30 Jun 2022

Suburnya Budaya Koruptif di Lingkungan Sekolah

INDOMEDIANEWSC - Ibnu Saechu, Ketua DPD Partai Perindo Kabupaten Cirebon
Sekolahnya sejatinya tempat membangun manusia, membentuk karakter yang baik dan berintegritas sebagai pondasi dalam membangun karakter bangsa.

Faktanya cita-cita luhur dan mulia sekolah tersebut dinodai praktek-praktek budaya koruptif dan manipulatif yang justeru dapat mengancam moral dan masa depan bangsa.

Pendidikan karakter si sekolah diharapkan membentuk mental yang tangguh, berkarakter dan memiliki budi pekerti yang tinggi, selain ilmu pengetahuan tentunya.  Namun keteladanan di lingkungan pendidikan sangat penting dalam membangun moral generasi bangsa penerus estafet kepemimpinan masa depan.

Budaya koruptif di lingkungan sekolah dapat dirasakan saat penerimaan peserta Didik baru (PPDB) di mana momen ini dimanfaatkan oknum kepala sekolah maupun panitia PPDB  untuk mengeruk keuntungan pribadi atau golongan.

Animo siswa atau orang tua siswa masuk sekolah negeri apalagi sekolah favorit  kerap dimanfaatkan baik oleh sekolah asal maupun  sekolah tujuan. Nilai prestasi rapor,  kepesertaan jaminan sosial, hingga dokumen kependudukan pun dimanipulasi demi bisa masuk ke sekolah tujuan. 

Sekolah pun dijadikan lahan bisnis dan ajang transaksional. Kursi sekolah pun diperjualbelikan. Bahkan ada oknum  yang menawarkan jalan pintas masuk ke sekolah favorit di Kota Cirebon dengan nilai fantastis.

Hukum permintaan dan penawaran pun berlaku.  Tingginya permintaan ke sekolah bonafid sementara jumlah kursi yang terbatas membuat banderol  kursi semakin mahal. Sehingga tidak aneh banyak oknum kepala sekolah yang tidak tahan godaan dan nekat menerobos rambu-rambu peraturan.

Selain akan menurunkan kwalitas sekolah, praktek-praktek curang dalam PPDB dapat melahirkan ketidakadilan. Siswa yang benar-benar berprestasi bisa saja tertutup peluangnya masuk sekolah favorit karena banyak oknum sekolah asal yang melakukan modua penggelembungan nilai demi masuk ke sekolah tujuan. Praktek manipulasi kartu jaminan sosial pun dapat merugikan warga miskin yang seharusnya mendapat kesetaraan hak dalam pendidikan.

Ketentuan zonasi dalam PPDB juga rawan manipulasi sehingga aparat terkait diminta untuk melakukan audit dan menindak sekolah nakal yang masih nekat melakukan kecurangan selama PPDB. Praktik anti korupsi di sekolah jangan hanya menjadi slogan. Masyarakat diminta ikut mengawasi jalannya PPDB dan harus berani melapor jika menemukan kecurangan. DPD Partai Perindo Kabupaten Cirebon membuka kotak pengaduan kecurangan PPDB . Masyarakat bisa menghubungi HP/WA 085220097889 (red/1e)

29 Jun 2022

Donor Darah "Agenda rutin Pemdes Tuk Karangsuwung"

INDOMEDIANEWSC- Salah satu upaya  meningkatkan kesadaran warga dalam turut peduli akan sesama adalah melalui program Donor Darah.
Hal ini pula yang dilakukan Pemerintah Desa Tuk Karangsuwung, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon.
Bertempat di Aula Kantor setempat, Puluhan Warga Masyarakat Tuk Karangsuwung melaksanakan Donor darah secara berkala, hal ini disampaikan Kuwu Desa setempat, Azis, saat pelaksanaan donor darah, Rabu,29/06/2022.

" kami secara rutin melaksanakan agenda donor darah  yang digelar setiap 3 Bulan sekali, diharapkan dengan adanya kesadaran dalam mengikuti agenda desa melalui donor darah, mampu membantu warga lain yang memang membutuhkan" tuturnya.

Lebih lanjut Azis, menuturkan, bahwa setiap kali pelaksanaan Donor darah Warganya sangat antusias untuk turut mendonorkan darahnya.

" setiap kami dari pihak Pemdes menggelar acara Donor darah, tidak kurang dari 50 warga kami turut mendonorkan darah, ini menandakan bahwa warga Masyarakat sangat peduli akan sesama, kami selaku pihak Pemerintahan Desa tentunya mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada warga pemdonor, karena dengan mengikuti donor secara rutin, kesehatan kita akan semakin baik, semoga apa yang telah warga berikan bisa bermanfaat bagi warga lain, kami hanya berpesan terus laksanakan hidup sehat dan bersih dengan cara menjaga kebersihan lingkungan dan secara bersama-sama peduli akan kesehatan" pungkasnya( 1c)



Pisah Sambut Kapolsek Sedong " utamakan kondusifitas"

INDOMEDIANEWSC- Kenal pamit kapolsek sedong dari AKP Uton Suhartono. SH kepada Kapolsek baru AKP Ujang Sarifudin. SH,  Rabu, 29/06/2022.
Acara yang dihadiri oleh beberapa Kapolsek, Muspika Kecamatan Sedong, Forum Kuwu termasuk Danramil Sindanglaut, Kapten  Arm Sarmin. Tetap menerapkan prokes.

Dalam Sambutannta, AKP Uton Suhartono.SH yang harus menduduki jabatan barunya sebagai Kapolsek Plered, mengharapkan agar dibawah kepemimpinan Kapolsek baru , Sedong semakin baik, hususnya kondusifitas lingkungan.

" kami sangat yakin, dibawah kepemimpinan AKP Ujang Sarifudin, kondusifitas Sedong semakin baik, terlebih lagi kerja sama dan kemitraan dengan berbagai unsur, termasuk Prmerintahan Desa dan Masyarakat sekitar, karena fungsi kita memang sebagai pengayom dan pelayan" jelasnya.

Senada hal tersebut disampaikan Kapolsek baru Sedong, AKP. Ujang Sarifudin.yang sebelumnya menduduki jabatan sebagai kasi Propam Polresta Cirebon.

" kami sebagai anggota Polri sudah menjadi kewajiban untuk memberikan pelayanan dan bermitra dengan berbagai pihak, dan sebagai Anggota Polri kami akan berusaha semaksimalmungkin untuk bekerja dan bertugas dengan baik, saya percaya Masyarakat Sedong sangat sadar Hukum, oleh karenanya kami mengajak kepada semua pihak untuk mengedepankan keamanan, kenyamanan dan tetap jaga persatuan kesatuan" tuturnya.

Sementara itu, Danramil Sindanglaut yang hadir dalam acara tersebut, Kapten  Arm Sarmin, menyampaikan dalam sambutannya

" terimakasih atas kerjasama yang telah terjalin baik selama kepemimpinan AKP. Uton di polsek Sedong, selamat jalan dan selamat bertugas di tempat yang baru, dan untuk AKP Ujang, selamat bertugas di Polsek Sedong, semoga kerjasama dan kemitraan tetap terjalin baik dan menjadikan Sedong tetap aman dan nyaman" tuturnya.

Senada disampaikan Ketua Forum Kuwu Kecamatan Sedong, Agus Syamsah.

"Selamat jalan AKP Uton dan selamat datang AKP Ujang, semoga Sedong tetap aman dan nyaman, kami sangat berterimakasih atas jalinan dan kemitraan yang telah terjalin selama ini, semoga Sedong tetap aman dan kondusif " tuturnya. (1c)

KERTAJATI MENGGELIAT, PELUANG BAGI INVESTOR

oleh 
Daddy Rohanady
Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat

Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati mulai menggeliat. Bandara yang terletak di Kabupaten Majalengka itu oleh Pemerintah Pusat telah ditetapkan sebagai salah satu bandara untuk pemberangkatan haji dan umroh. Selain itu, bandara tersebut ditetapkan pula sebagai tempat maintenance, repair, and overhaul (MRO) pesawat TNI dan Polri. 

Andai saja BIJB Kertajati menjadi pusat MRO berbagai maskapai yang ada, bandara tersebut pasti sudah super sibuk. Mengapa? Bukankah setiap pesawat yang akan melakukan penerbangan harus diuji dulu laik-tidaknya? Melihat jumlah pesawat yang ada, tampaknya menjadi sebuah keniscayaan jika BIJB Kertajati akan mampu berperan aktif-positif menanggulangi situasi tersebut. Namun, masih dibutuhkan komitmen untuk mewujudkannya. 

Keberadaan BIJB Kertajati telah menyedot APBD Provinsi Jabar total sekitar Rp 7 triliun. Jumlah tersebut setara dengan sekitar dua tahun belanja APBD sebuah kabupaten. Artinya, jika uang sebanyak itu diberikan kepada sebuah kabupaten, maka dalam dua tahun kabupaten tersebut tidak perlu memikirkan sektor Pendapatan Daerah. Mereka tinggal "tidur saja" karena pos 
Belanja Daerahnya selama dua tahun sudah terpenuhi.

Hingga hari ini lahan BIJB Kertajati yang sudah dibebaskan  adalah seluas 1.040 hektare. Lahan seluas itu semestinya dimanfaatkan secara optimal. Memang masih tersisa 760 hektare yang harus dibebaskan karena total luas BIJB Kertajati dalam rencana semula adalah 1.800 hektare.

Di sekitar BIJB Kertajati tencananya akan dibangun Aerocity Kertajati sekitar 3.200 hektare. Ada banyak peluang besar di kawasan ini. Salah satu stimulansnya adalah kebijakan Pemerintah Pusat untuk merelokasi PT Dirgantara Indonesia dan PT Pindad ke kawasan ini. Pertanyaannya, mulai kapan? 

Dulu keluhan utamanya adalah akses masuk. Namun, hari ini sudah ada akses masuk dari Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) yang menjadi gerbang untuk wilayah timur-barat. Kita masih menunggu penyelesaian Tol Cileunyi- Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) untuk akses dari arah Bandung dan wilayah lainnya di bagian selatan.

Sekarang baru 4 penerbangan cargo per minggu. Tak lama lagi akan dibuka penerbangan untuk umroh dengan frekwensi 5 kali seminggu. Semoga kebutuhan pesawat tidak menjadi kendala. Bukankah cukup banyak pesawat "dikandangkan" selama sekitar dua tahun pandemi covid-19?

Semua itu menandakan bahwa BIJB Kertajati baru terbangun dari "tidur panjangnya" dan mulai menggeliat. Setelah menggeliat, biasanya lalu mandi, berdandan, dan mulai berkegiatan. Semoga BIJB Kertajati segera mempersiapkan diri dalam segala hal. MRO yang diberikan haknya segera bisa dimanfaatkan, penerbangan cargo segera dipadatkan, penerbangan umrah dan haji segera diberlakukan, dan penerbangan komersial dijalankan. Semoga geliat Kertajati menjadi pertanda ke arah kebaikan.

Memang ada banyak kebaikan yang tertunda. Jika BIJB Kertajati sudah beroperasi secara penuh, akan banyak manfaat yang bisa diraih. Jamah haji dan umroh asal Jawa Barat dan wilayah terdekat bisa dipastikan tidak perlu khawatir lagi soal kemacetan dan biaya transportasi dari/ke bandara, termasuk keluarga yang akan mengantar. 

Jamaah umroh terus melonjak akibat kuota haji Indonesia yang relatif tidak seimbang dengan jumlah calon. Akibatnya, calon jamaah haji harus mengantri cukup lama. Bahkan, ada kabupaten/kota yang calon jamaah hajinya harus menunggu hingga 10-15 tahun. Waktu tunggu selama itu mengakibatkan cukup banyak calon jamaah haji yang khawatir hajinya tidak terealisasi. Dengan kondisi seperti itu, tidak mengheranjan jika kaum muslimin lebih memilih umroh. 

Sebenarnya calon penumpang BIJB Kertajati bukan hanya jamaah haji dan umroh. Masih berjuta calon penumpang yang bisa disasar. Ada berjuta pekerja migran Indonesia (PMI) asal Jawa Barat. Mereka adalah tenaga kerja wanita (TKW) dan tenaga kerja Indonesia (TKI) pria yang pemberangkatannya terus mengalir sepanjang tahun. Belum lagi perjalanan dinas dan bisnis dari berbagai instansi, baik pemerintah maupun swasta. Intinya, ada berjuta calon penumpang yang menunggu beroperasinya BIJB Kertajati.

BIJB Kertajati dan kawasan Aerocity Kertajati secara total luasnya 5.000 hektare. Dari sisi bisnis, sebenarnya sangat terbuka peluang kerja sama dalam banyak hal. Artinya, sangat terbuka peluang bagi investor yang ingin masuk pada bisnis yang berkaitan dengan kebandarudaraan. 

Anda berminat? Monggo.

Operasi Pekat, Polsek Dawuan Polres Majalengka Amankan Puluhan Botol Miras Berbagai Jenis

INDOMEDIANEWSC- Majalengka, Guna mengantisipasi adanya gangguan kamtibmas di wilayah hukum Polres Majalengka trutama dalam hal mabuk-mabukan yang disebabkan oleh Miras Oplosan.

Polsek Dawuan menggelar operasi Penyakit Masyarakat (Pekat) dengan sasaran peredaran Minuman Keras (Miras) di toko ataupun kompleks rumah warga. Selasa (28/6/2022).

Dalam kegiatan operasi pekat tersebut, dipimpin Kapolsek Dawuan Iptu Asep Saepudin bersama personil lainnya melakukan razia di wilayah hukum Polsek Dawuan.

Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi melalui Kapolsek Dawuan Iptu Asep Saepudin mengatakan hasil ops miras di Desa Balida Kecamatan Dawuan berhasil mengamankan jenis Ciu sebanyak 48 Botol Kemasan, Asoka sebanyak 3 Botol Kecil dan Anggur Kolesom sebanyak 5 Botol Kecil.

Menurut Kapolsek untuk memberikan efek jera kepada para pemilik toko ataupun pemilik Miras, selain didata dan dilakukan pembinaan, namun sebelum dipulangkan ke rumahnya masing-masing, mereka disuruh menulis surat pernyataan untuk tidak mengulangi perbuatannya lagi.

“Selain itu, kami juga menghimbau masyarakat untuk ikut aktif menjaga kamtibmas diwilayahnya masing-masing, karena menjaga kamtibmas merupakan salah satu ibadah,” pungkasnya.

Lanjutnya Kapolsek Iptu Asep Saepudin mengatakan kegiatan tersebut sesuai dengan arahan Kapolda Jabar melalui Kapolres Majalengka menyampaikan seluruh jajaran hingga Polsek untuk terus lakukan razia terhadap miras.

“Kami berharap bantuan dan dukungan dari seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama memberantas peredaran miras di wilayah hukum Polres Majalengka Untuk menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan Kondusif" pungkas Kapolsek Iptu Asep Saepudin.(1e)

28 Jun 2022

Anak Penjual Ban " masuk Unpad melalui SBMPTN" Banggakan Cirebon

INDOMEDIANEWSC- Bangga dan bersyukur , itulah ungkapan dari sosok pemuda lulusan SMAN 1 Kota Cirebon, Habib Syahrul (18 Tahun) warga Dusun Manis 05/01 Desa Mertapadawetan, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, yang diterima menjadi salah seorang Mahasiswa kedokteran melalui jalur SBMPTN (seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri) Universitas Pajajaran Bandung.
Anak kedua dari tiga bersaudara, pasangan Amak M. Jaenudin (50 tahun) yang berprofesi sebagai penjual  ban, dan Happy Suherlin Muhali, yang bekerja sebagai Bidan di Puskesmas Astanajapura, Kabupaten Cirebon.

Habib Syahrul diterima di Unpad melalui seleksi SBMPTN yang diikuti oleh 3544 peserta dan hanya 78 peserta yang diterima.

" kami selaku Orang tua tentunya sangat bangga dan bersyukur atas raihan yang dicapai Habib, betapa tidak dari sekian ribu peserta seleksi Anak kami diterima untuk menimba ilmu di Unpad, tentunya hal ini merupakan anugrah bagi kami, walaupun saya hanya penjual ban dan Istri hanya seorang Bidan tetapi anak-anak mampu membuat kami bangga " tuturnya.Selasa, 28/06/2022.

Senada hal tersebut disampaikan Happy, Ibunda dari Habib.

" selaku Orang tua tentunya hal ini sangat membanggakan, dengan usaha dan jerih payah kami sebagai orang tua ahirnya membuahkan hasil, Alhamdulillah, Habib putra kedua kami diterima di Unpad melalui SBMPTN dan sebelumnya kakaknya, Gusti, melalui program yang sama diterima di Universitas Gajah Mada jurusan kedoktetan, dan adiknya yang bungsu, Nadiva saat ini masih duduk dibangku kelas 5 SDN Cipeujehwetan, semoga jerih payah kami membuahkan hasil yang menggembirakan, dan doa juga harapan kami, semoga Anak-anak bisa berguna bagi Bangsa, Agama dan keluarga, hususnya bisa mengamalkan Ilmunya demi kemaslahatan" tutur wanita yang telah mengabdi di dunia kesehatan selama 29 tahun ini bangga.

Sementara itu, Habib Syahrul, sangat bangga dan berterimakasih atas kerjakeras Orang tuanya.

" saya bangga dan hanya bisa berucap terimakasih untuk Ayah dan Ibu,semoga jerih payah mereka mendapat imbalan yang setimpal, dan tentunya saya sebagai Anak akan berusaha semaksimal mungkin untuk terus berupaya membanggakan kedua orang tua dan keluarga, hanya satu harap saya, doa orang tua jangan pernah berhenti" tuturnya lirih. (1c)

KONSEKUENSI LOGIS PPPK

Ada dampak yang sangat signifikan dengan terbitnya surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo bernomor B/185/M.SM.02.03/2022. Surat yang diundangkan pada 31 Mei 2022 itu akan berdampak sangat besar pada struktur APBD seluruh provinsi dan kabuaten/kota. Tinggal menunggu kapan hal itu akan secara serius dieksekusi seratus persen.

Sesungguhnya, pergerakan besar pernah dilakukan ketika ada pengalihan status guru SMA/SMA ke provinsi. Bedanya, pengalihan status guru SMA/SMA ke provinsi lebih menambah beban APBD provinsi. Di sisi lain, kebijakan tersebut justru lebih mengurangi beban kabupaten/kota. Memang, di sana-sini masih terdapat pro-kontra. Namun, kebijakan nasional, apalagi sudah dijadikan Undang-Undang, tampaknya relatif sulit "ditolak" oleh semua semua pemerintah daerah.

Surat tersebut secara eksplisit terkait Status Kepegawaian di Lingkungan Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Surat ditujukan kepada seluruh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) di lingkungan Kementerian/Lembaga instansi Pusat dan Daerah.

Sejatinya, surat tersebut untuk menunjukkan komitmen pemerintah dalam menyelesaikan penanganan tenaga honorer yang telah bekerja di lingkungan instansi pemerintah. Namun, Surat Menteri PANRB Nomor B/185/M.SM.02.03/2022 tampaknya secara nyata akan membebani APBD provinsi maupun kabupaten/kota secara nyata. Mengapa demikian? 

Betapa tidak, andai benar kebijakan tersebut akan diimplementasikan 100% di semua wilayah, bisa dibayangkan, berapa banyak penawai honorer yang harus direkrut menjadi tenaga Pengawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)? Jumlahnya pasti berbeda-beda di masing-masing provinsi/kabupaten/kota. Namun, satu hal yang pasti adalah bahwa perekrutan tersebut pasti akan menambah jumlah pos "Belanja Pegawai" provinsi/kabupaten/kota.

Sebagai contoh kasus saja, misalnya Kabupaten Bandung Barat. Sebagai salah satu kabupaten yang relatif masih muda di Provinsi Jawa Barat, tenaga kesehatan yang statusnya honorer jumlahnya sekitar 800 orang. Padahal, kemampuan mereka mengangkat PPPK hanya sekitar 150 orang. Bagaimana nasib 650 pegawai honorer lainnya? Itu baru satu organisasi perangkat daerah (OPD). Secara keseluruhan, jumlah tenaga honorer di kabupaten tersebut bisa mencapai 10 kelipatannya. 

Ada pula kabupaten yang honorer tenaga kesehatan di satu rumah sakitnya saja hampir mencapai 1.300 orang. Jika kondisi ini lantas mengharuskan daerah tersebut secara serta-merta mengangkat mereka menjadi ASN-PPPK, bisa dipastikan pos belanja pegawainya meningkat sangat pesat. Sekali lagi, masalahnya, ini kan baru di satu unit kerja. Bisa dibayangkan jumlah pegawai yang harus menjadi PPPK di semua organisasi perangkat daerah kabupaten tersebut.

Itu baru problem di tingkat kabupaten/kota. Di tingkat provinsi juga tidak berbeda jauh. Di salah satu OPD saja, tenaga harian lepas (THL) ada yang mencapai 2.700 orang. Di OPD lain jumlahnya bervarisi, ada yang mencapai 1.000 orang, ada yang 500, dan lain-lain. Artinya, di Provinsi Jawa Barat pun jumlah tenaga honorernya tidak sedikit. Kondisi serupa bisa dipastikan terjadi pula di seluruh provinsi dan kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Menilik jumlah honorer pada bidang pendidikan dan kesehatan saja, jumlahnya pasti sangat banyak. Bukankah selama ini kita kerap kali mendengar keluhan perawat/bidan atau guru honorer yang tersebar di berbagai wilayah? Bahkan, beberapa waktu lalu ribuan pegawai honorer menggelar aksi long march dari patung kuda menuju Istana Negara, Jakarta.

Surat Menteri PANRB tersebut memang bukan satu-satunya aturan terkait kepegawaian. Ada sederet peraturan perundang-undangan lain yang terkait dengan itu. Sebut saja misalnya, Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN). UU tersebut ditindaklanjuti dengan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS). Ada pula Peraturan Pemerintah Nomor 17 tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bahkan, secara khusus ada Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Lebih spresifik lagi, Tenaga Honorer yang telah bekerja di lingkungan Instansi Pemerintah telah diatur berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 2005. PP tersebut kemudian juga telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 2005 tentang Pengangkatan Tenaga Honorer Menjadi Pegawai Negeri Sipil. Perubahan terakhir dituangkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2012 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 2005 tentang Pengangkatan Tenaga Honorer Menjadi Pegawai Negeri Sipil.

Namun, sekali lagi, andai surat tersebut lantas ditindaklanjuti dengan pengangkatan tenaga honorer menjadi PPPK, ada beberapa konsekuensi yang harus dipikirkan secara matang.

Pertama, tujuannya memang pasti positif di satu sisi. Untuk mayoritas tenaga honorer, tampaknya kebijakan tersebut membawa berkah. Selain bisa menjadi kepastian hukum soal status kepegawaian, bisa jadi pula, take home pey mereka meningkat.

Kedua, bagaimana dengan kasus spesial, misalnnya terkait tunjangan jasa pelayanan untuk tenaga kesehatan, khususnya para dokter spesialis?

Ketiga, mungkinkah beban pembiayaannya dilakukan dengan cara co-sharing? Hingga saat ini, APBD provinsi/kota/kabupaten mana kuat menanggung peningkatan pos belanja pegawai tersebut?

Ada beberapa hal menarik lainnya yang harus dicermati terkait Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen PPPK diundangkan pada tanggal 28 Nopember 2018.
a. Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja yang selanjutnya disingkat PPPK adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu dalam rangka melaksanakan tugas pemerintahan.
b. Jabatan ASN yang dapat diisi oleh PPPK, meliputi JF dan JPT.
c. Adapun JPT yang dapat diisi dari PPPK sebagaimana tersebut dalam Pasal 5 adalah JPT Utama tertentu dan JPT Madya tertentu.
d. Sedangkan untuk JF yang diisi oleh PPPK sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 38 Tahun 2020 tentang Jenis Jabatan Yang Dapat Diisi Oleh PPPK dan Keputusan Menteri PANRB Nomor 76 Tahun 2022 tentang Perubahan Atas Keputusan Menteri PANRB Nomor 1197 Tahun 2021 tentang Jabatan Fungsional Yang dapat Diisi Oleh Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja.
e. PPK dilarang mengangkat pegawai non-PNS dan/atau non-PPPK untuk mengisi jabatan ASN. Larangan tersebut juga bagi pejabat lain di lingkungan instansi pemerintah yang melakukan pengangkatan pegawai non-PNS dan/atau non-PPPK. PPK dan pejabat lain yang mengangkat pegawai non-PNS dan/atau non-PPPK untuk mengisi jabatan ASN dikenakan sanksi sesuai ketentuan peraturan perundang- undangan.
g. Pegawai Non-PNS dalam jangka waktu paling lama 5 (lima) tahun dapat diangkat menjadi PPPK apabila memenuhi persyaratan.

5. Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen PPPK diundangkan pada tanggal 28 November 2018. Dengan demikian, pemberlakuan 5 (lima) tahun sebagaimana tersebut dalam Pasal 99 ayat (1) jatuh pada tanggal 28 November 2023 yang mewajibkan status kepegawaian di lingkungan Instansi Pemerintah terdiri dari 2 (dua) jenis kepegawaian, yaitu PNS dan PPPK.

Terkait hal itu, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan oleh para Pejabat Pembina Kepegawaian:
a. Melakukan pemetaan pegawai non-ASN di lingkungan instansi masing-masing dan bagi yang memenuhi syarat dapat diikutsertakan/diberikan kesempatan mengikuti seleksiCalon PNS maupun PPPK.
b. Menghapuskan jenis kepegawaian selain PNS dan PPPK di lingkungan Instansi masing-masing dan tidak melakukan perekrutan pegawai non-ASN.
c. Dalam hal Instansi Pemerintah membutuhkan tenaga lain seperti Pengemudi, Tenaga Kebersihan dan Satuan Pengamanan dapat dilakukan melalui Tenaga Alih Daya (Outsourcing) oleh pihak ketiga dan status Tenaga Alih Daya (Outsourcing) tersebut bukan merupakan Tenaga Honorer pada instansi yang bersangkutan.
d. Menyusun langkah strategis penyelesaian pegawai non-ASN yang tidak memenuhi syarat dan tidak lulus seleksi Calon PNS maupun Calon PPPK sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan sebelum batas waktu tanggal 28 Nopember 2023.
e. Bagi Pejabat Pembina Kepegawaian yang tidak mengindahkan amanat sebagaimana tersebut di atas dan tetap mengangkat pegawai non-ASN akan diberikan sanksi berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan dan dapat menjadi bagian dari objek temuan pemeriksaan bagi pengawas internal maupun eksternal Pemerintah.

Semoga implementasinya menberi dampak kesejahteraan masyarakat, khususnya para tenaga honorer di lingkungan Kementerian/Lembaga dan instansi di lingkungan pemerintah pusat/provinsi/kabupaten/kota.
oleh 
Daddy Rohanady
Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat

27 Jun 2022

Warga Sindang kempeng grudug Desa " Kuwu akui anggaran ada ditangannya"

INDOMEDIANEWSC- Beberapa perwakilan Warga Masyarakat Desa Sindangkempeng, Kecamatan Greged, Kabupaten Cirebon, sambangi Kantor Desa setempat, Senin,27/06/2022.

Kedatangan perwakilan warga tersebut menanyakan terkait adanya dugaan anggaran yang belum tersalurkan secara keseluruhan.

Salah seorang tokoh Masyarakat setempat, Sarno, menuturkan bahwa kedatangan perwakilan warga hanya perlu adanya jawaban pasri dari kuwu atas anggaran yang belum seluruhnya direalisasikan.

"Kami selaku Masyarakat tentunya berhak untuk mengetahui dan mempertanyakan Anggaran yang belum sepenuhnya terealisasi, termasuk diantaranya anggaran karang taruna yang hingga saat ini belum disalurkan, dengan alasan SPJ, inikan gak logis, masa Anggarannya saja belum diterima harus dibuat SPJ, dan bukan hanya Anggaran Karang taruna yang belum seluruhnya di cairkan, bahkan masih banyak program lainnya yang belum diselesaikan, dan itupun di akui sama pak Kuwu, jadi wajar kalau kami mempersoalkan hal tersebut, yang perlu di catat, kuwu mengakui bahwa uang milik karangtaruna maupun program lainnya yang masih belum selesai ada ditangannya, ini ada apa " tuturnya.

Dari pantauan dan informasi yang di peroleh, ada beberapa poin yang harus segera diselesaikan, diantaranya:

Angaran Desa 2021 yang belum digelar yaitu: 1. Anggaran Karang Taruna Rp. 6.000.000
2. BBGRM (Bulan bhakti gotong royong masyarakat) RP. 4.000.000
3. SDGS Rp. 45.000.000
4. Sapa warga Rp. 3.000.000
5. PPh PPN Tahun 2021 belum dibayar Rp 20.000.000 6. PPh PPN Tahun 2020 belum dibayar Rp. 20.300.000

Adanya beberapa temuan tersebut, dibenarkan Wakil Ketua Karang Taruna Desa setempat,M Dede Ruyandi.

" memang benar ada beberapa anggaran yang belum terselesaikan, oleh karenanya kami meminta kepada Kuwu untuk segera menyelesaikan secepatnya, jangan membuat hal mudah dipersulit" jelasnya.

Sementara itu, Kuwu Desa Sindangkempeng, Yaya, membenarkan bahwa Anggaran untuk 2021 tahap 3 seluruhnya di hendel oleh dirinya.

" Anggaran Karang Taruna memang masih ada di saya, dan secepatnya segera direalisasikan termasuk anggaran yang lainnya, yang pasti untuk program lainnya sudah 90% terselesaikan, hanya beberapa yang belum selesai, untuk Anggaran yang sepenuhnya saya pegang, karena saya tidak ingin terjadi lagi persoalan yang dulakukan  oknum perangkat, walaupun oknum tersebut saat ini sudah mengundurkan diri, yang pasti kami tetap akan bertanggung jawab sepenuhnya demi kepentingan bersama" jelasnya.

Dari hasil mediasi yang dilakukan perwakilan warga dan pihak pemdes, disepakati dengan keluarnya Surat Pernyataan, Bahwa Kuwu/pemdes Sindangkempeng akan menyelesaikan segala kekurangan atau penyelesaiaan  anggaran yang belum terealisasi paling lambat Tgal 4 Juli 2022, surat tersebut ditandatangani Kuwu dan beberapa pihak lainnya. ( 1c)




Kapolres Majalengka Hadiri Kirab Budaya dan Karnaval Pembangunan

INDOMEDIANEWSC-  Kapolres Majalengka Polda Jabar AKBP Edwin Affandi menghadiri Kegiatan Kirab Budaya dan Karnaval Pembangunan Dalam Rangka Memperingati dan Memeriahkan Hari Jadi Majalengka Yang Ke 532 tahun 2022, yang bertempat di Depan GGM Kabupaten Majalengka,Minggu (26/6/2022).

Turut hadir dalam Kegiatan tersebut Sekaligus melepas peserta Pawai Dalam Rangka memperingati Hari Jadi Majalengka Ke 532 oleh Bupati Majalengka Dr H.Karna Sobahi,M.MPd bersama Forkopimda Kabupaten Majalengka beserta Ibu, dengan Peserta Pawai Karnaval Pembangunan darin OPD, BUMD,Ormas dan OKP Kabupaten Majalengka, dan untuk pawai Kirab Budaya dari Kecamatan Se Kabupaten Majalengka.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Majalengka Dr H.Karna Sobahi menyampaikan, Untuk pertama kalinya setelah pandemi Covid 19 kita memeriahkan Peringatan hari jadi Majalengka yang Ke 532 tahun 2022, dan hari inipun akan diselenggarakan akan kita saksikan Pawai Seni Budaya dan Karnaval Pembangunan, "pungkasnya.

"Kami, Persembahkan untuk masyarakat Kabupaten Majalengka dalam rangka memaknai hari jadi Majalengka Ke 532, Oleh karena itu saksikan dengan tertib, Nikmati hasil hasil Pembangunan yang sudah kita jalankan bersama "tuturnya.

" Mari kita jaga Keamanan, jaga Kebersamaan, jaga Ketertiban supaya pawai Seni budaya dan Karnaval Pembangunan bisa berjalan baik dan lancar"tutup Bupati Majalengka Dr H.Karna Sobahi,M.MPd.(1e)

Kanit Binmas Polsek Maja Hadiri Pembukaan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar

INDOMEDIANEWSC- Kanit Binmas Polsek Maja Polres Majalengka, Polda Jabar Aipda A.Rusdianto menghadiri Kegiatan Kursus Pembinaan Pramuka Mahir Tingkat Dasar Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Kecamatan Maja Kabupaten Majalengka, yang bertempat di SDN 2 Kertabasuki Desa Kertabasuki Kecamatan Maja Kabupaten Majalengka, Minggu (26/6/2022).

Dalam pelaksanaan Kegiatan Kursus Pembinaan Pramuka Mahir Tingkat Dasar ikuti oleh Babinsa Koramil Maja Serka Hanafi, Ketua Kwarcab Kabupaten Majalengka Dr.Iman Pramudia, M.M, Waki ketua Pembinaan Orang dewasa Yeyet Aigah Nurhayati, S.Pd M.Pd, Ketua Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Maja Kusnan S.Pd. M.M,Camat Maja yang diwakilli oleh  Sekcam  Maja Maman Sumantri dan Peserta  Kursus Pembinaan Pramuka Mahir Tingkat Dasar sebanyak 49 Orang.

Disaat dikonfirmasi, Kanit Binmas Aipda A.Rusdianto mengatakan, Kegiatan KMD ini diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia para kader Pramuka untuk menanamkan nilai-nilai pengetahuan bela negara kepada generasi muda.

“Dengan adanya kegiatan ini peserta diharapkan mendapatkan ilmu tentang dasar-dasar kepramukaan sehingga mereka nanti dapat melatih sesuai nilai standard dalam pembinaan Pramuka di wilayah masing-masing itu yang kita harapkan,” ujar Aipda A.Rusdianto.

Ditempat terpisah,Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi melalui Kapolsek Maja Iptu Asep Saepudin menambahkan, Melalui kegiatan ini diharapkan nantinya peserta dapat melaksanakan pembinaan Pramuka dalam rangka membentuk karakter generasi muda yang disiapkan untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan dalam menjaga kedaulatan NKRI,” pungkasnya.(1e)

25 Jun 2022

Jelang HUT Bhayangkara ke-76, Polres Majalengka Gelar Lomba Pengucapan Tri Brata dan Catur Prasetya

INDOMEDIANEWSC- Dalam rangka memeriahkan Hari Bhayangkara ke-76, Polres Majalengka Polda Jabar gelar lomba pengucapan Tri Brata dan Catur Prasetya di Aula Sindangkasih Polres Majalengka, Jum'at (24/06/2022).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi didampingi Kasat Samapta AKP Agus Romy, Kasat Binmas AKP Rudy Djunardi, dan Kasat Reskrim AKP Febry Halomoan Samosir, serta para peserta lomba dari perwakilan masing-masing satuan fungsi dan Polsek jajaran Polres Majalengka.

Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi menyampaikan bahwa "kegiatan ini bertujuan agar anggota Polri wajib memahami makna yang terkandung dalam Tribrata dan Catur Prasetya."

"Disamping itu, dengan adanya lomba pengucapan Tri Brata dan Catur Prasetya ini juga diharapkan para anggota Polri mampu mengaplikasikan pada kehidupan sehari-hari dan mempertahankan jati dirinya sebagai anggota Polri," ungkap Kapolres Majalengka.(1e)

24 Jun 2022

Kapolres Majalengka Pimpin Acara Kenal Pamit Pejabat Lama Dan Baru

INDOMEDIANEWSC- Polres Majalengka melaksanakan Acara Kenal Pamit Pejabat Lama dan Baru Waka Polres Majalengka, Kasat Resnarkoba dan Kapolsek Dawuan, Bertempat di Aula Kanya Wasistha Polres Majalengka, Jumat (24/6/2022).

Acara Pisah Sambut langsung dipimpin oleh Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi serta dihadiri oleh Seluruh Pejabat Utama Polres Majalengka dan Para Kapolsek Jajaran serta Ibu Bhayangkari Cabang Majalengka.

Dalam acara Kenal Pamit tersebut, Jabatan Wakapolres Majalengka yang sebelumnya diemban Kompol Dadang Gunawan kini dijabat oleh Kompol Firman Taufik yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolres Purwakarta. Sedangkan Kompol Dadang Gunawan selanjutnya akan melaksanakan tugas baru sebagai Wakasat Sat Samapta Polrestabes Bandung.

Sementara Kasat Resnarkoba Polres Majalengka yang sebelumnya dijabat oleh AKP Udiyanto kini dijabat oleh AKP Tatang Sunarya yang sebelumnya menjabat Kanit 2 Subnit 2 Resnarkoba Polda Jabar, AKP Udiyanto selanjutnya menjabat sebagai Wakasat Resnarkoba Polresta Cirebon.

Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi dalam sambutannya mengatakan, hari ini kita melakukan acara kenal pamit kepada pejabat di lingkungan Polres Majalengka yang Baru dan yang Lama.

Kenal Pamit ini merupakan hal yang biasa Dilakukan dilingkungan Polri. Untuk para Pejabat yang baru kita ucapakan Selamat Bertugas di tempat kita di Polres Majalengka.

“Semoga kedepannya segera Menyesuaikan dengan Lingkungan Kerja serta memberikan Kinerja yang Positif kepada Satuan dengan Inovasi-Inovasi dalam memberikan Pelayanan kepada Masyarakat Kabupaten Majalengka.

“Kemudian itu, untuk para Pejabat yang lama selamat Mengabdi di tempat yang baru, semoga ditempat yang baru lebih baik lagi.” Tutur Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi. (1e)

Polres Majalengka Sambut Baik Jemaah Khilafatul Muslimin Ikrar Keluar

INDOMEDIANEWSC-  Organisasi Khilafatul Muslimin Majalengka menggelar Ikrar Keluar dari Khilafatul Muslimin dan setia dengan Negara Kesatuan Repubilk Indonesia (NKRI) dan Pancasila yang dilaksanakan di Aula Kanya Wasistha Polres Majalengka Polda Jabar, Kamis (23/6/2022).

Kegiatan Ikrar Keluar dari Khilafatul Muslimin disaksikan oleh Bupati Majalengka Dr H. Karna Sobahi, Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi, Kodim 0617/Majalengka diwakili Pasi Intel Kapten Arm. Agus Rochman, Kajari Majalengka Eman Sulaeman.

Selain itu juga disaksikan oleh Staf Ahli Bupati Bid Pemerintahan Hukum dan Politik Kabupaten Majalengka Andi Hermawan, Staf Ahli Bupati Bid. Kemasyarakatan dan SDM Kabupaten Makalengka Agus Suratman, Inspektur inspektorat Kabupaten. Majalengka Hendra Krisniawan,Kepala Bakesbangpol Majalengka Dr H. Hery Rahyubi, Kepala Kemenag Majalengka Dr KH. Moh Mulyadi, Ketua MUI Majalengka KH. Anwar Sulaeman, Ketua FKUB Majalengka KH. Asep Syahidin dan Perwakilan Muhammadiyah, PUI, Persis, NU Majalengka.

Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi dalam kesempatan tersebut menyampaikan Kegiatan Pengucapan ikrar ini merupakan bentuk implementasi pengikatan amanah dan guna melekatkan jiwa kepada berbangsa dan bernegara Bagi Indonesia,”.

“ NKRI ini terbentuk dari jasa para pahlawan dan diamanatkan oleh semangat Pancasila, apabila perkembangan dan pelaksanaan berbangsa dan bernegara ini disusupi oleh Aliran yang salah/Radikal akan merusak tatanan Negara”tuturnya.

“Diharapkan Dengan kegiatan ini bukan hanya sekedar seremonial akan tetapi bertujuan untuk lebih merekatkan dalam persatuan dan kesatuan sesuai dengan amanat Pancasila dan UUD 1945 dalam menjaga keutuhan NKRI”harap AKBP Edwin Affandi.

Pada kali ini ada 12 (Dua Belas) orang Jemaah Khilafatul Muslimin yang ada di Majalengka yang melakukan Pengucapan Ikrar Keluar dari Organisasi Khilafatul Muslimin dan setia dengan Negara Kesatuan Repubilk Indonesia (NKRI) dan Pancasila.”ungkapnya.

“ Seusai Pengucapan Ikrar dilanjutkan dengan Penandatanganan Surat Pernyataan Setia Kepada Negara Kesatuan Repubilk Indonesia (NKRI) oleh 12 (Dua Belas) orang Jemaah yang ada di Majalengka bersama Forkopimda Majalengka”tutup Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi. (1e)

Wabup Pastikan Kecamatan dan Desa Dukung Pronangkis

INDOMEDIANEWSC- Wakil Bupati Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih SE M.Si didampingi Sekretaris Daerah, Drs. H. Rahmat Sutrisno M.Si dan Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda), Suhartono S.Sos melakukan Monitoring dan Evaluasi Program Penanggulangan Kemiskinan (Pronangkis) di Kecamatan Kaliwedi, Kamis (23/6/2022). Tujuan dari monev ini tak lain adalah, sinkronisasi program Pemerintah Kabupaten Cirebon dengan Pemerintah Kecamatan dan Desa.

Wabup mengatakan, beberapa waktu lalu Pronangkis ini mengalami kendala besar, yakni pandemi Covid-19. Oleh karena itu, wabup meminta kepada seluruh masyarakat untuk tetap patuhi protokol kesehatan.

"Tujuannya agar angka Covid-19 di Kabupaten Cirebon tidak naik lagi. Sudah cukup kemarin-kemarin pandemi merusak seluruh tatanan termasuk ekonomi," ujar Ayu, sapaan akrab wabup.

Ayu menyebutkan, kondisi ekonomi masyarakat tentunya berbanding lurus dengan angka kemiskinan. Dengan kata lain, program penanggulangan kemiskinan ini juga akan berpangkal pada tingkat kesejahteraan masyarakat.

Lebih jauh, Ayu mengakui pemerintah daerah tidak bisa secara sendiri dalam mengentaskan angka kemiskinan. Dia mengajak seluruh elemen untuk sama-sama membantu menghilangkan angka kemiskinan.

"Oleh sebab itu, monev pronangkis ini juga sekaligus menyelaraskan program pemerintah daerah dengan pemerintah dibawahnya, yaitu kecamatan dan desa. Termasuk juga warga, kita harapkan peran sertanya membantu kami untuk menangulangi kemiskinan," tambahnya.

Disamping itu, Ayu juga menyoroti data kemiskinan yang harus selaras. Dengan banyaknya data, maka program tidak akan fokus karena data yang berbeda.

"Datanya harus single dan tidak boleh beda-beda. Masalah kemiskinan ini juga, sifatnya multisektoral yang saling berkaitan. Makanya, diperlukan data yang akurat agar semua pihak bisa fokus untuk mengeksekusi sesuai bidangnya," tutupnya.

Sekretaris Daerah, Drs. H. Rahmat Sutrisno M.Si juga menegaskan, semangat gotong royong di masyarakat harus tetap dijaga. Dirinya meyakini, jika rasa kebersamaan yang ada dimasyarakat tinggi, maka akan lebih mudah dalam mengatasi kemiskinan.

"Jika ada tetangga atau saudara yang membutuhkan, silakan bantu sebisanya. Dengan rasa persaudaraan, maka kemiskinan ini lebih cepat dihilangkan," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bappelitbangda menyampaikan beberapa program yang sudah dirancang pemerintah daerah, lebih baik diikuti oleh program yang akan dijalankan kecamatan maupun desa. "Seperti program rembuk stunting, maka kita minta kecamatan dan desa juga ikut menganggarkan. Regulasi memang sudah ada yang mengatur, seperti bantuan sosial dari Kementrian Sosial. Tetapi, tekad dan dukungan semua pihak lebih penting agar rasa memiliki program itu tetap ada," singkatnya. (Lisdis)

Kapolsek gunung jati polresta cirebon kota gelar acara sertijab kepada kapolsek yang baru.

INDOMEDIANEWSC- Polsek Gunung Jati menggelar acara pisah sambut Kapolsek Gunung Jati dari AKP Abdul Majid, SH kepada AKP Much. Qomaruddin, SH, MH bertempat di Aula Kantor Polsek Gunung Jati, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon, Kamis (23/06/2022).

Acara pisah sambut yang dilaksanakan ini berlangsung secara sederhana dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19, dengan penuh keakraban.

Pada acara tersebut tampak hadir Danramil Gunung Jati Kapten Arh Edi Hartono, Camat Gunung Jati Kusdiyono, Kuwu se-Kecamatan Gunung Jati, Tokoh Agama dan para tamu undangan lainya.

AKP Abdul Majid, SH dalam sambutanya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerjasama dalam menjalankan tugas membina masyarakat.

,"Selama bertugas tentunya banyak salah khilaf, untuk itu mohon maaf yang sebesar-besarnya. Dan mohon doa restu sebagai bekal dalam menjalankan tugas yang baru,"ucap AKP Abdul Majid.

Dengan pergantian Kapolsek yang baru, diharapkan kerjasama yang sudah terbangun dengan baik untuk dipertahankan. Tidak lain guna mewujudkan kondusifitas serta memberikan pelayanan kepada masyarakat, ujarnya.

Sementara AKP Much Qomaruddin SH, MH mengatakan, akan melanjutkan program yang sudah dilakukan Kapolsek sebelumnya dengan optimal. Dirinya juga meminta dukungan dan kerjasama dari semua pihak.

,"Semoga apa yang menjadi harapan masyarakat dapat kita berikan dengan baik. Sebagai Kapolsek yang baru tentunya akan melanjutkan apa yang sudah dilaksanakan oleh Kapolsek yang lama. Namun, sebagai orang baru disini mohon dukungannya dari semua pihak,"ucapnya.

Acara pisah sambut diakhiri dengan pembacaan doa dan dilanjutkan dengan pemberian cinderamata kepada AKP Abdul Majid, SH serta sesi foto bersama. (1e)

Pentas Seni Kenaikan Kelas Dan Pelepasan SD Negeri 2 Banjarwangunan.

INDOMEDIANEWSC-  Anggota DPR-RI Hj.Yuningsih,M.M hadiri undangan acara pelepasan dan kenaikan kelas I - V SD Negeri 2 Banjarwangunan Desa Banjarwangunan, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Kamis (23/06/2022).

Tidak hanya dihadiri Camat Mundu,Anwar Sadat,  turut hadir pada acara tersebut Ibu Kuwu Desa Banjarwangunan Saona,  Babinsa, Bhabinkamtibmas Desa' Banjarwangunan, Kepala Sekolah,komite, dan seluruh siswa siswi beserta orang tua murid masing-masing.

Dalam sambutannya Camat Mundu Anwar Sadat, mengucapkan terimakasih kepada kepala sekolah SD Negeri 2 Banjarwangunan beserta jajaran staf guru yang telah  memajukan pendidikan warga Desa Banjarwangunan.

"kami mengapresiasi dan berpesan untuk wali murid  yang anaknya sudah tamat kelas 6 mohon untuk dilanjutkan pendidikannya, jangan puas sampai kelas 6 kita dukung program pemerintah, rata-rata  lama sekolah di Kecamatan  Mundu baru mencapai 6,8 point' belum mencapai usia SMP" tuturnya.

Ditempat yang sama, Hj. Yuningsih mengatakan semenjak terlepas dari wabah pademi Covid-19, patut disyukuri dengan meningkatkan kemajuan pendidikan.

" dengan adanya pelepasan siswa sangat menarik karena untuk ajang silaturahmi, tahun ini akan ada rehab karena ini kewajiban pemerintah, kita tidak ingin masyarakat membayar pajak tapi haknya tidak di penuhi untuk berpendidikan anak--anaknya aman dan nyaman, berikutnya di tahun 2023  saya juga memberikan komputer, karena  kedepan ada Ujian Barbasis Komputer (UMBK), tapi memang ini di utamakan yang muridnya sudah  maksimal, karena ada 5 Desa di Kecamatan Mundu yang dibantu mendapatkan seperangkat komputer" tutur Yuningsih.

Sementara itu Nia Nuraeni S.Pd  juga mengucapkan terima kasih kepada, anggota DPR-RI Provinsi Jawa Barat Hj. Yuningsih, M.M,  Forkompimcam Mundu yang telah berkenan hadir dalam acara pelepasan dan kenaikan kelas ini di gelar berdasarkan hasil musyawarah komite dengan guru-guru.

"kami berharap dukungan pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat terhadap majunya pendidikan tak pernah putus dan berhenti," pungkanya.(1e)

23 Jun 2022

Graduation SDN 1Tuk Karangsuwung " lahirkan Generasi muda berprestasi"

INDOMEDIANEWSC- Perisai dan bangker terkuat adalah generasi muda yang berprestasi dan menuntut ilmu tanpa batas laksana burung merpati yang terbang tinggi menggapai cakrawala.
Sepenggal kata tersebut tersirat saat Graudation SDN 1 Tuk karang Suwung, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, Kamis, 23/06/2022.

Acara perpisahan dan kenaikan kelas SDN 1 Tuk Karangsuwung Tahun pelajaran 2022 berjalan dengan penuh hikmat.
Kepala SDN 1 Tuk Karang suwung, Hj. Yani Setia Budi Ningsih, menuturkan dalam sambutannya.

"Kami sangat berterimakasih atas peran serta dan dukungan dari semua pihak, terutama para Orang tua murid yang telah mempercayakan anak-anaknya untuk menuntut ilmu di SDN ini, kami selaku pendidik tentunya akan terus berupaya untuk mencetak generasi muda yang berprestasi dan bermanfaat bagi Nusa, Bangsa, Agama dan keluarga,semoga apa yang telah kami ajarkan mampu menjadi jembatan untuk meraih cita dan harapan" tuturnya.

Acara yang dihadiri oleh wali murid dan unsur undangan lainnya menyuguhkan berbagai acara yang mendapat sambutan luar biasa, bahkan komite Sekolah, H.Selamet Riyadi, sabgat terharu dan berpesan kepada seluruh Siswa yang telah lulus 100%.

" terimakasih kami haturkan kepada semua Dewan pendidik yang telah bersusah payah mendidik para Siswa untuk menggapai cita dan harapan, semoga apa yang telah dicurahkan seluruh pendidik ini akan menghasilkan bunga-bunga Bangsa yang mampu bersaing dalam berkarya maupun prestasi " jelasnya.

Dengan jumlah Siswa 188 dan yang lulus tahun ini sebanyak 35 Siswa, diharapkan kedepannya SDN Tuk Karangsuwung semakin maju, hal ini disampaikan Korwil Kecamatan Lemahabang, Rahadi. Spd.

" Dengan kualitas seluruh Dewan Pendidik yang ada, kami yakin SDN 1Tuk karang Suwung akan terus berkembang dan mampu menciptakan kualitas siswa yang siap bersaing dan berprestasi, apresiasi kami haturkan kepada Kuwu Desa Tuk, karena selama kami menggelar kegiatan, hususnya pelepasan atau kenaikan kelas, baru kali ini kami melihat sosok Kuwu yang hadir dalam acara, semoga ini menjadi cerminan kebersamaan antara pemimpin maupun yang dipimpin" tuturnya.

Senentara itu, Kuwu Tuk Karangsuwung, yang akrab disapa Azis, menuturkan.

"Kami sangat mengapresiasi dan mengucapkan terimaksih kepada pihak sekolah dan seluruh unsur yang telah mendukung pelaksanaan pelepasan dan kenaikan siswa didik SDN 1 Tuk karangsuwung, jerih payah seluruh pendidik semoga memperoleh imbalan dari Allah SWT. Dan saya selaku kuwu tentunya akan mendukung penuh Dunia pendidikan, karena dari sinilah kita mampu menapak dan menggapai harapan, pesan kami kepada seluruh siswa didik untuk tidak melupakan jasa para guru, almamater, Orang tua dimanapun kaki kita berpijak, semangat dan terus menuntut ilmu agar cita dan harapan bisa tercapai" harapnya. (1c)

Pemkab Cirebon Siapkan SOP Pelayanan Informasi Publik

INDOMEDIANEWSC- Keterbukaan informasi yang selama ini digaungkan, memiliki pro kontra di masyarakat. Pasalnya, tidak sedikit informasi yang seharusnya merupakan konsumsi internal pemerintah, bocor ke masyarakat yang akhirnya menimbulkan polemik berkepanjangan.

Atas dasar itu, Pemerintah Kabupaten Cirebon melalui Dinas Komunikasi dan Informatika menggelar Focus Group Discussion (FGD) Standar Operasional Prosedur (SOP) Pelayanan Informasi Publik dan Uji Konsekuensi Informasi yang Dikecualikan di lingkup Pemerintah Kabupaten Cirebon, Rabu (22/6/2022) di Apita Hotel Kedawung, Kabupaten Cirebon. Hadir sebagai narasumber perwakilan Inspektorat Kabupaten Cirebon, serta Kepolisian Resor Kota Cirebon.

Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon, Drs. H. Rahmat Sutrisno M.Si yang membuka kegiatan ini mengatakan, semangat keterbukaan informasi ini merupakan instruksi langsung dari Presiden. Oleh karena itu, pemerintah daerah harus berupaya mengikuti arahan tersebut.

"Kita ambil contoh keterbukaan informasi terkait pelayanan perizinan. Misalkan, ada pemohon Izin Mendirikan Bangunan (IMB), maka harus terbuka juga secara tegas siapa, lokasinya dimana, dan untuk keperluan apa. Jika memang pemohon bertanya, maka kita sebagai pelayanan wajib juga memberikan informasi mengenai lama waktu prosesnya, jika ada yang kurang apa saja dokumen kekurangannya. Itu salah satu bentuk keterbukaan informasi yang kini digaungkan," ujar Rahmat.

Dikatakan Rahmat juga, dalam segi informasi lainnya, diperlukan SOP yang harus dilakukan. Baik itu pemohon informasi, maupun yang dimohonkan harus mengikuti SOP tersebut.

"Maka dari itu, kita berharap kegiatan ini dapat menghasilkan satu pemahaman, agar kedepan tidak ada lagi salah persepsi tentang apa yang harus disampaikan dan apa yang tidak boleh disampaikan," tambahnya.

Di tempat yang sama, Kadiskominfo Kabupaten Cirebon, Nanan Abdul Manan S.STP M.Si mengaku tujuan kegiatan ini adalah untuk menyamakan persepsi tentang penyampaian informasi dari pemerintah daerah kepada masyarakat. Terutama bagi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), SOP ini akan lebih bisa menerangkan cara penyampaian informasi itu sendiri.

"Masalahnya selama ini, tidak jarang ada informasi yang disampaikan itu digunakan untuk hal-hal yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Makanya, dengan adanya SOP, kawan-kawan bisa secara tegas menanyakan kepada pemohon informasi mengenai data diri, jika mewakili sebuah intitusi, bisa ditanya legalitasnya. Itu tujuan dibuatnya SOP ini," terang Nanan.

Disamping itu, Nanan juga mengungkapkan kegiatan ini sekaligus sebagai evaluasi bagi perangkat daerah dalam hal penyampaian informasi. "Diharapkan, PPID di lapangan bisa meningkatkan pelayanan penyampaian informasi kepada masyarakat," tutupnya.(lisdis)

22 Jun 2022

Astinet terlalu mahal " Hasan Basori " ada apa?

INDOMEDIANEWSC- Sebelumnya banyak pihak Pemdes yang mengeluhkan kualitas astinet yang dirasa tidak maksimal dengan harga yang mahal, saat ini hal serupa terulang kembali dengan harga yang lebih mahal.

Keluhan tersebut disampaikan Kuwu Desa Ambit, Kecamatan Waled, Kabupaten Cirebon, Nurwandi.

" memang terlalu mahal, masa internet per tahunnya Rp.14.000.000 lebih, bahkan katanya tahun ini harganya akan naik, dengan alasan akan diperbaiki kualitasnya" tuturnya.

Senada hal tersebut disampaikan Kuwu Desa Karangmekar,Rusmanto.

" menurut kami harga Astinet dengan kualitasnya sangat tidak sebanding, memang uangnya bukan dari kantong pribadi, tapi dari ADD, kami hanya menerima trasperan sesaat, dan langsung mentransper kembali kepada pihak Terkait, kalau memang mau diambil kembali, buat apa di transper ke rekening Desa, mungkin lebih baik untuk masalah internet di serahkan sepenuhnya kepada pihak Pemdes" jelasnya.

Banyak yang mempertanyakan persoalan Astinethal ,  mendapat perhatian husus dari politisi PKB , R.Hasan Basori, Komisi 1 DPRD Kabupaten Cirebon.

" kami akan panggil dan meminta penjelasan juga pertanggungjawaban dari Instansi atau pihak terkait mengenai keluhan yang disampaikan beberapa pihak, ini tentunya perlu dilakukan evaluasi, mengapa internet untuk Desa dalam hal ini Astinet harganya mahal sementara kualitasnya banyak dikeluhkan pihak Desa" tuturnya.Rabu,22/06/2022.

Lebih lanjut dirinya menuturkan, seharusnya Pemerintah memberikan harga murah dengan kualitas maksimal.

"Saat ini banyak vendor yang berlomba untuk memberikan harga termurah dengan kualitas maksimal, seharusnya Pemerintah pun dapat makukan hal tersebut, apalagi saat ini sudah menjadi sebuah keniscayaan seluruh Desa harus mulai menjadi Desa digital, tentunya diperlukan sarana internet yang memadai , namun demikian tentunya dengan anggaran atau harga yang murah, jangan  malah sebaliknya" jelasnya.

Saat disinggung apakah ada pihak-pihak yang bermain dalam program.astinet tersebut, Basori, menegaskan.

"Yang pasti kami akan panggil siapa yang bertanggungjawab mengenai program Astinet, intinya kalau bisa murah, mengapa harus mahal" tegasnya. (1c)














Bantuan kemanusian polres cirebon kota dan BRI cirebon cabang kartini

INDOMEDIANEWSC- serentak hari ini kapolres cirebon kota AKBP, Fahri Siregar, SH,S.I.K melaksanakan penyerahan bantuan kemanusian secara simbolis untuk renovasi rumah tidak layak huni (rutilahu) bersama Bank BRI cabang kartini selasa 21/06/2022

Kapolres cirebon kota , AKBP , Fahri Siregar ,SH,S,I,K,MH, mengatakan kegiyatn ini serentak di laksanakan di tujuh lokasi ini merupakan program kemanusian untuk masyarakat yang merupakan pelayanan kami untuk masyarkat .
Untuk kegiyatan ini secara simbolis di pusatkan di blok katileng RT 04 RW 04  Desa penpen kecamtan mundu kabupaten cirebon ujarnya ,

Masih dikatakan AKBP Fahri ada pun lokasi lainnya yang melaksanakan kegiyatan kemanuaian rutilahu adalah , Dusun katileng rt 04 rw 04 desa penpen , Dusun sigabus rt 01 rw 03 desa setupatok , yang ada di kecamatan mundu, dan di jalan cangkring 1 gang dugan rt 3 rw 5 kelurahan kejaksan dan gang manggarsari rt 1 rw 7 kelurahan kejaksan , rt 4 rw 3 desa pasindangan kecamtan gunung jati , jalan cideng raya rt 11 rw 3 desa kertawinangun kedawung
Dan gang anggrek rt 5 rw 7 warnasari kelurahan kesambi,
Dengan ada nya kegiyatan ini bisa meringankan beban kepada penerima bantuan ucap kapolres yang di dampingi IPTU Ngatidja,SH,MH, kasi humas polres cirebon kota.

Dalam kegiatan turut di hadiri , AKBP, Fahri Siregar ,SH,S,I,K,M.H, serta Ny, Ketty Fahri ketua Bayangkari cabang cirebon kota , Fedian Handoko selaku kepala  BRI cabang kartini, kapolsek mundu, AKP, Suwito,SH, kapten,inf,Herianto Danramil Asjap, Anwar Sadat,SH,S,O,S camat mundu serta Mustopa kuwu Desa penpen juga muspika kecamatan mundu.

Bantuan rutilahu kemanusian di berikan kepada ibu Siti Kodijah Blok Katileng rt 04 rw 04 Desa penpen kecamatan mundu kabupaten cirebon , dan juga memberikan bantuan berupa sembako kepada 26 warga sekitar blok katileng desa penpen .tutup humas IPTU Ngatidja .SH.MH (lis1e)

Kapolri-Dewan Pers Bertemu, Sepakat Cegah Polarisasi Pemilu

INDOMEDIANEWSC- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan audiensi dengan Dewan Pers Indonesia. Pertemuan ini dilakukan di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (21/6/2022).

Dalam pertemuan ini, Polri bersama Dewan Pers Indonesia sepakat membuat Memorandum of Understanding (MoU) dan kerja sama program-program pertukaran informasi, sosialisasi dan edukasi mencegah polarisasi saat pemilu.

"Kita juga tadi membahas beberapa tantangan ke depan yang akan kita hadapi sehingga kemudian dibutuhkan kesepahaman terkait dengan pemberitaan, terkait juga dengan hal-hal yang saat ini dilaksanakan oleh Polri dan biasa dikenal dengan cooling system untuk mencegah terjadinya Polarisasi yang akan memecah belah persatuan anak-anak bangsa, yang biasanya muncul karena penggunaan politik identitas pada saat pemilu," kata Sigit.

Mantan Kabareskrim Polri ini menyampaikan, dalam pertemuan ini antara Polri dan Dewan Pers sepakat untuk memberikan pendidikan literasi tentang bagaimana bersama-sama menjaga politik yang sehat.

"Karena ke depan tantangan kita akan menjadi semakin besar, kita butuh untuk mengurangi potensi-potensi perpecahan, dan ini selalu saya sampaikan setiap saat kita bertemu dengan seluruh elemen masyarakat, seluruh tokoh, khusus kali ini hal-hal tersebut jadi konsen kita," ujar Sigit.

Persatuan dan kesatuan, kata Sigit, sangat dibutuhkan untuk menghadapi kondisi ketidakpastian akibat dampak global. Dengan kekuatan persatuan dan kesatuan, maka Indonesia bisa menghadap situasi perkembangan global dan mempertahankan posisi dan eksistensi Indonesia di kancah dunia.

"Terima kasih atas kunjungan dari rekan-rekan dewan pers, dan kami akan terus bersinergi untuk melakukan hal-hal yang terbaik untuk dukungan kemitraan antara pers, rekan-rekan media dan kepolisian, karena kita sama-sama selalu berada di lapangan, bersama baik dalam situasi yang tentunya butuh keberadaan kita," ucap Sigit.

Sementara itu, Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra menekankan, bahwa, dalam menghadapi Pemilu 2024, Dewan Pers dan Polri memiliki keinginan yang sama, yakni, menjaga kohesi sosial atau keutuhan sosial. 

"Kita ingin masyarakat kita tidak terpecah belah, dan oleh karena itu kita di Dewan Pers berharap agar kawan-kawan media tidak memakai diksi-diksi yang memecah belah anak bangsa yang selama ini masih dipakai, kita harapkan itu tidak dipakai lagi," ucapnya dikesempatan yang sama. 

Selain itu, Azyumardi berharap, adanya peningkatan kualitas jurnalistik dalam rangka menjaga dan mencegah terjadinya penyebaran berita hoaks atau informasi bohong yang dapat menyebabkan perpecahan bangsa.

"Oleh karena iitu, Dewan Pers bersama-sama dengan Polri ingin meningkatkan kualitas jurnalistik itu dan kita berharap pelayanan yang diberikan adalah pelayanan yang berdasarkan pada jurnalisme yang terverifikasi jadi bukan dilakukan oleh orang-orang yang menggunakan jurnalistik untuk kepentingan tertentu, seperti kepentingan ekonomi dan lainnya," tutupnya. (L1e)

21 Jun 2022

Pandemi Landai " Kuwu Kanci kulon " prokes harus tetap

INDOMEDIANEWSC- Pencairan DD tahap 1 Pemdes Kanci Kulon, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, dimanfaatkan untuk Honor Lembaga, Kader, Bantuan Langsung Tunai(BLT) dan Satgas Covid-19.
Hal ini disampaikan Kuwu Desa Kanci kulon, Subandi, kepada IM diruang kerjanya, Selasa, 21/06/2022.

" untuk saat ini pencairan Dana Desa diperuntukan bagi Honor Lembaga, Satgas Covid dan pembagian BLT, sementara untuk hal lainnya seperti pembangunan atau peningkatan sarana prasarana belum bisa kami laksanakan karena memang anggarannya belum ada, InsyaAllah dalam waktu tidak lama program pembangunan maupun hal lainnya dapat kami realisasikan" tuturnya

Lebih lanjut Subandi menuturkan, saat ini keadaan sudah semakin baik, hususnya terkait keberadaan pandemi.

"Pandemi sudah mulai berangsur selesai, namun demikian kita tetap harus mengedepankan prokes, hususnya untuk senantiasa menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan maupun keluarga, diharapkan dengan telah berlalunya pandemi, segala aspek kehidupan kembali normal dan pembangunan program Desa bisa terealiasi dengan secepatnya, namun demikian ditengah keterbatasan, kami tetap berusaha yang terbaik untuk memberikan pelayanan terhadap warga Masyarakat" pungkasnya. (1c)

Pastikan Bahan Pangan Aman Jelang Idul Adha, Polres Majalengka Bersama Dinas Perdagangan Melakukan Cek Pasar Tradisional

INDOMEDIANEWSC- Menjelang Hari Raya Idul Adha, Kepolisian Polres Majalengka bersama Dinas perdagangan Kabupaten Majalengka melakukan Pengecekan bahan pangan dibeberapa kios di pasar tradisional dan gudang distributor minyak goreng, Selasa (21/6/22).

Dalam kegiatan ini Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi didampingi Kasat Intelkam AKP Djonnaidi, Kasat Reskrim AKP Febry Samosir dan dari Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Majalengka Aeron Randi.

Kapolres Majalangka AKBP Edwin Affandi mengatakan, Sesuai dengan instruksi bapak Kapolri bahwasanya kami bersama satgas pangan Kabupaten Majalengka wajib memastikan bahan pangan yang dibutuhkan masyarakat mulai dari 9 bahan pokok utamanya Cabe rawit merah dan minyak goreng dapat terditribusi kepada pembeli.

Hal ini dilakukan guna untuk memastikan kondisi bahan pangan di pasar Tradisional utamanya minyak goreng saat ini. Untuk minyak curah harga eceran tertinggi itu masih sesuai dengan ketentuan pemerintah melalui harga HET. Adapun 9 bahan pokok pangan itu juga masih sesuai harga yang telah ditetapkan.

“Pengecekan pasar ini dengan tujuan agar tidak terjadi kelangkaan bahan pangan. Intinya, pemerintah meminta masyarakat tidak usah khawatir terkait komoditas harian khusunya Cabe rawit merah dan minyak goreng ini,” tegas Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi.

” Menjelang Lebaran Idul Adha, Alhamdulillah Polres Majalengka bersama Dinas Perdagangan sudah kita menjalankan pengecekan dibeberapa los pasar Tradisional, dapat kita sampaikan bahwasanya mengantisipasi bahan pokok di Kabupaten Majalengka itu cukup aman”, Ujar AKBP Edwin Affandi.(lis1e)

Bupati Minta KIM Terus Bersinergi**Bisa Ikut Tangkal Informasi Salah di Masyarakat

INDOMEDIANEWSC- Pemerintah Kabupaten Cirebon melalui Dinas Komunikasi dan Informatika, melakukan pembinaan terhadap Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) se-wilayah Kabupaten Cirebon, Senin (20/6/2022) bertempat di Hotel Sutan Raja Cirebon. Berbagai komunitas yang selama ini aktif memberikan informasi, diajak bersinergi dengan Pemerintah Daerah guna memberikan informasi kepada masyarakat.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Cirebon Drs. H. Imron M.Ag didampingi Kadiskominfo, Nanan Abdul Manan S.STP M.Si sebagai moderator. Adapun narasumbernya sendiri adalah Ketua KIM Jawa Barat Deni Sonjaya S.Text, Kepala RRI Raden M. Yusridarto S.Sos M.I.Kom dan Deputi Kepala Perwakilan BI Cirebon Tri Adi Riyanto.

Bupati Cirebon mengakui keberadaan KIM ini sangat diperlukan. Dengan gaya masing-masing, bupati menyebut KIM dapat ikut serta menyebarluaskan informasi, terutama program pemerintah kepada masyarakat.

"Keberadaan KIM juga kita butuhkan untuk menyerap informasi yang terjadi di masyarakat. Mari kita terus bersinergi, agar informasi yang diterima masyarakat bisa sesuai," ujar Imron.

Dikatakannya juga, di era keterbukaan informasi saat ini, perlu koordinasi antara pemerintah dan KIM dalam menangkal hoax. Karena, bupati menilai hoax dapat merusak kondusifitas masyarakat.

"Maka dari itu, pemerintah juga membutuhkan pihak lain untuk sama-sama menangkal hoax yang berkembang. Kami harap, KIM juga dapat berkontribusi dalam beberapa program yang dimiliki pemerintah," tambah bupati.

Ketua KIM Jawa Barat, Deni Sonjaya juga menyebut, saat ini KIM memiliki kedudukan lebih tinggi dibandingkan saat pembentukan tahun 2010 lalu. Perbedaannya, terang Deni, saat ini KIM sudah bekerja sama dengan pemerintah.

"Awalnya, KIM hanya bekerja sama dengan Kominfo saja. Namun saat ini, KIM sudah berkolaborasi dengan pemerintah secara umum, sehingga diharapkan dapat memberikan manfaat luas terutama untuk masyarakat," ujar Deni.

Deni juga mengakui, komunikasi dan kolaborasi menjadi modal utama KIM dalam bersinergi dengan pemerintah. "Kita juga berharap, pemerintah dapat terbuka kepada KIM dalam setiap programnya. Tujuannya tak lain, agar program yang sudah dicanangkan pemerintah bisa tersampaikan kepada masyarakat," tutupnya.

Menanggapi hal tersebut, Kadiskominfo Kabupaten Cirebon menegaskan, pihaknya akan terus berupaya agar Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di seluruh instansi Pemkab Cirebon lebih maksimal. Maksudnya, penyampaian program setiap instansi akan dilakukan oleh PPID.

"Dengan begitu, informasi apapun terkait program pemerintah dapat tersampaikan melalui PPID," singkatnya.(lisdis)

Jaga Stabilitas Keamanan, Polres Majalengka Tingkatkan Keamanan Sispam Mako

INDOMEDIANEWSC- Untuk menjaga Stabilitas Keamanan Polres Majalengka Polda Jabar melaksanakan Sistem Pengamanan Markas Komando (Sispam Mako) di Pintu Utama Polres Majalengka Polda Jabar, Selasa (21/6/2022).

Kegiatan Sispam Mako tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengamanan terhadap Mako antisipasi terjadinya kejahatan terhadap mako Polres Majalengka Polda Jabar.

Sementara itu, Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi melalui Kasat Samapta Polres Majalengka AKP H. Agus Romy Kegiatan Sispam Mako ini dilaksanakan Personil Polres Majalengka dan juga dibantu oleh Taruna Akpol yang sedang Latihan kerja di Polres Majalengka.

Ia juga menyampaikan bahwa personil harus selalu siaga di setiap waktu untuk mencegah adanya hal yang tidak diinginkan,”tuturnya.

“Personil yang melaksanakan piket ditekankan untuk terus siaga dan selalu menerapkan pengamanan body sistem yaitu saling menjaga sesama anggota piket. Hal ini saya tekankan demi keselamatan Anggota”ujar AKP Agus Romy. (L1e)

20 Jun 2022

Politisi muda Golkar " Kaum muda perlu perhatian khusus"

INDOMEDIANEWSC- Wawasan Kebangsaan merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan rasa kesadaran bagi seluruh lapisan Masyarakat, terlebih lagi bagi kalangan muda .
Hal ini disampaikan wakil ketua DPRD Kabupaten Cirebon, fraksi Golongan Karya, Teguh Rudiana Merdeka, Senin, 20/06/2022.

" melalui program wawasan kebangsaan diharapkan mampu meningkatkan rasa kebangsaan, sesuai tema, Peran Pemuda dalam Demokrasi dan persatuan Bangsa , menjadi salah satu program prioritas agar kaum muda selalu berprilaku positif dan mampu berkarya demi Bangsa dan Negara" tuturnya.

Lebih lanjut, politisi muda ini menuturkan harapannya, agar fasilitas dan sarana prasarana bagi kaum muda untuk berkarya tersedia dengan baik.

" kaum muda ini perlu perhatian khusus dari kita semua, diantaranya adalah tempat yang memadai bagi mereka untuk berkreasi, karena selama ini memang ketersediaan tempat bagi kaum muda untuk berkarya sangatlah terbatas, kita tidak cukup hanya mengajak mereka untuk berkreasi tanpa dibarengi dengan fasilitas dan sarana yang memadai, diharapkan melalui acara seperti ini( wawasan kebangsaan-red) mampu memberikan pemahaman dan edukasi bagi kaum muda untuk mampu berkarya dan berkompetisi dalam hal positif" jelasnya. Saat menghadiri Acara wawasan kebangsaan di Aula Kantor Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon.

Sementara itu, salah seorang Kuwu yang hadir dalam acara wawasan Kebangsaan, H.Lili, menyambut baik adanya acara tersebut.

" dilaksanakannya acara wawasan kebangsaan sangatlah penting bagi kita semua dalam memahami dan memaknai apa arti kita hidup berbangsa dan bernegara, melalui acara ini diharapkan pemahaman dan kecintaan kita terhadap pertiwi ini semakin terpatri , hususnya bagi kaum muda sebagai generasi bangsa yang dituntut untuk mampu berkarya dan mencintai tanah air dengan mengisinya melalui berbagai karya positif" jelasnya(1c)

PAUD Amanah Lemah abang kulon" cetak generasi berprestasi"

INDOMEDIANEWSC- Paud Amanah dan DTA qotrunnada Desa Lemahabang kulon, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, menggelar pelepasan dan kenaikan siswa baru Tahun 2022.
Dengan tema mencetak generasi berakhalaqul  karimah, cerdas , trampil dan berprestasi.

Kepala Paud Amanah, Eni Nuraeni, menuturkan harapannya, agar generasi muda lulusan Paud Amanah, mampu bersaing dengan tetap mengutamakan Ahlak dan prestasi yang membanggakan.

" kami sangat berterimakasih atas kepercayaan yang diberikan para orang tua siswa untuk menuntut ilmu dan belajar di Paud Amanah, tentunya harapan kami bagi lulusan Paud Amanah mampu berprestasi, cerdas, terampil dan tetap berakhalaqul  karimah, dan yang pasti kami para pendidik akan terus berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan yang terbaik" tuturnya.Senin,20/06/2022.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, tahun ini merupakan kelulusan ke 11.

" saat ini kami memiliki siswa didik sebanyak 35 dan untuk Tahun 2022 ini merupakan kelulusan yang ke 11, kami dari pihak sekolah menghaturkan terimakasih kepada semua pihak, terutama Orang tua murid dan Kuwu Lemahabang kulon yang begitu peduli dengan pendidikan Anak Usia Dini"pungkasnya.

Sementara itu , Kuwu Desa Lemahabangkulon, Rudiana, sangat bangga dengan keberadaan Paud Amanah yang telah mencetuskan generasi muda yang berprestasi

" Paud Amanah telah meraih berbagai prestasi dari mulai tingkat kecamatan hingga Kabupaten, tentunya harapan kami semoga Paud Amanah ini akan lebih baik dari yang sudah baik, , pesan kami kepada generasi muda untuk tetap belajar dan berkarya, semoga semua yang telah didapat bisa bermanfaat bagi Bangsa, Agama dan keluarga" harapnya. 
Pelepasan Alumnus Diisi dengan berbagai acara diantaranya adalah doa-doa pendek, seni tari dan sungkeman.(1c)

Dengan Patroli Cerdik Polisi di Sukahaji Ciptakan Kamtibmas Kondusif

INDOMEDIANEWSC- Dalam menjaga situasi Kamtibmas tetap aman dan kondusif, Personil Polsek Sukahaji Polres Majalengka Polda Jabar senantiasa melaksanakan Patroli CERDIK (Cekatan, Empati, Ramah, Dedikasi, Informatif dan Konsultatif) di wilayah hukum Polsek Sukahaji Polres Majalengka,Senin (20/6/2022).

Kegiatan Patroli Cerdik disiang hari ini dipimpin oleh Personil Polsek Sukahaji Polres Majalengka Aipda Wahyudin bersama rekannya.

Dalam kegiatan patroli tersebut kami singgah dan menyambangi beberapa lokasi untuk memberikan himbauan Kamtibmas serta Protokol Kesehatan terhadap warga setempat,”tutur Aipda Wahyudin.

"Mari bersama - sama Peduli akan Situasi Kamtibmas dilingkungan masing - masing guna terwujudnya Kamtibmas yang kondusif"pungkasnya.

Ditempat terpisah, Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi melalui Kapolsek Sukahaji  AKP H.Dadang Supriadi mengucapkan terima kasih atas upaya Personil Polsek Sukahaji Polres Majalengka dalam menjaga situasi Kamtibmas dengan menyambangi warga masyarakat, ”ungkapnya.

Dengan adanya kegiatan Patroli CERDIK ini diharapankan dapat mengantisipasi kejadian kriminalitas baik itu curanmor, curat dan curas serta gangguan Kamtibmas yang lainnya. Selain itu, untuk mencegah penyebaran Covid-19 dengan mengingatkan Masyarakat untuk selalu taati protokol Kesehatan walaupun sidah ada pelonggaran- pelonggaran aktifitas masyarakat ,”ujarnya. (L1e)

18 Jun 2022

Imtihan MI Al-Hikmah " Syukuran Lulusan Angkatan ke 72"

INDOMEDIANEWSC- Siswa-Siswi MI Al -Hikmah Mertapadawetan, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, merayakan Imtihan sebagai ungkapan Syukur aras kenaikan atau kelulusan yang telah diraih selama menuntut ilmu di Madrasah yang telah berdiri sejak Tahun 1950.

Acara yang diisi dengan berbagai kegiatan, dari mulai hapalan Do'a pendek, karnaval, hingga pentas seni tersebut dihadiri oleh para  Wali murid dan Alumnus Sekolah setempat.

Dalam keterangan yang disampaikan Kepala MI Al-Hikmah, Shofari.MS, menuturkan, bahwa Imtihan dapat dilaksanakan dengan baik karena dukungan dari seluruh wali murid hingga para Alumnus.

" kami menghaturkan terimakasih kepada seluruh wali murid dan para Alumnus yang telah membantu baik moril maupun material hingga acara Imtihan dapat berjalan dengan baik" tuturnya , Sabtu,18/06/2022.

Lebih lanjut Shofari menuturkan, bahwa Tahun ini Siswa-Siswi yang lulus merupakan angkatan ke 72.

"Ini adalah angkatan yang ke 72 sejak berdirinya MI Al-Hikmah, Alhamdulillah, Jumlah Siswa yang dititipkan para Orang Tua kepada kami sebanyak 148 dengan jumlah pengajar sebanyak 8 Orang yang keseluruhannya masih merupakan tenaga honorer, walau dengan segala keterbatasan kami tetap berusaha semaksimal mungkin untuk menciptakan generasi muda yang Agamis ,mandiri dan tetap menjunjung tinggi norma dan moral sebagai Anak Bangsa" jelasnya.
Sosok yang terlihat tegar ini memberikan apresiasi khusus kepada seluruh Alumnus yang telah mendonasikan sebagian rijkinya untuk membantu MI Al-Hikmah hingga saat ini telah memiliki satu set marcing band yang mana dibelinya dari hasil udunan para Alumnus.

Sementara itu, ketua panitia Imtihan, Ahmad Faiz, menuturkan harapannya.

"MI Al-Hikmah ini merupakan salah satu MI tertua, oleh karenanya kami memohon kepada semua lapisan Masyarakat untuk mendukung dan merawat secara bersama-sama agar MI Al-Hikmah tetap menjadi salah satu Madrasah yang mampu mencetuskan generasi muda yang membanggakan bagi keluarga, Bangsa Agama maupun almamater" harapnya. (1c)



16 Jun 2022

Tingkatkan Frekuensi Patroli "Polsek Argapura Jaga Wilayah Hukum Tetap Kondusif"

INDOMEDIANEWSC- Untuk mencegah timbulnya tindak kriminalitas, kesigapan personel di jajaran Polsek Argapura Polres Majalengka terus ditingkatkan diwilayah Kecamatan Argapura Kabupaten Majalengka, Kamis (16/6/2022) Dini hari.

Dengan dilaksanakan nya patroli dialogis oleh anggota Polri ini warga akan merasa aman dan nyaman, dalam melakukan segala aktifitas maupun saat istirahat di rumah.

Kegiatan patroli tersebut adalah salah satu kegiatan Kepolisian yang rutin di laksanakan untuk mencegah tindak kejahatan yang sewaktu-waktu bisa terjadi disekitar kita dan juga untuk menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif.

Rute patroli malam hingga dini hari ini hingga wilayah pelosok. Ini sebagai upaya untuk mencegah timbulnya kriminalitas maupun gangguan Kamtibmas lainnya,”kata Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi melalui Kapolsek Argapura IPTU Agus Purwanto.

Ia juga mengatakan, Peristiwa kejahatan timbul karena beberapa faktor, salah satunya memanfaatkan kesempatan yang ada termasuk juga karena kelengahan petugas.

“Segala bentuk kejahatan utamanya yang memanfaatkan situasi saat ini harus ditindak tegas. Seluruh jajaran Polri berkomitmen atas perintah dari Pimpinan tersebut,”terangnya.

Anggota Polsek Argapura Polres Majalengka juga himbau warga agar selalu patuh terhadap protokol kesehatan. Dengan terus melaksanakan patroli. Semoga tetap kondusif,” pungkasnya. (L1e)

SEKWIL PARTAI BERKARYA JAWA BARAT SAMBANGI DPD KABUPATEN CIREBON

INDOMEDIANEWSC- Sekretaris  Wilayah Partai  Berkarya  Provinsi  Jawa Barat YUSMAN  ZILWU  sambangi  sekretariat  DPD Partai Berkarya Kabupaten Cirebon Di Jalan Raya Sunan Gunung Jati  Cirebon. 

dalam  kunjungannya yang diterima  langsung  oleh  Ketua  DPD  Partai  Berkarya  Kabupaten  Cirebon  MUSTAMID. A.M, S.Pd., S.H., M.H., C.L.A. dengan  didampingi oleh Ketua BAPPILU  NURSOPAN, S.E.  dan   jajaran  sayap  Partai  Angkatan Muda  Partai  Berkarya (AMPB).  

Dalam  kedatanganya  Yusman,  menjelaskan  maksud dan tujuanya adalah  Silaturrahmi  ke  DPD-DPD  se-Jawa Barat.  
Menurutnya,  ada pribahasa tidak  kenal  maka  tak  sayang.   

"Saya  baru sempat  berkunjung  ke  Cirebon dan  bisa  bertatap muka  langsung  dengan  pengurus  yang ada disini "tuturnya. 

Lebih lanjut dikatakan Sekwil,  sebelum ke  DPD Kabupaten  Cirebon mengunjungi  DPD  Kuningan dan  DPD Kota  Cirebon  lebih  dahulu,  dilanjutkan  ke  DPD Kabupaten  Cirebon  dan  DPD Kabupaten  Indramyu dilanjutkan  perjalanan  ke Sumedang  dan Garut.   

Safari   poltik  ini sudah seijin   Ketua  DPW Provinsi   Jawa Barat  dalam rangka   cek and  balance terkait  persiapan  Verifikasi   Partai  Berkarya  agar  partainya   lolos  ikut sebagai  peserta  pemilu  pada  tahun  2024 mendatang.

Masih  dikatakan Sekwil, pihaknya merasa  optimis   Partai  Berkarya Kabupaten  Cirebon  akan  mendapatkan  suara  yang  signifikan  dan  menjadi barometer  Jawa Barat, sehingga  dalam tiap-tiap dapil  terisi  oleh  para  Caleg-calegnya  dan  minimalnya  mendapatkan  satu  fraksi. 

"Saya optimis  sekali Partai  Berkarya  Kabupaten  Cirebon  di bawah kepemimpinan     pak Mustamid  yang sosoknya  tidak  asing  bagi  rakyat  Kabupaten  Cirebon,  beliau  sangat  piawai  dalam  bergaul  dari  semua  kalangan  dan  latarbelakangnya  seorang  dosen dan  Pengacara  terkenal  di  Cirebon, semoga ini menjadi langkah awal menuju Indonesia lebih maju dan sejahtera dalam segala bidang" jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPD
DPD  Partai  Berkarya  Kabupaten  Cirebon  MUSTAMID. A.M, S.Pd., S.H., M.H., C.L.A, menuturkan, pihaknya akan bekerja maksimal demi perubahan kearah yang lebih baik.

" dengan kebersamaan dan tujuan juga semangat perubahan, kami yakin apa yang kita lakukan akan tercapai atas ijin Allah, oleh karenanya kami mengajak kepada semua pihak untuk menyatukan tekad demi NKRI yang lebih baik dari yang sudah baik" tuturnya. (1c)