21 Feb 2022

FKDC SAMBUT BAIK,KONSEP KAMPUNG E3 LPDP

INDOMEDIANEWSC - Ketua  Forum Komunikasi Difabel Cirebon (FKDC) Mujib, menyambut baik Program Kampung E3 bagi penyandang Disabilitas  yang di prakarsai oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Padma Wijaya bersama yayasan Kumala Cirebon.

Kampung E3 tersebut secara langsung diresmikan oleh  Direktur Jenderal (Dirjen) 
Pemberdayaan Sosial, Kementerian Sosial (Kemensos) RI, Edi Suharto, Kampung E3, dan ini merupakan proyek sosial dari LPDP Padma Wijaya, bagi penyandang Disabilitas, yang ada di Desa Durajaya, Kecamatan Greged, Kabupaten Cirebon, Sabtu (19/2/22).

Ketua FKDC Mujib, mengatakan kalau bicara masalah pemberdayaan bagi penyandang disabilitas kadang-kadang banyak yang berpikir urusan disabilitas itu adanya di Dinas Sosial, padahal bukan hanya kewajiban Dinsos semata, melainkan semua Dinas juga punya kewajiban untuk memberdayakan penyandang Disabilitas, sesuai dengan tukposinya.

"Saya sangat bersyukur ada mahasiswa yang peduli dan dia juga mau mengenal dan belajar lebih jauh, khususnya penyandang disabilitas, karena disabilitas juga sama seperti masyarakat pada umumnya," tuturnya

Dikatannya, program-program pemberdayaan masyarakat LPDP, sepengetahuannya, dulu hanya sebatas mungkin kepada komunitas atau masyarakat seperi kelompok nelayan atau petani, tapi sekarang mulai merambah ke pendampingan atau peningkatan kemampuan kepada penyandang disabilitas.

"Kami bersyukur teman teman mahasiswa begitu peduli dengan penyandang Disabilitas, dengan program dan konsep kampung E3 nya," ujarnya

Mujib pun mengatakan konsep kampung E3 LPDP ini, merupakan salah satu terobosan dalam pengentasan kemiskinan, dan diyakini ini akan menumbuhkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, khususnya bagi penyandang disabilitas.

Dijelaskannya ke depan ini akan terus dikembangkan dan di maksimalkan, dan kampung E3 ini nantinya akan dijadikan sebagai obyek wisata edukasi bidang pertanian khususnya bagi anak anak sekolah yang ingin mengetahui lebih jauh tentang bagaimana cara bercocok tanam.

"Bukan itu saja bahkan bisa dijadikan spot untuk Selfi juga," imbuhnya 

Dalam kesempatan tersebut dirinya berharap Pemkab Cirebon untuk lebih melibatkan penyandang disabilitas dalam berbagai macam kegiatan, selama ini teman teman penyandang Disabilitas jarang diikutsertakan, sehingga program kerja Pemkab selama ini belum terlihat hasilnya.

" Kalau program memang setiap tahun kita dapatkan," tandasnya

Dijelaskannya, berkenaan dengan masih minimnya fasilitas ramah Disabilitas, dirinya berharap ke depan untuk lebih diperhatikan oleh Pemkab, memang teman teman selama ini jarang keluar, akan tetapi fasilitas ramah Disabilitas tetap harus diadakan.

"Selama ini kan kami selalu melakukan pendampingan kepada teman teman, 
jadi  berharap  fasilitas ramah Disabilitas tolong diadakan gitu karena kami juga sebagai masyarakat Kabupaten Cirebon," pungkasnya ( 1c)


0 $type={blogger}: