6 Sep 2022

Nadran Waruduwur warisan Budaya yang patut dilestarikan

INDOMEDIANEWSC - Salah satu Budaya adi luhung yang patut dipertahankan kelestariannya adalah Nadran atau pesta laut.

Acara tahunan sebagai ucapan rasa syukur ini dilaksanakan oleh para nelayan  dan warga Desa Waruduwur, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon.

Dalam keterangannya, Kuwu Waruduwur, Yadi, memaparkan perlunya generasi muda untuk tetap mempertahankan warisan leluhur ini agar tetap lestari walau zaman telah berubah pesat.

"Pesta laut atau yang akrab dikalangan masyarakat dengan sebutan Nadran, merupakan salah satu cerminan wujud ucapan rasa syukur atas hasil laut yang melimpah dan keselamatan selama berlayar , selain itu Nadran merupakan tradisi para Nelayan hususnya di Waruduwur yang bukan hanya sebatas menyuguhkan berbagai seni dan tradisi lokal namun mampu mempererat silaturahmi dan persaudaraan antar warga" tuturnya. Senin,05/09/2022.

Acara yang dihadiri wakil Gubernur Jabar dan Bupati Cirebon tersebut, dijadikan sebuah momen untuk memaparkan kelebihan dan kekurangan yang ada di Desa dan kehidupan warga Masyarakat Waruduwur.

"Secara perekonomian, Masyarakat kami yang kesehariannya berpropesi sebagai nelayan tentunya mempunyai andil besar dalam perputaran rupiah, betapa tidak, dalam setiap minggu atau bulan, perputaran uang baik dari pencari ikan, produksi dan lainnya mencapai miliaran rupiah, sayangnya dengan perputaran uang yang begitu besar tidak ditunjang dengan fasilitas yang memadai, kita bisa lihat kapal-kapal yang bersandar terkesan apa adanya, oleh karenanya kami minta perhatian dari Pemerintah provinsi maupun Kabupaten untuk memperhatikan dan membangun fasilitas yang meadai, baik itu dermaga atau fasilitas penunjang lainnya, termasuk jalan yang kondisinya sangat tidak layak, apalagi keberadaan Desa kami sangat berdekatan dengan salah satu usaha milik Negara, yaitu PLTU ( pembangkit Listrik Tenaga Uap ) yang jaraknya sangat dekat, tentunya sangat ironis, Desa yang berdampingan dengan perusahaan besar kondisinya sangat tidak mendukung, hususnya dalam hal infrastruktur" tuturnya.

Yadi berharap, dengan kunjungan pihak Provinsi maupun Kabupaten, mampu menampung aspirasi dan bisa merubah waruduwur menjadi sebuah Desa yang tidak hanya mampu mempertahankan tradisi dan Budaya, namun menjadi sebuah Desa Nelayan yang profesional dan terus menopang perekonomian ke arah yang lebih baik, karena sarana penunjang sangat diperlukan guna meningkatkan taraf perekonomian para nelayan hususnya dan Masyarakat secara umum.(1c)

0 $type={blogger}: