31 Agu 2022

Manfaatkan Banprov " Bangun Irdes" tingkatkan kesejahteraan warga

INDOMEDIANEWSC- Upaya peningkatan program infrastruktur dan sosial kemasyarakatan terus dimaksimalkan Pemerintah Desa Karangwareng, Kecamatan Karangwareng, Kabupaten Cirebon.
Diantaranya adalah memanfaatkan Bantuan Provinsi Jawa Barat tahun Anggaran 2022  melalui pelaksanaan proyek Pembangunan Irdes yang berlokasi di Blok Cibeubedug tengah.

Hal tersebut disampaikan Kuwu Karangwareng, Hj Eti kepada IM diruang kerjanya Rabu, 31/08/2022

"Saat ini program Banprop yang telah kami terima dipergunakan untuk pembangunan Irdes yang ada di Blok cibeubedug tengah, diharapkan dengan adanya irdes yang memadai akan lebih mengoptimalkan perairan dan sangat berguna bagi para petani maupun hal lainnya" tuturnya.

Lebih lanjut Hj Eti menuturkan, bahwa bukan hanya infrastruktur yang menjadi program prioritas, namun sosial kemasyarakatan pun menjadi program utama yang terus digalakan, dengan harapan kesejahtraan warganya semakin membaik.

"Pendataan warga yang tidak mampu harus benar-benar falid, agar jika ada bantuan dalam bentuk apapun akan tepat sasaran, selain itu tentunya harus ada kerjasama dan dukungan dari semua pihak, agar mereka yang membutuhkan benar-benar terakomondasi jangan sampai ada sesuatu yang seharusnya mudah dijadikan sesuatu yang sulit, intinya kami dari pihak Desa mengharapkan seluruh program yang ada benar-benar dapat dimanfaatkan dan bermanfaat bagi seluruh warga Masyarakat" pungkasnya (1c)

Jual Miras di lingkungan Sekolah "perlu tindakan tegas"

INDOMEDIANEWSC- Viral di media sosial  terkait dengan diduga adanya penjualan miras di dalam ruang lingkup sekolah SDN 2 Mertapada Kulon, Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon. Tepatnya di rumah inventaris milik SDN 2 Mertapada Kulon, yang di huni warga luar dari Mertapada Kulon, menjadi perhatian banyak publik.

Dari adanya dugaan penjualan miras tersebut, ditanggapi langsung oleh anggota Satpol PP Kabupaten Cirebon dengan menggeledah rumah inventaris, untuk menindak dan mendapatkan barang bukti minuman yang  sangat meresahkan karena adanya jual beli miras di dalam lingkungan sekolah SDN 2 Mertapada Kulon.

"Namun sangat disayangkan, dari hasil razia dan penggeledahan di rumah inventaris sekolah itu tidak di temukan barang bukti minuman keras dan lainnya,hanya beberapa botol bekas miras "tutur Dadang Kabid Penertiban Satpol PP Kabupaten Cirebon. Selasa 29/8/2022.

Menurutnya, penjualan miras ini sangat meresahkan pihak pengajar akan aktivitas pendidikan di sekolah. Sebab, pembeli miras keluar masuk disekolah lingkungan SDN 2 Mertapada Kulon.

"Karena Viralnya di media, kami pun melakukan penyelidikan disekitaran sekolah dan untuk saat ini belum ditemukan barang bukti minuman keras yang ada di rumah inventaris tersebut," tuturnya.

Dari hasil hari ini kata Dadang, dirinya mengharapkan bantuan informasi dan barang bukti dari masyarakat, bila kembali ada penjualan miras di sekolah SDN 2 Mertapada Kulon. Tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, korwil UPT Pendidikan kecamatan Astanajapura Sudirman menyampaikan, bahwa pelaku dari kejadian jual miras di dalam sekolah di Cirebon ini adalah orang luar yang bertempat di rumah inventaris milik SDN 2 Mertapada Kulon.

Pihaknya sangat menyesalkan, penghuni yang merupakan warga luar SDN desa Mertapada Kulon, menjadikan rumah inventaris sekolahan menjadi perdagangan miras.

“Padahal dulunya rumah dinas itu, ditempati oleh guru, namun gurunya sudah pindah malah diisi oleh orang lain beda Desa dan yang lebih ironisnya dijadikan sarang penjualan miras,” tuturnya.

Sedangkan menurut RW Yani Desa Mertapada Kulon menuturkan, jual beli miras di rumah inventaris sekolah tersebut sudah berlangsung lebih dari dua tahun. 

“Penjualan miras di sekolah ini, sudah berlangsung lama ya sekitar dua tahun,” terangnya.

RW Yani pun menegaskan, warga sekitar menjadi resah karena adanya jual beli miras di dalam sekolah. Bahkan warga sekitarpun pernah mendatangai pelaku penjual miras, untuk tidak berjualan lagi.

“Kami sangat khawatir lingkungan pendidikan sekolah SDN 2 Mertapada Kulon. Karena banyak anak-anak yang bersekolah satu lingkungan dengan penjualan miras," ujarnya.

Senada diungkapkan kuwu Desa Mertapadakulon, Suherman, berharap pihak terkait melakukan penertiban.

"Kami berharap adanya tindakan tegas dari penegak Hukum, kalau dibiarkan kami hawatir akan ada gejolak yang tidak doharapkan, selain penindakan terhadap penjual miras, juga dilakukan penertiban para penjual yang ada di depan Sekolah, karena menutup akses Sekolah, hanya yang menjadi kehawatiran warga dan pihak sekolah adalah penjual miras tersebut orangnya nekad, inilah yang harus disikapi dengan bijak namun tegas" jelasnya(1c)


29 Agu 2022

JamNas KCI Dan 5th Anniversary KCI Cirebon Di Gelar Di Bukit Tengtung Baturraden

INDOMEDIANEWSC - Bertempat di Lokasi Wisata Bumi Perkemahan Bukit Tengtung Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah, Keluarga Besar Komunitas CBR Indonesia (KCI) kompak dan Solid mengikuti agenda Jambore Nasional (JamNas) Tahun 2022, Sabtu (27/8) Selain JamNas KCI, dalam momen bahagia tersebut dilangsungkan  Syukuran dan Perayaan 5th Anniversary KCI Cirebon dan 3th Anniversary KCI Tangerang Selatan. 
Meski cuaca di Wisata Baturraden terus diguyur hujan, namun tidak menyurutkan semangat para peserta untuk dapat menghadiri agenda yang sudah terlaksana berkat partisipasi iuran atau swadaya dari seluruh Chapter (daerah) KCI.

Ketua Panitia JamNas KCI Tahun 2022, Om Ries yang juga Ketua KCI Wilayah Jawa Barat mengungkapkan rasa syukur atas terselenggaranya Jambore Nasional KCI yang baru saja dilangsungkan di wisata Bumi Perkemahan Bukit Tengtung Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah pada Sabtu (27/8) kemarin. 

Sekitar 250 peserta perwakilan dari KCI Wilayah Jawa Barat, KCI Jawa Tengah, KCI Jawa Timur, KCI Jakarta, KCI Banten, KCI Lampung hadir mengikuti kegiatan dengan tertib dan kondusif hingga di akhir acara. Menurutnya, kegiatan agenda JamNas KCI sendiri digelar tidak lain sebagai ajang mempererat silaturahmi dan kesolidan antar anggota keluarga KCI secara Nasional pasca absennya beberapa kegiatan akibat Pandemi Covid-19. “Alhamdulillah di tahun ini kita baru bisa melaksanakan kegiatan, semoga dengan terselenggaranya kegiatan ini dapat memberikan semangat baru dan kebersamaan yang lebih solid lagi,“ tuturnya.

Ries pun mengungkapkan, dalam momentum gelaran JamNas KCI Tahun 2022 tersebut pasalnya di gelar pula Syukuran dan Perayaan 5th Anniversary KCI Cirebon dan 3th Anniversary KCI Tangerang Selatan dengan menyajikan hiburan dari Oqinawa Music Entertainment, Banyumas. Adapun untuk suksesnya penyelenggaraan JamNas KCI Tahun 2022 ini tentunya berkat kekompakan dan loyalitas totalitas seluruh Chapter KCI Nasional melalui partisipasi iuran atau swadaya. Dimana kesuksesan agenda tersebut tidak terlepas juga dari peranan kerja keras Panitia yang terdiri dari Ketua, Om Ries dari KCI Cirebon (Ketua KCI Wilayah Jawa Barat), Sekretaris Om Andi dari KCI Yogyakarta, Bendahara Om Yudi dari KCI Solo, Divisi Perlengkapan Om Yohan dari KCI Banyumas dan Divisi Konsumsi Om Heri dari KCI Banyumas. 

“Semuanya kompak dan sangat berperan satu sama lain, kuncinya adalah kebersamaan yang solid penuh rasa tanggungjawab dan rasa memiliki bersama,“ terangnya.

Terpisah disampaikan Ketua Umum KCI, Dandhy Adiguna, selaku Pengurus Pusat KCI dirinya mengucapkan terimakasih kepada seluruh Chapter KCI Nasional dan Sponsor dari Idemitsu yang telah berpartisipasi atas terselenggaranya JamNas KCI Tahun 2022 ini. Dikesempatan tersebut, dirinya juga tidak lupa menyampaikan terimakasihnya kepada seluruh Panitia JamNas KCI yang telah bekerja keras serta mengorbankan waktu, tenaga, pikiran dan materinya. Diungkapkannya, JamNas KCI Tahun 2022 tidak hanya dilangsungkan di Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah saja, namun diwaktu yang sama dilangsungkan juga JamNas KCI di Pekanbaru, Riau untuk Keluarga Besar KCI yang berada di Pulau Sumatera. Untuk itu, dirinya meminta dan berharap kepada seluruh keluarga besar KCI Nasional agar dapat terus menjaga hubungan silaturahmi dan kesolidan satu sama lainnya. 

“JamNas KCI di Wisata Baturraden ini untuk Keluarga Besar KCI yang berada di Pulau Jawa, Alhamdulillah ada Om Dedi dari KCI Tanah Bumbu selaku Perwakilan dari KCI Kalimantan turut hadir juga di Baturraden. Untuk Sponsor Idemitsu semoga sukses dan kedepan bisa terjalin kerjasama lebih lanjut lagi,“ tuturnya (1c)


28 Agu 2022

Warga Tukkarangsuwung meriahkan HUT RI 77 " Pocongpun turut serta"

INDOMEDIANEWSC- Warga Masyarakat Desa Tukkarangsuwung , Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, menyelenggarakan kegiatan karnaval dan berbagai lomba dalam rangka memperingati Hari  Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 77 Tahun 2022.
Dalam acara tersebut, warga setempat tumpah ruah dengan mengenakan berbagai busana, baik Daerah maupun Nasional, bahkan adapula Anak-anak maupun Dewasa yang mengenakan busana Hantu, dari mulai tuyul, wewe gombel, pocong dan busana unik lainnya.
Selain karnaval, acara tersebut dimeriahkan dengan pentas seni budaya dan kreasi lainnya.

Dalam sambutannya, Kuwu Desa Tukkarangsuwung, Azis Maulana, menyampaikan rasa Syukurnya atas terlaksananya acara yang di prakarsai seluruh warga Masyarakat secara bergotong royong.

"Acara ini atas kerjasama dan dukungan dari seluruh warga Tukkarangsuwung, terlaksananya acara tersebut merupakan bentuk Syukur atas kemerdekaan yang telah kita rasakan berkat jasa para pahlawan dan pejuang yang rela berkorban jiwa raga demi Republik tercinta" tuturnya, Minggu, 28/08/2022.

Lebih lanjut Azis, menjelaskan, bahwa kita sebagai Anak Bangsa menjadi sebuah kewajiban untuk terus mengenang dan menghormati para pahlawan dengan cara mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang positif.

"Kami mengajak kepada semua pihak untuk bersatu padu dalam membangun Bangsa , berkarya dan berkreasi demi kemajuan dan kesejahteraan yang berkeadilan, Sosial dan tetap mematri rasa cinta tanah air, kita adalah bangsa yang besar, dan Bangsa yang besar adalah Bangsa yang menghargai jasa para pahlawan, jangan lupakan sejarah, karena kita ada saat ini atas adanya sejarah dan pengorbanan para pejuang" pungkasnya. (1c)



26 Agu 2022

Dandim 1715/Yahukimo menutup Pelatihan Dasar Satuan Polisi Pamong Praja Kab. Nduga TA. 2022

INDOMEDIANEWSC- Dalam rangka mendukung program pemerintah di bidang ketertiban dan keamanan, Dandim 1715/Yahukimo Letkol Inf Johanis Victorianus Tethool menghadiri serta menutup pelatihan dasar anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Nduga di Gedung Pertemuan Kegayam, Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan, Kamis (25/8) 

Pelatihan dasar anggota Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Nduga merupakan program dalam menyiapkan pengawas di lingkungan pemerintah daerah Kabupaten Nduga. Tujuannya adalah membentuk sikap dan perilaku anggota Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Nduga dalam melakukan tugas. Para anggota Satuan Polisi Pamong Praja Kab. Nduga telah mendapatkan pembekalan berupa materi seperti PBB, sikap dan tupoksi pada umumnya.

Dandim 1715/Yahukimo Letkol Inf Johanis Victorianus Tethool saat menutup langsung kegiatan tersebut menuturkan, kegiatan pelatihan dasar seperti ini dimaksudkan untuk meningkatkan sikap dan karakter pengawas di lingkungan pemerintah daerah Kabupaten Nduga. 

"Tujuannya yaitu Meningkatkan SDM Satpol PP Kab. Nduga, memberikan pembekalan dan pengetahuan tentang aturan-aturan sebagaimana tugas pokok dan fungsi Satpol PP dalam rangka penegakan peraturan daerah serta menyelenggarakan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat," ujar Dandim.

Dandim juga memberikan beberapa motivasi kerja kepada para peserta agar dapat menjalankan tugas dengan baik.

“Satpol PP memiliki peran penting dalam menegakkan perda dan keputusan Bupati sehingga bisa memberikan manfaat kepada masyarakat. Untuk itu, banggalah menjadi anggota Satpol PP,” tutur Dandim.

Kepala Satpol PP Kab. Nduga, Yulius Kayame S.P,M.M., mengucapkan terima kasih kepada Dandim 1715/Yahukimo yang telah hadir untuk menutup Pelatihan dasar anggota Satpol PP Kab. Nduga.

“Sementara kepada  anggota Satpol PP Kab. Nduga yang telah mengikuti pelatihan ini kiranya dapat mengimplementasikan segala ilmu yang telah diterima selama mengikuti pelatihan dalam tugas sehari-hari. Laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab demi terwujudnya Ketertiban dan Ketentraman di Wilayah Kabupaten Nduga,” tegasnya. (Lis1c)

Bupati Sebut Koperasi Perkuat Ekonomi Masyarakat

INDOMEDIANEWSC- Bupati Cirebon, Drs H Imron MAg menghadiri Pembukaan Semarak Hari Koperasi ke-75 Tahun Tingkat Kabupaten Cirebon, Kamis (25/8/2022). Dengan tema "Transformasi Digital sebagai Gerakan Milenial Menuju Kemandirian Koperasi", kegiatan ini berlangsung selama tiga hari dari tanggal 25 s/d 27 Agustus 2022. Rangkaian acaranya yaitu Santunan Anak Yatim, Bazzar, Seminar Perkoperasian, Donor Darah, dan Jalan Sehat.

Kepada wartawan, Imron menyebut Dinas Koperasi dan UMKM sebagai kepanjangtanganan Pemkab Cirebon, harus ikut berperan aktif dalam menumbuhkembangkan perkoperasian. Pasalnya, Imron menegaskan koperasi merupakan salah satu pilar ekonomi masyarakat.

"Dengan menguatnya ekonomi masyarakat dibawah, maka ekonomi negara juga ikut kuat. Koperasi harus tumbuh dan Dinas Koperasi juga harus membantunya," ujar Imron.

Melihat tema transformasi digital, Imron juga menyebut koperasi harus bisa menuju arah digitalisasi. Artinya, masyarakat harus bisa lebih mudah dalam menjangkau layanan yang diberikan oleh koperasi melalui digitalisasi.

"Nanti Dinas Koperasi juga akan mengadakan pelatihan, pembinaan maupun seminar agar pengurus koperasi bisa lebih memahami digitalisasi," katanya.

Sementara itu, Ketua Dekopinda Kabupaten Cirebon, Pandi SE membenarkan saat ini belum banyak koperasi yang memanfaatkan layanan digital. Padahal, dirinya menyebut sudah ada aplikasi tidak berbayar yang disediakan.

"Saat ini baru sekitar 10persen dari jumlah keseluruhan koperasi yang menggunakan aplikasi keuangan digital. Kita sebetulnya sudah menyediakan aplikasi tanpa bayar. Jika dahulu koperasi harus membayar sekitar Rp25 juta untuk aplikasi, sekarang gratis pemasangannya dan hanya dikenakan biaya pemeliharaan," terang Pandi.

Oleh karena itu, Pandi menyambut baik rencana digelarnya seminar maupun kegiatan serupa pelatihan oleh Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Cirebon. Menurutnya, langkah itu dapat menambah wawasan pengelola koperasi.

"Peningkatan mutu SDM koperasi tentu akan terjadi dan nantinya berdampak pada keikutsertaan koperasi di era 4.0 seperti sekarang. Tugas kami juga agar koperasi yang selama ini tidak berkembang, bisa merubah pola, sehingga tujuan utama pada peningkatan ekonomi masyarakat melalui koperasi bisa terlaksana," tutupnya. (Lisdis)

25 Agu 2022

Kuwu Desa Cibogo " Lantik dua Perangkat Desa Baru"

INDOMEDIANEWSC- Pemerintahan Desa Cibogo Kecamatan Waled Kabupaten Cirebon, mengadakan pelantikan terhadap dua perangkat baru desa setempat.

Kuwu Desa Cibogo, Ahmad Hudori menuturkan, pelantikan perangkat desa ini sebagai upaya meningkatkan pelayanan masyarakat. 

"Dua orang perangkat desa yang dilantik pada hari ini yakni, Moh Hariman Aryanto dan Asep Irawan" tuturnya usai acara  pengambilan sumpah di balai desa setempat, Kamis 25/8/2022.

Kuwu sekaligus Sekretaris FKKC Kabupaten Cirebon ini menjelaskan, dalam melaksanakan roda pemerintahan dan pembangunan desa diperlukan sinergitas yang baik, termasuk masyarakat itu sendiri untuk mendukung program desa. 

"Progam desa yang telah disusun, akan terlaksana sesuai rencana bilamana elemen terkait yang ada di desa bersinergi. Baik lembaga dan perangkat desa maupun warga setempat," jelasnya.

Lebih lanjut dirinya menuturkan, perangkat desa yang baru harus mampu beradaptasi dan langsung bekerja sesuai tugas masing-masing. 

"Mari kita menjadikan desa ini lebih baik dari yang sudah baik, khususnya pelayanan pada masyarakat," pungkasnya.

Sementara itu, Camat Waled, H Khamim mengucapkan, selamat atas dilantiknya perangkat desa baru dan langsung bekerja dengan baik. 

"Komunikasikan dengan kuwu dan Muspika bila ada kendala dalam melaksanakan tugas, guna memudahkan pekerjaan, apapun jika terjadi mis akan berdampak kurang baik, oleh karenanya tetap jalin komunikasi dan bersatu padu demi pembangunan dan pengembangan Desa lebih baik" jelasnya.(1c)

TMMD Usai, Bupati Harap Kolaborasi Terus Terjaga


INDOMEDIANEWSC- Bupati Cirebon, Drs H Imron MAg menghadiri penutupan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-114 Kodim 0620 Kabupaten Cirebon di Desa Jatiseeng, Kecamatan Ciledug, Rabu (24/8/2022). Komandan Korem 063/Sunan Gunung Jati, Kolonel Inf Dani Rakca SAP turut hadir untuk menutup kegiatan yang dilaksanakan selama 30hari ini.

Dikatakan Imron, banyak manfaat dari kegiatan TMMD ini. Baik pembangunan fisik maupun lainnya, Imron mengatakan masyarakat sangat terbantu.

"Kami dari Pemerintah Kabupaten Cirebon mengucapkan terima kasih kepada jajaran Korem 063/Sunan Gunung Jati dan juga Kodim 0620 Kabupaten Cirebon yang telah melaksanakan TMMD kali ini. Semoga usai pelaksanaan TMMD, manfaat baik masih akan dirasakan oleh masyarakat," ujarnya.

Dalam kesempatan ini juga, Imron menyebutkan kolaborasi antara pemerintah dan juga TNI/Polri akan terus dilaksanakan dalam berbagai bidang pembangunan. Salah satunya adalah penanganan stunting.

"Nanti dari dinas terkait akan berkomunikasi dengan TNI kaitannya penanganan stunting. Penanganan stunting ini, merupakan kerja bersama agar angka stunting yang cukup tinggi di Kabupaten Cirebon bisa terus berkurang. Bukan hanya stunting saja, kolaborasi lainnya juga akan terus kita laksanakan," tambahnya.

Sementara itu, dalam laporannya, Danrem 063/SGJ menyebut kegiatan TMMD telah menyelesaikan kegiatan pembangunan fisik dan non fisik. Dijelaskannya, berbagai kegiatan tersebut semata-mata untuk menjaga jiwa gotong royong dan juga menumbuhkan sikap nasionalisme dalam masyarakat.

"Maka dari itu, sebagai penanggungjawab, saya harap untuk terus pelihara kemanunggalan TNI dan masyarakat, jangan mudah terhasut, serta pelihara sikap gotong royong sebagai warisan budaya bangsa. Hasil TMMD juga agar dipelihara, supaya bisa dinikmati oleh masyarakat secara jangka panjang," terang Dani.

Diakhir, Dani tak lupa mengucapkan permohonan maaf apabila selama pelaksanaan terdapat sikap maupun perilaku prajurit yang kurang berkenan. "Saya juga meminta agar adanya evaluasi menyeluruh terhadap kegiatan ini sebagai bahan pelaksanaan TMMD kemudian," tutupnya.(lisdis)

24 Agu 2022

Pendidikan "Tolak ukur Bangsa"

Nana Kencanawati

(Anggota DPRD Kab Cirebon)


Pendidikan merupakan tonggak kemajuan bangsa. Menjadi bangsa yang maju tentu merupakan cita-cita yang ingin di capai oleh setiap negara di dunia. Sudah menjadi suatu rahasia umum bahwa maju tidaknya suatu negara di pengaruhi oleh faktor pendidikan. 

Pendidikan merupakan proses mencetak generasi penerus bangsa yang berkualitas. Indonesia adalah salah satu Negara berkembang di dunia yang masih mempunyai masalah besar dalam dunia pendidikan. Kita mempunyai tujuan bernegara ”mencerdaskan kehidupan bangsa” yang seharusnya jadi sumbu perkembangan pembangunan kesejahteraan dan kebudayaan bangsa. 

Yang kita rasakan sekarang adalah adanya ketertinggalan didalam mutu pendidikan. Rendahnya mutu pendidikan menghambat penyediaan sumber daya menusia yang mempunyai keahlian dan keterampilan untuk memenuhi pembangunan bangsa di berbagai bidang.

Banyak faktor dan masalah yang menyebabkan pendidikan di Indonesia tidak bisa berkembang, diantaranya:

(1). Mahalnya biaya pendidikan.

Pendidikan di Indonesia menjadi sulit bagi mereka yang hidup di bawah garis kemiskinan. Mayoritas penduduk Indonesia yang berada di bawah garis kemiskinan mengakibatkan terbengkalai nya mereka dalam hal pendidikan. Selain kemauan mereka yang tidak pernah tumbuh dan sadar akan pendidikan, faktor ekonomi menjadi alasan utama  mereka untuk tidak menyentuh dunia pendidikan.

Pemerintah sudah mencanangkan pendidikan gratis dan bahkan pendidikan wajib 12 tahun, akan tetapi biaya-biaya lain yang harus di tangguh oleh para siswa tidaklah gratis. Biaya untuk perjalanan ke sekolah, membeli buku, seragam, dan peralatan sekolah lainnya tidak murah. Mereka harus memikirkan biaya lain selain biaya pendidikan yang bahkan lebih mahal di bandingkan biaya pendidikan itu sendiri. Selain itu, biaya hidup yang semakin meninggi terkadang membuat masyarakat lebih memilih untuk bekerja mencari nafkah dibanding harus melanjutkan pendidikannya

(2). Fasilitas pendidikan yang kurang memadai

Yang menjadi permasalahan pendidikan di Indonesia adalah fasilitas pendidikan yang masih kurang memadai. Banyak sekolah-sekolah yang bangunannya sudah hampir rubuh, tidak memiliki fasilitas penunjang seperti meja belajar, buku, perlengkapan teknogologi, dan alat-alat penunjang lainnya yang menyebabkan pendidikan tidak dapat berkembang secara optimal.

(3). Rendahnya kesempatan pemerataan pendidikan,

Perhatian yang diberikan pemerintah dalam hal pendidikan di kota dan di desa sangatlah berbeda. Pemerintah yang lebih menaruh perhatian pada pendidikan di perkotaan membuat kualitas pendidikan di perkotaan dan di pedesaan menjadi timpang. Salah satu contohnya ialah dalam masalah kesejahteraan guru. terdapat ketimpangan dalam hal bantuan untuk fasilatas pendidikan, dan banyak hal lainnya. Maka tidak heran apabila kualitas pendidikan di Indonesia masih belum merata dimana kualitas pendidikan di kota lebih baik daripada di desa.

Adapun solusi yang dapat diberikan dari permasalahan di atas antara lain dengan mengubah sistem-sistem sosial yang berkaitan dengan sistem pendidikan. Pemerintah harus peka terhadap kondisi pendidikan di setiap daerah dan dapat mengambil langkah yang pasti untuk memperbaiki kualitas sesuai dengan kondisi daerah masng-masing. Tidak hanya pemerintah, tetapi masayarat juga harus bahu-bahu bersama pemerintah untuk dapat meningkatkan kesadaran bahwa pendidikan itu penting dan dapat selalu mengawasi kegiatan pendidikan di Indonesia. Perkembangan dunia di era globalisasi ini memang banyak menuntut perubahan kesistem pendidikan nasional yang lebih baik serta mampu bersaing secara sehat dalam segala bidang. Dengan meningkatnya kualitas pendidikan berarti sumber daya manusia yang terlahir akan semakin baik mutunya dan akan mampu membawa bangsa ini bersaing secara sehat dalam segala bidang di dunia internasional.

Takunjung diperbaiki " pengendara roda dua " jungkel

INDOMEDIANEWSC- Takunjung diperbaiki, akibatnya seorang pengendara roda dua terjelembab.
Hal ini disampaikan seorang Anggota Pol PP Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, Sapi'i, Rabu 24/08/2022.

"Beberapa waktu lalu, ada peroyek pembangunan gorong-gorong yang lokasinya tepat di depan Kantor Kecamatan, sayangnya hingga saat ini bekas galian gorong-gorong belum juga diperbaiki, seharusnya pihak pelaksana segera melakukan pengaspalan kembali, agar bekas galian tersebut tidak membahayakan pengguna jalan, akibat lambatnya perbaikan, tadi pagi sekitar pukul 08 Wib, seorang pengendara roda dua terjatuh" jelasnya.

Lebih lanjut Sapi'i menjelaskan, bahwa pihaknya sudah beberapa kali menghubungi penanggungjawab pelaksana proyek  untuk segera dilakukan perbaikan pengaspalan bekas galian gorong-gorong, namun hingga berita ini diturunkan belum juga ada perbaikan.

"Tadinya tanah bekas galian menumpuk pinggir jalan kang, karena takut membahayakan, maka kami bersama rekan-rekan lainnya melakukan pembersihan  secara gotong royong, padahal itu kan kewajiban pihak pelaksana proyek, tapi tidak apa, yang penting aman bagi para pengguna jalan, namun yang kami minta saat ini adalah tanggungjawab pihak prlaksana untuk segera melakukan pengaspalan jangan sampai ada lagi pengendara kendaraan yang terjatuh akibat bekas galian yang membahayakan, sebagai upaya menghindari terjadinya kecelakaan, kami memasang rambu seadanya, yang terpenting adalah pihak pelaksana segera melakukan perbaikan, jangan ditinggal begitu saja" pungkas Sapi'i (1c)

23 Agu 2022

PT KAI Daop 3 Cirebon Tertibkan Aset Tanah di Desa Kanci Kulon " kondusif"

INDOMEDIANEWSC- Fokus Kegiatan PT KAI saat ini adalah melakukan Penjagaan Aset Perusahaan dengan Tujuan untuk Menjaga dan Mengamankan Aset Negara dari Pihak lain yang tidak memiliki hak atas aset negara tersebut.

Mengutip pernyataan dari Tenaga Ahli Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPR) Arie Yuriwin menuturkan seluruh aset BUMN harus diamankan dan dikuasai oleh BUMN. BUMN yang asetnya dikuasai oleh pihak lain yang tidak memiliki ijin, maka berhak menertibkannya.

Menyikapi persoalan tersebut, pada Selasa, 23/08/202. PT KAI Daop 3 Cirebon. Menertibkan aset Tanah PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang berada di Desa Kanci Kulon, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon dengan Alas Hak Sertifikat Hak Pakai No.1 Tahun 1991 a.n Perusahaan Jawatan Kereta Api CQ. Daerah Operasi Cirebon yang dimamfaatkan oleh Keluarga Alm.H Casda/Halimah yang dibangun sebagai hunian dan tempat Usaha dengan Luas 140 M2.

Dalam pemaparannya, Manager Humas Daop 3 Cirebon, Ayep Hanapi menjelaskan H Casda pernah berkontrak dengan PT KAI (Persero) untuk masa Sewa 1 Januari 2010- 31 Desember 2010. KAI Daop 3 Cirebon berupaya persuasif untuk melakukan perpanjangan sewa kontrak, Tetapi penghuni tidak mau.

"Penghuni aset tersebut tidak mengindahkan surat peringatan dari PT KAI. Telah disampaikan surat peringatan 1 tanggal 13 April 2022 , Surat Peringatan 2 tanggal 13 Mei 2022 dan surat peringatan 3 tanggal 1 Juni 2022 " tutur Ayep Hanapi.

Lebih lanjut  Ayep menuturkan 
"Sebagai Wujud Keseriusan KAI dalam menjaga aset Negara, KAI Daop 3 Cirebon akan terus melakukan upaya penataan aset yg dikelolanya dan sekaligus melakukan optimalisasi Aset tersebut. " pungkasnya. (Lis1c)

22 Agu 2022

Fungsi Situs Peti Kubur Batu Belawa Dalam Jejak Kehidupan Purba

INDOMEDIANEWSC-Peti Kubur Batu merupakan salah satu bentuk peninggalan tradisi dan budaya prasejarah era megalitik. Di era itu, peti kubur batu digunakan sebagai media untuk mengantarkan mayat orang yang meninggal ke dunia arwah.

Situs peti kubur batu peninggalan budaya prasejarah era megalitik masih bisa ditemui di Desa Belawa, Kecamatan Lemahabang.Kabupaten Cirebon.

Dalam jurnal Jejak Aktivitas Penguburan Masyarakat Megalitik di Kaki Gunung Ciremai Jawa Barat, karya Lutfi Yondri dijelaskan jika situs kubur batu yang berada di Desa Belawa, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon memiliki struktur yang terbuat dari papan-papan batu andesit.

Bagian badan kubur batu ini terbuat dari 6 papan andesit, 4 di antaranya merupakan bagian memanjang, sementara 2 lainnya sebagai pembentuk bagian kedua sisi.

Secara keseluruhan, kubur batu yang ada di desa Belawa memiliki ukuran panjang 205 cm dan lebar 70 cm. Sementara untuk arahnya, peti kubur batu tersebut memiliki orientasi ke arah barat dengan deviasi 25 derajat, mengarah ke Gunung Ciremai.

Dalam jurnalnya, Lutfi Yondri mengategorikan lokasi situs kubur batu di Desa Belawa, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon ini masuk ke dalam bagian dari kawasan Gunung Ciremai, selain situs kubur batu yang ada di beberapa titik di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Peti kubur batu yang terdapat di kawasan ini umumnya berbentuk empat persegi panjang dan terbuat dari susunan pecahan papan-papan batu yang ditambang dari alam.

Bentuk pipih dari papan batu tersebut memang sudah terbentuk di lokasi sumber bahannya. Papan-papan batu tersebut disusun sedemikian rupa tanpa menggunakan batu penyangga.

Dalam kehidupan di era itu, peti kubur batu digunakan sebagai media untuk mengantarkan si mayat ke dunia arwah. Pada prosesi penguburannya sendiri, juga terdapat tradisi yang disebut dengan bekal kubur.

Bekal kubur yang dimaksud adalah berbagai perlengkapan atau jenis benda yang biasanya disertakan bersama mayat dalam satu penguburan.

Penyertaan bekal kubur pada mayat umumnya berlandaskan keinginan masyarakat yang hidup untuk mencukupi keperluan si mati dalam perjalanan ke alam arwah dan melanjutkan kehidupannya.
Benda-benda yang disertakan pada mayat di berbagai tempat tidak semuanya sama. Ada yang berbentuk tajak perunggu, alat-alat besi, manik-manik, gelang kaca, perhiasan emas, periuk, kendi, unggas, anjing, dan juga ada yang berupa batu alam yang ditempatkan di bagian tubuh si mayat.

Keberadaan bekal kubur tersebut sangat berkaitan erat dengan status sosial dan kedudukan si mayat di lingkungan masyarakatnya ketika dia masih hidup.

Saat ini, salah satu bentuk peninggalan prasejarah era megalitik berupa situs peti kubur batu masih bisa dijumpai di Desa Belawa, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon. Hanya saja, kondisi situs kubur batu yang lokasinya berada di lahan areal perkebunan tebu milik desa itu nampak sudah tidak tertawat. (Lisyon)1c

21 Agu 2022

Turnamen Vollyball DS Cup " Panambangan Bangkit"

INDOMEDIANEWSC- Salah satu Desa Mandiri yang ada di Kabupaten Cirebon, Panambangan merupakan Desa yang ada di Kecamatan Sedong, Kabupaten Cirebon, yang terus berkarya dan berinopasi demi kemajuan dan kemakmuran menuju sebuah Desa yang dapat dibanggakan oleh semua pihak.
Karya dan inopasi tersebut diwujudkan melalui ragam lomba dan Budaya dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 Tahun 2022.

Peringatan HUT RI yang kembali bisa dinikmati secara terbuka, setelah dua Tahun terhambat karena adanya pandemi covid - 19 diselenggarakan atas dukungan dan kerjasama seluruh warga Desa Panambangan, diantara lomba yang ditampilkan adalah Turnamen vollyball DS cup tingkat Kecamatan Sedong, Lomba Catur, Tenis meja, Futsal dan pentas seni budaya.

Dalam keterangannya, Kuwu Desa Panambangan , Dadang Sunandar, mengharapkan agar kedepannya perkembangan Desa akan semakin lebih baik.

"Peringatan HUT RI Tahun ini, merupakan moment terbaik bagi kita untuk lebih saling peduli, saling memperhatikan, saling mendukung dalam membangun dan mengembangkan Desa, kami sangat merespon dan mengapresiasi segala bentuk kegiatan yang dilakukan atas kerjasama  seluruh warga, tanpa adanya dukungan mungkin Acara Peringatan HUT RI ke 77 tidak akan semeriah ini" tuturnya.Minggu,21/08/2022.

Lebih lanjut Dadang, menuturkan, sebagai salah satu  Desa Mandiri, tentunya menjadi kebanggaan sekaligus tantangan agar Panambangan terus mampu berkarya demi kemakmuran dan kesejahteraan seluruh warga Masyarakat.

"Kemerdekaan ini harus kita isi dengan berbagai hal yang positif dan membangun, tugas kita sebagai generasi muda, selain wajib untuk tetap mengenang dan menghargai jasa pahlawan, tentunya menjadi keharusan agar kita mampu berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat membanggakan semua pihak, intinya melalui Peringatan HUT RI , Bukan hanya dimeriahkan dengan berbagai lomba atau kegiatan, namun yang terpenting adalah bagaimana caranya Negeri yang sudah merdeka ini kita isi dengan berbagai karya yang membangun dan meningkatkan kesejahteraan , keadilan, Sosial dan Budaya demi keutuhan NKRI" pungkasnya.

Dengan tema junjung sportifitas tanpa batas, Panambangan akan menjadi sebuah Desa yang patut dibanggakan dan menjadi salah satu Desa percontohan. (1c)

20 Agu 2022

Karnaval ragam busana "Meriahkan HUT RI ke 77 " Leuwidinding bangkit

INDOMEDIANEWSC- Meriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke 77, Warga Masyarakat dan Pemdes Leuwidinding , Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, menggelar acara Karnaval yang diikuti oleh warga dari berbagai blok yang ada di Desa tersebut.
Beragam busana unik terlihat nyentrik saat digelarnya acara karnaval, dari mulai pakaiyan yang berbahan dasar kertas karton, kantong kresek, tali plastik dan berbagai busana yang mengundang perhatian dan decak kagum bagi yang melihatnya.

Acara yang dilaksanakan pada Sabtu pagi, 20/08/2022 dimulai dari halaman kantor Desa Leuwidinding dipenuhi oleh ribuan pasang mata yang ingin melihat dan menyaksikan jalannya acara Karnaval tersebut.

Dari pantauan IM, Karnaval diikuti oleh warga dari berbagai usia dan golongan, tua muda , pria wanita menggunakan berbagai busana yang sangat menawan, bukan saja unik namun penuh kreasi dan kreatif yang patut untuk dibanggakan.

Kuwu Desa Leuwidinding, Imas Rasdianto, menyampaikan rasa bangganya atas kreasi dan semangat seluruh warganya yang begitu antusias mengikuti acara Karnaval sejak pagi hingga siang.

"Kami dari pihak Pemdes, tentunya sangat bangga melihat semangat dan dukungan seluruh warga Masyarakat, yang secara bersama-sama memeriahkan HUT RI ini tanpa ada perbedaan, hal ini tentunya bukan saja membuat bangga, namun mencerminkan bahwa warga Leuwidinding menjungjung tinggi nilai persatuan dan kesatuan, harapannya semoga ini merupakan momentum terbaik dalam meniti kehidupan kearah yang lebih baik" tuturnta.

Imas pun bahkan mengharapkan, melalui peringatan HUT RI yang kembali dapat dilaksanakan setelah sebelumnya terhambat karena adanya pandemi, bisa semakin mempererat persaudaraan antar warga.

"Intinya mari jaga persatuan dan kesatuan, yang terpenting lagi kita sebagai Anak Bangsa jangan sampai melupakan sejarah dan sudah menjadi kewajiban untuk menghargai dan menghormati jasa para pahlawan, karena berkat merekalah ( pahlawan-red) kita ada dan bisa menikmati kehidupan yang layak dan bebas dari berbagai belenggu" pungkasnya.

Sementara itu, Nani, salah seorang warga setempat, sangat berterimakasih atas dukungan penuh yang diberikan pihak Pemdes.

"Kami sangat rindu merayakan HUT RI seperti Hari ini, karena dua tahun kami hampir disibukan dengan adanya pandemi, dengan dukungan penuh yang diberikan pihak Pemdes, harapan kami kedepannya acara seperti sekarang ini bisa lebih meriah" tuturnya. (1c)

Semarakkan HUT Kemerdekaan RI ke-77, Pangdivif 2 Kostrad mengadakan Fun bike Kelilingi Malang Raya

INDOMEDIANEWSC- Masih dalam rangkaian kegiatan menyemarakkan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77, Pangdivif 2 Kostrad Mayjen TNI Syafrial, PSC., M.Tr.(Han), beserta Pejabat Teras Madivif 2 Kostrad dan seluruh Dansatjar Malang raya, melaksanakan Fun bike. Malang, Jumat (19/8).

Selain untuk menyemarakkan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77, kegiatan Fun bike ini juga bertujuan untuk menjaga imun tubuh dan kondisi fisik yang prima, selain itu juga sebagai wujud silaturahmi kepada Perwira Divif 2 Kostrad se-Malang Raya.

Kegiatan diawali dengan senam peregangan dan route  fun bike kali ini dimulai titik start dari Lapangan Rampal – Malang Kota – Alun-Alun Kota Malang – Jln. Besar Ijen – Jln. Soehat – melewati Patung Pesawat Soehat – finish di Unggul Sport Center dan menempuh jarak kurang lebih sejauh 18,2 km. 

Dalam keterangan Pangdivif 2 Kostrad, beliau menyampaikan ucapan terimakasih dan untuk tetap jaga faktor keamanan.

"Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh personel Fun bike yang ikut serta menyemarakkan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77. Selain itu juga ditekankan selama pelaksanaan gowes, diharapkan tiap personel agar selalu menjaga faktor keamanan,” ujarnya.

Setiba di Unggul Sport Center, Pangdivif 2 Kostrad beserta personel gowes lainnya melanjutkan olah raga bersama sesuai dengan bidangnya masing-masing diantaranya, Voly, Bulu Tangkis, Tenis Meja, Mini Soccer, dan Bola Basket. Kegiatan berjalan lancar, tertib, dan aman sampai selesai. (1c)

PROGRAM JUM'AT BERSIH, KODIM 1702/JWY BERSIHKAN TEMPAT IBADAH & KOTA WAMENA

INDOMEDIANEWSC-Kodim 1702/JWY bersama warga masyarakat bergerak bersama melaksanakan kegiatan Jumat Bersih dengan menyasar Rumah ibadah Gereja Katholik Paroki Penebus Telnyapike Hepuba di wilayah Kampung Assolokobal Distrik Megapura Kab. Jayawijaya serta jalan Poros Kota Wamena, pada Jumat (19/08/2022).

Dandim 1702/Jayawijaya Letkol Cpn Athenius Murip, SH, MH dalam hal ini menjelaskan, kegiatan ini tidak semata untuk melakukan pembersihan rutin terhadap tempat-tempat ibadah melainkan juga untuk memberikan contoh dan mengajak masyarakat akan pentingnya kebersihan.

Obyek yang dibersihkan merupakan tempat ibadah beserta sarana perlengkapan lainnya dengan mengajak dan melibatkan pengurus dan masyarakat di wilayah tersebut.

"Ini upaya Kami dalam mengajak masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih, yang tidak saja bagi diri kita tetapi juga lingkungan kita, termasuk tempat ibadah", Ujarnya.

Dandim juga mengajak masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan serta selalu berdoa agar terhindar dari berbagai penyakit serta sehat wal'afiat.

"Jumat bersih kali ini adalah salah satu kegiatan pembinaan teritorial yang sering dilakukan Kodim 1702/Jayawijaya bersama masyarakat di kampung-kampung binaan, manfaatnya sangat banyak mulai lingkungan menjadi bersih dan sehat hingga keakraban TNI dengan masyarakat di wilayah Kab. Jayawijaya", Tutup Dandim.

Kegiatan pembinaan teritorial yang dilakukan Kodim 1702/Jayawijaya seperti Jumat Bersih tersebut akan memupuk hubungan emosional dan penguat tali silaturahmi untuk mewujudkan kemanunggalan TNI-rakyat.
(Sumber Kodim 1702/JWY.) 1c

18 Agu 2022

Sisa bangunan dibiarkan "Pol PP Asjap minta segera diperbaiki" jangan abai

INDOMEDIANEWSC- Terkesan abai dan membahayakan para pengguna jalan, Anggota Pol PP Kecamatan Asranajapura, Kabupaten Cirebon, menyayangkan lambannya pihak pelaksana proyek pembangunan pembuatan gorong- gorong pada ruas jalan Kanci Sindang (depan Puskesmas Astanajapura) untuk membersihkan sisa-sisa pembangunan.
Hal tersebut seperti dituturkan salah seorang Anggota Pol PP Kec Astanajapura, Sukarta, Kamis, 18/08/2022.

"Kami sangat mendukung segala bentuk pembangunan, namun pihak pelaksana atau yang bertanggung jawab terkait pembangunan pun harus paham dan patuh aturan, dalam hal ini berkewajiban untuk membersihkan sisa-sisa bangunan, jangan dibiarkan begitu saja, selain mengganggu kenyamanan juga membahayakan pengguna jalan, sedangkan jalanan tersebut akan dipergunakan untuk kegiatan perayaan HUT RI ke 77, kamipun sudah berulangkali menghubungi pihak pelaksana pembangunan untuk segera membereskan kewajibannya, namun tidak juga ada tanggapan, ahirnya kami bersama pegawai kecamatan lainnya membersihkan sisa proyek tersebut agar tidak menimbulkan sesuatu yang merugikan banyak pihak, intinya kami meminta pihak pengusaha atau pelaksana proyek patuh aturan" jelasnya.

Senada hal tersebut disampaikam anggota Pol PP lainnya, Sapi'i.

"Kalau dilihat dari lamanya pekerjaan memang masih lama, tetapi kalau bisa cepat mengapa harus lama, coba saja liat kang, bekas galian masih berserakan, ditambah lagi sisa penggalian untuk gorong-gorong sangat bergelombang, ini harus segera dilakukan perbaikan jangan sampai ada korban akibat hal tersebut diatas" tegasnya(1c)

Pemdes Japura Bakti gelar Program Rutilahu " demi kesejahteraan warga"

INDOMEDIANEWSC- Kesejahteraan untuk warga Masyarakat terus diupayakan demi tercapainya target pembangunan Desa .

Hal ini pula yang dilaksanakan Pemerintahan Desa Japurabakti, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon.
Dari keterangan yang dituturkan Kuwu Desa Japurabakti, Haerudin, pihaknya bersama LPM saat ini tengah melaksanakan program Rutilahu yang Anggarannya di peroleh dari Provinsi Jawa-barat.

"Alhamdulillah, kami tengah menggelar program rutilahu  bagi warga sebanyak 30 unit, diharapkan dengan adanya realisasi program ini Krhidupan warga kami semakin sejahtera, baik dalam segi ekonomi maupun hal lainnya" tuturnya

Senada hal tersebut disampaikan Anggot LPM Japurabakti, Sanap Gandawasa, kamis, 18/08/2022.

"Sudah hampir keseluruhan dari 30 warga yang menerima program Rutilahu sudah terealisasi, jika dipersentase dalam pelaksanaannya ada yang sudah mencapai 50 sampai 85 %, harapan kami seluruhnya bisa segera diselesaikan dengan cepat namun tetap mengedepankan mutu dan kualitas" jelasnya.

Sementara itu, salah seorang warga Dusun 2 Yanti (42 Tahun) yang menerima program rutilahu, sangat berterimakasih kepada pihak pemerintahan Desa.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada pak kuwu dan jajarannya yang telah memberikan bantuan kepada kami dalam bentuk Rutilahu, tentunya dengan program tersebut tempat tinggal kami semakin jauh lebih baik, semoga kedepannya masih banyak lagi program yang intinya untuk kesejahteraan warga Masyarakat" jelasnya. (1c)




17 Agu 2022

Peringatan HUT RI ke 77 " Pemuda harapan Bangsa"

INDOMEDIANEWSC- Isi kemerdekaan dengan berbagai hal positif, ditekankan Camat Astanajapura, Kabupaten Cirebon, Suharto, saat menggelar Acara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 di Lapangan Bola Desa Buntet, Rabu, 17/08/2022.
Acara peringatan HUT RI yang dihadiri seluruh unsur Muspika, Para Kuwu , pendidik dan Masyarakat yang turut menyaksikan dilaksanakannya pengibaran bendera berjalan dengan penuh hikmad, setelah sebelumnya selama kurun waktu dua tahun tidak bisa melaksanakan Acara HUT RI secara terbuka karena adanya dampak pandemi covid-19.

Terlihat dengan sangat jelas, antusias para peserta upacara dibawah terik mentari yang seakan tidak menjadi penghalang karena tekad dan cinta tanah air yang begitu tinggi.

Hal ini pula yang dituturkan Camat Astanajapura, Suharto, usai pelaksanaan Upacara Bendera.

"Generasi muda harus mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang positif, jangan mudah putus asa dan tetap berkarya, berkreasi . Jadikan momen kemerdekaan ini sebagai pemacu untuk tetap maju untuk meraih asa dan cita" tuturnya 

Suharto menuturkan pentingnya menghargai para Pahlawan.

"Sudah sepatutnya kita menghargai dan mengenang jasa-jasa para pahlawan, dan sebagai wujud penghargaan itu adalah kita sebagai penerus harus berusaha maksimal mengisi kemerdekaan dengan berusaha berbuat baik bagi Nusa, Bangsa dan Negara" pungkasnya.

Sementara itu, Ketua FKKC kec Astanajapura, Subandi, menegaskan perlunya cinta tanah air dan mengenang pengorbanan para pahlawan kemerdekaan.

"Kita ada saat ini adalah berkat pengorbanan para Pahlawan, mereka rela berkorban jiwa raga demi berdirinya Republik, oleh karenanya, jangan sampai kita melupakan jasa para Pahlawan, mari singsingkan lengan baju, gapai segala harapan, tekadkan dalam jiwa raga demi kemajuan Bangsa, terus berkarya, terus berupaya dan berdoa agar Bangsa kita menjadi Bangsa yang bukan saja dihargai oleh kita namun oleh seluruh Dunia, Dirgahayu RI ke 77. Merdeka" tegasnya. (1c)

Bupati Ajak Masyarakat Bangkit Pasca Pandemi

INDOMEDIANEWSC- Upacara Peringatan HUT Republik Indonesia ke-77 di Lapangan Ranggajati, Kecamatan Sumber, Rabu (17/8/2022) terasa sangat istimewa. Pasalnya, upacara yang berlangsung khidmat ini, digelar pertama kali pasca pandemi Covid-19 yang menerpa Indonesia dalam 2 tahun terakhir.

Bupati Cirebon, Drs H Imron MAg hadir langsung sebagai Inspektur Upacara. Nampak pula sejumlah pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Cirebon mengikuti jalannya upacara.

Dalam sambutannya, Imron mengatakan gaung pekik kemerdekaan harus tetap melekat dihati semua warga. "Pengorbanan yang dilakukan oleh para pahlawan syuhada pembela tanah air, berisikan amanat luhur kepada generasi penerus, agar momentum kemerdekaan dapat dipelihara, dan diisi dengan aktivitas positif," ujarnya.

Tujuan utama kemerdekaan, menurut Imron adalah terciptanya tatanan masyarakat yang maju dan sejahtera, kehidupan bangsa yang cerdas serta membina perdamaian dan keadilan sosial dalam pergaulan dunia yang makin bersahabat sebagaimana yang termaktub dalam pembukaan Undang-undang dasar 1945. Untuk memberikan penghormatan dan penghargaan kepada para pahlawan yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan, dikatakan Imron, salah satu tindakan yang paling terpuji adalah melalui pengisian kemerdekaan dengan gerakan pembangunan.  

"Strategi peningkatan kesejahteraan yang telah dibangun oleh pemerintah Kabupaten Cirebon, merupakan langkah yang tepat, untuk bisa membawa masyarakat berada pada suasana kehidupan yang sejahtera. Itulah cita-cita dasar kemerdekaan, yang hingga kini masih terus diperjuangkan. Cita-cita ini kemudian dijabarkan dalam  tugas konstitusional yang Saya emban sebagai Bupati Cirebon melalui berbagai konsep, rancangan dan langkah kebijakan, semuanya berpijak kepada landasan dasar untuk menciptakan terwujudnya kabupaten Cirebon berbudaya, sejahtera, agamis dan maju," terangnya.

Dijelaskan Imron, tema Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2022 ini, yaitu "Pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat” merupakan sebuah refleksi dari nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika  sebagai semboyan bangsa Indonesia yang besar, kuat dan bersatu. Semangat juang dan Garuda Pancasila untuk bangkit lebih kuat dan tangguh.

"Logo angka 77 melambangkan gerak percepatan dalam memperbaiki kondisi Indonesia untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat, serta melambangkan adanya progres dan pembangunan disegala sektor di Indonesia. Sinergi antara pemerintah dan masyarakat dalam bergotong royong dan bergerak berdampingan secara fleksibel dan dinamis, yang bertujuan agar satu arah menuju Indonesia maju. Selain daripada itu, keterbukaan bangsa Indonesia dalam perannya ditingkat global untuk bergerak secara bebas aktif dalam memulihkan kondisi dunia. Peran Indonesia pada forum G20 dalam mempersatukan suara negara-negara maju, untuk berkontribusi menyelesaikan berbagai isu dan tantangan yang dihadapi dunia," tambahnya.

Dalam kesempatan ini juga, bupati menjelaskan, kita patut bersyukur telah dapat melampaui 77 tahun usia kemerdekaan. Suatu perjalanan panjang yang meninggalkan banyak kesan yang mendalam.  

"Kita sekarang yang berada dimasa ini, berkewajiban untuk melanjutkan perjuangan generasi pendahulu, sekaligus menanggung konsekuensi perjuangan yang sesuai dengan jamannya. Mari kita hadapi berbagai hambatan, gangguan dan tantangan dengan memperteguh semangat untuk terus berjuang. Mari kita bahu membahu dan bersama-sama bersatu dalam perbedaan dan melanjutkan perjuangan untuk menjadi bangsa yang terhormat, bangsa Indonesia. Mari kita susun kekuatan agar kita dapat melangkah lebih maju, untuk menyelesaikan pekerjaan rumah menuju cita-cita mewujudkan masyarakat sejahtera. Sesuai amanat kemerdekaan, yaitu terselenggaranya kesinambungan sendi-sendi perekonomian, khususnya di kabupaten Cirebon," jelasnya.

Diakhir, Imron menghimbau kepada masyarakat kabupaten Cirebon untuk segera melakukan vaksinasi booster, agar tercapai kekebalan atau imunitas dan tetap menerapkan protokol kesehatan dalam melakukan segala aktivitas. (Lisdis)

Warga Blok Cikondang " Cerianya HUT RI " momentum terbaik


INDOMEDIANEWSC- Semarak kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 77, menjadi momentum dan bangkitnya rasa kebangsaan yang selama 2 Tahun terkungkung akibat pandemi cobid-19.

Salah satunya yang terlihat di Blok Cikondang, Desa Wangkelang, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, Rabu, 17/08/2022.

Ratusan Warga Masyarakat dari berbagai kalangan menyaksikan berbagai kegiatan yang dilaksanakan dalam Rangka HUT RI, dari mulai lomba balap karung yang merupakan salah satu tradisi di hari Kemerdekaan, balap klereng, makan kerupuk dan berbagai macam lomba Rakyat lainnya.

Kemeriahan warga dalam lomba Agustusan tersebut disampaikan Ketua Panitia HUT RI, Euis, ditengah pelaksanaan lomba.

"Kami Masyarakat Desa wangkelang, hususnya warga Blok Cikondang, sangat menyambut baik kembali digelarnya berbagai lomba secara terbuka, ini dikarenakan selama 2 Tahun semua kegiatan tidak bisa dilaksanakan akibat adanya pandemi, dan rasa syukur atas kemerdekaan yang kita raih dari pengorbanan para pejuang kemerdekaan kita wujudkan lewat berbagai kegiatan, tentunya semuanya bisa terealisasi karena adanya dukungan serta peran serta dari semua warga" jelasnya 

Senada hal tersebut disampaikan warga lainnya, Juata, dirinya sangat bangga dengan antusias yang diperlihatkan para warga dalam memeriahkan HUT RI ke 77.

"Siang malam secara bergotong royong warga Blok Cikondang bersama sama membuat berbagai hiasan  termasuk mempersiapkan berbagai acara yang akan dilaksanakan, dan Alhamdulillah, lelahnya warga tersebut terbayar penuh dengan dilaksanakannya berbagai kegiatan, moga-moga kedepannya kegiatan yang dilaksanakan ini bisa kembali lebih baik dan meriah dari tahun sekarang, yang pasti , kami warga Desa wangkelang, dari Anak-anak hingga Nenek -nenek, Pria dan wanita tanpa pandang bulu bersama sama bersuka cita dalam memeriahkan HUT RI ke 77, yang terpenting makna Merdeka ini benar-benar menjadi kemerdekaan yang hakiki" jelasnya. (1c)

15 Agu 2022

Semarak Kemerdekaan " Geliat UMKM" Kecamatan Sedong


INDOMEDIANEWSC- Gebyar peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke 77 dilaksanakan dengan meriah dan hikmat oleh jajaran pemerintahan Kecamatan Sedong, Kabupaten Cirebon, Senin,15/08/2022.

Dengan tema pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat, Acara yang diprakarsai muspika dan didukung penuh oleh seluruh unsur pemerintahan Desa tersebut diisi dengan berbagai kegiatan, seperti jalan santai, gerak jalan , futsal , dan pembagian santunan bagi yatim juga duafa.

Usai Acara dan  pembagian santunan, Camat Sedong, Yuyun Kusumawati, menuturkan tentang perlunya pemahaman akan makna kemerdekaan.

" kemerdekaan yang kita rasakan saat ini merupakan hasil juang para pahlawan yang rela berkorban jiwa raga , mereka berkorban penuh keihlasan demi berdiri kokohnya NKRI, dan kita sebagai generasi muda sudah sepatutnya menghargai jasa-jasa para pahlawan Kemerdekaan, oleh sebab itu, kami dari Muspika dan pihak Desa juga beberapa unsur lainnya melaksanakan dan memperingatinya dengan berbagai kegiatan sebagai ucapan syukur atas segala apa yang kita rasakan saat ini" tuturnya.
Lebih lanjut Yuyun, menuturkan, rasa syukurnya atas segala bentuk kegiatan yang kembali bisa dilaksanakan setelah dua tahun semuanya hampir terhenti karena adanya pandemi.

"Ini merupakan berkah bagi seluruh Bangsa Indonesia, betapa tidak, selama dua tahun kita fokus pada corona hingga berdampak pada semua lini, terlebih sektor ekonomi, Alhamdulullah,,semuanya telah berangsur kembali normal, dan dampak yang sangat nyata adalah kembali menggeliatnya para usaha kecil atau UMKM, semoga kedepannya kita semua benar benar merasakan kehidupan normal dan mampu meningkatkan taraf perekonomian dan kesejahtraan bagi seluruh Masyarakat secara umum" pungkasnya 

Senada hal tersebut dituturkan Ketua FKKC kecamatan Sedong, Agus Syamsah.

"Terlaksananya acara peringatan HUT RI ini atas dukungan dan kerjasama semua pihak, semoga dengan adanya semarak kemerdekaan ini mampu meningkatkan rasa cinta tanah air, terlebih lagi bisa memupuk silaturahmi dan kemanunggalan semua lapisan dalam mengisi pembangunan , agar pengorbanan para pahlawan kemerdekaan tidak sia-sia.kita sebagai generasi muda harus mematri rasa hormat dan penghargaan kepada para pahlawan, dengan salah satu caranya adalah mengisi kemerdekaan ini dengan tetap berkarya dan berkreasi demi kemajuan Bangsa dan Negara" jelasnya.(1c)





Pramuka Diharapkan Ciptakan Generasi Berkarakter Kuat

INDOMEDIANEWSC- Gerakan Pramuka selama ini telah terbukti mampu menciptakan generasi muda yang memiliki karakter kuat. Hal tersebut dikatakan Bupati Cirebon, Drs H Imron MAg usai menghadiri Peringatan Hari Pramuka ke-61 tingkat kwartir cabang Cirebon tahun 2022 yang dilaksanakan di lapangan Desa Mayung Kecamatan Gunung Jati, Minggu (14/8/2022).

Dijelaskan Imron, peran serta gerakan pramuka dalam setiap program pemerintah sangat dirasakan. Terlebih, pramuka sendiri mampu melakukan pendidikan karakter bagi para anggotanya.

"Pramuka ini kan dididik untuk menjadi karakter kuat, gotong royong dan juga aktif dalam kegiatan masyarakat. Selama pandemi, pramuka juga ikut membantu pemerintah dalam program pencegahan serta penanggulangan Covid-19. Termasuk juga jika ada bencana alam, pramuka selalu ikut serta," ujar Imron.

Oleh karena itu, dirinya mengungkapkan pemerintah mulai tingkatan pusat hingga daerah selalu mendukung berbagai kegiatan pramuka. "Kita ada anggaran untuk pramuka dari pemerintah. Semoga, pramuka tetap jaya dan solid," tambahnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Kwarcab Kabupaten Cirebon Bidang Hukum dan Organisasi, Drs Erus Rusmana mengatakan, seluruh anggota pramuka memiliki dasar kuat yang tertuang dalam Dasa Dharma Pramuka serta Trisatya. Dengan demikian, pramuka wajib mengamalkan keduanya dalam setiap kegiatan.

"Saat ini juga ada pembacaan janji ulang seluruh pramuka. Tujuannya, agar Dasa Dharma serta Trisatya ini bukan hanya diucapkan, melainkan juga diresapi serta dilakukan dalam kegiatan sehari-hari," ujar Erus.
Peringatan Hari Pramuka ke-61 tahun ini juga, Erus menyebut dijadikan sebagai momentum untuk pembangunan karakter bangsa menuju manusia gemilang. "Kita juga mengirimkan kontingen untuk mengikuti Jambore Nasional di Cibubur. Tentunya, Hari Pramuka tahun ini akan kita jadikan momen, karena selama dua tahun terakhir, ada beberapa program tersendat karena pandemi," tambahnya.

Mengenai program kerja Kwartir Cabang Kabupaten Cirebon, Erus menyebut akan difokuskan pada peningkatan kompentensi pembina. Meskipun diakuinya banyak instruktur, namun pada tataran pembina dirasa masih kurang.

"Kita akan adakan pelatihan pembina sesuai yang ditentukan Gerakan Pramuka. Pembina itu kan ada tingkatannya, sehingga kita akan fokus untuk itu. Instruktur sudah banyak, tetapi untuk pembina masih belum banyak," tutupnya. (Lisdis)

14 Agu 2022

Pemdes Sampih " berikan kado sepecial dalam Rangka HUT RI ke 77"

INDOMEDIANEWSC- Ribuan warga Masyarakat Desa Sampih, Kecamatan Susukanlebak, Kabupaten Cirebon, tumpah ruah dihalaman kantor Desa setempat, dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke 77.
Setelah dua Tahun Peringatan HUT RI dilaksanakan secara virtual akibat Pandemi Covid-19 dan Tahun ini baru bisa dilaksanakan secara terbuka, antusias warga begitu terlihat jelas saat pihak pemdes setempat menggelar acara lomba jalan santai, Minggu, 14/08/2022.

Dalam keterangannya, Kuwu Desa Sampih, Suherman, menuturkan pentingnya generasi muda untuk tidak melupakan sejarah hususnya para pejuang kemerdekaan.

"Sebagai generasi muda sudah sepatutnya untuk tetap mengingat jasa-jasa para pejuang kemerdekaan, mereka rela berkorban jiwa raga demi kemerdekaan yang saat ini kita rasakan manfaatnya, tanpa mereka( para pejuang-red) kita tidak mungkin bisa menghirup udara segar dan tidak mungkin merasakan kemakmuran dan kesejahteraan yang seperti kita rasakan saat ini" tuturnya.

Lebih lanjut Suherman menuturkan, bahwa kewajiban generasi muda dalam mengisi kemerdekaan dengan berbuat baik dan berkarya demi Negeri.

"Tetap berkarya dan berkreasi demi Negeri, tunjukan kepada Dunia bahwa kita adalah Bangsa yang besar dan yang senantiasa menghargai jasa para pahlawan, melalui momen peringatan HUT RI yang ke 77, kita jadikan persatuan dan kesatuan semakin terpatri, oleh karenanya, lewat lomba jalan santai merupakan salah satu upaya memepererat persatuan dan kesatuan antar sesama, intinya mari kita meniti dan membangun Desa dengan kebersamaan, tanpa adanya kebersamaan tidak mungkin kita mewujudkan apa yang kita harapkan, semoga dengan kembali dilaksanakannya berbagai kegiatan yang sebelumnya terhambat karena pandemi, kehidupan berbangsa dan bernegara kita akan semakin baik demi Republik tercinta" pungkasnya.

Disaat yang bersamaan, Suherman memberikan kado sepecial kepada salah seorang warganya yang tepat berusia 77 Tahun (Ibu Neni)
Wanita yang telah berusia 77 Tahun tersebut menuturkan kebahagiaannya.

"Saya sangat bahagia karena Tahun ini Peringatan HUT RI kembali bisa dilaksanakan secara terbuka, mudah-mudahan kedepannya akan semakin membaik dan semakin meriah , terimakasih untuk pak kuwu yang telah memberikan kado sepecial diusia saya yang ke 77 Tahun, bertepatan dengan HUT RI yang ke 77 Tahun ini" tuturnya lirih. (1c)

13 Agu 2022

Pemkab Cirebon Laksanakan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih

INDOMEDIANEWSC- Pemerintah Kabupaten Cirebon ikut serta melaksanakan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih sesuai instruksi Kementerian Dalam Negeri. Bupati Cirebon, Drs H Imron MAg beserta Wakil Bupati Cirebon, Hj Wahyu Tjiptaningsih SE MSi sudah mencanangkan gerakan ini, Kamis (11/8/2022) kemarin.

Gerakan yang dilandasi pada Peringatan HUT Republik Indonesia ke-77 tahun 2022 ini akan menyasar masyarakat Kabupaten Cirebon. Melalui para camat dan kuwu, bendera merah putih akan dibagikan untuk dipasang pada rumah masing-masing warga.

Hingga Jumat (12/8/2022), sudah 2565 buah bendera merah putih yang dibagikan Pemkab Cirebon melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik sebagai koordinatornya kepada masyarakat. Adapun saat pencanangan, bendera merah putih yang dibagikan sebanyak 620 buah.

Bupati Cirebon menyebut gerakan ini sebagai upaya untuk menjaga dan menumbuhkembangkan rasa cinta tanah air. Sebagai simbol negara, Imron menegaskan bendera merah putih harus terus berkibar.

"Apalagi sekarang bulan Agustus dimana ada momen sangat spesial bagi bangsa Indonesia, yaitu Hari Kemerdekaan. Oleh karena itu, mari kita kibarkan bendera merah putih di rumah maupun di kantor," ujar Imron.

Disamping itu, dengan mengibarkan bendera merah putih, Imron mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk senantiasa mengingat perjuangan para pejuang dalam merebut kemerdekaan. Dengan demikian, Imron mengaku akan muncul dengan sendirinya rasa memiliki terhadap Indonesia.

"Dahulu, para pejuang untuk mengibarkan bendera merah putih harus berdarah-darah. Sekarang kita sangat mudah dan rugi rasanya apabila tidak memasang bendera. Minimalnya di rumah dan di kantor, pada bulan Agustus ini bendera merah putih harus berkibar," tambahnya.

Diakhir, Imron juga meminta kepada seluruh masyarakat untuk bisa mengisi kemerdekaan dengan kegiatan yang positif. "Terlebih, persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia harus tetap terjaga, agar semua pembangunan yang dilakukan pemerintah dapat berjalan dengan baik," tutupnya. (Lisdis)

11 Agu 2022

Bupati Terus Ingatkan Jaga Kesehatan

INDOMEDIANEWSC- Pemerintah Kabupaten Cirebon terus melakukan peningkatan di berbagai sektor pasca pandemi Covid-19 yang melanda dalam beberapa tahun terakhir ini. Selain pemulihan ekonomi, Pemkab Cirebon juga terus mengingatkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan.

Bupati Cirebon, Drs H Imron MAg mengakui, kesehatan masyarakat menjadi kunci pemulihan ekonomi. Dengan demikian, Pemkab Cirebon terus berupaya untuk mengadakan kegiatan yang tujuannya untuk menjaga kesehatan masyarakat.

"Beberapa hari lalu kita adakan jalan sehat dan sekarang senam massal, serta ada lomba-lomba. Tujuan dari kegiatan ini juga untuk bersama-sama menjaga kesehatan," ujar Imron usai membuka Kegiatan Senam Bersama Rakyat dan Lomba Rakyat Ceria antar 40 PKK Kecamatan dan 34 DWP SKPD, Rabu (10/8/2022) di Stadion Ranggajati, Kecamatan Sumber.

Diungkapkan Imron, bukan hanya menjaga kesehatan, kegiatan senam bersama ini juga untuk menjaga kekompakan dimasyarakat. Pasalnya, peserta senam dan lomba ini terdiri dari berbagai unsur.

"Ada Forkopimda, PKK dan juga Organisasi Wanita SKPD. Dengan berolahraga, tubuh menjadi sehat, silaturahmi juga tetap terjaga," tambahnya.

Diakhir, Imron mengajak semua warga untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan. Terlebih, dalam peringatan HUT RI ke-77 ini, diperlukan kekompakan dari seluruh pihak untuk mencegah terjadinya perpecahan.

"Berawal dari kesehatan, kita bisa bekerja bersama demi meneruskan perjuangan para pejuang kemerdekaan," pungkasnya. (Lisdis)

10 Agu 2022

Sambut Peringatan HUT RI ke 77"Pemcam Sedong gelar Lomba Gerak Jalan Umum"

INDOMEDIANEWSC- Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 Tahun 2022. Pemerintah Kecamatan Sedong, Kabupaten Cirebon, menggelar kegiatan lomba gerak jalan umum, yang diikuti 96 regu dari berbagai kalangan.
Acara Lomba gerak jalan yang diikuti Siswa Sekolah, Masyarakat umum dan Lembaga Desa tersebut diharapkan mampu menciptakan iklim kebersamaan dan persatuan antar sesama.
Hal ini disampaikan Ketua Forum Kuwu Kecamatan Sedong, Agus Syamsah, usai pelaksanaan kegiatan lomba yang diadakan di halaman Kantor Kecamatan setempat, Rabu, 10/08/2022.

"Salah satu semangat kita dalam mengisi kemerdekaan adalah melaksanakan hal-hal yang positif, satu diantaranya adalah pelaksanaan lomba gerak jalan umum yang melibatkan seluruh unsur, diharapkan melalui momen ini kita sebagai Anak Bangsa mampu berprilaku dan berbuat sesuatu yang terbaik bagi Bangsa, Alkhamdulillah, kegiatan tersebut mendapat respon yang sangat baik dari seluruh warga, ini terlihat hampir sepanjang jalan , ribuan warga menyaksikan pelaksanaan gerak jalan umum, ini menandakan Masyarakat Sedong sangat memaknai hari Kemerdekaan" jelasnya.

Senada hal tersebut disampaikan Ketua Panitia HUT RI, sekaligus Kasi Pemerintahan Kecamatan Sedong, Yayat Sudrajat.

"Peringatan HUT RI merupakan kewajiban kita semua untuk mematri dan menanamkan rasa Kebangsaan dan penghargaan kepada para pejuang kemerdekaan, yang dengan begitu gagah berani dan penuh pengorbanan demi berdirinya Republik yang kita cintai, kita sebagai Anak Bangsa sudah sepatutnya mengisi kemerdekaan dengan berbagai hal positif yang kita miliki, momen inilah sebagai salah satu pembuktian betapa kita mencintai dan menghargai para pejuang, melalui berbagai ajang yang kita laksanakan, diharapkan rasa cinta dan bangga terhadap tanah air tidak akan pudar walau perubahan jaman terus berkembang" tuturnya

Sementara itu, salah satu peserta lomba gerak jalan yang merupakan ketua PKK Panongan Lor,Nining Anengsih. AS, Menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka peringatan HUT RI ke 77 .

"Kami seluruh Kader PKK se Kecamatan Sedong tentunya sangat mendukung penuh berbagai program yang dilaksanakan oleh pihak Kecamatan, hususnya dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, diharapkan dengan adanya pelaksanaan peringatan HUT RI ini mampu meningkatkan peran serta PKK dalam berkiprah dan mengisi kemerdekaan dengan karya dan bakti yang berguna bagi seluruh pihak, utamanya bagi keluarga dan Masyarakat sekitar" tuturnya. (1c)

Santunan anak yatim dan Dhuafah di yayasan Asefiyah Tegalgubug.

INDOMEDIANEWSC- Di sela sela pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya sebagai Kapolsek Arjawinangun kepada anggotanya sebagai pembina Kamtibmas di wilayah, Kapolsek Arjawinangun Polresta Cirebon Kompol H.Sayidi SH beserta anggotanya menghadiri kegiatan Santunan anak yatim  dan Dhuafah yang bertempat di Yayasan Asefiyah Tegalgubug, yang berlokasi di Blok Kebon kelapa Desa Tegalgubug Kecamatan Arjawinangun, Kab.Cirebon. 

Dalam kegiatan pemberian Santunan anak yatim dan Dhuafa tersebut Juga selain Kapolsek Arjawinangun Kompol H.Sayidi SH juga di hadiri Oleh Danramil 2019 Arjawinangun Kapten Info Nursahid  serta tamu undangan.
Sebagai Kapolsek Arjawinangun tentunya setiap ada kegiatan dan undangan Kapolsek Arjawinangun hadir dan ini sebagai bentuk Kegiatan Sosial di masyarakat dengan demikian Atas kehadiran Kapolsek Arjawinangun di dalam kegiatan tersebut pihak yayasan merasa senang karena Kapolsek Arjawinangun hadir dan dalam kesempatan tersebut Kapolsek Arjawinangun Kompol H.Sayidi SH juga memberikan sambutan dengan himbauan himbauan Kamtibmas kepada warga yang hadir dalam kegiatan tersebut serta tetap menghimbau kepada masyarakat agar tetap patuhi Prokes dengan cara 5 M sehingga dengan adanya himbauan tersebut masyarakat akan lebih memahami dan melaksanakannya, karena dengan Prokes kita dapat menghindari Covid 19.  Selasa 9/08/2022

Kapolsek Arjawinagun Polresta Cirebon Kompol H.Sayidi SH mengatakan kita sebagai anggota Polri sebagai pelindung, pengayom dan  pelayan masyarakat tentunya setiap ada kegiatan di masyarakatnya kita harus memonitornya serta menghadirinya dengan demikian kehadiran kita di tengah tengah masyarakat akan terjalin hubungan baik, sehingga tercipta situasi aman kondusip di wilayah khususnya di wilayah hukum Polsek Arjawinangun, begitu juga dengan Anggota Bhabinkamtibmas yang selalu ada di Desa Binaannya  dalam pelaksanaan tugasnya wajib memonitor setiap ada kegiatan masyarakat seperti halnya adanya kegiatan Santunan anak yatim dan Dhuafah yang telah di selenggarakan oleh Yayasan Asefiyah Tegalgubug. (1e)

9 Agu 2022

Satu Orang Personel Polresta Cirebon Mendapat Kenaikan Pangkat Pengabdian

INDOMEDIANEWSC- Satu orang personel Polresta Cirebon mendapat kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari sebelumnya atas pengabdian dalam melaksanakan tugasnya, Senin (8/8/2022).

Personel tersebut adalah Wakasat Binmas Polresta Cirebon, Kompol H. Sanawi, S.IP, yang sebelumnya berpangkat AKP.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H, menyampaikan, kenaikan pangkat pengabdian di lingkungan Polri merupakan salah satu dari program pembinaan bagi personel yang mendekati purnabhakti. Tentunya dengan tetap mempertimbangkan penilaian dari mulai aspek moral, mental, kepribadian, kemampuan, dan prestasi kinerja.

Ia berharap, adanya penghargaan kenaikan pangkat pengabdian memberikan motivasi kepada seluruh personel Polresta Cirebon dan Polsek jajaran. Selain itu, kenaikan pangkat pengabdian juga menjadi momentum untuk mengingatkan seluruh personel Polresta Cirebon tetap bersyukur atas segala hal yang telah didapatkannya selama ini.

"Tidak semua personel Polri yang memasuki masa purnabhakti mendapatkan kenaikan pangkat penghargaan, karena harus memenuhi persyaratan-persyaratan tertentu," ujar Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H.

Misalnya, melaksanakan tugas secara sempurna dan tidak mempunyai catatan permasalahan atau pelanggaran. Ia juga mengingatkan ketiga personel yang naik pangkat harus meningkatkan kinerjanya meski akan memasuki masa purnabhakti.

Sebab, kenaikan pangkat pada dasarnya selalu diiringi naiknya tugas tanggung jawab. Menurutnya, kenaikan pangkat merupakan amanah agar lebih semangat dalam melaksanakan tugas.

"Kenaikan pangkat pengabdian ini sebagai jawaban atas kepercayaan masyarakat dan pemerintah yang begitu besar kepada Polri untuk menjaga keamanan serta ketertiban," kata Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H (1e)

8 Agu 2022

Sat Reskrim Polres Majalengka Ungkap Kelompok Bermotor Keroyok Korban Hingga Tewas

INDOMEDIANEWSC- Sat Reskrim Polres Majalengka Polda Jabar berhasil mengungkap Kasus Pengeroyokan yang mengakibatkan Korban Meninggal Dunia.

Kejadian tersebut terjadi pada Minggu (31/8/2022), Pukul 02.30 Wib di Jalan Raya Cikijing – Majalengka, Polsek Cikijing Polres Majalengka mendapatkan Laporan dari Masyarakat adanya Korban ataupun orang yang tergeletak ditengah jalan yang dilaporkan awal sebagai laka tunggal.

Hasil Olah TKP dan Pendalaman kita mendapatkan barang Bukti dan alat Bukti petunjuk bahwa korban bukan merupakan Korban laka tunggal Namun Korban adalah Korban Pengeroyokan yang dilakukan oleh sejumlah orang “Kata Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi didampingi Kasat Reskrim AKP Febry H Samosir dan KBO Reskrim IPTU Iwan Sutari disaat Konferensi Pres pada Senin (8/8/2022) di Aula Sindangkasih Polres Majalengka.

Kemudian kita melakukan pengembangan dan kita mendapatkan rangkaian Kegiatan jadi ternyata korban sebelumnya bersenggolan dengan kelompok orang di Kuningan kemudian sampai di Ruas Jalan Cikijing Pertikaian berlanjut dan korban dikeroyok oleh sekelompok orang tersebut.

Hasil dari pencarian alat Bukti Kita mendapatkan Video CCTV Kendaraan yang dipakai oleh para pelaku sehingga kita melakukan Pengembangan selama 3x24 Jam  kita amankan 15 (Lima Belas ) orang yang merupakan Kelompok Bermotor  GBR yang di Kabupaten Majalengka sebenarnya sudah dibubarkan “tuturnya.

Selanjutnya, Dari 15 (Lima Belas) orang dari hasil Penyidikan pihaknya menetapkan 4 (Empat) orang tersangka sebagai Pelaku Pengeroyokan terhadap Korban dengan Motif Emosi pada saat berkendara dijalan”, terangnya.

“Korban berinisial A (29) merupakan Penduduk Desa Cikijing Kecamatan Cikijing Kabupaten Majalengka,”ungkapnya.

Keempat Pelaku berinisial MR (20) Penduduk Desa Jatipamor Kecamatan Panyingkiran Kabupaten Majalengka, WK (22) Penduduk Kelurahan Majalengka Kulon Kecamatan Majalengka Kabupaten Majalengka, dan untuk Kedua tersangka berinisial RI (16) dan OT (16) Penduduk Desa Liangjulang Kecamatan Kadipaten Kabupaten Majalengka merupakan Pelaku anak akan diproses hukum secara Normatif dan Sesuai dengan Pesidangan Anak,”pungkasnya.

Kapolres juga mengatakan dari tangan para tersangka maupun di TKP pihaknya menyita beberapa barang bukti, seperti Kendaraan, Bendera GBR (Grab on Road), Balok Kayu, Helm,Video CCTV dan juga Pecahan Keramik,

"Kami kenakan Pasal 170 ayat 3 KUHPidana, dengan ancaman kurungan penjara paling lama 12 tahun penjara,"tutup AKBP Edwin Affandi.(1e)