1 Agu 2022

Warga Panongan tumpah ruah " peringati Tahun Baru Islam"

INDOMEDIANEWSC- Pelaksanaan Peringatan Hari Besar Islam ( PHBI), tahun baru Islam  1 Muharram 1444 H, dijadikan sebagai momentum awal dalam  tonggak  sejarah  berdirinya  Desa Panongan, Kecamatan Sedong, Kabupaten Cirebon.

Hal tersebut dituturkan  kuwu Panongan Haerudin, usai kegiatan pawai ta'aruf yang diikuti ribuan masyarakat Panongan dalam menyambut tahun baru Islam 1444 H, Minggu , 31/07/2022.

berawal dari keprihatinannya bahwa hingga saat ini Desa Panongan belum memiliki hari jadi desa, padahal berdasarkan informasi dan data yang ada di desa saat ini usia Desa Panongan telah menginjak 206 tahun,  sehingga keinginan tersebut disampaikannya ke BPD, LPMD, tokoh masyarakat, agama, dan semua elemen masyarakat pada umumnya 

" terkadang saya iri oleh desa desa lain yang merayakan hari jadi desanya, tapi kenapa Panongan  tidak ada hari jadi, olehkarenanya keinginan tersebut saya sampaikan kesemua pihak untuk dimusyawarahkan,"  tuturnya.

Dijelaskannya, dari informasi dan sumber  data yang ada, di tahun 1816, Desa Panongan sudah ada dan dipimpin oleh Kuwu pertama, Kamiyah,  oleh karena itu berdasarkan data tersebut pihaknya melakukan musyawarah bersama semua pihak dalam menentukan draf awal lahirnya desa Panongan.

Dikatakannya, berdasarkan hasil musyawarah bersama semua pihak draf awal penetapan hari jadi Desa Panongan yakni pada  2 Muharram 1232 H, atau bertepatan dengan  22 November 1816, dan ke depannya di tanggal 22 November,  akan di peringati sebagai hari jadi Desa Panongan 

" Alhamdulillah, semua pihak merespon baik, bahkan pihak keraton  Kasepuhan, siap menelusuri fakta sejarah yang akan di kaji bersama sama, saya pun berharap kepada sesepuh maupun tokoh masyarakat Panongan manakala memilikinya data dan informasi terkait awal berdirinya Desa Panongan bisa ditindaklanjuti bersama," harapnya.

Dalam kesempatan tersebut Haerudin mengatakan, berbagai kegiatan diadakan dalam menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1444, diantaranya pawai taaruf, santunan yatim piatu, dilanjutkan kegiatan istighosah dan doa bersama,  serta  puncak kegiatan itu sendiri  diadakan tausiyah atau tabligh Akbar.

Lebih lanjut, ia menuturkan tujuan diadakannya Istigosah dan  doa bersama ini,  tidak lain agar  semua masyarakat Panongan bisa duduk bersama, duduk bareng dengan khidmat, dengan satu tujuan di masjid, dengan  mendoakan para leluhur  yang sudah  berjuang membangun Desa Panongan sampai seperti saat ini, dan dapat  dinikmati oleh para penerusnya.

"Kami ingin mendoakan semua leluhur agar mereka ditempatkan di sisinya Allah SWT,  dan mudah-mudahan Allah mengabulkan niat baik kami ini,  agar di tahun ini Panongan ingin punya tonggak sejarah biar ke depannya dapat diingat oleh anak keturunan kami," ungkapnya.

Dirinya pun berharap di momentum PHBI ini lupakan semua perbedaan saatnya bersatu bergandeng tangan dan  bahu membahu membangun Desa Panongan menjadi lebih baik lagi, karena tanpa dukungan semua pihak Pemdes tidak dapat berjalan sendiri baik dalam pembangunan maupun pemberdayaan masyarakat.

"Kami ucapakan banyak terimakasih kepada semua pihak, karena  dengan segala keterbatasannya, kegiatan ini dapat berjalan dengan aman lancar dan semarak serta khidmat," tandasnya

Sementara ditempat yang sama Camat Sedong Yuyun Kusumawati,  menyampaikan apresiasi dan kebanggaannya dengan diselenggarakannya peringatan tahun baru Islam yang ke 1444 hijriah di Desa Panongan.

" Alhamdulillah saat ini Desa Panongan sudah menjadi desa mandiri, mengikuti Desa Sedong Lor, Panambangan, dan Putat yang memang sebelumnya sudah menjadi desa mandiri, berharap desa yang lainnya pun dapat menyusul," harapnya 

Yuyun  berharap ke depannya manakala sudah ditetapkan hari jadi Desa Panongan, dapat mendorong masyarakat Desa Panongan untuk bisa lebih mencintai desanya.

"Semoga bisa segera diketahui awal mula berdirinya desa Panongan karena  bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai para leluhurnya, yang terpenting lagi panongan lebih baik dari yang sudah baik" pungkasnya (1c)

0 $type={blogger}: