6 Apr 2022

Keramat Nyi Buyut Kaisem " Makom tanpa atap"

INDOMEDIANEWSC - Beberapa Patilasan atau makom keramat yang ada di beberapa tempat , tidak selalu diketahui oleh halayak umum, salah satunya adalah Makom keramat Nyai Buyut Kaisem, yang berada di Dusun 1 RT 1/1 Desa Lemahabang kulon, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon.

Makom yang berada dalam sebuah kuta tanpa atap penutup tersebut, merupakan salah satu makom yang telah berusia ratusan tahun dan kerap dijadikan tempat ziarah oleh warga Masyarakat dari berbagai Daerah.

Hal tersebut dituturkan Warga setempat yang tidak bersedia dicantumkan identitasnya, menjelaskan bahwa banyak warga yang berkunjung atau ziarah ke makam Nyai Buyut Kaisem.

" tidak jarang warga dari luar daerah yang melakukan ziarah di makom ini, bahkan boleh dibilang hanya sedikit warga sekitar yang  mengetahui keberadaan makom Nyai Buyut Kaisem, dan konon menurut beberapa ceritra dari para orang tua, Nyi Buyut ini merupakan sosok yang welas asih, hingga kemungkinan karomahnya masih banyak dirasakan oleh para penziarah, Wallahua'lam" ujarnya.

Sayangnya, situas ziarah Nyi Buyut Kaisem, terkesan kurang mendapat perawatan hingga terlihat sedikit kumuh, Makom yang berjarak kurang lebih 2KM dari pusat Pemerintahan Desa Lemahabang kulon tersebut diharapkan bisa dijadikan salah satu situs keramat hingga membuat generasi muda tidak kehilangan sejarah. Makom Nyibuyut hanya dikelilingi oleh tembok setengah badan tanpa adanya atap, yang konon hal ini terjadi sudah sejak adanya makom tersebut.

" dari cerita yang kami tererima, bahwa sejak dulu katanya Makom Nyi Buyut tidak mau untuk diberi atau dibangunkan atap, tentang mengapa demikian kami pun tidak ada yang tahu persis" Tutur Endra, Kasatgas Desa setempat, Rabu, 06/04/2022. (1c)

0 $type={blogger}: