20 Jul 2022

Pemdes Gumulungtonggoh " Realisasikan Program Ketahanan Pangan"

INDOMEDIANEWSC- Pemerintahan Desa  Gumulung Tonggoh, Kecamatan Greged, Kabupaten Cirebon, merealisasikan program ketahanan pangan yang bersumber dari Dana Desa (DD), yang direalisasikan melalui usaha peternakan ayam petelur. 

Kuwu Gumulung Tonggoh, Agus Saepudin, menyampaikan, sesuai aturan dalam pengolahan DD tahun 2022, sedikitnya 20 persen, untuk program ketahan pangan dan hewani, sekaligus merealisasikan hasil kesepakatan dalam musyawarah bersama semua pihak, yakni dengan melaksanakan kegiatan usaha peternakan ayam petelur ini.

"Saat in kami mengembangkan peternakan ayam petelor sebanyak 336 ekor " tururnya , Rabu 20/07/2022.

Dirinya pun mengatakan, apa yang dilakukan oleh Pemdes ini sebagai upaya peningkatan ekonomi masyarakat serta guna mendorong Pendapatan Asli Desa .

lokasi peternakan ayam petelur  berada di blok Pakuwon tersebut, menurutnya ini jauh dari pemukiman penduduk, sehingga tidak berdampak terhadap lingkungan.

"selain jauh dari pemukiman,  limbah dari ayam petelur tersebut, dimanfaatkan oleh warga setempat untuk pakan ikan lele," paparnya

Lebih lanjut Agus menyampaikan, untuk hasil produksi telur, saat ini sementara waktu  dipasarkan ke masyarakat setempat, dengan harga relatif terjangkau,  sehingga pemanfaatannya dapat dikonsumsi langsung oleh masyarakat.

"Dengan demikian, secara langsung  mendukung dan menciptakan ketahanan pangan di Desa Gumulung Tonggoh, agar tidak bergantung dengan pasokan atau pengiriman dari luar desa" imbuhnya

Dirinya berharap, usaha ayam petelur yang dikembangkannya ini akan terus berkembang dan meningkatkan ekonomi masyarakat serta pendapatan asli desa tersebut. Dan ke depannya dalam pengelolaan ayam petelur tersebut akan dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)

Agus, pun berharap,  bantuan dari pihak terkait, akan sarana infrastruktur  penunjang  menuju lokasi peternakan ayam petelur untuk dapat dilakukan perbaikan, sehingga ini akan mempermudah akses transportasi untuk produksi.

"Kendala yang ada adalah Jalan menuju lokasi rusak, jadi harus dilakukan perbaikan, karena  untuk menopang kegiatan masyarakat, sehingga percepatan pemulihan ekonomi masyarakat , oleh karenanya kami meminta kepada Dinas terkait untuk memenuhi harapan kami agar segera jalan penunjang diperbaiki" pungkasnya. (1c)


0 $type={blogger}: