21 Jul 2022

Pemdes Wangkelang " Jalan Usaha Tani" penunjang perekonomian

INDOMEDIANEWSC- upaya Pemerintah Desa (Pemdes) Wangkelang, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon dalam meningkatkan produktivitas perekonomian masyarakatnya di bidang pertanian, terus digalakan diantanya membangun sarana infrastruktur Jalan Usaha Tani (JUT).

Kuwu Wangkelang, E. Sudirman, menyampaikan, untuk mewujudkan produktivitas dari sektor pertanian tentunya harus dibarengi dengan sarana pendukung yang memadai, salah satunya yakni akses jalan yang langsung menuju lahan pertanian masyarakat, sehingga dengan tersedianya akses jalan tersebut, tentunya  ini akan  memudahkan para petani dalam mengakomodasi hasil pertanian.

Dikatakannya, program ketahanan pangan dan hewani, sebesar 20% yang bersumber  dari DD, dengan melaksanakan pemadatan JUT ini merupakan  hasil musyawarah desa yang dilaksanakan bersamaan semua pihak, adapun salah satu tujuannya, untuk membantu masyarakat khususnya para petani dalam menunjang percepatan perekonomian pasca adanya Pandemi covid-19.

" Adapun pemadatan JUT yang berada di blok Kliwon tersebut, dengan volume 500 x  3 meter," tutur Sudirman, Kamis 21/07/2022.

Dijelaskannya, adanya JUT yang memadai tentunya sangat disambut baik oleh para petani, sehingga  dengan program ini, para  petani akan semakin cepat dalam mengupayakan pendistribusian hasil pertanian, sekaligus  akan meningkatkan ketahanan pangan, dikarenakan produktivitas pertanian secara langsung akan meningkatkan.

Sudirman pun mengatakan, sebelum dilakukan pemadatan,  JUT tersebut sangat memprihatikan terlebih saat memasuki musim penghujan, para petani merasa kesulitan untuk menuju ke lokasi lahan  pertanian.

"Semoga dengan program ini,  dapat mewujudkan ketahanan pangan di Desa Wangkelang, serta pemanfaatan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat, dan berharap ke depannya JUT tersebut akan lebih ditingkatkan lagi," pungkasnya (1c)


0 $type={blogger}: