27 Jul 2022

Gandeng PT. SMR " Edukasi Pengelolaan sampah " jadikan Cirebon bersih sampah

INDOMEDIANEWSC- Persoalan sampah yang hingga saat ini belum mampu diselesaikan secara maksimal, menjadikan bahan pemikiran semua pihak, salah satunya yang dilakukan pemerintahan Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon bersama Pemerintah Desa Mertapadawetan yang menggandeng PT .Semesta Marga Raya.

Bentuk keseriusan yang direalisasikan dalam menangani persoalan sampah tersebut melalui  Sosialisasi Pengelolaan Sampah Organik, yang dilaksanakan di Aula PT. SMR, Rabu, 27/02/2022.

Selaku narasumber yang melakukan penjabaran terkait bagaimana cara pengelolaan sampah Organik, Vipin, menuturkan.

"Pengelolaan sampah organik tidaklah sulit, hanya ada kemauan atau tidak, dan kami sangat mengapresiasi adanya keikutsertaan dan kepedulian pihak SMR dengan turut serta mengembangkan proyek pengelolaan sampah yang saat ini tengah kami rintis" jelasnya

Vipin lebih lanjut menuturkan, bahwa Sosialisasi pengelolaan sampah yang diselenggaran di PT SMR tersebut tidak semata membahas persoalan sampah, namun bagaimana caranya melakukan pengelolaan yang mampu menghasilkan rupiah.

" sampah yang terkesan tidak bermanfaat nyatanya bisa menghasilkan pundi rupiah asalkan dikelola dengan baik dan benar, dan bukti nyatanya adalah dengan terbentuknya Bank sampah" tuturnya.

Senada hal tersebut disampaikan Camat Astanajapura, H. Suharto.

"Tidak cukup hanya membiasakan membuang sampah pada tempatnya, perlu adanya terobosan agar Cirebon bisa bersih dari sampah, salah satunya dengan cara melakukan pengelolaan sampah, dampaknya tidak hanya akan terbebas dari sampah, namun bisa menjadikan tambahan penghasilan bagi warga Masyarakat, oleh karenanya kami sangat mendukung program yang dilaksanakan saudari vipin dan rekan-rekan dalam hal pengelolaan sampah termasuk mendirikan Bank sampah, terlebih saat ini mendapat dukungan penuh dari pihak PT. SMR, semua yang kami lakukan semata demi agar Cirebon bisa bersih sampah dan Masyarakat bisa mendapatkan hasil dari sampah" jelasnya.

Sementara itu, Kepala Cabang PT. Semesta Marga Raya,Uum Jumadi, menuturkan dukungannya tidak semata ucapan namun diwujudkan lewat edukasi dan mengajak seluruh jajarannya untuk memahani bagaimana cara memanfaatkan sampah menjadi sesuatu yang bermanfaat.

"Sosialisasi pengelolaan sampah yang diprakarsai  Camat dan  Kuwu  tentunya harus didukung oleh semua pihak, oleh karenanya kami sepakat, kalau hanya membuang sampah pada tempatnya mungkin tidak terlalu sulit, nanun bagaimana caranya memanfaatkan limbah atau sampah menjadi sesuatu yang bermanfaat, baik itu menghasilkan pupuk terlebih lagi rupiah, dengan adanya terobosan atau pemikiran camat beserta beberapa pihak terkait pengelolaan sampah sangat kami dukung sepenuhnya, sebagai bukti dukungan kami bukan semata menyediakan waktu dan tempat untuk menggelar acara sosialisasi pengelolaan sampah, namun kami pun membeli beberapa alat pengelolaan sampah yang sebagian di tempatkan di kantor kami dan selebihnya kami serahkan kepada pihak kecamatan untuk diberikan kepada Desa atau pihak yang memerlukan , selain itu kami pun membentuk team untuk melakukan pengelolaan sekaligus membangun Bank sampah, harapannya dengan apa yang kami lakukan ini bisa menjadi motifasi untuk semua pihak, satu yang perlu dicatat, mungkin se Indonesia baru ada di sini yang melakukan penanganan sampah dengan cara pengelolaan hingga didirikannya Bank sampah, semoga hal ini bisa bermanfaat bagi seluruh pihak" tuturnya. (1c)




0 $type={blogger}: