31 Okt 2022

Warga Desa Citemu Penderita Kanker Usus Besar "perlu perhatian"

INDOMEDIANEWSC- Aji, anak  berusia 15 Tahun, asal warga Desa Citemu, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, harus menjalani operasi di Rumah Sakit Hasan Sadikin ( RSHS) Bandung 

Anak pasangan dari Ismail ( 37) dan Yanti (34) yang kesehariannya sebagai buruh bangunan tersebut, di diagnosa menderita penyakit Tumor usus besar, akibatnya Aji setiap saat harus menahan rasa sakit 

Yanti Ibunda Aji, menceritakan awal buah hatinya dinyatakan mengindap tumor usus besar, menurutnya, sekitar satu  bulan yang lalu (September 2022, red) Aji, mengeluhkan rasa sakit di perutnya saat buang air besar.

" Tadinya saya pikir, itu  sakit perut biasa," tutut Yanti sambil terisak .

Yanti, pun berinisiatif untuk melakukan pemeriksaan kesehatan  untuk memastikan dan  mengetahui lebih jauh apa yang menjadi penyebab rasa sakit yang dialami oleh anaknya tersebut

"Setelah dilakukan Rontgen, anak saya diketahui mengindap penyakit tumor usus besar, dan harus dioperasi di Bandung," ungkapnya, Senin, 31/10/2022.

Dirinya pun berharap agar penanganan operasi yang harus dilakukan Aji di Bandung, dapat disegerakan.

" Saya tidak tega melihatnya, Aji selalu mengerang kesakitan, sampai sampai tidak bisa tidur karena menahan rasa sakit," lirihnya

Sementara itu,  Camat Mundu, Anwar Sadat,  menyampaikan, kedatangannya ke rumah kediaman Ismail dan Yanti warga Desa Citemu ini,  untuk bersilaturahmi dan memastikan kondisi Aji, yang divonis oleh dokter spesialis  menderita kanker usus besar

Kedatangan Anwar Sadat pun  sekaligus untuk memberikan sedikit bantuan kepada keluarga Aji.

" Kami tentunya akan mengawal agar ananda Aji ini mendapat pelayanan kesehatan lebih lanjut," paparnya

Lebih lanjut dirinya menuturkan,  adapun penangan yang dimaksud, yakni berdasarkan surat rujukan yang sudah didapat dari Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD) Gunungjati, ananda Aji ini harus diambil tindakan atau penanganan di RSUD Hasan Sadikin.

Anwar pun menyampaikan,  bahwa dirinya sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan ( Dinkes) Kabupaten Cirebon, untuk dapat membantu agar ananda Aji dapat segera dilakukan penanganan lanjutan  di Bandung 

"Awalnya rencana keberangkatan  Ananda Aji, hari Minggu (30/10/2022),  namun ini harus ditunda menunggu jadwal dari RSHS," jelasnya

Dirinya pun menjelaskan, Sehubungan adanya peraturan baru dari pihak RSHS, bahwa pasien rujukan harus daftar dulu lewat Online, maka keberangkatannya  menunggu jadwal dari RSHS.

"Akan  tetapi pihak RSHS akan secepatnya memproses ananda Aji untuk segera mendapatkan pelayanan lebih lanjut di Bandung," tandasnya

Anwar pun menegaskan, bahwasanya  Dinkes Kabupaten Cirebon pun,  akan memberikan bantuan berupa mobil ambulans untuk membawa anada Aji menuju rumah singgah di bandung, sebelum mendapatkan pelayanan kesehatan lanjutan di RSHS. 

"Alhamdulillah, Dinkes Kabupaten Cirebon, sudah membatu agar  Ananda Aji dapat segera dirujuk ke Bandung, terimakasih kepada bapak Kadinkes atas bantuannya," pungkas Anwar Sadat. (1c)


Kasubbag Dal Ops Polres Majalengka Pimpin Pelaksanaan Apel Pagi

INDOMEDIANEWSC- Jajaran Polres Majalengka Polda Jabar melaksanakan Apel Pagi bertempat di Lapangan Apel Polres Majalengka, Senin (31/10/2022).

Dalam kesempatan tersebut pelaksaan apel pagi dipimpin langsung oleh Kasubbag Dal Ops Polres Majalengka IPTU Agus Purwanto, serta diikuti oleh seluruh personel Polres Majalengka.

Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi melalui Kasubbag Dal Ops Polres Majalengka menyampaikan bahwa "Terima kasih kepada rekan-rekan yang telah hadir dalam pelaksanaan kegiatan apel pagi pada hari ini dan yang telah melaksanakan tugasnya dalam minggu ini dengan baik. Tetap pertahankan dan tingkatkan kinerja kita ke depannya sehingga wilayah hukum kita dapat berjalan dengan aman dan kondusif."

"Disamping itu, tetap tingkatkan kewaspadaan, jaga keselamatan diri dalam bertugas serta patuhi aturan dan ikuti kebijakan pimpinan dalam upaya menciptakan situasi wilayah yang aman kondusif dan pelayanan pada masyarakat," ungkap Kasubbag Dal Ops Polres Majalengka. (1e)

Hoby isap BBM " adakah yang peduli ?"

INDOMEDIANEWSC- Miris namun apa daya, itulah kalimat yang cocok ditujukan kepada Tio, Anak usia 10 Tahun, warga Blok Nar, Desa Astanamukti, kecamatan Pangenan, Kabupaten Cirebon.

Betapa tidak, Anak seusianya sedang asyik menuntut ilmu dan bercengkrama dengan teman sejawatnya, Sosok Tio malah berkeliling dari Desa ke Desa meminta belas kasih dari tiap Orang yang ditemuinya, ironisnya uang hasil pemberian tersebut sebagian dibelikannya untuk sebotol Bahan Bakar Minyak ( BBM) jenis pertamak.
Yang membuat miris, BBM tersebut tidak digunakan untuk kendaraan bermotor, melainkan dihisap aromanya.

Menurut keterangan yang disampaikan salah seorang warga Desa Astanajapura,Karna, kebiasaan menghisap aroma BBM itu sudah dilakukannya sejak Anak tersebut berusia 3 Tahun.

"Sepengetahuan saya, anak tersebut sudah biasa menghisap aroma BBM dari dalam botol sejak usianya 3 Tahun, Anehnya saat dilakukan ronsen oleh pihak kesehatan pada beberapa waktu kebelakang, kesehatan Tio tidak ada masalah, saya juga aneh" jelasnya.

Saat dilakukan  Wawancara oleh IM di Kantor Desa Astanajapura, 31/10/2022,(Tio) Anak Usia 10 tahun tersebut agak sulit diajak komunikasi, dirinya hanya menolak jika menghisap Bensin, karena yang dia Hisap adalah Petramak

"Dudu Bensin, kien Petramak, olih tuku mang ewu ning warung, enak (jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah, Bukan Bensin, ini Petramak dapat beli di warung, lima ribu, Enak" jelasnya.

Dengan kebiasaan yang bisa mengganggu kesehatan tersebut, diharapkan adanya kepedulian dari pihak-pihak terkait, dalam hal ini pihak kesehatan maupun Dinas Sosial dan pihak lainnya yang peduli akan sosok Tio. (1c)


Persmian Hari Jadi Desa Cengkuang

INDOMEDIANEWSC- Polresta Cirebon. Bhabinkamtibmas Desa Cengkuang Aipda Kasno memonitoring dan Pam pengamanan hari jadi Desa Cengkuang Kecamatan Palimanan Kabupaten Cirebon.

Selain monitoring dan pam keamanan peresmian desa cengkuang kecamatan palimanan juga di isi dengan kegiatan sepeda santai yang di selenggarakan oleh Pemdes Desa Cengkuang dalam rangka HUT Desa Cengkuang yang ke-41, Minggu (30-10-2022). Dalam kesempatan kegiatan tersebut Bupati Kabupaten Cirebon juga sekaligus meresmikan Gedung PKK Desa Cengkuang Kecamatan Palimanan Kabupaten Cirebon.

Dalam giat sepeda santai di Desa Cengkuang Kecamatan Palimanan Kabupaten Cirebon yg dihadiri Oleh Bupati Kabupaten Cirebon Bpk.Drs.H.IMRON ROSADI,M.Ag.,  dan juga Wakil DPRD Kabupaten Cirebon serta Bpk.RUDIANA,SE., beserta Camat Palimanan H.ABDUL AJID S.Sos.                                         

Adalah salahsatu wujud apresiasi dan ucapan terimakasih kepada pemerintahan Desa Cengkuang dalam hal ini telah membuktikan bahwa di umur 41 tahun Desa Cengkuang terus berbenah serta mengabdikan demi terwujudnya kesejahteraan serta kamtibmas yang selalu kondusif". Ucap Kapolresta Cirebon melalui Kapolsek Gempol Kompol MUNAWAN S.H. (1e)

29 Okt 2022

Kapolres Majalengka Hadiri Undangan IPHI Dalam Rangka Maulid Nabi Muhammad SAW

INDOMEDIANEWSC- Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi menghadiri acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang diselenggarakan oleh IPHI (Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia) bertempat di BIJB (Bandara Internasional Jawa Barat) Kecamatan Kertajati, Sabtu (29/10/2022).

Acara tersebut turut dihadiri secara langsung oleh Gubernur Jawa Barat Sdr. Mochamad Ridwan Kamil, Bupati Majalengka Sdr. Karna Sobahi, dan Forkopimda Kabupaten Majalengka. Selain itu juga turut diikuti oleh Ketua Umum PP IPHI Sdr. Eman Suparno, Ketua PW IPHI Jawa Barat Sdr. Ijang Faisal, Kordinator IPHI Majalengka Sdr. Ircwan, Penceramah Sdr. KH. Asep Totoh Gojali, Direktur Utama BIJB Sdr. Muhamad Singgih, para pengurus IPHI Kab/Kota SeKab. Majalengka, para pengurus dan anggota IPHI Jawa barat.

Saat dikonfirmasi, Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi menyampaikan bahwa "Kegiatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dalam rangka reuni haji IPHI (Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia ) Jawa Barat Tahun 2022 dengan mengusung tema memaknai sifat-sifat Nabi Muhammad SAW."

“Semoga di Momen Maulid Nabi Muhammad SAW ini silaturahmi kita semakin terjaga dan menjadi amal ibadah bagi kita semua, serta kedepannya untuk Bandara Internasional Jawa barat (BIJB) Kertajati ini bisa makin maju apalagi dengan adanya rencana penerbangan umroh pada tanggal 07 November 2022 yang nantinya akan memberangkatkan jemaah umroh secara langsung sebanyak 5 kali dalam seminggu,” ungkap Kapolres Majalengka. (1e)

28 Okt 2022

Peringati Hari Sumpah Pemuda Ke 94, "Bentangkan Bendera Merah Putih Raksasa "

INDOMEDIANEWSC-Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda Ke 94 Tahun 2022 Jajaran Satlantas Polres Majalengka bersama Para Pelajar membentangkan Bendera Merah Putih Raksasa yang digelar di Lapangan GGM Kabupaten Majalengka,Jumat (28/10/2022).

Pembentangan Bendera Merah Putih berukuran 20x10 Meter ini untuk mengenang kembali semangat juang pemuda satukan anak bangsa dalam kibaran bendera Merah Putih, dan Hari Sumpah Pemuda Ke 94 kali ini mengambil tema “Bersatu Bangun Bangsa”,"ujar Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi melalui Kasat Lantas Polres Majalengka AKP Ngadiman.

"Diharapkan semangat para pemuda sebagai generasi penerus tetap membara untuk membangun bangsa dan negara Indonesia lebih maju,"ungkapnya.

"Kegiatan bentang bendera Merah Putih dapat memperkokoh jiwa nasionalisme dan cinta Tanah Air, " kata AKP Ngadiman.

"Kegiatan itu adalah gerakan nyata menjunjung tinggi nilai persatuan dan kesatuan, serta tidak melupakan sejarah,"ujarnya.

Pembentangan bendera merah putih disaksikan oleh Wakil Bupati Majalengka Tarsono D Mardiana, Unsur Forkopimda,OPD dan Unsur Terkait lainnya serta Masyarakat Kabupaten Majalengka serta Pelajar disaat Upacara Hari Sumpah Pemuda Ke 94 Tahun 2022 Tingkat Kabupaten Majalengka di Lapangan GGM Kabupaten Majalengka. (1e)

Wakil Bupati Cirebon " Turnamen Bola Voli Asjap Cup 2022" ajang pencarian bakat

INDOMEDIANEWSC- Ada sesuatu yang berbeda saat pelaksanaan pembukaan Turnamen Bola Voly Asjap Cup 2022, betapa tidak, ratusan pasang mata tertuju pada Sosok wanita nomor dua di Kabupaten,  Cirebon , Hj Wahyu Tjiptaningsih, S.E., M.Si. secara langsung membuka pelaksanaan Asjap Cup sekaligus karnafal dan arak -arakan.

Wakil Bupati Cirebon tersebut mendapat sambutan yang sangat luar biasa dari warga Masyarakat Astanajapura, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, yang hadir dalam acara pembukaan Turnamen Bola Voly Asjap Cup, Jum'at, 28/10/2022.

Antusias warga tersebut tidak berhenti hanya sampai disitu, usai pembukaan, Ratusan warga secara bersama-sama dengan wakil Bupati Cirebon mengikuti karnafal atau iring-iringan, bahkan terlihat hampir di setiap penjuru jalan yang dilalui Wakil Bupati yang akrab disapa Bunda Ayu, warga saling berebut untuk bertemu atau hanya sebatas berjabat tangan.

Dalam pemaparannya, Wakil Bupati Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih, menuturkan rasa bangganya.

"Kami sangat terharu melihat antusias warga yang begitu meriah, bukan hanya itu, rasa bangga dan apresiasi kami kepada pihak Pemerintah Desa maupun Masyarakat setempat yang secara paralel atau rutin menggelar ajang turnamen bola voli, ini tentunya sangat kami apresiasi, karena dengan adanya semangat Masyarakat maupun Pemdes dalam menggelar ajang olahraga, diharapkan akan melahirkan bibit-bibit unggul para atlit , khususnya dalam hal Bola Voly, kami berharap kegiatan ini tidak hanya ada di Desa Astanajapura, namun bisa dilaksanakan di Desa-desa lain yang tentunya diberbagai ajang olahraga" tutur wanita yang akrab disapa Bunda, penuh harap.

Sebelum mengikuti karnafal, Wakil Bupati Cirebon memberikan bantuan secara simbolis berupa perlengkapan perlombaan Bola Voli kepada Kuwu Desa Astanajapura, Faturohman yang disaksikan oleh panitia pelaksanaan Turnamen  dan Masyarakat setempat.

Dalam kesempatan yang sama , usai mendampingi Wakil Bupati berkeliling kampung, Faturohman, mengucapkan rasa terimakasihnya atas kepedulian dan sokongan yang diberikan oleh Ibu Wakil Bupati.

"Kami dari jajaran Pemerintahan Desa dan panitia pelaksaan sangat berterimakasih atas kunjungan dan dukungan yang diberikan oleh Ibu Wakil Bupati, tentunya harapan kami dengan adanya dukungan tersebut akan mebambah semangat bagi seluruh warga Masyarakat akan membiasakan dan mencintai olah raga, semoga saja apa yang kami lakukan akan mampu memenuhi keinginan Ibu Ayu untuk mencetak Atlet-atlet Bola Voli yang handal tidak sebatas tingkat kecamatan, namun mampu menembus tingkat Kabupaten bahkan Nasional" tutur pria yang akrab disapa Oman dengan penuh semangat.(1c)

Krisis Global, Peluang UMKM untuk Berkembang

INDOMEDIANEWSC- Kondisi ekonomi global yang dibayangi resesi pada tahun 2023 mendatang, harus dijadikan peluang bagi perkembangan produk lokal. Oleh karena itu, pelaku UMKM diharapkan tetap konsisten dalam menjalankan bisnisnya, terutama pada sektor khas Kabupaten Cirebon.

Hal tersebut dikatakan Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon, Dr. H. Hilmy Riva’i MPd saat membuka Workshop Pengembangan Design Produk Kreatif sebagai Identitas UMKM Kabupaten Cirebon Tahun 2022, Kamis (27/10/2022) di Apita Hotel Cirebon.

Dijelaskan Hilmy, sapaan akrab Sekda Kabupaten Cirebon, kondisi ekonomi global yang tidak stabil bisa merusak kondisi di beberapa negara. Beruntung, kata dia, Indonesia diprediksi masih mampu bertahan meskipun sulit.

"Pengamat melihat Indonesia dapat bertahan, karena memiliki produk pangan bersifat mandiri. Lain halnya di beberapa negara, mereka tidak punya, contohnya padi seperti di negara kita," tegasnya.

Disamping itu, Sekda juga menilai ada beberapa komoditi Indonesia di luar negeri yang mengalami lonjakan harga cukup besar. Dengan kata lain, hal itu bisa dijadikan peluang bisnis bagi para pelaku UMKM untuk terus meningkatkan inovasinya, termasuk mengirimkan hasil produksi keluar negeri.

"Saya sempat berkomunikasi dengan kerabat di luar negeri, harga baso tahu disana cukup tinggi. Ini kan berarti produk kita bisa mendapatkan nilai bagus disana. Ini peluang yang harus bisa dimanfaatkan," tambahnya.

Dalam kesempatan ini juga, Hilmy mengajak seluruh masyarakat untuk lebih memilih produk dalam negeri dibandingkan produk luar. "Dalam beberapa kesempatan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga mengajak untuk menghentikan terlebih dahulu membeli makanan dari luar negeri dan memilih produk pangan lokal. Kekuatan ekonomi kita juga salah satunya bergantung pada UMKM, sehingga kita harap para pelaku UMKM bisa terus bertahan dan lebih berkembang lagi," tutupnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Setda Kabupaten Cirebon, Hilman Firmansyah mengatakan workshop ini diikuti sekitar 100 para pelaku UMKM di Kabupaten Cirebon. Dirinya juga mengaku, tujuan utama dari kegiatan ini adalah percepatan pertumbuhan ekonomi daerah, khususnya di bidang UMKM.

"Kami harap workshop ini dapat menambah semangat dan juga inovasi dari para pelaku usaha UMKM, sehingga akan menjadikan perkembangan yang bermuara pada percepatan pertumbuhan ekonomi," singkatnya. (Lisdis 1c)

26 Okt 2022

Apresiasi Investor "Pemkab Beri Penghargaan"

INDOMEDIANEWSC- Keberadaan para investor di wilayah Kabupaten Cirebon sangat membantu dalam pembangunan daerah. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Cirebon melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) memberikan apresiasi berupa penghargaan kepada penanam modal baik dalam negeri maupun asing, Rabu (26/10/2022).

Bertempat di Apita Hotel Cirebon, Bupati Cirebon, Drs H Imron MAg menyerahkan langsung penghargaan kepada beberapa investor diantaranya PT Indofood CBP Sukses Makmur, PT Vincent SPT Daiwaboo Industrial Fabrics, PT Embe Plumbon Textile, dan PT Sinar Grage Jaya. Para perusahaan tersebut anggap patuh dalam menyerahkan Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) secara tepat waktu.

 Dalam sambutannya, Bupati Cirebon sebut pihaknya sangat mengapresiasi kepatuhan perusahaan dalam menyerahkan LKPM tepat waktu. Disamping itu, Imron juga menegaskan akan menjadikan LKPM ini sebagai evaluasi perusahaan dalam melakukan kegiatan investasi di Kabupaten Cirebon.

Dijelaskan Imron, ada lebih dari 500 perusahaan yang terdaftar secara online. Penanam Modal Dalam Negeri (PMDN) masih mendominasi dibanding Penanam Modal Asing (PMA).

"Berdasarkan data LKPM yang dilaporkan secara online, terdapat 852 perusahaan. Terdiri dari 687 perusahaan PMDN dan 165 perusahaan PMA," kata Imron.

Dalam kesempatan ini juga, Imron berharap iklim investasi di Kabupaten Cirebon bisa lebih baik dari sebelumnya. Dirinya juga meyakinkan pengusaha, wilayah Kabupaten Cirebon sangat ramah terhadap investor.

"Kita sudah bentuk Satgas Investasi, sehingga para investor bisa lebih aman dan nyaman dalam menanam modal di Kabupaten Cirebon. Tak lupa, saya juga minta perusahaan untuk tetap mematuhi aturan dalam hal CSR, karena hal tersebut sangat bermanfaat dalam membantu pembangunan daerah," tutupnya.

Sementara itu, Kepala DPMPTSP Kabupaten Cirebon, Dede Sudiono ST MSi sebut ada beberapa aspek penilaian untuk penghargaan ini.

"LKPM dari perusahaan PMDN/PMA yang diterima periode hingga September 2022. Aspek yang dinilai adalah administrasi (perizinan, ketepatan waktu laporan, substansi), kegiatan usaha, kontribusi pembangunan daerah terutama UMKM, serta CSR. Tim penilai semuanya independen," ungkapnya. (Lisdis 1c)

Kuwu Panambangan " Yakin " Cirebon Timur terwujud

INDOMEDIANEWSC- Pemerintahan Desa Panambangan, Kecamatan Sedong, Kabupaten Cirebon, menggelar Musdesus usulan pemekaran Kabupaten Cirebon, Rabu, 26/10/2022.

Acara yang dihadiri Ketua KPTC, Lembaga dan Perangkat Desa tersebut diharapkan mampu menampung dan menumbuhkan satu misi yang sama, yaitu terbentuknya Kabupaten Cirebon timur.

Hal tersebut disampaikan Ketua KPTC, H.Dede Mustofa, usai pelaksanaan Musdesus.

"Kami sangat yakin Pemekaran Cirebon Timur segera terealisasi, hal ini terlihat dari antusias seluruh Peserta yang hadir dalam acara Musdesus Pemekaran, ini dikarenakan mereka sudah paham dan satu harapan, yaitu terbentuknya Kabupaten Cirebon Timur" jelasnya.

Senada hal tersebut disampaikan Kuwu Desa Panambangan, Dadang Sunandar, diruang kerjanya.

"Kami sejalan dengan Lembaga Desa dan Pemerintah Desa lainnya untuk segera merealisasikan terbentuknya Kabupaten Cirebon Timur, bukannya tanpa alasan, menurut hemat kami memang sudah selayaknya Cirebon Timur terbentuk, selain kita sudah layak untuk mandiri, tentunya sarana penunjang pun sudah sangat memadai, bukan hanya itu, diharapkan dengan kemandirian segala bentuk pelayanan dan lainnya akan semakin mudah" tuturnya.

Sementara itu, ketua BPD Panambangan, Maman Abdurahman, sangat mengharapkan agar niat untuk berdirinya Cirebon Timur mendapat Ridlo dari Allah SAW.

"Kita sudah layak untuk mandiri, oleh karena itu, kita sama-sama berharap dan berdoa agar niat baik ini mendapat Rodlo dari Allah SAW, semoga keinginan kita ini segera tercapai dengan baik dan tanpa dibumbui politik terlebih lagi saling berebut kedudukan, intinya mari kita bangun sesuatu dengan niat yang baik, dilaksanakan dengan baik dan lakukan sesuatunya dengan kebaikan juga keikhlasan" jelasnya. (1c)

Camat Rita " jangan mempersulit yang mudah "

INDOMEDIANEWSC- Pisah sambut Camat Lemahabang dari Edi Prayitno ke Rita Susana berjalan dengan penuh hikmad.
Acara yang digelar di Aula Kantor Kecamatan setempat, Rabu, 26/10/2022  dihadiri oleh seluruh unsur muspika dan para kader juga Kuwu se Kecamatan Lemahabang.

Dalam sambutannya, Camat Edi Prayitno yang pindah tugas ke Kecamatan Depok, mengucapkan rasa terimakasihnya atas kerjasama yang telah terjalin baik selama dirinya memimpin.

"Saya mengucapkan terimakasih atas kerjasama yang telah terjalin sangat baik, selain itu, tentunya saya menghaturkan permohonan maaf  yang mungkin selama saya memimpin dan bertugas banyak kesalahan baik yang disengaja maupun tidak, yang terpenting lagi, saya mohon Do'anya agar di tempat tugas yang baru dapat melaksanakan tanggung jawab dan kinerja dengan baik" tuturnya.

Sementara itu, Camat baru yang sebelumnya menjadi Camat di Kecamatan Kedawung, Rita Susana, mengharapkan adanya dukungan dan kerjasama dari semua pihak untuk secara bersama-sama  membangun Lemahabang agar semakin baik dari yang sudah baik.

"Peran serta dan dukungan dari semua unsur perlu terjalin dengan baik, hal ini perlu dilakukan demi terciptanya sinegritas dan terealisasinya program dengan baik, saya akan berupaya semaksimal mungkin , tugas saya disini hanya 4 Bulan, ( memasuki massa pensiun-red) walaupun singkat diharapkan saya bisa memberikan yang terbaik, lama atau sebentar hanyalah hitungan, yang terpenting bagaimana caranya kita memanfaatkan waktu sebaik mungkin, oleh karenanya moto saya adalah jika bisa cepat jangan dibuat lambat, artinya jangan mempersulit sesuatu yang bisa dipermudah" jelasnya.

Senada hal tersebut disampaikan ketua Forum  Kuwu Kecamatan Lemahabang, E. Sudirman, yang berharap agar adanya pergantian pimpinan kecamatan mampu meningkatkan pelayanan .

"Selamat jalan bagi camat yang lama dan selamat datang camat yang baru, kami dari unsur Pemerintahan Desa tentunya berharap adanya kerjasama yang terjalin dengan baik, kami sangat respek dengan apa yang disampaikan Ibu Camat, bahwa jangan mempersulit sesuatu yang mudah, semoga kedepannya Kecamatan Lemahabang akan semakin baik" harapnya. (1c)


KERTAJATI DAN CISUMDAWU UNTUK CIAYUMAJAKUNING?

Oleh
Daddy Rohanady
Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat


Konon penerbangan umrah akan dilakukan dari BIJB Kertajati mulai November 2022. Adapun dua penerbangan yang akan digunakan adalah Garuda Indonesian Airways dan Lion Air.

Ada beberapa isu menarik yang menyeruak ketika membahas BIJB Kertajati. Misalnya, aksesibilitas, fasilitas, otoritas, peluang, dan sederet isu lainnya.

Bandara yang terletak di Kabupaten Majalengka tersebut memang sungguh menarik. Betapa tidak, bandara tersebut akan berdampak sangat luas bagi kabupaten/kota di sekitarnya, termasuk bagi Provinsi Jawa Barat. BIJB Kertajati menjadi pintu masuk ke Provinsi Jawa Barat. Jadi, keberadaannya sangatlah strategis.

Hingga kini luas lahan yang sudah dibebaskan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat adalah 1.040 hektare. Jika melihat perencanaan awalnya, masih tersisa 760 hektare lagi yang harus dibebaskan. 

Rencana awal BIJB Kertajati adalah 1.800 hektare. Di seputaran BIJB Kertajati juga disiapkan lahan seluas 3.200 hektare untuk Kawasan Aerocity Kertajati. Kawasan ini akan menjadi area penunjang yang akan melengkapi bandara berkelas internasional.

Pemprov Jabar telah memberikan dukungan aksesibilitas dengan memperbaiki dan memperlebar jalan arteri menuju bandara di Kabupaten Majalengka tersebut. Namun, itu saja masih tidak cukup. Aksesisbilitas masih harus diperkuat dengan jalan tol. 

Eksisting memang sudah terbangun pintu masuk dari Tol Cikampek-Palimanan (Cipali). Namun, itu saja pun masih dirasa tidak cukup. Masih dibutuhkan akses dari arah selatan. 

Akses dari arah selatan itulah yang perannya dipegang Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu). Namun, kita semua tahu bahwa hingga kini pembangunan Tol Cisumdawu masih berjalan cukup lambat. Hingga kini baru Fase 1 Tahap I dan Fase 6 Tahap II yang berfungsi.

Pembukaan Fase 2, Fase 3, dan Fase 4 Tahap I diharapkan tidak sampai akhir tahun 2022. Tahap I pada awalnya sangat diharapkan selesai lebih dahulu. Tahap I diharapkan memangkas kemacetan dan masalah yang ada di sekitar Cadas Pangeran.

Sayangnya, pembangunan Fase 2 yang sudah rampung sempat bermasalah karena longsor di dekat terowongan. Masalah tersebut antara lain akibat derajat kemiringan di kiri dan kanan jalur yang kurang landai. Semoga hal serupa tidak terjadi di kemudian hari.

Seandainya Kertajati diharapkan menjadi  sebuah bandara berkelas internasional sebagaimana tersemat dalam namanya, semestinya bandara ini juga dilengkapi sarana-prasarana lainnya. Misalnya, hotel, rumah sakit, hanggar yang memadai, bahkan pusat perbelanjaan.

*Peluang*
Ada sebagian orang mengkhawatirkan jumlah penumpang yang akan menggunakan jasa BIJB Kertajati. Hal itu sungguh sangat tidak tepat. Mengapa? Jawa Barat menjanjikan banyak hal. 

Dengan jumlah penduduk hampir 50 juta jiwa, Provinsi Jawa Barat sudah merupakan pangsa pasar yang sangat potensial. Mayoritas penduduk Jabar adalah muslim. Dengan demikian, semangat menunaikan Rukun Islam kelima, yakni pergi haji, sangatlah besar. 

Pergi haji memang memang hanya setahun sekali dan dibatasi pula dengan berbagai pertimbangan. Jangan lupa, masih ada sederet peluang lain yang tidak kalah banyak jumlahnya. 

Karena kesulitan berhaji dan salah satunya karena antrean begitu lama, kaum muslimin kemudian cenderung memilih alternatif "haji kecil" yang disebut umrah. Ibadah ini bisa dilakukan relatif kapan saja. Dengan demikian, calon penumpang dengan kepentingan ini sangatlah banyak dan gelombangnya tiada henti sepanjang tahun.

Lalu, ada pekerja migran Indonesia (PMI) yang jumlahnya juga tidak sedikit. Bukan hanya PMI asal Jawa Barat yang dapat menggunakan jasa BIJB Kertajati. Jamaah umrah maupun PMI dari wilayah terdekat, semisal Brebes maupun Tegal bisa jadi "terbang" via Kertajati.

Kemudian, mereka yang akan pergi berdinas, entah dari lembaga pemerintah maupun swasta juga tidak sedikit. Jadi, para pengusaha, wisatawan, pegawai negeri, anggota dewan, maupun masyarakat awam juga dapat memilih BIJB Kertajati sebagai alternatif tempat keberangkatan atau kepulangan perjalanannya.

Artinya, sangat banyak orang yang akan menggunakan jasa BIJB Kertajati. Dengan demikian, tidak tepat rasanya jika BIJB Kertajati dikatakan akan kekurangan penumpang. 

BIJB Kertajati juga bisa berkembang jika MRO pesawat TNI/Polri dipusatkan di sana. Belum lagi jika lantas dilakukan relokasi PT Dirgantara Indonesi dan PT Pindad.

Semua itu menunjukkan berbagai peluang yang akan mengembangkan BIJB Kertajati. Yang dibutuhkan sebenarnya tinggal goodwill. Siap dan ikhlaskah para pengambil kebikjakan memberikan hal itu?

Jika BIJB Kertajati sudah beroperasi secara penuh, manfaatnya akan dirasakan oleh masyarakat kabupaten/kota di wilayah yang biasa disebut Ciayumajakuning. Namun, secara keseluruhan BIJB Kertajati juga menjadi salah satu pengungkit roda perekonomian Jawa Barat.

Ciayumajakuning pasti merupakan wilayah yang bisa merasakan manfaatnya. Perkembangan yang cukup signifikan pasti dialami oleh masyarakat Kabupaten Majalengka, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, dan Kabupaten Kuningan.

Masalahnya, siapkah kabupaten/kota di wilayah Ciayumajakuning menyambut beroperasinya secara penuh BIJB Kertajati? Mereka harus bersiap diri untuk menangkap berbagai peluang yang ada sehingga tidak hanya menjadi penonton atas segala hal. 

Semoga BIJB Kertajati maupun Tol Cisumdawu cepat beroperasi secara penuh sehingga masyarakat merasakan manfaat kehadirannya. Dengan demikian, Ciayumajakuning pun kian berkembang.

Bupati Cirebon Resmi Tutup Rangkaian Kegiatan BSMSS Tahun 2022

INDOMEDIANEWSC – Bupati Cirebon Drs. H. Imron M.Ag menghadiri acara Penutupan Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) Kodim 0620/Kabupaten Cirebon Tahun 2022 di Balai Desa Japurabakti Kecamatan Astanajapura, Selasa (25/10/2022). Tampak hadir pula Danrem 063/Sunan Gunungjati, unsur Forkopimda, para kepala SKPD Kabupaten Cirebon, Camat dan unsur Forkopincam Astanajapura, Kuwu Japurabakti, serta para pimpinan pihak swasta terkait.

Selain menyampaikan rasa syukurnya, Imron pun tak lupa mengucapkan terima kasih, terutama kepada TNI yang selama ini telah bersinergi bersama Pemkab dan masyarakat. “Saya bersyukur pelaksanaan kegiatan BSMSS ini telah dilaksanakan dengan baik, sebagai bukti wujud kepedulian dan komitmen pemerintah daerah, TNI serta masyarakat dalam upaya mensejahterakan masyarakat desa,” ungkap Imron.

Program BSMSS merupakan bantuan yang sangat bermanfaat, baik dari Pemerintah Provinsi Jabar, Pemkab Cirebon serta pihak-pihak swasta untuk bersama-sama memberikan pelayanan kepada masyarakat, yang meliputi pembangunan fisik dan non fisik. Imron menambahkan, bahwa program ini sebagai bukti kemanunggalan TNI dengan masyarakat.

“BSMSS ini sebagai bukti kemanunggalan TNI dengan masyarakat menyatu. Masyarakat pun harus mencontoh apa yang selama ini telah TNI lakukan,” Imron pun berharap, kedepannya kegiatan semacam ini akan terus dilaksanakan secara berkesianmbungan.

Senada dengan bupati, Dandim 0620/Kabupaten Cirebon mengungkapkan bahwa kegiatan BSMSS ini meliputi pembangunan baik fisik maupun non fisik, dan telah ditinjau secara langsung. “Pembangunan fisik tadi sudah kita tinjau langsung bersama-sama, dan semoga memberikan manfaat langsung kepada masyarakat,” ungkap Dandim.

Dengan waktu yang cukup singkat, namun bisa diselesaikan dengan baik, dirinya juga menjelaskan bahwa pembangunan BSMSS ini dilaksanakan dengan menghadapi berbagai tantangan, khususnya cuaca.

Masih di tempat yang sama, dirinya juga mengakui peran serta dan kontribusi semua unsur terkait, serta partisipasi masyarakat dalam suasana kegotongroyongan, yang sudah terlihat sejak tahap perencanaan sampai dengan selesai. 

“Harapannya tidak hanya sampai disini, namun terus berlangsung dan bersinergi seterusnya. Kebersamaan diutamakan untuk mengikat kita dalam wadah kesatuan dan persatuan bangsa. Diharapkan dengan kegiatan ini, menimbulkan stimulan kesadaran masyarakat untuk mampu memanfaatkan berbagai potensi dan sumber daya yang dimiliki, sehingga pada gilirannya berdampak positif bagi proses pemberdayaan membangun diri dan lingkungannya, baik secara swadaya maupun swakarsa,” jelas Dandim.

“Tujuan BSMSS pada dasarnya untuk memberikan motivasi, khususnya desa Japurabakti, dan umumnya wilayah lain di Kabupaten Cirebon. Berbagai sarana dan prasarana yang telah dibangun, hendaknya dapat dipelihara dengan baik dan dimanfaatkan semaksimal mungkin,” tuturnya mengakhiri sambutan. (Lisdis 1c)

25 Okt 2022

Kuwu Panongan Lor " Tauladani Rasulallah"

INDOMEDIANEWSC- Warga Masyarakat beserta Pemerintahan Desa Panonganlor Kecamatan Sedong Kabupaten Cirebon, menyelenggarakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW sekaligus Hari Santri Nasional (HSN) 2022.
Kuwu Desa Panonganlor, Agus Syamsah menuturkan, peringatan maulid nabi ini sebagai momentum untuk meneladani rasullah dan untuk memperat silaturahmi antar warga. 

"Masyarakat sangat antusias dalam pelaksanaan tersebut, terlihat banyaknya warga yang hadir dalam acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di halaman masjid desa ini," tuturnya, Senin 24/10/2022.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, sebagai umatnya, kita harus mengikuti ajaran yang dibawa Rasulallah. Salah satunya, salat lima waktu yang mesti dilaksanakan, seperti kita ketahui bersama, salat adalah tiang agama, maka tegakkanlah salat. 

"Maulid Nabi Muhammad SAW harus dijadikan momentum untuk lebih baik dari yang sudah baik. Salah satunya, salat lima waktu. Selain itu, keberadaan pondok pesantren merupakan bagian penting atas sejarah peradaban bangsa dan pondok pesantren telah melahirkan banyak pejuang Nahdlatul Ulama yang berkualitas," jelasnya.
Dirinya mengajak masyarakat, khususnya para santri untuk mengisi hari santri dengan kegiatan yang positip.

 "Sebagai generasi penerus ulama, para santri harus mampu mengisi ruang-ruang strategis dalam berbangsa dan bernegara. Karena, masa depan Indonesia tergantung pada para santri dan kaum muda," jelasnya

Agusyam mengharapkan, dengan momentum hari santri dan maulid nabi untuk lebih baik dari yang sudah baik. 

"Mari kita hijrah dari yang baik ke lebih baik dan semoga dengan Maulid Nabi Muhammad SAW, lebih mempererat silaturahmi antar warga dan pihak desa. Diharapkan santri Indonesia, khususnya desa ini dapat memajukan desa," pungkasnya. (1c)

Camat Susukanlebak " Satukan misi"

INDOMEDIANEWSC- Sambut kenal Camat Susukan lebak Kabupaten Cirebon, dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan setempat, Selasa,25/10/2022.

Camat yang sebelumnya dijabat  Sekmat Abdul Roup, kini telah memiliki Camat Definitif, Carmin, yang sebelumnya bertugas Sebagai Sekdis Budpar.
Dalam pemaparannya usai pelaksanaan Sambut kenal, Carmin, menuturkan adanya program prioritas terkait Peningkatan Pajak Bumi Bangunan (PBB)

"Kami akan memperioritaskan terkait PBB yang saat ini baru mencapai 64 %. Diharapkan kedepannya capaian PBB di wilayah Kecamatan Susukan lebak akan semakin baik, salah satu upaya yang akan kami lakukan dengan cara kunjungan ke setiap Desa dan memberikan edukasi termasuk meningkatkan jalinan kerjasama dengan berbagai pihak , ini perlu di lakukan guna mencapai target dan terealisasi program yang tersusun" tuturnya.

Lebih lanjut Carmin, menjelaskan, bahwa perlu adanya sinegritas dari semua lini, termasuk peran serta Masyarakat.

"Kami sangat mengharap adanya peran serta dan dukungan dari semua unsur, tentunya peran Masyarakatpun sangat diperlukan agar pembangunan terus bisa untuk ditingkatkan,,intinya Muslika, Pemdes dan seluruh pihak harus menyatukan misi demi terwujudnya apa yang diharapkan, mari kita secara bersama sama membangun dan menciptakan Susukan lebak menjadi kecamatan yang dapat dibanggakan" pungkasnya. (1c)






APBD JABAR TAHUN 2023: PENUNTASAN JANJI

Oleh
Daddy Rohanady
Wakil Ketua Fraksi Gerindra 
DPRD Provinsi Jawa Barat


Mengapa APBD Provinsi Jawa Barat tahun anggaran 2023 disebut "penuntasan janji"? APBD Provinsi Jawa Barat tahun anggaran 2023 merupakan APBD tahun terakhir kepemimpinan Gubernur Ridwan Kamil di Provinsi Jawa Barat periode 2018-2023.

Dengan demikian, tahun 2023 adalah tahun di mana Kang Emil wajib menuntaskan janji-janjinya pada saat kampanye, temasuk apa yang tertuang di dalam Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat Nomor 8 Tahun 2021 Tentang Perubahan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat Nomor 8 Tahun 2019 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Penengah Daerah Provinsi Jawa Barat Tahun 2018-2023.

Memang evaluasinya baru akan muncul ketika disampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Tahun 2023 sekitar bulan April tahun 2024. Akan tetapi, secara keseluruhan LKPJ Tahun 2023 secara otomatis akan dilampiri LKPJ AMJ (akhir masa jabatan). Konsekuensinya, semua janji kampanye akan ditagih melalui evaluasi yang tertuang dalam LKPJ AMJ.

LKPJ AMJ juga tetap disertai dengan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Tahun 2023. LKPJ 2023 secara khusus berisi laporan pertanggungjawaban terkait pekerjaan yang dilakukan pada tahun 2023. Namun, LKPJ 2023 menjadi bagian integral dari pekerjaan masa bakti 2018-2023.

Masih ada sederet pekerjaan yang harus dituntaskan. Misalnya, penanganan Monumen Perjuangan Rakyat, jalan provinsi, irigasi, SMA/SMK/SLB/MA, kemiskinan, rumah tidak layak huni, pengangguran terbuka, hingga stunting. 

Untungnya, sebagian pekerjaan Kang Emil tinggal menuntaskan. Artinya, cukup banyak pekerjaan yang sebagian besarnya sudah dilakukan. Jadi, sekali lagi, pada tahun 2023 pekerjaan yang tersisa tinggal penuntasan. Dengan demikian, sebenarnya tinggal beberapa bagian yang harus digarap.

Memang masih ada beberapa pekerjaan yang tersisa. Misalnya di bidang kebinamargaan. Jalan provinsi yang panjangnya 2.360 kilometer ternyata kondisinya membutuhkan penanganan serius. Sebanyak 73 persen, atau sekitar 1.500 kilometer jalan umur rencana teknisnya sudah habis. Artinya, jalan sepanjang itu membutuhkan rekonstruksi. Untuk menanganinya pasti membutuhkan waktu lama dan biaya yang sangat besar.

Bidang perhubungan menyisakan penanganan terminal Tipe B dan bandara di Kabupaten Sukabumi. Bidang perhubungan juga menyisakan pekerjaan untuk peningkatan fasilitas lalu lintas jalan raya. Memang beda persentase antara target dan realisasinya tidak lagi terlalu jauh.

Bidang lingkungan hidup juga menyisakan pekerjaan serius. Selain penanganan sungai-sungai yang masih tercemar, bidang ini pun menyisakan pekerjaan di bidang penanganan sampah. Terlepas karena dibantu Pemerintah Pusat, penanganan Sungai Citarum dianggap cukup sukses. Namun, Masih ada Sungai Cilamaya, misalnya, yang juga butuh penanganan serius.

Bidang lingkungan hidup menyisakan penuntasan Tempat Pengolahan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Regional. Dua TPPAS  Regional yang hingga saat ini belum tuntas adalah TPPAS Lulut Nambo seluas 55 hektare di Kabupaten Bogor dan TPPAS Legok Nangka seluas sekitar 90 hektare di daerah Nagreg.

Bidang kesehatan menyisakan penuntasan masalah stunting di beberapa kabupaten/kota meskipun jumlahnya tidak terlalu banyak. Peningkatan atau pengalihan status beberapa rumah sakit menjadi rumah sakit milik Pemprov Jabar merupakan upaya konkret untuk memberikan pelayanan lebih baik. Demikian pula dengan berbagai upaya penambahan alat kesehatan dan tenaga kesehatan.

Bidang pendidikan menyisakan penuntasan masalah Bantuan Operasional Pendidikan Daerah untuk SMA/SMK/SLB dan Bantuan Pendidikan Masyarakat Umum untuk madrasah aliyah negeri maupun swasta. Prinsipnya, Kang Emil menginginkan pendidikan untuk semua. Dengan demikian, Jabar tidak hanya menikmati keunggulan demografi, tetapi juga keunggulan kualitas sumber daya manusianya. Pada ulang tahun seabad Republik Indonesia, Jabar diharapkan memberi kontribusi nyata terhadap kemajuan bangsa ini.

Semoga saja sebagian besar dari pekerjaan besar itu dapat dituntaskan Gubernur Ridwan Kamil hingga tahun 2023 sehingga tidak terlalu banyak PR untuk Gubernur Jawa Barat berikutnya. Apalagi tahun 2024 merupakan tahun pelaksanaan pesta demokrasi yang sudah pasti akan sangat sibuk. Tahun 2024 merupakan tahun pelaksanaan pemilu legislatif berbarengan dengan pemilihan presiden. Belum lagi, sekitar sepuluh bulan kemudian akan disusul dengan pemilihan kepala daerah, baik gubernur maupun bupati/wali kota. 

Saya yakin Kang Emil mampu menuntaskan janjinya hingga 2023. Semoga pula semua dapat berjalan lancar seperti harapan semua pihak.

23 Okt 2022

Bupati Cirebon "Hari Santri Bukti Peran Santri dalam Kemerdekaan "

INDOMEDIANEWSC- Peringatan Hari Santri Nasional 2022 tingkat Kabupaten Cirebon, dilaksanakan dengan menggelar upacara di Stadion Ranggajati Sumber, Sabtu (22/10/2022). 

Dalam kegiatan apel tersebut, ratusan peserta dari Forkopimda, pondok pesantren, organisasi keagamaan, serta instansi lainnya, turut hadir. 

Dalam sambutannya, Bupati Cirebon Drs. H. Imron M.Ag mengatakan, hari santri merupakan salah satu bukti perjuangan para santri dalam mempertahankan kemerdekaan. 

Menurut Imron, untuk bisa menjaga kemerdekaan yang sudah diraih, para ulama kembali menggelorakan semangat perlawanan kepada para penjajah, dengan mengeluarkan resolusi jihad. 

"Fatwa ini, merupakan salah satu upaya para ulama dan santri untuk mengusir para penjajah," ujar Imron. 

Imron juga menuturkan, bahwa semangat perjuangan yang digelorakan oleh para ulama dan santri, lebih kepada faktor menjaga tanah air. Bukan masalah agama yang berbeda antara penjajah dan penduduk Indonesia. 

Sehingga ujar Imron, jargon yang muncul dalam perjuangan para ulama dan santri saat itu, yaitu Hubbul Wathon Minal Iman (Cinta tanah air merupakan bagian dari iman). 

Implementasi dari kecintaan terhadap tanah air tersebut, direalisasikan dengan mempertahankan kemerdekaan dan mengusir penjajah yang hendak menguasai Indonesia. 

"Jadi, perjuangan yang dilakukan oleh para ulama ini, lebih banyak karena faktor nasionalisme," ujar Imron. 

Oleh karena itu, peringatan Hari Santri ini,seyogyanya bukan hanya diperingati oleh para santri saja, namun juga harus diperingati oleh seluruh masyarakat Indonesia. 

Karena dari peringatan ini, bisa diambil sebuah pesan penting tentang perjuangan dan nasionalisme, yang pernah digelorakan oleh para ulama dan santri. 

"Kita ambil ruh perjuangan para ulama dan santri dalam peringatan hari santri ini," katanya. (Lis1c)

Cegah Kenakalan Remaja, Polisi Berikan Binluh Kepada Pelajar SMK

INDOMEDIANEWSC-  Guna mencegah Kenakalan Remaja Khususnya Pelajar, Kanit Binmas Polsek Lemahsugih Polres Majalengka Aiptu Cepi memberikan Pembinaan dan Penyuluhan (Binluh) kepada Siswa - Siswi SMK ATM Lemahsugih Kabupaten Majalengka, Minggu (23/10/2022).

Dalam kesempatan tersebut Kanit Binmas Aiptu Cepi mengajak seluruh para pelajar untuk bijak bermedia sosial.

Jangan sampai termakan informasi-informasi yang belum tentu benar kebenarannya atau hoaks,” tegasnya.

"Kami akan rutin lakukan pembinaan ini, dengan cara menyambangi seluruh sekolah khususnya SMA atau SMK,” tuturnya.

Ditempat terpisah, Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi melalui Kapolsek Lemahsugih AKP H.Yuyun menambahkan, Pihaknya berharap kepada seluruh pihak sekolah maupun orang tua siswa untuk terus mengontrol anak-anaknya.

Tujuannya adalah, agar para pelajar ini tidak melakukan hal-hal yang dapat merugikan dirinya sendiri.,"ungkapnya. (1e)

22 Okt 2022

Polresta Cirebon Amankan Ratusan Obat Sirup yang Ditarik Peredarannya oleh BPOM

INDOMEDIANEWSC- Polresta Cirebon mengamankan ratusan obat sirup yang ditarik peredarannya oleh BPOM. Obat sirup tersebut mengandung etilen glikol dan dietilen glikol yang diduga memicu kasus gagal ginjal akut pada ratusan anak di Indonesia.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H, mengatakan, ratusan obat sirup tersebut diamankan oleh petugas Satuan Reserse Narkoba Polresta Cirebon dari sejumlah apotek di wilayah Kabupaten Cirebon.

Menurutnya, diamankannya obat sirup tersebut merupakan respon cepat atas keputusan BPOM yang menarik peredarannya. Sehingga pihaknya turun langsung untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat.

"Kami langsung bergerak cepat dan melakukan pengecekan setelah BPOM merilis lima jenis obat sirup yang ditarik peredarannya karena mengandung zat etilen glikol dan dietilen glikol," kata Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H, saat konferensi pers di Mapolresta Cirebon, Jumat (21/10/2022).

Adapun obat sirup yang diamankan jajarannya dari sejumlah apotek tersebut terdiri dari 74 botol Unibebi Cough Syrup 60 ml, 44 botol Termorex Syrup 60 ml, 43 botol Termorex Syrup 30 ml, dua botol Termorex Baby, dan lainnya.

Nantinya, petugas akan berkoordinasi dengan BPOM untuk tindakan lebih lanjut terhadap obat sirup yang diamankan. Ia mengatakan, diamankannya obat tersebut untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

Pihaknya juga berkoordinasi dengan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan Dinas Kesehatan dalam pengecekan tersebut. Bahkan, kegiatan serupa dengan pihak terkait juga bakal terus dilaksanakan di wilayah hukum Polresta Cirebon.

"Hari ini, kami melakukan sampling pengecekan ke sejumlah apotek dari wilayah timur hingga barat Kabupaten Cirebon. Ke depannya, akan dilakukan secara menyeluruh di wilayah hukum Polresta Cirebon," ujar Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H. (1e)

Kapolsek Sindangwangi Berikan Binluh Pada Peserta Kemah Jambore SMPN 3 Sumberjaya

INDOMEDIANEWSC-  Kapolsek Sindangwangi Polres Majalengka IPTU Wili Rukwili didampingi Kanit Binmas Bripka Indra memberikan Pembinaan dan Penyuluhan (Binluh) Kepada Peserta Kemah Jambore SMPN 3 Sumberjaya di Buper Talaga Pancar Desa Lengkong Kulon Kecamatan Sindangwangi Kabupaten Majalengka, Pada Sabtu (22/10/2022).

Pembinaan dan Penyuluhan (Binluh) ini dilaksanakan dalam rangka pembinaan karakter dan kedisiplinan para Siswa - Siswi yang sedang melaksanakan Perkemahan.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi melalui Kapolsek Sindangwangi IPTU Wili Rukwili menyampaikan, Etika berlalu lintas dengan mensosialisasikan 12 gerakan pengaturan lalu lintas di depan para peserta Kemah.

Selain itu juga melakukan himbauan kepada para siswa untuk melengkapi kendaraan mulai dari menggunakan spion, menggunakan helm standar SNI, tidak menggunakan knalpot blombongan, melengkapi SIM serta STNK, plat nomor kendaraan dan lainnya. Para siswa diharapkan mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan marka jalan, serta yang paling penting adalah hormati sesama pengendara lainnya terutama pejalan kaki yang sedang menyeberang di Zebra Cross.

Ia juga menyampaikan, tentang bahaya narokba bahwa narkoba sangat berbahaya karena dapat merusak generasi muda. Apabila generasi muda hancur secara otomatis dapat membahayakan keamanan dan masa depan negara kita.

“Saya menghimbau kepada adik adik untuk bersekolah secara sungguh-sungguh, jangan kecewakan orang tua yang telah menyekolahkan kalian agar anaknya berhasil serta dapat mengangkat derajat keluarga. Untuk itu saya harapkan adik adik jangan terlibat masalah narkoba” pinta IPTU Wili Rukwili.

Ia juga berharap Pembinaan karakter seperti ini perlu dilakukan, harapannya siswa siswi memiliki bekal pengetahuan, wawasan serta kesadaran untuk menjauhi narkoba dan kenakalan remaja serta tertib berlalu lintas, memiliki etika yang santun dan mengutamakan kepentingan pengendara lain di jalan,"terangnya. (1e)

21 Okt 2022

Jadi Penghulu Nikah Massal, Bupati Cirebon Buka Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2022

INDOMEDIANEWSC- Sejumlah pasangan pengantin mengikuti nikah massal, yang menjadi salah satu dari rangkaian kegiatan Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2022 Tingkat Kabupaten Cirebon. 

Dalam kesempatan itu, Bupati Cirebon Drs. H. Imron M.Ag yang didampingi Wakil Bupati Cirebon Hj. Wahyu Tjiptaningsih SE M.Si didaulat menjadi penghulu untuk menikahkan salah satu pasangan pengantin. Hadir pula unsur Forkopimda, seperti Kapolresta, Ketua DPRD, Kepala Kejaksaan, Kepala Pengadilan, Kepala Kemenag yang turut serta menjadi saksi pada kegiatan yang berlangsung di Masjid Agung Sumber, Kamis (20/10/2022).

Dalam sambutannya, Imron berpesan bagi semua pasangan pengantin yang sudah resmi menikah agar tetap menjaga keharmonisan rumah tangga setelahnya. "Semoga para pasangan pengantin selalu bahagia hingga akhir hayat. Di momentum Hari Santri Nasional ini, kita semua menjadi penerus para pejuang terdahulu dalam mengisi kemerdekaan. Perjuangan kita saat ini, yakni melawan kebodohan dan kemiskinan," ungkapnya.

Imron juga berpesan kepada masyarakat, khususnya para santri dalam momentum HSN ini agar selalu menjaga dan menanamkan akhlak mulia di kehidupan sehari-hari seperti yang dicontohkan Baginda Rasulullah SAW sebagai suri tauladan yang memiliki akhlakul karimah.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Kegiatan HSN 2022 yang juga sebagai Asisten Daerah Bidang Kesejahteraan Rakyat Pemkab Cirebon, Syafrudin menambahkan bahwa nikah massal ini diikuti pasangan pengantin dari beberapa wilayah kecamatan di Kabupaten Cirebon. 

"Untuk pernikahan massal kali ini, diikuti 6 pasangan pengantin dari berbagai wilayah kecamatan. Seperti dari Kecamatan Sumber 3 pasangan, dari Kecamatan Weru 2 pasangan dan Kecamatan Talun 1 pasang. Sedangkan untuk khitanan massal, diikuti oleh 40 kecamatan yang ada di Kabupaten Cirebon,” jelas Syafrudin.
 
Selain mengadakan nikah massal dan sunatan massal di kantor Bupati, peringatan HSN Tahun 2022 ini juga akan menggelar Musabaqah Hifdzil/Hafalan Qur’an (MHQ), Musabaqah Kaligrafi Qur’an (MKQ) yang bertempat di kantor Kemenag Kabupaten Cirebon, bazzar di halaman Masjid Agung Sumber, serta ziarah ke makam sesepuh tokoh Cirebon Makbaroh Buntet Pesantren Astanajapura. (Lisdis 1c)

Polresta Cirebon Terima Bantuan Satu Unit Mobil Ambulance

INDOMEDIANEWSC- Polresta Cirebon menerima bantuan satu unit mobil ambulance dari Bank BRI, Kamis (20/10/2022). Serah terima bantuan satu unit Mobil Ambulance tersebut dilaksanakan di Mapolresta Cirebon. 

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Cirebon Drs. H. IMRON, M.Ag, Kapolresta Cirebon KOMBES POL. ARIF BUDIMAN, S.I.K.,M.H, didampingi Plt. Wakapolresta Cirebon KOMPOL PURNAMA, S.H.,M.H, dan para PJU Polresta Cirebon.

Selain itu, kegiatan tersebut juga turut dihadiri Pemimpin Cabang BRI Crbn Gunung Jati, Bastian Nur Ardiansyah
Pemimpin Cabang Pembantu BRI Sumber Ferries Suwaka, Kepala Unit BRI Sumber Isman Iradat, Relationship Manager Ella Nurlaela, Relationship Manager Nadia Octaviani, beserta tim Bank BRI. 

Kasi Humas Polresta Cirebon, IPTU Moch. Fadholi, mengungkapkan, pemberian mobil ambulance tersebut akan memotivasi jajaran Polresta Cirebon untuk semakin baik dalam memberikan pelayanan termasuk pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Tugas Polri sebagai pelindung, pengayom dan pelayan kepada masyarakat juga termasuk dalam pelayanan kesehatan utamanya oleh Urkes Polresta Cirebon. Kegiatan tersebut juga berjalan dengan aman dan lancar," katanya. (1e)

20 Okt 2022

Manfaatkan Anggaran yang ada " inovasi dan kreasi demi Warga"

INDOMEDIANEWSC- Pemerintah  pusat dan Daerah menggelontorkan berbagai Anggaran dari berbagai pos, dari mulai Dana Desa hingga Dana lainnya.
Dengan adanya Anggaran tersebut, diharapkan Desa mampu meningkatkan berbagai aspek kehidupan, dari mulai infrastruktur hingga sosial dan perekonomian.

Salah satunya adalah peningkatan sarana prasarana kantor Desa Beringin, Kecamatan Pangenan Kabupaten Cirebon.

Dalam keterangannya, Kuwu Desa Beringin, Agung Gunawan , menuturkan perlunya ada peningkatan dalam berbagai hal dengan memanfaatkan Anggaran yang ada.

"Pemerintah telah menggelontorkan Anggaran yang disesuaikan dengan ajuan dan program Desa baik dalam jangka pendek, menengah maupun jangka panjang, hanya saja Anggaran.yang ada tersebut nilainya terbatas, oleh karena itu kita dituntut untuk mampu memaksimalkan Anggaran yang terbatas tersebut untuk sesuatu yang benar benar bermanfaat bagi seluruh warga Masyarakat, baik dalam segi  perekonomian, sosial Budaya maupun pemberdayaan dan hal pengembangan lainnya, salah satu upaya yang tengah kami laksanakan saat ini adalah pengembangan pembangunan kantor Desa" tuturnya, kamis 20/10/2022.

Lebih lanjut Agung menuturkan, peningkatan sarana prasarana perlu dilakukan sebagai upaya perangsang etos kerja jajaran perangkat Desa dalam memberikan pelayanan maksimal pada warga.

"Dengan sarana prasarana yang memadai, diharapkan pelayanan bisa lebih dimaksimalkan, selain itu Kantor Desa merupakan salah satu jatidiri keberadaan sebuah Desa, oleh karenanya kami terus melakukan inovasi bagaimana caranya menciptakan kenyamanan dan keindahan demi sebuah perkembangan yang mengutamakan kepentingan Masyarakat secara umum" pungkasnya(1c)

Gali Potensi Desa " demi warga"

INDOMEDIANEWSC -  Pemanfaatan  lahan tidur yang ada di  Desa Gumulung Lebak, Kecamatan Greged, Kabupaten Cirebon, tepatnya yang  berada di perbatasan dengan Desa Sinarancang, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, yang kebetulan  lokasi tersebut  dinilai memang tidak produktif, sehingga  dialih fungsikan, dengan di sewa guna pakai  ke pihak swasta, hasil dari alih fungsi tersebut dimanfaatkan untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat.

Hal ini dituturkan Kuwu Pergantian Antar Waktu (PAW) Gumulung Lebak, Akman Sodikin, saat ditemui di kantor desa setempat, Rabu 19/10/2022.

Dijelaskannya, hak sewa guna pakai tersebut pada dasarnya bukan hak sewa yang mengikat, artinya manakala lahan tersebut akan digunakan untuk skala prioritas pembangunan baik yang dilakukan oleh Pemerintah Desa ( Pemdes) maupun Pemkab, dalam hal ini  pihak swasta tidak akan menghambat program pembangunan tersebut.

"Tujuan Pemdes, tidak lain untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat Gumulung Lebak," tuturnya 

Lebih lanjut dirinya menuturkan , adapun yang di sewa gunakan kepada pihak swasta tersebut, berupa sarana infrastruktur jalan yang sudah tidak dimanfaatkan dan  digunakan oleh masyarakat setempat, pasalnya  lokasi tersebut mengalami longsor. dan memutus akses ke lahan milik warga,  dampaknya  masyarakat yang memiliki lahan persawahan di wilayah tersebut tidak memiliki akses jalan 

Pihaknya dalam hal ini, meminta kepada pihak swasta untuk membangun akses jalan alternatif lainnya yang dapat digunakan oleh masyarakat menuju lahan yang dimilikinya, dan itu semua sudah tertuang dalam kontrak sewa guna pakai.

Ia pun menuturkan , bahkan pihak swasta pun menjadi salah satu donatur utama Desa Gumulung Lebak, dengan mensupport berbagai kegiatan kemasyarakatan yang dilakukan oleh  Pemdes Gumulung Lebak maupun masyarakat itu sendiri.

"Alhamdulillah, pihak swasta sudah mulai melakukan pembuatan jalan alternatif yang dapat menghubungkan dengan Desa Sinarancang, dengan lebar lima meter," tandasnya 

dari hasil sewa guna pakai tersebut, pihaknya mengalokasikan seluruhnya untuk menunjang kegiatan di pemerintahan desa, serta  untuk berbagai kegiatan  yang dilaksanakan oleh pemerintah desa seperti kegiatan Peringatan Hari Besar Islam ( PHBI) maupun lainnya.

"Besok ( hari ini, red) pihaknya akan melakukan  musyawarah dengan semua pihak, sebagai bentuk transparansi, sekaligus menggali potensi yang ada, agar pemanfaatannya dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat," imbuhnya. 

Dirinya pun menghimbau, agar masyarakat dapat menjadikan kantor desa ini layaknya sebagai rumah sendiri, artinya dalam  segala hal berkenaan dengan kebijakan pemerintah desa yang dinilai belum maksimal agar bisa langsung berkoordinasi dengan pemerintah Desa, dengan demikian akan tercipta rasa kebersamaan dalam membangun desa. (1c)




Kapolsek Jatiwangi Kontrol Ketahanan Pangan Jenis Pisang Cavendish di Desa Andir

INDOMEDIANEWSC- Kapolsek Jatiwangi Polres Majalengka Kompol Kustadi bersama anggotanya mendatangi program ketahanan pangan jenis pisang cavendish yang berada di Desa Andir Kecamatan Jatiwangi Kabupaten Majalengka. Rabu(19/10/2022).

Disaat dikonfirmasi, Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi melalui Kapolsek Jatiwangi Kompol Kustadi mengatakan" segala bentuk program apapun yang di anjurkan oleh Pemerintah pusat maupun Pemerintah Daerah wajib hukumnya kita dukung agar program program tersebut berjalan dengan lancar.

" Masyarakat sangat senang dan antusias dengan program tersebut serta dukungannya dari unsur muspika terutama Polsek Jatiwangi Polres Majalengka dalam mengawal segala bentuk program-program pemerintah untuk mensejahterakan rakyatnya."pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Andir Bapak Uung mengatakan, Program ketahanan pangan berdasarkan Peraturan Presiden (Perpes) nomor 104 tahun 2021 tentang rincian anggaran belanja negara tahun 2022 mengamanatkan serta mewajibkan setiap Desa memanfaatkan 20 persen dana Desa untuk program ketahanan pangan Nabati dan Hewani.

Dengan hal tersebut program ketananan pangan Desa andir di fokuskan pada penanaman pisang jenis cavendish di ladang seluas 1 hektar milik Desa andir, Sehingga manfaatnya dapat di rasakan oleh masyarakat sekitar.

Serta peran aktif Babhinkamtibmas Bripka Anson Watimanela terhadap Desa binannya dapar dirasakaan oleh masyarakat sekitar dengan kehadiran Polri di tengah tengah warganya mampu menciptakan rasa aman dan nyaman."ucap Kades Uung (1e)

19 Okt 2022

Kapolresta Cirebon Hadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Secara Virtual dari Mabes Polri

INDOMEDIANEWSC- Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H, menghadiri kegiatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H/ 2022 M secara Virtual yang dipimpin Kapolri JENDERAL POL. Drs. Listyo Sigit Prabowo M.Si, dari Mabes Polri, Selasa (18/10/2022).

Kegiatan di lingkungan Polresta Cirebon tersebut dilaksanakan di Aula Pesat Gatra Mapolresta Cirebon. Dalam kegiatan tersebut juga turut dihadiri Ketua DPRD Kab. Cirebon H. M. Luthfi, ST., M. Si, Ketua FKUB KH. Wawan Arwani Amin, PLT. Wakapolresta Cirebon KOMPOL Purnama, S.H., M.H., Danramil Sumber Kapten Arh Apid, S.H., PJU Polresta Cirebon, Para Kapolsek, Para Tokoh Ulama, dan Anggota Polresta Cirebon.

Kasi Humas Polresta Cirebon, IPTU Moch. Fadholi mengatakan, dalam vicon tersebut Kapolri JENDERAL POLISI Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si, menyampaikan beberapa pesan-pesan yang harus dilaksanakan jajaran Polri se-Indonesia.

"Di antaranya, Perang Rusia - Ukraina mempengaruhi situasi seluruh dunia saat ini. Di tengah situasi dunia saat ini Indonesia berada di posisi Tangguh yang mendapat penghargaan ketahanan pangan dan aprisiasi di dunia," ujarnya.

Selain itu, Kapolri JENDERAL POLISI Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si, juga menyampaikan posisi Negara Indonesia saat ini berada di urutan ke 7 dalam Negara G20. Bahkan, pertumbuhan Ekonomi Negara Indonesia sampai dengan kuartal ke II yaitu di angka 5,44 % dalam posisi ke 5 Negara G 20.

Menurutnya, di tengah kesulitan yang dialami Negara lain, Indonesia agar bersyukur namun tetap waspada. Karenanya, seluruh Anggota Polri agar memiliki sense of Crisis, khususnya terhadap tugas pokok Kepolisian.

Kapolri JENDERAL POLISI Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si, pun menegaskan kepada seluruh personil Polri di seluruh Indonesia agar tidak bergaya hidup hedonisme, dengan momentum ini agar meneladani Nabi Muhammad SAW.

Anggota Polri juga harus mengabdi dengan mengedepankan niat Ibadah sehingga semua yang kita jalani akan mudah. Kami semua perlu dukungan dari seluruh elemen, perlu doa dari para ulama sehingga Polri dapat menjadi baik lagi.

"Ke depan Soliditas akan kami tingkatkan agar Bangsa kita menjadi Bangsa yang besar dan itu semua bisa kita wujudkan. Kegiatan kali ini mengambil tema dengan aktualisasi keteladanan akhlak dan kepemimpinan Nabi Besar Muhammad SAW kita wujudkan Polri yang Presisi," tuturnya. (1e)

18 Okt 2022

Kapolres Majalengka Ikuti Gelar Operasional Melalui Video Conference

INDOMEDIANEWSC-Kepala Kepolisian Resor (Polres) Majalengka AKBP Edwin Affandi didampingi Wakapolres Majalengka Kompol Firman Taufik dan Para Pejabat Utama Polres Majalengka mengikuti Gelar Operasional di Aula Sindangkasih Polres Majalengka yang dipimpin langsung Kapolda Jabar Irjen Pol. Suntana, M.Si.dari Mapolda Jabar.pada Selasa (18/10/2022).

Disaat dikonfirmasi, Kapolres Majalengka Polda Jabar AKBP Edwin Affandi mengatakan Kegiatan ini dalam rangka Gelar Operasional dan Anev mingguan terkait Situasi Kamtibmas.

Dalam kesempatan tersebut Kapolda Jabar mengingatkan Kembali arahan Bapak Presiden RI Kepada Polres Jajaran Polda Jabar,"ungkapnya.

Selain itu, Agar dalam melaksanakan tugas dengan humanis, terkait Penanganan hukum, dan memberikan ketagasan kepada anggota agar kita tetap bersahaja.

Bapak Kapolda Jabar juga agar mengantisipasi Kegiatan Kegiatan kedepan teekait Situasi kamtibmas,"tutup Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi.(1e)

17 Okt 2022

CIAYUMAJAKUNING BISAKAH BERKEMBANG?

Oleh
Daddy Rohanady
Wakil Ketua Fraksi Gerindra 
DPRD Provinsi Jawa Barat


Ciayumajakuning adalah akronim yang biasa digunakan untuk merujuk ke lima wilayah kabupaten/kota di Provinsi Jawa Barat. Kelima wilayah tersebut adalah Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka, dan Kabupaten Kuningan.

Pertanyaan yang menjadi judul tulisan ini bisa menjadi tantangan bagi siapa saja. Solusinya bisa dilakukan oleh banyak pihak: Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah kabupaten/kota terkait, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD kabupaten/kota terkait, para pelaku usaha, dan semua stake holders terkait.

Pemprov Jabar, misalnya, sudah mempunyai peraturan daerah tentang rencana pengembangan wilayah ini, yakni Perda Nomor 12 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Pembangunan dan Pengembangan Metropolitan dan Pusat Pertumbuhan di Jawa Barat. Perda ini sudah memuat cukup rinci tentang rencana pengembangan wilayah, salah satunya, Cirebon Raya.

Ada pula Perda RTRW Nomor 22 Tahun 2010 yang sedang dalam revisi. Perda tersebut harus mendapat persetujuan banyak pihak dan koreksi yang sangat teliti. Persetujuan substansinya dari Kementerian ATR/BPN.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil sudah pula mengeluarkan dukungan dengan Pergub Jabar Nomor 84 Tahun 2020 Tentang Rencana Aksi Pengembangan Kawasan Metropolitan Cirebon, Patimban, Kertajati Tahun 2020- 2023.

Bahkan, dorongan spesial dari Pemerintahan Presiden Joko Widodo diberikan dengan terbitnya Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2021 tentang Percepatan Pembangunan Kawasan Rebana (Cirebon-Patimban-Kertajati) dan Kawasan Jawa Barat Bagian Selatan.

Artinya, sudah ada sederet regulasi yang memayungi pengembangan wilayah tersebut. Tinggal bagaimana mengimplementasikan semua regulasi itu sehingga benar-benar terasa manfaatnya bagi masyarakat Ciayumajakuning.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat bahwa pada tahun 2021 total jumlah penduduk di Ciayumajakuning adalah 6.999.019 jiwa. Adapun rinciannya adalah sebagai berikut. Kota Cirebon   336.864 jiwa, Kabupaten Cirebon 2.290.967 jiwa, Kabupaten Indramayu 1.871.832 jiwa, Kabupaten Majalengka 1.318.965 jiwa, dan Kabupaten Kuningan 1.180.391 jiwa. Pada akhir tahun 2022 jumlah tersebut bisa dipastikan sudah mencapai 7 juta jiwa lebih.

Dari segi APBD, pada tahun 2022 total di Ciayumajakuning sekitar Rp 16,13 triliun lebih. Ini menunjukkan potensi yang cukup besar. Trendnya pun terus meningkat. 

Adapun APBD di masing-masing kabupaten/kota adalah sebagai berikut. Kota Cirebon Rp 1,45 triliun lebih, Kabupaten Cirebon 4,25 triliun lebih, Kabupaten Indramayu Rp 3,31 triliun lebih, Kabupaten Majalengka Rp 4,05 triliun lebih, dan Kabupaten Kuningan Rp 3,07 triliun. 

Beberapa tahun ke depan angka-angka tersebut pasti akan melejit. Selain sudah recovery dari pandemi Covid-19, ada beberapa hal yang diharapkan dapat menimbulkan efek domino atau multiflier efek. 

Ada beberapa pembangunan yang diharapkan memberi efek cukup besar pada pertumbuhan ekonomi Ciayumajakuning. Pertama, BIJB Kertajati. Bandara yang terletak di Kabupaten Majalengka tersebut diharapkan menjadi pintu masuk ke Ciayumajakuning secara khusus dan umumnya ke Provinsi Jawa Barat. 

BIJB Kertajati baru digunakan untuk pengiriman kargo 4 kali seminggu dan rencananya untuk umroh 5 kali seminggu per November 2022. Padahal bandara ini luasnya 1.040 hektare dari rencana semula secara keseluruhan 1.800 hektare. Belum lagi ada rencana pengembangan Kawasan Kertajati Aerocity seluas 3.200 hektare. 

Ada amanat Pemerintah Pusat yang belum optimal dilakukan di BIJB Kertajati. Selain umroh, BIJB Kertajati disetting untuk melayani pemberangkatan haji. Ada hal lain yang cukup strategis dan belum optimal. Presiden Joko Widodo juga mengamanatkan bahwa BIJB Kertajati menjadi tempat MRO (maintenance, repair, dan overhaul) pesawat TNI dan Polri.

Amanat Presiden Jokowi lainnya adalah, relokasinya PT Dirgantara Indonesia dan PT Pindad. Tentu saja akan banyak dampak ikutan dari semua itu. Akhirnya, akan banyak sektor yang akan memberi kontribusi pada peningkatan ekonomi di semua kabupaten/kota di Ciayumajakuning.

Kedua, Pelabuhan Patimban. Status pelabuhan ini adalah pelabuhan utama. Artinya, keberadaanya hanya sedikit di bawah Pelabuhan Tanjung Priok. Akan banyak pula manfaat yang bisa dipetik. Selain menyerap tenaga kerja, seperti halnya BIJB Kertajati, Pelabuhan Patimban juga akan menjadi salah satu pengungkit roda perekonomian Jawa Barat. 

Yang jelas, keberadaan Pelabuhan Patimban akan menambah Pendapatan Transfer melalui bagi hasil pajak ekspor dari Pemerintah Pusat. Sementara ini yang akan menerimanya adalah Kabupaten Subang dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Subang dan Jabar akan menerima sebagian pajak ekspor karena memang demikianlah regulasinya. Ciayumajakuning akan menerimanya di kemudian hari.

Bagaimana akhirnya dan mau ke mana Ciayumajakuning, mari kita tunggu bersama.

16 Okt 2022

Bebarik Desa Kanci " Do'a dan tradisi"

INDOMEDIANEWSC- Ratusan warga Masyarakat Desa Kanci, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, memadati kantor Desa setempat dalam acara pelaksanaan Acara Bebarik atau Syukuran Desa pada Mingu, 16/10/2022.

Acara bebarik, merupakan tradisi Tahunan yang selalu dilaksanakan oleh warga Masyarakat dan pemerintahan Desa setempat, selain menggelar acara doa bersama, bebarik tahun ini dimeriahkan dengan berbagai acara lainnya, salah satunya adalah jalan santai, hal ini dituturkan Kuwu Desa Kanci, Sunaryo, disela acara Bebarik.

"Selain menggelar acara Do'a bersama, sebelumnya kami bersama Masyarakat melakukan ziaroh kubur disalah satu patilasan sesepuh warga Kanci, yaitu Ki Buyut Bodri, selain itu, kami pun menggelar acara jalan santai dengan memperebutkan berbagai hadiah, salah satu hadiah utamanya adalah satu unit sepeda motor, dan pada malam harinya akan dilaksanakan pagelaran wayang purwa, ini semua kami lakukan sebagai bentuk Syukur kepada Allah atas segala nikmat yang telah Allah berikan" tututnya.

Senada hal tersebut disampaikan Ketua Panitia Bebarik, Abdullah, dirinya menjelaskan, bebarik merupakan sebuah tradisi dan penghormatan kepada sesepuh , utamanya lagi adalah ucapan Syukur kepada Allah yang harus terus kita lakukan agar kehidupan kita semakin baik.

"Bebarik atau Ruatan adalah hakekatnya Do'a, dimana kita harus terus melestarikannya, oleh karenanya kami sangat bersyukur tiap tahunnya kami mampu melaksanakan acara bebarik, hal ini pula yang harus dilakukan oleh geberasi muda, jangan sampai bebarik pudar walaupun jaman telah berubah dengan berbagai perkembangannya, semoga dengan dilaksanakannya acara Bebarik kita semua terhindar dari berbagai mara bahaya, intinya kami mengajak kepada semua generasi muda untuk tetap menjaga tradisi dan warisan para leluhur, jangan karena perkembangan jaman kita lupakan sejarah" tuturnya.

Acara bebarik bukan hanya mengumandangkan doa, nanun intinya adalah menjaga Silaturahmi dan saling menyayangi, bahkan ada  sesuatu yang unik dalam acara bebarik Desa kanci, betapa tidak, karena setelah acara doa bersama selesai, puluhan warga saling berebut air Do'a yang diperca memiliki hasiat dan berkah, wallahua'alam.(1c)

14 Okt 2022

Bebarik Desa Buntet " Tradisi adi luhung"

INDOMEDIANEWSC- Tradisi atau Budaya adi luhung perlu dipertahankan agar tetap lestari  dan menjadi kebanggaan generasi muda yang hampir terkikis oleh perubahan zaman.
Salah satu Budaya adi luhung yang terus dipertahankan adalah Bebarik atau sedekah bumi yang dilaksanakan warga Masyarakat dan Pemerintahan Desa Buntet, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon.
Ratusan Masyarakat memadati Area Pemakaman Leluhur setempat (Ki Ageng Sela Rasa-red) yang berlokasi di Dusun 3 Blok Dauansela, Desa Buntet, Jum'at 14/10/2022.

Dalam keterangan yang disampaikan Kuwu Desa Buntet, Edi Suhaedi, Pelaksanaan Bebarik atau sedekah bumi merupakan ungkapan Rasa syukur atas segala Nikmat yang telah Allah berikan.

"Selain sebagai ungkapan rasa syukur, acara bebarik pun diisi dengan do'a bersama di area pemakaman ki Ageng Sela Rasa yang intinya mendoakan para sesepuh dan leluhur dengan harapan kehidupan kita senantiasa mendapat kebaikan,  baik secara lahir maupun batin" tuturnya.

Dengan bebarik atau sedekah bumi, diharapkan jalinan silaturahmi tetap terjaga dan persatuan antar warga tetap terawat.

"Silaturahmi bisa terjalin dengan berbagai cara, oleh karenanya kami mengajak semua pihak untuk tetap menjaga tradisi dan Budaya para leluhur agar tidak sirna oleh perkembangan jaman, disini kami semua bermunajat kepada Allah Sang Maha pencipta, memohon kesejahteraan , kedamaian dan kemakmuran, selain kami melaksanakan acara Do'a bersama acara bebarik di meriahkan dengan pagelaran wayang kulit, bahkan di Desa Buntet, bebarik dilaksanakan dua kali dalam setiap tahunnya, pertama di Dusun 3 dan kedua di Dusun 1, yang InsyaAllah akan dilaksanakan pada Bulan 11, semoga pelaksanaan tahun ini berjalan dengan Aman , damai dan sesuai harapan bersama" pungkasnya.(1c)

13 Okt 2022

Bupati Cirebon lantik Kuwu PAW Lebak Mekar " perlu Sinegritas"

INDOMEDIANEWSC- Kuwu PAW Desa Lebakmekar, Kec Greged, Kabupaten Cirebon, Udin, dilantik pada Kamis, 13/10/2022 bertempat di Nyi Mas Gandasari.

Usai acara prlantikan yang dilakukan oleh Bupati Cirebon, H. Imron , Kuwu Udin, berharap adanya kerjasama dan dukungan dari semua pihak untuk membangun Desa secara bersama-sama.

"Kami tentunya berharap adanya dukungan dan kerjasama dari semua pihak demi kemajuan Desa Lebakmekar ke arah yang lebih baik, selain itu tentunya ada beberapa program prioritas yang akan kami lakukan, bukan hanya semata peningkatan infrastruktur, namun sosial kemasyarakatan menjadi hal yang utama" tuturnya.

Lebih lanjut Udin menuturkan , bahwa membangun Desa itu diperlukan adanya kerjasama dan kesamaan misi, baik dari Masyarakat secara umum, maupun Instansi terkait lainnya.

" perlu jalinan kerjasama dari semua lini, dari mulai tingkat RT sampai Pemerintah Pusat, ini perlu dilakukan agar tidak ada ketimpangan, dan selaku kuwu tentunya kami akan merangkul semua pihak, baik tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, kepemudaan dan Masyarakat secara umum, intinya kami meminta kepada semua pihak untuk bersama sama memajukan Desa Lebakmekar kearah yang lebih baik" pungkasnya. (1c)

SLBN Kabupaten Cirebon " adakan Peringatan Maulid Nabi SAW"

INDOMEDIANEWSC- Beri kesempatan untuk berekpresi dan berkreasi. Demikian dikatakan Kepala SLBN Kabupaten Cirebon, Euis Marhamah.

 "Selama ini belum tersentuh secara maksimal bagi siswa berkebutuhan khusus, padahal tidak sedikit prestasi yang ditoerhkan peserta didik dalam berbagai perlombaan," tuturnya usai acara peribgatan Maulid Nabi Muhammad SAW di sekolah setempat, Kamis ,13/10/2022.

Euis menceritakan, selama ini peran pemerintah sudah sangat baik terhadap sekolah. Akan tetapi, belum maksimal. Disamping peran serta siswa berkebutuhan khusus untuk berkompetisi di tingkat daerah hingga nasional terkesan minim, masa depan siswa itu sendiri yang belum ada, setelah lulus sekolah. 

"Kami prihatin dengan masa depan siswa setelah lulus. Alangkah baiknya, bila dinas terkait memberikan wadah untuk menampung lulusan siswa berkebutuhan khusus. Untuk prestasi yang diraih para siswa, salah satunya mewakili kabupaten ke tingkat provinsi, lomba lukis wajah," tuturnya.

Masih dikatakan Euis, dalam mengikuti lomba tentunya kemenangan yang diinginkan. Akan tetapi yang lebih utama, kreasi siswa dapat ditampilkan ke tingkat yang lebih tinggi, misalnya provinsi dan nasional.

 "Dengan adanya undangan untuk mengikuti lomba, kami sangat senang. Apalagi, bila memenangkan lomba tersebut. Tapi bagi kami dengan ikut lomba, dapat mengevaluasi apa saja yang perlu dibenahi," ujarnya.

Sementara itu, acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di sekolah tersebut, salah satunya diisi dengan lomba tumpeng. 
"Dengan slogan dari siswa untuk siswa, tumpeng tersebut dimakan bersama sebagai bentuk mempererat persaudaraan antara kepala sekolah, guru, orang tua dan warga sekolah," tutur Euis.

Dirinya mengharapkan, dengan acara ini dapat meneladani Rasulullah.

 "Mari jadikan momentum ini untuk ke arah yang lebih baik dari yang sudah baik dan memajukan sekolah, demi masa depan anak didik," ajak Euis. 

Senada hal tersebut disampaikan Wakasek kesiswaan  Putri Paramitha didampingi wakasek Humas, Rita Herawati.

" momentum peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan ajang intropeksi untuk lebih meningkatkan kualitas keimanan dan memberikan bekal bagi para Siswa didik, para pendidik maupun Orang tua didik agar mampu berprilaku sesuai ajaran Rasulallah termasuk didalamnya menjalankan kewajiban dan menjauhi segala larangan yang telah ditetapkan Allah, selain dari itu, kami berharap kedepannya seluruh Siswa didik mendapat tempat juga kesempatan yang sama baik dalam menggapai cita maupun kehidupan ditengah Masyarakat yang kian komplex, mereka para Siswa yang istimewa ini adalah Bunga-bunga Bangsa yang memiliki Hak seperti Orang-orang yang secara umum kita sebut sempura, karena dibalik kekurangannya mereka( Siswa SLB-red) adalah insan yang memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh Manusia secara umum" tutur  Putri. (1c)