2 Sep 2022

Desa Mertapada wetan " maksimalkan pengelolaan sampah"

INDOMEDIANEWSC- Desa mertapadawetan Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon, menjadi salah satu Desa yang mewakili untuk lomba 3R tingkat Kabupaten, hal ini dikarenakan Desa Mertapadawetan merupakan juara 1 Lomba tingkat Kecamatan untuk kategori lingkungan hidup dan kebersihan.
Dalam keterangannya, Kuwu Mertapadawetan, Sumarno, memaparkan, untuk kategori 3R meliputi bagaimana caranya memilah sampah , mengolah hingga memanfaatkan sampah.

"Tidak hanya Masyarakat diharuskan membuang sampah pada tempatnya, namun diberikan edukasi tetkait bagaimana cara memilah sampah, mengolah hingga memanfaatkan sampah yang ada, hal ini tentunya selain menjadikan lingkungan semakin bersih juga berdampak pada pendapatan atau perekonomian warga" jelasnya.

Dikarenakan mampu untuk memanfaatkan sampah yang ada, maka menjadi salah satu Desa yang terpilih untuk mengikuti lomba lingkungan dan kebersihan tingkat Kabupaten Cirebon.

"Pada hari Kamis kemarin, team dari DLH Kabupaten Cirebon mengunjungi Desa kami dan melihat langsung juga berbincang dengan seluruh kader juga lembaga Desa terkait tata klola sampah yang telah kami lakukan, tentunya harapan kami walaupun mungkin masih banyak Desa yang telah berhasil dalam pengelolaan sampah, toh Desa kami pun telah berhasil melakulan pengolahan sampah, dengan masuknya Mertapadawetan untuk mewakili tingkat kecamatan di kancah Kabupaten, merupakan sesuatu yang baik, minimalnya apa yang telah kami lakukan mampu meminimalisir terjadinya persoalan sampah yang hingga saat ini belum berhasil ditangani secara maksimal" jelasnya. Jum'at 02/09/2022.

Dirinya yakin, dengan kesadaran yang tinggi dan dukungan dari semua pihak, maka persoalan sampah tidak semata menimbulkan bau dan pemandangan yang tidak sedap, namun bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. (1c)

0 $type={blogger}: