26 Feb 2022

BPT dan Vaksinasi " serentak dilakukan" Pemdes Panongan lor

INDOMEDIANEWSC - Ratusan warga Desa Panonganlor Kecamatan Sedong Kabupaten Cirebon, mendapatkan program Bantuan Pangan Tunai (BPT) sekaligus vaksinasi Covid 19.

Kuwu Desa Panonganlor, Agus Syamsah mengatakan, program BPT sangat dinantikan masyarakat saat Covid 19 melanda Indonesia,

"Sekitar 253 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) mendapatkan program tersebut  untuk periode Januari hingga Maret," tuturnya,  Sabtu 26/2/2022.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, pelaksanaan pembagian DPT diisi dengan kegiatan vaksinasi bagi warga.

Vaksinasi terus dilaksanakan hingga batas waktu yang tidak ditentukan. Maka, bagi warga yang belum divaksin, supaya datang ke balai desa maupun Puskesmas.

 "Sesuai anjuran pemerintah, vaksinasi gencar dilaksanakan hingga tingkat desa, maka saat pembagian BPT diadakan pula kegiatan vaksinasi dosis satu dan dua," jelasnya.

Masih dikatakan Agusyam, Covid 19 yang masih melanda daerah sangat berdampak pada masyarakat desa. Maka sudah seharusnya mendapatkan perhatian pemerintah, untuk memberikan bantuan bagi yang terdampak.

 "Jangan lalai untuk menerapkan protokol kesehatan (prokes) dalam keseharian, karena Covid 19 bisa terjadi pada siapapun. Termasuk, yang sudah divaksin, untuk tetap melaksanakan prokes," tuturnya

Dirinya menghimbau pada seluruh masyarakat untuk saling mengingatkan, agar menerapkan prokes dan memanfaatkan sebaik mungkin bantuan yang diberikan pemerintah, salah satunya untuk memenuhi kebutuhan pokok. 

"Tentunya program pemerintah untuk masyarakat sangat dinantikan, supaya warga sehat dan tepenuhi kebutuhan hidup," pungakasnya. (1c)

Kasus Mantan Kuwu Citemu " Seret Camat Mundu " tunggu proses Hukum

INDOMEDIANEWSC  -  dalam pemberitaan beberapa media sebelumnya, Proses hukum dugaan tindak pidana korupsi APBDes yang dilakukan  mantan Kuwu Desa Citemu Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon Supriyadi sejak tahun 2018 hingga 2020, melebar ke ranah Muspika Kecamatan Mundu. Diduga kasus tersebut, merupakan kelalaian Camat selaku pembina dan pengawas perangkat desa.

Hal itu disampaikan Sekjen Parade Nusantara, Dimyati Dahlan , 

"pasalnya kejadiannya bukan hanya sekali dua kali, tetapi sampai tiga tahun berturut-turut. Berarti seolah- olah, fungsi dari pembinaan, pengawasan dan fungsi fasilitasi dari seorang camat tidak ada. Ini jelas camat lalai,” tegas Dimyati Dahlan saat mengunjungi kediaman Nurhayati di Desa Citemu Kecamatan Mundu, beberapa saat lalu.
 
Menurut Dimyati Dahlan, bahwa kasus yang menimpa Nurhayati menjadi evaluasi bersama terkait masih adanya pengelolaan keuangan desa yang belum maksimal. Dan Camat tidak mampu mengimplementasikan tugas yang sudah diamanatkan oleh PP 43 pasal 154.

“Karena tanpa persetujuan, tanpa rekomendasi Camat uang tidak akan keluar, kejadian ini Camat telah melakukan kelalaian dalam tugasnya, dan camat bisa dijerat jadi tersangka,” tandasnya.

Sekjen Parade Nusantara, Dimyati Dahlan menjelaskan, bila bendahara desa ditetapkan tersangka, maka penyidik harus menetapkan juga Camat sebagai tersangka. Karena alat buktinya lebih dari cukup, tindakan melawan hukumnya sudah terpenuhi, merugikan keuangan negara terpenuhi, menguntungkan diri sendiri atau orang lain terpenuhi.

Diapun menghimbau, kepada para Camat di Kabupaten Cirebon, dengan kejadian yang menimpa Desa Citemu, Kecamatan Mundu, untuk berbenah agar tidak terjadi kejadian serupa.

“Jalankan fungsi camat sesuai yang sudah diamanatkan oleh PP 43 pasal 154, dan kepada perangkat desa juga harus lebih memaksimalkan peningkatan kapasitas perangkat desa,” tandasnya.

Sementara itu, Camat Mundu H. Anwar Sadat. M.S.i,  yang hadir dalam Acara Pelantikan Perangkat Desa Penpen, Jum'at 25/02/2022, saat ditanya terkait dirinya yang disangkut pautkan dengan kasus di Pemdes Citemu, hanya memberikan jawaban singkat.

" saat ini kasusnya sudah ditangani penegak Hukum, jadi kita tunggu saja hasilnya bagaimana" tuturnya. (1c)

25 Feb 2022

Jumat Berkah "Bupati Imron Bagikan Sembako dan Pantau Vaksinasi"

INDOMEDIANEWSC- Bupati Cirebon, Imron, serta beberapa kepala SKPD berkeliling Kecamatan Sumber sambil bersepeda, Jumat (25/2/2022). Tujuannya adalah Blok Walinanggung, Kelurahan Tukmudal, Puskesmas Sumber, Puskemas serta Kelurahan Sendang. Di Blok Walinanggung, Bupati memberikan bantuan paket sembako, serta pemberian minyak goreng kepada warga.

Sementara di Puskesmas Sumber, memantau jalannya vaksinasi. Kegiatan yang sama juga dilakukan di Puskesmas Sendang dan kembali memberikan paket bantuan sembako dan minyak goreng di Kelurahan Sendang.

Usai melihat jalannya vaksinasi dan pembagian sembako dan minyak goreng, Imron meminta maaf. Hal itu dikarenakan tidak bisa mengunjungi rumah warga satu persatu. Bantuan stimulan tersebut, tujuannya untuk sedikit mengurangi beban masyarakat akan kebutuhan pokok, yang salah satunya adalah minyak goreng.

"Ini bantuan stimulan. Ada sekitar 250 paket sembako dan minyak goreng yang kami bagikan. Kami merasakan betapa sulitnya mendapatkan minyak goreng saat ini. Bantuan sembako lainnya juga mudah-mudahan bisa sedikit meringankan beban kebutuhan sehari-hari," kata Imron.
 
Menurutnya, saat ini pemerintah telah menetapkan kebijakan harga minyak goreng, yaitu Rp14 ribu per liternya. Aturan tersebut dituangkan dalam Permen Perdagangan Nomor 06 Tahun 2022. Isinya, tentang penetapan harga eceran tertinggi minyak goreng sawit. 

Lalu, ada juga aturan Permen Perdagangan Nomor 01 Tahun 2022. Aturannya tentang penyediaan minyak goreng kemasan sederhana, untuk kebutuhan masyarakat dalam kerangka pembayaran oleh badan pengelola dana perkebunan kelapa sawit. 

"Saya sudah menginstruksikan Kadis Perdagangan dan Industri dengan tim. Mereka harus bisa mengendalikan inflasi daerah Kabupaten Cirebon," ungkapnya.

Tim tersebut lanjutnya, bekerjasama dengan instansi kepolisian. Tugas dan fungsinya, untuk melakukan monitoring dan pengawasan  pasar tradisional dan modern. Hal itu, untuk memantau kebijakan pemerintah satu harga minyak goreng. Nantinya  masyarakat mendapat jaminan kepastian, tentang satu kebutuhan dasar bahan pokok masyarakat. 

"Tim harus berkoordinasi dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, atas kelangkaan kedelai sebagai bahan pokok tahu dan tempe. Masalahnya, ini adalah makanan sehari-hari masyarakat. Saya juga memberikan apresiasi kepada Bank BJB cabang Sumber, yang telah mensupport kegiatan tersebut," terangnya.(lisdis)

24 Feb 2022

Kapolri Minta Vaksinasi Booster untuk Lansia Dimaksimalkan

INDOMEDIANEWSC - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta kepada jajaran TNI, Polri, Forkopimda dan seluruh pihak terkait untuk memaksimalkan akselerasi percepatan vaksinasi booster atau dosisi ketiga bagi kelompok lanjut usia (lansia). 

Hal itu disampaikan Sigit saat meninjau pelaksanaan akselerasi vaksinasi di seluruh Provinsi Indonesia, dengan menghadiri secara langsung di Obyek 
Wisata Taman Bunga Nusantara, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Rabu (23/2/2022).

"Dalam kesempatan ini juga, kembali saya ingatkan terhadap masyarakat khususnya lansia sesuai Surat Edaran dari Kemenkes bahwa sudah diberikan kesempatan bagi yang sudah tiga bulan untuk bisa melaksanakan vaksin booster ketiga. Tentunya harapan saya ini betul-betul bisa dimaksimalkan," kata Sigit dalam kunjungannya. 

Diketahui, dalam Surat Edaran bernomor SR.02.06/II/1123/2022, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sudah menyatakan waktu pelaksanaan vaksinasi booster sudah bisa dilakukan dalam waktu tiga bulan setelah mendapatkan vaksinasi kedua bagi kelompok lanjut usia. 

Dalam satu minggu kedepan, Sigit mengungkapkan, akan mengejar target dari vaksinasi booster bagi kelompok lansia. Menurutnya, dengan mendapatkan dosis ketiga itu, masyarakat khususnya yang sudah berusia dan memiliki komorbid, akan memiliki imunitas lebih kuat dari paparan virus Covid-19. 

"Karena kalau kita lihat bahwa data-data yang rentan memiliki angka fatalitas tinggi tentunya adalah usia lansia yang disertai komorbid ataupun yang vaksinnya belum lengkap. Jadi ini saya harapkan untuk terus bisa dikerjakan," ujar Sigit. 

Mantan Kabareskrim Polri itu menekankan, untuk mencegah laju pertumbuhan Covid-19 saat ini, khususnya varian Omicron, vaksinasi menjadi upaya penting dalam penanganan dan pengendalian Pandemi Covid-19. 

Sebab itu, kata Sigit, kedepannya, capaian target akselerasi vaksinasi dalam rangka mewujudkan kekebalan komunal, akan ditingkatkan jumlah, dari 1,1 juta menjadi 1,6 juta vaksinasi per hari.

"Secara nasional terjadi peningkatan vaksinasi kemarin kita berada di angka 1,1 juta. Hari ini target kita 1,6 juta. Ini akan terus kita jaga dan kita pertahankan, serta kita tingkatkan," ucap eks Kapolda Banten tersebut. 

Dengan begitu, Sigit berharap, bisa menghadapi perkembangan pertumbuhan Covid-19 jenis Omicron. Mengingat, menurut Sigit, dari data yang ada tingkat kesembuhan saat ini secara rata-rata nasonal berada di angka 80 hingga 90 persen.

"Tingkat kematian bisa kita jaga walaupun di beberapa wilayah ada yang diangka 5 atau 6 persen. Tapi rata-rata masih berada di angka tiga atau bahkan ada juga yang di bawah angka tiga persen. Ini adalah modal kita untuk kemudian melewati situasi Pandemi khususnya varian baru Omicron," tutur Sigit.

Sigit optimis tren-tren positif itu bisa dipertahankan dan ditingkatkan. Pasalnya, lanjut Sigit, Indonesia pernah menjadi salah satu negara terbaik dalam rangka penanganan dan pengendalian Pandemi Covid-19. 

"Ini harus kita jaga terus, karena ini berdampak tentunya bagi aktivitas masyarakat dan tentunya akan membawa pertumbuhan positif terhadap pertumbuhan ekonomi.  Harapan kita bisa menjaga target Pemerintah diangka 5,5 persen. Ini bisa kita jaga," papar Sigit.

Tak hanya meninjau, Sigit juga memberikan pengarahan tentang upaya dan strategi menekan laju pertumbuhan Covid-19 di seluruh Indonesia, dengan sambungan virtual. (Lis sk1)

23 Feb 2022

Deklarasi Relawan Anis P-24 " Cirebon siap perubahan"

INDOMEDIANEWSC- Relawan Anis P24 Kabupaten Cirebon mulai terealisasi dengan tujuan selain mempererat tali silaturahmi antar relawan juga menyatukan visi misi demi mendukung Anis Baswedan sebagai Presiden Republik Indonesia Tahun 2024.

Pembentukan Relawan Anis P24 yang diprakarsai  Aris Mulanto, diharapkan mampu untuk menyatukan segala bentuk dukungan demi kemenangan Anis di Pilpres 2024.

Dalam keterangannya saat menggelar temu Relawan bertempat di salah satu Restro yang berlokasi di Desa Kanci, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, Rabu, 23/02/2022.

" selain kami menyelenggarakan silaturahmi bersama seluruh relawan se Kabupaten Cirebon yang dihadiri melalui perwakilan dari berbagai unsur, baik Ibu Rumah tangga, aktivis, pengusaha sampai buruh pabrik, sekaligus berdasarkan keinginan para relawan untuk sekaligus dilaksanakan Deklarasi, atas keinginan dan semangat para relawan, maka pada kesempatan yang sama langsung dilakukan Deklarasi, ini bertanda bahwa rekan-rekan sangat antusias dan semangat untuk mendukung Bapak Anis menjadi Presiden Republik Indonesia Tahun 2024" jelasnya.

Lebih Lanjut Aris , selain Ketua Relawan Anis P-24 Kabupaten Cirebon,  sekaligus sebagai Wakil Ketua DPW Relawan Anis P-24 Prov Jabar, menuturkan harapannya

" Kami terlepas dari partai apa yang nanti  mendukung Pak Anis, pada intinya relawan bekerja dengan semangat dan tanpa pamrih demi tercapainya apa yang diharapkan, kami yakin dibawah kepemimpinan Anis Baswedan, Republik ini semakin baik, satu yang kami harapkan dari seluruh relawan untuk berjuang bersama demi sebuah asa , Cirebon perlu ada perubahan, dan kami Relawan Anis P-24 siap untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik" pungkasnya. (1c)


Dugaan Penyerobotan Aset Desa Rawaurip "Berujung di meja hijau"

INDOMEDIANEWSC- Pemerintah Desa Rawaurip Kecamatan Pangenan Kabupaten Cirebon, mengambil langkah hukum atas dugaan penyerobotan aset desa, yang dilakukan salah satu perusahaan yang berlokasi di Desa setempat.

Menurut keterangan yang disampaikan  kuasa hukum Andreas Yahannes Tuwo, aset desa yang diduga diserobot pihak perusahaan hingga kini terus bergulir hingga ke ranah pengadilan. 

"Setelah dilakukan mediasi tak ada titik temu (deadlock), maka dilanjutkan ke ranah pengadilan untuk membuktikan kasus tersebut," tuturnya, Selasa 22/2/2022

Masih dikatakan Andreas, kasus dugaan penyerobotan tanah aset desa yang dilakukan pihak perusahaan di desa ini sangat merugikan pemerintahan desa. Salah satunya, penghasilan bagi perangkat desa. 

"Setelah adanya kuasa dari Pak kuwu, kami berusaha maksimal untuk memenangkannya. Besar kemungkinan, dapat dimenangkan dengan mudah, karena klien kami memiliki bukti kuat atas aset desa tersebut," jelasnya.

Sementara itu, Kuwu Desa Rawaurip, Rohman Nur mengungkapkan, dugaan penyerobotan aset desa dan diduga melakukan penutupan saluran air oleh pihak perusahaan, berdampak pada banjir. 

"Pihak perusahaan bilangnya, sudah ada saluran pengganti. Akan tetapi yang terjadi, saat penghujan selalu kebanjiran, hususnya  di Blok Wage, Pahing dan Blok Kliwon. Tentunya, sangat merugikan masyarakat dan pihak desa," ungkapnya.

Masih dikatakan Rohman, dalam dokumen desa, lokasi yang dimaksud masih masuk aset desa, sehingga status kepemilikan aset desa.

 "Selama ini pihak perusahaan mengatakan, telah membeli lahan yang diperkarakan. Namun ketika kami menanyakan bukti kepemilikan, hingga sekarang belum bisa menunjukkan, maka kami lanjutkan ke tingkat pengadilan, untuk membuktikannya," papar Rohman.

Rohman menambahkan, pihaknya sudah mendaftarkan ke Pengadilan Negeri Kabupaten Cirebon atas dugaan penyerobotan aset desa dan direncanakan Rabu (2/3/2022), sidang perdana kasus ini.

 "Aset desa yang tercatat dalam persil nomor 34, berupa saluran irigasi desa sekitar 320 meter yang diduga diserobot pihak perusahaan. Setelah mediasi deadlock, maka ranah pengadilan yang akan menentukannya. Kami hanya ingin aset desa kembali," pungkas Rohman. (1b)

Nakes dan pelajar terpapar Covid 19 "Kecamatan Mundu gelar PPKM"

INDOMEDIANEWSC- Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon, kembali dilaksanakan dengan sasaran pengendara yang tidak memakai masker.

Keterangan yang disampaikan Anggota Koramil Astanajapura, Kopka Yudha menuturkan, kasus Covid 19 di kecamatan ini yang melonjak, maka kembali diadakan PPKM dengan sasaran warga yang tidak memakai masker. 

"Kami berikan masker bagi pengendara motor yang tidak memakai masker kemudian didata, agar tidak mengulangi lagi," katanya, Selasa 22/2/2022.

Babinsa Desa Sinarancang kecamatan setempat ini menjelaskan, Covid 19 yang semakin masif mengakibatkan anak sekolah, tenaga kesehatan dan masyarakat terpapar. Sehingga, diperlukan kesadaran masing-masing individu dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes).

 "Sepertinya kita lupa dengan masih adanya Covid 19. Maka, melalui PPKM ini kita ingin mengingatkan kembali supaya prokes dilaksanakan, salah satunya memakai masker saat bepergian," jelasnya.

Dirinya menghimbau pada seluruh masyarakat, untuk menerapkan prokes dalam keseharian. Minimal, memakai masker saat bepergian dan bila tak ada keperluan penting, lebih baik di rumah saja.

 "Covid 19 masih ada. Jangan lengah untuk menerapkan prokes melalui 5M yakni, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas," imbau Yudha.

Sementara itu, Camat Mundu, H Anwar Sadat mengungkapkan, Covid 19 kembali merebak di kecamatan ini.

 "Dari data yang ada, lima nakes di Puskesmas Pamengkang dan satu nakes dari Puskesmas Mundu terpapar Covid 19. Sedangkan dari dunia pendidikan, 10 siswa dan satu orang guru juga satu relawan dari Jepang, turut terpapar Covid 19, sehingga sekolah tersebut di lockdown selama sepekan," ungkapnya.

Anwar memaparkan, Covid 19 yang merambah lingkungan pendidikan berdampak pada terhentinya Pembelajaran Tatap Muka (PTM). 

"Sejak Senin (14/2/2022) hingga batas waktu yang belum ditentukan, sekolah lockdown dan akan dievaluasi. Bila sudah memungkin untuk diadakan PTM kembali, kami buka. Tapi jika sebaliknya, pembelajaran melalui daring," jelas Anwar. (1c)

Pemdes Rawaurip sambut baik "Program Pamsimas"

INDOMEDIANEWSC- Pemerintah Desa (Pemdes) Rawaurip Kecamatan Pangenan Kabupaten Cirebon, melakukan berbagai cara untuk mengatasi kebutuhan air bersih bagi masyarakat. Salah satunya, dengan program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas).

Dalam keterangannya, Kuwu Rawaurip Rochmannur mengatakan, untuk kebutuhan air bersih layak minum sangatlah 'mahal', karena desa ini merupakan wilayah pesisir dan tentunya sumber  air yang dikonsumsi masyarakat kurang layak minum. 

"Alhamdulillah, bantuan pemerintah pusat untuk program Pamsimas ini menjadi solusi bagi masyarakat, untuk memenuhi kebutuhan akan air bersih," tuturnya, Selasa 22/2/2022.

Rohman menceritakan, sebelum adanya program Pamsimas, masyarakat untuk konsumsi layak air minum, bervariatif. Ada yang melalui sumur bor pribadi ataupun terkadang, membeli kebutuhan air bersih.

"Tentunya, kami sangat terbantu dengan adanya Pamsimas ini dan menjadi solusi terbaik juga ekonomis, karena masyarakat tidak harus mengeluarkan biaya yang cukup besar, untuk mengadakan sumur bor secara mandiri," jelasnya

Masih dikatakan Rohman, program Pamsimas 'Tirta Urip' ini sudah berjalan sekitar satu bulan dan bahkan setiap harinya, jumlah penerima manfaat terus bertambah. 

Saat ini sudah tercatat sekitar 110 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) program Pamsimas tersebut. 

"Sebenarnya kurang ideal bila ada satu Pamsimas di desa ini, maka perlu adanya penambahanan lagi. Mengingat, jumlah penduduk sekitar 8.500 jiwa dan 2800 rumah, serta ada 3.400 Kepala Keluarga (KK) ini dirasa masih sangat jauh dari kata ideal. Jadi, kalau untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan air layak konsumsi, minimal dibutuhkan dua atau tiga Pamsimas lagi," ujarnya.

Dirinya mengucapkan terima kasih pada pihak terkait yang realisasikan pembangunan Pamsimas di desa ini. 

"Kami ucapan terima kasih pada pemerintah pusat yang sudah memberikan bantuan program Pamsimas, karena sangat membantu kebutuhan air bersih pada masyarakat untuk konsumsi layak minum," pungkas Rohman (1c)

22 Feb 2022

Warga Resah Bau Tak Sedap " pengusaha siap perbaiki"

INDOMEDIANEWSC - Masyarakat terdampak penjemuran bulu ayam melaksanakan  bermusyawarah di balai Desa Rawaurip, Kecamatan Pangenan Kabupaten Cirebon. Hasilnya, pihak perusahaan bersedia untuk minimalisasi bau tak sedap.

Menurut tokoh pemuda Desa Japurabakti, Kecamatan Astanajapura, Qorib, bau tak sedap dari penjemuran bulu ayam sangat meresahkan masyarakat, sehingga perlu adanya solusi terbaik.

 "Pihak perusahaan harus memperhatikan dampak polusi, bau tak sedap. Maka, perlu ada solusi terbaik dari perusahaan. Bau tak sedap yang ditimbulkan sangat luar biasa. Terlebih saat pagi hari," tuturnya, Selasa, 22/2/2022

Aktivis Cirebon Timur ini menjelaskan, dampak bau dirasakan warga Japurabakti dan Japurakidul, Kecamatan Astanajapura, Desa Rawaurip, Desa Pengarengan dan Desa Japuralor, Kecamatan Pangenan.

 "Jika sampai satu pekan masih seperti itu (bau tak sedap), akan kami laporkan ke Polsek hingga Polda.karena Polusi yang ditimbulkan sangat kurang baik untuk kesehatan dan yang lebih parah, bagi anak-anak. Tidak ada suka maupun tak suka apalagi unsur politik. Saya di sini atas aspirasi masyarakat, supaya keberadaan penjemuran bulu ayam berdampak positip bagi masyarakat," jelasnya.

Masih dikatakan Qorib, dalam penentuan lokasi penjemuran bulu ayam harus memperhatikan dampak lingkungan dan mensejahterakan masyarakat sekitar.

 "Dengan dijadikannya Cirebon Timur kawasan industri, harus mampu menyerap tenaga kerja lokal sebanyak mungkin dan tolong pertimbangkan matang-matang dampak lingkungan. Bila tak bisa realisasikan, akan berhadapan dengan masyarakat. Kami sangat mendukung adanya pabrik maupun sejenisnya, asalkan warga setempat diakomodir," ujarnya.

Menanggapi keluhan masyarakat tersebut, Camat Pangenan, Bambang Setiadi mengungkapkan, pihak perusahaan diberi jangka waktu empat hari, terhitung hari ini, untuk minimalisasi bau tak sedap tersebut. 

"Dalam musyawarah i dikatakan pihak perusahaan, akan menggunakan bahan kimia untuk minimalisasi bau tak sedap, bila masih saja terjadi, kami cek lokasi. Apakah benar dari pabrik tersebut atau tempat lain. Kalau bau tak sedap tak bisa diminimalisasi, sangat terpaksa digeser ke tempat lain," ungkapnya.

Sementara itu, pelaku usaha penjemuran bulu ayam, Lukman Hakim menuturkan, akan berusaha maksimal untuk minimalisasi bau tak sedap dari proses penjemuran bulu ayam. 

"Rencananya, akan dibuatkan cerobong asap untuk minimalisasi bau tersebut dan kemungkinan besar, akan mengurangi bau hingga 80 persen. Keberadaan pabrik yang sudah beroperasi sekitar satu bulan, sehingga masih memerlukan banyak pembenahan," tuturnya.

Dirinya mengucapkan terima kasih atas saran yang membangun dan akan terus lakukan perbaikan, baik dari segi proses maupun yang lainnya, agar keberadaan perusahaan berdampak positip bagi masyarakat.

 "Untuk tenaga kerja, kisaran 25 orang dan warga sekitar yang dilibatkan. Secara bertahap, kami lakukan pembenahan demi kenyamanan usaha," imbuh Lukman

Sementara itu, Kuwu Desa Japuralor, Kecamatan Pangenan, Mulyadi menambahkan, adanya informasi tersebut pihaknya langsung mendatangi lokasi penjemuran bulu ayam yang meresahkan warga desa setempat dan desa tetangga.

 "Kami sudah menegur pihak perusahaan, agar minimalisasi bau tak sedap tersebut," tuturnya, singkat (1c)

Takunjung diperbaiki, jalan poros desa dikeluhkan warga.

INDOMEDIANEWSC- Dua Tahun lebih, warga tiga Desa dari dua kecamatan berbeda, mengeluhkan lambatnya perbaikan jalan poros  yang menghubungkan  Desa Japura Lor Kecamatan Astanajapura dan Desa Japura kidul juga Desa Beringin, Kecamatan Pangenan Kabupaten Cirebon.

Kerusakan jalan poros Desa tersebut terkesan dibiarkan dan tanpa adanya perhatian dari Dinas terkait, hal tersebut disampaikan Samsuri ( 60 Tahun) warga Desa Japura kidul, Selasa , 22/02/2022.

" sudah bosan kang kami nunggu adanya perbaikan jalan, karena sudah 2 tahunan jalan poros ini rusak dan ada kesan dibiarkan, apalagi kalau musim hujan, kerap terjadi kecelakaan, hususnya pengguna roda dua, walaupun ini hanya jalan poros , tetapi layaknya jalan utama yang kerap dilalui para pengguna jalan dari beberapa warga Desa , bahkan jalan ini merupakan salah satu jalan penunjang perekonomian baik para petani maupun warga yang akan melakukan transaksi di pasar Desa Japura lor" tuturnya.

Senada hal tersebut disampaikan Didi (55 Tahun) warga Desa Beringin.

" kami terkadang kesal, tapi tidak bisa berbuat banyak, kekesalan kami dikarenakan jika mau melintas jalan tersebut sangat membahayakan, selain jalannya berlubang juga bergelombang, akhirnya kami harus mencari jalan alternatif yang memutar dan lebih jauh, oleh karenanya harapan kami jalan poros ini segera dilakukan perbaikan, bahkan kondisi jalan saat ini tak ubahnya seperti empang, atau mungkin karena tidak pernah dilalui oleh para pejabat maka dibiarkan rusak " tuturnya. (1b)




jangan bungkam kebenaran " Nurhayati berhak peroleh keadilan"

Penulis.R.Agus Syaefuddin

Penegakan Hukum di Negeri ini belum sepenuhnya memenuhi rasa keadilan, terlebih lagi bagi kalangan bawah. 
Ironisnya tidak sedikit opini publik yang memandang Bahwa Hukum tebang pilih masih tetap ada dan terkesan dipelihara agar terus berkembang biak.
Saat ini yang ramai diperbincangkan adalah terkait kasus yang menimpa salah seorang Perangkat Desa Citemu, Kecanatan Mundu, Kabupaten Cirebon.

Nurhayati, Bendahara Desa yang melaporkan adanya dugaan penyalahgunaan  Anggaran Dana Desa sejak Tahun 2018 hingga 2020 oleh Mantan Kuwu Desa Citemu, berujung dengan ditetapkannya sang pelapor menjadi tersangka.

Timbul  berbagai pertanyaan, mengapa hal ini bisa terjadi, dimana sosok pelapor malah dijadikan tersangka, sementara Kuwu sendiri yang dilaporkan belum diproses .

Mungkin bagi Masyarakat awan peristiwa ini merupakan sesuatu yang luar biasa, bahkan bisa menimbulkan ketakutan untuk melapor karena hawatir berujung seperti yang terjadi pada Nurhayati.

Entah ini kesalahan siapa, apa kepolisian atau jejaksaan, yang jelas ada kesan korupsi ini tidak boleh ditiadakan dengan dalih apapun.

Jika memang Negeri kita sangat berkeinginan untuk memberantas korupsi, mungkin hal ini takan terjadi pada sosok Nurhayati.

Ibu dua anak ini harus menanggung beban yang teramat berat, paska ditetapkannya sebagai tersangka, bahkan kedua anaknyapun terkena imbasnya karena kerap menjadi cemoohan teman-temannya, hal ini tentu berpengaruh pada psikologis sang anak .

Setelah ranai diperbincangkan bahkan tersebar di berbagai media, baik cetak dan elektronik, dari lokal hingga Nasional, kini kita menanti saatnya kebenaran dan keadilan kembali tumbuh di tanah pertiwi ini.

Saat ini kita menanti kelanjutan dan akhir dari ketidak adilan yang menimpa Nurhayati, dari berita dan kabar yang kian marak dan menjadi perhatian banyak pihak, Kompolnas bahkan LPSK turun tangan untuk mencari kebenaran yang hakiki, siapa yang salah akan tetap salah, itu sebuah keniscayaan, bahkan sudah selayaknya Nurhati menerima penghargaan dan Premi karena keberaniannya. Semoga di Negeri ini tidak ada yang kuat untuk menjadi tameng para koruptor. Berani jujur itu Hebat.


21 Feb 2022

Antusias Warga Desa Karangmangu " laksanakan Vaksin"

INDOMEDIANEWSC- Tidak hentinya upaya pencegahan terjadinya penyebaran pandemi covid-19 yang hingga saat ini tidak kunjung berahir. Salah satu giat yang dimaksimalkan melalui pemberian vaksin terhadap semua lapisan Masyarakat.

Ini pula yang dilakukan Bidan Desa Karangmangu, Kecamatan Susukanlebak, Kabupaten Cirebon, Siti Lis Nurjanah, saat melaksanakan Vaksinasi di Kantor Desa setempat, Senin, 21/02/2022..

" Alhamdulillah, antusias warga Desa Karangmangu sangat tinggi dalam melaksanakan program Pemerintah melalui vaksinasi, secara keseluruhan warga Desa sudah melaksanakan vaksinasi, dan saat ini hanya tinggal meneruskan bagi yang belum di vaksin, hususnya untuk vaksin dosis ke dua" jelasnya.

Lebih lanjut Siti, menuturkan, untuk pelaksanaan vaksin dosis dua Sinovak, hanya beberapa saja.

" hari ini ada dua Siswa SD yang melaksanakan vaksin dosis dua, ditambah Ibu Hamil satu, Lansia Satu dan sisanya umum atau usia diatas 18 Tahun sebanyak lima Orang, dan kegiatan ini akan terus kami galakan yang bekerjasama dengan pihak Pemerintahan Desa, harapannya tentunya dengan semakin antusiasnya warga mengikuti vaksin dapat sesegera mungkin mengahiri pandemi" pungkasnya (1c)


Yuningsih " jangan ada Nurhayati lagi yang dibungkam "

INDOMEDIANEWSC  - Polemik kasus yang menimpa  Nurhayati yang merupakan Kasi keuangan /Bendahara Desa Citemu, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, dari  pelapor, justru ditetapkan sebagai tersangka, dalam kasus korupsi Dana Desa (DD) di Pemerintahan Desa Citemu, sangat berpengaruh secara psikologis terhadap kaum hawa yang saat ini sedang gencar melakukan penyetaraan gender, hal itu disampaikan anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Hj. Yuningsih saat mendatangi keluarga Nurhayati, Minggu (20/2).

Menurut Anggota DPRD Provinsi Jabar dari PKB ini bahwa, penetapan Nurhayati sebagai tersangka dalam kasus korupsi DD Citemu yang terbilang terlalu cepat  menjadi ancaman berat secara psikologis kepada para Srikandi yang saat ini gencar melakukan penyetaraan gender untuk pemenuhan kuota 30 persen keikutsertaan perempuan dalam kepemerintahan.

Dijelaskannya, perempuan sangat riskan ketika bermasalah dengan hukum, sebagai seorang ibu dari anak-anak tentunya akan sangat berpengaruh pada tekanan psikologis bukan saja pada dirinya namun juga keluarganya, apalagi kasus yang menimpa Nurhayati merupakan hal ironis karena satu sisi memperjuangkan kebenaran namun dijegal dengan ditetapkannya sebagai tersangka.

"Saya kawatir kedepannya akan ada hal-hal dalam satu lembaga yang harusnya Clear and Clean, tiba-tiba berbalik menjadi tersangka, dan ini dikhawatirkan  kedepan sebaik apapun perempuan ketika diminta untuk ikut partisipasi ke pemerintahan tentunya  akan ngeri ngeri sedap, "ungkapnya, kepada awak media 

Menurut Yuningsih, kedatangannya ke rumah Nurhayati ini,  ingin mengetahui secara langsung kondisi psikis ke dua  anaknya,  dan tentunya  keluarga Nurhayati itu sendiri, menurutnya kasus ini  harus segera ada penyelesaian dan berharap pihak penegak hukum harus jeli dalam melihat permasalahan ini yang belum pasti kesalahannya,  hanya sangkaan.

" Saya pribadi baru mengetahui hal ini tiga hari yang lalu, dan itu pun melalui media sosial yang viral," paparnya 

Lebih lanjut Ia menyampaikan, Nurhayati yang posisinya sebagai bendahara desa, delik yang dituduhkan ikut serta melakukan tindakan korupsi yang dilakukan kuwu tersebut, dirinya berpikir karena sebagai bawahan dipastikan ada permintaan dari kuwu bukan sekonyong-konyong memberikan, dan ini patut diduga  karena ada intimidasi akhirnya diberikan.

"Bendahara desa umumnya kan  perempuan, maka kami berharap kedepan harus lebih diintensipkan dan dimaksimalkan lagi bimtek keuangan desa, dan ini tidak bisa diwakilkan agar kedepan tidak ada lagi Nurhayati-Nurhayati yang lain, "harapnya. (1c)


FKDC SAMBUT BAIK,KONSEP KAMPUNG E3 LPDP

INDOMEDIANEWSC - Ketua  Forum Komunikasi Difabel Cirebon (FKDC) Mujib, menyambut baik Program Kampung E3 bagi penyandang Disabilitas  yang di prakarsai oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Padma Wijaya bersama yayasan Kumala Cirebon.

Kampung E3 tersebut secara langsung diresmikan oleh  Direktur Jenderal (Dirjen) 
Pemberdayaan Sosial, Kementerian Sosial (Kemensos) RI, Edi Suharto, Kampung E3, dan ini merupakan proyek sosial dari LPDP Padma Wijaya, bagi penyandang Disabilitas, yang ada di Desa Durajaya, Kecamatan Greged, Kabupaten Cirebon, Sabtu (19/2/22).

Ketua FKDC Mujib, mengatakan kalau bicara masalah pemberdayaan bagi penyandang disabilitas kadang-kadang banyak yang berpikir urusan disabilitas itu adanya di Dinas Sosial, padahal bukan hanya kewajiban Dinsos semata, melainkan semua Dinas juga punya kewajiban untuk memberdayakan penyandang Disabilitas, sesuai dengan tukposinya.

"Saya sangat bersyukur ada mahasiswa yang peduli dan dia juga mau mengenal dan belajar lebih jauh, khususnya penyandang disabilitas, karena disabilitas juga sama seperti masyarakat pada umumnya," tuturnya

Dikatannya, program-program pemberdayaan masyarakat LPDP, sepengetahuannya, dulu hanya sebatas mungkin kepada komunitas atau masyarakat seperi kelompok nelayan atau petani, tapi sekarang mulai merambah ke pendampingan atau peningkatan kemampuan kepada penyandang disabilitas.

"Kami bersyukur teman teman mahasiswa begitu peduli dengan penyandang Disabilitas, dengan program dan konsep kampung E3 nya," ujarnya

Mujib pun mengatakan konsep kampung E3 LPDP ini, merupakan salah satu terobosan dalam pengentasan kemiskinan, dan diyakini ini akan menumbuhkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, khususnya bagi penyandang disabilitas.

Dijelaskannya ke depan ini akan terus dikembangkan dan di maksimalkan, dan kampung E3 ini nantinya akan dijadikan sebagai obyek wisata edukasi bidang pertanian khususnya bagi anak anak sekolah yang ingin mengetahui lebih jauh tentang bagaimana cara bercocok tanam.

"Bukan itu saja bahkan bisa dijadikan spot untuk Selfi juga," imbuhnya 

Dalam kesempatan tersebut dirinya berharap Pemkab Cirebon untuk lebih melibatkan penyandang disabilitas dalam berbagai macam kegiatan, selama ini teman teman penyandang Disabilitas jarang diikutsertakan, sehingga program kerja Pemkab selama ini belum terlihat hasilnya.

" Kalau program memang setiap tahun kita dapatkan," tandasnya

Dijelaskannya, berkenaan dengan masih minimnya fasilitas ramah Disabilitas, dirinya berharap ke depan untuk lebih diperhatikan oleh Pemkab, memang teman teman selama ini jarang keluar, akan tetapi fasilitas ramah Disabilitas tetap harus diadakan.

"Selama ini kan kami selalu melakukan pendampingan kepada teman teman, 
jadi  berharap  fasilitas ramah Disabilitas tolong diadakan gitu karena kami juga sebagai masyarakat Kabupaten Cirebon," pungkasnya ( 1c)


20 Feb 2022

Pengukuhan dan Pelantikan IPNU - IPPNU Kec. Karangsembung

INDOMEDIANEWSC- Pelantikan pengurus Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama ( IPNU ) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama ( IPPNU ) Kecamatan Karangsembung masa khidmat 2022 - 2024 berjalan lancar. Acara yang diadakan di Aula Kantor Kecamatan Karangsembung di hadiri Pengurus MWCNU Karangsembung, pengurus IPNU – IPPNU serta dihadiri lebih dari 50 pelajar putra dan putri. Acara dimulai dari pukul 08.00 WIB hingga selesai, ( Sabtu 19 / 02 / 22 )

Pelantikan IPNU - IPPNU adalah organisasi yg bersifat keterpelajaran, keagamaan, kemasyarakatan, kekaderan dan kebangsaan. Pada saat pelantikan Ketua IPNU terpilih adalah Moch.Agus Renaldi Saputra dan Ketua IPPNU terpilih adalah Kharisma Nurul Istiqomah.

Dalam sambutannya Ketua IPPNU terpilih Kharisma Nurul Istiqomah mengatakan, organisasi ini sebagai wahana pembelajaran yang bertujuan  untuk mendidik dan memberikan peluang penuh bagi pelajar dalam meneruskan cita-cita agama dan bangsa. Dan sebagai organisasi badan otonom NU wajib mendukung perjuangan  Ahlussunnah Wal Jamaah pada semua aspek kehidupan umat.

Sementara itu Ketua IPNU Karangsembung terpilih Moch.Agus Renaldi Saputra mengatakan bahwa Tujuan IPNU – IPPNU adalah sebagai berikut :
Terbentuknya kesempurnaan pelajar Indonesia yg bertaqwa kepada Allah, berilmu dan berakhlakul karimah.
Bertanggung jawab atas tegak dan berkembangnya syari’ah Islam menurut faham Aswaja.
Terbentuknya kader Islam yang berwawasan kebangsaan.
Terbentuknya masyarakat Indonesia yang adil makmur berdasarkan pancasila dan UUD 1945.
Dengan kata lain, tujuan IPNU – IPPNU adalah :
”Terbentuknya pelajar bangsa yang bertaqwa kepada Allah SWT, berilmu, berakhlakul karimah, dan berwawasan kebangsaan serta bertanggung jawab atas tegak dan terlaksananya syariat Islam menurut faham Ahlussunah Wal Jamaah dalam kehidupan masyarakat Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945”.

Dilain sisi ketua IPNU Kabupaten Cirebon, Ahmad Yusuf  dirinya mengucapkan selamat kepada kepengurusan yang baru dilantik serta sangat mengapresiasi dengan pelantikan IPNU - IPPNU Karangsembung yang begitu inovatif dilakukan oleh pengurus Kec.Karangsembung mulai dari tempat, acara dan lainnya.
Semoga kepengurusan yang baru dapat menjalankan program mulai dari Kabupaten maupun program yang akan dilaksanakan oleh pengurus Kecamatan itu sendiri.

Dalam kesempatan itu Rois Suriyah Kec.Karangsembung, K.H. Qomarudin memberikan Sambutan 
mengatakan semoga setelah terbentuknya IPNU dan IPPNU ranting Karangsembung dapat membentuk pelajar yang bertaqwa kepada Allah, berilmu dan berakhlakul karimah ( LIS FL)

18 Feb 2022

Gelar Vaksinasi di Candi Borobudur, Kapolri: Percepatan di Tempat Wisata yang Interaksi Tinggi

INDOMEDIANEWSC  - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kembali meninjau pelaksanaan vaksinasi serentak di 34 provinsi di Indonesia. Kali ini, Kapolri meninjau secara langsung pelaksanaan vaksinasi di kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (18/2/2022).

Sigit mengatakan, kegiatan vaksinasi massal pada hari ini digelar di 5.107 titik di 34 provinsi dengan target sasaran vaksinasi dengan jumlah 1.114.750 dosis. Sebanyak 834.474 untuk dosis pertama dan kedua dan 280.276 untuk dosis ketiga atau booster.

"Di Jawa Tengah dilaksanakan di 71 titik dengan target minimal 35 ribu dan kita harapkan bisa 38 ribu dengan prioritas kita gunakan vaksin AstraZeneca," kata Sigit.

Mantan Kabareskrim Polri ini menuturkan, pemilihan Museum Borobudur sebagai tempat peninjauan vaksinasi massal di Jawa Tengah lantaran wilayah Borobudur sebagai destinasi wisata dengan interaksi yang tinggi.

"Sehingga kita harus mendorong percepatan vaksinasi dilaksanakan dengan baik," ujar Sigit.

Pelaksanaan akselerasi vaksinasi, kata Sigit, dilakukan untuk menghadapi Covid-19 varian omicron yang saat ini terus meningkat. Untuk wilayah Jawa Tengah, terjadi peningkatan angka Covid-19 varian Omicron. Dimana pada minggu lalu angkanya sekitar 2 ribu kasus harian dan pada tanggal 17 Februari masuk diangka 4 ribu kasus harian.

"Jadi ini tentunya menjadi perhatian kita semua sesuai dengan arahan Pak Presiden, kita harus melakukan akselerasi vaksinasi dan tentunya penegakan dan pendisiplinan protokol kesehatan," ucap Sigit.

Mantan Kapolda Banten ini menuturkan, akselerasi vaksinasi penting dilakukan khususnya untuk anak-anak dan masyarakat usia lansia. Sebab angka kematian tertinggi terjadi pada usia lansia.

Ia pun memerintahkan jajarannya bekerja sama dengan forkopimda melakukan strategi-strategi percepatan vaksinasi, mulai dari vaksinasi mobile hingga door to door.

"Dalam kesempatan ini tolong dibantu disosialisasikan bagi masyarakat yang sudah dosis pertama tapi belum dosis kedua segera datang ke gerai yang ada. Dan bagi yang sudah dosis kedua dan sudah enam bulan silahkan untuk melaksanakan vaksinasi booster sehingga kita semua memiliki keyakinan untuk siap untuk menghadapi omicron," papar Sigit.

Vaksinasi, lanjut Sigit, dilakukan agar masyarakat bisa memiliki kekebalan imunitas menghadapi Omicron. Sehingga aktivitas masyarakat tetap berjalan dan perekonomian di setiap wilayah bisa bertumbuh dengan baik. (Lis sk1)

Polres Majalengka Hadiri Vidcon Menko Maritim Dan Investasi

INDOMEDIANEWSC - Kapolres Majalengka Akbp Edwin Affandi di damping Wakapolres Majalengka Kompol Dadang bersama Pju Polres Majalengka hadiri vidcon Menko Maritim dan Investasi agenda rakor evaluasi PPKM Jawa Bali bertempat di ruang vidcon sindang kasih Polres Majalengka,kamis (17/2/2022).

Arahan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan yang pertama ,Penurunan kasus mulai terluhat di DKI Jakarta dan Bali,tetapi masih tinggi di Banten dan Jawa Barat,sementara tren peningkatan mulai terjadi di DIY ,Jawa Timur ,dan Jawa Tengah.Meski masih lebih rendah dari Delta tingkat kematian terus meningkat,menembus 200 hari ini. Saya minta kemenkes dan para Kepala Daerah untuk mengecek kembali penyebab data pasien yang meninggal.

Kedua , Saya minta para Kepala Daerah yang tren kasusnya masih tinggi untuk melakukan konversi tempat tidur RS menjadi tempat tidur Covid ke tingkat yang sama dengan puncak Delta dan memperbanyak tempat isolasi terpusat untuk menampung pasien tanpa gejala atau gejala ringan yang rumahnya tidak memadai.

Ketiga, meminta Gubernur, Walikota dan Bupati bersama TNI dan Polri untuk  mengakselerasi vaksinasi dosis 2dan booster terutama untuk lansia dan kelompok rentan, terutama di kab/kota yang belum mencapai target dosis 2.

Tambah Kapolda Jawa Barat Irjen Pol. Suntana untuk tetap fokus, kepada upaya peningkatan vaksinasi dan pemingkatan disiplin prokes,Segera kordinasi dengan pemda mengenai pendisiplinan prokes,pendisiplinan kerumunan masyarakat dan setiap Polres jajaran Polda Jawa Barat agar menyiapkan posko ppkm dan  supaya segera di bangun. (Lis sk 1)

PPDI se Indonesia akan turun " Dukung Nurhayati" keadilan harus ditegakan

INDOMEDIANEWSC- Ketua PPDI Kabupaten Cirebon, Sutara, menggelar pertemuan dengan Ketua FKKC dan Forum BPD Kabupaten Cirebon di Kantor Kuwu Citemu, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, kamis, 17/02/2022.

Dalam keterangannya, Sutara, menuturkan, pertemuan tersebut sebagai upaya menyikapi kasus yang saat ini menimpa salah seorang Perangkat desa yang karena laporannya terkait penyalahgunaan Anggaran  berujung ditetapkannya sebagai tersangka.

" kami berkordinasi dengan FKKC maupun Forum BPD Kabupaten Cirebon yang salah satu poinnya adalah untuk berupaya menyelamatkan perangkat Desa yang telah berani melaporkan prilaku mantan Kuwu Citemu ( Supriyadi-red) atas dugaan penyalahgunaan Anggaran. Sayangnya pelapor (Nurhayati- red) malah ditetapkan sebagai tersangka, hal ini tentunya sangat disayangkan, hingga kasusnya mencuat dan menjadi diskusi publik bukan saja secara lokal namun sudah Nasional, harapan kami hanya satu, tegakan Hukum dengan adil dan jangan jadikan Kabupaten Cirebon sebagai ajang korupsi" tuturnya.

Lebih lanjut Sutara, menjelaskan, sebagai langkah selanjutnya adalah akan mendatangi Bupati Cirebon.

" Kami PPDI beserta FKKC dan Forum BPD akan mendatangi Bupati, dan minta segera menyelesaikan kasus yang menimpa saudari Nurhayati, jika mana pemda tidak menggubris atau bahkan tidak bisa memberikan solusi yang terbaik, kami PPDI akan melakukan langkah moril , kami akan gerakan seluruh perangkat Desa yang ada di Kabupaten Cirebon bahkan seluruh Indonesia, intinya jangan ada diskriminasi hukum dan kebenaran juga keadilan harus di tegakan di tanah Cirebon ini" tegas Sutara.

Sementara itu, Ketua BPD Citemu, Lukman Nurhakim, sangat mengharapkan langkah yang telah dilakukan berbagai pihak ini akan menuai hasil positif.

" Kami tidak sendiri, dan kami yakinkan juga kepada saudari Nurhayati , yang saat ini terbaring di Rumah Sakit, bahwa kebenaran takan ada yang mampu membendung, walaupun harus berkorban bahkan hingga meneteskan air mata, yang perlu untuk diingat, Kami tidak rela di tanah cirebon ini ada ketidak adilan bahkan berujung pada permainan Hukum yang memutar balikan fakta" ujar Lukman. (1c)

17 Feb 2022

Nurhayati " sang pelapor jadi tersangka " dimana keadilan ?

INDOMEDIANEWSC- Dengungan yang sering terdengar " berani jujur itu hebat" ternyata hanya berlaku bagi kelompok atau individu tertentu.

Betapa tidak, disaat salah seorang Perangkat Desa yang berani mengungkap terjadinya tindak korupsi, malah mendapat imbalan dan status tersangka.

Nurhayati ( 35. Tahun ) Ibu dari dua orang anak merupakan  seorang Bendahara Desa Citemu , Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon,  yang harus menanggung akibat karena keberaniannya dalam mengungkap kebenaran.

Dengan ditetapkannya menjadi tersangka, sangat disayangkan oleh berbagai pihak, salah satunya disampaikan Sekretaris PPDI Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Ade Setiadi.

" kami mengajak kepada seluruh Perangkat Desa se Kabupaten Cirebon, untuk membuat petisi tandatangan sebagai wujud dukungan kepada Saudari Nurhayati, hal ini perlu dilakukan agar Hukum ini bertindak adil, jangan sampai mereka yang berani jujur dan berupaya untuk menghancurkan sendi korupsi malah bernasib seperti Nurhayati, bahkan ditetapkan sebagai tersangka, ini akan berdampak pada ketakutan untuk mengatakan sebuah kebenaran " jelasnya 

Senada hal tersebut disampaikan Ketua BPD Desa Citemu, Lukman Nurhakim, saat berbincang dengan IM, Kamis, 17/02/2022.

" kami sangat menyayangkan tindakan penegak Hukum yang menetapkan saudari Nurhayati sebagai tersangka, banyak kejanggalan dan keanehan dalam kasus ini, masa iya seorang Perangkat Desa yang melaporkan Atasannya karena telah melakukan korupsi Anggaran sebesar Rp. 800.000.000 lebih terhitung Tahun 2018 sampai 2020 dengan data dan bukti sesuai fakta malah jadi tersangka, ini kan aneh dan mencidrai harapan kita semua agar Negeri ini terbebas dari para pelaku korup" tuturnya.

Bahkan Lukman, sangat menyayangkan dampak dari status yang di sandang Nurhayati saat ini.

" Nurhayati ini sosok seorang ibu dengan dua anak yang masih berusia sangat rentan ( usia anak 5 dan 7 Tahun- red) pesikologi mereka menjadi terganggu, betapa tidak, mereka sering dijadikan olok-olokan temannya dengan panggilan anak koruptor, betapa ini sangat menyedihkan, apa Hukum ini memang demikian atau memang dibuat demikian" tuturnya lirih.

Atas peristiwa yang menimpa Nurhati tersebut, diharapkan bisa membuka mata semua pihak, agar kejujuran tidak terbungkam dengan dalih apapun.

" kami saat ini telah berkomunikasi dengan Forum BPD maupun PPDi, bahkan persoalan Nurhayati ini telah kami laporkan kepada Beberapa wakil Rakyat baik yang ada di Kabupaten Hingga pusat, bahkan kami telah berkordinasi dengan Komnas Perlindungan Anak dan perempuan, dan langkah kami tidak berhenti sampai disitu, surat pun telah kami layangkan kepada pihak Kejagung, Polda, Mabes Polri dan beberapa lembaga lainnya, intinya kami mengharap persoalan Nurhayati ini segera berahir dan mereka yang berani menyampaikan kebenaran seperti selogan Berani Jujur Hebat, benar-benar hebat dan tidak dikebiri atau dibungkam" pungkasnya.

Dari informasi yang diperoleh, karena dampak psikologi dan menanggung beban berat, saat ini Nurhayati menjalani perawatan di salah satu Rumah Sakit yang ada di Cirebon 

Sementara itu, salah seorang Keluarganya, Yani (44 Tahun) sangat sedih atas peristiwa yang menimpa Nurhayati.

" kami sangat sedih kang, melihat kondisi Nur dan kedua Anaknya yang kerap menjadi bahan cemoohan, walaupun kami sedih, tetapi sangat bangga dengan keberanian Nur untuk menegakan kebenaran walaupun berujung menyakitkan, kami hanya minta penegak Hukum maupun Hukum yang ada di Negeri ini tidak buta" ujarnya lirih. (1c)



16 Feb 2022

Kapolres Majalengka Bersama Forkopimda Dampingi Protokol Presiden Tinjau Lokasi Vaksinasi

INDOMEDIANEWSC- Kapolres Majakengka AKBP Edwin Affandi bersama Forkopimda Majalengka mendampingi Protokol Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan Peninjauan Lokasi Vaksinasi Wilayah Kecamatan Jatitujuh Kabupaten Majalengka, Selasa (15/2/2022) kemarin.

Sementara Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi bersama Asda I Setda Majalengka Rd. Muh. Umar Ma'ruf, Kepala Bidang PPKLH Dinas Lingkungan Hidup Fery Siswana, Kabag Ops Polres Majalengka Kompol Firman Taufik, Kasdim 0617 Majalengka Mayor Inf Sugiyono, Kasi Ops Korek 067 Mayor Inf Ertiko, Dan Sub Den Pom III-5 Kadipaten Kapten CPM Carnudi serta Muspika Kecamatan Jatitujuh melakukan pengecekan lokasi Vaksinasi dalam rangka jelang Kunjungan Kerja Presiden RI Ir H Joko Widodo di wilayah Kabupaten Majalengka.

Kapolres Majalengka mengatakan, keamanan orang nomor satu di Indonesia tersebut merupakan tanggung jawab aparat keamanan baik TNI maupun Polri meski TNI menjadi leading sector dalam pengamanan yang dilakukan, Meski demikian Polri tetap memiliki peran penting dalam kegiatan tersebut.

Seluruh petugas diharapkan dapat menjalin koordinasi yang baik saat melakukan pengamanan, sehingga kunjungan Presiden ke Majalengka dapat berjalan dengan aman dan lancar dan tetap mengedepankan sisi humanis.

Kapolres menerangkan dalam kunjungan Presiden RI dan rombongan ke wilayah Kabupaten Majalengka, diharapkan situasi aman serta kondusif,dan harus tetap berkoordinasi secara melekat antar anggota personel pengamanan.

Selain itu, setiap personel yang terlibat pengamanan agar menguasai tupoksi masing masing secara profesional.

Di sela sela kegiatan mendampingi Protokol Presiden, Kapolres juga menuturkan harus sterilkan wilayah yang merupakan agenda kunjungan kerja Presiden, mengingat kunjungan Presiden ini masih bersifat tentatif.

Kapolres mengharapkan situasi aman serta kondusif selama Presiden Jokowi melaksanakan kunjungan kerja di wilayah Kabupaten Majalengka tetap mengedepankan sisi humanis. ( lis sk1)

15 Feb 2022

Hukum Bukan Logika " Nurhayati tak layak dipersangkakan"

INDOMEDIANEWSC- Hukum tajam kebawah dan tumpul ke atas mungkin sudah menjadi hal yang lumrah. 
Betapa tidak, disaat ada Masyarakat maupun pegawai kelas bawah yang berprilaku berani untuk mengungkapkan suatu kebenaran ujungnya menuai persoalan.

Ini pula yang menimpa salah seorang perangkat Desa Citemu, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon ( Nurhayati)

Berawal dari telah ditetapkannya Kuwu Desa Citemu ( Supriyadi-red)  yang sejak 2 Tahun lalu  sudah menjadi penghuni  hotel  prodeo karena sebuah kasus .

Berharap  ada transparansi dan kejujuran dalam sebuah program realisasi penggunaan Anggaran, Perangkat Desa yang pada saat itu menduduki jabatan sebagai bendahara Desa (Nurhayati)  saat ini sejak Tanggal 30 Nopember 2021 malah ditetapkan sebagai tersangka.

Dengan ditetapkannya sebagai tersangka, tentunya banyak pihak menyayangkan . Salah satunya adalah Ketua BPD Desa setempat ( Lukman Nurhakim) saat menggelar Jumpa pers dengan beberapa awak media di kediaman warga setempat dengan didampingi Kuasa Hukum , H. Elyasa Budianto. SH , Selasa, 15/02/2022.

" kami sangat menyayangkan pihak penegak Hukum  yang telah menetapkan saudari Nurhayati sebagai tersangka, ini menurut kami sangat janggal dan terkesan dipaksakan, betapa tidak dimana seorang perangkat yang berani berkata dan berbuat jujur untuk memapas terjadinya tindak korupsi dengan berbagai bukti dan saksi malah dijadikan tersangka, ini kan bisa membangun paradigma agar perangkat takut untuk mengatakan suatu kebenaran" tuturnya.

Bahkan lebih lanjut dirinya menjelaskan, bahwa yang melaporkan tindakan kuwu atas pelanggaran adalah dirinya.

" Saudari Nurhayati memberikan berbagai data adanya dugaan pelanggaran yang dilakukan Kuwu kepada saya, berdasarkan hasil yang kami peroleh dan diduga banyak pelanggaran maka saya laporkan Kuwu kepada penegak Hukum, itu berdasarkan fakta, namun betapa keanehan nampak terlihat, saat dimana ditetapkannya saudari Nurhati sebagai tersangka, ada apa dengan penegakan Hukum di republk ini " keluh Lukman.

Sementara itu, Kuasa Hukum dari Nurhayati, ( H. Elyasa Budianto. SH) menegaskan, Bahwa Hukum itu jangan berdasarkan logika tapi fakta.

" Sesuai fakta dan bukti yang ada,  kinerja Nurhayati sebagai bendahara sudah sesuai aturan, dan dari data yang ada kami yakini Nurhayati tidak sedikitpun melakukan kesalahan, terlebih lagi adanya penetapan pasal 55  dimana isinya adalah turut serta melakukan tindakan korupsi, ini kan sangat aneh dan terkesan dipaksakan" jelasnya.

Lebih lanjut Elyasa, menegaskan, jangan tutupi kebenaran dengan memaksakan sesuatu yang benar menjadi salah.

" Nurhati selama menjadi bendahara telah bekerja dengan baik, segala uang pencairan langsung diminta oleh Kuwu ( Supriyadi- Red)  dan semuanya ada bukti tertulis, jadi saya tegaskan, Nurhati tidak layak menyandang status tersangka, jika tetap dipaksakan maka kami patut pertanyakan dimana Pemkab, dimana penegak Hukum dan dimana keadilan, kami tegaskan, dengan kasus tersebut akan kami buka semua kebobrokan yang ada di Kabupaten Cirebon ini" pungkasnya. (1c)

14 Feb 2022

Jalan rusak dibiarkan " tunggu korban"

INDOMEDIANEWSC- Beberapa titik jalan yang ada di Kabupaten Cirebon bagian timur rusak parah. Salah satunya yang ada di jalan penghubung antara Cipeujeh dan Lemahabang, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon.

Disaat musim penghujan, kerap membahayakan para pengguna jalan, hususnya para pengguna roda dua, ini dikarenakan banyak jalan berlubang yang tertutup oleh genangan air.

Kerusakan jalan tersebut dikeluhkan salah seorang aktifis Lemahabang, Dedi.

" jalan disini memang seringkali rusak, padahal merupakan jalan utama yang menghubungkan beberapa wilayah, baik yang mau ke arah Kota Cirebon maupun sebaliknya, anehnya lagi jalanan tersebut kerap dilalui para pejabat, namun sayangnya kerusakan tersebut terkesan dibiarkan, mungkin mereka ( pejabat-red) tidak merasakan kerusakan jalan karena kendaraan mereka sangat nyaman, tapi bagi Masyarakat bawah sangat merasakan dampak kerusakan tersebut, apa harus menunggu korban dulu , baru diperbaiki" tutur Dedi.

Sementara itu, Kasi Trantrib Kecamatan Lemahabang, H.Suyud, menuturkan, bahwa jalan tersebut kewenangan Provinsi.

" jalan yang rusak tersebut merupakan kewenangan Provinsi, seharusnya pihak Desa setempat mengajukan kepada pihak Provinsi untuk segera dilakukan perbaikan, karena memang sudah sangat membahayakan pengguna jalan, selain itu juga bisa menghambat laju perekonomian" tuturnya, Senin, 14/02/2022. (3b)

12 Feb 2022

Tanah Desa diserobot " wakil Rakyat diminta turun tangan"

INDOMEDIANEWSC - Wakil Rakyat diminta turun tangan untuk memanggil pihak swasta yang telah menyerobot lahan negara di Desa Rawaurip, Kecamatan Pangenan.Kabupaten Cirebon.  

Dalam keterangannya, Kuwu Rawaurip, Rochmannur mengatakan, pihaknya sudah mendaftarkan gugatan ke Pengadilan Negeri Kabupaten Cirebon atas penyerobotan lahan seluas 1.600 meter persegi. 

Ia menjelaskan aset desa yang diserobot tersebut tercatat dalam persil nomor 34, berupa saluran irigasi desa solokjati sepanjang 320 meter kali lebar 5 meter.

“Kami minta dukungan dari wakil Rakyat, dalam hal ini Komisi II DPRD Kabupaten Cirebon agar kasus penyerobotan lahan negara ini dapat dikembalikan,” tuturnya, Jum'at 11/02/2022.

Akibat adanya penyerobotan lahan di Solokjati oleh pihak swasta tersebut menimbulkan kerugian berupa hilangnya aset Desa Rawaurip. Selain itu dengan hilangnya fungsi saluran irigasi maka di musim hujan air tidak dapat mengalir dan menggenangi pemukim warga. 

“penyerobotan lahan negara ini sudah terjadi dari tahun 2013 atau sudah 9 tahun lamanya, dan baru pada awal tahun 2020 lalu Pemdes Rawaurip meminta pada pihak swasta untuk mengembalikan aset desa tersebut,” ungkapnya. 

Rochman mengatakan, pihaknya akan melaporkan kasus penyerobotan lahan negara kepada DPRD Kabupaten Cirebon. 

“Rencannya Senin besok kami akan laporkan kasus penyerobotan lahan negara ini ke Komisi II DPRD Kabupaten Cirebon,” jelasnya.

Bahkan lebih lanjut dirinya menuturkan, bahwa apa yang dilakukannya semata untuk mengamankan Aset Desa.

" pada prinsipnya apa yang kami lakukan semata demi tertib administrasi, dan pengamanan aset Desa, kami sangat mendukung adanya pembangunan yang ada di Desa kami, asalkan semuanya dilakukan dengan baik dan sesuai aturan, karena jika hal ini dibiarkan, tetap dampaknya pada kami, yang perlu dicatat, penyerobotan tanah tersebut selain menghilangkan saluran yang semula ada hingga mengakibatkan tersendatnya arus air yang berdampak jika musim penghujan mengakibatkan banjir, ini yang sangat membuat kami prihatin" pungkasnya.(1c)

11 Feb 2022

Bhabinkamtibmas Laksanakan Patroli Himbauan prokes

INDOMEDIANEWSC- Bhabinkamtibmas Polsek Cingambul Polres Majalengka laksanakan himbauan protokol kesehatan 3M dan vaksinasi covid-19 di desa sedaraja kecamatan cingambul Kabupaten Majalengka, jumat (11/2/2022).

Bhabinkamtibmas polsek cingambul Bripda Deri ketika melaksanakan kegiatan patroli selalu dan selalu memberikan himbauan ajakan untuk lebih disiplin terkait protokoler pandemi penularan Covid 19 ini, selalu memakai masker, jaga jarak, jaga kebersihan dan ketentuan ketentuan lain yang sudah di anjurkan oleh pemerintah, yang mana hal tersebut dengan tujuan untuk mencegah merebaknya virus Corona.

Dengan laksanakan patroli ini Bhabinkamtibmas berharap masyarakat yang belum vaksin segera mengikuti vaksinasi Covid-19,untuk mendukung pemerintah agar seluruh masyarakat Indonesia meningkat herd immunity serta terputusnya mata rantai pandemi Covid-19. Ungkap Kapolsek Cingambul IPTU Entis Sutisman.

“Kita tidak henti-hentinya menghimbau masyarakat agar patuh protkes dengan membiasakan mencuci tangan pakai sabun, hindari kerumunan/keramaian, serta wajib menggunakan masker pada saat di luar rumah,” tutup Kapolsek Cingambul. (Lis kim1)

10 Feb 2022

PR BLT " kuwu Lemahabang " resmi mengundurkan diri

INDOMEDIANEWSC- Persoalan yang terjadi akibat ulah Kuwu Desa Lemahabang, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, kian menemui titik terang 

Berawal dari riuh rendahnya warga setempat yang mempertanyakan persoalan BLT hingga urusan pernikahan siri yang dilakukan Kuwu Rini, membuat polemik yang berahir dengan adanya tuntutan agar Kuwu Rini, segera lengser kaprabon ( mengundurkan diri) 

Dengan adanya persoalan tersebut, pada Hari Kamis, 10/02/2022, BPD setempat menggelar Musdes yang dihadiri oleh seluruh kelembagaan Desa hingga tingkat RT/RW.

Pada pemberitaan sebelumnya warga setempat mempertanyakan Uang BLT yang hingga saat ini belum disalurkan, ditambah lagi terjadinya pernikahan siri Kuwu Rini yang belum berahir masa idah. Hal ini lah yang mengawali adanya tuntutan hingga akhirnya pada tanggal 21 Januari 2022 secara tertulis kuwu Rini resmi mengundurkan diri.

Dalam Musdes tersebut,  Ketua BPD Lemahabang,  Mohamad Soleh. ST,  menuturkan, Bahwa Desa Lemahabang termasuk Desa Percontohan namun minim pendapatan.

" kami Bangga Desa Lemahabang ini merupakan Desa percontohan, namun disayangkan minim pendapatan, bahkan Dana Kas saja tidak ada, entah mengapa bisa demikian, ditambah lagi prilaku Kuwu yang dianggap warga sangat tidak mencontoh, salah satunya adalah Uang BLT sebesar Rp. 46.800.000.yang hingga saat ini tidak tahu dimana rimbanya, padahal uang itu adalah hak warga" jelasnya.

Lebih lanjut  dirinya menjelaskan,selain mancari tahu bagaimana solusi  untuk menyelesaikan BLT ,pihaknya menghantarkan terbentuknya PLT, PJ, hingga PAW.

" masalah Kuwu Rini mungkin saat ini sudah selesai, karena secara Administrasi yang bersangkutan telah mengundurkan diri, hanya saja PR bagi kami adalah bagaimana caranya mencari uang pengganti BLT yang dibawa Kuwu untuk bisa dibagikan kepada yang berhak,langkah selanjutnya adalah mendorong PLT untuk mempersiapkan PJ hingga terlaksananya PAW  sesuai yang diharapkan Warga.Desa Lemahabang" pungkas M.Soleh.

Senada hal tersebut disampaikan PLT Desa Lemahabang, Didi Heriyanto.

" Alkhamdulillah,,pelaksanaan Musdes kali ini berjalan lancar, diharapkan hal ini menjadi langkah awal untuk melakukan berbagai pembenahan paska Kuwu Rini mengundurkan diri, saya sebagai PLT berupaya maksimal memenuhi keinginan  warga yaitu melaksanakan PAW, semoga atas izin Allah segala yang diharapkan bisa berjalan dengan baik" jelasnya

Saat disinggung mengenai BLT yang hingga saat ini belum disalurkan, dirinya menjelaskan

" uang BLT memang dibawa ibu Kuwu, Tugas saya tentunya bersama Lembaga Lainnya untuk mencari cara bagaimana agar BLT bisa segera dibagikan, karena jika tidak akan menghambat program kedepannya, intinya nanti kita bicarakan dengan yang lain agar semua persoalan dapat diselesaikan tanpa menimbulkan persoalan lainnya" tutur Didi. (1c)







Dalam Sepekan, Satreskrim Polres Majalengka Berhasil Ungkap Empat Kasus Kejahatan

INDOMEDIANEWSC- Majalengka, Satuan Reserse Kriminal Polres Majalengka, dalam kurun waktu sepekan mengungkap dan menangkap Delapan pelaku kejahatan yakni Pencurian Dengan Pemberatan (Curat) Kendaraan Bermotor (Curanmor) jenis R2, Pencurian dengan Kekerasan (Curas) ,Pengeroyokan dan Pencurian di wilayah hukum Polres Majalengka Polda Jabar.

Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi didampingi Kasat Reskrim AKP Febry H. Samosir, KBO Sat Reskrim IPTU Iwan Sutari dan Kasubsi PID Sie Humas IPDA Hendra Susilo mengatakan, berdasarkan atas laporan warga di beberapa tempat terjadinya perkara dalam sepekan para pelaku berhasil diungkap.

“Kasus pencurian pemberatan (Curat) Kendaraan Bermotor (Curanmor) jenis R2 terjadi di wilayah Desa Sinarjati Kecamatan Dawuan Kabupaten Majalengka, Pencurian dengan Kekerasan (Curas) di Jalan Sadewa Komplek Pasar Kadipaten Desa Kadipaten Kecamatan Kadipaten Kabupaten Majalengka, Pengeroyokan terjadi di wilayah Desa Sinarjati Kecamatan Dawuan Kabupaten Majalengka dan Pencurian Di Jalan Raya Depan TPU Desa Gandawesi   Kecamatan Ligung Kabupaten Majalengka,” terang, Kapolres saat gelar konferensi pers di halaman Satreskrim Polres Majalengka. Kamis, (10/02/2022).

“Kapolres mengucapkan terimakasih kepada Masyarakat Kabupaten Majalengka yang sudah mempunyai system pengamanan yang cukup baik dan telah mengamankan beberapa pelaku Pencurian di wilayah Kabupaten Majalengka,”ungkapnya.

Kapolres AKBP Edwin Affandi menambahkan, tersangka berikut sejumlah barang bukti hasil kejahatan dan telah diamankan guna proses hukum lebih lanjut,”ujarnya.

“Akibat perbuatannya, Pelaku Pencurian dengan Pemberatan Curanmor akan dijerat dengan Pasal 363 ayat (1) ke-4 KUHP, dengan ancaman pidana penjara 7 ( Tujuh ) tahun.

Untuk Pelaku Kasus Pencurian dengan Kekerasan (Curas) Pasal 365 ayat (1) KUHPidana dengan ancaman 9 Tahun Penjara, dan Para Pelaku Pengeroyokan akan dijerat dengan Pasal 170 ayat (2) ke 2e KUHPidana dengan ancaman hukuman selama - lamanya 9 (sembilan) tahun penjara.

Sedangkan untuk Pelaku Pencurian Di Jalan Raya Depan TPU Desa Gandawesi   Kecamatan Ligung Kabupaten Majalengka akan dijerat Pasal 362 KUHPidana dengan pidana penjara selama-lamanya 5 tahun,” tutupnya. (Lis Sk 1)

KEPUTUSAN POLITIK SALAH 'RAKYAT JADI KORBAN "

INDOMEDIANEWSC - Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Daddy Rohanady mengamini pernyataan Sekjen DPP Gerindra Ahmad Muzani bahwa jika salah mengambil keputusan politik, akibatnya rakyat yang akan menjadi korban. Banyak hal yang terkait nasib rakyat ditentukan oleh keputusan politik, salah satunya berkaitan dengan kesehatan masyarakat. Misalnya, soal vaksinasi. 

Partai Gerindra melakukan serangkaian vaksinasi booster. Ini juga dilakukan dalam rangka meningkatkan imunitas/kesehatan masyarakat. Vaksinasi tersebut dimulai dari Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra Jawa Barat pada hari Minggu 6 Februari 2022. Bahkan, sebelum itu, kegiatan serupa sudah dilakukan lebih dahulu di Kabupaten Garut. Kegiatan lalu berlanjut Kabupaten Indramayu pada hari Selasa 8 Februari 2022. 

"Ini baru putaran pertama. Kegiatan ini dilakukan sekaligus dalam rangkaian ulang tahun ke-14 Partai Gerindra. Putaran berikutnya tentu saja akan dilakukan di kabupaten/kota lainnya," ujar Daddy ketika dihubungi media melalui telefon genggamnya pada Kamis 10/02/2022.

Jabar memang masih membutuhkan vaksinasi dalam jumlah yang cukup banyak. Itu sebabnya Gerindra menyediakan booster untuk 1.000 orang. Selain itu, disediakan pula pelayanan vaksin ke-II untuk sekitar 100 orang. 

Tampak hadir Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat Partai Gerindra yang juga merupakan Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Ahmad Muzani. Selain itu, hadir pula dua anggota DPR RI, yakni Ketua Bidang OKK DPP Gerindra Prasetyo Hadi dan Ketua DPD Gerindra Jabar 2016-2019 Mulyadi. Ada pula, anggota DPRD Provinsi Jabar, yakni Sekretaris DPD Harris Bobihoe, Bendahara DPD Prasetyawati, Ali Rasyid, dan Ketua DPC Gerindra Indramayu Kasan Basari. 

Daddy yang merupakan wakil rakyat dari daerah pemilihan Jabar XII (Cirebon-Indramayu)  juga menyatakan sependapat dengan pernyataan Sekjennya. Ia menyatakan bahwa sejatinya partai harus dipakai untuk membela rakyat: petani, nelayan, guru honor, kuli, dll. Jika tidak, partai apapun itu, akan ditinggalkan. Jadi, tidak heran jika perolehan suara/kursi partai seperti itu akan turun pada pemilihan umum berikutnya. 

"Tentu saja Gerindra tidak ingin mengalami nasib seperti itu. Ketua Umum kami Pak Prabowo Subianto senantiasa mengingatkan kamis semua untuk senantiasa bersama rakyat. Setiap kader harus selalu memperjuangkan tujuan mulia tersebut," tambah Daddy yang juga merupakan Wakil Ketua DPD Gerindra Jabar .

Setelah melakukan serangkaian kegiatan lainnya, Sekjen Gerindra Ahmad Muzani didampingi rombongan berkunjung ke Prof KH Abdul Syakur Yasin, MA. Setelah bersilaturahim dan shalat magrib berjamaah dengan Pengasuh Pondok Pesantren Cadangpinggan, Kecamatan Kertasmaya yang lebih dikenal dengan panggilan Buya Syakur itu, rombongan pun kembali ke Jakarta. 

"Kunjungan ini, saya kira, merupakan salah satu upaya mendengar masukan dari tokoh masyarakat untuk menjadi pertimbangan dalam pengambilan kebijakan," papar Daddy. 

Kiranya, semua pihak, terutama para pengambil kebijakan, harus lebih cermat dalam mengambil keputusan. Jangan sampai keputusan yang diambil justru akan lebih menyengsarakan rakyat. Padahal, sejatinya rakyatlah penguasa tertinggi kedaulatan. Jadi, rakyat harus mendapat pelayanan prima.(2b)

9 Feb 2022

Armada DLH Angkut Sampah di TPS Lemahabang Kulon " jangan hanya sesaat"

INDOMEDIANEWSC -  Keberadaan sampah yang  kian menggunung di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Desa Lemahabang Kulon, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, dilakukan pengangkatan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cirebon, Selasa 08/2/2022.

Dalam keterangannya, Kuwu Lemahabang Kulon Rudiana Menyampaikan, keberadaan sampah di lokasi tersebut memang sudah menumpuk  sehingga, pihaknya melakukan gerak cepat dan   berkoordinasi dengan DLH Kabupaten Cirebon, untuk dilakukan pengangkatan sampah.

Dijelaskannya, pasca mesin pengolahan sampah di TPS  mengalami kerusakan,  yang pada akhirnya  mengakibatkan sampah di lokasi tersebut menumpuk.

"Alhamdulillah, DLH merespon dengan mengerahkan 5 armada truknya, untuk mengangkut sampah di TPS Lemahabang Kulon, dan  diperkirakan pengangkutan sampah dilanjutkan hingga besok ( hari ini, red)" tuturnya 

Rudiana pun menjelaskan, setelah dilakukan pengangkatan dan penataan sampah oleh armada DLH, ke depan pihaknya akan membangun TPS sesuai standar, dan akan adanya pengangkutan yang rutin dilakukan,  dengan demikian tidak ada lagi penumpukan sampah di TPS tersebut.

Dalam kesempatan tersebut Rudiana pun mengeluhkan  keberadaan tumpukan sampah liar yang  berada di perbatasan antara Lemahabang menuju Desa Japura bakti  Kecamatan Astanajapura, kondisinya  sangat menghawatirkan.

Menurutnya di lokasi tersebut memang bukan menjadi TPS yang  semestinya,  meskipun lokasi tersebut merupakan lahan kosong, namun bukan berarti untuk penampungan sampah. Setelah armada DLH melakukan pengangkutan sampah dilokasi TPS liar, namun sangat disayangkan tidak berselang waktu lama,  sampah kembali menumpuk. Ini terjadi karena kesadaran masyarakat  masih sangat rendah.

"Kebanyakan sampah liar  tersebut dibuang orang yang tidak bertanggung jawab, yang dilakukan warga dari luar Lemahabang Kulon," ungkapnya 

Keberadaan sampah liar  tersebut, sangat berdampak bagi masyarakat sekitar, khusunya Lemahabang Kulon, belum lagi para pengguna jalan tersebut,  di musim penghujan seperti sekarang ini, tumpukan sampah tersebut mengeluarkan bau yang kurang sedap.

" Mereka yang membuang kami yang terdampak, kami berharap masyarakat tidak lagi membuang sampah ke sembarang tempat," harapnya
 
Masih dikatakan Rudiana, dalam menanggulangi keberadaan sampah liar di perbatasan desa dengan desa di kecamatan lain,  bukan hanya sekedar adanya pengangkutan semata,  namun dirinya berharap adanya penataan ruang diperbatasan tersebut.

"Kalau itu terjadi, tidak ada lagi sampah liar di Desa Lemahabang Kulon," pungkas Rudiana. (1c)


Bilboard tak sesuai aturan " kuwu Astanajapura " siap perbaiki

INDOMEDIANEWAC - Bilboard adalah jenis reklame yang berisi gambar atau tulisan yang menarik dan informatif dengan ukuran besar.
Selain agar mudah dilihat, keberadaan Bilboard juga harus sesuai dengan aturan yang ditetapkan, baik itu bahan baku maupun ukurannya.
Sayangnya tidak semua pihak mentaati aturan tersebut, 
Salah satunya yang terlihat nyata di Desa Astanajapura, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon.

Dari pantauan IM, Bilboard yang berdiri tepat depan Kantor Desa tersebut sangat tidak sesuai dengan beberapa Bilboard yang terpasang di Kantor-kantor Desa lainnya, selain ukuran panjang maupun lebarnya yang patut dipertanyakan, tihang penyangganyapun berukuran kecil tidak seperti yang lainnya, jelas hal ini mengundang banyak tanya.

Terkait hal tersebut, Kuwu Desa Astanajapura , Faturohman, saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Rabu, 09/02/2022, menuturkan.

" saya sudah tegur yang mengerjakan bilboaed, dalam hal ini Karangtaruna, karena memang yang mengerjakannya adalah Karangtaruna, padahal dari awal saya selalu wanti-wanti agar pengerjaannya sesuai dengan ketentuan yang ada, InsyaAllah, secepatnya akan dilakukan perbaikan, karena bagaimanapun pasti bermuaranya kepada Kuwu" jelasnya.

Hal senada disampaikan salah seorang Perangkat Desa setempat,  yang akrab disapa Ai, dirinya menuturkan singkat"

" Kami tidak tahu menahu terkait pembuatan bilboard, tapi jika memang ada kesalahan nanti akan kami komunikaaikan agar segera dilakukan perbaikan" tutur Ai.  (3a)