14 Okt 2022

Bebarik Desa Buntet " Tradisi adi luhung"

INDOMEDIANEWSC- Tradisi atau Budaya adi luhung perlu dipertahankan agar tetap lestari  dan menjadi kebanggaan generasi muda yang hampir terkikis oleh perubahan zaman.
Salah satu Budaya adi luhung yang terus dipertahankan adalah Bebarik atau sedekah bumi yang dilaksanakan warga Masyarakat dan Pemerintahan Desa Buntet, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon.
Ratusan Masyarakat memadati Area Pemakaman Leluhur setempat (Ki Ageng Sela Rasa-red) yang berlokasi di Dusun 3 Blok Dauansela, Desa Buntet, Jum'at 14/10/2022.

Dalam keterangan yang disampaikan Kuwu Desa Buntet, Edi Suhaedi, Pelaksanaan Bebarik atau sedekah bumi merupakan ungkapan Rasa syukur atas segala Nikmat yang telah Allah berikan.

"Selain sebagai ungkapan rasa syukur, acara bebarik pun diisi dengan do'a bersama di area pemakaman ki Ageng Sela Rasa yang intinya mendoakan para sesepuh dan leluhur dengan harapan kehidupan kita senantiasa mendapat kebaikan,  baik secara lahir maupun batin" tuturnya.

Dengan bebarik atau sedekah bumi, diharapkan jalinan silaturahmi tetap terjaga dan persatuan antar warga tetap terawat.

"Silaturahmi bisa terjalin dengan berbagai cara, oleh karenanya kami mengajak semua pihak untuk tetap menjaga tradisi dan Budaya para leluhur agar tidak sirna oleh perkembangan jaman, disini kami semua bermunajat kepada Allah Sang Maha pencipta, memohon kesejahteraan , kedamaian dan kemakmuran, selain kami melaksanakan acara Do'a bersama acara bebarik di meriahkan dengan pagelaran wayang kulit, bahkan di Desa Buntet, bebarik dilaksanakan dua kali dalam setiap tahunnya, pertama di Dusun 3 dan kedua di Dusun 1, yang InsyaAllah akan dilaksanakan pada Bulan 11, semoga pelaksanaan tahun ini berjalan dengan Aman , damai dan sesuai harapan bersama" pungkasnya.(1c)

0 $type={blogger}: