9 Feb 2022

pinggiran sungai Cimanis longsor " Rumah Pompa " Ambruk

INDOMEDIANEWSC- Hujan lebat dan luapan arus air sungai Cimanis yang terjadi pada Senin, 7 /02/2022,  berimbas pada hancurnya Rumah Pompa yang ada di Desa Beringin, Kecamatan Pangenan , Kabupaten Cirebon.

Hal tersebut disampaikan Kuwu Desa Beringin, Agung Gunawan, kepada IM diruang kerjanya, Rabu, 09/02/2022.

" Hujan sangat lebat terjadi pada hari senin sore sekitar pukul 18.00 wib hingga 20.00 wib , akibatnya arus air sungai cimanis meluap hingga berdampak pada ambruknya rumah pompa air, ini akibat dari pinggiran sungai yang tergerus dan tidak mampu menahan aliran sungai yang sangat besar akibatnya tanah tersebut longsor " jelasnya.

Dari pantauan IM, Ambruknya Rumah pompa yang berdiri di pinggiran kali atau sungai cimanis tersebut, hancur karena terjadinya longsor akibat tak mampu menahan arus air yang hampir berada diatas permukaan, dengan peristiwa tersebut, diperkirakan mengakibatkan kerugian kurang lebih Rp.27.500.000.

Senada hal tersebut disampaikan Sekretaris Desa Beringin, Supriyadi, yang turun langsung meninjau lokasi ambruknya Rumah Pompa Air.

" memang setiap kali hujan lebat, arus sungai cimanis kerap kali meluap, bahkan beberapa hari yang lalu , luapan air mengakibatkan jebolnya tanggul yang lokasinya tidak jauh dari Rumah Pompa Air,  dengan hal tersebut, tentunya kami sangat berharap pihak terkait, salah satunya BBWS bukan hanya sebatas melakukan perbaikan tanggul, namun perlu juga dilakukan pengerukan atau penyodetan termasuk pemasangan bronjong yang sifatnya permanen, ini diharapkan selain sebagai upaya antisipasi terjadinya luapan air juga untuk meminimalisir terjadinya banjir" tuturnya.(1C)

0 $type={blogger}: