30 Nov 2022

Seniman Cirebon ajak semua pihak peduli Cianjur

INDOMEDIANEWSC- Upaya terus dilakukan demi meringankan  beban saudara-saudara kita yang tengah dilanda bencana dan kesedihan karena kehilangan saudara, keluarga, harta benda bahkan nyawa.

Bencana cianjur merupakan bencana bagi kita seluruh Rakyat Indonesia.
Hal tersebut disampaikan Sekretaris ASC ( Aliansi Seniman Cirebon) Diwong.

"Bencana Cianjur adalah Bencana bagi kita Sesama Anak Bangsa, oleh karenanya kami para seniman Cirebon secara sukarela dan penuh rasa kebersamaan terus melakukan penggalangan Dana, dengan harapan apa yang kami lakukan bisa sedikitnya meringankan duka atau kesedihan saudara kita yang saat ini tengan menghadapi bencana yang sangat menyayat hati" tuturnya. Rabu, 30/11/2022.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, bahwa penggalangan dana yang dilaksanakan di depan Alun-alun sindang laut merupakan upaya agar Masyarakatpun saling peduli dengan cara menyisihkan sedikit rijkinya.

"Momen terbaik saat ini adalah untuk saling berbagi, dan kami pun mengajak kepada semua pihak untuk berbagi dan peduli akan sesama, semoga apa yang telah kita lakukan saat ini yang tujuannya membantu saudara yang tengan dilanda musibah, akan mendapat pahala dan balasan yang berlipat dari Allah SWT, InsyaAllah aksi ini akan terus kami lakukan, bahkan rencananya pada hari minggu yang akan datang,, di perempatan Cipeujeh, akan dilaksanakan penggalangan akbar dengan melibatkan Artis-artis Pantura" pungkasnya. (1c)


Bupati Minta Korpri Terus Berkontribusi Nyata Untuk Kabupaten Cirebon

INDOMEDIANEWSC- Upacara Peringatan HUT ke-51 KORPRI yang bertepatan dengan HUT ke-77 PGRI tingkat Kabupaten Cirebon Tahun 2022 dengan tema “KORPRI Melayani, Berkontribusi dan Berinovasi Untuk Negeri,” dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Cirebon, Selasa (29/11/2022).

Bupati Cirebon Drs. H. Imron M.Ag mengatakan, peringatan hari jadi ini bisa jadikan sebagai momentum KORPRI untuk terus berkomitmen menyuguhkan kegiatan yang memiliki makna kontributif. Bukan saja bertujuan untuk membantu Pemerintah Daerah dalam upaya meningkatkan sinergitas, jiwa korsa dan kesejahteraan anggota KORPRI, melainkan juga berupaya meningkatkan eksistensi pengabdian di tengah masyarakat.

Oleh karena itu, Imron meminta kepada Korpri, untuk melaksanakan kegiatan yang nyata dan selaras dengan visi misi Kabupaten Cirebon yang berbudaya, agamis, sejahtera, maju dan aman. "Diharapkan, KORPRI bisa meningkatkan pengabdiannya di masyarakat," ujarnya.

Imron mengapresiasi sejumlah kegiatan yang sudah dilakukan oleh KORPRI menjelang hari jadinya ini. Seperti pembuatan marketplace KORPRI, yang merupakan aplikasi berbasis android yang dapat digunakan sebagai wadah promosi produk-produk UMKM bagi anggota KORPRI dan keluarga. Selain itu, ada pula KORPRI Expo dan Bazzar Sembako Murah yang bersinergi dengan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Cirebon, kegiatan donor darah serta penyaluran bantuan kesejahteraan anggota.

"Hal ini menunjukkan eksistensi KORPRI bagi masyarakat," kata Imron. Dirinya menuturkan, kontribusi KORPRI dengan penyelenggaraan kegiatan-kegiatan tersebut, diharapkan bisa memberikan inspirasi dan motivasi, baik itu pihak swasta dan terlebih lagi perangkat daerah di lingkungan Pemkab Cirebon untuk bisa berkontribusi nyata bagi kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, Imron juga mengungkapkan, bahwa untuk mewujudkan KORPRI yang melayani, berkontribusi dan berinovasi untuk negeri, salah satunya yaitu dengan bersatunya ASN dan memiliki motivasi serta jiwa pengabdian yang tinggi.

"Jika hal tersebut bisa dilakukan, maka tema hari jadi KORPRI pada tahun ini, akan mudah diwujudkan," pungkas Imron. (Lisdis)

28 Nov 2022

Pemkab Salurkan Bantuan Sosial Kenaikan BBM

INDOMEDIANEWSC -, Pemerintah Kabupaten Cirebon terus menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat guna menekan lajur inflasi dampak kenaikan harga BBM. Setelah sebelumnya penyerahan voucher BBM kepada para sopir angkutan dan juga peluncuran program padat karya, kali ini Pemkab Cirebon menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi tukang ojek, pelaku UMKM dan nelayan.

Bupati Cirebon, Drs H Imron MAg didampingi Sekretaris Daerah, Dr H Hilmy Rivai MPd menyerahkan langsung kepada warga di kantor Kecamatan Mundu, Senin (28/11/2022). Adapun secara resminya, penyaluran dilakukan melalui PT. Pos Indonesia.

Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Setda Kabupaten Cirebon, Hilman Firmansyah dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk bantuan dari dampak inflasi tahun 2022.

"Belanja wajib perlindungan sosial ini berasal dari 2 persen DAU (Dana Alokasi Umum) dan DBH (Dana Bagi Hasil) sebesar Rp 7.602.450.000," jelasnya.

Lebih lanjut, Ia menjelaskan bahwa rincian bantuan diantaranya untuk 5.094 pelaku UMKM sebesar Rp2.292.300.000. Kemudian untuk 4.374 nelayan sebesar Rp1.956.150.000 dan untuk 5.409 pengendara ojek sebesar Rp2.434.050.000.

"Jadi setiap penerima bantuan ini mendapatkan BLT sebesar Rp150.000 per bulan yang berlangsung selama 3 bulan, dimulai dari bulan Oktober sampai Desember 2022," paparnya.

Sementara itu untuk bantuan program padat karya terdapat 6.000 penerima, yang masing-masing menerima Rp100.000 per orang. Sedangkan untuk subsidi transportasi kendaraan umum terdapat 716 kendaraan, yang masing-masing penerima mendapatkan bantuan BBM subsidi sebesar Rp150.000 per kendaraan umum.

"Semoga bantuan ini bisa meringankan beban masyarakat dari inflasi yang terjadi di tahun 2022," pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Cirebon mengatakan, penyaluran dilakukan langsung oleh PT. Pos Indonesia Cabang Cirebon kepada masyarakat sebanyak 14.850 penerima.

"Yang menerima bantuan ini mulai dari ojek, pelaku UMKM dan nelayan," tuturnya.

Dari penyaluran BLT ini, lanjutnya, diharapkan mampu menjaga stabilitas ekonomi Kabupaten Cirebon.

"Diharapkan BLT ini bisa menjaga daya beli masyarakat dan membantu masyarakat yang kurang mampu," jelasnya. (Lisdis)

Seniman Cirebon peduli Cianjur "mereka saudara kita"

INDOMEDIANEWSC- Cianjur, kalian tidak sendiri dan kami saudaramu hadir, itulah narasi dan pekikan saat Anak Seni Cirebon (ASC) menggelar penggalangan Dana untuk bencana Cianjur, di perempatan Cipeujeuh wetan, Kecanatan Lemahabang, Minggu,27/11/2022.

Kegiatan penggalangan yang dimotori para seniman ini menandakan bahwa kepedulian akan sesama masih begitu tinggi, hal ini disampaikan salah seorang Anggota ASC, Iwan, saat pelaksanaan penggalangan Dana.

"Kami para Seniman Cirebon sangat peduli dengan bencana yang menimpa saudara-saudara kita dicianjur, apa yang kami lakukan semata hanya ingin sedikit meringankan beban mereka, walaupun mungkin nilainya tidak seberapa, namun ini lah yang kami mampu lakukan" tuturnya.

Senada hal tersebut disampaikan Anggota lainnya, Asep.dirinya berharap agar bencana segera berahir dan diberikan kesabaran juga kekuatan dalam menghadapinya.

"Tidak ada satu orangpun yang menginginkan adanya bencana, namun tidak ada satu orang pun yang mampu menangkal terjadinya bencana, kita sebagai sesama wajib untuk peduli dan membantu dengan segenap kemampuan, intinya duka cianjur adalah duka Indonesia, kami dari para seniman mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah rela dan ikhlas menyisihkan sedikit rejekinya untuk membantu sesama" jelas Asep. (1c) 

26 Nov 2022

Senam sehat berhadiah " pemdes Picung bersama Yayasan Erick Thohir"

INDOMEDIANEWAC- Mengembalikan imun atau kenyamanan kehidupan paska pandemi, dilakukan Pemedes Picung pugur, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, bekerjasama yayasan Erick Thohir, menggelar Senam Sehat, Sabtu,26/11/2022.

Bertempat di halaman Kantor Desa setempat, ratusan warga Masyarakat picungpugur mengikuti acara senam sehat dengan penuh semangat.

Dalam pemaparannya, Manager mutu, yang akrab disapa Victor, menuturkan, bahwa acara yang digagas oleh Yayasan Erick Thohir bekerjasama Pemerintahan Desa adalah untuk membangkitkan kembali semangat warga setelah dua tahun lamanya terhambat karena adanya pandemi.

"Selama 2 Tahun hampir seluruh aspek kehidupan terdampak dengan adanya pandemi, oleh karenanya kami berusaha untuk kembali mengembalikan gairah kehidupan Masyarakat dengan menggelar berbagai acara, diantaranya adalah yang saat ini dilaksanakan di Desa Picungpugur, yaitu senam sehat sekaligus membagikan bingkisan bagi Masyarakat yang mengikuti acara senam, selain meningkatkan kesehatan, sekaligus warga bisa tersenyum manis dengan berbagai hadiah yang disapat" tuturnya.
Acara yang di prakarsai oleh Yayasan Erick Thoir di gelar di beberapa Desa secara bergilir.

"Kurang lebih 20 Desa yang melaksanakan acara ini, semoga kedepannya akan ada acara-aca lainnya yang dapat kami laksanakan dengan tujuan yaitu mempererat tali persaudaraan sesama kita" pungkasnya.

Senada hal tersebut disampaikan Kuwu Desa Picungpugur, Saki, usai pelaksanaan acara.

"Kami sangat menyambut baik gagasan atau program yang digalakan oleh Yayasan Erick Thoir, yang pasti dilaksanalannya acara ini semata demi meningkatkan semangat Masyarakat yang 2 Tahun terbelenggu oleh pandemi.diharapkan dengan digelarnya berbagai ivent atau acara bisa kembali membangkitkan semangat masyarakat, selain sehat dalam acara ini kami pun membagikan berbagai bingkisan atau hadiah bagi seluruh peserta senam" tuturnya. (1c)

Polresta Cirebon dan IJTI Salurkan Bantuan yang Terkumpul dari Posko Peduli Cianjur

INDOMEDIANEWSC- Jajaran Polresta Cirebon dan Korda IJTI Cirebon Raya menyalurkan bantuan yang dikumpulkan dari penggalangan donasi di Posko Peduli Cianjur di depan Mapolresta Cirebon, Jumat (25/11/2022). Bantuan tersebut dilepas langsung oleh Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H, yang diwakili Plt Wakapolresta Cirebon, Kompol Purnama, S.H, M.H, dan Ketua Korda IJTI Cirebon Raya, Faizal Nurathman.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H, melalui Plt Wakapolresta Cirebon, Kompol Purnama, S.H, M.H, mengatakan, bantuan yang dikirimkan kali ini berupa makanan, obat-obatan, popok bayi, pakaian, air mineral, susu, tisu, dan lainnya, yang jumlahnya mencapai dua mobil truk.

Nantinya, bantuan dikirimkan ke Polres Cianjur untuk didistribusikan kepada masyarakat terdampak gempa bumi di Cianjur. Bantuan ini berasal dari Polresta Cirebon, Posko Peduli Cianjur, dan masyarakat Kabupaten Cirebon," kata Kompol Purnama, S.H, M.H.

Ia mengatakan, bantuan kloter kedua yang pada hari ini disalurkan berasal dari penggalangan donasi di Posko Peduli Cianjur yang diinisiasi Polresta Cirebon dan Korda IJTI Cirebon Raya. Termasuk hasil dari kegiatan Ngamen Bareng yang dihadiri para musisi dan seniman Cirebon.

"Kami berharap, bantuan yang diberikan bermanfaat bagi seluruh masyarakat Cianjur, meski jumlah bantuan yang disalurkan tidak seberapa. Penyaluran bantuan ini juga sebagai bentuk kepedulian seluruh personel Polresta Cirebon kepada warga Cianjur," kata Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H.

Pihaknya juga bakal terus berkoordinasi dengan Polres Cianjur untuk mencatat kebutuhan masyarakat terdampak gempa yang nantinya akan dikirimkan bantuan serupa sesuai kebutuhan mereka. Rencananya, bantuan kloter selanjutnya yang dikumpulkan di Posko Peduli Cianjur bakal kembali disalurkan dalam beberapa hari kedepan.

Sementara itu, Ketua Korda IJTI Cirebon Raya, Faizal Nurathman, menyampaikan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat yang telah menyalurkan donasi melalui Posko Peduli Cianjur. Menurutnya, sebagian donasi yang terkumpul telah disalurkan pada hari ini.

"Alhamdulillah, donasi yang telah terkumpul sudah cukup banyak dan sebagian telah disalurkan. Kami mempersilahkan masyarakat yang ingin berkontribusi membantu meringankan beban warga terdampak gempa dapat mendatangi Posko Peduli Cianjur di Mapolresta Cirebon," ujar Faizal Nurathman. (1e)

25 Nov 2022

SLBN Kabupaten Cirebon " adakan peringatan Hari Guru ke 77"

INDOMEDIANEWSC- Sekolah Luar Biasa Negeri  Kabupaten Cirebon (SLBNC) melaksakan kegiatan Peringatan Hari Guru ke 77 Tahun 2022.

Dalam acara tersebut, selain melaksanakan kegiatan Upacara Bendera, para Siswa dan wali murid termasuk anggota TNI/Polri memberikan bingkisan kepada  para pengajar berupa pemberian Coklat sebagai tanda kasih.

Bahkan para Orang tua siswa secara bersama sama membuat nasi tumpeng  dibarengi dengan ucapan salam kepada seluruh Guru SLB, yang diikuti oleh seluruh Siswa SLB yang berjumlah 200 murid. 

Diiringi lagu himne guru, para siswa, wali murid dan para pendidik saling berjabat tangan bahkan hingga berderai air mata.

Dalam keterangannya, Kepala SLBN Cirebon, Euis Marhamah, menuturkan isai acara , Jum"at 25/11/2022.

"Saat ini kita tengah melaksanakan kegiatan Peringatan Hari Guru yang ke 77, Acara yang melibatkan seluruh pendidik, Siswa dan Orang tua wali murid diharapkan akan semakin memotifasi belajar mengajar, selain itu sebagai penghormatan kita atas jasa-jasa para guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa, mereka dengan penuh ikhlas mendidik dan mengajar demi Anak Bangsa, mereka adalah pahlawan yang patut untuk ditauladani" tuturnya.

SLBN Cirebon yang saat ini memiliki siswa sebanyak 200 dan jumlah pendidik sebanyak 36, dirasa masih kurang ideal.

"Jumlah siswa di SLBN Cirebon dari tingkat TK hingga SLTA sebanyak 200 murid, sementara jumlah pendidik hanya sebanyak 36, jika dirasa tidak ideal, memang sangat tidak ideal, namun walau bagaimana kami tetap berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan yang terbaik, jika saja kami boleh memohon, pemerintah memberikan tambahan pendidik atau guru bagi sekolah kami, selain itu, harapan yang kami nantikan adalah ketersediaan fasilitas bagi lulusan SLB agar bisa berdikari dan mampu meringankan beban Orang tua, jangan sampai mereka setelah lulus malah akan menjadi beban, intinya kami memohon agar Pemerintah memberikan ruang dan kesempatan bagi Anak anak berkebutuhan husus untuk terus berkarya dan berprestasi " pungkasnya.(1c)

Kado terindah di hari Guru " Imam raih prestasi"

INDOMEDINEWSC - Imam Syafi'i, pria 35 Tahun yang mendedikasikan hidupnya untuk mengabdi sebagai pendidik di SLB Negeri Cirebon sejak tahun 2014.

Suami dari Beti (34 Tahun) yang telah dikaruniai seorang putra ( Muhamd Ihsan Alfarizi) merupakan guru bagi Siswa Tuna netra Kelas 12 SMA LB  Negeri Cirebon, yang berlokasi di Desa Sindanglaut, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon.

Selain mengajar sebagai Guru Tunanetra, dirinya maupun Istrinya memliki kelebihan sebagai penyandang tunanetra pula.

"Saya dan istri sama sama tuna netra, namun Alhamdulillah Anak saya yang saat ini berusai 3 tahun kondisinya normal, ini tentunya anugrah bagi kami" tututnya.

Pria yang saat ini bertepatan dengan peringatan Hari Guru ke 77 meraih juara 3 Lomba Karoke solo tingkat kecamatan Lemahabang, menuturkan harapannya, agar Dunia Pendidikan hususnya bagi yang memiliki kelebihan akan semakin ditingkatkan

"Sebelumnya kami ucapkan selamat hari guru, semoga dengan adanya peringatan Hari Guru yang ke 77 Tahun 2022, Pemerintah maupun Instansi terkait lainnya akan semakin lebih memberikan perhatian bagi kami, baik bagi para guru maupun para siswa, yang perlu untuk dipahami oleh semua pihak, kami para pendidik yang ada di SLB ini sepenuhnya ingin mencetuskan generasi muda yang sejajar dengan siswa lainnya yang secara lahiriah terlahir normal, namun tentunya keinginan kami harus diimbangi dengan fasiltas penunjang yang memadai, satu harapan kami adalah keberadaan  dan kondisi kami bukan untuk dikasihani, namun dihargai karena kami pun mampu berkreasi"pungkasnya. (1c)







24 Nov 2022

Kapolsek Pangenan " utamakan Koordinasi" Ciptakan keamanan bersama

INDOMEDIANEWSC- Banyaknya kejadian atau peristiwa keributan antar pelajar maupun Geng motor, mendapat perhatian husus dari jajaran Kepolisian Republik Indonesia, salah satunya yang dilakukan oleh Kapolsek Pangenan,  Polresta Cirebon, AKP. Bekti Setiawan.

"Kami mengajak kepada semua pihak
Untuk secara bersama -sama menjaga kondusifitas dan keamanan lingkungan, baik itu terkait kenakalan remaja maupun geng motor yang tengah marak diberbagai tempat, intinya kami mengharap adanya informasi yang terjalin dengan baik, sekecil apapun informasi, sampaikan kepada kami, dan langkah kongkrit yang akan kami lakukan adalah meningkatkan kinerja anggota, hususnya dalam melaksanakan patroli" jelasnya.

Lebih lanjut dirinya mengharapkan adanya peran serta dari semua kalangan untuk secara bersama sama meminimalisir terjadinya tindak kejahatan di Wilayah Hukum Pangenan.

"Kami tidak akan mampu maksimal jika bekerja sendiri, oleh karenanya peran serta dari semua pihak sangatlah diperlukan, karena dengan adanya kerjasama dan koordinasi yang baik, diharapkan keamanan dan kenyamanan bisa tercipta, namun demikian kami dari jajaran kepolisian akan terus berupaya maksimal untuk menciptakan iklim yang aman dan nyaman, bukan saja memaksimalkan peran Bhabinkamtibmas, namun patroli secara inten akan semakin ditingkatkan, intinya mari secara bersama sama untuk peduli dalam menciptakan kondusifitas lingkungan" pungkasnya. (1c

Peringati Hari Kesehatan Nasional dan Hari Guru Nasional, Pemkab Cirebon Gelar Jalan Sehat

INDOMEDIANEWSC-- Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon menggelar jalan sehat dengan tema 'Jalan Sehat Cirebon Katon' dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-58 dan Hari Guru Nasional ke-77, Rabu (23/11/22). Kegiatan jalan sehat tersebut dimulai dari Kantor Bupati Cirebon dan finish di Stadion Ranggajati Sumber.

Jalan sehat Cirebon Katon ini dibuka langsung oleh Bupati Cirebon, Drs. H. Imron M.Ag. Dalam sambutannya, ia menyampaikan tentang pentingnya kesehatan dan ilmu. "Bahwa didalam kehidupan ini, kesehatan dan ilmu tidak bisa dilepaskan, karena kesehatan dan ilmu merupakan awal dari kebutuhan kita," ujar Imron.

"Karena dengan adanya guru, orang berilmu dan orang beraktivitas kita harus sehat. Maka dari itu, guru dan kesehatan inilah pangkal dari kebutuhan seorang manusia," lanjutnya.

Selain itu, Imron juga menyampaikan ucapan selamat memperingati Hari Guru Nasional ke-77 dan Hari Kesehatan Nasional ke-58, serta harapannya kepada guru-guru yang ada di Kabupaten Cirebon. "Kami sebagai bupati dan wakil bupati Cirebon, mengucapkan selamat Hari Guru dan selamat Hari Kesehatan, semoga kabupaten Cirebon tetap sehat, guru berprestasi, dan guru membawa perubahan dalam kehidupan bermasyarakat," tuturnya.

Dirinya juga berharap bahwa dari guru-guru inilah yang akan mengubah pola pikir dan tingkah laku yang ada di kabupaten Cirebon. Maka, seorang guru harus menjadi suri tauladan yang baik terlebih dahulu.

Senada dengan Bupati, Wakil Bupati Cirebon Hj. Wahyu Tjiptaningsih S.E. M.Si. mengapresiasi gelaran kegiatan Jalan Sehat Cirebon Katon. "Saya sangat mengapresiasi dengan adanya kegiatan ini, tadi kita lihat bersama kegiatan ini begitu meriah dan ribuan masyarakat Kabupaten Cirebon hadir disini," ucap Ayu—sapaan akrab Wakil Bupati Cirebon.

Dirinya sangat mengapresiasi terhadap keberadaan guru-guru, bahwa guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. “Dan yang kita harapkan dengan dididiknya anak-anak dan generasi penerus bangsa ini, akan mengubah karakter dan menambah wawasan serta ketrampilan, yang nantinya estafet kepemimpinan Kabupaten Cirebon akan kita serahkan kepada anak-anak kabupaten Cirebon," lanjutnya.

Selain itu, ia juga menyampaikan pentingnya pendidikan keagamaan kepada anak-anak, karena dengan pendekatan keagamaan tersebut akan memberikan dampak yang baik pada mereka. "Ketika anak-anak diberikan pendekatan dengan keagamaan, pendekatan dengan rasa kasih sayang dan pengajaran seperti itu, ini yang akan memberi dampak daripada karakter yang mempunyai hati lebih penyanyang kepada sesama temannya," pungkasnya. (Lisdis 1c)

23 Nov 2022

perlu Validasi per 3 Bulan " jangan-jangan ada jin dalam Server"

INDOMEDIANEWSC- Rapat koordinasi tentang tata klola Pemerintahan Desa , bertempat di Desa Beringin, Kecamatan Pangenan Kabupaten Cirebon, Rabu, 23/11/2022.
Rapat yang dipimpin langsung Camat Pangenan, Bambang Setiadi dan dihadiri oleh beberapa Kuwu dan Muspika Sekecamatan Pangenan salah satu pembahasannya adalah perihal pelunasan Pajak Bumi Bangunan (PBB) termasuk pelaksanaan Musrembangdes bagi Desa yang belum menggelar Musrembangdes.

Hal tersebut disampaikan Camat Pangenan, Bambang Setiadi.

"Pelunasan PBB harus segera terpenuhi, saat ini ada beberapa Desa yang belum melunasi PBB termasuk juga harus segera dilaksanakannya Musrembangdes agar tidak menghambat Program Pembangunan Desa" tuturnya.

Lebih lanjut dirinya menuturkan, bahwa ada persoalan yang tidak kalah pentingnya adalah terkait penyaluran bantuan yang tidak tepat sasaran

"Banyak persoalan yang terjadi pada pendataan penerima bantuan, yang seharusnya menerima malah tidak, begitupun selanjutnya, ini perlu segera dialkukan pembenahan pendataan, kami sih berharap validasi data dilakukan per tiga bulan sekali, kalau memang sulit untuk dilakukan perbaikan, patut diduga servernya ada jin, karena dampaknya tetap berujung pada kepala Desa, intinya jangan sampai warga yang memang berhak malah seolah dirampaa Haknya" jelasnya.

Bahkan Camat berharap agar pelaksanaan penyaluran bantuan dalam bentuk apapun dilakukan di Kantor Desa setempat, agar bisa dialkukan pemantauan dengan benar, apakah warga penerima bantuan benar-benar layak menerima bantuan.

Senada hal tersebut disampaikan Kuwu Beringin, Agung Gunawan

"Kami mengharap adanya kerjasama dan koodinasi dari pendamping Desa ataupun yang berkaitan dengan yang melaksanakan penyaluran bantuan agar berkomunikasi dengan pihak Pemdes, karena selama ini kami tidak mengetahui siapa saja yang menerima bantuan, karena datanya saja kami tidak mengetahui"tuturnya.

Hal tersebut perlu dilakukan karena apapun jika terjadi persoalan tetap berdampak pada pihak Pemdes.

Sementara itu, ditempat yang sama, Kapolsek Pangenan, AKP. Bekti Setiawan, mengharapkan peranserta Masyarakat dan semua pihak untuk bersama-sama menjaga stabilitas lingkungan.

"Kami mengajak kepada semua pihak
Untuk secara bersama -sama menjaga kondusifitas dan keamanan lingkungan, baik itu terkait kenakalan remaja maupun geng motor yang tengah marak diberbagai tempat, intinya kami mengharap adanya informasi yang terjalin dengan baik, sekecil apapun informasi, sampaikan kepada kami, dan langkah kongkrit yang akan kami lakukan adalah meningkatkan kinerja anggota, hususnya dalam melaksanakan patroli" jelasnya.(1c)

22 Nov 2022

Tali Kasih dan penghargaan Orang-orang Hebat " Bunda Ayu " mereka memang hebat

INDOMEDIANEWSC - Diiringi cuaca cerah, Wakil Bupati Cirebon Hj. Wahyu Tjiptaningsih' SE, M.Si menghadiri kegiatan tali kasih dan penghargaan bagi orang-orang hebat yang berasal dari siswa-siswi taman kanak-kanak luar biasa (TK-LB) Kabupaten Cirebon. Acara yang selenggarakan di depan Kantor Redaksi Indomedianewsc dan  LBH  Sunan Gunung Jati Indonesia yang beralamat di Jln. Panorama 5 No 4 Perumahan Asri Dongkol Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon, Jabar.Selasa,22/11/2022.

Selain Wakil Bupati, hadir pula Dewan Pembina Indo Medianewsc Nana Kencana Wati , sekaligus Anggota DPRD Kabupaten Cirebon, Camat Lemahabang Rita Susana, Ketua DPC Pejuang siliwangi Indonesia (PSI) Mustamid, AM,.S.Pd,l.,S.H,M.H,CLA Ikatan Wanita Pejuang Siliwangi Indonesia (IWAPI), Crew Indo Medianewsc, dan para Guru juga Siswa SLB Sindanglaut.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Cirebon mengatakan, alhamdulilah bisa menghadiri acara tali kasih dan penghargaan bagi orang-orang hebat yang di inisiasi oleh Indo Medianewsc, PSI, IWAPI, sehingga acara dapat terselenggara dengan baik.

" Saya atas nama Pemerintah Daerah menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya acara ini, ya memang sesungguhnya anak-anak yang luar biasa ini membutuhkan sentuhan khusus dari Pemerintah.

" Nanti akan saya tinjau sekolahnya, apa saja yang di butuhkan, dan untuk sementara dari pribadi saya hanya sekedar untuk membantu belajar mengajar anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus, " tutur Wakil Bupati yang akrab di sapa Bunda Ayu.

" Sekalipun sekolah LB ini bantuan dari Provinsi, namun anak-anak Kabupaten Cirebon juga, tadi sudah saya sampaikan kepada Dewan, bagaimana kedepan dalam penganggaran juga ada perhatian khusus terhadap anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus, " tutur Bunda Ayu.

Lebih lanjut Bunda Ayu mengatakan, walau bagaimanapun sesungguhnya mereka adalah generasi penerus Bangsa, karena kalau kita mengetahui, dan kita gali mereka memiliki kelebihan yang tidak semua orang miliki.

" Dan bisa kita gali kelebihan-kelebihan yang mereka miliki, kan kita semua tadi bisa menyaksikan sendiri, anak yang menyandang tunanetra ternyata memiliki kelebihan suara emas dan pernah menjuarai di iven nasiaonal, yang satunya penyandang disabilitas (tunadaksa) memiliki keahlian berpuisi yang dapat menyentuh perasaan semua orang yang mendengarnya, itulah salah satu contoh kelebihan-kelebihan yang dapat kita gali dari mereka" ujar Ayu.

Menurut Bunda Ayu, hidup ini adalah ujian agar kita mampu menjalani kehidupan dengan penuh kesadaran, kesabaran, dan keihlasan. Dengan mempunyai anak yang memiliki kebutuhan khusus bisa jadi adalah jalan mudah bagi kedua orang tuanya dalam menuju surga.

" Karena dunia ini ibarat investasi untuk kehidupan akhirat, apapun kebaikan kita yang di kerjakan dengan penuh kesabaran karena Allah, adalah tabungan yang kelak akan kita nikmati di kehidupan selanjutnya.

" Ujian itu untuk mencapai sabar, dan kita semua harus sabar, saya juga mendapatkan amanah sebagai Wakil Bupati sangat berat, karena di sisa masa jabatan, saya harus dapat menyelesaikan tugas yang di amanahkan sesuai dengan tupoksi saya, dan itu harus di kerjakan dengan sabar, " pungkas Ayu.

Sebelumnya ditempat yang sama Dewan Pembina Indo MediaNewsc Nana Kencanawati mengatakan, 

" kita tidak usah malu dengan mempunyai anak yang memiliki berkebutuhan khusus, karena kita tidak pernah bisa memilih, memiliki anak seperti apa, semua datang atas kehendak Allah, kita tinggal menjalani dengan sabar, " ujar Nana.

Sementara itu, Ketua DPC Pejuang Siliwangi Indonesia Mustamid, A.M.,S.Pd.,S.H.,M.H., C.LA menyampaikan terimakasihnya kepada Wakil Bupati yang menyempatkan diri untuk hadir dalam acara tali kasih dan penghargaan bagi orang-orang hebat yang dimiliki oleh siswa-siswi TK-LB yang di kemas sangat sederhana.

Menurutnya, sekalipun sangat sederhana namun tidak mengurangi rasa hikmat, dan tadi sudah disampaikan oleh Ibu Nana Kencanawati sangat bagus, untuk mengetuk hati agar memiliki kepedulian terhadap anak-anak yang sungguh luar biasa tersebut.

" Alhamdulilah, kita masih diberi kesempurnaan oleh Allah, kita harus bersyukur, nah makanya dengan momen seperti ini adalah momen yang membuat hati kita memiliki keterpanggilan terhadap nasib anak-anak tersebut , dan dalam acara inipun mudah-mudahan membawa berkah bagi kita semua, aamin-aamin yarobbal alamin, " pungkas.

Kehadiran Bunda Ayu disambut hangat oleh peserta yang hadir dan di hibur oleh musik Qasidah yang dipersembahkan oleh paduan suara yang di miliki oleh Ikatan Wanita Pejuang Siliwangi Indonesia (IWAPI) Kabupaten Cirebon 

Selain musik Qasidah, Wakil Bupati juga di buat tercengang dan terkagum oleh seorang anak tunanetra bernama Nabila Ramadani yang memiliki suara emas, dan Anak yang mengalami tunadaksa pandai berba, it puisi yang dapat menyentuh hati dan membuat para pendengarnya merinding dan berlinang air mata, keduanya berasal dari sekolah Luar Biasa (SLB) Sindanglaut Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon (1c)

20 Nov 2022

Pemdes Lemahabang kulon" gelar Senam Sehat bersama Yayasan Erick Thoir"

INDOMEDIANEWSC - Yayasan Erick Thoir bersama Pemerintah Desa Lemahabang Kulon, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, menggelar ajang Senam sehat berhadiah, Minggu, 20/11/2022.

Dalam penuturannya, Kuwu Desa Lemahabang kulon, Rudiana, memaparkan, bahwa pelaksanaan senam berhadiah ini diprakarsai sepenuhnya oleh Yayasan Erick Thoir.

"Kami dari pemerintah Desa sifatnya hanya menyediakan tempat pelaksanaan senam, dimana tempat pelaksanaannya bertempat di lapang bola Ampera yang Alhamdulillah diikuti oleh ratusan Warga Masyarakat Lemahabang kulon" tututnya.

Dalam pelaksanaan senam sehat tersebut disediakan berbagai hadiah dimana sepenuhnya disediakan oleh pihak Yayasan.kami tentunya sangat mendukung kegiatan tersebut, selain untuk meningkatkan kesehatan , warga pun memiliki kesempatan untuk memperoleh berbagai hadiah yang disediakan pihak Yayasan, harapan kami pelaksanaan yang di prakarsai yayasan bisa semakin menpererat silaturahmi antar warga, tidak lupa kami dari jajaran Perangkat dan Lembaga Desa juga Masyarakat Lemahabang kulon mengucapkan terimakasih kepada Yayasan  Erick Thoir yang telah telah menggelar acara demi kesehatan warga" pungkasnya.

Sementara itu, Salah seorang Panitia Yayasan Erick Thoir, Feri, menuturkan rasa bangganya melihat antusias warga dalam mengikuti senam sehat.

"Kami sangat bangga melihat antusias warga dalam mengikuti pelaksanaan senam sehat bersama Yayasan dan pihak pemdes Lemahabang kulon, berharap kedepannya akan ada acara acara yang semakin mendekatkan antar warga termasuk keluarga Yayasan Erick Thoir" tuturnya. (1c)

19 Nov 2022

Sedulur maxsim cierbon (SMC) berbagi nasi kotak ke tukang becak

INDOMEDIANEWSC- Puluhan driver ojek online dari Maxim yang tergabung dalam Komunitas Sedulur Maxim Cirebon (SMC) membagi-bagikan nasi bungkus dan balon Maxim kepada para tukang becak, petugas parkir, tukang sapu, pengamen, dan sebagainya, yang mereka temui di Lampu merah Taman PKK Sumber Kabupaten Cirebon, Jum'at (18/11/2022).

Bakti sosial bagi-bagi nasi bungkus itu merupakan bagian dari rangkaian kegiatan pengenalan para driver ojek online dari Maxim serta SMC kepada masyarakat.

Ketua SMC, Oky Priyando mengungkapkan, kegiatan ini merupakan yang pertama kali digelar di wilayah Cirebon khususnya di daerah Sumber Kabupaten Cirebon.

Dia mengatakan, tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk mempererat tali silaturahmi sesama driver Maxim dan SMC. “Semoga dengan kegiatan seperti ini tali silaturahmi sesama driver akan semakin erat,” ungkapnya.

“Insya Allah kegiatan akan rutin kami lakukan dengan maksud berbagi rejeki kepada sesama. Selain itu untuk lebih membangkitkan rasa syukur atas segala nikmat dan rezeki yang telah Allah berikan. Sebagaimana dalam Surat Fathir ayat 29 bahwa barang siapa berinfaq dan bersedekah maka baginya tiada perniagaan yang merugi, yaitu pasti akan mendapat ganti dari Allah dengan kenikmatan dan rahmat yang lebih banyak lagi,” sambungnya.

“Semoga dengan adanya kegiatan sosial ini, tali persaudaraan sesama driver baik dari SMC maupun diluar SMC semakin erat, dan semoga Cirebon semakin tertib, aman dan nyaman,” tutup Oky.(1e)

18 Nov 2022

Kantor Kecamatan Lemahabang " Perlu Penataan"

INDOMEDIANEWSC- Kajian penataan kawasan di Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, diharapkan bukan hanya sebatas wacana.
Hal tersebut disampaikan Kuwu Desa Lemahabang kulon, Rudiana, Kamis, 17/11/2022.

"Anggaran untuk penataan itu tidak sedikit, jadi jangan hanya sebatas wacana  atau angan-angan harus segera direalisasikan" tuturnya.

Hal senada disampaikan salah seorang tokoh pemuda yang hadir dalam acara tersebut, Idui, yang mengharapkan agar penataanpun dilakukan di ruang lingkup Kecamatan setempat.

"Lingkungan kecamatan pun harus segera dilakukan pembenahan , baik itu penataan ruang maupun lingkungan sekitar, jangan terkesan kumuh, ini perlu dilakukan agar kesan ramah  dan nyaman tercipta di area kecamatan" jelasnya.

Sementara itu, kepala Bapelitbangda Kabupaten Cirebon, Dani, mengharapkan adanya penataan yang maksimal.

"Dari beberapa masukan yang disampaikan para Kuwu, banyak diantaranya yang menginginkan adanya penataan dibeberapa tempat , diantaranya adalah alun-alun dan pasar hewan, termasuk beberapa tempat lainnya, harapan kami apa yang diinginkan para kuwu termasuk Masyarakat akan bisa terealisasi dengan satu tujuan yang sama yaitu melakukan penataan agar bisa lebih baik dan semakin asri untuk dipandang dan dinikmati oleh Masyarakat secara menyeluruh" tuturnya. (1c)

17 Nov 2022

RTIK Kabupaten Cirebon Borong Penghargaan Festik 2022 di Pontianak

INDOMEDIANEWSC-  Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (Relawan TIK) Kabupaten Cirebon, memborong penghargaan, pada kegiatan Festival TIK (Festik) 2022 di Pontianak Kalimantan Barat.

Kegiatan yang diselenggarakan pada 16-17 November di Kampus Politeknik Negeri Pontianak itu, RTIK Kabupaten Cirebon berhasil memborong tiga penghargaan.

Tiga penghargaan yang diraih,yaitu program inovasi terbaik, pandu digital relawan TIK terbaik dan anugerah transformasi digital desa terbaik.

Ketua Relawan TIK Kabupaten Cirebon Akhmad Rofahan mengatakan, program inovasi terbaik, karena RTIK Kabupaten Cirebon memiliki program-program inovatif yang saat ini sedang dijalankan. Salah satunya yaitu pendampingan desa.

"Pelayanan dan informasi desa, kita arahkan untuk berbasis digital," ujar Rofahan, Kamis 17 November 2022.

Menurut Rofahan, pendampingan desa yang dilakukan oleh RTIK Kabupaten Cirebon ini, berkolaborasi dengan Diskominfo Kabupaten Cirebon dan Zeo Technology.

Salah satu tujuan dari program pendampingan desa ini, yaitu untuk memberikan keterbukaan informasi kepada masyarakat dan juga memberikan kemudahan dalam pelayanan.

Selain diajarkan dalam pemanfaatan media sosial, aparat desa juga dilatih mengelola Sistem Informasi Desa (SID) untuk mempermudah layanan.

Salah satu yang sudah dikembangkan, yaitu pelayanan administrasi dengan hanya menggunakan tapping KTP. Pelayanan tersebut sudah dilakukan di Desa Kalikoa Kecamatan Kedawung, yang juga mendapatkan penghargaan di Pontianak.

Dengan tapping KTP tersebut, petugas tidak perlu mengetik ulang nama dan alamat warga yang akan mengurusi persuratan.

"KTP tinggal ditempelkan dan nanti sudah tercantum nama dan alamatnya. Warga tinggal memilih mau mencetak jenis surat seperti apa," kata Rofahan.

Selain pendampingan desa, pada tahun 2022 ini, Relawan TIK Kabupaten Cirebon juga, berhasil meliterasi sebanyak 4.000 pelajar dan mahasiswa di Kabupaten Cirebon.

Kegiatan literasi itu, dilaksanakan secara roadshow ke sejumlah sekolah dan kampus. Rofahan mengklaim, capaian sasaran yang terliterasi ini, merupakan yang terbesar diantara gerakan relawan TIK lainnya di Indonesia.

"Mungkin, capaian sasaran literasi yang dilakukan oleh Relawan TIK Kabupaten Cirebon, merupakan capaian terbesar, dibandingkan dengan gerakan RTIK lainnya di Indonesia," ujar Rofahan.

Rofahan juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengurus dan anggota RTIK Kabupaten Cirebon, yang sudah secara maksimal memberikan yang terbaik untuk Kabupaten Cirebon.

Selain itu, Rofahan menilai, dukungan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Cirebon melalui Diskominfo Kabupaten Cirebon yang sangat besar, sangat membantu diraihnya tiga penghargaan pada Festik 2022 ini.

"Kami juga ucapkan terima kasih kepada para kuwu,kepala sekolah dan instansi lainnya yang telah bekerjasama dengan RTIK Kabupaten Cirebon," ujarnya. (Lis1c)

Touring Germas, Warga Antusias Sambut Rombongan Bupati

INDOMEDIANEWSC-  Bupati Cirebon, Drs H Imron MAg beserta rombongan kembali melakukan touring menggunakan sepeda motor, Rabu (16/11/2022). Didampingi Wakil Bupati Cirebon Hj Wahyu Tjiptaningsih SE MSi, Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon Dr H Hilmy Rivai MPd, sejumlah pejabat serta pegawai di lingkungan Pemkab Cirebon.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Tahun 2022 Tingkat Kabupaten Cirebon. Touring kali ini, mengambil tema Gerakan Masyarakat (Germas), mendapat sambutan hangat dari warga yang berada di jalur yang dilalui oleh Bupati dan rombongan. Bahkan banyak anak sekolah yang sengaja berdiri di bahu jalan menunggu rombongan melintas.

Berangkat dari halaman kantor Bupati Cirebon, rombongan langsung menuju Puskesmas Kamarang, Kecamatan Greged melalui jalur Kecamatan Beber. Pada checkpoint pertama ini, Bupati beserta rombongan melaunching Gerakan Gemar Makan Buah, senam bersama dan juga membagikan Kartu Indonesia Sehat kepada masyarakat.

Tak lama, rombongan kembali melanjutkan perjalanan menuju Desa Kertawangun, Kecamatan Sedong. Di lokasi kedua ini, Bupati menyerahkan bibit sayur dan buah secara simbolis kepada kelompok tani. Usai penyerahan, Bupati dan rombongan menuju lokasi berikutnya, yakni Balai Desa Karangwuni, Kecamatan Sedong.

Di lokasi ini, Bupati melakukan pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) dengan menyerahkan sejumlah alat kebersihan kepada masyarakat. Selanjutnya, Bupati dan rombongan menuju tujuan utama, yaitu Situ Sedong yang letaknya tak jauh dari Balai Desa Karangwuni.

Di venue utama, sejumlah kegiatan dilakukan Bupati yang juga didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Cirebon, Dra Hj Nunung Roosmini, seperti meninjau pelaksanaan vaksinasi Booster, Deklarasi 86 Desa Bebas ODF (Open Defecation Free) dan meninjau stand produk lokal masyarakat.

Usai kegiatan, Bupati mengatakan bahwa kegiatan touring ini memang sengaja digelar oleh pihaknya dalam rangka memperingati HKN. Menurutnya, gerakan masyarakat sehat harus terus digaungkan ditengah masa pemulihan pasca pandemi.

"Kebersihan ini kebutuhan kita semua. Maka, harus ada kesadaran dari masyarakat bahwa kesehatan harus kita jaga dan lakukan di dalam kehidupan agar menjadi budaya gaya hidup sehat. Target akan tercapai apabila masyarakatnya mendukung program ini," terang Imron.

Dalam kesempatan ini juga, Imron mengajak seluruh masyarakat untuk tetap menjaga pola hidup sehat dan tak lupa untuk melakukan vaksinasi Covid-19. 

"Tadi juga masyarakat yang mengikuti vaksinasi, mendapatkan kupon undian berhadiah untuk diundi. Warga lainnya juga jangan lupa untuk vaksin, karena pandemi akan lebih cepat berakhir dengan adanya kekebalan tubuh dari masyarakatnya itu sendiri," tutupnya. (Lisdis 1c)

16 Nov 2022

KTP Wajib " Tapi sulit"

INDOMEDIANEWSC- Keharusan dan kewajiban setiap warga Negara Indonesia adalah memiliki identitas diri (Kartu Tanda Penduduk ) 
Sayangnya kewajiban tersebut tidak dibarengi dengan fasilitas yang mendukung.
Salah satu persoalan yang hingga saat ini belum membuahkan hasil maksimal, bahkan terus dikeluhkan banyak Masyarakat, termasuk pihak Pemerintahan Desa.
Keluhan yang kerap dirasakan adalah lambatnya pelayanan pembuatan KTP.

Salah seorang warga yang tidak bersedia dicamtumkan identitasnya menyampaikan kepada IM.

"Saya cape bulak balik ke kecamatan hanya untuk memiliki Kartu Tanda Penduduk ( KTP) kalau tidak kosong blangkonya, Internet eror, padahal KTP sangat kami perlukan" keluhnya.

Senada hal tersebut disampaikan Kuwu Desa Panongan Lor, Kecamatan Sedong, Kabupaten Cirebon, Agus Syamsah, yang mengharapkan agar persoalan KTP segera bisa terselesaikan.

"Kami dari pihak Pemdes tidak bisa berbuat banyak, karena yang melakukan perekaman adalah pihak kecamatan dan mengeluarkan jadi tidaknya KTP adalah Disdukcapil Kabupaten, oleh karenanya kami pun sangat berharap agar Masyarakat yang melakukan perekaman KTP agar bisa segera selesai, karena KTP sangat diperlukan sebagai identitas diri" harapnya. Rabu, 16/11/2022.

Sementara itu, Camat Sedong, Suparman, saat  dikonfirmasi terkait lambatnya pembuatan KTP menjelaskan.

"Kendala yang kerap kami hadapi adalah seringnya fasilitas internet eror dan kosongnya blangko" tuturnya.
Lebih lanjut dirinya menuturkan perlu adanya tindak lanjut untuk menyelesaikan persoalan KTP.

"Fasilitas internet harus dimaksimalkan agar tidak terjadi eror yang kerap menimbulkan persoalan, selain itu ketersediaan belangko KTP juga harus memadai, karena kendala yang sering kami hadapi adalah seringnya internet eror dan kekosongan blangko, ini tentunya sangat berdampak terhadap pelayanan kepada Masyarakat, karena kami yang berhadapan langsung dan harus menjelaskan kepada warga" jelasnya. (1c)

15 Nov 2022

Kuwu Japura Bakti ajak peranserta semua pihak

INDOMEDIANEWSC- Upaya peningkatan pembangunan sarana prasarana terus diupayakan guna menunjang Desa kearah yang lebih baik dan berkembang dalam segala bidang.
Salah satu program yang digalakan saat ini adalah meminimalisir terjadinya banjir yang kerap melanda Desa.
Hal tersebut disampaikan Kuwu Desa Japura Bakti, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, Haerudin, saat meninjau pelaksanaan pembangunan normalisasi Kali Agung yang berada di Dusun 4 Desa setempat, Senin,15/11/2022.

"Desa kami merupakan salah satu Desa yang kerap dilanda banjir jika mana musim penghujan tiba, oleh karena itu salah satu upaya yang kami lakukan saat ini adalah melakukan normalisasi sungai atau kali Agung yang berlokasi di Dusun 4, tentunya dengan dilakukannya normalisasi diharapkan minimalnya mampu meminimalisir terjadinya banjir" tuturnya.

Lebih lanjut dirinya menuturkan, penanganan banjir dan kebersihan lingkungan menjadi tanggung jawab bersama.

"Tidak akan mampu kami melakukan apapun tanpa adanya peranserta dan dukungan dari semua pihak, termasuk kepedulian Masyarakat, oleh karena itu, harapan kami semua pihak untuk bersama-sama peduli termasuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan dengan cara membuang sampah pada tempatnya dan membudayakan hidup sehat, jika hal ini bisa dilakukan secara bersama-sama maka program yang telah kami lakukan dari mulai infrastruktur, perekonomian, sosial dan kemasyarakatan akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat untuk masa kini dan masa yang akan datang" pungkas Haerudin (1c)

Bupati Cirebon Hadiri Peringatan Haul Desa Megu Gede

INDOMEDIANEWSC-  Bupati Cirebon Drs H Imron, M.Ag menghadiri acara Haul Desa Megu Gede Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon, Minggu (13/11/2022).

Selain dimeriahkan dengan arak-arakan budaya, dalam kegiatan tahunan ini juga diselenggarakan sejumlah kegiatan pendukung lainnya.

Menurut Imron, pihaknya mengapresiasi kegiatan haul ini. Ia juga berharap, bahwa kegiatan haul ini bisa diselenggarakan dengan baik setiap tahunnya.

"Mudah-mudahan tiap tahun bisa dilaksanakan," ujar Imron.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada LANAL, yang ikut memeriahkan kegiatan haul ini, dengan menyelenggarakan kegiatan bakti sosial untuk masyarakat.

Bakti sosial tersebut dilaksanakan dalam bentuk pengobatan gratis dan juga khitanan massal, yang diikuti oleh puluhan anak-anak sekitar.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Lanal, atas kegiatan bakti sosial yang diselenggarakan dalam kegiatan ini," kata Imron.

Komandan Lanal Cirebon, Letkol Laut (P) Ainul Muslimin menuturkan, bakti sosial yang diselenggarakan oleh Lanal ini, merupakan salah satu program pemerintah.

Dalam program tersebut, diarahkan untuk menggelar kegiatan bakti sosial, yang digabungkan dengan kegiatan tradisi setempat.

"Pada kesempatan ini, bakti sosial kita digabungkan dalam acara haul," kata Ainul.

Ainul juga menuturkan, bahwa dalam bakti sosial ini, pihaknya menyelenggarakan sejumlah kegiatan, seperti pengobatan gratis dan khitanan massal.

Ada sebanyak 97 anak yang diikutkan dalam khitanan massal ini. Ainul berharap, kegiatan bakti sosial ini bisa kembali dilaksanakan dan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat.

"Terutama membantu masyarakat untuk bangkit pasca pandemi," katanya.(1c)

12 Nov 2022

Desa Trusmi Kulon jadi Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan

INDOMEDIANEWSC- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat dan Kabupaten Cirebon, memilih Desa Trusmi Kulon untuk menjadi bagian dalam Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3).

Bupati Cirebon Drs H Imron,M.Ag menyambut baik adanya sosialisasi tentang pemilu dan terpilihnya Desa Trusmi Kulon menjadi Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan

Menurut Imron, dipilihnya Desa Trusmi Kulon menjadi Desa DP3 ini, karena tingkat partisipasi warganya dalam pemilihan dan pemilu, tertinggi di Kabupaten Cirebon.

"Tingkat partisipasinya mencapai 87 persen," ujar Imron, Jumat (11/11/22).

Menurut Imron, sosialisasi tentang pemilihan sangat penting diberikan kepada masyarakat. Hal ini ujarnya, untuk bisa memberikan penyadaran kepada masyarakat tentang politik.

Imron menuturkan, Pemilu merupakan hajatan bersama warga Indonesia. Oleh karena itu, ia berharap hajatan tersebut diisi dengan kegembiraan.

"Jangan malah pada ribut, karena beda pilihan," kata Imron.

Imron berharap, program DP3 ini nantinya memberikan efek positif kepada warga, terutama terkait pemilihan. Sudah saatnya warga menjadi pemilih cerdas, berkualitas dan informatif.

"Kalau diajak milih, tapi ternyata track recordnya jelek, ya jangan dipilih," kata Imron.

Sementara itu, Ketua KPU Jabar Rifqi Ali Mubarok menuturkan, bahwa program DP3 ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

"Baik itu meningkat dari segi jumlah ataupun kualitas," kata Rifqi.

Dalam program ini, ujar Rifqi, KPU memilih sebanyak 25 orang dari desa tersebut, yang akan dijadikan sebagai penggerak.

Nantinya, penggerak akan bertugas untuk menggugah dan mendorong masyarakat, untuk lebih peduli terhadap Pemilu dan pemilihan.

Beberapa hal yang akan didorong atau disosialisasikan kepada masyarakat seperti, tidak mudah terkena hoaks, money politik dan bisa memilih sesuai kehendaknya masing-masing.

"Sehingga pilihannya, bukan karena adanya intervensi dari orang lain," kata Rifqi.

Untuk tahun 2022 ini, KPU Jabar akan melaksanakan program DP3 di tiga lokasi, yaitu di Kabupaten Cirebon, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Pangandaran.

Setiap desa yang terpilih untuk menjadi program ini, ditargetkan bisa mendorong warganya untuk terlibat dalam Pemilu dan pemilihan hingga 80 persen.

"Desa Trusmi Kulon saja bisa sampai 87 persen, sehingga saya yakin bisa sampai 80 persen," katanya. (1e)

Sekmat Astanajapura " Dukung UMKM"

INDOMEDIANEWSC- Peningkatan perekonomian kerakyatan perlu dimaksimalkan dengan adanya dukungan dari berbagai pihak.
Salah satunya pengembangan UMKM melalui Bazar murah yang diselenggarakan pemerintah kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon.

Hal tersebut di sampaikan Sekretaris kecamatan Astanajapura, Deni Syafrudin, saat pelaksanaan Bazar murah, Jum'at 11/11/2022.

"Pelaksanaan bazar murah ini sebagai upaya kami dalam memberikan pelayanan atau memberikan kesempatan Masyarakat untuk membeli barang kebutuhan sehari-hari dengan harga murah dan mudah, selain itu tentunya dalam kegiatan bazar ini memberikan kesempatan kepada para pengelola UMKM untuk mampu mengembangkan usahanya dan semakin dikenal oleh halayak, tentunya ini sangat bermanfaat" tuturnya

Lebih panjut Deni, menjelaskan, selain mengangkat prekonomian kerakyatan,dalam acara bazar murah  menghadirkan panggung seni dan lomba mewarnai.

"Masyarakat sangat antusias untuk berbelanja di bazar murah ini, selain dapat berbelanja, Masyarakatpun disuguhkan dengan berbagai hiburan, termasuk dapat menyaksikan kemampuan Anak-anak dalam mengikuti lomba mewarnai , intinya tidak hanya mendorong pengusaha kecil menengah untuk mengembangkan usahanya, sekaligus memperkenalkan bermacam macam jenis makanan Rakyat yang mungkin saat ini sudah hampir sulit ditemui, harapan kami dengan digelarnya kegiatan ini, Masyarakat memperoleh keuntungan dengan berbelanja murah, dan UMKM semakin meningkat penghasilannya dan produk yang mereka jajakan akan semakin diminati oleh halayak" pungkasnya. (1c)

11 Nov 2022

Kuwu Pertanyakan ADD Tahap II

INDOMEDIANEWSC- Para kuwu wilayah timur Kabupaten Cirebon, mempertanyakan Alokasi Dana Desa (ADD) tahap II dan 
Dana Bagi Hasil Pajak dan Retribusi (DBHPR) untuk desa.

Hal tersebut disampaikan  Kuwu Desa Kubangkarang Kecamatan Karangsembung,  Kabupaten Cirebon, Nana Nazaruddin Latief. ADD tahap II hingga sekarang belum dibagikan, padahal anggaran tersebut sangat dinantikan desa untuk berbagai keperluan. Selain itu, DBHPR atau paret bagi desa yang menurun drastis hingga 50 persen dari biasanya membuat pihak desa  harus memutar otak, agar dapat maksimal memberikan pelayanan masyarakat.

 "Alhamdulillah, untuk penghasilan tetap (siltap) November dan Desember sudah ada tanda-tanda akan dibagikan, meski tergoling ribet mekanisme pencairannya," tuturnya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, target Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tahun ini kisaran Rp 68 juta untuk wilayah pedesaan dan sekitar Rp 21 juta untuk wilayah perkotaan. Namun dari hasil paret, hanya sekitar Rp 14 juta. Tentunya, sangat minim dari hasil pajak yang dibayarkan

 "Sebenarnya kami sangat keberatan dengan adanya wilayah perkotaan dan pedesaan, karena berimbas pada pembayaran pajak. Meski demikian, kami tetap berupaya maksimal untuk capaian PBB," jelasnya.

Dirinya mengharapkan, ADD tahap II segera dibagikan, mengingat keperluan  desa yang cukup banyak. Selain itu, paret dikembalikan seperti semula, karena tidak sedikit desa lain yang sudah membayar PBB warga, dari kuwu yang bersangkutan.

 "Kasihan para kuwu yang sudah berupaya maksimal untuk mencapai target PBB, bahkan menggunakan Dana talangan namun reward atau paret minim," tuturnya.

Senada dikatakan Kuwu Desa Susukantonggoh Kecamatan Susukanlebak, Faizal Nur. Paret yang terkesan pukul rata setiap desa, sangat berdampak pada desa itu sendiri. Ditambah lagi, DD tahap II yang belum dibagikan, tentu desa minim anggaran. 

"Kasihan bagi desa yang target PBB ratusan juta namun paret atau reward hanya kisaran Rp 14 juta, maka alangkah baiknya jika target PBB besar, reward besar pula," jelasnya. (1c)

Camat Astanajapura "tegas" Bangunan liar sepanjang Kanci-Mertapada di Bongkar

INDOMEDIANEWSC- Banyaknya bangunan liar yang berdiri sepanjang jalan kanci hingga mertapada, mendapat perhatian husus dari berbagai pihak, salah satunya adalah Pemerintah Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon.

Hal ini disampaikan Camat Astanajapura, H. SUuharto, usai memimpin Rapat Koordinasi dengan berbagai pihak terkait penertiban yang dilaksanakan di Aula Kantor Setempat , Jum'at  11/11/2022.

"Kami membahasnya dengan berbagai pihak untuk segera melaksanakan penertiban terhadap beberapa bangunan liar yang berada di sepanjang jalan kanci hingga mertapada, untuk melaksanakan hal tersebut tentunya kami harus berkoordinasi dengan berbagai pihak, termasuk pihak Pemerintahan Desa setempat, namun pada prinsipnya kami berharap pada tahun ini semua bangunan liar bisa ditertibkan" tuturnya.

Saat ditanya langkah tegas apa yang akan dilakukan terhadap bangunan yang menyalahi aturan, Suharto, menuturkan.

"Kami akan melayangkan surat kepada pemiliki bangunan yang menyalahi aturan, setelah itu baru dilakukan langkah selanjutnya, yaitu pembongkaran" tegasnya.

Senada hal tersebut disampaikan Salah seorang staf DPUPR Kabupaten Cirebon, Maman.A.

"Kami diundang oleh pihak Kecamatan Astanajapura,  yang salah satu poinnya adalah untuk membahas penertiban bangunan liar, prinsipnya kami sangat mendukung, namun tentunya yang berwenang melaksanakan pembongkaran atau penertiban adalah pihak Pol PP Kabupaten,  dan untuk terealisasinya hal tersebut kami pun telah membahasnya dengan berbagai pihak, termasuk telah dilayangkannya surat teguran sebanyak 2 kali kepada pemilik bangunan yang menyalahi aturan, InsyaAllah, sesuai harapan Pak Camat, Tahun ini bisa terealisasi" jelasnya.

Sementara itu, Kuwu Desa Kanci, Sunaryo, saat ditanya adanya rencana penertiban terhadap bangunan liar, dengan tegas nenuturkan 

"Selama itu untuk kebaikan bersama, kami sangat mendukung adanya rencana penerriban bangunan liar" tegasnya. (1c)

Peringati Hari Pahlawan, Bupati Cirebon Dorong Pemuda Lanjutkan Cita-cita Pahlawan

INDOMEDIANEWSC-- Bupati Cirebon Drs. H. Imron, M.Ag bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Cirebon, melaksanakan peringatan Hari Pahlawan, dengan melakukan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Cakrabuana, Kelurahan Gegunung Kabupaten Cirebon, Kamis (10/11/2022).

Menurut Imron, kegiatan ziarah ke TMP Cakrabuana ini, memiliki sejumlah tujuan. Diantaranya, yaitu untuk mendoakan para pahlawan, yang telah berjuang untuk bisa merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

“Semoga diampuni segala dosanya oleh Allah SWT,” ujar Imron.

Peringatan Hari Pahlawan ini juga menurut Imron, harus dimanfaatkan oleh para pemuda dan penerus bangsa ini, untuk bisa mengenang perjuangan yang telah dilakukan oleh para pahlawan. Para pemuda bisa meniru semangat perjuangan yang digelorakan oleh para pahlawan, demi merebut kemerdekaan.

Dalam momen ini, Imron juga mengajak kepada para pemuda di Kabupaten Cirebon, untuk bisa melanjutkan cita-cita para pahlawan yang belum bisa diraih, salah satunya yaitu membantu untuk mendorong bangsa dan negara Indonesia untuk bisa lebih maju dan berkembang.

“Para pemuda, harus bisa melanjutkan cita-cita para pahlawan,” kata Imron.

Sementara itu, Dandim 0620/Kabupaten Cirebon, Letkol Inf Faurizal Noerdin mengatakan, bahwa penerus bangsa saat ini, harus bisa mengambil nilai-nilai perjuangan yang sudah dilakukan oleh para pahlawan. 

Bukan hanya itu, Faurizal juga meminta para pemuda saat ini agar bisa mengimplementasikan nilai-nilai dari perjuangan para pahlawan, untuk bisa meningkatkan semangat para pemuda dalam mengembangkan negara dan bangsa Indonesia.

“Ambil nilai-nilai perjuangan pahlawan, untuk memajukan bangsa ini,” kata Faurizal.(1c)

10 Nov 2022

Warga Cikulak antusias ikuti Donor Darah

INDOMEDIANEWSC- Pemerintah Desa (Pemdes) Cikulak Kecamatan Waled bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cirebon, melaksanakan kegiatan donor darah.

Dalam keterangannya Kuwu Desa Cikulak, H Yusnaedi menuturkan, donor darah yang dilaksanakan ini sebagai bentuk aksi sosial masyarakat dan perangkat juga lembaga desa untuk menambah stok darah di PMI. 

"Kegiatan ini merupakan HUT ke 77 PMI,Alhamdulillah antusias pendonor sangat tinggi, sehingga mencapai ratusan kantong labu darah," tuturnya, disela acara di aula balai desa setempat, Kamis 10/11/2022.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, pelaksanaan donor darah ini sebagai bentuk kepedulian warga dan pihak desa pada masyarakat yang membutuhkan akan darah. 

"Keprihatinan akan minimnya ketersediaan darah membuat pihak desa tergerak untuk mengadakan donor darah dan direspon positip PMI, yang bersedia datang ke balai desa untuk mengadakan kegiatan donor darah. Donor darah yang dilaksanakan ini sebagai upaya untuk membantu yang membutuhkan darah dan membangkitkan kepedulian pada sesama," jelasnya

Dengan mendonorkan darah secara rutin, dapat membantu orang lain yang membutuhkan dan diharapkan, dengan adanya aksi donor darah ini ketersediaan darah tercukupi dan masyarakat yang membutuhkan darah, dapat dengan mudah mendapatkannya. 
"Darah yang kita donorkan akan bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan, terlebih ibu yang melahirkan akan membutuhkan banyak darah," tuturnya.

Sementara itu, Ketua PMI Kabupaten Cirebon, Hj. Sri Heviyana mengungkapkan, kegiatan ini dalam rangka gebyar donor darah wilayah timur Cirebon yang melibatkan 18 kecamatan. 

"Ditargetkan 400 labu kantong darah pada acara ini dan kami ucapkan terima kasih, pada pendonor juga seluruh pihak yang telah berpartisipasi pada kegiatan ini hingga terlaksana dengan sukses," ucapnya. (1c)

Respon Cepat Laporan Masyarakat, Polsek Sumber Polresta Cirebon Amankan Miras Berbagai Merk

INDOMEDIANEWSC - Respon polisi dalam menindaklanjuti laporan masyarakat patut mendapat jempol. Begitu menerima telepon dari masyarakat, tentang adanya penjual minuman keras (miras) Jajaran Unit Reskrim Polsek Sumber, Polresta Cirebon langsung bergerak cepat ke lokasi kejadian.

"Laporan masyarakat melalui layanan panggilan 110 Polresta Cirebon. Katanya ada penjual miras di Kelurahan Sumber. Kemudian unit Reskrim dan Unit Samapta Polsek Sumber langsung ke lokasi penjualnya," kata Kapolresta Cirebon Kombes Pol. Arif Budiman, S.I.K., M.H., melalui Kasi Humas Polresta Cirebon Iptu Moch. Fadholi, S.H., kepada wartawan, Kamis (10/11/2022).

Petugas langsung ke warung klontong milik pria berinisial S. Dengan santun petugas mengutarakan tujuannya datang, untuk razia miras. Pedagang kemudian mempersilakan petugas mengledah warungnya. Memang, saat digeledah toko tersebut tidak didapati miras.

Namun, petugas lebih pintar. Seluruhnya dilakukan pengledahan. Sampai-sampai gudang kardus mie pun digeledah. Benar saja, di gudang terdapat berbagai jenis miras. "Sepintas kita tidak tahu ada miras. Pas digledah di kardus kardus mie, baru kami ketemu ada sejumlah miras. Sedikitnya ada 17 botol," katanya. 

Sebanyak 17 botol miras dari berbagai merk berhasil diamankan. Diantaranya, satu botol anggur merah, tiga botol anggur kolesom, satu botol arak, dua botol Singaraja, satu botol kawa-kawa, 3 botol asoka, lima botol iceland, dan satu botol mix max. 

Miras tersebut kemudian disita oleh petugas. Saat itu juga di lokasi penjual diberikan peringatan tegas agar tidak lagi menjual miras.  "Barang bukti botol miras itu kita bawa ke Mapolsek Sumber untuk dilakukan proses hukum lebih lanjut," pungkasnya. 

Ia serius dalam menekan peredaran miras di wilayah hukum Polresta Cirebon. Menurutnya, miras dapat menyebabkan gangguan kamtibmas. Biasanya karena pengaruh miras, seseorang melakukan tindak pidana,  baik penganiayaan dan gangguan kamtibmas lainnya. Oleh karena itu, ia menyikapi miras dengan serius.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak mengkonsumsi miras. Karena miras dapat merusak kesehatan bagi yang mengkonsumsinya. Bahkan, bila dioplos dapat membahayakan nyawa. (1e)

7 Nov 2022

Tutup MTQ " Sekda Harap Minat Baca Qur'an Meningkat"

INDOMEDIANEWSC- Kafilah Kecamatan Palimanan berhasil meraih juara umum pada Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-48 Tingkat Kabupaten Cirebon Tahun 2022 yang diselenggarakan di Kecamatan Kaliwedi. Penyerahan piala dilakukan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon, Dr. H. Hilmy Rivai MPd yang mewakili Bupati Cirebon sekaligus penutupan, Minggu (6/11/2022).

Berdasarkan data dari dewan hakim, dua kecamatan lain yang menempati tiga besar adalah Kecamatan Astanajapura dan Kecamatan Sumber. 

Dalam sambutannya, Hilmy -sapaan akrab Sekda- menekankan nilai penting dari gelaran MTQ adalah pasca pelaksanaan. Menurutnya, harapan utama pemerintah adalah adanya peningkatan minat mengaji Al-Qur'an di kalangan masyarakat.

"Lebih jauh harapan kita adalah bukan sekadar peningkatan prestasi para peserta, melainkan juga meningkatkan minat mengaji pada masyarakat, sehingga akan membentuk karakter agamis dan sejahtera," ujar Hilmy.

Dalam kesempatan ini juga, Hilmy mengucapkan selamat kepada para kafilah yang telah berhasil meraih prestasi. Untuk yang belum berhasil, Hilmy mengajak untuk terus mengasah kemampuan.

"Kepada penyelenggara dan pihak yang telah membantu dalam pelaksanaan kegiatan ini, atas nama pemerintah dan pribadi saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya," tambah Hilmy.

Senada, Ketua Pelaksana MTQ, HM Syafrudin menyebut pelaksanaan tahun ini bisa sukses berkat bantuan dan dukungan semua pihak. 

"Diperlukan komitmen dan tanggungjawab bersama agar pasca pelaksanaan MTQ, adanya peningkatan karakter masyarakat yang lebih agamis dan bisa membudayakan mengaji," singkatnya. (Lisdis)

Kapolsek Sukahaji Bersama Bhabinkamtibmas Pantau Kegiatan Posyandu

INDOMEDIANEWSC- Kapolsek Sukahaji Polres Majalengka AKP Rudy Djunardi bersama Bhabinkamtibmas Briptu Inten Trihadatul berkewajiban untuk selalu hadir ditengah masyarakat dalam memantau dan menjaga setiap kegiatan sehingga kegiatan tersebut dapat berjalan dengan lancar dan aman.

Selain itu kehadiran Kapolsek dan Bhabinkamtibmas di Desa binaannya juga untuk mewujudkan terjalinnya hubungan yang baik dan harmonis dengan masyarakat.

Seperti terlihat, Kapolsek bersama Bhabinkamtibmas Desa hadir melaksanakan sambang dan pengawasan kegiatan Posyandu di Desa Cikoneng Kecamatan Sukahaji Kabupaten Majalengka, Senin (7/11/2022).

Kegiatan Posyandu yang rutin dilaksanakan setiap bulan bertujuan untuk mengetahui tingkat pertumbuhan serta perkembangan balita, baik dari segi berat badan, tinggi badan maupun lingkar kepala selain itu untuk mencegah terjadinya stunting pada balita.

Pada kesempatan tersebut Kapolsek Sukahaji AKP Rudy Djunardi didampingi Bhabinkamtibmas menghimbau kepada ibu yang mempunyai bayi agar memanfaatkan kegiatan posyandu untuk memeriksakan kondisi bayinya.

Tak hanya itu Kapolsek juga memberikan himbauan kepada warga agar selalu ingat dengan jadwal Posyandu yang sudah ditetapkan setiap bulannya, sehingga balitanya terus mendapat pemeriksaan terhadap perkembangan ataupun kesehatannya.

Kapolsek Sukahaji mengungkapkan bahwa sudah menjadi tugas pokoknya seorang Bhabinkamtibmas untuk selalu hadir ditengah masyarakat binaannya.

“Hadir ditengah masyarakat binaan merupakan tugas pokok Bhabinkamtibmas dalam memberikan pelayanan kepada warga Masyarakat, menjalin kemitraan, dan memonitor setiap kegiatan sehingga berjalan dengan lancar dan aman” ungkap Kapolsek.

“Dengan terjalinnya kemitraan antara polri dan masyarakat maka situasi kamtibmas tetap dalam keadaan kondusif” tandasnya. (1e)

5 Nov 2022

Anggota Komisi 1 DPRD Prov Jabar "Dukung Panongan lor jadi Desa Wisata"

INDOMEDIANEWSC- Desa Panongan lor, Kecamatan Sedong, Kabupaten Cirebon, siap menjadi salah satu Desa Wisata di Kabupaten Cirebon bagian timur.
Hal tersebut terkuak saat pelaksanaan Reses 1 Tahun sidang 2022/2023 Anggota Komisi 1 Fraksi Golkar Daerah Pemilihan Jawa Barat Xll.  Lili Eliyah. SH.MM.

Reses Wakil Rakyat Fraksi Golongan Karya (Golkar) di Aula Kantor Desa setempat, dihadiri oleh seluruh Lembaga dan Warga Masyarakat Panongan lor.

Dalam pemaparannya, Kuwu Desa Panongan Lor, Agus Syamsah, berterimakasih atas kunjungan Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat di Desanya.

"Kami sangat berterimakasih atas kunjungan Ibu Lili Eliyah beserta rombongan, tentunya dalam pelaksanaan reses tersebut diharapkan apa yang kami sampaikan dapat menjadi perhatian agar dapat direalisasikan, hususnya untuk menjadikan Desa Panongan lor menjadi salah satu Desa wisata, alkhamdulillah, keinginan kami sangat direspon oleh beliau, harapannya keinginan kami tersebut bukan hanya hayalan namun mampu diwujudkan dalam kenyataan" tuturnya, Sabtu, 05/11/2022.

Lebih lanjut dirinya menuturkan, bahwa Panongan lor merupakan salah satu Desa yang memiliki potensi untuk pengembangan wisata.

"Pertanian , perkebunan masih terbentang luas, ini tentunya sangat berpotensi untuk dijadikan sebuah tempat wisata, penunjang lainnya adalah kesejukan dan keasrian di Desa kami masih sangat alami, jika wisata mampu terwujud, bukan hanya mampu meningkatkan perekonomian warga kami namun bisa menghasilkan PAD yang secara otomatis berdampak pada pengembangan Desa, baik Ekonomi, Sosial, Budaya dan Kemasyarakatan" jelas Agus.

Senada hal tersebut disampaikan Lili Eliyah. SH.MM.

"Dalam dialog dengan warga yang hadir begitu antusias, banyak masukan yang kami terima, baik keinginan warga untuk peningkatan infrastruktur, perekonomian dan hal lainnya, namun satu yang mungkin akan menjadi program prioritas, yaitu keinginan untuk menjadikan Desa Panongan lor sebagai salah satu Desa Wisata, karena menurut hemat saya, Desa Panongan lor cocok untuk dijadikan Desa Wisata dan saya sangat mendukungnya" tuturnya.

Bahkan wanita yang terlihat tegas ini mengharapkan, bahwa dengan kehadirannya dan mendengar langsung apa yang diinginkan warga bukan saja hanya di tampung namun bisa direalisasikan.

"Jika kami tidak turun langsung dan bertemu secara langsung dengan warga Masyarakat, tidak mungkin kami mengerti dan mengetahui persoalan atau keinginan warga, oleh karena itu, dengan diadakannya reses merupakan salah satu upaya untuk mencari tau apa yang ada dilapangan atau yang diinginkan Masyarakat, dan di Desa Panongan lor ini kami sangat respek dengan terjalinnya komunikasi dan dialog yang terjalin sangat baik, kami yakin Sumber daya yang ada di Desa ini mampu dimaksimalkan dengan baik, terlebih pak Kuwunya sendiri sangat antusias dan semangat untuk menjadikan Desanya sebagai Desa wisata" jelas Lili Eliah, mengakhiri perbincangan dengan IM. (1c)

Peringatan Maulid Nabi "Pupuk kecintaan pada kanjeng Rosulallah SAW"

INDOMEDIANEWSC- Warga Masyarakat dan Pemerintah Desa Wangkelang, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, menggelar Peringatan Nabi Muhammad SAW di halaman kantor Desa setempat, Sabtu,05/11/2022.

Antusias warga Wangkelang sangat terlihat saat dilaksanakannya acara Marhabanan di Masjid Desa , diharapkan dengan adanya lantunan marhabanan dan wejangan atau Ceramah keagamaan oleh Ustadzah  Hj.Liza Azizah dari Karawang, diharapkan semakin memupuK rasa cinta kepada Rasulallah SAW.
Hal tersebut disampaikan Kuwu Desa Wangkelang, H.E. Sudirman disela kesibukannya usai mengikuti pelaksanaan Marhabanan.

"Dengan tema tingkatkan Cinta kepada Rasulallah SAW dan menjadikan suri tauladan, diharapkan kita semua mampu menjadi insan yang senantiasa berpegang pada Al-Qur'an dan Sunah Rosul sebagai penunjuk jalan dalam setiap melangkah maupun berbuat" tuturnya.

Lebih lanjut Pria yang akrab disapa Eman menuturkan, bahwa dengan dilaksanakannya peringatan Maulid Nabi ini diharapkan seluruh warga Masyarakat, terlebih lagi generasi muda agar terpatri rasa kecintaan kepada Kanjeng Rosulallah SAW.

"Perkembangan zaman yang kian  maju pesat, tentunya harus dibarengi dengan peningkatan pemahaman tentang bernegara dan kualitas keimanan yang mumpuni, salah satu caranya adalah dengan dilaksanakan kegiatan keAgamaan seperti halnya peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. peringatan Maulid Nabi ini  merupakan wujud kecintaan kita pada Rasulallah, zaman boleh berubah namun keimanan jangan sampai berubah, semoga kita semua termasuk dalam keluarga dan Ummat Kanjeng Rosul dan menjadi panji panji Islam yang tetap kokoh dengan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SAW" pungkasnya.(1c)






3 Nov 2022

Kopi Aspirasi " Anjangsono Kapolresta Cirebon"

INDOMEDIANEWSC - Kapolresta Cirebon, Kombes . Pol. Arif Budiman, S.I.K, M.H mengunjungi salah satu warung dalam giat Kopi Aspirasi di Desa Asem, Kecamatam Lemahabang, Kabupaten Cirebon, Kamis,03/11/2022.

Dalam kunjungannya, Kapolresta Cirebon melakukan dialog dengan pemilik warung dan beberapa pembeli termasuk unsur Pemerintahan Desa setempat yang turut hadir dalam giat Kopi Aspirasi .

Dalam sesi Obrolan santai tersebut, Kapolresta Cirebon mengajak kepada seluruh warga Masyarakat untuk selalu menjalin komunikasi dengan Pihak Polri/TNI dalam hal ini Bhabinsa maupun Bhabinkamtibmas.

"Kami menerima berbagai masukan dari warga Masyarakat khususnya dalam menciptakan suasana aman dan damai, ini merupakan giat yang bertujuan agar Masyarakat dan polri termasuk unsur lainnya untuk menciptakan kondusifitas lingkungan, salah satu caranya melalui komunikasi yang terjalin dengan baik, selain daripada itu, jika sebelumnya kami bersosialisasi lebih diutamakan pada media sosial,namun saat ini dimaksimalkan dengan cara berkomunikasi langsung dengan warga Masyarakat, hal ini agar persoalan yang ada dilapangan segera diketahui dan secepatnya dicari solusinya" tuturnya.

Saat disinggung terkait seringnya terjadi keributan atau tawuran antar pelajar yang masuk dalam wilayah Hukum Kecamatan Lemahabang dan Kecamatan Astanajapura, dirinya menegaskan.

"Kami bergerak cepat dan memaksimalkan patroli termasuk kinerja seluruh Anggota Polri untuk memantau di beberapa titik yang dianggap rawan, bahkan secara rutin Anggota Polri melakukan kunjungan dibeberapa Sekolah untuk memberikan edukasi dan pemahaman agar peran pelajar bisa dimaksimalkan dan menjauhi segala bentuk yang berlawanan dengan Hukum juga aturan yang berlaku" tuturnya 

Sementara itu, pemilik warung , Ashari, yang dikunjungi Kapolresta Cirebon, beserta jajarannya, mengharapkan peran Polisi bisa lebih dimaksimalkan.

"Kami sadar, Anggota Bhabinsa maupun Bhabinkamtibmas sangat terbatas, namun dengan keterbatasan tersebut bukan berarti kinirja tak bisa dimaksimalkan, dengan konsep kunjungan atau turun langsung kelapangan diharapkan menjadi sebuah cara untuk meminimalisir terjadinya tindakan kriminal atau apapun yang berlawanan dengan Hukum" harap Ashari.

Senada hal ini disampaikan Kuwu Desa Asem, Ade Faturahman, berharap polri dapat lebih humanis terhadap Masyarakat.

"Saat ini mungkin sudah banyak Masyarakat yang berubah terkait paradigma polri yang terkesan sangar, saat ini Polri semakin humanis dan semakin dekat dengan Masyarakat, apalagi anggota Bhabinsa atau Bhabinkamtibmas secara rutin melakukan kunjungan atau anjangsono secara langsung kepada warga atau Pemerintahan Desa, diharapkan rutinitas yang dilakukan Anggota TNI maupun Polri benar-benar mampu meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diharapkan, oleh karenanya kami sangat berterimakasih atas kunjungan Bapak Kapolresta Cirebon di salah satu warung milik warga kami, semoga dengan hal tersebut bisa senakin mendekatkan antara Masyarakat dan Anggota demi terciptanya kondusifitas lingkungan" tuturnya. (1c)

Kang Hero "Dukung Cirebon Timur"

INDOMEDIANEWSC- Lomba Hadroh, hitanan Massal, Donor darah dan Peringatan  Maulid Nabi Muhammad SAW dilaksanakan serentak oleh Warga Masyarakat Desa Windu jaya, Kecamatan Sedong, Kabupaten Cirebon.

Dalam acara tersebut dihadiri oleh berbagai Unsur Kemasyarakatan, TNI/Polri dan Anggota DPR RI Fraksi Demokrat, H.Herman Khoeron

Dalam Pemaparannya, Wakil Rakyat yang akrab disapa kang Hero ini menuturkan, dirinya sangat mengapresiasi kegiatan Sosial yang dilaksanakan di Desa Windu jaya.

"Ini merupakan bentuk kepedulian kami dalam terus bergerak di Bidang Sosial maupun hal lainnya, karena dalam membangun sebuah struktur yang kuat perlu adanya kerjasama yang kuat pula, termasuk kami dari Demokrat sangat memerlukan adanya jalinan kerjasama dari semua pihak, demi membangun Bangsa secara bersama-sama" tuturnya.

Sementara saat disinggung terkait wacana pemekaran Cirebon Timur, dirinya menegaskan sangat mendukung.

"Pemekaran Cirebon Timur merupakan sebuah keniscayaan, oleh karenanya saya sangat mendukung terbentuknya Cirebon Timur"tegasnya.(1c)