13 Des 2022

Wacana Pemekaran Cirebon Timur " Mundu " Non Blok

INDOMEDIANEWSC- Wacana pemekaran Cirebon timur terus disuarakan dengan melibatkan para Kuwu dan BPD se Kabupaten Cirebon bagian timur.
Salah satunya adalah yang diadakan oleh Forum Cirebon Timur Mandiri pada Selasa, 13/12/2022.
Acara yang diadakan di salah satu Rumah makan dan dihadiri oleh para Kuwu dan BPD se Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, membahas tentang tujuan dan harapan terbentuknya Kabupaten Cirebon Timur.

Dalam Acara tersebut, bukan hanya membahas perlunya penyatuan visi demi terwujudnya pemekaran Kabupaten Cirebon Timur, namun juga terjadi dialog antara para Kuwu, BPD dan Forum Cirebon Timur Mandiri (FCTM)

Ternyata tidak semua Desa dipastikan mendukung atau menolak adanya wacana pemekaran Cirebon Timur, ini dikarenakan keberadaan beberapa Desa yang berbatasan langsung dengan Kotamadya Cirebon, hal tersebut disampaikan Ketua FKKC Kecamatan Mundu yang merupakan Kuwu Desa Waruduwur, Yadi.

"Kami tidak menolak atau mendukung terbentuknya Kabupaten Cirebon Timur, ini dikarenakan beberapa Desa yang ada di Kecamatan Mundu berbatasan dengan Kotamadya Cirebon, jadi untuk sementara kami Non Blok sembari menanti keputusan Mendagri, apakah kami masuk Kabupaten atau Kotamadya" tuturnya.

Menyikapi hal tersebut, ketua Forum Cirebon Timur Mandiri (FCTM) KH. Moh. Usamah Mansur, memahami alasan yang disampaikan Kuwu hingga muncul istilah Non Blok.

"Kami paham mengapa Kuwu atau Lembaga Desa yang ada di Kecamatan Mundu terkesan mau tak mau, karena mereka merasakan pelayanan di Kabupaten Cirebon tidak sebagus pelayanan di Kotamadya Cirebon, salah satu contoh , misalnya kesulitan air, Kabupaten seakan lambat dalam melangkah, sedangkan Kotamadya sangat tanggap,,jadi wajar jika mereka lebih condong ke Kotamadya, oleh karenanya kami memberikan pemahaman mengapa Pemekaran Cirebon timur ini harus terealisasi, karena kami berharap tidak ada lagi ketimpangan yang seakan dirasakan banyak pihak bahwa Cirebon Timur terkesan dianak tirikan, pada dasarnya pembentukan Cirebon Timur adalah untuk melakukan perubahan kearah yang lebih baik,,baik itu kesejahtraan , kesehatan,,pendidikan , perekonomian dan hal lainnya, ini semua bisa terwujud dengan adanya pemikiran dan misi yang sama, termasuk dukungan dan keinginan adanya perubahan" jelasnya.(1c)



0 $type={blogger}: