16 Mar 2022

Desa Tuk Karangsuwung " maksimal peran pos yandu"

INDOMEDIANEWSC - Stunting, menjadi perhatian serius dari berbagai pihak. Salah satunya Desa Tukkarangsuwung Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon, yang aktif melaksanakan Posyandu.

Menurut Ketua PKK Desa Tukkarangsuwung, Nia Kurniasih, kegiatan Posyandu sangat diperlukan guna mengetahui pertumbuhan bayi dan anak juga ibu hamil. 

"Kader PKK desa yang berperan aktif dalam bidang kesehatan, senantiasa mengajak orang tua untuk datang ke Posyandu. Jika ada yang kurang gizi, akan ditindaklanjuti pihak desa dan Puskesmas," katanya usai menerima tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) kabupaten, Selasa 15/3/2022.

Nia menjelaskan, penanganan stunting menjadi tanggung jawab seluruh pihak termasuk pemerintah desa dan masyarakat. 

"Pihak desa telah berupaya maksimal dalam bidang kesehatan, salah satunya mengadakan Posyandu di tiap dusun. Namun yang utama, individu itu sendiri dalam hal ini, orang tua dan ibu hamil yang rutin datang ke Posyandu, untuk mengetahui tumbuh kembang anak dan ibu hamil dan kegiatan Monev ini guna meningkatkan kinerja kader PKK," tuturnya.

Masih dikatakan Nia, Monev dari kabupaten pada hari ini setelah desa ini lolos di tingkat kecamatan.

 "Secara administrasi, desa kami tergolong baik dan peran serta kader PKK sangat aktif, sehingga menjadi perwakilan kecamatan untuk lomba PKK dan LPMD tingkat kabupaten. Selain itu, kemajuan zaman dalam digitalisasi menjadi salah satu terobosan bagi desa untuk mempercepat proses pelaporan," ujarnya.

Sementara itu, Camat Lemahabang, Edi Prayitno mengungkapkan, peran serta kader PKK desa dan kecamatan sangat diperlukan, guna mengetahui tumbuh kembang anak dan ibu hamil. "Alhamdulillah, kecamatan ini nol persen untuk gizi buruk. Karena saat ada yang hamil, asupan gizi seimbang bagi ibu hamil tertangani dengan baik," ungkapnya.

Lebih lanjut dirinya  memaparkan, sejak 2020 kasus gizi buruk atau stunting sudah ditangani dan hingga saat ini tidak ada kasus yang menonjol mengenai gizi buruk.

 "Peran serta kader PKK Posyandu sangat membantu untuk penanganan stunting, disamping peran orang tua dan masyarakat yang datang ke Posyandu dan Puskesmas untuk memeriksakan kesehatan," paparnya.

Dirinya mengharapkan, desa ini masuk enam besar dalam kegiatan bina wilayah (binwil) tingkat kabupaten

 "Bila lolos tingkat kabupaten, akan dilanjutkan ke provinsi. 10 program PKK menjadi kriteria penilaian, antaravlain tertib administrasi dan peran serta masyarakat dalam program PKK," tuturnya.

Fungsional Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Cirebon, H Tamin, sangat apresiasi Desa Tukkarangsuwung yang menjadi perwakilan kecamatan dalam binwil tingkat kabupaten. "Unsur penggerak masyarakat sangat diperlukan, guna tercapai program desa, antara lain, antara lain, bidang kesehatan dan kesejahteraan masyarakat," imbuhnya. (1c)




0 $type={blogger}: