16 Sep 2022

Penyaluran BLT BBM tak tepat sasaran " Kuwu jadi sasaran warga"

INDOMEDIANEWSC - Penyaluran BPNT ( Bantuan Pangan Non Tunai) dan BLT Subsidi BBM , yang dilaksanakan secara serentak di beberapa Desa Sekecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, Jum'at  16/09/2022. Tak tepat sasaran.

Dari beberapa keterangan yang disampaikan Kuwu saat melaksanakan penyaluran, menuturkan, bahwa penerima BPNT maupun BLT Subsidi BBM orangnya sama.

"Saat ini kami tengah dihadapkan pada persoalan mekanisme pembagian BPNT maupun BLT Subsidi BBM, ini dikarenakan Masyarakat yang menerima BPNT maupun BLT Orangnya sama, dalam artian dobel penerima, sedangkan banyak Masyarakat yang menuntut kepada kami yang terkesan tidak adil, ini jadi persoalan yang berdampak pada pihak pemdes, sedangkan data penerima Subsidi bukan dari pihak Pemdes" jelas kuwu Desa Leuwidinding, Imas Rasdianto saat memantau penyaluran bagi 254 penerima manfaat.

Sementara itu, Kuwu Desa Asem, Faturohman, menyikapi penyaluran BLT Subsidi BBM yang terkesan ada kesalahan pendataan.

"Mungkin akan lebih baik jika penerima Subsidi BBM pendataannya oleh pihak Desa, ini perlu dilakukan guna meminimalisir terjadinya dobel penerima dan agar tepat sasaran, sementara yang terjadi saat ini adalah penerima BLT Subsidi BBM ya penerima BPNT, jelas dampaknya tetap pihak pemdes yang disalahkan Masyarakat" tuturnya.

Senada hal tersebut disampaikan Kuwu Tuk Karangsuwung, Azis Maulana, yang mengharapkan adanya keadilan dan kefaalidan data 

"Kami sangat mendukung Pemerintah dengan bergulirnya berbagai bantuan sosial, asalkan pendataannya sesuai fakta, termasuk yang saat ini tengah terjadi di saat Pemerintah menaikan harga BBM  dan memberikan subsidi lewat BLT Subsidi BBM sebesar Rp.300.000 untuk tahap pertama, ironisnya penerima BLT BBM  dan penerima BPNT sama, jelas ini menimbulkan kecemburuan yang ujungnya kami dari pihak Desa yang di salahkan warga, sedangkan datanya bukan dari kami, nanun demikian kami tegaskan apapun bentuk bantuannya tidak ada potongan sepeserpun, dan hal itu kami arahkan kepada seluruh pihak yang bertangung jawab dalam pengelola penyaluran bantuan sosial, harapan kami berikan kewenangan kepada pihak Desa untuk melakukan pendataan" tegas Azis.

Dari data yang diterima, KPM seluruh Kecamatan Lemahabang yang saat ini menerima Bantuan Baik BPNT maupun BLT BBM sebanyak 6039 KPM dengan jumlah Anggaran sebesar Rp. 3.0195.000.(1c)



0 $type={blogger}: