wilayah jawa tengah, tetapi berbatasan dengan jawa barat" jelasnya.

pria renta ini berkeliling mengais rejeki dari jawa tengah hingga jawa barat, tanpa pernah mengeluh dan tetap berpasrah pada yang Maha Kuasa.semoga apa yang dilakukannya mampu menjadi aspirasi bagi kita semua. ( 1c)

9 Des 2023

Kuwu Cipeujeuhwetan " jadikan makam pahlawan sebagai bukti sejarah"

INDOMEDIANEWS- pembangunan yang mencakup berbagai bidang terus digalakan pemerintah Desa Cipeujeuh wetan, kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon.
salah satunya adalah peningkatan fasilitas dan kenyamanan di area Makam pahlawan Sirnalaya.
hal tersebut disampaikan Kuwu Cipeujeuh wetan, Cecep.

"saat ini kami terus melakukan berbagai pembenahan, salah satunya adalah membenahi keberadaan makam pahlawan yang ada di desa kami, selain itu hal yang tengah dilakukan terkait bangunan yang berada di depan area pemakaman, ada beberapa bangunan yang akan kami pindahkan ke kios yang saat ini tengah kami kerjakan, hal ini perlu dilakukan agar area sekitar makam akan semakin nampak asri dan nyaman untuk dipandang, bahkan untuk menunjang kegiatan lainnya kamipun membangun fasilitas keagamaan berupa mushola yang anggarannya diperoleh dari swadaya dan donatur yang sangat peduli akan perkembangan desa" tuturnya.

lebih lanjut Cecep menjelaskan, perlu adanya peran serta dari semua pihak untuk membangun desa secara bersama-sama.

"kami sangat berharap adanya peran serta dari semua pihak untuk memiliki rasa kepedulian akan perkembangan desa, terlebih lagi di desa cipeujeh wetan terdapat  sebuah makam pahlawan yang harus dijaga dan dilestarikan sebagai salah satu bukti dan saksi sejarah, intinya mari berbuat yang positif dan jadikan desa sebagai wadah untuk berkarya juga berkreasi agar bisa menjadi sebuah kebanggaan yang berdampak pada kemajuan desa itu sendiri" pungkasnya. (1c)

8 Des 2023

Pendes Buntet optimalkan Anggaran

INDOMEDIANEWS- upaya meningkatkan kinerja jajaran dan kenyamanan dalam pelayanan terus digalakan pemerintah Desa Buntet, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon.
salah satunya melalui proyek pembangunan perbaikan kantor Desa setempat.
hal tersebut disampaikan Kuwu Desa Buntet, Edi Suhaedi saat meninjau pelaksanaan pembangunan rehab kantor Desa, Rabu, 06/12/2023.

"kami terus berupaya melaksanakan berbagai program pembangunan infrastruktur dan lainnya, salah satunya yang saat ini tengah dilaksanakan adalah pembangunan ruang depan atau pendopo desa, hal ini dilakukan demi memberikan suasana nyaman bagi warga yang ingin mengurus sesuatu, termasuk tentunya berdampak pada peningkatan kinerja seluruh jajaran perangkat Desa, kami yakin, dengan suasana yang nyaman dan fasilitas memadai akan berpengaruh terhadap etos kerja" tuturnya.

walaupun anggaran yang digunakan belum dirasa cukup, pihaknya terus berupaya agar program pembangunan tetap berjalan.

"Rehab kantor desa memanfaatkan anggaran Banprov, memang jika hanya mengandalkan dari banprov tentunya masih kurang, oleh karenanya kami melaksanakan pembangunan dengan dana talangan ( dana pribadi-red) yang terpenting adalah seluruh program desa bisa berjalan dengan baik, yang utama lagi adalah dalam pelaksanaan pembangunan apapun kami mengutamakan mutu dan kualitas, ini perlu diutamakan agar segala bentuk yang telah direalisasikan bisa bertahan lama, jadi kami selalu menegaskan agar setiap proyek pembangunan dalam bentuk apapun harus mengutamakan mutu, semoga dengan sarana yang memadai dan kenyamanan mampu memberikan dampak positif, baik bagi warga maupun unsur pemerintahan desa" pungkas Edi. (1c)

Peduli lingkungan "TNI lakukan penanaman Pohon serempak"

INDOMEDIANEWS -mengantisipasi terjadinya banjir  maupun tanah longsor. Tentara Nasional Indonesia (TNI) menggelar penanaman pohon secara serentak.
salah satunya adalah penanaman pohon di area galian (EMS) oleh jajaran koramil Astanajapura yang berlokasi di Desa Munjul, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon.
kegiatan tersebut melibatkan pula pihak pengusaha galian,Polri, pemdes Munjul dan satuan pamong praja kecamatan Astanajapura serta beberapa pihak lainnya.
Dalam keterangannya, Danramil Astanajapura, Kapten Kav .Tarjo, menuturkan perlunya kepedulian untuk menjaga lingkungan oleh berbagai pihak.

"ini merupakan program TNI secara serempak  melaksanakan kegiatan penanaman pohon, untuk kabupaten cirebon sendiri kegiatan ini diadakan di tiga titik, pertaman di Kecamatan Gunung jati, kedua kecamatan Sumber dan ketiga di Kecamatan Astanajapura yang berlokasi di Desa Munjul " tuturnya, Jum'at 08/12/2023.

dirinya menjelaskan, program tersebut merupakan kegiatan yang bertujuan untuk meminimalisir terjadinya tanah longsor ataupun banjir banjir dan bencana lainnya.

"selain untuk menghindari terjadinya hal tersebut, tentunya melaksanakan penghijauan di lahan kurang produktif atau lahan gundul, kami memberikan langkah awal dengan harapan hal ini sebagai contoh dan diikuti oleh Masyarakat maupun pihak lainnya, kami bersyukur kegiatan yang dilakukan hari ini mendapat respon dan dukungan dari berbagai pihak yang salah satunya pengusaha galian EMS , betapa pentingnya menjaga kelestarian alam dengan tetap berusaha untuk menghindari terjadinya penebangan pohon  secara liar yang sangat berdampak bagi seluruh aspek kehidupan, intinya kami mengajak semua pihak untuk bersama sama menjaga kelestarian alam dengan tidak melakuan penebangan pohon secara ilegal dan tetap peduli dengan alam"pungkasnya.

sementara itu, Kuwu Desa Munjul, Chaerudin, sangat mendukung kegiatan yang diprakarsai oleh TNI.

"ini merupakan bukti kongkrit adanya kepedulian TNI terhadap lingkungan, semoga hal serupa dapat dilakukan oleh institusi atau unsur lainnya, karena dengan peduli terhadap alam, maka alam pun akan peduli terhadap kita" tuturnya. (1c)

6 Des 2023

500 Petugas Gabungan Disiagakan untuk Antisipasi Bencana di Kabupaten Cirebon

INDOMEDIANEWS -- Sebanyak 500 petugas gabungan disiagakan untuk mengantisipasi terjadinya bencana di wilayah Kabupaten Cirebon. Hal tersebut, ditandai dengan kegiatan apel siaga yang dilaksanakan di Mapolresta Cirebon, Selasa (5/12/2023).

Bupati Cirebon Drs. H. Imron, M.Ag mengucapkan terima kasih kepada Kapolresta Cirebon dan Dandim 0620/Kabupaten Cirebon beserta unsur lainnya, yang sudah mempersiapkan personilnya untuk mengantisipasi adanya bencana di Kabupaten Cirebon.

Imron mengungkapkan, bahwa sejumlah bencana memang kerap terjadi di Kabupaten Cirebon saat musim hujan ini, seperti banjir, angin puting beliung dan lainnya. Sehingga, adanya apel siaga ini, menunjukkan kesiapan petugas untuk mengantisipasi hal tersebut.

"Karena sekarang sudah masuk musim hujan, maka perlu persiapkan antisipasinya, salah satunya, yaitu kesiapan petugas," kata Imron.

Ia juga berharap, pada musim hujan ini, tidak terjadi bencana yang melanda Kabupaten Cirebon. Kalaupun ada kejadian bencana, maka petugas untuk penanganannya, sudah siap siaga.

Selain itu, Imron juga berpesan kepada seluruh masyarakat untuk menjaga lingkungannya, agar tidak terjadi bencana yang diakibatkan dari ulah manusia, seperti halnya banjir.

Namun jika terjadi bencana, ia meminta kepada masyarakat untuk segera melaporkan kepada pihak terkait. "Kalau terjadi bencana, segera laporkan," tukas Imron.

Sementara itu, Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman mengatakan, bahwa apel siaga bencana di Mapolresta Cirebon ini sebagai antisipasi kontijensi bencana alam yang terjadi pada musim hujan, seperti banjir, longsor, puting beliung, pergerakan tanah, dan lainnya.

Apel ini, ujar Arif, membuktikan kesiapan Polresta Cirebon, Kodim 0620/Kabupaten Cirebon, Pemkab Cirebon, dan instansi terkait lainnya dalam menghadapi kontijensi dan penanggulangan bencana alam saat musim hujan di wilayah hukum Kabupaten Cirebon.

"Apel ini diikuti oleh 500 personel gabungan dari Polri, TNI, Pemerintah daerah dan unsur masyarakat lainnya," ujar Arif.

Ia mengungkapkan, bahwa dari hasil pemetaan potensi kerawanan bencana di sejumlah wilayah Kabupaten Cirebon, termasuk kategori rawan bencana banjir, longsor, hingga puting beliung di masa musim hujan seperti sekarang. 

Karenanya, seluruh personel diminta meningkatkan kewaspadaannya.

Selain itu, pihaknya juga menyiagakan alat SAR terbatas yang akan digunakan dalam penanggulangan bencana alam. 

Dari mulai perahu karet, pelampung, life jacket, dan kendaraan khusus lainnya. Hal serupa juga dilakukan instansi lainnya sebagai bentuk kewaspadaan dan mitigasi bencana. (1c)

DPRD Gelar Paripurna Pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Cirebon

INDOMEDIANEWS -- DPRD Kabupaten Cirebon menggelar rapat Paripurna dengan agenda Pengusulan Pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Cirebon di gedung DPRD setempat, Selasa (5/12/2023). 

Seperti diketahui, Akhir Masa Jabatan (AMJ) Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag dan Wakil Bupati Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih, SE., M.Si berakhir hingga 31 Desember 2023. 

Rapat Paripurna dilangsungkan berdasarkan ketentuan Pasal 201 ayat 5 Undang-Undang Tahun 2016 tentang Pemberhentian Kepala Daerah dan Hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2018 yang menjabat hingga 2023.

Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag dalam sambutan saat rapat Paripurna jelang akhir masa jabatan (AMJ), mengucapkan terimakasih kepada semua pihak, khususnya kepada DPRD.

Menurut Imron, sekian lama berkomunikasi, tidak ada permasalahan prinsip selain konsep dan pemikiran yang berbeda adalah hal biasa. 

"Secara pribadi dan kedinasan, saya meminta maaf atas apa yang telah saya kerjakan selama memimpin Kabupaten Cirebon. Kedepan, semoga Kabupaten Cirebon bisa menjadi lebih baik, siapapun yang memimpinnya," kata Imron. 

Wakil Bupati Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih, SE., MSi mengatakan, rekanan kerja di birokrasi dan pemerintahan penyelenggara negara tidak bisa terpisahkan.

Meskipun, kata Ayu--sapaan akrab Wabup Cirebon, pembangunan di Kabupaten Cirebon masih belum maksimal dan menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi penerus terutama Penjabat (Pj) Bupati Cirebon. 

"PR kabupaten Cirebon masih banyak, seperti kemiskinan ada 81,2 ribu masuk kategori masyarakat miskin ekstrem. Termasuk masalah stunting, karena ada sekitar 14 ribu anak stunting. Masih ada juga masalah banjir, longsor dan potensi bencana alam lainnya," ujar Ayu.
 
Disisi lain, lanjut Ayu, ada sederet masalah di wilayah Kabupaten Cirebon sebenarnya bisa ditangani dengan mengangkat potensi yang dimiliki, mulai dari kekayaan daerah dan potensi lainnya.

"Saya secara pribadi dan kelembagaan juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak, karena bukan perpisahan yang ditangisi, namun pertemuan yang disesali. Semoga Kabupaten Cirebon lebih bisa berbudaya, maju, aman dan agamis (Bersama)," katanya.

Ketua DPRD Kabupaten Cirebon, Moh. Luthfi menyebut, hasil rapat Paripurna yang digelar, nantinya akan ditindaklanjuti dengan memberikan tembusan kepada Kemendagri, Gubernur Jawa Barat dan pimpinan daerah di Kabupaten Cirebon. 

Menurutnya, berdasarkan mekanisme, usai penyerahan hasil ajuan pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Cirebon yang telah diparipurnakan, akan ditindaklanjuti dengan kembali mengusulkan sejumlah nama untuk mengisi kekosongan yang ditempati dengan Penjabat (Pj) Bupati Cirebon.

"Terimakasih kepada Pak Bupati dan Ibu Wakil Bupati, yang telah memberikan kontribusi pemikiran kepada dinas teknis dalam mengawal visi misi kepala daerah. Selama ini, telah berkolaborasi sinergi dengan DPRD dalam menjalankan kinerja roda pemerintahan," kata Luthfi. 

Luthfi mengatakan, selama kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Cirebon, roda pemerintahan dan pengelolaan keuangan telah berjalan baik. 

"Kami mengapresiasi kepada kepala daerah dan jajaran. Meski DPRD terus bersikap kritis dalam setiap kebijakan Pemda, hal itu semata-mata demi kemajuan bersama dalam mendorong kinerja sesuai peraturan yang berlaku," lanjutnya.

Luthfi menjelaskan, RUU DPRD Kabupaten Cirebon soal pemberhentian kepala daerah sejak diputuskan pada 5 Desember 2023 dan salinan akan dikirimkan ke pemerintah pusat yang disampaikan kepada Mendagri, Gubernur, Bakorwil, Bupati. 

"Dalam mengisi kekosongan kepala daerah nanti, diisi oleh Penjabat (Pj) Bupati berdasarkan peraturan Mendagri sebagai unsur penyelenggara," ungkapnya.

"Secara kelembagaan, kami mengucapkan terimakasih kepada Pak Imron dan Bu Ayu selama menjabat," pungkasnya. (1c)

2 Des 2023

Produk IKM Mendunia, Dekranasda Kabupaten Cirebon Ikut Pameran Jendela Kertajati

INDOMEDIANEWS  -- Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Cirebon mengikuti Pameran Jendela Kertajati di Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka, Kamis (1/12/2023). 

Pada kegiatan tersebut, Ketua Dekranasda Kabupaten Cirebon, Dra. Nunung Roosmini Imron didampingi pengurus Darma Wanita Persatuan (DWP) dan pejabat Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) setempat, hadir langsung pada pameran.

Nunung mengatakan, pihaknya memamerkan produk unggulan Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kabupaten Cirebon, seperti batik Cirebonan, baik tulis, cap maupun pewarna alam; kerajinan rotan, kayu, kulit; serta produk-produk lainnya. 

"Produk-produk IKM dipromosikan oleh Dekranasda untuk memperluas akses pemasaran di tingkat nasional maupun internasional. Harapannya, para penumpang pesawat yang melalui BIJB Kertajati yang berasal dari berbagai daerah maupun negara, bisa membeli produk-produk unggulan Kabupaten Cirebon," ujarnya.

Ia mengungkapkan, bahwa Dekranasda terus berupaya untuk mengenalkan dan mempromosikan produk unggulan IKM Kabupaten Cirebon, sehingga bisa dikenal di level nasional maupun internasional.

"Kita terus berupaya untuk mengenalkan dan mempromosikan produk unggulan IKM Kabupaten Cirebon, sehingga bisa dikenal di level nasional maupun internasional," sambungnya.

Ia melanjutkan, bahwa disamping mempromosikan, yang tak kalah penting juga melakukan peningkatan daya saing produk. 

Menurutnya, Dekranasda bersama dengan Disperdagin telah banyak melaksanakan Bimtek, fasilitasi, serta pendampingan kepada para pelaku usaha produk unggulan di Kabupaten Cirebon.

Sehingga, produk-produk tersebut dapat bersaing dan diterima pasar serta menjadi referensi konsumen guna memenuhi kebutuhan. 

Nunung berpesan kepada para pelaku usaha, untuk terus berinovasi dan berkreatifitas menghasilkan produk yang berkualitas dan berdaya saing.

"Saya berpesan kepada para pelaku usaha di Kabupaten Cirebon, untuk terus berinovasi dan berkreatifitas, serta buatlah produk yang berkualitas dan siap bersaing dengan produk lainnya," pesan Nunung. (1c)

30 Nov 2023

Bupati Cirebon Buka Kejuaraan Tarung Derajat

INDOMEDIANEWS-- Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag membuka Kejuaraan Tarung Derajat Piala Bupati Cirebon 2023 di Convention Hall Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC) Watubelah, Kecamatan Sumber, Kamis (30/11/2023).

Dalam pembukaan tersebut, Imron menyebutkan bahwa kejuaraan itu bukan hanya sekadar kompetisi, melainkan suatu wadah kebersamaan dan persaudaraan keluarga besar Tarung Derajat di Jawa Barat.

“Melalui kegiatan ini, tidak hanya mengukur keunggulan atlet-atlet terbaik, tetapi juga memupuk semangat sportifitas, kejujuran, dan kebersamaan di antara kita,” kata Imron.

Menurutnya, kejuaraan tersebut merupakan salah satu cara untuk menciptakan generasi yang sehat, berprestasi, dan memiliki nilai-nilai positif. 

Oleh karena itu, acara tersebut menjadi momentum guna mengajak seluruh komponen masyarakat Jawa Barat untuk turut serta aktif dalam kegiatan dan mengembangkan Tarung Derajat, demi menciptakan lingkungan yang sehat dan harmonis.

“Saya ingin menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada panitia penyelenggara, atlet, pelatih, dan seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam mensukseskan acara ini,” ujar Imron.

“Semangat, dedikasi, dan kerja keras semua merupakan pilar utama kesuksesan Kejuaraan Tarung Derajat Piala Bupati Cirebon se-Jawa Barat tahun ini,” imbuhnya.

Ketua Pelaksana Kejuaraan Tarung Derajat Piala Bupati Cirebon 2023, dr. Edi Susanto, MM menyebutkan, kompetisi tersebut berlangsung mulai Kamis (30/11/2023) hingga Minggu (3/12/2023).

Jumlah peserta dalam kejuaraan tingkat Jawa Barat ini sebanyak 363 atlet, terdiri dari 123 atlet usia dini, 165 atlet pelajar, 24 atlet ulot, dan 15 tim seni gerak.

“Ratusan peserta itu memperebutkan 242 medali. Mudah-mudahan kejuaraan ini berlangsung aman dan lancar,” kata Edi. (1c)

1.901 PPPK Guru Terima SK Kenaikan Gaji Berkala

INDOMEDIANEWS -- 1.901 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru di Kabupaten Cirebon menerima SK kenaikan gaji berkala (KGB). 

Secara simbolis, SK KGB diserahkan Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag kepada perwakilan PPPK guru di GOR Ranggajati, Sumber, Kabupaten Cirebon, Rabu (29/11/2023).

Bupati Imron menginginkan kepada para PPPK yang menerima SK KGB ini, untuk terus bekerja dengan lebih baik, bersemangat, dan bertanggung jawab.

"Tunjukkan kinerja terbaik, karena yang menerima SK hari ini adalah orang-orang terpilih. Tunjukkan pula dedikasi dan loyalitas dalam bekerja, untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Cirebon," kata Imron.

Imron juga meminta kepada para guru, agar dapat mematuhi dan mengikuti segala peraturan dan ketentuan yang ada. 

Tumbuhkan kedisiplinan dan etos kerja yang tinggi, sehingga akan semakin memberikan warna yang positif di instansi tempat bertugas.

"Jadikan momentum ini untuk mulai membangun kapasitas diri. Bekerjalah dengan semangat, cerdas, melayani dengan sepenuh hati dan tetap menjaga kinerja, dedikasi serta loyalitas," sambungnya.

Ia melanjutkan, selain agar dapat membawa anak-anak didik menjadi anak pintar, tugas tambahannya selaku ASN, yaitu harus bisa membawa perubahan pola pikir tentang kesehatan, salah satunya permasalahan stunting. 

"PPPK guru ini agar bisa menjadi orang tua asuh stunting, supaya kasus stunting di Kabupaten Cirebon cepat turun," pintanya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon, H. Ronianto, S.Pd., MM menambahkan, dari 1.901 PPPK guru di Kabupaten Cirebon, diantaranya PPPK pengangkatan 2021 sebanyak 193 dan PPPK pengangkatan tahun 2022 sebanyak 1.708. 

Dirinya berharap, usai mendapatkan SK KGB ini, agar dapat memperbaiki diri dan mengembangkan potensi, karena tugas dan tanggungjawab yang diemban kedepan akan semakin berat. 

Ia juga menyampikan terima kasih dan apresiasi pada instansi terkait lainnya, yang telah berupaya penuh untuk bisa membantu para PPPK bisa mendapatkan hak dalam meningkatkan kesejahterannya melalui kenaikan gaji berkala.

"Berharap kepada para PPPK, agar dapat secara aktif berkontribusi dalam kemajuan pendidikan di Kabupaten Cirebon," harap Ronianto.

"Jadilah pegawai yang dapat menjadi panutan di lingkungan kerja dan memberi contoh kepada siswa dan masyarakat dengan menjadi teladan yang baik," tutupnya. (1c)

26 Nov 2023

Bebarik Kanci Kulon " warga berebut gunungan"

INDOMEDIANEWS- Berbagai cara dilakukan dalam mewujudkan rasa syukur kepada sang pencipta atas segala nikmat dan berkah.
salah satunya melalui pelaksanaan bebarik atau sedekah bumi yang digelar Pemerintah Desa Kanci kulon, kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon.
sedekah bumi atau bebarik merupakan kegiatan rutin tahunan, bukan semata ucapan syukur atas segala nikmat, namun merupakan upaya untuk melestarikan budaya adi luhung.
hal ini disampaikan kuwu Kanci kulon, subandi, usai acara puter desa.

"sebuah pelestarian budaya adi luhung harus tetap kita jaga, melalui bebarik atau sedekah bumi merupakan wujud rasa syukur atas segala nikmat dan berkah bagi seluruh warga Masyarakat, karena bebarik ini tidak semata peringatan tahunan namun yang lebih dalam hikmah dari bebarik adalah silaturahmi antar warga semakin terjalin, selain itu tentunya merupakan warisan bagi generasi muda agar tidak melupakan budaya dan tradisi walaupun jaman telah berubah" tuturnya. sabtu, 25/11/2023.

bebarik sendiri menurut Subandi diisi dengan berbagai kegiatan, diawali dengan tahlil bersama, arak-arakan, ditutup dengan pagelaran wayang purwa.

"tradisi pagelaran wayang purwa, arak-arakan hingga tahlil bersama merupakan kesatuan yang tidak dapat terlepaskan, termasuk didalamnya ada acara gunungan yang berisi hasil bumi, dari mulai buah-buahan hingga bermacam sayuran, dimana gunungan tersebut diiring keliling desa dan berahir di halaman kantor desa, setelah selesai diarak keliling desa dengan sepontan warga setempat berebut hasil tani yang ada digunungan tersebut, hal ini dipercaya akan menghasilkan berkah dengan berharap hasil tani berikutnya akan semakin melimpah, yang pasti melalui sedekah bumi ini tradisi lokal dan agama tidak dapat terpisahkan, dalam artian antara dunia dan akherat harus seimbang, semoga kedepannya kesejahteraan semakin baik yang tentunya atas ijin dan ridlo dari sang maha pencipta, Allah SWT" pungkasnya (1c)

25 Nov 2023

PGRI tidak berpolitik namun politik sebuah keniscayaan " Selamat Hari Guru"

INDOMEDIANEWS- puncak peringatan ulang tahun PGRI ke 78 sekaligus Hari Guru Nasional diselenggarakan di halaman SMKN 1 Lemahabang , Kabupaten Cirebon, Sabtu, 25/11/2023.
acara yang diisi dengan pelaksanaan upacara bendera yang dipimpin Camat Lemahabang, Yuyun Kusumawati dan dihadiri oleh unsur tripika dan para guru juga siswa dari beberapa sekolah yang ada di wilayah Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon.

Peringatan Hut PGRI  ke 78 dan Hari Guru Nasional diisi dengan berbagai kegiatan, seperti lomba bola bolly, olah raga tradisional ( gopak sodor)  senam sehat dan pembagian cendramata atau tali kasih bagi beberapa guru yang telah purna tugas.

hal ini disampaikan ketua PGRI Lemahabang, Dedi Junaedi , usai peringatan dan upacara pengibaran sang merah putih.

"kegiatan ini sebagai wujud penghormatan kepada pahlawan tanpa tanda jasa, karena peran Guru dalam membangun moral bangsa ini sangat menentukan, diharapkan dengan dilakasanakannya peringatan hari guru ini mampu meningkatkan kualitas para pendidik, baik yang sudah ASN maupun honorer, kami pun sangat mengharap kepada Pemerintah agar tenaga honorer para pendidik bisa dijadikan prioritas agar mampu sejajar dengan ASN, tentunya dengan kualitas dan kesejahteraan para pengajar akan berpengaruh pada perkembangan anak bangsa" tuturnya.

saat ditanya mengenai peran guru dalam menghadapi pesta demokrasi ( pemilu) yang akan datang beberapa bulan kedepan, Dedi menegaskan bahwa guru tidak berpolitik.

"kami para guru tentunya akan menjaga demokrasi dengan tidak masuk dalam ranah politik, karena pada hakekatnya PGRI tidak berpolitik, namun demikian kami sampaikan kepada seluruh rekan-rekan untuk menentukan hak pilihnya secara pribadi, jangan sampai para guru tidak melaksanakan kewajibannya untuk memilih calon pemimpin dari mulai pemilihan calon legaslatif hingga presiden, namun tidak dibolehkan untuk berkampanye atau mendukung salah satu calon dengan mengenakan  embel-emnel lembaga dalam hal ini PGRI, sekali lagi kami tegaskan, PGRI tidak akan berpolitik, namun setiap pribadi harus berpolitik dan menentukan hak pilihnya, jangan sampai golput atau tidak melaksanakan haknya dalam memilih,dikesempatan ini juga, kami mengucapkan selamat hari guru kepada seluruh pendidik se Nusantara, semangat terus, dan jadilah pendidik yang mampu menjaga kehormatan baik pribadi maupun lembaga, dirgahayu PGRI ke 78" pungkasnya.

sementara itu, Camat Lemahabang, Yuyun Kusumawati menuturkan peran besar seorang Guru.

"jasa seorang guru sangatlah besar dalam menata kehidupan berbangsa dan bernegara, sosoknya sebagai pahlawan tanpa tanda jasa sangatlah nyata, mereka mendedikasikan seluruh keilmuannya demi mencerdaskan generasi muda Indonesia, tidak pernah mengeluh saat mengajar walau suasana panas maupun hujan, saat ini kita bisa menggapai cita pun karena jasa para guru, dikesempatan yang penuh semangat ini, kami mengucapkan selamat hari guru Nasional dan selamat ulang tahun PGRI ke 78, semoga tidak ada satupun diantara kita yang melupakan jasa para Guru, semangat Indonesia, Maju guru Indonesia" tuturnya (1c)

24 Nov 2023

Kado Hari Guru "Sekmat Astanajapura" beri bantuan pada MI Al-Hikmah

INDOMEDIANEWS - Kepedulian akan pengembangan dunia pendidikan menjadi perhatian husus Sekretaris kecamatan ( Sekmat ) Astanajapura, Kabupaten Cirebon, Deni Syafrudin, ST.,STP.M.Si.
bertepatan dengan peringatan Hari Guru Nasional, dirinya memberikan bantuan sebagai tali asih kepada Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Hikmah Mertapada wetan,Kecamatan Astanajapura, Jum'at 24/11/2023.

dalam keterangannya, Sekmat muda yang tidak lepas dari senyum namun tegas ini menuturkan, bahwa melalui pendidikan setiap impian bisa tergapai dalam nyata.

"betapa pentingnya pendidikan bagi kita semua, terlebih generasi muda yang mempunyai niat dan keinginan untuk menggapai cita, tidak ada yang tidak mungkin untuk mewujudkan sebuah cita, asalkan tetap semangat dan rajin belajar, oleh karenanya, bertepatan dengan peringatan hari guru, saya mencoba untuk berbagi dengan memberikan sedikit bantuan berupa alat pendingin ruangan, dengan harapan apa yang kami berikan bisa bermanfaat dan menjadi salah satu ladang pahala bagi kami dalam meniti kehidupan" tuturnya.

dirinyapun berharap, walaupun mungkin apa yang diberikan nilainya tidak seberapa, namun hal tersebut sebagai bukti bahwa kepedulian itu harus dimiliki oleh semua Anak Bangsa.

"apa yang kami berikan tentunya tidak sebanding dengan jerih payah para pendidik dalam turut mencerdaskan Anak Bangsa, namun dengan nilai yang tidak seberapa ini, minimalnya dapat bermanfaat dan menjadi sebuah kenangan bahwa masih banyak Orang yang peduli dengan dunia pendidikan, terlebih MI Al-Hikmah ini merupakan salah satu sekolah berbasis agama tertua yang ada di kecamatan Astanajapura" pungkasnya.

sementara itu, Kepala  MI Al-Hikmah, Muhammad Nurlani SAg, sangat berterimakasih atas perhatian dan bantuan yang diberikan Sekmat Astanajapura.

"Secara pribadi dan keluarga besar MI Al-Hikmah Mengucapkan salam takjim dan terimaksih atas bantuan yang diberikan oleh Pak Semat, ini tentunya sangat bermanfaat bagi kami dalam melaksanakan proses belajar mengajar, kami hanya mampu membalasnya dengan doa, semoga tercapai segala harapan dan diijabah Allah apa yang diharapkan, jujur kami sampaikan, selama ini baru ada sosok penjabat yang begitu perhatian bahkan memberi bantuan secara langsung kepada Al-Hikmah, oleh karenanya kami sangat terharu dan merasa bangga, ternyata keberadaan kami masih mendapat perhatian, semoga ini langkah awal yang baik untuk menambah semangat kami dalam melaksanakan kewajiban sebagai pendidik dalam hal meningkatkan kualitas siswa dalam menuntut ilmu" tututnya. (1c)

23 Nov 2023

Jangan bermain dengan Bansos " Pidana menanti"

INDOMEDIANEWS- Sosialisasi program sembako dan PKH dilakukan sebagai upaya meminimalisir terjadinya penyelewengan dan penyalahgunaan wewenang oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

dilaksanakan di Aula kantor Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, yang dihadiri oleh pengurus puskesos dan pendamping desa juga para Kuwu sekecamatan Lemahabang,Kamis, 23/11/2023.
hadir juga dalam acara tersebut Camat Lemahabang, Yuyun Kusumawati, Kapolsek Lemahabang, AKP Sutarja dan Danramil Sindanglaut Kap Chb Agung.p.

dalam pertemuan tersebut ada pernyataan yang disampaikan pendamping desa terkait pertanyaan yang menjurus pada dugaan pengondisian perihal KPM yang harus menggunakan ATM BNI sementara banyak Bank yang ada selain BNI.

menyikapi hal tersebut, dengan tegas Sabid Albani , pekerja sosial 1 Dinas Sosial, membantah pernyataan tersebut.

"tidak benar dan tidak ada ituh pengondisian, mengapa kami mengharuskan KPM menggunakan ATM BNI, karena memang itu sudah aturan dari Pemerintah, hal ini untuk mempermudah jika terjadi sesuatu yang merugikan KPM, jika menggunakan Bank lain justru akan kesulitan jika terjadi sesuatu" jelasnya.

lebih lanjut dirinya menjelaskan, bahwa banyak persoalan yang terjadi dan dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

"salah satu persoalan adalah adanya pengondisian yang dilakukan oleh oknum saat terjadi pencairan, termasuk saat penyaluran bansos dan hal lainnya, semua datanya ada di kami, oleh sebab itu kami terus berupaya memberikan pemahaman kepada puskesos untuk tidak melakukan tindakan yang akan merugikan masyarakat, karena dampaknya akan berhadapan dengan proses hukum, dan ini banyak terjadi di beberapa Desa" jelasnya.

sementara itu, Camat Lemahabang, Yuyun Kusumawati, menegaskan jangan main-main dengan Bansos.

"hati-hati dalam penyaluran bantuan sosial, walaupun saya diam, namun saya memiliki banyak mata-mata, jadi kami tahu apa yang terjadi dilapangan, intinya jangan coba -coba memanfaatkan Bansos untuk sesuatu yang akhirnya berhadapan dengan proses Hukum" tegas Yuyun.

senada hal tersebut disampaikan Kapolsek Lemahabang, AKP .Sutarja.

"sudah sering kita mendengar ada oknum puskesos yang memanfaatkan bansos untuk kepentingan pribadi atau golongan,kami tegaskan jika ada yang mencoba bermain dengan bansos, Pidana imbalannya, dan kami dari jajaran kepolisian akan terus melakukan pengawasan dalam penyaluran bansos, jangan sampai ada warga yang dirugikan dengan dalih apapun, intinya jangan memanipulasi data terlebih pungli, karena akan berhadapan dengan  hukum dan bisa dipidanakan" tegasnya. (1c)